.

Ada Yang Bisa Membantu Pengertian Surah Q4:3 ?

Seputar pro dan kontra poligami dalam ajaran Islam.

Ada Yang Bisa Membantu Pengertian Surah Q4:3 ?

Postby IC1101 » Wed Mar 13, 2013 3:31 pm

[Q 4:3] Dan jika kamu takut tidak akan dapat berlaku adil terhadap (hak-hak) perempuan yang yatim (bilamana kamu mengawininya), maka kawinilah wanita-wanita (lain) yang kamu senangi : dua, tiga atau empat. Kemudian jika kamu takut tidak akan dapat berlaku adil, maka (kawinilah) seorang saja, atau budak-budak yang kamu miliki. Yang demikian itu adalah lebih dekat kepada tidak berbuat aniaya.

Ayat Q 4:3 merupakan ayat yang sering digunakan untuk perihal2 per-poligami-an. Coba cermati ayat di atas, ayat tersebut merupakan nasehat untuk seorang pria tetapi ada yang membingungkan dalam isi perintahnya.

Pemahaman sederhana-nya sbb:

Bagian pertama: Jika kamu merasa khawatir/cemas/takut kalau nanti tidak bisa adil terhadap perempuan yatim yang kamu kawini, maka kawinilah wanita2 lain yang kamu senangi dua, tiga atau empat wanita lagi...
Lho... jika mengawini satu orang wanita saja sudah khawatir tidak bisa adil, mengapa malah disuruh mengawini dua, tiga bahkan empat wanita lagi?

Bagian kedua: Kemudian jika kamu merasa khawatir tidak dapat berlaku adil (yang dimaksud jika mengawini lebih dari satu wanita), maka kawinilah seorang saja,
Nasehat ini lebih bijaksana, tetapi berlawanan dengan bagian pertama ayat Q 4:3 di atas

Kesimpulan pemahaman ayat Q 4:3
Kalau kamu khawatir tidak bisa adil thdp seorang wanita yg kamu kawini, ya kawini saja 2, 3 atau 4 wanita lagi, kemudian jika masih merasa khawatir kalau tidak bisa adil juga ya kawini saja seorang wanita...
kok muter lagi? Mana yang harus diikuti, bagian pertama atau bagian kedua?

Ada yg bisa membantu pemahaman soal ayat Q 4:3 tersebut?

Ada Yang Bisa Membantu Pengertian Surah Q4:3 ?


Ada Yang Bisa Membantu Pengertian Surah Q4:3 ? Alternative
Alternative Rss Feed
Faithfreedompedia
IC1101
 
Posts: 354
Images: 0
Joined: Fri Oct 21, 2011 9:54 pm

Re: Ada Yang Bisa Membantu Pengertian Surah Q4:3 ?

Postby keeamad » Wed Mar 13, 2013 7:36 pm

Kalau menurut saya, POLIGAMI Disarankan untuk tidak dilakukan bagi yang takut/khawatir tidak bisa adil ...

Tapi bagi umatnya muhammad saw YANG BERANI BERLAKU TIDAK ADIL, alloh menyeru untuk poligami ....
User avatar
keeamad
 
Posts: 6944
Joined: Tue Aug 23, 2011 4:06 pm

Re: Ada Yang Bisa Membantu Pengertian Surah Q4:3 ?

Postby Mirerusa » Wed Mar 13, 2013 10:43 pm

IC1101 wrote:[Q 4:3] Dan jika kamu takut tidak akan dapat berlaku adil terhadap (hak-hak) perempuan yang yatim (bilamana kamu mengawininya), maka kawinilah wanita-wanita (lain) yang kamu senangi : dua, tiga atau empat. Kemudian jika kamu takut tidak akan dapat berlaku adil, maka (kawinilah) seorang saja, atau budak-budak yang kamu miliki. Yang demikian itu adalah lebih dekat kepada tidak berbuat aniaya.


Sebagai perempuan, saya sangat emped sama ayat yg satu ini. Udah merendahkan wanita, ga jelas lg juntrungannya. Ya mungkin kira2 begini:

"Dan jika kamu takut tidak akan dapat berlaku adil terhadap (hak-hak) perempuan yang yatim..."
---> Anak yatim mungkin dianggap lemah & sensitif tapi mandiri, makanya di sebut di awal / diutamakan.

"(bilamana kamu mengawininya)"
---> Trs kalo ga dikawin, mungkin anak yatim bisa di kumpulkebo-in? Ga jelas...

"maka kawinilah wanita-wanita (lain) yang kamu senangi : dua, tiga atau empat"
---> Kalo ga bisa adil sama anak yatim, bisa kawin sama perempuan yg "normal" baik dr psikologi & background hidupnya. A.k.a standar2 aja.

"Kemudian jika kamu takut tidak akan dapat berlaku adil, maka (kawinilah) seorang saja"
---> Kalo masih takut juga, ya kawinin 1 org aja. Perhitungan: dari finansial, tahan bantingnya si otong, dll. Sama sekali ga bicara hati ya. Perempuan normal mana sih yg mau di"gilir" sama suaminya? Bininya Muhammad aja bisa jealous. Tp sialnya udah kemakan kibulan lakinya mentah2. Setipe lah sama istri2 pemimpin cult lainnya.

"atau budak-budak yang kamu miliki"
---> Yg ini ga jelas. Mungkin penegasan bahwa meskipun kawin sama 1 org aja, tp tetep boleh nyicipin perempuan yg statusnya "budak". Means: perempuan yg di bayar atau di beli buat "melayani". Dese mikirnya "melayani" semuaaa. Ga heran kan orang Arab suka perkosa TKW Indonesia? Di otak mereka, para TKW itu "budak"nya mereka. Jd BISA DIAPAIN AJA.

"Yang demikian itu adalah lebih dekat kepada tidak berbuat aniaya"
---> Di alam pikirannya Muhammad yg SADIS itu, perbuatan poligami++ adalah MULIA. Ya iyalah, kerjaannya dia kan mancung kepala orang sama motongin jari2 orang, yg kalau dibandingkan sama perbuatan poligami++ ini darah yg keluar jauh lebih sedikit.

Sekian dongeng sadisnya... :-({|=
User avatar
Mirerusa
 
Posts: 97
Joined: Thu Feb 28, 2013 3:37 pm
Location: Miðgarðr

Re: Ada Yang Bisa Membantu Pengertian Surah Q4:3 ?

Postby duren » Wed Mar 13, 2013 10:52 pm

Paragraf awal si Awlloh membicarakan masalah ANAK YATIM
    Dan jika kamu takut tidak akan dapat berlaku adil terhadap (hak-hak) perempuan yang yatim

Pada pragrapf kedua .... ntah mengpa tiba tiba OTAK si Awlloh mengalami DISORIENTASI KALIMAT nyelonong ke KAWIN MAWIN

    maka kawinilah wanita-wanita (lain) yang kamu senangi : dua, tiga atau empat. Kemudian jika kamu takut tidak akan dapat berlaku adil[265], maka (kawinilah) seorang saja

Dan lebih parah pada pragraf ketiga ngalor ngidul lagi ke masalah ngembat budak
    atau budak-budak yang kamu miliki. Yang demikian itu adalah lebih dekat kepada tidak berbuat aniaya.


Kesimpulan :
OTAK Awlloh lagi pushing akibat mabok !! GA NYAMBUNG bok
User avatar
duren
 
Posts: 11124
Images: 14
Joined: Mon Aug 17, 2009 9:35 pm

Re: Ada Yang Bisa Membantu Pengertian Surah Q4:3 ?

Postby angky » Wed Mar 13, 2013 11:01 pm

Mirerusa wrote:"atau budak-budak yang kamu miliki"
---> Yg ini ga jelas. Mungkin penegasan bahwa meskipun kawin sama 1 org aja, tp tetep boleh nyicipin perempuan yg statusnya "budak". Means: perempuan yg di bayar atau di beli buat "melayani". Dese mikirnya "melayani" semuaaa. Ga heran kan orang Arab suka perkosa TKW Indonesia? Di otak mereka, para TKW itu "budak"nya mereka. Jd BISA DIAPAIN AJA.


=D> Tepat mbak. Memang begitu tafsir shahihnya. Nanti kalo dibilang muhammad mencontohkan ngembat budak, argumennya adalah : "lho Salomo, Abraham juga mengawini budak kok" :lol: . TKW kan bukan budak jadi pasti salah kalo di embat (cara pikir orang indonesia), cara pikir araf araf sana, semua tkw ya masuk kategori budak yg boleh kapan saja didatangi, baik dari belakang maupun dari depan. :rolling:
angky
 
Posts: 3354
Joined: Wed Aug 18, 2010 11:11 am

Re: Ada Yang Bisa Membantu Pengertian Surah Q4:3 ?

Postby Patah Salero » Thu Mar 14, 2013 12:47 am

IC1101 wrote:[Q 4:3] Dan jika kamu takut tidak akan dapat berlaku adil terhadap (hak-hak) perempuan yang yatim (bilamana kamu mengawininya), maka kawinilah wanita-wanita (lain) yang kamu senangi : dua, tiga atau empat. Kemudian jika kamu takut tidak akan dapat berlaku adil, maka (kawinilah) seorang saja, atau budak-budak yang kamu miliki. Yang demikian itu adalah lebih dekat kepada tidak berbuat aniaya.

Ayat Q 4:3 merupakan ayat yang sering digunakan untuk perihal2 per-poligami-an. Coba cermati ayat di atas, ayat tersebut merupakan nasehat untuk seorang pria tetapi ada yang membingungkan dalam isi perintahnya.

Pemahaman sederhana-nya sbb:

Bagian pertama: Jika kamu merasa khawatir/cemas/takut kalau nanti tidak bisa adil terhadap perempuan yatim yang kamu kawini, maka kawinilah wanita2 lain yang kamu senangi dua, tiga atau empat wanita lagi...
Lho... jika mengawini satu orang wanita saja sudah khawatir tidak bisa adil, mengapa malah disuruh mengawini dua, tiga bahkan empat wanita lagi?

Bagian kedua: Kemudian jika kamu merasa khawatir tidak dapat berlaku adil (yang dimaksud jika mengawini lebih dari satu wanita), maka kawinilah seorang saja,
Nasehat ini lebih bijaksana, tetapi berlawanan dengan bagian pertama ayat Q 4:3 di atas

Kesimpulan pemahaman ayat Q 4:3
Kalau kamu khawatir tidak bisa adil thdp seorang wanita yg kamu kawini, ya kawini saja 2, 3 atau 4 wanita lagi, kemudian jika masih merasa khawatir kalau tidak bisa adil juga ya kawini saja seorang wanita...
kok muter lagi? Mana yang harus diikuti, bagian pertama atau bagian kedua?

Ada yg bisa membantu pemahaman soal ayat Q 4:3 tersebut?

Ada Yang Bisa Membantu Pengertian Surah Q4:3 ?
Ada Yang Bisa Membantu Pengertian Surah Q4:3 ? Alternative
Alternative Rss Feed
Faithfreedompedia

Bagian pertama ayat berbicara khusus tentang mengawini anak yatim yang di asuh oleh seseorang. Pada masa itu ada seorang laki-laki yang mengawini anak yatim yang diasuhnya, serta menahan harta perempuan tersebut dan tidak menyerahkan kepadanya meskipun istrinya (anak yatim itu) sudah cukup umur. Jadi, anak itu dikawinin untuk dikadalin.
Jadi perintah Quran menyatakan bahwa anak yatim tersebut harus diperlakukan sesuai dengan standar yang ada saat itu. Laki-laki tersebut harus memperlakukan anak yatim itu SEBAGAIMANA laki-laki lain memperlakukan anak tersebut (dalam urusan mahar, dsb). Laki-laki itu juga harus memperlakukan perempuan itu sebagaimana dia memperlakukan perempuan lain yang (bisa jadi) bakal jadi bininya.
Intinya: perlakukan anak yatim sesuai standar, jangan dizalimi dan jangan dikadalin. Loe akan lebih paham soal ini jika baca ayat sebelumnya.

Kalo gak sanggup bersikap adil terhadap anak yatim, maka kawini perempuan lain yang enggak berada dalam asuhannya. Dia boleh mengawini hingga empat orang perempuan dengan syarat bisa berlaku adil terhadap bini-bininya.
Patah Salero
 
Posts: 2702
Joined: Tue Dec 21, 2010 12:31 am

Re: Ada Yang Bisa Membantu Pengertian Surah Q4:3 ?

Postby angky » Thu Mar 14, 2013 12:38 pm

Patah Salero wrote:Dia boleh mengawini hingga empat orang perempuan dengan syarat bisa berlaku adil terhadap bini-bininya.


..........dan jika tidak bisa juga berlaku adil, maka engkau boleh menggauli budak budak mu. Bung PS jangan lupakan kajian bagian tsb, islam adalah ajaran tidak baik yang dipersepsikan baik. :finga:
angky
 
Posts: 3354
Joined: Wed Aug 18, 2010 11:11 am

Re: Ada Yang Bisa Membantu Pengertian Surah Q4:3 ?

Postby IC1101 » Thu Mar 14, 2013 4:09 pm

Patah Salero wrote:Kalo gak sanggup bersikap adil terhadap anak yatim, maka kawini perempuan lain yang enggak berada dalam asuhannya.

Kalau seseorang sudah berani mengambil anak yatim untuk diasuh, berarti dia sudah siap terhadap resikonya misalnya harus menanggung hidup si anak yatim, artinya laki2 tersebut tidak kekurangan harta. Lha kalau orang itu miskin dan menikahi anak yatim hanya karena hendak meng'akali' hartanya tetapi dilarang akan niat jahatnya itu, lalu disuruh mengawini wanita lain sampai 4 pula, bagaimana dia bisa menghidupi 4 wanita tsb yang dia jadikan istri sementara dia miskin? :rolleyes:
IC1101
 
Posts: 354
Images: 0
Joined: Fri Oct 21, 2011 9:54 pm

Re: Ada Yang Bisa Membantu Pengertian Surah Q4:3 ?

Postby Patah Salero » Thu Mar 14, 2013 5:45 pm

IC1101 wrote:Kalau seseorang sudah berani mengambil anak yatim untuk diasuh, berarti dia sudah siap terhadap resikonya misalnya harus menanggung hidup si anak yatim, artinya laki2 tersebut tidak kekurangan harta. Lha kalau orang itu miskin dan menikahi anak yatim hanya karena hendak meng'akali' hartanya tetapi dilarang akan niat jahatnya itu, lalu disuruh mengawini wanita lain sampai 4 pula, bagaimana dia bisa menghidupi 4 wanita tsb yang dia jadikan istri sementara dia miskin? :rolleyes:

Pahami urutan ayatnya. Ayat tersebut menggunakan gaya bahasa anti klimaks: artinya perkawinan yang paling beresiko disebut lebih awal, kemudian berangsur-angsur perkawinan paling aman.
Mengawini anak yatim paling riskan. Karena memakan harta anak yatim merupakan salah satu dosa besar dalam Islam.
Mengawini beberapa istri cukup aman, asal dilakukan dengan iktikad baik untuk berbuat adil kepada semua istri.
kalau enggak bisa adil, maka menikahi satu orang istrilah yang paling baik. Atau mengawini budak yang kita miliki.
Patah Salero
 
Posts: 2702
Joined: Tue Dec 21, 2010 12:31 am

Re: Ada Yang Bisa Membantu Pengertian Surah Q4:3 ?

Postby Patah Salero » Thu Mar 14, 2013 6:00 pm

Patah Salero wrote:Dia boleh mengawini hingga empat orang perempuan dengan syarat bisa berlaku adil terhadap bini-bininya.

angky wrote:..........dan jika tidak bisa juga berlaku adil, maka engkau boleh menggauli budak budak mu. Bung PS jangan lupakan kajian bagian tsb, islam adalah ajaran tidak baik yang dipersepsikan baik. :finga:

Emang di agama sebelah ada LARANGAN bagi Tuan untuk menggauli budaknya, Om ?? :green:
Apa Mr. J punya kumentar soal KELUARAN 21:7-11 ??

Kalo gak menganulir berarti setuju, ya gak ??
Patah Salero
 
Posts: 2702
Joined: Tue Dec 21, 2010 12:31 am

Re: Ada Yang Bisa Membantu Pengertian Surah Q4:3 ?

Postby Mirerusa » Thu Mar 14, 2013 6:16 pm

Patah Salero wrote:Emang di agama sebelah ada LARANGAN bagi Tuan untuk menggauli budaknya, Om ?? :green:
Apa Mr. J punya kumentar soal KELUARAN 21:7-11 ??

Kalo gak menganulir berarti setuju, ya gak ??


3X!!!!

Ya ampiuun..again? Agama terakhir yg sempurna kok teganya dibandingin sama agama kafir sy om? Ga selevel dong. Piye toh ini? :green:
User avatar
Mirerusa
 
Posts: 97
Joined: Thu Feb 28, 2013 3:37 pm
Location: Miðgarðr

Re: Ada Yang Bisa Membantu Pengertian Surah Q4:3 ?

Postby Patah Salero » Thu Mar 14, 2013 7:12 pm

Patah Salero wrote:Emang di agama sebelah ada LARANGAN bagi Tuan untuk menggauli budaknya, Om ?? :green:
Apa Mr. J punya kumentar soal KELUARAN 21:7-11 ??

Kalo gak menganulir berarti setuju, ya gak ??

Mirerusa wrote:3X!!!!

Ya ampiuun..again? Agama terakhir yg sempurna kok teganya dibandingin sama agama kafir sy om? Ga selevel dong. Piye toh ini? :green:


Berarti loe ngakui agama loe salah ??

Itu belon seberapa neng. baca ULANGAN 22: 28-29.
ajaran moralnya: JADILAH GERMO UNTUK ANAK GADISMU !!!

Dalam islam orang tua tidak pernah mendapatkan keuntungan finansial dari mengawinkan anaknya. Semua uang mahar menjadi miliki pribadi pengantin wanita. Dosa besar mengambil itu.
Baca ayat ulangan yang gw tunjukkan. Orang tua dapat uang perak dari hasil pemerkosaan terhadap anak perempuannya. Dan anak perempuan tersebut wajib tinggal bersama orang yang memperkosanya.

karena mbak perempuan, tolong pikirkan baik-baik ayat ini.
Patah Salero
 
Posts: 2702
Joined: Tue Dec 21, 2010 12:31 am

Re: Ada Yang Bisa Membantu Pengertian Surah Q4:3 ?

Postby CrimsonJack » Thu Mar 14, 2013 7:41 pm

Makanya ketika beragama gunakan otak. Tahu salah ya pertanyakan, jangan dibela kayak si Patah ini.

Dia bisa nunjukin kekurangan agama lain tapi kalau lagi ngomongin Islam, otaknya disimpen di jamban bukannya dipake.
Last edited by CrimsonJack on Thu Mar 14, 2013 7:49 pm, edited 1 time in total.
User avatar
CrimsonJack
 
Posts: 2189
Images: 1
Joined: Thu Oct 13, 2011 3:20 pm
Location: Tempat yang ada internetnya

Re: Ada Yang Bisa Membantu Pengertian Surah Q4:3 ?

Postby Mirerusa » Thu Mar 14, 2013 7:44 pm

Patah Salero wrote:Berarti loe ngakui agama loe salah ??

Itu belon seberapa neng. baca ULANGAN 22: 28-29.
ajaran moralnya: JADILAH GERMO UNTUK ANAK GADISMU !!!

Dalam islam orang tua tidak pernah mendapatkan keuntungan finansial dari mengawinkan anaknya. Semua uang mahar menjadi miliki pribadi pengantin wanita. Dosa besar mengambil itu.
Baca ayat ulangan yang gw tunjukkan. Orang tua dapat uang perak dari hasil pemerkosaan terhadap anak perempuannya. Dan anak perempuan tersebut wajib tinggal bersama orang yang memperkosanya.

karena mbak perempuan, tolong pikirkan baik-baik ayat ini.


Hah? Mas..mas..eling. Udah 2x saya dikira (baca: dituduh) kristen sama member yg bela islam.

Saya mah ga tau isi injil apaan. Wong di KTP saya masih islam. Justru itu saya ke forum ini, yg misinya aja berjudul "menguak wajah islam sesungguhnya". Karena selama ini saya merasa ada yg janggal sama islam.

Jadiii, forum ini buat ngupas habis islam loh mas...tidak menerima tantangan buat adu agama. Percuma. Apalagi lawannya itu agama terakhir yg di cap sangat sempurna oleh umatnya (kalo saya umat islam ktp doang ya, catet). Ga akan ada habisnya.
User avatar
Mirerusa
 
Posts: 97
Joined: Thu Feb 28, 2013 3:37 pm
Location: Miðgarðr

Re: Ada Yang Bisa Membantu Pengertian Surah Q4:3 ?

Postby CrimsonJack » Thu Mar 14, 2013 7:51 pm

^
Kamu itu agen Yahudi atau CIA untuk menjatuhkan Islam, mungkin juga tentara salibi.
:turban:

Enakan jadi Agnostik memang.
Muslim mau bawa2 agam sebelah jg ga bakal tersinggung. Tapi hati-hati kepancing OOT bisa kena sambit Moderator.
User avatar
CrimsonJack
 
Posts: 2189
Images: 1
Joined: Thu Oct 13, 2011 3:20 pm
Location: Tempat yang ada internetnya

Re: Ada Yang Bisa Membantu Pengertian Surah Q4:3 ?

Postby GoodSniper » Thu Mar 14, 2013 7:54 pm

Mirerusa wrote: Hah? Mas..mas..eling. Udah 2x saya dikira (baca: dituduh) kristen sama member yg bela islam.


Jangan terpancing sama patah-patah style mbak Mire.. :lol:

gak islam sejati namanya kalo gak piktor sama tetangga sebelah.. :lol:

:drinkers:
GoodSniper
 
Posts: 724
Joined: Wed Apr 20, 2011 4:38 pm

Re: Ada Yang Bisa Membantu Pengertian Surah Q4:3 ?

Postby Patah Salero » Thu Mar 14, 2013 8:07 pm

Mirerusa wrote:Hah? Mas..mas..eling. Udah 2x saya dikira (baca: dituduh) kristen sama member yg bela islam.

Saya mah ga tau isi injil apaan. Wong di KTP saya masih islam. Justru itu saya ke forum ini, yg misinya aja berjudul "menguak wajah islam sesungguhnya". Karena selama ini saya merasa ada yg janggal sama islam.

Jadiii, forum ini buat ngupas habis islam loh mas...tidak menerima tantangan buat adu agama. Percuma. Apalagi lawannya itu agama terakhir yg di cap sangat sempurna oleh umatnya (kalo saya umat islam ktp doang ya, catet). Ga akan ada habisnya.


hati-hati kalo nulis.
Ini dibawah siapa yang nulis 6 sore tadi.
Mirerusa wrote:3X!!!!

Ya ampiuun..again? Agama terakhir yg sempurna kok teganya dibandingin sama agama kafir sy om? Ga selevel dong. Piye toh ini? :green:
Patah Salero
 
Posts: 2702
Joined: Tue Dec 21, 2010 12:31 am

Re: Ada Yang Bisa Membantu Pengertian Surah Q4:3 ?

Postby Patah Salero » Thu Mar 14, 2013 8:12 pm

CrimsonJack wrote:Makanya ketika beragama gunakan otak. Tahu salah ya pertanyakan, jangan dibela kayak si Patah ini.

Dia bisa nunjukin kekurangan agama lain tapi kalau lagi ngomongin Islam, otaknya disimpen di jamban bukannya dipake.

nah, loh...
Gw ngejawab kumentarnya si angky. barangkali si angky udah lupa sama pelajaran sekolah minggunya. wajar dong gw ingatkan sedikit bahwa musa juga membolehkan, eh maaf, mewajibkan Tuan untuk menggauli budaknya. Sebab kalo si tuan udah gak suka lagi, budak tersebut harus dijual.

Trus si mire nyambung: ngapain ngebandingin dengan agama die. Kadung panas, gw gas lagi sedikit. :green:
Patah Salero
 
Posts: 2702
Joined: Tue Dec 21, 2010 12:31 am

Re: Ada Yang Bisa Membantu Pengertian Surah Q4:3 ?

Postby IC1101 » Thu Mar 14, 2013 8:28 pm

Patah Salero wrote:Mengawini anak yatim paling riskan. Karena memakan harta anak yatim merupakan salah satu dosa besar dalam Islam.

Saya rasa di agama2 lain atau setidaknya yang mempunyai hati nurani pasti akan merasa berdosa bila memakan harta anak yatim, jadi menurut saya bukan cuma di islam saja karena ini sebuah anjuran yang baik dalam etika moral manusia normal. Nah berdasarkan quote anda, resiko terburuk apa yang kemungkinan akan terjadi kalau mengawini anak yatim dibanding resiko mengawini 4 wanita yang bukan yatim?
IC1101
 
Posts: 354
Images: 0
Joined: Fri Oct 21, 2011 9:54 pm

Re: Ada Yang Bisa Membantu Pengertian Surah Q4:3 ?

Postby Mirerusa » Thu Mar 14, 2013 8:40 pm

Patah Salero wrote:hati-hati kalo nulis.
Ini dibawah siapa yang nulis 6 sore tadi.


Mirerusa wrote:3X!!!!

Ya ampiuun..again? Agama terakhir yg sempurna kok teganya dibandingin sama agama kafir sy om? Ga selevel dong. Piye toh ini? :green:


3X itu maksudnya...udah 3X saya nemu respon OOT dari pembela islam sejak awal jd member.

Makanya kalo ga ngerti, nanya mas. Jangan ditelen bulet2 trs bikin kesimpulan sendiri. Itu habit loh.
User avatar
Mirerusa
 
Posts: 97
Joined: Thu Feb 28, 2013 3:37 pm
Location: Miðgarðr

Next

Return to Ruang Poligami



Who is online

Users browsing this forum: No registered users