.

LARANGAN BERPOLIGAMI TIDAK BERDASARKAN ALKITAB

Seputar pro dan kontra poligami dalam ajaran Islam.

LARANGAN BERPOLIGAMI TIDAK BERDASARKAN ALKITAB

Postby islamjewel » Sat Mar 24, 2012 1:13 am

Menurut Kitab Suci, 'jemaat' tidak apa-apa mempunyai isteri lebih dari satu.... kecuali kalau dia ingin menjadi seorang "diaken"?

1Tim. 3:12 Diaken haruslah suami dari satu isteri dan mengurus anak-anaknya dan keluarganya dengan baik.

Intinya baik PL maupun PB (alkitab secara keseluruhan) “TIDAK MELARANG” poligami / poliandri (yg ini jarang)
Jadi LARANGAN BERPOLIGAMI TIDAK BERDASARKAN ALKITAB (ini saya tandaskan dgn huruf kapital ya).
Lalu kenapa sekarang Kristen melarang poligami ?
tuhan membenci perceraian, tp sebaliknya tuhan menyukai perkawinan, perlu anda ketahui bahwa poligami adalah bentuk dari perkawinan bukan perceraian.
Mempunyai lebih dari satu istri dan tetap setia pada istri2nya dgn tidak menceraikan salah satu dari mereka, saya kira it’s ok.
Ketika nabi Abraham mengambil Hagar, bukankah itu atas dasar keinginan istri pertamanya Sara ?
Nabi Abraham tidak menceraikan Sara, tidak juga mengkhianati Sara, ataupun berbuat kejam terhadap Sara, bukan ?
Yang Allah benci adalah perceraian dari dulu zaman PL maupun sekarang zaman PB, jadi poligami tidak dilarang baik pada zaman PL maupun sekarang zaman PB.
Dan poligami bukanlah suatu bentuk perselingkuhan ataupun perzinahan, poligami merupakan pernikahan yang sah.
islamjewel
 
Posts: 49
Joined: Sat Jul 02, 2011 10:55 pm

Re: LARANGAN BERPOLIGAMI TIDAK BERDASARKAN ALKITAB

Postby abubakar » Sat Mar 24, 2012 1:35 am

islamjewel wrote:Menurut Kitab Suci, 'jemaat' tidak apa-apa mempunyai isteri lebih dari satu.... kecuali kalau dia ingin menjadi seorang "diaken"?

1Tim. 3:12 Diaken haruslah suami dari satu isteri dan mengurus anak-anaknya dan keluarganya dengan baik.
.

Tumben muslim pake ayat Paulus untuk membela ajaran najisnya.
abubakar
 
Posts: 531
Joined: Sun Jul 19, 2009 4:14 pm

Re: LARANGAN BERPOLIGAMI TIDAK BERDASARKAN ALKITAB

Postby islamjewel » Sat Mar 24, 2012 1:39 am

abubakar wrote:Tumben muslim pake ayat Paulus untuk membela ajaran najisnya.

sekarang diskusi tentang poligami berdasarkan kitab kepunyaan kristen.
islamjewel
 
Posts: 49
Joined: Sat Jul 02, 2011 10:55 pm

Re: LARANGAN BERPOLIGAMI TIDAK BERDASARKAN ALKITAB

Postby abubakar » Sat Mar 24, 2012 1:47 am

salah forum mas, disini bahas islam aja. lagian kitab kristen tuh sudah dipalsukan. percuma aja.
coba kalo mau lanjut diskusinya, bikin dulu statement, bahwa kitab kristen itu tidak dipalsukan seperti yg dituduhkan olloh swt dan nabi muhammad. mau ngak? baru kita lanjut.
abubakar
 
Posts: 531
Joined: Sun Jul 19, 2009 4:14 pm

Re: LARANGAN BERPOLIGAMI TIDAK BERDASARKAN ALKITAB

Postby islamjewel » Sat Mar 24, 2012 1:52 am

abubakar wrote:salah forum mas, disini bahas islam aja. lagian kitab kristen tuh sudah dipalsukan. percuma aja.
coba kalo mau lanjut diskusinya, bikin dulu statement, bahwa kitab kristen itu tidak dipalsukan seperti yg dituduhkan olloh swt dan nabi muhammad. mau ngak? baru kita lanjut.

tujuannya untuk membuktikan bahwa Tuhan Kristen tidak pernah melarang poligami tetapi pengikutnya aja yang nyeleneh.
islamjewel
 
Posts: 49
Joined: Sat Jul 02, 2011 10:55 pm

Re: LARANGAN BERPOLIGAMI TIDAK BERDASARKAN ALKITAB

Postby Jengkol » Sat Mar 24, 2012 2:01 am

to islamjewel

Klo pendapat pribadi gw...dr awal penciptaan... "TUHAN TIDAK MENCIPTAKAN 2 HAWA UNTUK 1 ADAM....TP TUHAN MENCIPTAKAN 1 HAWA UTK 1 ADAM" jelas gk lu???...demen amat maksa orang poligami....dosa koq ngajak2...hahahaha

klo pendapat theologianya nih gw Copas dr sarapan pagi....

Sampai sekarangpun, manusia tidak berhenti berdalih bahwa poligami itu adalah bagian dari perbuatan mulia, sejajar dengan menolong, "mensedekah-kan" dirinya kepada perempuan yang belum mandiri atau para janda, atau menyeimbangkan statistik porsi wanita yang jumlahnya lebih banya ketimbang jumlah pria, dst…

Pendalihan bahkan belanjut dengan membawa keabsahan sejumlah nama-nama nabi-nabi dan raja yang berpoligami yang dicatat dalam Alkitab. Padahal poligami nabi-nabi dan praktek menceraikan istri dimasa lalu tidaklah berarti bahwa Allah pernah melegalkan hal tersebut. Tak ada sepotongpun Firman dan izin Allah untuk itu. Yesus meluruskannya dan menuding asal-usul kesalahan ini sebagai akibat dari ketegaran hati manusia yang cenderung memaksakan perceraian dan poligami :


* Matius 19:4-8
19:4 Jawab Yesus: "Tidakkah kamu baca, bahwa Ia yang menciptakan manusia sejak semula menjadikan mereka laki-laki dan perempuan?
19:5 Dan firman-Nya: Sebab itu laki-laki akan meninggalkan ayah dan ibunya dan bersatu dengan isterinya, sehingga keduanya itu menjadi satu daging.
19:6 Demikianlah mereka bukan lagi dua, melainkan satu. Karena itu, apa yang telah dipersatukan Allah, tidak boleh diceraikan manusia."
19:7 Kata mereka kepada-Nya: "Jika demikian, apakah sebabnya Musa memerintahkan untuk memberikan surat cerai jika orang menceraikan isterinya?"
19:8 Kata Yesus kepada mereka: "Karena ketegaran hatimu Musa mengizinkan kamu menceraikan isterimu, tetapi sejak semula tidaklah demikian.


Terbukti sampai kinipun orang-orang tetap sama memaksakannya dengan pelbagai dalil.

Yesus memperingatkan agar manusia kembali kepada fitrahnya, yaitu bahwa sejak semula Allah men-design institusi perkawinan dengan mempersatukan satu orang laki-laki kepada satu orang perempuan :


* Matius 19:4-6
19:4 Jawab Yesus: "Tidakkah kamu baca, bahwa Ia yang menciptakan manusia sejak semula menjadikan mereka laki-laki dan perempuan?
19:5 Dan firman-Nya: Sebab itu laki-laki akan meninggalkan ayah dan ibunya dan bersatu dengan isterinya, sehingga keduanya itu menjadi satu daging.
19:6 Demikianlah mereka bukan lagi dua, melainkan satu. Karena itu, apa yang telah dipersatukan Allah, tidak boleh diceraikan manusia."


Begitu seriusnya persatuan dan kesatuan suami istri itu terlihat ketika Yesus mencela kasus peceraian (yang terjadi bukan karena zinah) yang sekalipun sudah terlanjur cerai, namun statusnya masih dianggapNya tetap terikat dalam kesatuan perkawinan.


STATUS-QUO ini dicerminkan lewat ayat-ayat sbb :

"Setiap orang yang menceraikan istrinya, maka ia hidup dalam perzinahan terhadap istrinya itu. Dan siapapun yang kawin dengan perempuan itu, ia berbuat zinah!" (lihat Matius 1-9; Markus 10:1-12).



MONOGAMI YESUS


* Matius 19:5
LAI TB, Dan firman-Nya: Sebab itu laki-laki akan meninggalkan ayah dan ibunya dan bersatu dengan isterinya (bentuk tunggal), sehingga keduanya itu menjadi satu daging."
KJV, And said, For this cause shall a man leave father and mother, and shall cleave to his wife: and they twain shall be one flesh?
TR, και ειπεν ενεκεν τουτου καταλειψει ανθρωπος τον πατερα και την μητερα και προσκολληθησεται τη γυναικι αυτου και εσονται οι δυο εις σαρκα μιαν
Translit, kai eipen eneken toutou kataleipsei anthrôpos ton patera kai tên mêtera kai proskollêthêsetai tê gunaiki autou kai esontai hoi duo eis sarka mian

Tunggal:
Nominatif, γυνη - gunê
Genitif, γυναικος - gunaikos
Datif, γυναικι - gunaiki
Akusatif, γυναικα - gunaika

Jamak:
Nominatif, γυναικες - gunaikes
Genitif, γυναικων - gunaikôn
Datif, γυναιξιν - gunaixin
Akusatif, γυναικας - gunaikas

Vokatif : γυναι – gunai

Kita lihat juga rujukan ayat-ayat lain dalam Perjanjian Baru :


* Efesus 5:33
LAI TB, Bagaimanapun juga, bagi kamu masing-masing berlaku: kasihilah isterimu (bentuk tunggal) seperti dirimu sendiri dan isteri (bentuk tunggal) hendaklah menghormati suaminya.
KJV, Nevertheless let every one of you in particular so love his wife even as himself; and the wife see that she reverence her husband.
TR, πλην και υμεις οι καθ ενα εκαστος την εαυτου γυναικα ουτως αγαπατω ως εαυτον η δε γυνη ινα φοβηται τον ανδρα
Translit, plên kai humeis hoi kath ena ekastos tên heautou gunaika houtôs agapatô hôs heauton ê de gunê hina phobêtai ton andra


* Titus 1:6
LAI TB, yakni orang-orang yang tak bercacat, yang mempunyai hanya satu istri, yang anak-anaknya hidup beriman dan tidak dapat dituduh karena hidup tidak senonoh atau hidup tidak tertib."
KJV, If any be blameless, the husband of one wife, having faithful children not accused of riot or unruly.
TR, ει τις εστιν ανεγκλητος μιας γυναικος ανηρ τεκνα εχων πιστα μη εν κατηγορια ασωτιας η ανυποτακτα
Translit, ei tis estin anegklêtos mias gunaikos anêr tekna ekhôn pista mê en katêgoria asôtias ê anupotakta


Itulah monogami ajaran Yesus yang tidak berkompromi dengan pelbagai akal-akalan zinah dan cerai-modern yang mengatasnamakan macam-macam istilah dan "kepraktisannya", antara lain :

1. Poligami sosial, demi menolong si-dia dan/ atau keluarganya
2. Kawin kontrak, demi menghindari zinah kepelacuran, atau melonggarkan ikatan seumur hidup yang sulit diantisipasikan.
3. Free-sex atas dasar suka-sama suka, tak akan merugikan siapa-siapa, mutlak urusan prive.
4. Kumpul-kebo, uji-coba perkawinan untuk mengurangi resiko cerai, serta meringankan dosa zinah, dan menghemat biaya perkawinan.
5. Cerai karena tidak cocok, daripada-daripada hidup seperti di neraka, setiap hari berdosa?
6. Cerai karena mandul, kan kawin untuk itu, untuk pembenihan generasi? Dll.


Hubungan suami-istri yang dianggap tidak lagi menguntungkan, melainkan yang membawa penderitaan tragis, kini telah menjadi dasar yang absah untuk perceraian. Istilah tipuan untuk menjagoi perecraian adalah : DARI PADA. "Daripada-daripada hidup seperti di neraka, lebih baik…." dan Anda tahu apa terusan kalimatnya! (bercerai, bunuh diri, membunuh si dia, membakar/ meracuni …ooh…begitu mengerikan!).

Namun perkawinan yang dianggap gagal belum mesti gagal. Paradigma, ekspektasi (harapan) dan usaha, masih bervariasi sangat luas yang dapat diteroboskan secara determinatif didalam Tuhan. Perkawinan yang "gagal" bukanlah suatu neraka-final. Ia adalah sebuah perjalanan keras, pencobaan berat. Sebaliknya, perceraian yang "sukses", bukanlah sukses kehidupan. Malahan dihadapan Tuhan "perceraian sukses" adalah lebih gagal ketimbang "perkawinan yang dianggap gagal". Perecraian sukses ini bukan keluar dari neraka, melainkan sedang masuk kedalam neraka-zinah, baik bagi suami maupun istrinya. Tidak banyak lagi pasangan yang sadar bahwa itu adalah tipu-daya dan cengkeraman setan.

Kita percaya pasangan yang siap-siap cerai telah berjuang keras mencoba segala sesuatu. Mengandalkan teman dan famili, penasihat perkawinan, sampai-sampai kepada "orang-pintar" dan pengacara-perceraian. Namun kita lebih percaya bahwa mereka belum cukup berseru melibatkan Yesus yang Imanuel, "Allah yang menyertai kita" yang berjanji : "Aku sekali-kali tidak akan membiarkan engkau dan Aku sekali-kali tidak akan meninggalkan engkau." (Ibrani 13:5).

Suami dan istri yang siap-siap bercerai adalah orang-orang yang rebutan menempatkan dirinya masing-masing menjadi penguasa rumah-tangga. Mereka lupa bahwa Tuhanlah kepala-keluarganya yang sejati, sebab cinta dan perkawinan itu adalah design Tuhan. Namun seringkali Tuhan tidak dilibatkan dalam kasus yang satu ini secara memadai, dalam kuasa Roh Kudus. Padahal Yesus berjanji bahwa : "Bapa akan memberikan Roh Kudus kepada mereka yang meminta kepada-Nya."(Lukas 11:13). Dan Dia membuktikannya kepada murid-muridNya : "Terimalah Roh Kudus" (Yohanes 20:22) yang memampukan murid-murid ini menghadapi segala medan perjuangan tanpa kecuali, hingga mati! Ini adalah kuasa ilahi yang memampukan kita untuk mematahkan supremasi setan, yang tidak bisa kita patahkan sendirian dengan akal Einstein. Sebab "segala perkara dapat kutangung didalam Dia (bukan diluarnya) yang memberi kekuatan kepadaku" (Filipi 3:14). Sangat banyak sekali kesaksian yang bisa diberikan, bahwa jiwa yang tak putus-putusnya menjerit memohon belas-kasih Tuhan – Sang designer perkawinan – mendapati rumah-tangganya dipulihkan kembali pada saat yang "mustahil".
User avatar
Jengkol
 
Posts: 166
Joined: Fri Jan 20, 2012 10:52 pm
Location: ya diatas pohon jengkollah...moso jengkol nongkrongye di pohon korma??? ntar mamad kejengkolan

Re: LARANGAN BERPOLIGAMI TIDAK BERDASARKAN ALKITAB

Postby abubakar » Sat Mar 24, 2012 2:23 am

1Tim. 3:12 Diaken haruslah suami dari satu isteri dan mengurus anak-anaknya dan keluarganya dengan baik.

@islam jewel, ayat diatas adalah syarat untuk menjadi diaken, kok kamu putarbalikkan jadi begini
islamjewel wrote:Menurut Kitab Suci, 'jemaat' tidak apa-apa mempunyai isteri lebih dari satu.... kecuali kalau dia ingin menjadi seorang "diaken"?

.

dasar tukang perkosa kayak nabi muhammad loh.
abubakar
 
Posts: 531
Joined: Sun Jul 19, 2009 4:14 pm

Re: LARANGAN BERPOLIGAMI TIDAK BERDASARKAN ALKITAB

Postby Jengkol » Sat Mar 24, 2012 2:51 am

1Tim. 3:12 Diaken haruslah suami dari satu isteri dan mengurus anak-anaknya dan keluarganya dengan baik.

@islam jewel, ayat diatas adalah syarat untuk menjadi diaken, kok kamu putarbalikkan jadi begini
[quote="islamjewel"]Menurut Kitab Suci, 'jemaat' tidak apa-apa mempunyai isteri lebih dari satu.... kecuali kalau dia ingin menjadi seorang "diaken"?


dasar tukang perkosa kayak nabi muhammad loh.



maklumlah...die gk nemu perintah poligami di Alkitab kaya "Poligami Manual" di qoran...

jd kalo pake dilil die...berarti Islam boleh donk make narkoba...sabu2 n friends... soalnye gk ade laranganye nah lo??? :partyman: :finga: makanya jgn nyeleh kalo di tawarin cimeng bray!!! hahaha :partyman:
User avatar
Jengkol
 
Posts: 166
Joined: Fri Jan 20, 2012 10:52 pm
Location: ya diatas pohon jengkollah...moso jengkol nongkrongye di pohon korma??? ntar mamad kejengkolan

Re: LARANGAN BERPOLIGAMI TIDAK BERDASARKAN ALKITAB

Postby Maher-Shalal » Sat Mar 24, 2012 8:22 am

islamjewel wrote:Menurut Kitab Suci, 'jemaat'...bla...bla...bla...

Mas/mbak salah alamat kalo mo tanya gituan. Di sini bukan forum pengikut Yesus.
User avatar
Maher-Shalal
 
Posts: 1364
Joined: Mon Mar 17, 2008 4:49 pm
Location: Between heaven and hell

Re: LARANGAN BERPOLIGAMI TIDAK BERDASARKAN ALKITAB

Postby fire » Sat Mar 24, 2012 8:54 am

Ha..ha.... islam jewel...islam jewel..... tak jewer nanti....he..he....

kebetulan mas, ambo pernah membaca di forum sebelah..... http://forumkristen.com/index.php?topic=4931.0

ke sono aja gih kalo mau membahas ayat kitab sebelah yang elo kutib itu.... di sini salah forum, sebab di sini cuma membahas kitab al kutang....(al quran) katanya si keeamad.....
User avatar
fire
 
Posts: 708
Joined: Sat Apr 10, 2010 11:59 am

Re: LARANGAN BERPOLIGAMI TIDAK BERDASARKAN ALKITAB

Postby swatantre » Mon Mar 26, 2012 1:35 am

islamrewel wrote:LARANGAN BERPOLIGAMI TIDAK BERDASARKAN ALKITAB


Lhah, terus kenapa memangnya kalau larangan poligami tidak berdasar dari alkitab? Kenapa kau yang jadi kerepotan...

Satu pertanyaan, beritahukan darimana kau tahu bahwa ayat ini TIDAK DIPALSUKAN sebelum thread ente dienyahkan ke keranjang sampah...
swatantre
 
Posts: 4193
Joined: Thu Jul 20, 2006 7:40 pm
Location: Tanah Suci, dalem Ka'bah

Re: LARANGAN BERPOLIGAMI TIDAK BERDASARKAN ALKITAB

Postby MaNuSiA_bLeGuG » Mon Mar 26, 2012 2:25 am

islamjewel wrote:Menurut Kitab Suci, 'jemaat' tidak apa-apa mempunyai isteri lebih dari satu.... kecuali kalau dia ingin menjadi seorang "diaken"?

1Tim. 3:12 Diaken haruslah suami dari satu isteri dan mengurus anak-anaknya dan keluarganya dengan baik.

Intinya baik PL maupun PB (alkitab secara keseluruhan) “TIDAK MELARANG” poligami / poliandri (yg ini jarang)
Jadi LARANGAN BERPOLIGAMI TIDAK BERDASARKAN ALKITAB (ini saya tandaskan dgn huruf kapital ya).
Lalu kenapa sekarang Kristen melarang poligami ?
tuhan membenci perceraian, tp sebaliknya tuhan menyukai perkawinan, perlu anda ketahui bahwa poligami adalah bentuk dari perkawinan bukan perceraian.
Mempunyai lebih dari satu istri dan tetap setia pada istri2nya dgn tidak menceraikan salah satu dari mereka, saya kira it’s ok.
Ketika nabi Abraham mengambil Hagar, bukankah itu atas dasar keinginan istri pertamanya Sara ?
Nabi Abraham tidak menceraikan Sara, tidak juga mengkhianati Sara, ataupun berbuat kejam terhadap Sara, bukan ?
Yang Allah benci adalah perceraian dari dulu zaman PL maupun sekarang zaman PB, jadi poligami tidak dilarang baik pada zaman PL maupun sekarang zaman PB.
Dan poligami bukanlah suatu bentuk perselingkuhan ataupun perzinahan, poligami merupakan pernikahan yang sah.


muslim desperate putus asa yg muali kehilangan akal menggunakan kitab palsu utk membela quran yg konon katanya sempurna Image
User avatar
MaNuSiA_bLeGuG
 
Posts: 4425
Images: 13
Joined: Wed Mar 05, 2008 2:08 am
Location: Enies Lobby

Re: LARANGAN BERPOLIGAMI TIDAK BERDASARKAN ALKITAB

Postby omkangkung » Mon Mar 26, 2012 12:39 pm

Nyari pelegalan pengumbaran birahi binatang ala muslim di kitab tetangga... Hahahaha...

Kalo kitab tetangga nulis boleh perkosa... Artinya gak salah donk muslim perkosa...
User avatar
omkangkung
 
Posts: 2491
Joined: Thu Nov 22, 2007 7:42 am
Location: rumah jajang

Re: LARANGAN BERPOLIGAMI TIDAK BERDASARKAN ALKITAB

Postby Aku-Suka-Hujan » Mon Mar 26, 2012 2:44 pm

Setelah banyak membaca banyak posting di sini saya jadi bisa meihat sebuah pola:

Kafir: Ah ayat KUTANG NOMOR SEKIAN ngaco.. ga bener...
Muslem: Ente bahlul, lihat aja ALKITAB NOMOR SEKIAN... di situ omong ini-omong itu...
Kafir: *bingung* kok larinya ke Alkitab sih??? Tadi perasaan kita bicara soal KUTANG deh....
User avatar
Aku-Suka-Hujan
 
Posts: 1028
Joined: Wed Feb 15, 2012 10:38 am
Location: Terra, Suatu Koloni di L5...

Re: LARANGAN BERPOLIGAMI TIDAK BERDASARKAN ALKITAB

Postby Dreamsavior » Tue May 08, 2012 2:20 pm

Islamjewel wrote:Menurut Kitab Suci, 'jemaat' tidak apa-apa mempunyai isteri lebih dari satu.... kecuali kalau dia ingin menjadi seorang "diaken"?

1Tim. 3:12 Diaken haruslah suami dari satu isteri dan mengurus anak-anaknya dan keluarganya dengan baik.

Intinya baik PL maupun PB (alkitab secara keseluruhan) “TIDAK MELARANG” poligami / poliandri (yg ini jarang)
Jadi LARANGAN BERPOLIGAMI TIDAK BERDASARKAN ALKITAB (ini saya tandaskan dgn huruf kapital ya).
Lalu kenapa sekarang Kristen melarang poligami ?

Diaken haruslah suami dari satu istri, bukan berarti yang bukan diaken BOLEH MENJADI SUAMI DARI LEBIH DARI SATU ISTRI!

Ayat ini menandaskan, apabila sebelumnya seseorang pria yang sudah pernah menceraikan istrinya selain karena alasan yang sah (percabulan atau kematian) lalu menikah dengan wanita lain (yang mana merupakan percabulan dimata Tuhan)... kemudian pria ini bertobat dan diterima dalam sidang jemaat, ia tidak bisa memperoleh hak istimewa melayani sebagai diaken atau penatua Sidang Jemaat. Karena meskipun telah diampuni karena pertobatannya, status pria ini adalah suami bagi lebih dari satu istri.

Saya masih penasaran dengan klaim dogmatis Islamjewel yang menyatakan seluruh alkitab tidak melarang poligami. Apa dasar anda menyatakan begitu?

Sepanjang catatan Alkitab, sudah jelas bahwa para patriarkh, nabi dan raja israel yang melanggar standard penyelenggaraan perkawinan dari Allah yang telah ditetapkan di taman eden selalu bernasib tragis. Yakub yang "terjebak" dalam pernikahan poligami membuat dua orang kakak beradik Rakhel & Lea menjadi merana karena kegetiran emosi berkepanjangan, tentu ini tidak membuat rumah tangga Yakub menjadi lebih baik. Poligami Salomo yang akhirnya menyimpangkannya dari ibadat sejati. Poligami Daud yang berujung pada munculnya aib keluarga kerajaan yang memalukan. Poligami Abraham yang berujung pada situasi tegang dalam rumahtangganya dan malapetaka antara keturunan Ishak dan Ismail.

Semua hal ini menjadi pelajaran berharga bagi orang-orang Yahudi masa lampau yang memiliki kematangan rohani. Dan belakangan standard perkawinan ditegaskan kembali oleh Yesus Kristus :

(Matius 19:4-6) Sebagai jawaban ia mengatakan, ”Tidakkah kamu baca bahwa dia yang menciptakan mereka sejak semula menjadikan mereka laki-laki dan perempuan 5 dan mengatakan, ’Karena alasan ini seorang pria akan meninggalkan bapaknya dan ibunya dan akan berpaut pada istrinya, dan keduanya akan menjadi satu daging’? 6 Sehingga mereka bukan lagi dua, melainkan satu daging. Oleh karena itu, apa yang telah Allah letakkan di bawah satu kuk hendaknya tidak dipisahkan manusia.”

Penjelasan Yesus sudah sangat gamblang. Bahwa lembaga perkawinan terdiri dari dua orang, satu laki-laki dan satu wanita. Kecuali anda kebingungan dengan formula matematika sederhana ini, saya tidak perlu menjelaskannya panjang lebar lagi.


Kesimpulan anda tentang tidak adanya larangan poligami dalam Alkitab mungkin dipicu dari tidak adanya hukum tertulis yang dengan gamblang menyatakan "JANGAN BERPOLIGAMI" seperti halnya 10 hukum Musa. Namun, sadarilah sobat ... teologi tidak dipahami dengan cara anda.

Sebagai pembanding. Saya tidak pernah menemukan ada kata "DILARANG NYIMENG (menghisap ganja)" dalam Quran. Apakah itu artinya Quran mengijinkan umatnya menghisap ganja???
Sebenarnya kematangan dan kedewasaan seseorang juga bisa diketahui dari cara mereka menangkap instruksi. Anak-anak cenderung hanya sanggup menerima instruksi yang lugas, spesifik, terperinci... sedangkan orang yang lebih dewasa dalam hal pemahaman dapat menangkap instruksi yang general dan result oriented.

Demikian pula dengan pembaca Alkitab yang matang dalam hal pemahaman, tidak perlu selalu harus didikte dan disuapi dengan daftar apa yang boleh dan tidak boleh dilakukan. Mereka cukup tahu apa yang disukai dan tidak disukai YHWH dengan membaca catatan terilham Alkitab mengenai cara Allah berurusan dengan manusia di masa lampau, dan dalam hal poligami .... bagaimana Ia menetapkan perkawinan semula di Taman Eden.

Islamjewel wrote:tuhan membenci perceraian, tp sebaliknya tuhan menyukai perkawinan, perlu anda ketahui bahwa poligami adalah bentuk dari perkawinan bukan perceraian.
Mempunyai lebih dari satu istri dan tetap setia pada istri2nya dgn tidak menceraikan salah satu dari mereka, saya kira it’s ok.
Ketika nabi Abraham mengambil Hagar, bukankah itu atas dasar keinginan istri pertamanya Sara ?
Nabi Abraham tidak menceraikan Sara, tidak juga mengkhianati Sara, ataupun berbuat kejam terhadap Sara, bukan ?
Yang Allah benci adalah perceraian dari dulu zaman PL maupun sekarang zaman PB, jadi poligami tidak dilarang baik pada zaman PL maupun sekarang zaman PB.
Dan poligami bukanlah suatu bentuk perselingkuhan ataupun perzinahan, poligami merupakan pernikahan yang sah.


Anda lupa bahwa Allah sangat menyukai kesetiaan dan sangat membenci pengkhianatan. Dan terlebih lagi, Allah yang Maha Adil membenci ketidakadilan dari poligami(itupun kalau anda percaya Allah adalah pribadi yang Adil).

Poligami yang adil yang konon dikatakan di Surat 4:3 tidak mungkin terjadi. Karena Poligami itu sendiri adalah manifestasi dari ketidak adilan kepada istri pertama anda.
Poligami juga perwujudan dari pengkhianatan kepada istri pertama, mengingat ... tidak ada wanita normal yang menginginkan suaminya bertindak tidak setia dengan mencari wanita lain.

Silahkan anda mempertahankan pandangan anda untuk berpoligami, namun anda tidak perlu memaksakan pandangan anda untuk menurunkan standard moral Alkitab yang tinggi.
User avatar
Dreamsavior
 
Posts: 727
Joined: Wed May 11, 2011 10:43 am

Re: LARANGAN BERPOLIGAMI TIDAK BERDASARKAN ALKITAB

Postby suseno » Fri May 11, 2012 4:38 pm

Monogami dalam ajaran Kristen itu hukumnya Strongly Recommended. Sedangkan poligami memang tidak dilarang seperti islam melarang makan babi. Ini untuk mengantisipasi seseorang yang bertobat dari islam lalu masuk Kristen lengkap dengan istri-istrinya. Kalo hukumnya dilarang seperti umat islam melarang makan babi, lantas istri-istrinya dikemanain donk? Masa mau diceraiin?
User avatar
suseno
 
Posts: 675
Joined: Tue May 03, 2011 2:19 am
Location: Mossad

Re: LARANGAN BERPOLIGAMI TIDAK BERDASARKAN ALKITAB

Postby moehnyetttz » Fri May 11, 2012 9:24 pm

suseno wrote:Monogami dalam ajaran Kristen itu hukumnya Strongly Recommended. Sedangkan poligami memang tidak dilarang seperti islam melarang makan babi. Ini untuk mengantisipasi seseorang yang bertobat dari islam lalu masuk Kristen lengkap dengan istri-istrinya. Kalo hukumnya dilarang seperti umat islam melarang makan babi, lantas istri-istrinya dikemanain donk? Masa mau diceraiin?


Kejadian wrote:21:10 Berkatalah Sara kepada Abraham:"Usirlah hamba perempuan itu beserta anaknya, sebab anak hamba ini tidak akan menjadi ahli waris bersama-sama dengan anakku Ishak."
21:11 Hal ini sangat menyebalkan Abraham oleh karena anaknya itu.
21:12 Tetapi Allah berfirman kepada Abraham: "Janganlah sebal hatimu karena hal anak dan budakmu itu; dalam segala yang dikatakan Sara kepadamu, haruslah engkau mendengarkannya, sebab yang akan disebut keturunanmu ialah yang berasal dari Ishak.


Kej. 17:15 wrote: Selanjutnya Allah berfirman kepada Abraham: "Tentang isterimu Sarai, janganlah engkau menyebut dia lagi Sarai, tetapi Sara, itulah namanya.


Kej. 17:19 wrote: Tetapi Allah berfirman: "Tidak, melainkan isterimu Saralah yang akan melahirkan anak laki-laki bagimu, dan engkau akan menamai dia Ishak, dan Aku akan mengadakan perjanjian-Ku dengan dia menjadi perjanjian yang kekal untuk keturunannya.


Saya bertanya-tanya kenapa Tuhan tidak pernah menyebut Hagar sebagai isteri Abraham seperti ketika menyebut tentang Sara tetapi menyebut Hagar sebagai budak?

Lalu kenapa Tuhan membiarkan Sara mengusir Hagar dan membela Sara di depan Abraham?

Apakah mungkin sejak semula Tuhan tidak pernah memandang Hagar sebagai isteri Abraham dan bahwa Saralah satu-satunya isteri Abraham yang sah di mata Tuhan?
User avatar
moehnyetttz
 
Posts: 1402
Joined: Thu Apr 24, 2008 4:00 pm
Location: Diatas pohon pisang lagi browsing ffi (Sumpah, deh!).

Re: LARANGAN BERPOLIGAMI TIDAK BERDASARKAN ALKITAB

Postby suseno » Sat May 12, 2012 2:20 am

moehnyetttz wrote:Saya bertanya-tanya kenapa Tuhan tidak pernah menyebut Hagar sebagai isteri Abraham seperti ketika menyebut tentang Sara tetapi menyebut Hagar sebagai budak?

Lalu kenapa Tuhan membiarkan Sara mengusir Hagar dan membela Sara di depan Abraham?

Apakah mungkin sejak semula Tuhan tidak pernah memandang Hagar sebagai isteri Abraham dan bahwa Saralah satu-satunya isteri Abraham yang sah di mata Tuhan?


Mungkin... Toh memang perkawinan yang disukai Tuhannya Abraham, Ishak dan Yakub adalah perkawinan Monogami. Lagipula memang Hagar itu statusnya cuma budaknya Sara yang dipake buat bikin anak doank (sadis yah namanya perbudakan?). Beda dengan Rachel dan Lea.

Secara umum kalau untuk mereka yang sudah terlanjur berpoligami lalu masuk ke Kristen sih sebaiknya memang tetap hidup dalam keadaan sewaktu dia dipanggil. Ini didukung dari surat Paulus di I Korintus 7 ayat 17, 20 dan 24. Hanya saja konsekuensinya yah dia ga bisa jadi Diaken/Penatua.

Kalau musti diusir seperti Hagar diusir yah repot juga. Toh sebetulnya itu keinginan Sara yang barangkali cemburu sama Hagar. Tapi diizinkan Tuhan.

Udah ahh... dilarang Out Of Topic ke Kristen. Ntar kena warning moderator loh!
User avatar
suseno
 
Posts: 675
Joined: Tue May 03, 2011 2:19 am
Location: Mossad

Re: LARANGAN BERPOLIGAMI TIDAK BERDASARKAN ALKITAB

Postby Utbahbinabuwaqqash » Sat May 12, 2012 9:18 am

weleh..weleh.. Larangan poligami jelas bersumber dari ucapan Yesus ttg hukum yg terutama:
''Kasihilah sesamamu manusia seperti mengasihi dirimu sendiri'' ato ''apa yg kauinginkan orang lain perbuat padamu, perbuatlah demikian juga''
Apakah si suami mau dikasihi dgn cara diduakan oleh istrinya? Kalo ga mau ya doi harus mengasihi istrinya dgn tdk menduakan
Kalo si suami pengen istrinya setia/ga menduakan, ya suami harus berbuat gitu juga
Lha kalo nabi cabul sih ga bakalan ngerti, sing penting bagi doi itu nafsu liarnyanya hrs terpenuhi meskipun bertentangan dgn golden rule..hi..hi..hi..
Utbahbinabuwaqqash
 
Posts: 1155
Joined: Thu May 27, 2010 10:24 am

Next

Return to Ruang Poligami



Who is online

Users browsing this forum: No registered users