.

Ternyata nama ALLAH diciptakan arab kristen di abad ke-4 M.

Sejarah, asal usul ALLAH & KABAH, hubungan Allah dgn Muhamad. Juga, pribadi dan latar belakang MUHAMAD

Ternyata nama ALLAH diciptakan arab kristen di abad ke-4 M.

Postby F-22x » Mon May 10, 2010 3:54 pm

http://www.al-bushra.org/arbhrtg/arbxtn04.htm
Recently Father Pecerillo, a famous Franciscan Archiologist, found morethan twenty churches in Madaba at the south of Jordan. From the Forth Century we found houses in Syria, Lebanon, Iraq and Palestine with this inscriptionin Arabic :"Bism El-Lah al Rahman al Rahim" that showed that Christians were the first to use this name so as to indicate their beliefin the Holy Trinity, more than two hundred years before Islam.

Ternyata yg menciptakan kata allah adalah orang arab kristen di abad ke-4 Masehi, 200 tahun sebelum islam!!! :rolleyes:

http://en.wikipedia.org/wiki/Allah
Etymology
The term Allāh is derived from a contraction of the Arabic definite article al- "the" and ʼilāh "deity, god" to al-lāh meaning "the [sole] deity, God" (ho theos monos).[4] Cognates of the name "Allāh" exist in other Semitic languages, including Hebrew and Aramaic.[3] The corresponding Aramaic form is אֱלָהָא ʼĔlāhā in Biblical Aramaic and ܐܰܠܳܗܳܐ ʼAlâhâ or ʼĀlōho in Syriac.[10]

Wiki pun menguatkan fakta kalo kata allah baru muncul belakangan saja, hasil gabungan dari kata "al + ilah" yg lebih dulu muncul.

Makanya gw jadi bingung, gimane logikanya koq muslim bisa ngeklaim kalo nama allah sudah ada sejak jaman Adam? :rolleyes:
F-22x
 
Posts: 783
Joined: Tue Sep 09, 2008 9:07 am

Re: Ternyata nama ALLAH diciptakan arab kristen di abad ke-4 M.

Postby F-22x » Thu May 20, 2010 8:15 am

jubah wrote:Koq percaya dengan wikipedia begituan??
Si Penulis juga ga jelas tuh...
kalo gw tulis ttg Yesus di Wikipedia elo langsung akan percaya juga...???
Ckckck...
dangkal banget, sih???

Coba aja tulis ttg Yesus di wiki semaumu, KALO BISA.
Ckckck...
dangkal banget, sih??? :heart: :heart: :heart:
F-22x
 
Posts: 783
Joined: Tue Sep 09, 2008 9:07 am

Re: Ternyata nama ALLAH diciptakan arab kristen di abad ke-4 M.

Postby kutukupret » Thu May 20, 2010 8:34 am

jubah wrote:Hahaha...
makanya jangan lekas percaya dengan tulisan2 engga jelas, Mas...
kita dibekali kemampuan otak untuk menganalisa....
gunakan ituuu....

huehehehe....


anda pun percaya dgn kata AMIN ? Kata yg ente pakai untuk mengakhiri Doa-doa ente ?
coba ente cari-tahu.....asal-muasal kata AMIN itu. Apakah kata "AMIN" berasal dari Bahasa Indonesia, Arab atau Yahudi ?
User avatar
kutukupret
 
Posts: 6401
Joined: Mon Dec 17, 2007 6:31 pm

Re: Ternyata nama ALLAH diciptakan arab kristen di abad ke-4 M.

Postby umpu kakah » Thu May 20, 2010 11:32 am

anda pun percaya dgn kata AMIN ? Kata yg ente pakai untuk mengakhiri Doa-doa ente ?
coba ente cari-tahu.....asal-muasal kata AMIN itu. Apakah kata "AMIN" berasal dari Bahasa Indonesia, Arab atau Yahudi ?


jubah wrote:Bagi-bagi tugas lahh...
ente yang cari tau...
ane yang menganalisa....

nanti ane coba menjelaskan secara logika supaya ente bisa terima dengan baik...
hehehe...

sorry ya om kutukupret, ane pertamax ngetawain si jubah ini... :rofl: :rofl: :rofl: :rofl:

jubah...jubah...ketahuan bahlulnya ente.....
User avatar
umpu kakah
 
Posts: 1174
Joined: Sun Apr 12, 2009 11:58 pm

Re: Ternyata nama ALLAH diciptakan arab kristen di abad ke-4 M.

Postby umpu kakah » Fri May 21, 2010 10:47 am

jubah wrote:bicara dengan para bahlul harus dengan cara bahlul kaliiiiii.....

wakakakakak....

](*,) ](*,) ](*,)
sekali bahlul tetap bahlul...
kami semua tau kata amin itu berasal dari mana...
User avatar
umpu kakah
 
Posts: 1174
Joined: Sun Apr 12, 2009 11:58 pm

Re: Ternyata nama ALLAH diciptakan arab kristen di abad ke-4 M.

Postby hamba-4JJ1 » Fri Jun 18, 2010 2:51 pm

**** amat yang punya thread... Tapi saya salut ada udang yang bisa ngetik...
hamba-4JJ1
 
Posts: 17
Joined: Thu Jun 17, 2010 10:31 pm

Re: Ternyata nama ALLAH diciptakan arab kristen di abad ke-4 M.

Postby hamba-4JJ1 » Fri Jun 18, 2010 2:52 pm

**** amat yang punya thread... Tapi saya salut ada udang yang bisa ngetik...
hamba-4JJ1
 
Posts: 17
Joined: Thu Jun 17, 2010 10:31 pm

Re: Ternyata nama ALLAH diciptakan arab kristen di abad ke-4 M.

Postby Akukomkamu » Fri Jun 18, 2010 4:12 pm

jubah wrote:Koq percaya dengan wikipedia begituan??
Si Penulis juga ga jelas tuh...
kalo gw tulis ttg Yesus di Wikipedia elo langsung akan percaya juga...???
Ckckck...
dangkal banget, sih???


Nah, bgm sekarang kata BUDAK dan BABU , sama gak? :lol:
Akukomkamu
 
Posts: 5565
Joined: Sat Jul 11, 2009 11:34 am
Location: "Mengajak onta2 arab unt bisa BERMARTABAT" IFF adalah TEMPAT nya.

Re: Ternyata nama ALLAH diciptakan arab kristen di abad ke-4 M.

Postby hamba-4JJ1 » Sat Jun 19, 2010 10:32 am

Babu dan Budak ??? Pertanyaan gak berbobot.... Banyak belajar yah !!!! Kalo sekolah jangan suka bolos!!!! otak udang lo dipelihara....
hamba-4JJ1
 
Posts: 17
Joined: Thu Jun 17, 2010 10:31 pm

Re: Ternyata nama ALLAH diciptakan arab kristen di abad ke-4 M.

Postby Maher-Shalal » Sun Aug 15, 2010 4:28 pm

hamba-4JJ1 wrote:**** amat yang punya thread... Tapi saya salut ada udang yang bisa ngetik...


Kalo ini thread ****, coba jelaskan bodohnya dimana. Trus yang pintar dan berbobot seperti apa.

Kalo kamu gak bisa, berarti kamu jauh lebih ****.
User avatar
Maher-Shalal
 
Posts: 1364
Joined: Mon Mar 17, 2008 4:49 pm
Location: Between heaven and hell

Re: Ternyata nama ALLAH diciptakan arab kristen di abad ke-4 M.

Postby iamthewarlord » Sun Aug 15, 2010 8:58 pm

baru tau kalau allah karya kristen.
islam selalu mencuri dan tukang klaim.
User avatar
iamthewarlord
 
Posts: 4494
Images: 6
Joined: Sun Feb 08, 2009 11:07 pm
Location: “Ibadah lelaki akan diputus dengan lewatnya keledai, wanita dan anjing hitam.” Muhammad.

Re: Ternyata nama ALLAH diciptakan arab kristen di abad ke-4 M.

Postby pyro » Mon Aug 16, 2010 12:10 am

hamba-4JJ1 wrote:Babu dan Budak ??? Pertanyaan gak berbobot.... Banyak belajar yah !!!! Kalo sekolah jangan suka bolos!!!! otak udang lo dipelihara....


bukannya anda yg ngga bisa ngerti maksud bung akukomkamu melontarkan pertanyaan kayak gt...?
User avatar
pyro
 
Posts: 163
Joined: Sun Nov 29, 2009 1:23 am

Re: Ternyata nama ALLAH diciptakan arab kristen di abad ke-4 M.

Postby pyro » Mon Aug 16, 2010 12:12 am

hamba-4JJ1 wrote:**** amat yang punya thread... Tapi saya salut ada udang yang bisa ngetik...


kl anda memang pinter, coba jelasin sama yg punya thread ini, yg bener gimana..?
mohon kami2 ini diberi pencerahan.....
User avatar
pyro
 
Posts: 163
Joined: Sun Nov 29, 2009 1:23 am

Re: Ternyata nama ALLAH diciptakan arab kristen di abad ke-4 M.

Postby anshori2007 » Mon Aug 16, 2010 2:53 pm

F-22x wrote:http://www.al-bushra.org/arbhrtg/arbxtn04.htm
Recently Father Pecerillo, a famous Franciscan Archiologist, found morethan twenty churches in Madaba at the south of Jordan. From the Forth Century we found houses in Syria, Lebanon, Iraq and Palestine with this inscriptionin Arabic :"Bism El-Lah al Rahman al Rahim" that showed that Christians were the first to use this name so as to indicate their beliefin the Holy Trinity, more than two hundred years before Islam.

Ternyata yg menciptakan kata allah adalah orang arab kristen di abad ke-4 Masehi, 200 tahun sebelum islam!!! :rolleyes:

http://en.wikipedia.org/wiki/Allah

Etymology
The term Allāh is derived from a contraction of the Arabic definite article al- "the" and ʼilāh "deity, god" to al-lāh meaning "the [sole] deity, God" (ho theos monos).[4] Cognates of the name "Allāh" exist in other Semitic languages, including Hebrew and Aramaic.[3] The corresponding Aramaic form is אֱלָהָא ʼĔlāhā in Biblical Aramaic and ܐܰܠܳܗܳܐ ʼAlâhâ or ʼĀlōho in Syriac.[10]
Wiki pun menguatkan fakta kalo kata allah baru muncul belakangan saja, hasil gabungan dari kata "al + ilah" yg lebih dulu muncul.

Makanya gw jadi bingung, gimane logikanya koq muslim bisa ngeklaim kalo nama allah sudah ada sejak jaman Adam? :rolleyes:


Sebelum kristen menciptakan kata allah , ALLAH sebagai salah satu nama dewa sudah ada ribuan tahun sebelumnya.
Allah juga buka bukan dari al ilah
1. Umat Islam di Amerika ketika berdoa menyebut Allahu akbar, bukan God akbar.
2. Bukan menghilangkan “Alif” sehingga tinggal “lah” sebab artinya berubah menjadi “Lisyakshin” atau “Baginya laki-laki”.
3. Ilah itu sudah satu paket kosakata yang tidak bisa dipenggal, karena kata benda bukan kata kerja.
4. Ilah bisa dimasukkan “Alif” “lam” karena ilah itu gelar atau sebutan, sedang Allah tidak bisa, karena nama pribadi.
Contohnya: Ustaadzun (guru laki - laki) bisa dimasukkan “Alif” “Lam” sehingga menjadi “Al-ustaadzu”, tetapi Fatiman tidak bisa ditulis menjadi menjadi Al-Fatima karena Fatima itu Nama Pribadi atau Nama orang.
5. Ilah atau al-ilah ada mutsannahnya yaitu ilahani, artinya dua tuhan atau dua dewa sedangkan Allah tidak ada mutsannahnya atau tatsniyahnya, kalau ada artinya bukan Allah lagi tetapi Alahani, ini sudah mengganti nama sesembahannya umat Islam.
Contohnya: Fatimah, kalau dimutsannahkan menjadi Fatimataani, yang artinya bukan Fatimah lagi, melainkan berubah menjadi tante Fatimaatani.
6. Ilah atau Al-ilah bisa diterjemahkan menjadi dewa atau sesuatu yang disembah, sedangkan “Allah” tidak bisa diterjemahkan ke dalam bahasa apapun karena nama pribadi. Hal itu sesuai dengan Kamus Indonesia-Arab-Inggris karangan Abd. Bin Nuh dan Oemar Bakri, halaman 76.
7. Allah bukan berasal dari huruf Arab “Hamzah, lam, ha” karena kalau diuraikan dengan ilmu shorof (ilmu yang menguraikan kata kerja) tidak pernah ditemukan, baik fiil madhinya (past tense), mudhari’nya (Present continous tense, maupun mashdarnya (kata kerja) yang tidak ada waktunya atau sumber katanya. Yang ada “Hamzah, lam, lam ha atau alaha”, tetapi kalau diuraikan secara wazan (ukuran) atau timbangan dalam ilmu shorof juga tidak bisa menjadi Allah.
Contohnya : Alaha dengan wazan afa’la-yufi’lu-if a’a’lan. Jadi kalau diuraikan secara nahwu shorof “ alaha ” menjadi : allaha-yullihu-illahan, dan itu bukan Allah (Nama Diri), melainkan sebutan.
temukan jawabannya dan bukti-bukti tersebut di (download) http://www.mediafire.com/?ngmzkmfwmvm#2
User avatar
anshori2007
 
Posts: 240
Joined: Thu Sep 27, 2007 2:01 pm
Location: Surga 72 Bidadari Betis Transparan

Re: Ternyata nama ALLAH diciptakan arab kristen di abad ke-4 M.

Postby Alif » Thu Dec 23, 2010 1:52 pm

Nah....ALLAH - ALLAH yg banyak tertulis di Injil (ALLAH BAPA) ,....ALLAH dari mana lagi nii. Mas dari pd penasaran mending nanya baek2 biar kita sharing. Saya tidak perlu heran dgn pandangan anda dan begitupun sebaliknya kalo saya berpandangan miring jg sama Kristen. Contoh ...Tuhan Bapa dlm bentuk abstrak lahir/turun keduina dan menjelma jadi manusia itulah yg anda sebut Yesus dan setelah Yesus meninggal ditiang Salib, maka anda merepro Yesus secara visual dalam bentuk LUKISAN dan PATUNG2 dalam setiap gereja lengkap dengan ALTAR2. Jadi dari abstrak jadi manusia dan akhirnya jadi PATUNG/GAMBAR, tidak usah heran kalo saya mengatakan anda menyembah/meminta-minta pada PATUNG/GAMBAR YESUS karena yg kelihatan nyata itu, seperti juga yg anda katakan kalo org Islam nungging2 menyembah batu hitam Ka'BAH BAITULLAH ( Rumah Tuhan ) padahal itu cuman Kiblat (patokan). Jadi kita semua sama2 **** terhadap agama org lain
Alif
 
Posts: 58
Joined: Sat Dec 18, 2010 9:54 pm

Re: Ternyata nama ALLAH diciptakan arab kristen di abad ke-4 M.

Postby Salam Musa » Thu Dec 23, 2010 2:37 pm

Alif wrote:Nah....ALLAH - ALLAH yg banyak tertulis di Injil (ALLAH BAPA) ,....ALLAH dari mana lagi nii. Mas dari pd penasaran mending nanya baek2 biar kita sharing. Saya tidak perlu heran dgn pandangan anda dan begitupun sebaliknya kalo saya berpandangan miring jg sama Kristen. Contoh ...Tuhan Bapa dlm bentuk abstrak lahir/turun keduina dan menjelma jadi manusia itulah yg anda sebut Yesus dan setelah Yesus meninggal ditiang Salib, maka anda merepro Yesus secara visual dalam bentuk LUKISAN dan PATUNG2 dalam setiap gereja lengkap dengan ALTAR2. Jadi dari abstrak jadi manusia dan akhirnya jadi PATUNG/GAMBAR, tidak usah heran kalo saya mengatakan anda menyembah/meminta-minta pada PATUNG/GAMBAR YESUS karena yg kelihatan nyata itu, seperti juga yg anda katakan kalo org Islam nungging2 menyembah batu hitam Ka'BAH BAITULLAH ( Rumah Tuhan ) padahal itu cuman Kiblat (patokan). Jadi kita semua sama2 **** terhadap agama org lain


Hi Alif ...salam kenal!

sedikit info .. saya Kristen ..dan kalo berdoa sering diawali seperti ini...Ya Allah, Bapa yang ada di dalam Surga yang aku kenal dalam Nama Yesus Kristus karena RohMu yang Kudus ada dalamku, aku menyembah dan berdoa kepadaMu ..... ...bla..bla..bla..
Tidak pernah berdoa di depan Gambar Yesus, berkiblat kemana saja, berdoa di meja, di tempat tidur, berlutut bersujud dilantai -- sekenanya hati -- .. tidak pernah berdoa di depan patung Yesus, di dalam rumah tidak ada gambar Yesus dan tanda salib ... hanya 3 buah Alkitab bhs Indonesia, 1 Kitab Suci Injil-LAI, 1 Bible bhs Inggris, 1 Quran dan sebuah kalung salib kecil yang sekarang tidak dapat dikenakan karena ring ke kalung sedang putus.

Saya tidak merasa perlu berdoa di depan gambar ataupun patung Yesus, tidak perlu memegang kalung salib. Kenapa? Karena Allah adalah Roh. Tetapi kalo ada umat Kristen yang melakukan hal tersebut, hal itu karena mereka "merasa" lebih khusyuk. Saya yakin, mereka bukan menyembah patung, gambar ataupun tanda salib.

Allah itu Roh dan barangsiapa menyembah Dia, harus menyembah-Nya dalam roh dan kebenaran."Yoh 4:24
User avatar
Salam Musa
 
Posts: 1466
Joined: Wed May 19, 2010 2:51 pm

Re: Ternyata nama ALLAH diciptakan arab kristen di abad ke-4 M.

Postby Salam Musa » Sun Dec 26, 2010 12:01 pm

diane wrote:tuhannya kresetan beda2,ada yg bilang msh tetap Allah ada yg mengira YHWH adalah bukan Allah. lol! Allah itu tuhan sejati,satu2nya tuhannya muslim sejak nabi Adam hingga nabi Muhammad. krestan yg skrg sdh sesat dg alkitab palsunya,dr semula mengikuti ajaran nabi Isa menyembah hanya Allah,jd menyembah nabi Isa,dan malaikat jibril juga. tuolol. untung nabi Muhammad datang u/ meluruskannya kembali.


diane... Muhammad mengajak umatnya mencium Hajarul Aswad...bukan meluruskan! Ngga setuju?
User avatar
Salam Musa
 
Posts: 1466
Joined: Wed May 19, 2010 2:51 pm

Re: Ternyata nama ALLAH diciptakan arab kristen di abad ke-4 M.

Postby sibuyo » Mon Jan 03, 2011 12:53 am

Akukomkamu wrote:
Nah, bgm sekarang kata BUDAK dan BABU , sama gak? :lol:


aku gak tau tuh, tapi aku tau pasti perbedaan BABU sama BABI menurut islam.
kalo BABI = haram ; kalo BABU = halal diemprut.
sibuyo
 
Posts: 122
Joined: Mon Sep 13, 2010 3:37 am

Re: Ternyata nama ALLAH diciptakan arab kristen di abad ke-4 M.

Postby Bento » Fri Jul 01, 2011 5:36 pm

anshori2007 wrote:1. Umat Islam di Amerika ketika berdoa menyebut Allahu akbar, bukan God akbar.

Lalu kenapa? :roll:
Bento
 
Posts: 294
Joined: Tue Feb 03, 2009 8:46 pm

Re: Ternyata nama ALLAH diciptakan arab kristen di abad ke-4 M.

Postby benito » Sun Jul 03, 2011 7:42 pm

Who are the Arab Christian Fathers?

"Father" is a bishop, a priest , or a simple lay man who wrote in Arabic or translated to Arabic from the 8th to 14th Century what we call today the "Arab Christian Heritage". A lot of those Fathers were martyrized with their folk defending their Christian faith and tradions.

Arab Christian means then these Christians who first came from the Syriac, Chaldean, Assyrian, Arabic, Coptic, Greek or Latin traditions, they are the first converted to Christianity, "the first Christians ever" and who spoke Arabic, wrote in Arabic, translated into Arabic and declared their faith in Arabic language later on between the 8th and 14th centuries.


Kata Allah dikenalkan pertama kali oleh "Arab Christian Fathers", orang arab kristen pd abad ke 8 - 14 sesudah islam, bukan sebelum.

reference:
http://www.al-bushra.org/arbhrtg/arbxtn04.htm
http://en.wikipedia.org/wiki/Arabization
benito
 
Posts: 28
Joined: Wed Jun 22, 2011 11:04 pm

Next

Return to Resource Centre ttg Allah, Kabah & MUHAMAD



Who is online

Users browsing this forum: No registered users

cron