MEI 1998 : kisah2 dan foto2

Khusus ttg sepak terjang/sejarah jihad dan penerapan Syariah di INDONESIA & negara jiran (MALAYSIA)

MEI 1998 : kisah2 dan foto2

Postby ali5196 » Thu May 01, 2008 4:22 am

Dan jangan lupa peristiwa JAKARTA : MEI 1998.

Muslim mobs rape children while crying, "ALLAHU AKBAR !"

Subject: Jakarta Situation

Dear friends,

Please forward this "Yellow Ribbon" to all friends around the world to show our solidarity and sympathy for the victims of the riots and chaos in Indonesia last May 13-15. Many Chinese Indonesian citizens were abused, tortured and killed. Their houses and stores were looted and burnt.

Hundreds of Chinese Indonesian girls/women (aged 10-55) were sexually harassed and gang raped brutally. Some victims were even raped in front of their family members or in front of inhuman cheering crowd. Some of them were even thrown into the fire and burnt to death after being raped.


Here I submit a victim's account of being raped during the May riots here in Jakarta. Reference to Huaran Bulletin Board June 12, 1998.

"My name is Vivian, and I am 18 years old. I have a little sister and brother. As a family we live in what is supposed to be a "secure" apartment. At 9.15 am, May 14th, 1998 a huge crowd had gathered around our apartment. They screamed, "Let's butcher the Chinese!", "Let's eat pigs!", "Let's have a party!"

We live of the 7th floor and we got a call from a family on the 3rd floor saying that the crowd had reached the 2nd floor. They even chased some occupants upstairs. We were all very frightened. In our fright we prayed and left everything in God's hands. Afterward we left our room and went upstairs to the top floor, as it was impossible to go downstairs and escape.

We got to the 15th floor and stayed with some friends. Not long afterwards we were surprised because some of the crowd coming out of the elevators right before we entered the room. We hurried into the room and locked the door tightly. At that time we heard them knock at the other rooms loudly and there were some screams from women and girls. Our room was filled with fear. We realized that they would come to us. So we spread throughout the room hiding in the corners.

We could hear girls of 10 to 12 years old screaming, "Mommy, ...mommy...mom...mom...it hurts"

That time I didn't know that these little girls were being raped. After about half an hour the noise diminished and we had some guts to go out and check. It was indescribable. A lot, some of them young girls, were lying on the floor. "Oh my God, what has happened?" Seeing all of this we screamed and my little sister Fenny, screamed hysterically and hugged her father.

Tears started coming down from my eyes. With our friends, a newly-wed couple, we started going downstairs. Reaching the 10th floor, we heard a scream for help. The scream was very clear and we decided to go down and see. But as we turned we saw a lot of people. I saw a woman in her 20s being raped by 4 men. She tried to fight back but she was held down tightly. Realizing the danger we ran as hard as we could. But unfortunately the mob caught Fenny. We tried to rescue her, but could not do anything.

There were about 60 of them. They tied us up with ripped sheets, myself, my father, my mother Fenny, Donny, UncleDodi and my Aunt Vera. They led us to a room. Uncle Dodi asked what they wanted, but they did not reply. They looked evil and savage. One of them grabbed Fenny roughly and dragged her to a sofa. At that time I knew she was in great danger. I screamed loudly but one of the mob slapped me in my face. My father who also screamed was hit with a piece of wood and he fainted. My mother has fainted when Fenny was dragged to the sofa.

I could only pray and pray that disaster would not befall us. Uncle Dodi kept trying to stop them by offering money. His efforts were fruitless. And in the end 5 people raped Fenny. Before beginning with the raping they always said "Allahu Akbar". They were ferocious and brutal.

Not long afterward, around 9 men came to the room and dragged me. I also saw them forcing and dragging my Aunt Vera. But at that time I passed out and everything went blank. I became conscious at around 5 or 6 pm. My head hurted and I realized I had no clothing on my body. I cried and realized my family was still there. My father was hugging my mother and little bother Doni. I also saw uncle Dodi lying on the floor and Aunt Vera was crying over his body. I felt so weak and fainted again.

The next day I was in the Pluit hospital. My father and mother were beside me. With all the pains on my body I asked, "Mom, why Fenny. Mom?" I felt a stinging pain as I said these words. My cheeks were swollen. My mother cried again and couldn't speak any words, while my father, holding back his tears, managed to smile at me. After 4 days in treatment, my condition has improved. With a sad look, my father told me then what had happened.

After I fainted 7 people raped me. At that time my father still couldn't see well after being hit with a piece of wood. They raped me repeatedly. Then my father said "Vivian, Fenny is gone..." I was confused and cried out, "Why Dad?" My father couldn't answer. He told me to rest and went out of the room. I cried over and over again, feeling that my life had no meaning any more.

A week ago, after I was released from the hospital I was told everything that had happened. When Fenny was raped she kept on fighting and so she was repeatedly slapped by her rapists. The last time she fought Fenny spitted on one of them. Offended, the man grabbed a knife and stabbed Fenny's stomach over and over again. Finally she died with blood over her whole body.

My father told me that uncle Dodi had the same fate watched by aunt Vera who was also raped. "God...why should all of this happen? Where are you God? Are you still alive?" My aunt Vera now stays with her parents. She is in shock. Her face is blank and refuses to eat. Almost every hour my mother and I cry over all these happenings. I can never forget. These mobs of people are uncivilized monsters."

Additional comments from Bill Hekman: This is one of many victims. Hundreds of women and children were raped, mutilated and killed by Muslim mobs. Some had their vaginas ripped apart, their bodies cut into pieces. Over 5000 of the Chinese Indonesian's shops were looted and burned down. A few days ago anther 63 shops were burned in Tegal, Central Java. The city of Solo is burned down. There is no protection and no justice in this country any more.

Yesterday I was in the Kelapa Gading area and that area was spared from destruction. The police and military had guarded all the entry roads. The people there had collected large sums of money from door to door and paid for their protection. A similar situation took place in the Pondok Indah area. For the people who cannot pay millions to the armed forces there is no protection.

Right now the hundreds of thousands of thugs, robbers, rapist, and killers live all around us. They are our neighbors. There is no punishment for the criminals and no justice for the victims. Yet, all Indonesians call themselves believers in God almighty. What a hypocrisy. Shouting "ALLAHU AKBAR" when raping women and children is a blasphemy against a Holy God.

Posts: 17309
Images: 135
Joined: Wed Sep 14, 2005 5:15 pm

Postby ali5196 » Thu May 01, 2008 4:23 am

Posts: 17309
Images: 135
Joined: Wed Sep 14, 2005 5:15 pm

Postby ali5196 » Wed May 07, 2008 10:56 pm

Posts: 17309
Images: 135
Joined: Wed Sep 14, 2005 5:15 pm

Postby Laurent » Wed Jun 11, 2008 11:17 am


In late January 1998 prominent Muslim personalities stepped up a campaign against Sofyan Wanadi and other Chinese tycoons in a huge rally at Sunda Kelapa mosque in Jakarta. At the rally, Adi Sasono (Minister of Cooperations), Husein Umar, Sri Eddy Swasono and Achmad Tirtosudiro outspokenly condemned ethnic-Chinese Indonesians supporting the rally.
A close aide of Soeharto (ex President), General Syarwan Hamid (Minister of Interior), who is considered a hard liner, also spoke about the need to eradicate the "rats", which obviously referring to the Ethnic-Chinese Indonesians. "Don't think that the people do not know who these rats are! It's time to eliminate these rats!" he added without elaboration.
The 21st Century Islam Foundation, a relatively unknown organization based in Bandung, also issued a statement, saying that the now-devastating economic crisis was created by Jimbaran Group, a loosely-organized grouping that includes most of Indonesia's Chinese tycoons.
On January 23, 1998, Lt. General Prabowo Sugianto, the son in law of President Suharto, held another such hate-rally in the guise of a religious meet. As it’s custom, during the fasting month, the Muslims break their fast with ceremony called Buka Puasa (Breaking the Fast) in the evenings. On that day, in front of the five thousand Muslim leaders attending the ceremony, Prabowo blamed a 'political conspiracy' for the Indonesian financial crisis. He urged his fellow officers and Muslim leaders to "close ranks" in facing the challenges ahead. The challenges ahead were not identified but other speakers explicitly linked the conspirators to the "conglomerate group" and "their henchmen operating overseas". These are the two terms which clearly refer to the Chinese Indonesians. Topping this vicious racism, copies of "Lord of the Rim", a directory of Chinese owned businesses in Asia, were distributed
Former armed forces commander, General Feisal Tanjung, is now the Coordinator Minister of Defense in the new cabinet, while Lt. General Prabowo Sugianto, a son-in-law of the ex president Suharto, is the Strategic Reserve Chief for the new army. In addition, Syarwan Hamid is now the leader of the military parliamentary fraction. The three above-mentioned officials created racial tension by inciting people that: "any shop-owner who closes his shop for fear of violence or refuses to sell at pre-crisis prices is deliberately making goods to be scarce and to keep prices high." The ethnic-Chinese Indonesians were accused of jacking up prices and illegally stocking up on goods. The definition of hoarding was arbitrary and left to the local police to define. This led to great abuse.

Posts: 6161
Joined: Mon Aug 14, 2006 9:57 am

Postby Laurent » Wed Jun 11, 2008 11:18 am

AsiaWeek Mengungkap Dalang di Balik Kerusuhan (Bagian 1)
[Bagian 2] [Bagian 3-Habis]

Mulanya, 4 Perwira Polisi Hilang Misterius

Bulan Mei 1998, sejarah dunia mencatat gejolak di Indonesia. Gejolak yang berujung pada jatuhnya Presiden Soeharto. Aksi kerusuhan massa, penjarahan, dan pemerkosaan juga berlangsung dengan brutal. Reformasi terus bergulir, namun pemicu kerusuhan yang sebenarnya masih bersembunyi di balik debu. Laporan investigasi Susan Berfield dan Dewi Loveard dari Asiaweek mengungkap, kerusuhan itu memang ada yang mendalangi. Keduanya menyimpulkan, kerusuhan itu adalah hasil sebuah aksi yang terencana rapi. Berikut intisarinya.

‘’SEPULUH hari yang mengoyak Indonesia.’’ Begitu majalah berita terkemuka di Asia itu menyebut huru-hara yang menimpa Indonesia selama Mei lalu. Kisah ini dimulai bergeraknya jarum jam pada 12 Mei. Jarum jam itu berhenti ketika 4 mahasiswa Universitas Trisakti, Jakarta, ditembak mati oleh oknum aparat keamanan.

Dalam tempo 24 jam, insiden penembakan itu membakar amarah massa. Di tengah situasi itu pula, sebuah program anti-Cina dilancarkan. Api pun melahap Jakarta. Warga keturunan Cina berlarian meninggalkan ibu kota. Jakarta tidak ubahnya sebuah ‘’zona perang.’’ Ujung-ujungnya, Presiden Soeharto pun dipaksa mundur. Tetapi, arah nasib bangsa ini pun belum jelas.

Sampai detik terjadinya kerusuhan –batu merajam bangunan mewah dan api melahap mobil-mobil–, rakyat semula banyak mengira itu sebuah spontanitas massa. Massa yang marah terhadap penguasa yang terlalu lama memerintah. Tetapi, apakah bangsa ini sudah sedemikian brutal?

Sejarah Indonesia memang beberapa kali mencatat noda hitam aksi kekerasan. Namun, siapa penggeraknya, hampir tidak pernah diidentifikasi secara jelas. Itulah sosok-sosok ‘’pemimpin bayangan’’. Siapa mereka, tidak seorang pun berani membuka mulut. Sebab, mereka adalah orang-orang superkuat, yang hukum pun seolah anti menjamahnya.

Kali ini, insiden Trisakti itu memberikan gambaran riil. Dua orang oknum polisi diajukan ke pengadilan militer sebagai pesakitan. Tetapi, benarkah mereka pelakunya? Jujur saja, sebagian rakyat Indonesia percaya bahwa para terdakwa itu hanya ‘’kambing hitam’’. Pengadilan militer itu hanya bagian sebuah upaya melindungi kepentingan militer yang lebih besar.

Hasil investigasi sebulan penuh Asiaweek –termasuk wawancara dengan beberapa perwira militer, pengacara, aktivis hak asasi manusia (HAM), para korban, dan saksi mata– menyimpulkan, penembakan Trisakti, kerusuhan, penjarahan, dan aksi pemerkosaan terhadap para wanita Cina itu benar-benar sudah direncanakan.

Di antara bukti yang didapat selama investigasi itu adalah hilangnya empat perwira polisi lengkap dengan seragamnya beberapa hari sebelum penembakan itu terjadi. Lagi pula, peluru yang diambil dari tubuh korban Trisakti itu bukanlah peluru resmi milik kepolisian.

Belum cukup di situ. Bukti lain menyatakan bahwa dua orang lelaki, yang kini dalam persembunyian, mengakui bahwa mereka sengaja direkrut untuk memancing kerusuhan. Bahkan, sumber-sumber militer mengatakan bahwa untuk kali pertama mereka berhasil menyadap arus komunikasi beberapa markas AD di Jakarta dengan kelompok-kelompok provokator pada 14 Mei lalu.

Pertanyaannya, bila kerusuhan itu sengaja digerakkan, tentu pasti ada dalangnya. Identitas si dalang ini memang tidak pernah gamblang. Namun, salah seorang yang disebut-sebut terkait dengan serangkaian aksi kerusuhan itu adalah menantu Soeharto, Letjen TNI Prabowo Subianto, yang saat itu menjabat Pangkostrad. Bahkan, beberapa kalangan menilai, keterlibatan Prabowo itu sudah kelewat jelas.

Namun, Fadli Zon –aktivis muslim yang dekat dengan Prabowo– menilai, sang letjen itu hanyalah korban ‘’pembunuhan karakter’’. Beberapa hari setelah kerusuhan itu, Prabowo menyangkal terlibat dalam kerusuhan itu. Lewat perantaranya, Juni lalu dia menyatakan siap diwawancarai Asiaweek. Tetapi, sampai kini janji wawancara itu tidak pernah terwujud.

Mengapa harus Prabowo? Banyak alasan yang mendukung tudingan itu. Prabowo sudah luas dikenal sebagai sosok ambisius. Dia memiliki berbagai sarana untuk menyulut kerusuhan itu. Dengan posisinya, dia juga mampu memerintahkan beberapa pemuda yang tak berdaya melawan perintah, termasuk beberapa oknum dari organisasi paramiliter yang dikenal jago menyulut kerusuhan.

Para preman, gangster, oknum paramiliter, dan beberapa perkumpulan pemuda melaksanakan saja apa yang dia perintahkan. Beberapa di antaranya, seperti Pemuda Pancasila, memang sudah mapan. Sumber-sumber militer mencurigai bahwa keterlibatan organisasi lain dalam kerusuhan di Jakarta itu tidak lebih dari sebuah jaringan lokal yang dikepalai para preman yang direkrut dari berbagai provinsi untuk mengacau ibu kota.

‘’Prabowo terobsesi keyakinannya bahwa satu-satunya cara bisa memerintah Indonesia adalah dengan tipu muslihat militer. Dengan cara itu, dia yakin bisa meraih kekuasaan seperti mertuanya meraih kekuasaan dari Soekarno,’’ ujar salah seorang perwira militer senior.

Dia menjelaskan, Prabowo sengaja menciptakan kerusuhan itu dengan harapan rivalnya, (saat itu) KSAD Jenderal TNI Wiranto, tidak mampu memulihkan keadaan. Harapan Prabowo adalah Soeharto, yang ketika kerusuhan terjadi berada di Mesir, memberlakukan undang-undang darurat. Sebagai panglima Kostrad, satuan inti siap tempur, Prabowo sangat yakin dialah yang bisa mengendalikan situasi. Inilah teorinya.

Teori lain mengatakan, Prabowo sengaja menciptakan kerusuhan itu untuk menarik simpati Soeharto bahwa Prabowo mampu mengendalikan situasi yang tidak menentu. Tetapi, apa yang terjadi kemudian?

Prabowo kehilangan pelindung sekaligus komandonya. Negaranya menanggung kerugian yang jauh lebih besar. Setidaknya 1.188 orang tewas, sekitar 468 wanita diperkosa, 40 mal dan 2.470 toko ludes dimakan api, serta tidak kurang dari 1.119 mobil dibakar atau dirusak.

Bagaimana sebenarnya peristiwa pilu ini terjadi? Mari kita telusuri sepuluh hari yang mencekam dan mengguncang ibu kota itu.

12 MEI: Sekitar pukul 10.30 WIB, mahasiswa mulai berkumpul di pelataran parkir di luar kampus Universitas Trisakti yang megah dengan bentuk M berlantai dua belas itu. Ini merupakan demo terbesar pertama yang dilaksanakan Trisakti. Mahasiswa yang ikut pun berasal dari bermacam golongan dan strata sosial. Ada anak-anak birokrat, pengusaha, diplomat, dan bahkan anak orang militer.

Areal parkir, biasanya dipenuhi Kijang, Toyota, dan Peugeot, siang yang panas itu benar-benar dijejali mahasiswa yang protes. Beberapa saat sebelum jarum jam menunjukkan pukul 11.00 WIB, bendera Merah Putih dikerek setengah tiang. Sementara itu, mahasiswa dan dosen menyanyikan lagu kebangsaan. Lalu, mereka mengheningkan cipta sesaat sebelum akhirnya berteriak meminta Soeharto mundur.

Pada pukul 12.30 WIB, sekitar 6.000 mahasiwa bergerak menuju jalan raya di sekitar kampus. Mereka bertekad melakukan long march menuju gedung DPR/MPR. Tiga wakil Trisakti –Dekan Fakultas Hukum Adi Andoyo Sutjipto, Kepala Satpam Kampus Arri Gunarsa, dan Ketua Senat Mahasiwa Julianto Hendro–melakukan negosiasi dengan aparat keamanan. Saat itu jarum jam sudah mendekati pukul 13.00 WIB.

Perwakilan Trisakti itu meminta aparat mengizinkan mereka berjalan ke gedung wakil rakyat sejauh 5 km. Tetapi, permintaan itu tidak dikabulkan. Mahasiwa kecewa dan duduk-duduk sambil terus beraksi di jalanan. Julianto mengungkapkan penyesalannya karena keinginan bertemu wakil rakyat itu tidak terkabul.

Aksi mahasiswa masih bertahan. Orasi, lagu kebangsaan, dan pekik protes terus berlangsung meski hujan mengguyur. Beberapa demonstran malah dengan akrab meletakkan bunga di pelatuk senapan para polisi yang berdinas. Sampai akhirnya terdengarlah kabar dari Golkar, kelompok yang merajai di DPR, bahwa tidak seorang pun sanggup menerima mereka. Berdiri tegak di tengah polisi dan rekan-rekannya, Julianto menyeru kepada mahasiswa yang kecewa. Meski kecewa, janganlah menyulut aksi kekerasan. (sol/bersambung)

Posts: 6161
Joined: Mon Aug 14, 2006 9:57 am

Postby Laurent » Wed Jun 11, 2008 11:18 am

AsiaWeek Mengungkap Dalang di Balik Kerusuhan (Bagian 2)
[Bagian 1] [Bagian 3-Habis]
SITUASI Trisakti pada 12 Mei sore memang tampak tenang. Setelah gagal menuju gedung DPR/MPR, mahasiswa yang kecewa siap tidak menyulut aksi keributan. Pukul 15.00 WIB, Adi Andoyo kembali ke kantornya. Setengah jam kemudian, asistennya menelepon bahwa polisi mengancam akan memakai kekuatan bila 200 lebih mahasiswa itu masih di jalanan menggelar aksi dan tidak mau kembali ke kampus.

Pukul 16.15, kesepakatan pun tercapai. Mahasiswa dan polisi perlahan-lahan meninggalkan garis batas lima meter. Sebagian besar mahasiswa kembali ke kampus. Yang lain masih rileks di jalanan atau berkerumun di sekitar penjaja makanan yang ada di tepi jalan. Ketua Senat Mahasiswa Julianto Hendro tampak menenggak air kemasan.

Beberapa personel polisi juga memanfaatkan waktu dengan melepas ketegangan itu. Semuanya tampak tenang. Dan, Adi Andoyo pun bertolak pulang. Seperempat jam kemudian, 16.30 WIB, seorang lelaki yang berdiri di tengah kerumunan mahasiswa berteriak agar para mahasiswa menghentikan protes.

Mahasiswa meneriaki lelaki itu sebagai agen intelijen dan mulai menggebukinya ketika dia berusaha lari sejauh 50 meter menuju garis polisi. Baru kemudian diketahui bahwa lelaki itu bernama Masud, mahasiwa Trisakti yang drop-out. Polisi maupun militer tidak mengklaim Masud adalah orangnya.

Karena Masud, suasana menjadi tegang kembali. Namun, Kepala Satpam Trisakti Arri Gunarsa dan Julianto mengingatkan rekan-rekannya agar tetap tenang dan kembali ke kampus. Pada pukul 16.45 WIB, seorang letkol polisi menghentikan perundingan. Mahasiswa diberi deadline 15 menit agar meninggalkan jalan raya. Sekitar 100 mahasiswa menolak seruan itu dan tetap berdiri di depan barikade polisi.

Menurut Julianto, tiga atau empat polisi berusaha menghalau mereka agar mundur. Memang, mahasiswa berusaha terus merangsek, meski tidak sampai melewati garis batas mereka sendiri. Polisi mengklaim mahasiswa kemudian menyulut kericuhan. Tetapi, para saksi mata mengatakan bahwa suasana sebenarnya mulai tenang.

Sekitar pukul 17.20 WIB, seseorang meletupkan senjata ke udara. Polisi pun membalas dengan melepaskan tembakan gas air mata, memukulkan tongkatnya, dan menembakkan senjata. Mahasiwa berlarian berlindung di gedung-gedung sekitarnya dan di bawah payung penjaja minuman di pinggir jalan. Tetapi, polisi terus memburu mahasiswa hingga ke pintu gerbang kampus. Cukup sampai di pintu gerbang itu saja. Tetapi, peluru-peluru terus melesat. Sebutir peluru karet menghantam punggung Julianto yang saat itu sudah di depan kantor senat.

Menghadapi keadaan itu, dari dalam kampus, mahasiwa membalas dengan melemparkan botol dan batu ke arah polisi. Saat itu, mahasiwa yakin benar bahwa peluru yang diberondongkan kepada mereka adalah peluru karet. Mereka yakin bahwa polisi dan tentara pasti mengikuti prosedur dalam menangani aksi-aksi demonstrasi.

Itu terlihat jelas dalam satuan-satuan yang diturunkan untuk mengamankan aksi di Trisakti ini. Seperti pemakaian empat lapis kekuatan: polisi di depan dengan tameng, pelindung tubuh, dan pentungan; lapis kedua adalah polisi yang bersenjatakan gas air mata dan senapan stun (yang bisa membuat korban cuma pingsan); lapis ketiga adalah tentara dengan gas air mata dan senapan berpeluru karet; serta lapis keempat terdiri atas satuan khusus polisi dan tentara bersepeda motor yang bersenjatakan senapan air.

Pada hari itu, dua komandan polisi kemudian bersaksi bahwa personel sama sekali tidak memakai amunisi hidup, tetapi mereka membawa senapan laras Steyr AUG dan SS-1 yang diisi dengan peluru kosong dan 12 peluru karet, plus SS-1 yang masing-masing diisi lima gas kanister. Namun, ‘’seseorang’’ benar-benar memakai peluru nyata.

Beberapa saksi mata mengatakan, polisi berkendaraan sepeda motor melesat di atas jembatan layang yang membentang paralel antara kampus Trisakti dan jalan tol. Mereka mengenakan seragam polisi Brigade Mobil (Brimob). Kemudian, kedua perwira militer mengatakan kepada Komisi Nasional Hak Asasi Manusia (Komnas HAM) bahwa sepekan sebelum demonstrasi itu, empat anggota unit Brimob raib bersama seragamnya.

Siapa pun para lelaki di jembatan layang itu, mereka benar-benar jitu membidikkan peluru nyatanya. Pukul 17.30 hingga pukul 18.00 WIB, empat mahasiswa gugur tertembus peluru di kepala, leher, dada, dan punggung.

Sementara itu, sebagian besar korban luka masih berhadapan dengan polisi. Mereka berusaha membuka barikade dengan melempari polisi dengan batu. Korban gugur pertama Hendriawan Sie, 20 tahun, kemudian dilarikan Arri secepatnya ke RS Sumber Waras yang terdekat. Sayang, nyawa Hendriawan yang lehernya tertembus peluru saat berada di balik pintu gerbang kampus itu tidak tertolong. Darah terus mengucur dari lehernya. Dalam perjalanan menuju kampus itulah, dia gugur.

Elang Mulya Lesmana, 19 tahun, ditembak di dada dan langsung tewas di kampus. Hafidhin Royan, 21 tahun, ditembak di kepala dan meninggal di rumah sakit. Lalu, Hery Hartanto, 21 tahun, ditembak di punggung ketika dia berhenti berlari untuk membersihkan perih di matanya yang terkena gas. Dia meninggal di kampus itu.

Menurut kepolisian dan seorang sumber yang dekat dengan militer, peluru yang dipakai membunuh empat mahasiwa itu jenis 5,56 mm MU5 yang dilesatkan dari senapan laras Steyr AUG. Padahal, aparat polisi yang diterjunkan untuk mengamankan demo Trisakti itu dibekali MU4.

Hasil yang menguatkan polisi tidak terlibat dalam insiden pembunuhan itu tidak lain berupa bukti peluru yang diambil dari jasad Hery pada 7 Juni lalu. Satu-satunya bukti kuat bahwa polisi memang tidak terlibat.

Empat nyawa sudah melayang. Tetapi, mahasiwa masih mendengar tembakan sporadis pada pukul 18.00 hingga pukul 19.00 WIB. Beberapa saat kemudian, korban terakhir bernama Sofyan Rachman ambruk ke tanah. Hingga sekarang, Sofyan masih berada dalam perawatan intensif untuk memulihan luka di dada yang juga menggores ginjalnya.

Pukul 20.00 WIB, Intan, mahasiswi fakultas hukum, keluar dari kampus dengan mengenakan pakaian putih. Dia berteriak kepada polisi bahwa orang-orang di dalam kampus butuh pertolongan medis. Setelah itu, tembakan pun berhenti. Seketika itu pula, 35 orang terluka dilarikan ke rumah sakit, meski sebelumnya polisi menolak memberikan jaminan keamanan ambulans yang membawa para korban itu.

Selain itu, kata Arri, komandan polisi telah memberi tahu dia bahwa luka-luka mahasiswa tersebut tidak mengancam nyawa. Sebab, peluru yang dipakai terbuat dari karet.

Beberapa saat setelah penembakan Trisakti itu, kawasan etnis Cina di Sunter dalam keadaan siaga. Malam itu, Imam Suyitno –warga sipil yang sudah dilatih meminta bala bantuan tentara dalam keadaan darurat– diperintahkan mengorganisasi pemantauan keamanan. Dia berdiri mengawasi keadaan di pintu gerbang pusat perbelanjaan di kawasan itu bersama rekan-rekannya.

Malam itu, mereka melihat sebuah truk AD yang berhenti di belakang supermarket. Sekitar 20 orang lelaki berpenampilan serem (garang) turun dari truk itu. Tetapi, kata Imam, sebelum turun, wajah-wajah sangar itu menerima sesuatu dari seorang lelaki. Lelaki ini kemudian lenyap ditelan kegelapan malam.

13 MEI: Pukul 09.15 WIB, ribuan mahasiswa menghadiri upacara belasungkawa di Trisakti. Sebuah tenda plastik bernoda darah berdiri di atas jalan setapak dekat Gedung M. Bendera berkibar setengah tiang. Di sana hampir semua tokoh pengkritik pemerintah hadir memberikan orasi. Kaum ‘’selebriti’’ politik Indonesia mengatakan, era baru segera datang. Setelah itu, kata saksi mata, keadaan berubah cepat.

Kerumunan massa yang ditolak masuk dan semula di depan pintu gerbang kampus kini mulai meruah dan melakukan keributan di jalanan. Mencium gelagat brutal itu, mahasiswa yang di lingkungan kampus bertekat tidak akan beranjak keluar menuruti seruan bergabung massa di luar. Massa pun mulai kalap. Mereka menghitamarangkan mobil-mobil yang diparkir dekat Mal Citraland. Dua boks gerbang pembayaran tol disulut api. Kerusuhan meluas di wilayah Jakarta Barat, lalu terus meluas.

Ketika asap membumbung dari bangunan-bangunan Jakarta, pengacara kesohor Adnan Buyung Nasution dan Ketua YLBHI Bambang Widjoyanto menemui Prabowo di markas Kostrad. Mereka bicara selama 30 menit. Di hadapan Prabowo, Buyung dan Bambang menanyakan keterlibatan menantu Soeharto itu dalam insiden penculikan beberapa aktivis politik.

Buyung dan Bambang merasa perlu menanyakan hal itu didasari pikiran bahwa adanya konflik antara Prabowo dan Wiranto. Di hadapan dua praktisi hukum senior itu, Prabowo bersumpah tidak tahu-menahu soal penculikan para aktivis tersebut. Prabowo juga menolak dugaan bahwa dia berseteru dengan Wiranto.

Kerusuhan terus meluas di luaran. Pada pukul 16.00 hingga pukul 17.00 WIB, kata seorang perwira tinggi, Wiranto memerintahkan (kala itu) Pangdam Jaya Mayjen Syafrie Syamsuddin agar mengirim pasukan untuk mengontrol aksi kerusuhan yang kian luas itu. Syafrie benar-benar menurunkan pasukannya di jalan-jalan. Namun, ternyata dia tidak memberangkatkan atau menempatkan pasukannya di beberapa wilayah yang sebenarnya sangat membutuhkan. Bahkan, dia tidak memberikan perintah yang jelas kepada pasukannya itu.

Menurut sumber perwira tinggi itu, Syafrie malah membuat pasukannya bingung. Mereka yang bermarkas di wilayah barat di Jakarta diperintahkan pergi mengamankan di wilayah timur, dan sebaliknya. Saat itulah Prabowo mendesak Wiranto agar memberinya izin menurunkan unit pasukan elite cadangan di ibu kota. Tetapi, Wiranto menolak.

Sekitar pukul 19.00 WIB, Wiranto melakukan inspeksi dengan Syafrie. Saat itulah, Wiranto merasa tidak cocok terhadap tindakan yang dilakukan Syafrie. Karena itu, Wiranto kemudian meminta Pangdam Diponegoro mengirim pasukan ke Jakarta.

Padahal, perjalanan menuju Jakarta butuh waktu sehari penuh. Prabowo dan perwira-perwira yang loyal kepadanya, seperti Syafrie, masih bisa mengontrol sebagian besar wilayah Jakarta sebelum kehadiran pasukan dari Jawa Tengah. Sumber-sumber intern mengatakan, Wiranto memang sengaja tidak menurunkan sejumlah pasukan yang loyal kepadanya karena cemas akan terjadi bentrokan bersenjata dengan pasukan Prabowo. (sol/bersambung)

Posts: 6161
Joined: Mon Aug 14, 2006 9:57 am

Postby Laurent » Wed Jun 11, 2008 11:18 am

AsiaWeek Mengungkap Dalang di Balik Kerusuhan (Bagian 3)
[Bagian 1] [Bagian 2]
Kelompok Perusuh Itu Dipandu Frekuensi Khusus

Kerusuhan di Jakarta pada 13 Mei 1998 itu benar-benar mencekam. Pengendalian huru-hara itu pun terkesan tidak terpadu sehingga membuka pintu bagi aksi-aksi lain di wilayah ibu kota. Jakarta merana, merah padam disulut api oleh orang-orang kalap. Di tengah kegerahan inilah, beberapa WNI Tionghoa meronta karena diperlakukan tidak manusiawi.

PUKUL 18.30 WIB: Susi, mahasiswi salah satu perguruan tinggi di kawasan Jakarta Pusat, berniat pulang. Seperti biasa, Susi menumpang sebuah bus dengan rute yang melintasi Citraland dan Universitas Trisakti. Ketika bus sampai di Mal Citraland, puluhan massa mengepung dan memaksa sopir menghentikan busnya. Massa meneriaki seluruh penumpang agar turun. Bila tidak mau, mereka pun siap membakar bus itu.

Akhirnya, sekitar 50 penumpang bus tersebut turun juga. Tetapi, massa yang kalap itu masih juga membakar bus tersebut. Tidak ada cara lain bagi Susi kecuali pulang dengan berjalan kaki. Dicekam ketakutan, langkah mahasiswi keturunan Cina ini kian cepat. Seolah dia dikejar seseorang. Menyusuri kegelapan malam, tidak ada lentera kecuali nyala dan jilat api mobil serta sepeda motor yang dibakar di jalan.

Kerumunan massa semakin brutal. Jumlah mereka sudah mencapai ratusan. Seolah berpesta, mereka membabi buta melakukan perusakan. Sedangkan ratusan lainnya menatap di pinggir jalan. Seorang lelaki tak bersenjata berusaha merampok Susi. Namun, mahasiswi ini berusaha bertahan untuk tidak menyerahkan dompetnya.

Susi berlari kencang. Lelaki yang bermaksud jahat itu pun mengejarnya. Ketika lelaki itu mendekat, Susi berusaha mencari perlindungan dengan merangkul seorang lelaki yang dekat dengannya. Lelaki itu bernama Wahyu. Wahyu mengaku tak mampu memberikan perlindungan kepada Susi. Dengan demikian, lelaki jahat itu pun dengan gampang meminta uang Susi.

Susi bersumpah hanya punya uang Rp 10 ribu. Menurut Susi, uang sejumlah itu pun diambil oleh lelaki tadi. Malahan, dia masih mengumpat Susi dengan kata-kata, ’’Gadis Cina edan.’’

Wahyu memikirkan cara bagaimana menyelamatkan Susi. Akhirnya, dia memberikan topinya kepada Susi. Mahasiswi ini kemudian menutupi raut wajahnya dengan topi itu sesuai dengan saran Wahyu.

Karena sama-sama satu arah, Wahyu dan Susi berjalan bersama. Di perjalanan, Susi mengatakan melihat sebuah mobil dibakar bersama penumpangnya. Dia juga mendengar pekikan ’’Enyahkan Cina.’’ Di seberang jalan, dia malah menatap gadis-gadis yang sudah ditelanjangi. Orang berusaha melihat, tetapi Susi berusaha tak acuh.

Sekitar pukul 21.00 WIB, Susi dan Wahyu berhasil meninggalkan jalan yang mencekam tadi. Mereka kemudian berhenti di sebuah kedai teh. Anak lelaki pemilik kedai datang. Dia baru saja melihat kerusuhan di jalan. Anak pemilik kedai ini mengatakan bahwa mereka (massa) sudah melakukan perbuatan yang mengerikan bagi warga keturunan Cina.

Suami-istri pemilik kedai teh itu menawarkan inapan. Susi pun tak bisa menampik. Pagi-pagi sekali, mereka menghubungi seorang temannya untuk mengantarkan Susi pulang. Sebelum pulang, suami-istri itu menyodorkan jilbab agar Susi mau memakainya. Tetapi, Susi lebih suka memakai topi pemberian Wahyu. Ketika jarum jam siap menyentuh 09.30 WIB (14 Mei), Susi tiba dengan selamat di rumah.

Tetapi, dia tidak lagi bisa menyaksikan pemandangan yang serupa dengan pemandangan saat dia berangkat ke kampus sehari sebelumnya. Soalnya, toko-toko yang ada di sekitarnya sudah jadi arang. Toko-toko yang ditempeli tulisan ’’Milik Muslim’’ di pintu maupun pintu gerbang umumnya selamat. Namun, ibu Susi –yang membuka toko kosmetik– tidak mau memasang tulisan itu. Sepekan setelah peristiwa itu, warga di lingkungan Susi tinggal mengorganisasikan pengamanan bersama setiap malam. Masing-masing orang melengkapi diri dengan alat pengaman, dari stik golf sampai pedang samurai.

Hampir bersamaan dengan waktu Susi meninggalkan kampus tadi, seorang pengusaha keturunan Cina tiba di rumahnya di Jembatan Lima, kawasan yang didominasi etnis Cina. Istri pengusaha itulah yang meminta sang suami secepatnya pulang. Sang istri itu merasa ngeri melihat kerumunan orang yang tidak dia kenal dan berteriak di jalanan sambil membawa batu.

Ipar lelaki pengusaha itu mengaku melihat sekitar lima orang berpenampilan serem melempar jendela-jendela bangunan dengan batu untuk menarik perhatian. Ketika gelombang massa mulai berdatangan dari kampung sekitarnya, kelima orang berpenampilan garang itu mempengaruhi massa agar masuk sebuah gudang air mineral. Massa diserukan agar mengambil apa saja yang mereka suka, lalu bakar benda-benda yang tidak bisa dibawa.

Lalu, kelima orang tadi berteriak, ’’Mari kita serbu tempat lain!’’ Dan, massa yang kesetanan itu pun pergi. Malam itu juga bank di wilayah itu dirusak, mobil-mobil dibakar, dan sebuah toko emas habis dikuras. Sebuah pasar makanan juga dihancurkan. Warga menelepon pos polisi dan militer untuk meminta bantuan. Tapi, tak seorang pun menjawab panggilan telepon itu.

Menjelang tengah malam, ujar seorang relawan kemanusiaan bernama Karyo, seorang godfather memberikan perintah kepada sekumpulan anggota geng anak muda dan pecandu narkotika agar bertemu pagi harinya untuk merayakan ’’pesta jalanan.’’ Karyo mengakui tahu soal perintah itu karena salah seorang dari anggota geng tadi memberi tahu dia.

Kepada Karyo, pemuda itu mengatakan bahwa perintah godfather tidak mungkin ditolak. Pemuda itu diminta mengenakan seragam sekolah, lalu datang ke kawasan Klender untuk memancing perkelahian. Namun, tutur Karyo, pemuda itu pisah dengan kelompoknya sebelum sampai di tujuan.

14 MEI: Sekitar pukul 02.00 dini hari, kata seorang perwira militer, (kala itu) Pangdam Jaya Mayjen Sjafrie Syamsoeddin mengeluarkan instruksi bagi kelompok-kelompok yang ada di jalanan. Sepanjang hari itu, orang-orang di markas Sjafrie mendengar perintah ke mana orang-orang di jalanan itu harus pergi. Akhirnya, frekuensi radio itu berhasil di-jam (dicegat). Padahal, hanya satuan elite Komando Pasukan Khusus (Kopassus) dan intelijen AD- lah yang bisa melakukannya.

Menurut sumber lain yang juga militer, setelah fajar, gangsters dari Lampung, Sumatera Selatan, dipandu memasuki wilayah ibu kota oleh pasukan Kopassus –satuan yang dipimpin Prabowo mulai 1995 sampai Februari lalu. Seorang pegawai sipil di markas militer mengatakan, sepekan sebelum kerusuhan meletus, ratusan pemuda Timtim dibawa dan dilatih oleh Kopassus. Mereka dibawa dengan pesawat carteran dari Dili ke Yogyakarta. Dari Yogyakarta, ratusan pemuda Timtim itu dibawa ke Jakarta dengan kereta api.

Saat dimintai konfirmasi oleh Asiaweek, maskapai yang mengangkut pemuda Timor Timur itu menolak buka suara. Menurut mereka, adalah kebijakan untuk tidak membicarakan penerbangan tersebut.

Pagi-pagi sekali, Karyo menerima telepon dari seorang tak dikenal. Menurut si penelepon, hari itu Jatinegara Plaza di kawasan Jakarta Timur akan dibakar. Saksi mata mengatakan, setelah telepon itu, delapan lelaki tiba di Jatinegara. Seorang di antara mereka berusaha menarik perhatian massa dari kampung sekitar dengan membakar ban mobil. Ketika massa sudah berkumpul, empat dari delapan lelaki tadi mengajak mereka menuju plaza yang sedang melakukan aktivitas bisnis. Mereka merusak, tapi aparat keamanan hanya bisa menatap.

Beberapa jam kemudian, seseorang menembakkan gas air mata di lantai dasar Jatinegara Plaza. Dua saksi mata melihat, saat itu seorang lelaki menyiramkan bensin di pintu masuk, lalu membakarnya. Di lantai tiga, seorang lelaki lain terlihat membakar gulungan kain. Dia lalu meninggalkan tempat itu dengan turun melewati pipa udara. Sebanyak 70 orang, termasuk beberapa pekerja di plaza itu, tewas terbakar. Namun, satuan pemadam kebakaran dan polisi tidak bereaksi.

Bergerak jauh ke arah timur Klender, Yogya Plaza juga diserbu. Saksi mata mengatakan, sekelompok lelaki memimpin massa yang ada di jalanan dan mempersilakan mereka mengambil apa pun yang mereka suka. Sekelompok lelaki penyulut tadi berpotongan rambut cepak, badan tegap, dibungkus jaket hitam. Lelaki-lelaki ini mengaku sebagai mahasiswa.

Setelah beberapa jam menyerbu, merusak, dan menjarah Yogya Plaza, seorang di antara lelaki tadi berteriak kepada para penjarah agar secepatnya keluar dari plaza itu. Lalu, lelaki ini dan tiga rekannya mencelupkan sepotong kain lebar ke dalam bensin, kemudian menyulutnya dengan korek api. Kain yang terbakar itu dilemparkan ke plaza. Lelaki-lelaki berjaket hitam itu pun pergi. Tapi, sekitar 100 orang mati terpanggang.

Di Jakarta Barat, massa berkumpul di Meruya. Mereka sudah mendengar rumor bahwa pasar di wilayah tetangga akan dijadikan abu. Beberapa saat kemudian, kata saksi mata, dua minibus tiba di Meruya. Dua minibus itu mengangkut para lelaki berseragam sekolah. Ada kejanggalan. Lelaki-lelaki berseragam itu sebenarnya sudah tidak tampak sebagai pemuda belasan tahun. Lelaki-lelaki berseragam ini memakai bom molotov untuk menyulut api. Api menjalar. Lelaki-lelaki berseragam itu pun cepat lenyap.

Masih pagi hari pada 14 Mei, sekelompok lelaki yang tampak terlalu tua dan terlalu besar untuk mengenakan seragam SMU, mulai memancing keributan dengan berkelahi di jalan raya utama Sunter. Mereka kemudian juga mulai membakar ban-ban. Setidaknya, tiga pengendara sepeda motor terlihat berputar-putar di sekelilingnya. Seolah tampak kebingungan.

Saat itu, Suyitno –penghubung militer-warga– menunjukkan satu arah kepada pengendara sepeda motor tadi. Namun, para pengendara itu malah memacu sepeda motornya menjauh. Sejak kerusuhan meletup, sudah dua hari Suyitno melakukan kontak dengan pos komando militer setempat.

Saat kontak itu, kata Suyitno, seseorang di markas memberi tahu dia, ’’Bila kamu dilempari batu oleh para perusuh, balaslah dengan senyum. Saya perintahkan kamu hanya tersenyum, cukup itu saja.’’

Para perwira di wilayah Sunter mengaku juga menerima perintah yang sama dengan Suyitno. Beberapa mengaku sama sekali tidak menerima perintah. Ketika beberapa perwira berinisiatif melapor kepada atasan tentang aksi yang kian meluas, mereka hanya dibalas dengan perintah agar tetap siaga. Menjawab fenomena aneh ini, seorang perwira berkata kepada Suyitno, ’’Saya rasa sama-sama ada ketidakjelasan perintah di Jatinegara dan Klender.’’

Sementara itu, kata seorang sumber yang dekat dengan (saat itu) Kapolda Mayjen Hamami Nata, beberapa satuan polisi diminta berkumpul di markas, tapi diperintahkan tetap di tempat. Menurut sumber itu, hampir semua polisi di sana tidak ada yang berani meninggalkan tempat karena mereka tidak yakin benar perintah siapa yang akan diikuti. Satuan pemadam kebakaran juga diperintahkan agar tidak bekerja.

Glodok Plaza, kawasan komersial yang berdiri megah di tengah Jakarta itu, akhirnya juga tidak luput dari serangan api dan serbuan batu. Muladi, seorang satpam, menyaksikan sendiri bagaimana aksi perusakan dan penjarahan itu terjadi. Saat itu sekitar pukul 16.00 WIB, Muladi melihat lebih dari 2.000 orang dengan tas-tas penuh batu dan alat pencongkel pintu secara paksa bergerak menuju Glodok.

Beberapa orang lain membawa bom molotov. Polisi memberikan tembakan ke udara sebagai peringatan, tapi massa tidak menggubris. Polisi kemudian tampak pasrah dan minggir. Glodok Plaza diserbu, dijarah, dan dilumatkan. Orang-orang tampak bersemangat mengusung komputer, kulkas, televisi, dan barang lain dari pusat perbelanjaan elektronik itu. Pesta itu terus berlangsung sebelum api mulai tampak melahap sekitar pukul 19.00 WIB. Tidak tampak seorang pun berusaha memadamkan kobaran api.

’’Lebih mengerikan dibandingkan dengan perang karena kami tak bisa meminta bala bantuan,’’ kenang Muladi.

Sebelum Glodok Plaza dirajam api, petangnya, si jago merah juga melahap rumah seorang pengusaha keturunan Cina yang ada di wilayah tetangganya. Massa meruak masuk, mengambil barang-barang dari rumah itu. Saat itu, sejumlah personel militer hanya bisa menatap. Sedangkan si pengusaha yang cemas terpaksa tertahan di jalanan. Dia menggigil ketakutan ketika massa berteriak untuk menghancurkan rumahnya.

Akhirnya, dia pun terpaksa menyusuri tapak jalan dengan berjalan kaki. Baru menjelang tengah malam, dia sampai di kediamannya yang sudah menjadi arang. Dia hanya bisa menatap sisa-sisa miliknya disantap api. Baru pada pagi hari, konglomerat ini bisa memasuki areal rumahnya dengan ditemani dua orang perwira polisi militer. Lantai satu dan dua rumah itu sudah rata dengan tanah.

Dengan perasaan pedih, dia naik ke tangga tiga yang selama itu dijadikan apartemen keluarga. Ternyata, di sana tidak kalah mengenaskan. Perabot mahal yang ada di ruang tamu amblas. Di kamar tidur, di atas ranjang, lelaki pengusaha itu mendapati istrinya sudah tewas terpanggang. Di kolong ranjang, anak gadisnya yang berusia 17 tahun juga sudah menjadi mayat. Sementara itu, kakak wanita gadis itu yang berusia 18 tahun pun sudah tidak bernyawa. Jasadnya ada di lemari pakaian dengan tangan menggengam telepon selular dan Injil.

Menurut Rosita Noer, dokter yang juga aktivis hak asasi manusia, sepanjang hari pada 14 Mei itu, setidaknya, sudah 468 wanita diserang sekelompok lelaki di 15 tempat. Di 10 wilayah, sekelompok wanita juga dikerjai. Umumnya, korban diserang ketika berada di toko, rumah, dan di dalam mobil mereka.

Yang memilukan, justru pelaku kerap memperlakukan korban secara tidak manusiawi. Mereka menelanjangi, lalu melihat tubuh wanita-wanita korbannya. Beberapa lagi malah memperkosanya. Para pelaku itu memang asing di mata korban, yang umumnya keturunan Cina. Korban lain diperkirakan akibat salah sasaran karena mirip Cina atau bekerja pada keluarga keturunan Cina. Sedikitnya, 20 wanita tewas atau dibunuh setelah diperkosa itu, beberapa lagi nekat bunuh diri.

Menurut penuturan Ita Nadia, Kepala Pusat Studi Wanita Kalyanamitra, telah terjadi 10 lelaki memaksa beberapa wanita masuk ke sebuah rumah. Di sana, mereka mengobrak-abrik isi rumah itu, lalu menelentangkan korbannya. Mereka memperkosa ibu dan anak perempuan di depan ayah dan anak lelakinya. Seorang nenek mengaku melihat kemaluan cucu wanitanya ditusuk dengan botol.

Di tempat lain, seorang ibu mencoba bunuh diri karena tidak tahan melihat anak gadisnya yang berusia belasan tahun diperkosa di hadapannya. Seorang ayah malah memberi anaknya Baygon untuk memudahkan jalan anak gadisnya itu bunuh diri setelah dia diperkosa. Juga, seorang ibu yang mengidap serangan jantung langsung tewas begitu mendengar anak gadisnya telah diperkosa.

Di sebuah apartemen berlantai 15 di kawasan Pluit, Jakarta Utara, beberapa kelompok lelaki bergerak secara sistematis menyerang wanita-wanita Cina yang ada di setiap lantai. Aksi ini dimulai pukul 09.00 WIB sampai petang hari. Para lelaki itu bisa bergerak leluasa karena mereka benar-benar sudah menguasai apartemen itu. Diperkirakan, mereka sudah memperkosa lebih dari 40 gadis dan wanita.

Prabowo Tegang, tapi Bisa Kendalikan Diri

Tiga gadis bersaudara sedang menunggu toko milik keluarga ketika tujuh lelaki berkulit legam dan tegap yang tidak mereka kenal menyerang sekitar pukul 16.00 WIB. Gadis-gadis itu kemudian berhamburan menuju apartemen mereka di lantai tiga. Lelaki-lelaki tersebut memburu dan berhasil menangkap mereka. Dua gadis termuda diperkosa, sedangkan si sulung hanya diberi tahu bahwa dia terlalu tua untuk dimangsa.

Lalu, mereka menyulut lantai dasar apartemen itu dengan api. Dua gadis yang mahkotanya sudah direnggut paksa tadi didorong ke dalam kobaran api dan tewas. Namun, si sulung dapat diselamatkan oleh para tetangga. Tidak berhenti di sini, kekerasan dan pemerkosaan terus menjalar ke segenap wilayah itu. Menjelang pukul 19.00 WIB, sejumlah wanita telah diperkosa dan kawasan itu dibumihanguskan.

Di tiga kawasan pecinan di Jakarta Barat, antara pukul 17.00 hingga 20.00 WIB, sejumlah lelaki menyeret ratusan gadis ke jalanan, menelanjangi, dan memaksa mereka menari bersama massa. Menurut Dokter Noer, 20 orang diperkosa dan beberapa lagi dibakar hidup-hidup. Dokter wanita itu juga mengakui dirinya tengah mempelajari kasus perkosaan enam gadis berusia 14–20 tahun di beberapa wilayah Jakarta. Empat di antara enam gadis itu mengaku telah digilir tujuh lelaki yang tidak mereka kenal. Malah, (maaf) wilayah kelamin gadis-gadis itu –mulai vagina sampai anus– dirobek hingga menganga.

‘’Secara fisik memang bisa disembuhkan. Tetapi, peristiwa ini akan menghantui mereka selamanya,’’ tutur Noer.

Jakarta masih mencekam. Pukul 19.30 WIB, Jenderal Wiranto muncul di layar televisi dan mengatakan bahwa aparat keamanan sudah berhasil mengendalikan situasi. Tetapi, tidak adanya aparat keamanan di jalan-jalan mendorong beberapa kedutaan asing menyerukan perintah evakuasi. Dan, ribuan warga asing –termasuk etnis Cina– mulai meninggalkan Jakarta yang membara dan berhias kebrutalan.

Ketika aksi perkosaan dan penjarahan masih berlangsung, Prabowo sedang berada di markas Kostrad. Di sana, menantu Soeharto itu sedang menerima utusan kelompok pemuda dan organisasi muslim. Menurut seseorang yang ada di tempat itu, Prabowo meminta mereka membantu menenangkan situasi dengan memberikan dukungan kepada Sjafrie.

Prabowo memang tegang, kata orang dekatnya, namun tampak masih bisa mengendalikan diri. Mereka memesan makanan dan santap malam bersama. Karena situasi masih kacau, pesanan makanan itu pun harus diambil dengan kendaraan bersenjata.

Sekitar pukul 01.00 WIB (15 Mei), Prabowo mengunjungi Ketua Umum PB NU KH Abdurrahman Wahid alias Gus Dur di kediamannya. Lalu, Prabowo kembali ke markas Kostrad, yang ternyata kemudian hanya memberinya kesempatan bertahan di sana cuma hingga sepekan berikutnya.

15–19 MEI: Selama empat hari berikutnya, aksi kekerasan dan berbagai drama pilu itu masih menghantui jalanan. Pukul 04.40 WIB pada 15 Mei, Soeharto tiba dari Kairo, Mesir, dan mendarat di landasan militer Halim di kawasan Jakarta Timur. Konvoi yang terdiri atas 100 kendaraan bersenjata mengawal Soeharto menuju kediamannya di Cendana. Setelah itu, tank-tank Scorpion pertama dan beberapa batalion pasukan bergerak memasuki pusat kota.

Jalanan masih dihiasi pecahan kaca, mobil-mobil yang sudah jadi rongsokan arang, televisi yang porak-poranda, dan puing-puing barang yang sebelumnya begitu berharga. Bank, pusat perkantoran, gedung pemerintahan, dan sekolah-sekolah tutup. Hanya bandara internasional yang tetap melaksanakan aktivitas.

Di tengah kebisuan Jakarta itu, satuan pemadam kebakaran mulai beraksi memadamkan toko-toko dan bangunan-bangunan yang masih mengeluarkan asap. Seketika itu pula, mayat-mayat sudah bisa dihitung. Tapi, masih banyak yang belum terbilang. Para ayah sibuk mencari anaknya. Ibu-ibu berbondong ke rumah sakit untuk mengenali jasad-jasad, yang mungkin di antara mereka ada jasad suaminya. Sungguh sayang. Mayat-mayat itu tidak bisa lagi dikenali karena rusak terbakar. Akhirnya, korban-korban aksi kekerasan Mei ini dikubur masal.

Paramedis dari tim relawan untuk kemanusiaan berhasil menolong seorang lelaki yang terluka parah di luar markas militer, di kawasan Jakarta Timur. Lelaki itu kemudian dibawa paramedis tersebut ke posnya. Luka di kepala lelaki itu diobati. Di sana, kata Romo Sandyawan, –salah seorang pendiri tim relawan tersebut– lelaki itu mengakui bahwa dia telah direkrut dan dilatih bagaimana memancing kerusuhan.

Menurut lelaki itu, mula-mula dia menerima uang muka 2 dolar AS (perhitungan kurs rupiah saat itu sekitar Rp 35 ribu) dan diangkut ke Jatinegara oleh beberapa lelaki yang sulit dikenali. Lelaki ini juga berkata, dia direkrut dalam rombongan beranggota delapan orang dari Jawa Barat. Setelah dilatih, dia diberi batu dan bom molotov dari bensin. Menurut dia, dalam rombongan beranggota delapan orang tadi, mungkin dialah satu-satunya yang bertahan hidup akibat kerusuhan.

Romo Sandyawan menuturkan, pemuda dari Jawa Barat itu diasramakan dan dibrifing selama dua pekan di markas militer di pinggiran selatan Jakarta. Romo Sandyawan mengaku percaya pada penuturan pemuda itu, tetapi belum bisa menjamin penuh akurasinya karena pemuda tadi mengalami cedera syaraf.

Eksodus warga asing terus berlangsung. Ribuan WNI keturunan Cina dan warga asing lain bertolak lewat jalur udara. Jalur air juga tak haram, yang penting cepat keluar dari Jakarta. Pukul 05.00 WIB pada 17 Mei, seorang wanita asing dan bayi perempuannya dikawal menuju bandara dengan perlindungan diplomatik.

Di setiap ujung jalan, sopir selalu memberikan sinyal yang sudah disepakati. Dan, serdadu yang bersembunyi di balik barikadenya membiarkan mobil itu lewat. Beberapa orang yakin bahwa pasukan-pasukan itu pasti sudah diberi tahu agar tidak berdiri dan tampak dalam keadaan siaga penuh. Sebab, para komandannya tentu cemas akan terjadi serangan yang mungkin dari pasukan lain.

Pukul 10.00 WIB, pada 17 Mei, Prabowo mengunjungi rumah Hery Hartanto, mahasiswa Trisakti yang gugur ditembak pada aksi demo 12 Mei. Ketika orang tua Hery menatapnya, Prabowo mengangkat Alquran ke atas kepalanya dan bersumpah bahwa dirinya tidak memerintahkan pembunuhan di Trisakti itu. Ayah almarhum Hery, Sjahrir Muljo Utomo –yang juga seorang purnawirawan AD– mengaku tak tahu pasti: percaya atau tidak mempercayai sumpah Prabowo itu.

Ketika warga Jakarta mulai bersih-bersih, sekutu-sekutu Soeharto mulai kelimpungan mencari jalan menyelamatkan muka. Mereka pun berusaha meyakinkan Soeharto agar mundur. Para ketua parlemen (DPR) mulai berani bicara soal penyimpangan penguasa, tetapi meminta Soeharto mundur dengan jalan mereka adalah tidak konstitusional. Hal yang bisa mengancam munculnya konfrontasi antara militer dan parlemen.

Ketika tanda-tanda "pertentangan" itu dicemaskan terjadi, ketegangan muncul juga antara militer dan mahasiswa yang sudah merencanakan menggelar aksi masal sejuta orang pada 20 Mei. Wiranto memantapkan diri mendukung Soeharto. Namun, Wiranto juga meminta Soeharto membentuk kabinet baru dan melaksanakan reformasi.

Sementara itu, mahasiswa yang sudah makin berani setelah melihat Soeharto kian tak berdaya memutuskan siap menggelar aksi ke tempat yang telah memberikan amanah kepada Soeharto itu, apalagi kalau bukan gedung DPR/MPR. Mahasiswa demonstran gelombang pertama tiba diangkut kendaraan militer pada 19 Mei pagi hari. Mereka memakai jaket almamater dan menunjukkan identitas ketika melintasi pintu gerbang gedung wakil rakyat itu.

Pukul 11.00 WIB, tidak seperti biasanya, Soeharto muncul di layar televisi nasional. Membaca naskah, sosok yang sudah 32 tahun memerintah Indonesia itu bersumpah siap meninggalkan kantor sesegera mungkin. Dia juga menjanjikan pemilihan umum baru dengan undang-undang yang baru pula untuk mengisi keanggotaan parlemen. Saat itu pula, Soeharto berjanji bahwa antara dia dan Habibie (saat itu Wapres) tidak akan mencalonkan diri untuk periode jabatan berikutnya.

Feisal Ingatkan Habibie, Prabowo Berbahaya

Untuk mewujudkan semua rencana itu, Soeharto akan membentuk sebuah dewan yang merumuskan arah reformasi politik. Tetapi, mahasiswa yang sudah menduduki parlemen bersumpah tidak akan pergi, kecuali bila Soeharto mau mundur. Malam itu, sekitar 3.000 mahasiswa tetap bertahan di area DPR/MPR. Mereka tidur di tenda-tenda atau di atas tikar plastik. Para penyokong aksi mahasiswa ini, yang umumnya kalangan menengah, memberikan dukungan berupa makanan dan air kemasan.

Malam itu, menurut orang-orang dekatnya, Habibie menelepon Soeharto. Habibie mengungkapkan kecemasannya bahwa karier politik Pak Harto akan berakhir prematur pada esok hari yang sudah menjelang. Tetapi, Soeharto berjanji akan melaksanakan pemilu daripada menyerahkan jabatannya kepada wakil presiden seperti Habibie.

Habibie, kata koleganya, sangat terluka. Dia yakin Soeharto tidak akan lama bertahan. Itulah satu-satunya pilihan saat itu. Sebab, cara-cara lain tampaknya sudah tidak rasional.

20–21 MEI: Beberapa jam menjelang fajar, Jakarta tampak sebagai kota di bawah pendudukan. Ratusan tentara bersenjata senapan laras dan tank-tank ringan serta personel artileri melakukan patroli di ibu kota. Jalan-jalan menuju Monumen Nasional (Monas), tempat yang sudah diplot sebagai venue aksi sejuta massa pada 20 Mei, sudah diblokade dengan kawat berduri dan artileri berat. Tidak ada jalan lain, aksi masal itu pun dibatalkan.

Sore itu, Wiranto menyarankan kepada Soeharto bahwa satu-satunya cara konstitusional transfer kekuasaan adalah menyerahkan jabatan presiden itu kepada Wapres Habibie. Wiranto kemudian mengajukan tiga tuntutan kepada Habibie. Yakni, dia tetap sebagai panglima ABRI, lalu Habibie harus komitmen terhadap reformasi, serta jabatan Prabowo harus diganti.

Tapi, kata sahabat dekatnya, Habibie sudah sekian lama mengenal Prabowo. Mereka berdua tinggal cukup lama di luar negeri. Mereka saling berbagi kepentingan dalam memajukan kepentingan muslim. Pendeknya, satu sama lain saling membutuhkan. Prabowo-lah yang banyak membantu Habibie bersahabat dengan para perwira senior.

Katakanlah, lanjut sumber tadi, dalam pekan genting itu Prabowo dan Habibie bekerja sama membujuk Soeharto agar mundur. Sebagai imbalan, Habibie siap memberi Prabowo jabatan kepala staf Angkatan Darat (KSAD).

Pukul 09.00 WIB pada 21 Mei, lewat siaran televisi nasional, Soeharto mengumumkan lengser keprabon. Setelah tiga dasawarsa lebih memerintah Indonesia, dia meminta maaf kepada rakyat atas segala kesalahan dan kekurangan. Dan, Habibie tampak ragu-ragu sebelum diambil sumpahnya sebagai presiden ketiga sejak Indonesia merdeka.

Hampir tengah malam setelah pengunduran Soeharto, Prabowo muncul di Istana Kepresidenan dengan pasukan siap tempur. Berbekal pistol otomatis dan beberapa truk pasukan Kostrad yang sudah menanggalkan tanda resimennya, Prabowo menagih jabatan KSAD yang sudah dijanjikan Habibie.

Saat itulah pengawal Habibie memanggil Wiranto dan Feisal Tanjung, mantan Pangab, ke istana. Feisal mengingatkan Habibie bahwa Prabowo adalah sosok yang terlalu bahaya bila harus memimpin AD. Kepada orang, Habibie kemudian hanya bisa berkata bahwa malam itu dia memang takut akan keselamatan nyawanya. (sol/habis)

Posts: 6161
Joined: Mon Aug 14, 2006 9:57 am

Postby Laurent » Wed Jun 11, 2008 11:20 am

Father Sandyawan's speech in front of US Congress July 28, 1998
CONDITION OF OUR SHARED LIFE: The May 1998 Tragedy in Indonesia
I have come here on behalf of 'Tim Relawan untuk Kemanusiaan', the Indonesian name for the 'Team of Volunteers for Humanitarian Causes'. The Team was formed in the aftermath of the urban riots in Jakarta, Indonesia, following the attack on the headquarters of Indonesian Democratic Party on July 27, 1996. As repeatedly happened in the history of Indonesia in the past thirty years, it was the ordinary people who bore the burden: 5 dead, 149 injured, 136 arrested and 23 missing. The concern of the 'Team' was to help the victims from among these ordinary people.

Since the incident in mid-July 1996, political events in Indonesia have been enfolding in a chaotic way, almost all marred by unnecessary violence and bloodshed. The political system has gone bankrupt, and the severe monetary and economic crisis which started in July 1997 has intensified the magnitude of the crisis. Again, it is the ordinary people who have to bear the suffering. Gone is politics as a noble vocation, for it has simply become a barbaric venture. The word 'barbaric' is to be understood literally, that is, hundreds or thousands disappear or die from organised violence. One of the horrors in a long series of such barbaric politics is what happened in May, 1998.

Due to time constraints, I would like to speak only about the tragic event that happened in mid-May, 1998. I am speaking about this particular event because, in terms of magnitude and methods of violence, it has become like the most dramatic manifestation of politics as practised by the elites in Indonesia. We are not concerned here about politics as such, but about the consequences of these barbaric politics on the future of Indonesia. At your invitation, we have come here to make an appeal to your solidarity with and for the victims of the tragedy.

1. The Horror
The May 1998 tragedy was preceded by the shooting-to-death of four university students on the occasion of student demonstrations at the University of Trisakti, in Jakarta, on May 12, 1998. On that day the political temperature rose suddenly, and sporadic violence began to show its face. In the morning of May 14, 1998, a series of violent incidents started to break out, and by mid-day the city of Jakarta and its surroundings were on fire. Thousands of commercial buildings, business offices, supermarkets, residential houses, public utilities, buses and private cars were burnt down or simply ramshacked on the streets. Amidst the riots, widespread looting and torture took place in an incomprehensible manner. By June 9, 1998, the 'Team of Volunteers for Humanitarian Causes' had catalogued 2,244 dead bodies (mostly burnt), 91 injured and 31 people missing. Again, most of the victims were ordinary people. The casualties, however, are only part of the story. It was soon discovered that the horror also involved a series of gang-rapes on Chinese women. As of July 3, 1998, we found 152 women being gang-raped, of whom 20 are dead. The following is a random example of how these gang-rapes were perpetrated:

"A group of unknown persons were looting the victims' house. By threatening to burn down the house, some of them forced the victim's son to rape his younger sister. They also coerced the male house-maid to rape the mother of the family. The gang-rapes were then continued by the group and other unknown persons. The victims' house was burnt down, the siblings were thrown into the burning fire and the mother threw herself into the fire." (As told confidentially by an eyewitness; the gang-rape occurred in Jakarta on May 13, 1998).

2. The Pattern
Being shocked, we may ponder: who have planned such barbaric acts on such a massive scale? We may suspect that they are spontaneous acts by the mobs, the crowd of ordinary people. The answer is 'NO'. From our on-going investigations, we began to see clearly that the May tragedy involved a highly systematic and organised plan and its execution. It was not a 'coincidence', for the coincidence-factor simply cannot explain (a) the scale and (b) simultaneity (simulacrum) of the tragedy in an area as vast as Jakarta and its surroundings, (c) the similarity of their modus operandi, and (d) the systematic selection of targets in the case of gang-rapes on Chinese women. With regard to the similarity of modus operandi, we have uncovered the following pattern:

First, the looting and burning were not initiated by people from the neighbourhood, but by groups of strangers not known by the local people. These strangers were transported in a bus or truck coming from unknown places. They were the party which incited, provoked and encouraged the local people to do the looting. Secondly, the leaders of the looting/burning and the perpetrators of gang-rapes were seen by eyewitnesses and local people as muscular persons, wearing military boots, having the appearance of goons and hitmen. Thirdly, this group of unknown persons disappeared while the buildings were on fire, and while adults and children from the neighbourhood were helplessly trapped inside. (For detailed description, see 'Documents 1, 2, and 3').

Indeed, our investigations show that the May tragedy is inseparable from the power struggle which intensified in the days prior to the outbreak of the riots. And this is a recurring pattern in the elite politics in Indonesia in the last thirty years. The similar pattern, modus operandi and their consequences also happened in the riots in Surabaya, Solo, Palembang and Medan. They also happened in Aceh, Irian Jaya, East Timor, Banjarmasin, Tasikmalaya, Situbondo as well as in the July 27, 1996 incident. The past was soaked in violence and blood. The present is simply another space and time for the similar blood-spilling politics. If we do not break this recurring pattern, the future will never become the realm of civilisation.

3. The Cover-up
It is indeed an arduous task to pinpoint the roots of such organised violence. But we observe the same symptoms. It is the poor and ordinary people who suffer the consequences. The May 1998 tragedy shows the old habit of how elite politics was being exercised in Indonesia.

First, the Indonesian government and the old guard in the military show a lukewarm attitude even in admitting that systematic and organised acts of looting, burning and gang-raping have been committed. Among their official ranks, there is a tendency to cover up the fact of the May tragedy. They repeatedly say that what happened was spontaneous acts by the crowd, or they simply keep quiet as if nothing has really happened. Another political move being made by the official ranks is to make the tragedy appear as a natural disaster, comparable with an earthquake or a hurricane. Behind such a move is an agenda, or rather a non-agenda, that 'nothing can be done'. As repeatedly done in the past, a deliberate amnesia is again being injected into public life. It is a betrayal of history, a denial of collective memory.

Secondly, there is a blatant move by the official ranks to divert the case to look like a racial conflict. Based on our on-going investigations, we assure you that it was not a racial conflict. The 'racial-conflict claim' can never explain why the organised gangs burned down buildings in which thousands of non-Chinese adults and children were helplessly trapped. Racial differences are not the main problem. They are a solution repeatedly employed by the government everytime its power is under threat, or a method repeatedly used by some power contenders in their attempt to capture political power.

Thirdly, the old method of scapegoating is currently being employed again. The official ranks have a tendency for making it appear that the perpetrators of the May tragedy are the urban poor. Since most of the victims are also the urban poor, the case is made so that it appears that it was the urban poor who killed the urban poor. In the language of Indonesian politics, it is the same as saying that 'nothing can be done'. No wonder that there is an increasing moral outrage among the urban poor toward political authority.

Fourthly, with regard to the case of gang-rapes, there is a move from some quarters within the official rank to separate the acts of raping from the organised riots, lootings and burnings. The purpose of such a move is clear, that is, to strip off gang-rapes from their political sting (connection). By so doing the gang-rapes will look like ordinary 'criminal' acts rather than part of an organised 'political' move.

Fifthly, gang-rapes, by using similar modus operandi, continue to happen until mid-July, 1998. It is clear that the continuing gang-rapes have become part of terrorism currently being waged against the wider population and humanitarian activists. Members of the 'Team of Volunteers for Humanitarian Causes' have received various forms of terror and threat from unknown sources, from death threats to abduction. This alone gives an undeniable proof that democracy has never been seriously given a chance to surface in Indonesia. The irony is that, instead of receiving moral support, our humanitarian Team has become the accused. We are constantly blackmailed and accused of defending the interests of the ethnic Chinese, without the accusers admitting that we also are helping the non-Chinese victims.

4. The Urgency
The above pattern of how the authority responded to the May 1998 tragedy shows that there is something rotten at the heart of politics as exercised by the elites in Indonesia. We are strongly convinced that this problem also reinforces the depth and magnitude of the current economic crisis. Take a simple premise that good investment is part of economic recovery. The volatility of the current situation and the trauma from the May 1998 tragedy scare away even domestic investors, let alone foreign investors. What they are demanding is not only a guarantee for future business activity, but some concrete measures to unearth the facts of the May tragedy, particularly the network and perpetrators of the organised looting, burning, killings and gang-rapes. The impact of the tragedy on the managerial aspects of the economy can easily be seen.

We, however, are mainly concerned with the humanitarian side of the tragedy. For an increasing number of people in Indonesian society, the May 1998 tragedy has shocked the deepest realm of their conscience. Ordinary people were burnt, children were trapped in many burning buildings, Chinese women were brutally gang-raped and mutilated, all these terrible acts were carried out in an organised way, with the use of a syndicate of hitmen, goons and gangsters. There no longer seems to be a distinction between what is 'barbaric' and what is 'civilised' in public life. The May 1998 tragedy reinforces the blurring of the two. Our children and the future generations inherit this ethical confusion, and we should not be surprised if both our private and public life as well as our economy and politics in the future will be devoid of ethics and virtues.

By coming here, we may be accused of selling out our nation. Such an accusation is an Indonesian political habit of inventing a "whipping boy". We have the courage to come here, as we believe that what is at risk is the future of our shared humanity, the future of our shared civilisation. In the last analysis, the fate of Indonesian children helplessly trapped in a burning building is the same as the fate of American, Egyptian or Nigerian children helplessly trapped in a burning building. The sorrow and anguish of an Indonesian-Chinese woman being gang-raped is as deep as the sorrow and anguish of an American, Turkish or Indonesian-Javanese woman being gang-raped.

We have the courage to tell this story to the international community with a clear message that we are all facing the eclipse of civility and a shared life. We have come here not to do the begging. As Indonesians standing on a par with Iranians or Americans, we simply have one request, that is, your solidarity with and for the victims of the May 1998 tragedy. However, being united by the same yearning for truth, we make an appeal to you to do whatever you can to support the humanitarian struggle we are undertaking in Indonesia. To be more specific, there are two agenda that may help to unravel the problem.

First, there is an urgent need to unearth the facts of the May 1998 tragedy. No crime against humanity happens without the criminals against humans. To unearth the facts of the May 1998 tragedy is to uncover what we have called the network of an organised plan and its execution as well as the planners and perpetrators of the tragedy. This seems to be the key to reviving the ethics of social life, of politics, of economy, or even one of the keys to economic recovery. The reluctance on the part of the Indonesian authorities to carry out such agenda is usually expressed in the rhetoric of 'due process', while the legal system in Indonesia has for long been known as the "dark road to justice". Only concerted efforts among various groups within the Indonesian 'Civil Society' and international support to such efforts can gradually unravel the puzzle.

Secondly, we have to say clearly that the authoritarian arrangement of the past and the present State in Indonesia has been part of the roots of the problem. Within such an authoritarian arrangement is the deep-seated power of the Indonesian military, from the palace politics and economy to the structure of village life. It is no secret that dominant groups within the military have always been involved in all political proceedings in Indonesia. There is a big irony behind the May 1998 tragedy. For many decades the Indonesian military intelligence have been very stern in conducting surveillance on all aspects of social life: from workers' gatherings to the contents of newspapers, from geographical movement of street children to the schedule of student discussions. It is indeed impossible that the military intelligence with such a vast experience were unaware of the network of an organised riots and gang-rapes as colossal as the May 1998 tragedy. Or should it be said that the dominant groups within the Indonesian military may have given a tacit blessing or were even involved in the tragedy? There is an urgency to answer such a puzzle. In addition, this may also be an appropriate time for the governments like the US government to re-assess the impacts of its military linkages, if there is any, with some dominant groups within the Indonesian military. Such links may take the form of special training of military personnel and armoury support.

Above all, we make an appeal to you to give whatever support you have for our humanitarian struggle in Indonesia. For so many decades we have lived under constant fear and blatant violations of human rights. The May 1998 tragedy is simply the latest manifestation of the recurring pattern of State Violence and blood-shedding politics in Indonesia. For humanitarian reasons, we make an appeal to your solidarity to support the struggle to break this chain of violence. If we do not make a concerted effort to stop it, the future may never become the realm of civilisation.

Jakarta, Indonesia, 28 July 1998
Tim Relawan untuk Kemanusiaan
(Team of Volunteers for Humanitarian Causes)


I. Sandyawan Sumardi, SJ.

Posts: 6161
Joined: Mon Aug 14, 2006 9:57 am

Postby Laurent » Sun Aug 10, 2008 8:03 pm

Mereka Ditelanjangi, Diperkosa dan Dibunuh

Kerusuhan rasial sering terjadi di Indonesia. Tapi kerusuhan yang berbuntut pemerkosaan warga keturunan Cina secara besar-besaran agaknya baru pertamakali terjadi pada 13-14 Mei lalu. Sudah 44 kasus perkosaan terjadi, di antaranya menyebabkan lima wanita tewas dan tiga lainnya bunuh diri. Apakah kita akan terus membiarkan "bom waktu" soal keturunan Cina ini meledak dan mengenai muka kita?

Kerusuhan 14 Mei 1998 di Jakarta ternyata bukan hanya soal penjarahan, pengrusakan, atau pembakaran saja. Belakangan mencuat kasus yang sungguh menyayat hati nurani: perkosaan. Korbannya hampir semua adalah warganegara keturunan Cina. Setelah ada 1.200 lebih korban tewas (menurut versi tim relawan) - sementara menurut versi kepolisian korban tewas 316 (lihat: "Pulangkan Anakku, Biar Hanya Secuil Dagingnya" http://www.tempointeraktif.com/ang/min/03/16/utama6.htm dan "Istriku Wafat Bersama Anakku di Kandungannya" http://www.tempointeraktif.com/ang/min/03/16/utama7.htm), kasus perkosaan ini makin membuat orang membuka mata: peristiwa di Jakarta itu merupakan tragedi terberat sepanjang sejarah Republik Indonesia.

Bayangkan. Dalam dua hari itu telah terjadi 44 kasus perkosaan di Jakarta, menurut Ita F. Nadia dari tim relawan. Tak cuma itu. Dari 44 kasus itu, terdapat delapan korban perkosaan yang tewas. Lima orang karena dibunuh setelah diperkosa. Dan tiga lainnya bunuh diri karena tak kuasa menanggung malu.

Pemerintah sendiri belum banyak berkomentar soal perkosaan ini. Tim Komnas HAM juga baru membentuk tim untuk menampung soal perkosaan itu (lihat: "Kami Punya Bukti, Pelakunya Jelas Kelompok Terorganisasi" http://www.tempointeraktif.com/ang/min/03/16/utama4.htm). Tapi beberapa lembaga swadaya, terutama divisi perempuan kelompok relawan yang diketuai Ita F. Nadia, telah bergerak mengumpulkan data. Mereka juga membuka layanan "hotline" untuk korban yang ingin mengadukan nasibnya, dengan nomor telepon 021-7902109 atau 021-7902112. Kini setiap hari dilaporkan ada 25 orang perempuan yang melaporkan nasibnya.

Kejadian yang mereka alami bermacam ragam, dari mulai "disentuh tempat terlarangnya", ditelanjangi sampai diperkosa. Ita F. Nadia sempat menuturkan beberapa kasus dalam wawancara dengan Radio Belanda, 8 Juni lalu. Misalnya, ketika para pegawai pulang naik bis di dalam bis, penumpang dipilih-pilih. Para penumpang Cina disuruh turun, disuruh membuka baju, dan kemudian disuruh jalan berbaris. Mereka digiring ke padang ilalang di pinggir jalan. Yang berparas cantik diperkosa. Sedangkan yang berparas tidak begitu cantik disuruh berjalan telanjang. Modus berikutnya, perempuan-perempuan Cina secara ramai-ramai ditelanjangi di jalan raya, kemudian tubuhnya digerayangi. Ada yang sobek payudaranya dan seluruh badannya memar.

Ada lagi kisah pegawai bank. Sebanyak sepuluh orang memasuki bank dan menutup bank tersebut. Para pegawai Cina disuruh menari-nari dengan telanjang. Kemudian ada tiga anak gadis dari keluarga Cina miskin yang diperkosa. Mereka berumur 10 sampai 18 tahun, diperkosa oleh tujuh orang di sebuah tempat di Jakarta Utara.

Yang berikutnya adalah sebuah keluarga yang kebetulan kakak perempuan para korban mengaku kepada Ita Nadia bahwa dua adik perempuannya diperkosa di lantai tiga rumah mereka oleh tujuh orang pula. Setelah diperkosa, dua adik perempuan itu didorong ke lantai dua dan satu di mana api telah berkobar, sehingga dua adik tersebut meninggal. Itu beberapa kasus. Kasus-kasus lain, mereka biasanya diperkosa, kemudian dicekik. Tetapi ada juga yang ketika diperkosa, korban kemudian bunuh diri (lihat: "Para Pemerkosa Itu Dikomando" http://www.tempointeraktif.com/ang/min/03/16/utama3.htm).

Ada lagi kisah Andina, sebut saja begitu. Gadis berusia 26 tahun ini, pada hari naas itu (Rabu 13/5) pulang dari kantornya. Sebuah bank swasta di kawasan Tomang. Ia dibonceng pacarnya, pegawai perusahaan komputer, menuju rumahnya di bilangan Jelambar, Jakarta Barat.

Merasa keadaan sudah mereda, mereka nekad pulang menjelang pukul 21.00 WIB. Keduanya tak pernah bermimpi, dalam perjalanan itu, di suatu tempat di Jakarta Barat mereka tiba-tiba dikepung massa yang muncul begitu saja entah dari mana.

Di keremangan malam itu, kata cerita di sebuah surat elektronik, Andina sudah tak mampu lagi berpikir diapakan saja dirinya. Yang teringat hanyalah, ia ditarik-tarik massa agar turun dari sepeda motor. "Tuhan, tolong Tuhan...." hanya kata-kata itu yang dia teriakkan di tengah-tengah himpitan kepanikan dan ketakutan luar biasa.

Blazernya sudah terlepas, sementara seluruh harta miliknya dilolosi. Uang, handphone, kartu ATM, SIM, STNK, helm, bahkan obat dokter untuk orangtuanya yang baru ditebus di apotek, habis dijarah.

Andina tidak ingat lagi, diapakan saja dirinya waktu itu. Hanya doa yang terus menguatkannya. Sekali ia jatuh terjengkang, tetapi dengan kekuatan yang tersisa ia bangun dan kembali memegang baju pacarnya erat-erat. Sang pacar, yang orangtuanya berencana melamar tanggal 17 Mei - empat hari setelah kejadian ini menimpa - tak berdaya dipukuli massa. Yang terdengar hanyalah rintihannya, "Ampun, Pak.. ampun. Saya orang biasa..."

Sementara teriakan massa makin menyeramkan. Tetapi dalam keputusasaan, menurut penuturan Andina di sebuah situs di internet, tiba-tiba ada orang tua muncul. Ialah yang memerintahkan agar para penjarah membebaskan dua anak manusia ini.

Andina dan pacarnya bisa pergi meninggalkan tempat itu, sebelum kemudian ditolong polisi jaga di dekat situ yang juga tak luput dari lemparan batu massa.

Oleh polisi mereka diantar ke rumah penduduk. Seorang penduduk kemudian memboncengkan keduanya sampai rumah. Berhari-hari kemudian, Andina masih saja dicekam peristiwa itu.

Lama ia tak masuk kantor. Sekujur tubuhnya penuh bilur-bilur biru, bahkan juga di pangkal paha. Bekas-bekas kekerasan ini, baru hilang seminggu kemudian.

Kisah lebih memilukan menimpa Edwin yang akhirnya harus menyaksikan massa memperkosa anak gadisnya (lihat: Anak Diperkosa, Ayahnya pun Sakit Jiwa http://www.tempointeraktif.com/ang/min/03/16/utama8.htm).

Ada juga seorang korban yang lolos dari usaha perkosaan dan bercerita. Ketika ia naik bis di daerah Jakarta Barat, bisnya dihentikan massa, dan semua penumpang diminta turun. Kebetulan ia berada di belakang seorang ibu yang berkulit putih. Saat itulah ada yang mulai berteriak,"Serbu ibu itu, perkosa Cina itu." Walau ketakutan, si ibu itu lantas bilang,"Saya bukan Cina, tetapi Batak." Lalu ibu itu mengeluarkan KTP-nya. Melihat itu orang tadi berteriak,"Jika begitu, perkosa wanita yang di belakangnya." Gadis Cina itu merasa ketakutan sekali, tetapi untung si ibu itu membelanya dengan berkata,"Ia keponakan saya, jangan diperkosa." Akhirnya gadis Cina itu lolos dari perkosaan karena dibawa pergi si ibu tadi.

Data Tim Relawan Kemanusiaan Divisi Perempuan menunjukkan bahwa sebagian besar korban pelecehan dan perkosaan adalah perempuan etnis Cina berusia muda. Sebagian besar kasus terjadi di kawasan Jakarta Barat, Jakarta Utara, dan Tangerang. "Kami juga menemukan satu kasus perkosaan pada anak berusia 12 tahun," kata Ita. Ditemukan pula data bahwa sebagian besar perkosaan dilakukan berkelompok yang bisa mencapai lebih dari lima orang. Ditemukan pula korban yang dilukai setelah diperkosa.

Tapi mengapa hanya etnis Cina yang jadi sasaran? Psikolog dari UGM Yogyakarta, Dr. Djamaludin Ancok menjelaskan bahwa ada kesalahan dalam kebijakan pribumi-non pribumi. Dari dulu, orang Cina selalu menjadi obyek kemarahan. Itu akibat strategi Belanda di dalam memecah belah Indonesia dulu. Mereka menempatkan warga keturunan Cina lebih tinggi dari pribumi. Itu menimbulkan sikap antipati. Sehingga orang yang terkena hasil pendidikan Belanda ini membuat garis "kamu" dan "kita" atau "in group" atau "out group". Jadilah warga keturunan Cina menjadi target terus.

Dan pemerintah memupuk semangat itu dengan cara membuat perbedaan antara warga keturunan Cina dan non-Cina. Ada istilah pribumi-non pribumi. KTP mereka diberi tanda tertentu. Dan kemudian kalau ada urusan, mereka harus menunjukkan surat bukti kewarganegaraan. Itu adalah mekanisme melanjutkan model pembedaan Belanda itu. Jadi kaum pribumi tidak melihat warga keturunan Cina itu sebagai bagian dari sukses kehidupannya. Dengan orang Cina yang berdagang, orang bisa membeli barang dengan gampang. "Kita tidak melihat itu sama sekali. Kita hanya melihat kesenjangan. Mereka kaya, kita miskin. Padahal banyak juga warga keturunan Cina yang miskin," ujar Ancok. Celakanya lagi, kemarahan terjadi karena banyaknya Cina-Cina yang berkolusi dengan rezim Soeharto sejak dulu.

Ancok menduga masyarakat akan segera sadar bahwa warga keturunan Cina itu hanyalah target yang dialihkan. Orang semakin sadar setelah mereka membaca koran, misalnya. Sehingga, jika terjadi kerusuhan lagi, kata Ancok,"Targetnya sudah bukan warga keturunan Cina lagi, tetapi sudah semua orang." Mungkin maksudnya semua orang yang dianggap "berpunya" (lihat: "Kelak Targetnya Bukan Keturunan Cina, Tapi Semuanya" http://www.tempointeraktif.com/ang/min/03/16/utama5.htm).

Maka, mendiamkan saja soal keturunan Cina ini "jadi sasaran amuk" agaknya hanyalah menunda meledaknya sebuah bom. Jika ia kelak meledak, semua akan merasakan akibatnya -- juga si pemicu meledaknya bom tadi, jika ia benar-benar ada.

TH, PDP, IS, Wens
Posts: 6161
Joined: Mon Aug 14, 2006 9:57 am

Postby Laurent » Sun Aug 10, 2008 8:08 pm

inilah film Fitna yg sebenarnya
Posts: 6161
Joined: Mon Aug 14, 2006 9:57 am

Postby ali5196 » Tue Aug 12, 2008 1:06 am

Alasan Muslim BENCI CINA:
http://www.indonesia.faithfreedom.org/f ... 270#379270

Di SMA inilah saya mulai mengenal orang-orang yang hidup diluar
lingkungan pesantren. Dikelas saya merasa jijik karena ada orang CINA, yang saya anggap bahwa orang cina itu suka makan daging babi. Menurut ajaran Islam, babi itu najis mugholadoh (najis besar) yang cara mencucinya sangat sulit sekali, yaitu harus dengan lumpur sebanyak tujuh kali, kemudian baru dicuci dengan air bersih. Maka saya tidak mau dekat dengan dia karena takut ketempelan najis.
Posts: 17309
Images: 135
Joined: Wed Sep 14, 2005 5:15 pm

Postby Laurent » Thu Aug 21, 2008 8:19 pm

Wednesday, May 14, 2008
Semalam aku di rumah mbak Dyah, ga tidur lembur bikin revisi anggaran dan program kerja setahun ke depan. Pagi ini ada rapat persiapan dengan anak2 studio, trus setelah teman2 Jumat’an nanti, kami kudu rapat bersama big boss serta teman2 divisi lain.
Tapi aku seneng, karena aku sudah beli tiket KA Dwipangga balik ke Jakarta malam ini. Besok Sabtu malam janjian sama Andre mau ke Tanamur. Hehe…

2 hari yang lalu pertama kalinya naik kereta api Dwipangga, kereta eksekutif baru Jakarta-yogya yang masih gres dan kinclong. Harga tiketnya lumayan mahal: sekali jalan 115 ribu, pulang-pergi jadi 230 ribu. Tapi tetap lebih murah dari tiket pesawat garuda sekitar 600 rb-an sekali jalan, Sempati hampir sama.

Semalam sambil ngerjain revisi, aku lihat di teve ada kerusuhan di daerah Jakarta Kota. Beberapa teman di Jakarta yang aku hubungi juga menginformasikan hal yang sama.
Tadi pagi bapaknya mbak Dyah malah sudah wanti2 agar aku tidak balik Jakarta. Bahaya katanya.
Tapi aku pikir toh aku naik kereta, turun di Gambir dan bisa langsung naik taksi ke Radio Dalam, daerah yang menurut aku pasti aman dari kerusuhan.

Di kantor aku tetap mengikuti berita di teve tentang kerusuhan di Jakarta yang makin mengkuatirkan. Menelpon teman2 di Jakarta juga makin sulit.
Rasanya mulai cemas karena Ay adik aku sedang di Jakarta, menginap di daerah Grogol yang hanya diseberang kampus Trisakti.

Teman-teman di kantor Yogya bilang, Pras, wis tho ra usah balik Jakarta! Bahaya! Lagipula ini hari Jumat, balik besok Senin saja, kerusuhan di Jakarta pasti juga sudah reda.
Gak ah! Aku mau malem mingguan di jakarta saja. Kataku.
Instead of rapat, di kantor kami malah ngobrolin tentang isyu-isyu kekerasan yang rasanya gak mungkin banget terjadi di negara ini.

Tapi situasi berkembang cepat. Kira-kira jam 1 siang, mama telp ke HP, Pau, kamu dimana? Bisa pulang dulu ke Jambon gak?, kondisi di Solo juga genting!
Kebetulan mama juga sedang ke Yogya dan menginap di rumah adik di jl Jambon.
Mendengar itu aku langsung pamit ke Pak Oeut dan big boss, diantar mobil kantor pulang ke jl Jambon.
Meski mulai paranoid, aku sulit membayangkan situasi di Jakarta bisa terjadi di Solo.

Di rumah Jambon, aku lihat mata mama basah,
Pau, di Solo juga terjadi kerusuhan. Toko kecil kita di Coyudan sudah dijarah. Saat ini Ie-ie (tante aku) dan para karyawan masih ada di dalam toko yang satu lagi. Pintunya sudah ditutup, tapi ga tahu apakah bisa selamat. Mama baru saja telp Ie-ie katanya jalan di depan toko penuh dengan massa yang berteriak-teriak mengerikan. Kata Ie-ie, dia mendengar Batik Keris sudah di jarah dan dibakar, beberapa toko lain juga sudah di rusak dan dibakar. Semoga apinya ga merembet sampai toko kita ya.

Iya ma, kita serahkan semua pada Tuhan. Aku mulai panik. Iwan mana?.

Iwan sedang jemput pacarnya: Paolien. Takutnya kerusuhan juga merembet sampai Yogya.

Kekuatiran mulai memuncak. Aku telp ke HP Iwan adik aku dan berteriak, IWAN!! Kamu dimana? Udah tahu kondisinya kritis koyo ngene!! kok malah pergi! CEPAT!! pulang sebelum ada apa2 dijalan!
Setiap 2 menit aku telp Iwan, KAMU DIMANA ? SITUASI JALANAN BAGAIMANA ??

Panik memuncak dan syaraf terbetot kencang. Ga ngerti kudu bagaimana.

Ga lama Ie-ie telp mama lagi, Massa gedor2 pintu toko dan polisi minta kami keluar, takutnya massa makin tidak bisa dikendalikan. Jadi sepertinya kami harus keluar dari toko sekarang…….. Telp terputus.

ketika Ie ie dan para karyawan keluar, mereka menyaksikan jalan penuh dengan massa yang menjerit marah, melempar batu dan mendobrak pintu2 toko, dan mulai membakar beberapa toko dengan bom molotov.
Ieie dan beberapa karyawan berjalan diantara orang-orang yang berteriak :


Udara penuh dengan asap hitam berasal dari toko-toko yang terbakar dan nafas setan yang terlepas dari neraka.
Ie ie dan para karyawan berjalan di antara massa yang mengalami trance massal.


Hari itu tidak semua kami ada di Solo.
Papa di Semarang; Ma, Nyo, Iwan dan aku di Yogya, Wik di Australia.
Hanya Ay yang kebetulan di Jakarta, Ieie dan Irawan (suami Ay) di Solo. Tapi Ie ie secara fisik ga keliatan china banget.
Ie ie dan mbak Tri berjalan kira2 1 km sampai kepadatan massa berkurang. Di perjalanan itu mereka bertemu mobil bengkel Kalimas milik Irawan yang memang berusaha menjemput mereka ke toko.
Sepanjang perjalanan mereka melihat Kota Solo yang sedang berpesta dengan angkara murka. Api dimana-mana. Padahal 6 jam yang lalu kota Solo masih tenang dan sesuci awan putih.

Kira-kira pukul 1500, Ie ie sampai di Kalimas di daerah Solobaru..
Meskipun persis disebelahnya ada kantor Polsek, semua kaca show room mobil ini sudah remuk. Polisi berkata kepada Irawan, biar saja dilempar batu yang penting jangan sampai dibakar.

Irawan minta ie ie tetap berada di dalam mobil, siap-siap seandainya harus menyelamatkan diri keluar Solo.
Beberapa toko dan kantor di Solobaru mulai dibakar massa. Asap hitam membumbung dari perumahan yang berada di balik pertokoan Solo Baru.
Iwan dan Paolien akhirnya sampai rumah, namun tidak mengurangi ketegangan syaraf aku. Berita Solo yang kami terima juga makin membetot jiwa.

Massa masih mengamuk didaerah pecinan

Singosaren Plaza dibakar habis dalam waktu 2 jam.

Beteng Plaza dibakar

Atrium di bakar

Perum Fajar Indah rata dengan tanah

Rumah Harmoko di solo baru jadi abu

Solobaru sektor 3 sudah rata tanah

Solobaru sektor 4 mulai dibakar


Kira-kira jam 5 sore, mama berhasil meghubungi pemilik toko di seberang toko kami yang bercerita, orang2 mendobrak pintu besi toko kami dan menjarah habis. Mereka menjarah barang dagangan :kulkas, teve, serta barang2 pribadi keluarga yang berada di lantai 3 dan 4.
Beberapa jam kemudian sekumpulan massa kembali datang. Kali ini mereka melemparkan ban mobil yang menyala ke dalam toko yang sudah kosong. Massa bersorak dan meneriakkan nama tuhan.
Api mulai menjilat rak kayu, plafon, lantai kayu….
Konon api yang membakar toko kami padam sendirinya 12 jam kemudian… Semua menjadi abu. Hari itu 4 toko dan 2 workshop kami dijarah, 2 toko bahkan dibakar habis.

Seorang teman bercerita, malam itu neraka mengejawantah di Solo. Meski PLN mati, langit malam kota Solo berwarna api. Entah siapa yang tega melepas iblis dari kerak neraka.

Malam itu aku ga bisa tidur. Berita tentang pembunuhan, perkosaan etnis china sangat santer. Aku sangat mencemaskan Ay yang ada di Jakarta.
Setiap terlena, aku segera tergeragap bangun dicekik rasa panik.

Hari Sabtu berikutnya, televisi menampilkan gambar yang makin membuat hati mencelos. Kami makin tidak yakin dengan keselamatan nyawa, meski berulang kali Wiranto - Pangab di teve berkata, ‘kami menjamin keselamatan penduduk…’

Sepanjang hari kami terpanggang berita-berita yang sungguh diluar nalar.

Minggu pagi, kami di rumah Jambon mendapat telpon dari papa yang sebelumnya di Semarang. Papa ke Solo subuh, naik bis yang hanya bisa sampai ke Boyolali, 30 km dari Solo. Dari sana papa mencari tumpangan, naik ojek, dll sampai rumah oom aku didaerah Solo barat. Papa pinjam sepeda onthel dan melihat satu persatu properti kami.
2 toko di Coyudan dalam kondisi terbuka dan hangus.
Hari itu papa berhasil mencari tukang kenalan yang menutupi toko dengan seng.

Di Jakarta, Ay tanpa sepengetahuan kami, berhasil mendapatkan ojek yang mengantarnya ke stasiun Gambir. Dari sana dia berhasil mendapatkan tumpangan truk tentara ke Bandara dan berhasil mendapat tiket Garuda ke Yogya.
Sampai di Yogya justru aku marahin, karena sudah nekad mengambil resiko seperti itu.

Di Australia, Wik membaca di koran ber head-line “Riots in Indonesia” salah satunya disebutkan Solo dibumi hanguskan. Dari apartemennya Wik berlari sejauh hampir 1 km untuk mencapai 'wartel' terdekat sambil menangis kepada Tuhan, God please keep my family in your hand....
Setelah mencoba beberapa no telp, akhirnya bisa menghubungi no HP aku. Wik menangis lega waktu aku bilang kami semua selamat.

Rasanya agak lega mendapati Yogya tempat kami berada, dan kota2 lain tidak mengalami kerusuhan. Tapi tetap membuat kami merasa menjadi mangsa yang dapat diterkam anytime.
Setiap hari kami hanya mengikuti berita di teve, hingga akhirnya Presiden Soeharto lengser.

Pada hari yang ke 8, aku dan mama memutuskan menengok Solo. Pagi2 kami naik kereta Prameks dari stasiun Tugu Yogya.
esampai di Solo, kami naik beca dari stasiun Balapan. Dimana-mana nampak bangunan terbakar, onggokan arang dijalan, sampah dan bekas2 selayaknya medan perang.
Baru seminggu yang lalu aku mampir Solo dan sekarang aku hampir tidak mengenalinya. Dimana2 tercium bau hangus sangit kebakaran. Bahkan 8 hari setelah hari laknat itu. Dimana-mana nampak bangunan berwarna hitam.

Pada beberapa bangunan yang utuh, tertulis :

Tiba-tiba sajadah menjadi elemen hiasan façade bangunan.

Yang bikin miris adalah tulisan dimana-mana :


Awalnya agak ngeri juga, karena aku bersama mama. Terbayang sejarah orang Yahudi kala Nazi nerkuasa, orang Bosnia yang dibantai….

Tapi situasi dijalanan tidak seperti itu, aku melihat tidak seorangpun orang pribumi yang melihat ‘aneh’ kepada kami; 2 China di atas beca.
Bahkan aku melihat mereka juga sama terlukanya. Tukang beca yang kami naiki tak henti-hentinya mengutuki peristiwa yang terjadi.

3 hari kemudian, aku kembali ke Jakarta. Ibu kost bercerita, ternyata daerah Radio Dalam juga tidak luput dari kerusuhan. Banyak toko dan rumah yang dibakar. Bahkan ada razia orang china, sampai2 ibu kost aku harus menyembunyikan beberapa orang china di kamar tidurnya.

Kisah di atas nyata terjadi 10 tahun yang lalu : 15 Mei 1998.
Saat itu dunia, khususnya Asia, diguncang dengan kondisi moneter. Banyak negara yang mengalami inflasi setinggi angkasa. Nilai tukar rupiah terhadap US Dollar naik sampai 6 kalinya. Harga2 kebutuhan pangan melonjak, mahasiswa turun ke jalan.
Banyak perusahaan dan institusi keuangan bangkrut, penganguran lahir seperti nyamuk di hutan tropis. Setiap hari mahasiswa turun ke jalan mengutuk pemerintah.
Semuanya itu berakhir dengan Tragedi Mei 1998 yang melukai bangsa ini. Tidak saja melukai para pemilik toko yang dijarah, perkosaan, korban yang terperangkap pembakaran (kebanyakan justru bukan China), tapi menjadi trauma hitam bagi bangsa ini.

Tahun 2008, 10 tahun telah berlalu. di tanggal yang sama, situasi yang analog juga terjadi.
Dunia juga sedang di hantam kenaikan harga minyak bumi yang diramalkan bisa sampai 200 dollar/barell. Harga kebutuhan pangan dan komoditi juga melonjak, banyak perusahaan melakukan rasionalisasi, tingkat pengangguran setinggi Monas.
Setiap hari mahasiswa turun ke jalan mengutuk pemerintah.

Sejarah kota Solo mencatat siklus kerusuhan rasial setiap 10-20 tahun sekali. Siklus ini sudah terjadi sejak ratusan tahun yang lalu.
Salah satunya adalah ‘geger pacinan’ yang mengakibatkan Kraton Mataram yang pindah dari Pajang ke Solo dan akhirnya pecah menjadi Kasultanan Solo dan Kasultanan Yogya.

Semoga bangsa ini belum lupa dengan peristiwa 10 tahun yang lalu, semoga bangsa ini masih ingat bahwa mencabik tubuhnya sendiri adalah sangat menyakitkan.

Posts: 6161
Joined: Mon Aug 14, 2006 9:57 am

Re: MEI 1998 : kisah2 dan foto2

Postby legium666 » Sat Jan 24, 2009 11:21 am

makanya Indonesia skrg begitu morat-marit dgn bencana. ini karna noda yg dilakukan orang2 muslim ini belum dibersihkan.
benar2 negara terkutuk.....
Posts: 80
Joined: Sat Jan 24, 2009 9:35 am

Re: MEI 1998 : kisah2 dan foto2

Postby Mangga Manis » Sat Jan 24, 2009 11:24 am

legium666 wrote:makanya Indonesia skrg begitu morat-marit dgn bencana. ini karna noda yg dilakukan orang2 muslim ini belum dibersihkan.
benar2 negara terkutuk.....

Hei, watch your language man! Klo masih makan nasi dari sini, gak usah ngutuk-ngutuk. Eh mas, disini tempat bukan untuk debat nih.
Mangga Manis
Posts: 696
Joined: Mon Sep 29, 2008 3:41 pm

Re: MEI 1998 : kisah2 dan foto2

Postby legium666 » Mon Jan 26, 2009 1:53 pm

this is just the fact, ya *****!!
look what happened in Aceh with the tsunami, it's horrible. in Jogja earthquake, MUD in Sidoarjo..., this country is sick dude. am sorry, but I am work with some foreigners now. so, I know that being an indonesian(known as a biggest muslim country) ... is suck. I better to be a Pino...
Posts: 80
Joined: Sat Jan 24, 2009 9:35 am

Re: MEI 1998 : kisah2 dan foto2

Postby Mangga Manis » Mon Jan 26, 2009 2:15 pm

legium666 wrote:this is just the fact, ya *****!!
look what happened in Aceh with the tsunami, it's horrible. in Jogja earthquake, MUD in Sidoarjo..., this country is sick dude. am sorry, but I am work with some foreigners now. so, I know that being an indonesian(known as a biggest muslim country) ... is suck. I better to be a Pino...

Good, so don't be an Indonesian, it's your lost! You can work for foreigners but if you still work in Indonesian soil, you'd better think of what you said. No, the country is not to be blame for the errors some people are doing. You are so immature man and sick yourself. You've gotta to go a mental hospital!
Mangga Manis
Posts: 696
Joined: Mon Sep 29, 2008 3:41 pm

Re: MEI 1998 : kisah2 dan foto2

Postby legium666 » Fri Jan 30, 2009 3:44 pm

ya ain't got the point, sweet mango...
it's not about being Indonesian,... it's about "being the biggest moslem country" for muhaamad D*** ****!!!
moslem world had developed their image along with terrorist extremist side.
can ya imagine how shame it is when you said to som foreigners, " am from Indonesia" and they return " so, you are muslem!!". that is suck men!!
Posts: 80
Joined: Sat Jan 24, 2009 9:35 am

Re: MEI 1998 : kisah2 dan foto2

Postby Mangga Manis » Fri Jan 30, 2009 4:51 pm

legium666 wrote:ya ain't got the point, sweet mango...
it's not about being Indonesian,... it's about "being the biggest moslem country" for muhaamad D*** ****!!!
moslem world had developed their image along with terrorist extremist side.
can ya imagine how shame it is when you said to som foreigners, " am from Indonesia" and they return " so, you are muslem!!". that is suck men!!

When you said "suck to Indonesia" or when you cursed Indonesia, you also indirectly said that those were murdered, killed, or victims of the Bali bomb also suck. They were Indonesians too, you know. That is why I challenged you when you used the word Indonesia. And one more thing, though there are a lot of Muslim militants here, I will never be ashamed, in fact I am proud, to admit that I am an Indonesian.
Mangga Manis
Posts: 696
Joined: Mon Sep 29, 2008 3:41 pm

Re: MEI 1998 : kisah2 dan foto2

Postby legium666 » Fri Jan 30, 2009 5:05 pm

Okey, I will cut this crab!! you proud to be an Indonesian. I am Not!!! that's it all that matter.
Posts: 80
Joined: Sat Jan 24, 2009 9:35 am

Re: MEI 1998 : kisah2 dan foto2

Postby Mangga Manis » Fri Jan 30, 2009 5:59 pm

legium666 wrote:Okey, I will cut this crab!! you proud to be an Indonesian. I am Not!!! that's it all that matter.

Fine, so be it!
Mangga Manis
Posts: 696
Joined: Mon Sep 29, 2008 3:41 pm


Return to Resource Centre Jihad di INDONESIA

Who is online

Users browsing this forum: No registered users