.

Apakah QS 4:3 ada perintah berpoligami harus ADIL?

Seputar pro dan kontra poligami dalam ajaran Islam.

Re: Apakah QS 4:3 ada perintah berpoligami harus ADIL?

Postby hobit » Sat Dec 24, 2011 9:51 pm

@patah salero:

jika anda punya saudara perempuan, atau kalau tidak ada, cobalah bertanya kepada ibu anda :
apakah mereka bersedia dipoligami ?

dan coba lihat bagaimana jawaban mereka....
jadi jangan cuma bisa memandang poligami dari segi lakinya doang, tanpa mau melihat bagaimana sikap pihak perempuan.

contoh: aa gym, coba menurut anda mengapa teh nini minta cerai ??
hobit
 
Posts: 882
Joined: Fri Dec 23, 2011 8:39 pm

Re: Apakah QS 4:3 ada perintah berpoligami harus ADIL?

Postby Patah Salero » Sun Dec 25, 2011 8:19 pm

@atas
Om ini gak nyimak diskusi dari awal nampaknya.

Menurut pendapatku poligami harus seizin istri. Dan ini juga sesuai dengan Kompilasi Hukum Islam. Jadi, kalau perempuannya enggak setuju, poligami gak akan terlaksana. Karena restu istri harus diucapkan di depan hakim pengadilan agama.

Soal A'a Gym, terus terang aku gak ngikuti. Gak ngidolain dia sih. Jadi aku enggak tahu apa alasan A'a gym nikah lagi, apa istri tuanya setuju, Kenapa mereka bercerai dst, dst.

Prinsip gw sih, lebih baik jadi janda/duda bahagia dari pada jadi suami/istri menderita.
Patah Salero
 
Posts: 2702
Joined: Tue Dec 21, 2010 12:31 am

Re: Apakah QS 4:3 ada perintah berpoligami harus ADIL?

Postby Kaperarezoo » Mon Dec 26, 2011 12:28 am

Makasih bung PS. Semakin dibela makin jelaslah kejahatan poligami.
1. Poligami adalah solusi. Ketika suami tdk cocok dgn istri, bukannya dicari rekonsiliasi, tapi malah nambah istri.
2. Tujuan pernikahan adalah kebahagiaan suami. Gak peduli dgn perasaan istri. Harus mau mengalah demi kebahagiaan suami. Suami sakit, istri merawat. Istri sakit, suami kawin lagi.
3. Sudah dijamin gak bakal bisa adil. Artinya: secara jujur istri pasti sakit hati. Yg penting usaha suami, walaupun sudah dijamin gagal. Toh awloh maha mengampuni.
4. Suami pelaku poligami yg tidak adil pasti dimintai pertanggungjawaban di akhirat. Bagus. Berarti muhammad sedang di interogasi di sana.
5. Bung PS yg baik, percayalah bahwa semua wanita tidak mau dikianati! Tanyakan pada wanita yg belum bersuami, atau sudah bersuami sebagai istri satu2nya, pasti jawabannya gak sudi suami kawin lagi. Atau kelak akan dimadu.
Saya sudah mengikuti forum intern muslim. Gak ada satupun yg rela dimadu. Karena semua anggota forum tsb penakut alias beristri satu. Secara tersirat, beberapa/banyak suami cengengesan pengin kawin lagi tapi gak melakukan karena berbagai alasan, gak dapet ijinlah, kasian anak2 lah, masalah karierlah, nunggu dicariin istri tua lah, kalo boleh jujur sebenernya mereka itu tabu, gak kepikiran atau bahkan jijik bagi para istri apabila suaminya kawin lagi
6. Syarat poligami sebenernya sangat mudah, max 4, berusaha adil walo pasti gagal. Namun dipersulit sendiri oleh muslim modern anti poligami. Harus adil, harus ijin istri, harus janda miskin, hanya sebagai solusi terakhir bla bla bla.. Untuk muslim kafah mah gak perlu syarat2 cemen kayak gitu.

Sekian pendapat saya..
Kaperarezoo
 
Posts: 292
Joined: Wed Sep 22, 2010 10:19 am

Re: Apakah QS 4:3 ada perintah berpoligami harus ADIL?

Postby Momad Narsis » Mon Dec 26, 2011 1:51 am

KESIMPULAN :
1.Keadilan dlm poligami adalah khayalan kaum pria dlm memuaskan birahinya kpd WIL, WALAU PUN KITA TAU MANA ADA KEADILAN DALAM KASUS PERSELINGKUHAN, YANG SUDAH PASTI WANITALAH YG DIKORBANKAN PERASAANNYA..!
2.Keadilan dalam poligami hanya berbicara masalah jasmaniah semata namun bukan hal yg ensensial dlm suatu hubungan perkawinan yakni kesetian dan PERASAAN..!
3.Poligami adalah SOLUSI bagi pria hidung belang dlm menghalalkan NAFSUnya terhadap wanita lain agar dilindungi dlm hukum islam.
User avatar
Momad Narsis
 
Posts: 3460
Joined: Sun Jan 02, 2011 4:35 pm

Re: Apakah QS 4:3 ada perintah berpoligami harus ADIL?

Postby Momad Narsis » Mon Dec 26, 2011 2:03 am

JADI BAGI MANUSIA YANG PUNYA OTAK DAN PERASAAN HARAP ANDA BERKACA PADA HUKUM YANG KATANYA DARI TUHAN..!! AGAR ANDA SADAR BAHWA PERBUATAN MELEGALKAN PRILAKU TIDAK SETIA PADA PASANGAN ADALAH HAL YG MENJIJIKAN..!! MENGATAKAN MENDUA HATI ADALAH SOLUSI DALAM PERKAWINAN SAMA SAJA ANDA SUDAH BERDIRI PADA PELECEHAN TERHADAP KEADILAN ITU SENDIRI..!!
JADI HUKUM POLIGAMI ADALAH HUKUM BUATAN MANUSIA YANG BERPIKIR DAPAT MEMBODOHI TUHAN DENGAN SEGUDANG ALASANNYA YANG SUDAH BERKHIANAT KPD PASANGANNYA..!
User avatar
Momad Narsis
 
Posts: 3460
Joined: Sun Jan 02, 2011 4:35 pm

Re: Apakah QS 4:3 ada perintah berpoligami harus ADIL?

Postby Momad Narsis » Mon Dec 26, 2011 2:03 am

JADI BAGI MANUSIA YANG PUNYA OTAK DAN PERASAAN HARAP ANDA BERKACA PADA HUKUM YANG KATANYA DARI TUHAN..!! AGAR ANDA SADAR BAHWA PERBUATAN MELEGALKAN PRILAKU TIDAK SETIA PADA PASANGAN ADALAH HAL YG MENJIJIKAN..!! MENGATAKAN MENDUA HATI ADALAH SOLUSI DALAM PERKAWINAN SAMA SAJA ANDA SUDAH BERDIRI PADA PELECEHAN TERHADAP KEADILAN ITU SENDIRI..!!
JADI HUKUM POLIGAMI ADALAH HUKUM BUATAN MANUSIA YANG BERPIKIR DAPAT MEMBODOHI TUHAN DENGAN SEGUDANG ALASANNYA YANG SUDAH BERKHIANAT KPD PASANGANNYA..!
Salam Damai
User avatar
Momad Narsis
 
Posts: 3460
Joined: Sun Jan 02, 2011 4:35 pm

Re: Apakah QS 4:3 ada perintah berpoligami harus ADIL?

Postby Patah Salero » Mon Dec 26, 2011 9:07 am

Kaperarezoo wrote:Makasih bung PS. Semakin dibela makin jelaslah kejahatan poligami.
2. Tujuan pernikahan adalah kebahagiaan suami. Gak peduli dgn perasaan istri. Harus mau mengalah demi kebahagiaan suami. Suami sakit, istri merawat. Istri sakit, suami kawin lagi.


enggak akurat. Ketika suami enggak sanggup ngasih nafkah istri lahir batin, istri berhak minta cerai kok.

3. Sudah dijamin gak bakal bisa adil. Artinya: secara jujur istri pasti sakit hati. Yg penting usaha suami, walaupun sudah dijamin gagal. Toh awloh maha mengampuni.

Yang diampuni ALLAH SWT itu suami yang jujur dan innocent. Bukan suami dengan niat jahat yang sengaja membeda-bedakan istrinya. tolong liat lagi ayatnya.

4. Suami pelaku poligami yg tidak adil pasti dimintai pertanggungjawaban di akhirat. Bagus. Berarti muhammad sedang di interogasi di sana.

Muhammad adil sama bini-bininya. Bininya sendiri yang beri kesaksian. Setiap hari, Muhammad SAW tinggal dirumah istri yang berbeda. Istri-istri yang tidak dapat giliran itu biasanya berkumpul dirumah istri yang sedang dapat giliran.

5. Bung PS yg baik, percayalah bahwa semua wanita tidak mau dikianati! Tanyakan pada wanita yg belum bersuami, atau sudah bersuami sebagai istri satu2nya, pasti jawabannya gak sudi suami kawin lagi. Atau kelak akan dimadu.

OK, gw setuju. Tapi coba tanya lagi sama perempuan-perempuan tersebut, ada gak yang mau punya suami mandul. Ada gak yang mau punya suami pejudi, pemabok, kasar dst.
Tapi kenapa di agama tertentu, mereka malah dilarang bercerai walaupun udah ketiban pulung dapat suami bejat yang gak bisa lagi di modif.

Menurut gw, seseorang dianggap bermoral ketika ia melakukan perbuatan baik atas keinginan bebasnya. Bukan berdasarkan rasa takut atau tekanan dari luar. Tapi karena dia yakin dari hati nurani bahwa itu adalah pilihan terbaik yang bukan hanya menguntungkan orang lain, tapi juga menguntungkan dirinya.

Ambil contoh merawat suami yang sakit misalnya. Menurut gw akan berbeda kualitas perempuan yang merawat suami karena kewajiban dan enggak ada pilihan lain, dengan perempuan yang tetap merawat suami meskipun dia diberi kesempatan bercerai. Begitu pula bagi pihak laki-laki.

Dalam Islam pilihan bebas itu diberikan. Sorry kalau sedikit OOT. ini aku kasih ayat lain yang kira-kira parallel kasusnya :
3:133 Dan bersegeralah kamu kepada ampunan dari Tuhanmu dan kepada surga yang luasnya seluas langit dan bumi yang disediakan untuk orang-orang yang bertakwa

3;134 (yaitu) orang-orang yang menafkahkan (hartanya), baik di waktu lapang maupun sempit, dan orang-orang yang menahan amarahnya dan memaafkan (kesalahan) orang. Allah menyukai orang-orang yang berbuat kebajikan

Menurut Quraish Shihab, ayat 134 menjelaskan sikap muslim terhadap orang yang melakukan kejahatan terhadap mereka hingga tiga tingkat:

1. Menahan marah (tapi menuntut keadilan)
2. Memaafkan orang yang melakukan kejahatan.
3. Bukan hanya memaafkan, tapi melakukan perbuatan baik terhadap orang yang berbuat jahat.

Ketiga tingkatan tersebut diakui oleh Quran. Tapi hanya yang ketigalah yang disayangi ALLAH.
Kenapa harus dijadikan tiga tingkatan ?? Kenapa tidak dibuat aturan bahwa setiap muslim wajib berbuat baik kepada orang yang melakukan kejahatan terhadap mereka ??
Karena memang kualitas setiap manusia berbeda-beda, dan kondisi lapangan berbeda antara satu peristiwa dengan peristiwa yang lain. Jadi Quran menentukan batas bawah dan batas atas respon yang dianggap benar.

Hal yang sama terjadi dalam kasus poligami dan cerai. Ada batas bawah dan batas atasnya juga.
Misalnya, Seorang laki-laki atau perempuan merupakan anak tunggal. istri atau suami mereka ternyata mandul.
Apakah anda sama sekali tidak mempertimbangkan keinginan anak tunggal tersebut untuk memperoleh keturunan ?? Kenapa yang dipertimbangkan hanya perasaan laki atau perempuan yang mandul ?? Bukankah kita harus adil, artinya mempertimbangkan perasaan kedua belah pihak.
Dalam Islam, Suami/Istri yang sehat diberi batas pilihan. Batas bawahnya adalah memperjuangkan haknya untuk memperoleh keturunan. Batas atasnya mengorbankan keinginan mendapatkan keturunan tersebut. Kedua-duanya benar, tapi menurutku yang lebih baik adalah yang melakukan batas atas.
Patah Salero
 
Posts: 2702
Joined: Tue Dec 21, 2010 12:31 am

Re: Apakah QS 4:3 ada perintah berpoligami harus ADIL?

Postby Momad Narsis » Mon Dec 26, 2011 10:28 am

Orang yg sudah tau dia berbuat salah terhadap istrinya karena sudah mendua hati akan menjadi tertawa dan senang karena ayat quran sudah melegalkan perselingkuhan, pengkhianatan, dan penyelewengan dalam pernikahannya...!! dan hal ini sudah menodai makna KEADILAN itu sendiri dalam kehidupan setiap orang.
Dalam ayat POLIGAMI tidak ada berbicara tentang kemandulan, yang ada ialah muhammad mengatur BAGAIMANA CARA SELINGKUH YANG BAIK DAN BENAR..!!
hanya itu arti dari ayat quran tentang POLIGAMI..!!
Salam Damai
User avatar
Momad Narsis
 
Posts: 3460
Joined: Sun Jan 02, 2011 4:35 pm

Re: Apakah QS 4:3 ada perintah berpoligami harus ADIL?

Postby abubakar » Mon Dec 26, 2011 11:35 am

Patah Salero wrote:Muhammad adil sama bini-bininya. Bininya sendiri yang beri kesaksian. Setiap hari, Muhammad SAW tinggal dirumah istri yang berbeda. Istri-istri yang tidak dapat giliran itu biasanya berkumpul dirumah istri yang sedang dapat giliran.

Menurut muslim inilah salah satu kemuliaan dan keadilan muhammad. Kenapa muslim tidak bisa melihat kejanggalan kelakuan muhammad sebagai mahluk mulia disini? Bini seabreg, berarti nafsu muhammad pasti gede. sebagai nabi, teladan apa yg ditawarkan muhammad dalam hal menahan nafsunya. kalau menolong kenapa mesti dibikin jadi istri atau gundiknya?

Patah Salero wrote: Menurut Quraish Shihab, ayat 134 menjelaskan sikap muslim terhadap orang yang melakukan kejahatan terhadap mereka hingga tiga tingkat:

1. Menahan marah (tapi menuntut keadilan)
2. Memaafkan orang yang melakukan kejahatan.
3. Bukan hanya memaafkan, tapi melakukan perbuatan baik terhadap orang yang berbuat jahat.

Ketiga tingkatan tersebut diakui oleh Quran. Tapi hanya yang ketigalah yang disayangi ALLAH.
Kenapa harus dijadikan tiga tingkatan ?? Kenapa tidak dibuat aturan bahwa setiap muslim wajib berbuat baik kepada orang yang melakukan kejahatan terhadap mereka ??
Karena memang kualitas setiap manusia berbeda-beda, dan kondisi lapangan berbeda antara satu peristiwa dengan peristiwa yang lain. Jadi Quran menentukan batas bawah dan batas atas respon yang dianggap benar.

mengarang indah dot com. ini tulisan lagi kesambet ame jurig Yesus [duren mode on]
bung ps, coba paparkan disini referensi tulisan di atas terutama poin 2 dan 3. kalo perlu bawa kesini indo turunan arab penipu itu kesini, biar kita sumpal mulut kotornya itu.
abubakar
 
Posts: 531
Joined: Sun Jul 19, 2009 4:14 pm

Re: Apakah QS 4:3 ada perintah berpoligami harus ADIL?

Postby Patah Salero » Mon Dec 26, 2011 3:06 pm

abubakar wrote:Menurut muslim inilah salah satu kemuliaan dan keadilan muhammad. Kenapa muslim tidak bisa melihat kejanggalan kelakuan muhammad sebagai mahluk mulia disini? Bini seabreg, berarti nafsu muhammad pasti gede. sebagai nabi, teladan apa yg ditawarkan muhammad dalam hal menahan nafsunya. kalau menolong kenapa mesti dibikin jadi istri atau gundiknya?

Nafsu besar gimana siiiihh...
Orang abis istri pertamanya meninggal, dia monogami lagi sama Saudah, janda tua yang enggak cantik. Gimana coba penjelasan bahwa dia kawiin karena nafsu ?

Patah Salero wrote: Menurut Quraish Shihab, ayat 134 menjelaskan sikap muslim terhadap orang yang melakukan kejahatan terhadap mereka hingga tiga tingkat:

1. Menahan marah (tapi menuntut keadilan)
2. Memaafkan orang yang melakukan kejahatan.
3. Bukan hanya memaafkan, tapi melakukan perbuatan baik terhadap orang yang berbuat jahat.

Ketiga tingkatan tersebut diakui oleh Quran. Tapi hanya yang ketigalah yang disayangi ALLAH.
Kenapa harus dijadikan tiga tingkatan ?? Kenapa tidak dibuat aturan bahwa setiap muslim wajib berbuat baik kepada orang yang melakukan kejahatan terhadap mereka ??
Karena memang kualitas setiap manusia berbeda-beda, dan kondisi lapangan berbeda antara satu peristiwa dengan peristiwa yang lain. Jadi Quran menentukan batas bawah dan batas atas respon yang dianggap benar.


abubakar wrote:mengarang indah dot com. ini tulisan lagi kesambet ame jurig Yesus [duren mode on]
bung ps, coba paparkan disini referensi tulisan di atas terutama poin 2 dan 3. kalo perlu bawa kesini indo turunan arab penipu itu kesini, biar kita sumpal mulut kotornya itu.

Mungkin kalau elu ada modal bahasa arab seujung upil aja, loe bisa paham yang dimaksud Pak Quraish.

Lihat kata-kata : وَالْكَاظِمِينَ الْغَيْظَ , dan وَالْعَافِينَ عَنِ النَّاسِ dan الْمُحْسِنِينَ

Kalau loe paham makna ketiga frase/kata tersebut, loe pasti bisa paham bahwa Quran sedang pake gaya bahasa klimaks.
Untuk hal sesederhana ini sebenarnya gak perlu manggil-manggil ahli tafsir. Cukup modal kursus bahasa arab 6 bulan kayak gw aja udah bisa.
Patah Salero
 
Posts: 2702
Joined: Tue Dec 21, 2010 12:31 am

Re: Apakah QS 4:3 ada perintah berpoligami harus ADIL?

Postby Patah Salero » Mon Dec 26, 2011 3:38 pm

Momad Narsis wrote:Orang yg sudah tau dia berbuat salah terhadap istrinya karena sudah mendua hati akan menjadi tertawa dan senang karena ayat quran sudah melegalkan perselingkuhan, pengkhianatan, dan penyelewengan dalam pernikahannya...!! dan hal ini sudah menodai makna KEADILAN itu sendiri dalam kehidupan setiap orang.
Dalam ayat POLIGAMI tidak ada berbicara tentang kemandulan, yang ada ialah muhammad mengatur BAGAIMANA CARA SELINGKUH YANG BAIK DAN BENAR..!!
hanya itu arti dari ayat quran tentang POLIGAMI..!!
Salam Damai

Dari kemarin gw tanya apa yang loe maksud adil, tapi loe gak mau jawab. Kalau definisi adil aja gak jelas gimana loe mau bilang ajaran Islam gak adil ??
Dan...Tidak ada dalam Quran bukan berarti gak ada aturannya. Para ulama bisa berijtihad dengan menggunakan prinsip yang ada dalam Quran.
Patah Salero
 
Posts: 2702
Joined: Tue Dec 21, 2010 12:31 am

Re: Apakah QS 4:3 ada perintah berpoligami harus ADIL?

Postby sixpackguy » Mon Dec 26, 2011 6:00 pm

Patah Salero wrote:Menurut pendapatku poligami harus seizin istri. Dan ini juga sesuai dengan Kompilasi Hukum Islam.

Yg ane merahin coba diperjelas lagi, ntu HANYA MENURUT PENDAPAT ENTE atau MEMANG MENURUT ISLAM?
Kalo hanya menurut ente, silahkan membual.
Kalo memang menurut hukum islam, silahkan tunjukkan dalilnya mana ayat quran dan hadis yg menyatakan suami pengen poligami harus seizin istri.

Patah Salero wrote:Jadi, kalau perempuannya enggak setuju, poligami gak akan terlaksana. Karena restu istri harus diucapkan di depan hakim pengadilan agama.

Di Indonesia memang begitu, artinya yg menyebabkan poligami gak akan terlaksana adalah undang2 buatan manusia dan muslim abal2 macam ente yg separo2 membela islam dan poligami.
Di dalam islam sendiri, kalo istrinya ga setuju tapi suaminya tetep kepengen ngawinin yg ke2 ke3 ke4, POLIGAMI BISA TETAP TERLAKSANA TANPA SEIJIN ISTRI. Tidak ada ayat quran dan hadis yg mengharuskan suami mendapat ijin istri utk kawin lagi, apalagi melarangnya kalo si istri ga setuju. =;
User avatar
sixpackguy
 
Posts: 1943
Images: 21
Joined: Wed Jan 19, 2011 1:21 am

Re: Apakah QS 4:3 ada perintah berpoligami harus ADIL?

Postby Patah Salero » Mon Dec 26, 2011 6:38 pm

Patah Salero wrote:Menurut pendapatku poligami harus seizin istri. Dan ini juga sesuai dengan Kompilasi Hukum Islam.

sixpackguy wrote:Yg ane merahin coba diperjelas lagi, ntu HANYA MENURUT PENDAPAT ENTE atau MEMANG MENURUT ISLAM?
Kalo hanya menurut ente, silahkan membual.


gw belum level membual bang. nih oleh-oleh dari bukhary

Image

Ali pingin nikah lagi, trus fathimah enggak mau. Nabi marah. Poligami batal.
Loe bisa cek hadis yang sama di lidwa muslim:4482, Bukhary:4870,
Patah Salero
 
Posts: 2702
Joined: Tue Dec 21, 2010 12:31 am

Re: Apakah QS 4:3 ada perintah berpoligami harus ADIL?

Postby Kongming » Mon Dec 26, 2011 6:45 pm

@ps, maksa nih yee?! :lol:
Mana tuh omongan harus seijin istri? Adanya: meminta ijin ke muhammad. :vom:
Kongming
 
Posts: 400
Joined: Sun Aug 07, 2011 8:39 am
Location: Jalan Petamburan 3/17, Tanah Abang, Jakarta Pusat.Telp: 021-534-1250

Re: Apakah QS 4:3 ada perintah berpoligami harus ADIL?

Postby duren » Mon Dec 26, 2011 7:05 pm

Wadohh ada salafi nyiram oli di tikungan :rofl: :rofl:



Bukhari 4829

حَدَّثَنَا قُتَيْبَةُ حَدَّثَنَا اللَّيْثُ عَنْ ابْنِ أَبِي مُلَيْكَةَ عَنْ الْمِسْوَرِ بْنِ مَخْرَمَ
قَالَ سَمِعْتُ رَسُولَ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ يَقُولُ وَهُوَ عَلَى الْمِنْبَرِ إِنَّ بَنِي هِشَامِ بْنِ الْمُغِيرَةِ اسْتَأْذَنُوا فِي أَنْ يُنْكِحُوا ابْنَتَهُمْ عَلِيَّ بْنَ أَبِي طَالِبٍ فَلَا آذَنُ ثُمَّ لَا آذَنُ ثُمَّ لَا آذَنُ إِلَّا أَنْ يُرِيدَ ابْنُ أَبِي طَالِبٍ أَنْ يُطَلِّقَ ابْنَتِي وَيَنْكِحَ ابْنَتَهُمْ فَإِنَّمَا هِيَ بَضْعَةٌ مِنِّي يُرِيبُنِي مَا أَرَابَهَا وَيُؤْذِينِي مَا آذَاهَا هَكَذَا قَالَ
......... AKu mendengar Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam bersabda sedangkan beliau berada di atas mimbar: "Sesungguhnya bani Hisyam bin Al Mughirah meminta izin kepadaku agar aku menikahkan anak wanita mereka dengan Ali bin Abu Thalib, namun aku tidak mengizinkan kepada mereka, kecuali jika Ali bin Abu Thalib menceraikan anakku lalu menikahi anak wanita mereka. Sesungguhnya anakku (Fathimah) adalah bagian dariku, aku merasa senang dengan apa saja yang menyenangkannya dan aku merasa tersakiti atas semua yang menyakitinya."



Aku = muhammad
User avatar
duren
 
Posts: 11124
Images: 14
Joined: Mon Aug 17, 2009 9:35 pm

Re: Apakah QS 4:3 ada perintah berpoligami harus ADIL?

Postby Patah Salero » Mon Dec 26, 2011 7:22 pm

Buat yang belum puas, nih gw tambah lagi

Image


Fathimah mendatangi Muhammad dan bilang, "bahwa katanya Nabi enggak pernah marahin orang demi membela anak-anaknya. Gimana nih Ali pingin kawin lagi.."
Ini nunjukin bahwa Fathimah gak setuju. kalo gak ngapain dia lapor.
Patah Salero
 
Posts: 2702
Joined: Tue Dec 21, 2010 12:31 am

Re: Apakah QS 4:3 ada perintah berpoligami harus ADIL?

Postby Kongming » Mon Dec 26, 2011 7:55 pm

@ps, maksa lagi nih yee?! :lol:
Mana tuh aturan harus minta ijin ke istri sebelum menikah lagi?
:lol:
Kongming
 
Posts: 400
Joined: Sun Aug 07, 2011 8:39 am
Location: Jalan Petamburan 3/17, Tanah Abang, Jakarta Pusat.Telp: 021-534-1250

Re: Apakah QS 4:3 ada perintah berpoligami harus ADIL?

Postby Patah Salero » Mon Dec 26, 2011 8:06 pm

Kongming wrote:@ps, maksa lagi nih yee?! :lol:
Mana tuh aturan harus minta ijin ke istri sebelum menikah lagi?
:lol:


Loe mengalami syndrome KEGAGALAN KRONIS MENCERNA KALIMAT.
Baca hadisnya. Masak loe gak paham sih bahwa Nabi marah-marah karena Fathimah melapor.
Patah Salero
 
Posts: 2702
Joined: Tue Dec 21, 2010 12:31 am

Re: Apakah QS 4:3 ada perintah berpoligami harus ADIL?

Postby duren » Mon Dec 26, 2011 8:14 pm

Astaga safa nih nuang oli bekas ... biar ga ada yang tergelincir , gw bales dengan nyiram rinso dehhhh :green:



حَدَّثَنَا أَبُو الْيَمَانِ أَخْبَرَنَا شُعَيْبٌ عَنْ الزُّهْرِيِّ قَالَ حَدَّثَنِي عَلِيُّ بْنُ حُسَيْنٍ أَنَّ الْمِسْوَرَ بْنَ مَخْرَمَةَ قَالَ
إِنَّ عَلِيًّا خَطَبَ بِنْتَ أَبِي جَهْلٍ فَسَمِعَتْ بِذَلِكَ فَاطِمَةُ فَأَتَتْ رَسُولَ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ فَقَالَتْ يَزْعُمُ قَوْمُكَ أَنَّكَ لَا تَغْضَبُ لِبَنَاتِكَ وَهَذَا عَلِيٌّ نَاكِحٌ بِنْتَ أَبِي جَهْلٍ فَقَامَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ فَسَمِعْتُهُ حِينَ تَشَهَّدَ يَقُولُ أَمَّا بَعْدُ أَنْكَحْتُ أَبَا الْعَاصِ بْنَ الرَّبِيعِ فَحَدَّثَنِي وَصَدَقَنِي وَإِنَّ فَاطِمَةَ بَضْعَةٌ مِنِّي وَإِنِّي أَكْرَهُ أَنْ يَسُوءَهَا وَاللَّهِ لَا تَجْتَمِعُ بِنْتُ رَسُولِ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ وَبِنْتُ عَدُوِّ اللَّهِ عِنْدَ رَجُلٍ وَاحِدٍ فَتَرَكَ عَلِيٌّ الْخِطْبَةَ
وَزَادَ مُحَمَّدُ بْنُ عَمْرِو بْنِ حَلْحَلَةَ عَنْ ابْنِ شِهَابٍ عَنْ عَلِيِّ بْنِ الْحُسَيْنِ عَنْ مِسْوَرٍ سَمِعْتُ النَّبِيَّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ وَذَكَرَ صِهْرًا لَهُ مِنْ بَنِي عَبْدِ شَمْسٍ فَأَثْنَى عَلَيْهِ فِي مُصَاهَرَتِهِ إِيَّاهُ فَأَحْسَنَ قَالَ حَدَّثَنِي فَصَدَقَنِي وَوَعَدَنِي فَوَفَى لِي

BUKHARI - 3450
Telah bercerita kepada kami Abu Al Yaman telah mengabarkan kepada kami Syu'aib dari Az Zuhriy berkata, telah bercerita kepadaku 'Ali bin Husain bahwa Al Miswar bin Makhramah berkata;

"'Ali pernah meminang putri Abu Jahal lalu hal itu didengar oleh Fathimah.
Maka Fathimah menemui Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam dan berkata; "Kaummu berkata bahwa baginda tidak marah demi putri baginda. Sekarang 'Ali hendak menikahi putri Abu Jahal".

Maka Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam berdiri dan aku mendengar ketika beliau bersyahadat bersabda: "Hadirin, aku telah menikahkan Abu Al 'Ash bin ar-Rabi' lalu dia bercerita kepadaku dan membenarkan aku. Dan sesungguhnya Fathimah adalah bagian dari diriku dan sungguh aku tidak suka bila ada orang yang menyusahkannya. Demi Allah, tidak akan berkumpul putri Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam dan putri dari musuh Allah pada satu orang laki-laki".

Maka 'Ali membatalkan pinangannya. Muhammad bin 'Amru bin Halhalah menambahkan dari Ibnu Syihab dari 'Ali bin Al Husain dari Miswar aku mendengar Nabi shallallahu 'alaihi wasallam yang beliau sebutkan kerabat beliau dari Bani 'Abdu Syams lalu beliau memujinya dalam hubungan kekerabatan yang baik tersebut. Beliau bersabda: "Dia membenarkan aku, berjanji kepadaku lalu memenuhi janjinya kepadaku".
User avatar
duren
 
Posts: 11124
Images: 14
Joined: Mon Aug 17, 2009 9:35 pm

Re: Apakah QS 4:3 ada perintah berpoligami harus ADIL?

Postby Kongming » Mon Dec 26, 2011 8:17 pm

Patah Salero wrote:Loe mengalami syndrome KEGAGALAN KRONIS MENCERNA KALIMAT.
Baca hadisnya. Masak loe gak paham sih bahwa Nabi marah-marah karena Fathimah melapor.

Lho, ente yg ga bisa ngasih referensi tapi malah nuduh orang ga bisa memahami... Hahaha... Kelas ulama islam, ente... Bahlul! \:D/
Sekarang, tunjukkan ke ane, mana perintah allah swt atau muhammad bahwa harus minta ijin istri sebelum kawin lagi! Hehehe... :rock:
Kongming
 
Posts: 400
Joined: Sun Aug 07, 2011 8:39 am
Location: Jalan Petamburan 3/17, Tanah Abang, Jakarta Pusat.Telp: 021-534-1250

PreviousNext

Return to Ruang Poligami



Who is online

Users browsing this forum: No registered users

cron