.

A SINA: Mencari Cinta, Saran bagi murtadin

SAMBUTAN, PENJELASAN, artikel dan debat dari PENDIRI SITUS; ALI SINA. Artikel2 A Sina lainnya masih bisa ditemukan dalam Ruang REFERENSI sesuai dgn topiknya.

A SINA: Mencari Cinta, Saran bagi murtadin

Postby pod-rock » Thu Nov 05, 2009 3:00 pm

Mencari Cinta: Saran bagi murtadin
Oleh: Ali Sina
http://www.faithfreedom.org/content/how ... -apostates

Hi Ali,
Saya butuh pendapat anda. Pernah kuceritakan bahwa setelah kutinggalkan islam, istriku minta cerai dan saya sekarang sedang mencari istri lagi. Saya telah memasang profil saya dalam situs perjodohan, menulis ‘No-Religion’ dalam kolom Agama dan dikontak banyak cewe non muslim yg menerima profil saya tapi ketika saya menceritakan pada mereka bahwa meski saya seorang ateis tapi latar belakang keluarga saya adalah muslim, mereka menolak saya. Sebab itu saya tulis diri saya sebagai muslim dan berhubungan dengan seorang muslimah yg bergelar PhD, seorang periset sains, sholat lima waktu, puasa, percaya halal haram tapi bukan tipe fanatik hingga memakai kerudung dll.

Saya bercakap dengannya dan bilang dari awal bahwa saya tidak sholat dan puasa. Dia oke2 aja selama saya tidak menyuruhnya berhenti melakukan dua hal itu pula. Karena dia berpendidikan dan intelek, pelan2 saya bicara dengannya tentang imoralitas Quran, tapi saya kaget ketika dia mencoba menjelaskan dan meyakinkan bahwa saya tersesat dan salah dan keluar konteks. Belakangan kutanya apa apa jika saya tidak percaya Allah dan Hari Kiamat akan jadi halangan utk menikah dgnnya. Dia menjawab tegas, tidak mungkin muslim menikah dengan orang yg tidak beriman dan bertanya padaku dg tegas apakah saya sungguh2 tidak percaya Islam.

Saya sebenarnya mulai menyukai cewek ini dan merasa bahwa diluar dari masalah agama, kami punya banyak kesamaan dan kecocokan. Sekarang saya bingung apakah saya harus mengungkapkan hal yg sebenarnya bahwa saya tidak percaya islam atau saya harus bohong bahwa percaya tapi tidak mempraktekkannya? Apa yg harus kulakukan? Tolong beri saran.

Waiting eagerly for your reply at the earliest.

Regards,

H.

--------------------------------------------------------------------

Jawaban Ali Sina

Hello H
Kau ingin membangun sebuah hubungan dan sebuah keluarga. Jangan pernah didasarkan pada sebuah kebohongan. Tidak akan langgeng dan kau akan patah hati. Selalu jujur. Kau bisa sembunyikan apa yg kau percaya dari teman kerja karena apa yg kau percaya bukan urusan mereka, tapi jangan pernah berbohong pada calon pasangan hidup.

Kasih cewek ini buku saya dan bilang karena kau mengagumi pengetahuannya akan islam, kau ingin pendapat dia akan buku ini. Jika dia menolak membacanya, tinggalkan saja dia. Kupingnya sudah tertutup rapat. Dia bukan wanita yg tepat utkmu. Jika dia membaca buku ini, besar kemungkinan dia akan keluar islam. Jika tidak berarti dia tidak punya otak dan kau tidak mau cewek tak berotak utk dijadikan istri.

Cari jodoh itu layaknya sebuah permainan. Kau perlu tahu aturan2nya agar bisa didepan. Jangan pernah tunjukkan kelemahanmu. Jangan pernah membuat orang itu berpikir kau sedang putus asa. Bergayalah dengan cool dan berpura2lah bahwa, meski kau pikir dia memang cantik luarbiasa, kau bisa dg mudah meninggalkan dia dan mencari orang lain lagi.

Jangan biarkan cewek ini mengancam putus atau lain2 karena jika demikian dia akan menganggap kau lemah dan ini berakibat dua hal. Pertama, dia akan hilang rasa tertariknya padamu. Kau dianggapnya ‘gampangan’. Ini bisa membuatnya malas melanjutkan. Orang menghargai sesuatu yg sulit didapat dan tidak menghargai hal2 yang gampang didapat. Akibat kedua adalah meskipun misalnya dia tidak meninggalkanmu, dia akan menyiksamu setiap saat lewat kata2nya. Dia akan menginjak2mu, karena dia menganggap kau lemah. Jika kapan saja kau merasa pasangan hidup menilaimu rendah, akhiri hubungan itu segera, kecuali kau terikat oleh anak. Orang, yg menyiksamu dg perkataan, akan menyiksamu lebih hebat lagi seiring waktu berjalan.

Selalu bertahan dalam posisi yg kuat. Lebih baik kau yg menetapkan aturannya, bukan dia yg mengancam macam2. Bilang bahwa kau ingin wanita yg pintar dan cerdas. Bahwa reaksinya akhir2 ini akan kebebasan berpikirmu membuatmu kesulitan. Buat dia mengerti bahwa dialah yang harus mendapat kepercayaanmu lagi dengan membuktikan bahwa dia orang yg cerdas. Jika dia merasa benar dia harus bisa mempertahankan pandangan2nya, tapi kau tentunya tidak mau membuang2 sisa hidupmu dengan wanita yg menyiksamu. Jika ini cara dia mengatasi situasi sulit, lebih baik kau berpisah dgnya sebelum segalanya terlambat.

Maksud saya dengan menetapkan aturan maksudnya bukan membentak atau berbalik menyiksa atau mengancam. Malah jika itu kau lakukan kau menunjukkan tidak punya kontrol diri. Kau harus berlaku lembut, tapi kuat dan teguh dalam prinsip.

Sikap ini benar meski jika subjeknya tidak ada hubungan dengan islam atau agama. Misal kau ingin pergi ke amerika dan dia, bukannya berargumen kenapa dia tidak mau ikut malah mencoba mengancam putus dgmu. Apakah ini sehat? Apa dia pasangan yg cocok? Jika dia mengancam2 hidupmu akan jadi neraka. Ada orang yg sangat berpendidikan tapi tersiksa secara emosi dan akibatnya hidup menjadi penyiksa juga. Mereka membuat hidup pasangannya jadi seperti neraka. Itu bukan pasangan yg ingin kau habiskan sisa hidupmu bersama. Jangan biarkan dia begitu. Tinggalkan, cari orang lain lagi. Subjek ini bukan diperuntukkan bagi pria semata, bagi wanita juga. Jika pasangan secara emosi mencoba mengancam macam2 atau menyiksa lewat perkataan, hubungan pasangan tersebut ada diujung tanduk.

Rahasia nih. Jika pasangan hidupmu bilang ingin memutuskan hubungan, jangan pernah menunjukkan kekecewaan atau sedih. Jangan memohon dia utk memikirkan kembali dan memberimu kesempatan kedua. Itu sama saja dengan bunuh diri perlahan. Bahkan jangan bilang maaf atau tanya kenapa. Tapi bilang saja betapa senangnya dia mengungkapkan hal ini karena kau juga sudah lama berpikir pingin putus tapi ga berani mengatakannya. Lakukan itu dan lihat saja bagaimana dia akan berbalik mengejarmu kembali minta diberi kesempatan. Ini sifat alami.

Jika dia tidak berbalik mengejarmu, well hubungan itu bagaimanapun akan dan sudah putus bukan? lebih baik membuat dia berpikir begitu daripada membiarkan dia senang bahwa kau sedih dia putuskan. Ngapain bikin dia puas melihatmu menangis? Tinggalkan dia dengan senyum gembira. Tapi jika dia melakukan ini hanya utk membuat dirinya puas belaka, sedekapkan tangan dan jatuhkan kewibawaannya, dia akan tersadar, dengan keras, bahwa kau bukan orang yg gampang dipermainkan.

Dalam hubungan yg masih tahap awal, semua ini hanya pergulatan kekuasaan belaka. Yang berkedip duluan kalah. Itulah yg sebenarnya. Dengan bilang duluan bahwa kau sudah punya pikiran pingin putus, kau melucuti senjata2 dia. Ini bukan yg terpikir olehnya akan kau katakan dan sekarang dialah yang harus membalikan keadaan. Malah bisa jadi kau akan jadi lebih menarik dimatanya.

Selama saya kuliah, ada cewe cute yang bikin saya ga tahan. Dia merasakan ketertarikan saya yg berlebihan dan menolak saya, padahal saya cukup tampan. Ini pengalaman baru bagi saya, saya merasa sangat sakit dan menyerah. Beberapa minggu kemudia dia menemui saya dan bilang ‘saya berubah pikiran tentang dirimu.’ Kubilang ‘saya juga’ dan dengan kalem pergi meninggalkan dia. Oh Boy!! Balas dendam terasa sangat nikmat. Saat itu saya kehilangan rasa tertarik saya padanya begitu saja. Dia mulai mengejar2 saya utk sementara waktu dan kujelaskan bahwa saya tidak tertarik. Saya ingin segala sesuatu itu sederhana saja, tapi kita ini makhluk yg rumit. Kita harus belajar aturan2 pasangan hidup agar bisa ada didepan dalam permainan ini.

Sebagai muslim, kita tidak diajarkan apapun tentang hal ini dan dalam masyarakat islam, tidak perlu pelajaran ini. Jadi jelasnya kita kikuk dalam permainan ini. Secara pribadi, saya kehilangan banyak kesempatan karena tidak tahu gimana memainkannya dengan benar. Islam telah menipu kita dalam segala cara yg tidak terbayangkan. Kita semua adalah korban dari kultus hina ini, dari manapun kau memandangnya.

Jika cewe ini mulai mengejarmu setelah kau tinggalkan, jangan mudah menyerah. Sekarang waktunya mengajar dia. Bilang kau perlu menjaga jarak dengannya utk sementara, kau masih tertarik padanya dan tidak mau mengakhiri hubungan ini, tapi kau tidak ingin buru2. Jangan tutup pintu, tapi juga jangan berdiri digawang pintunya. Hindari dia. Jangan menelponnya setiap hari, kalu godaan utk sms dia begitu besar, iris saja jempolmu biar tidak bisa tulis sms. Jika dia menelpon, jangan bicara lama2. bilang kau suka sekali bicara dengannya tapi kau ada acara dg seseorang dan minta dia telpon lagi kapan2. Berlakulah misterius dan rahasia. Jangan terlalu banyak mengungkapkan apa yg kau lakukan sehari-hari.

Jangan telpon dia, biar dia yg duluan menelpon. Terdengarlah selalu senang dan bahagia. Bangkitkan kecemburuannya dg bercerita ketemu cewe lain, tapi jangan terlalu detil. Semakin sedikit kau mengungkapkan segalanya tentang dirimu semakin penasaran dia utk mendapatkanmu kembali. Ini caranya menjinakkan, kata Shakespeare juga. Dia harus mendapat kesan bahwa dialah yang rugi, dialah yg kalah. Tentu saja jangan bilang begitu padanya. Sebaliknya, ucapkan good luck padanya dalam mencari jodoh yg tepat.

Bilang bahwa alasan kenapa kau tertarik padanya adalah karena kau melihat dia wanita yg cerdas, bisa berpikir bebas, rasional dan jernih. Tapi jika dia tidak seperti yg kau bayangkan, maka baguslah kalau bisa tahu dari sekarang. Bilang bahwa kefanatikan dia akan agama tapi secara sembunyi2 adalah sesuatu yang membuatmu tidak nyaman dan was-was akan hubungan ini. Bilang kau ingin membesarkan anakmu dengan pikiran yg bebas, rasional dan tidak fanatik seperti zombi2 agama. Ini tidaklah mungkin jika berargumen tentang agama saja dilarang, tabu. Segala sesuatu harus didiskusikan dan agama bukan perkecualian. Kau ingin mengajar anakmu iku jalan yg masuk akal dan logis, buakn jalan yang didasarkan rasa takut dan tidak logis.

Kau lihat? Keadaan sudah berbalik. Dia mencoba mematikan langkahmu dan memaksakan kehendaknya padamu. Dia bilang masuk islam atau putus. Sekarang, kamulah yang membuat dia berlari kesana kemari. Jika dia sungguh2 cinta pada agamanya lebih dari cinta padamu, dia bukan wanita yg cocok untukmu. Kau sudah pernah punya wanita demikian, ngapain nambah satu lagi? Jika dia sayang padamu dia akan mencoba belajar bahwa dia tidak bisa mengancam macam2 dan kau bukanlah orang yang bisa dipermainkan dengan mudah. Ini akan menjadi dasar yg kokoh utk hubungan kalian. Hubungan yang sehat didasarkan pada rasa hormat bukan pada ancaman.

Bilang kau masih sayang dan pingin beri dia kesempatan membuktikan bahwa dia pintar seperti bayanganmu. Minta dia membaca buku2 sanggahan islam dan yakinkan dirimu bahwa agama yang dia anut itu rasional. Itulah kuncinya. Bialng bahwa kau menolak islam bukan secara tidak rasional dan jika dia bisa membuktikan bahwa islam itu agama yang sejati, kau dengan senang hati akan memeluknya kembali.

Lalu, ini penting, jangan terlibat diskusi agama dengannya secara langsung. Diskusi seperti ini akan merusak hubungan seerat apapun, apalagi yg masih rapuh begini. Itu sebabnya saya sarankan agar dia banyak membaca tulisan2ku dan FFI. Biarkan semuanya bekerja dalam pikiran dia, dan meyakinkan dia bahwa islam Cuma kebohongan belaka.

Jika dia sayang kamu, dia akan membacanya. Jika tidak, utk apa mengharapkan hubungan yang demikian? Cari orang lain. Lautan hidup ini masih penuh dg ikan indah lainnya.

Jika dia baca buku saya (sampai tamat, tidak diloncat2), besar kemungkinan dia akan keluar dari islam. Tidak ada orang berotak tetap yakin setelah mengenal kebenaran. Jika tidak keluar islam dan menolak menyanggah isi tulisan2 itu secara rasional, secara logis dan akal, dia bukan orang yg tepat untukmu, bukan utkmu saja tapi juga utk semua orang. Kau tidak mau menghabiskan sisa hidupmu dengan seorang zombi. Biarkan zombi lain mendapatkan dia. Mungkin zombi itu akan memukulinya agar dia merasakan kenikmatan islam dikulit dagingnya.

Hubungan itu harus didasarkan pada kesamaan. Jika salah satu mencoba mendominasi partnernya, hubungan itu dalam bahaya. Ngapain memulai hubungan yg seperti itu?

Bagi wanita2 non muslim yg tidak tertarik lagi setelah tahu kau datang dari latar belakang muslim. Saya tidak bisa menyalahkan mereka. Kita tahu bagaimana lelaki muslim berbohong ttg agama mereka utk menjebak wanita non muslim. Mereka selalu liberal dan seakan tidak beragama pada awalnya, tapi pelahan mulaim membuat korban2 mereka menyerah akan tuntutan2 mereka, satu tuntutan demi satu tuntutan hingga sepenuhnya jadi budak mereka. Inilah cara operasi mereka. Dia akan memuji : “Oh my love, aku bukan muslim, tapi please pake kerudung karena ortuku muslim dan mereka tidak suka melihat istriku tidak pakai kerudung.” “My Love, aku tidak peduli apa kau muslim atau bukan tapi ortuku tidak akan menerimamu kecuali kau masuk islam.” Wanita malang ini menyerang, lalu datang tuntutan lain dan lain dan lain lagi, setiap tuntutan makin menjadi-jadi, makin menghina dan menyiksa hingga akhirnya dia sadar dia ada dalam neraka dan tidak bisa keluar lagi, setidaknya tanpa meninggalkan anak2nya.

Wanita2 non muslim tambah pintar dan saya senang mereka menghindari lelaki muslim. Tentu saja mantan muslim akan kena getahnya. Wanita cenderung berpikir kita ini berbohong utk menjebak mereka. Maka, utk apa cerita tentang latar belakang keluargamu diawal2 hubungan? Jangan bohong, tapi jangan katakan semuanya diawal hubungan. Kau bukan orang percaya, jadi jangan ngomong ttg agama sama sekali. Hindari subjek ini. Sekali saja kau sudah mendapat kepercayaannya dan ada cinta disitu, kau bisa bilang tentang ketidak sukaanmu akan islam dan kenapa setiap orang harus menghindar dari kultus jahat ini. Pada akhirnya terungkap pada dia bahwa kau ini mantan muslim dan alasan kau tidak suka sialm adalah karena kau pernah merasakannya secara langsung.

Saya mempublikasikan jawaban saya karena pertanyaan yg sama juga sering ditanyakan oleh yg lain. Ada orang yang punya masalah mirip masalahmu dan mereka bisa membacanya sekaligus mendapat jawaban juga. Ini Cuma pendapat saya. Masing-masing orang lebih tahu apa yang terbaik bagi mereka.
User avatar
pod-rock
 
Posts: 845
Joined: Tue Nov 28, 2006 1:25 pm

Return to ONE STOP SHOP FFI



Who is online

Users browsing this forum: No registered users