.

Apakah QS 4:3 ada perintah berpoligami harus ADIL?

Seputar pro dan kontra poligami dalam ajaran Islam.

Apakah QS 4:3 ada perintah berpoligami harus ADIL?

Postby Duladi » Thu Dec 08, 2011 2:39 am

Muslim: Pak Duladi, poligami dalam Islam itu sangat sulit dilakukan, sebab ayat Alquran mengharuskan pelaku poligami berbuat adil terhadap istri-istrinya bila ia berniat poligami.

Duladi: Tidak ada perintah "MUSLIMIN HARUS ADIL" terhadap istri-istrinya bila berpoligami.

Muslim: Pak Duladi, ini lho, ayatnya:
    QS 4:3. Dan jika kamu takut tidak akan dapat berlaku adil terhadap (hak-hak) perempuan yang yatim (bilamana kamu mengawininya), maka kawinilah wanita-wanita (lain) yang kamu senangi : dua, tiga atau empat. Kemudian jika kamu takut tidak akan dapat berlaku adil, maka (kawinilah) seorang saja, atau budak-budak yang kamu miliki. Yang demikian itu adalah lebih dekat kepada tidak berbuat aniaya.

Duladi: Coba anda sebutkan, di bagian mana dari ayat itu berisi perintah "KAMU HARUS ADIL" ?

Muslim: Hmmm,,, pokoknya kata kuncinya ada pada kata ADIL, Pak. Itulah sebabnya kata ADIL saya garis bawahi.

Duladi: Iya, kata itu memang anda garis bawahi, tapi mana perintah "HARUS ADIL" di ayat itu? Ayat itu telah banyak dimanipulasi maknanya oleh para ulama, seolah-olah berisi PERINTAH "HARUS ADIL" kalau muslim ingin poligami. Padahal, tidak ada perintah HARUS ADIL di situ, yang ada adalah "JIKA KAMU TAKUT TIDAK AKAN DAPAT BERLAKU ADIL". Jadi, penekanannya bukan pada KEHARUSAN UNTUK BERLAKU ADIL, melainkan penekanannya ada pada SI PRIA, apakah dia KHAWATIR TIDAK DAPAT BERLAKU ADIL atau DIA TIDAK KHAWATIR. Jadi Alquran Surat An-Nisa ayat 3 itu memberi hak penuh pada pria, untuk membuat keputusan sesuai dengan subyektivitasnya, apakah dia TAKUT TIDAK BISA ADIL atau TIDAK TAKUT. Jika si pria TAKUT, Alquran hanya memberi saran: "Pilihlah SATU SAJA di antara perempuan-perempuan itu untuk dijadikan sebagai istri, dan yang lainnya sebagai budak-budak seks (gundik/harem) saja jangan berstatus sebagai istri." Dan jika si pria TIDAK TAKUT, Alquran sudah memberikan tawaran di bagian awal ayat itu: "KAWINLAH LAGI DENGAN WANITA-WANITA LAIN sampai sebanyak 4."

Muslim: Pak Dul, perintah HARUS ADIL itu terdapat pada ayat lain dalam Alquran:
    Surat An-Nahl (QS 16):90. Sesungguhnya Allah menyuruh (kamu) berlaku adil dan berbuat kebajikan, memberi kepada kaum kerabat, dan Allah melarang dari perbuatan keji, kemungkaran dan permusuhan. Dia memberi pengajaran kepadamu agar kamu dapat mengambil pelajaran.


Duladi: Tetapi ayat itu SUDAH DIMENTAHKAN sendiri oleh ayat yg lain pula:
    QS 4:129. Dan kamu sekali-kali tidak akan dapat berlaku adil di antara isteri-isteri(mu), walaupun kamu sangat ingin berbuat demikian, karena itu janganlah kamu terlalu cenderung (kepada yang kamu cintai), sehingga kamu biarkan yang lain terkatung-katung. Dan jika kamu mengadakan perbaikan dan memelihara diri (dari kecurangan), maka sesungguhnya Allah Maha Pengampun lagi Maha Penyayang.


Jadi, kalau Awloh sudah tahu bahwa MUSLIM tak mungkin bisa berlaku adil, bahkan terhadap istri-istrinya yang lebih dari satu, tak ada gunanya Awloh bikin ayat QS 16:90 itu. Sudah tahu gak bakalan bisa berlaku adil, kok bikin perintah "Sesungguhnya awloh menyuruh kamu berlaku adil?" QS 16:90 itu ayat BASA-BASI belaka, karena secara realita itu sudah diakui sendiri oleh awloh bahwa MUSLIM tak bisa berlaku adil. Dan di bagian akhir QS 4:129 tertulis, "sesungguhnya awloh maha pengampun." Jadi, tidak ada SANKSI apapun bagi muslim yg tak berlaku adil, karena awloh sudah mengampuni muslim yg tak berlaku adil. Awloh sendiri yg memberi toleransi pada muslim untuk boleh berlaku tidak adil, karena awloh menyadari (hal itu diakui sendiri oleh awloh) bahwa mustahil muslim bisa berbuat adil. Itulah kenapa, di dalam QS 4:3 diawali dengan perintah: "KAWINLAH LAGI DENGAN WANITA-WANITA LAIN SAMPAI SEBANYAK 4 ISTRI." Perintah ini ditujukan kepada muslim YANG (SECARA SUBYEKTIF) MERASA BISA BERLAKU ADIL atau YANG TIDAK TAKUT TIDAK DAPAT BERLAKU ADIL. Sedangkan anjuran terakhir, yaitu "KAWINILAH SEORANG SAJA atau SETUBUHI MEREKA SEBAGAI BUDAK-BUDAK SEKS", ditujukan kepada muslim YANG TAKUT TIDAK DAPAT BERLAKU ADIL atau MUSLIM IDIOT YG INGIN SOK BERLAKU ADIL dengan hanya memiliki 1 istri tapi dibalik itu dia memelihara wanita-wanita lain berstatus budak seks.

Kesimpulannya: Apakah QS 4:3 ada perintah berpoligami harus ADIL? TIDAK ADA. Yang ada dalam QS 4:3 adalah memberikan 2 OPSI kepada PRIA MUSLIM: (1) Jika si PRIA TIDAK TAKUT TIDAK DAPAT BERLAKU ADIL, maka KAWINLAH LAGI SAMPAI 4; (2) Jika si PRIA TAKUT TIDAK DAPAT BERLAKU ADIL, maka 1 SAJA YG BERSTATUS ISTRI, YG LAINNYA BERSTATUS BUDAK SEKS. QS 4:3 itu tidak memberikan ancaman/sanksi apapun kepada pria, malah memberi 2 opsi yg jelas kedua-duanya SANGAT JAHAT di mata istri. Opsi 1 dan opsi 2 yg ditawarkan kepada sang pria, sama sekali jauh dari nilai-nilai keadilan dan kebajikan.

Baca juga:
DRAMA TRILOGI:
1. ISLAM ITU INDAH => dialog-muslimin-dengan-islam-t46451/
2. PERASAAN ISTRI? EGP => ringkasan-debat-duladi-dg-muslim-egp-dengan-perasaan-istri-t46453/
3. MUSLIMAH SADAR => debat-muslimah-dengan-islam-t46452/
Duladi
 
Posts: 7103
Joined: Thu Apr 12, 2007 10:19 pm
Location: Samarinda

Re: Apakah QS 4:3 ada perintah berpoligami harus ADIL?

Postby Kaperarezoo » Thu Dec 08, 2011 3:19 am

Makasih bang Dul, pencerahan yg mantap sekali.
Salut beribu salut buat anda!
Wooo.. Dasar islam kurang ajar! Semua dibuat abu2/samar2, shg bagi org awam dan "muslim moderat"/pentaqiya shg tampak indah. Padahal bagi yg kafah mah.. Sekali kepret juga jadi!
Pantesan bagi poligamer cuek aja mo adil atau tidak, gak bakal ada janji azab apapun.
Bener2 indah!!
Ayo muslim2 sok moderat/pentaqiya, kedokmu hampir/udah terbongkar!
Kaperarezoo
 
Posts: 292
Joined: Wed Sep 22, 2010 10:19 am

Re: Apakah QS 4:3 ada perintah berpoligami harus ADIL?

Postby CrimsonJack » Thu Dec 08, 2011 10:07 am

tandain dulu, bisa jaid referensi :D makasih bro Duladi
User avatar
CrimsonJack
 
Posts: 2189
Images: 1
Joined: Thu Oct 13, 2011 3:20 pm
Location: Tempat yang ada internetnya

Re: Apakah QS 4:3 ada perintah berpoligami harus ADIL?

Postby a_man » Fri Dec 09, 2011 7:00 am

jadi :
1. poligamer = TEGA BERLAKU TIDAK ADIL
2. poligami = mematikan hati

1 lg bukti islam mematikan akal & hati.
User avatar
a_man
 
Posts: 4320
Joined: Mon Sep 01, 2008 5:12 pm
Location: http://code.google.com/p/a-manffi/downloads/list

Re: Apakah QS 4:3 ada perintah berpoligami harus ADIL?

Postby mihokking » Fri Dec 09, 2011 8:09 am

ajaran BUSUK islam
mihokking
 
Posts: 151
Joined: Thu May 27, 2010 12:45 pm

Re: Apakah QS 4:3 ada perintah berpoligami harus ADIL?

Postby CrimsonJack » Fri Dec 09, 2011 9:59 am

a_man wrote:jadi :
1. poligamer = TEGA BERLAKU TIDAK ADIL
2. poligami = mematikan hati

1 lg bukti islam mematikan akal & hati.

saya juga poligamer bro.
Main banyak game, tapi ga tega berlaku tidak adil koq
User avatar
CrimsonJack
 
Posts: 2189
Images: 1
Joined: Thu Oct 13, 2011 3:20 pm
Location: Tempat yang ada internetnya

Re: Apakah QS 4:3 ada perintah berpoligami harus ADIL?

Postby a_man » Fri Dec 09, 2011 10:42 am

itu sih poligames hahaha. gw jg klo gitu.
User avatar
a_man
 
Posts: 4320
Joined: Mon Sep 01, 2008 5:12 pm
Location: http://code.google.com/p/a-manffi/downloads/list

Re: Apakah QS 4:3 ada perintah berpoligami harus ADIL?

Postby Momad Narsis » Fri Dec 09, 2011 2:38 pm

Muantabsss..
Memang beda ya cara milihat orang yg berotak kritis dengan otak muslim yg pas-pasan dalam melihat suatu ayat2 dalam quran..! memang benar adanya upaya manipulasi kata "ADIL" menyangkut ayat poligami.
ayat tersebut jelas bukan memerintahkan muslim buat berlaku adil,melainkan memberikan opsi yg keduanya sama2 bermakna poligami atau mendua hati..!
1. Istri 2,3,4 + Harem (1,2,3,4 dst)
atau
2. Istri + Harem (1,2,3,4 dst)
ayo muslimin pilih mana..??

Salam Damai
User avatar
Momad Narsis
 
Posts: 3460
Joined: Sun Jan 02, 2011 4:35 pm

Re: Apakah QS 4:3 ada perintah berpoligami harus ADIL?

Postby kucinggarong » Fri Dec 09, 2011 2:44 pm

Saya melihat bahwa ayat-ayat Alquran itu selalu ambigu. Tidak jelas, dan bisa bermakna ganda. Kelihatannya indah, padahal dibalik itu dia berarti kejam. Tulisan pak Duladi memperjelas hal tsb.

Salut buat pak Duladi :supz:
User avatar
kucinggarong
 
Posts: 979
Images: 2
Joined: Thu Aug 02, 2007 12:33 pm
Location: Kapir Aseli.., Mangstab !

Re: Apakah QS 4:3 ada perintah berpoligami harus ADIL?

Postby Duladi » Sun Dec 11, 2011 11:52 am

Bagaimana seandainya AA Gym kita wawancarai? Kira-kira begini dialognya:

Duladi: AA, kenapa anda tega menyakiti Te Nini?

AA Gym: Saya tidak bermaksud menyakitinya. Dia-nya aja yang egois, padahal yang saya lakukan ini halal. Saya sanggup berlaku adil terhadap istri-istri saya, jadi apa yg salah dari diri saya?

Duladi: Jadi anda TIDAK TAKUT TIDAK DAPAT BERLAKU ADIL?

AA Gym: Ngapain takut? Saya kaya. Saya memiliki banyak harta. Alat kelamin saya juga masih berfungsi baik. Saya masih jantan, saya cukup perkasa. Saya sanggup berikan uang 10 juta per bulan kepada Te Nini juga seandainya istri muda saya minta segitu. Seandainya istri muda saya minta dibelikan mobil BMW seri terbaru, saya pun sanggup membelikan mobil yg sama kepada Te Nini. Bila istri muda saya minta dicumbu selama seminggu, saya pun bersedia meluangkan waktu saya selama seminggu kepada Te Nini. Saya sanggup menyenggamai istri muda selama 5 jam nonstop sekali main, saya pun akan menyenggamai Te Nini dengan waktu yg sama. Jadi, saya rasa, tidak ada yg perlu ditakutkan. Kenapa mesti takut, lha wong saya punya segalanya, saya bisa berlaku adil kepada istri-istri saya. Duit? Kejantanan? Semuanya saya punya. Saya sanggup memenuhi syarat adil yg dipersyaratkan dalam agama saya, yaitu adil memberi nafkah lahir dan memberi nafkah batin.

Duladi: Jadi anda merasa dengan cara berpikir seperti itu, anda sudah berlaku adil terhadap Te Nini? Sedemikian kerdilnya makna adil bagi anda. Menurut saya, anda belum berlaku adil terhadap Te Nini, bila anda tidak mengijinkan Te Nini berbuat serupa seperti yang anda perbuat terhadapnya.

AA Gym: Maksudnya?

Duladi: Ijinkan Te Nini bercumbu dengan pria lain, biarkan dia bersenggama dengan pria lain, sehari untuk pria itu, dan sehari untuk anda. Ijinkan dia menyukai pria muda yg jauh lebih muda dari anda, sebagaimana anda pun berbuat demikian juga kepadanya.

AA Gym: Akh, itu sih zina namanya. Dalam Islam, cuma laki-laki yg boleh begitu, wanita tidak boleh!!!

Duladi: Nah, itulah saya katakan tadi, bahwa anda belumlah berlaku adil terhadap Te Nini, bila anda saja yg merasa berhak menyakiti hatinya, sementara dia tak boleh menyakiti hati anda. Itu EGOIS namanya. Di awal anda menyebut Te Nini egois, padahal diri anda sendiri-lah yg egois. Kalau mau benar-benar berlaku ADIL, maka seperti anda MENYAKITI PERASAANNYA, maka ijinkan pula dia menyakiti perasaan anda. Tidak adil namanya, kalo anda selingkuh, tapi istri anda gak boleh selingkuh.

AA Gym: Saya tidak selingkuh, saya nikah.

Duladi: Iya, agar adil, anda pun tak boleh menyebut istri anda selingkuh, bila dia mengadakan upacara nikah lebih dulu dengan pria muda sebelum bersetubuh dengan pria muda itu. Sebagaimana anda memakai sarana upacara nikah untuk menghalalkan perbuatan anda yang jahat terhadap Te Nini, maka anda tidak boleh sakit hati bila istri anda memakai cara yang sama seperti anda.

AA Gym: Sudah saya katakan, hak menikah lagi cuma dimiliki oleh pria muslim, sedangkan wanita tidak.

Duladi: Nah, itulah dia, TIDAK ADIL, khan?

ISLAM bukan PRODUK TUHAN, melainkan PRODUK PRIA BEJAT MATA KERANJANG HIDUNG BELANG lengkap dengan segala egonya. Itu kenapa, Islam tidak memberikan KEADILAN bagi sesama manusia, melainkan condong kepada pemenuhan nafsu dan keuntungan kaum pria semata.
Duladi
 
Posts: 7103
Joined: Thu Apr 12, 2007 10:19 pm
Location: Samarinda

Re: Apakah QS 4:3 ada perintah berpoligami harus ADIL?

Postby Akukomkamu » Sun Dec 11, 2011 4:59 pm

Hahaha... :finga:

Mudah2an dibaca ama si AAGame , ayooo...Te Nini jadikan pecundang suami anda itu jangan TATUUUUT....wanita juga berhak melakukan hal serupa , DEMI MENJUNJUNG YG NAMANYA ADIL DALAM AJARAN ISLAM.



Piss... :heart:
Akukomkamu
 
Posts: 5565
Joined: Sat Jul 11, 2009 11:34 am
Location: "Mengajak onta2 arab unt bisa BERMARTABAT" IFF adalah TEMPAT nya.

Re: Apakah QS 4:3 ada perintah berpoligami harus ADIL?

Postby Bigman » Sun Dec 11, 2011 8:25 pm

Duladi wrote:ISLAM bukan PRODUK TUHAN, melainkan PRODUK PRIA BEJAT MATA KERANJANG HIDUNG BELANG lengkap dengan segala egonya. Itu kenapa, Islam tidak memberikan KEADILAN bagi sesama manusia, melainkan condong kepada pemenuhan nafsu dan keuntungan kaum pria semata.

BENER SEKALEE.....! :finga:

Ada nyang lupa Bang Dul namanye ntuh pria bejat......
Namanye muhammad saw, nyang udah ALMARHUM........ !


Wahai para moslem2, sanggah dunk!!!
Kalo ente ngga sanggah, artinya ente setuju 100% kek ane........! :lol: :supz:
User avatar
Bigman
 
Posts: 3240
Joined: Sat Jan 03, 2009 8:19 pm

Re: Apakah QS 4:3 ada perintah berpoligami harus ADIL?

Postby Captain Pancasila » Sun Dec 11, 2011 9:21 pm

Duladi wrote:Perintah ini ditujukan kepada muslim YANG (SECARA SUBYEKTIF) MERASA BISA BERLAKU ADIL atau YANG TIDAK TAKUT TIDAK DAPAT BERLAKU ADIL

kamu ngomong gitu, tapi bunyi ayatnya ngomong sebaliknya :
QS. 4 : 129 wrote:Dan kamu sekali-kali tidak akan dapat berlaku adil di antara isteri-isteri(mu), walaupun kamu sangat ingin berbuat demikian, karena itu janganlah kamu terlalu cenderung (kepada yang kamu cintai), sehingga kamu biarkan yang lain terkatung-katung. Dan jika kamu mengadakan perbaikan dan memelihara diri (dari kecurangan), maka sesungguhnya Allah Maha Pengampun lagi Maha Penyayang.

ayatnya malah berbunyi, bahwa keadilan itu tidak dapat kamu usahakan sendiri (kamu ukur secara subyektif)!

lha terus biar adil, caranya gimana? ya semua pihak/Istri harus dilibatkan! (logikanya, seperti usaha hakim dalam mengusahakan keadilan dalam suatu sidang, yaitu dengan cara menanyai semua pihak, sehingga diharapkan obyektifitas bisa diperoleh)
User avatar
Captain Pancasila
 
Posts: 3505
Joined: Wed Jun 01, 2011 1:58 pm
Location: Bekas Benua Atlantis

Re: Apakah QS 4:3 ada perintah berpoligami harus ADIL?

Postby kokokbeluk » Sun Dec 11, 2011 10:02 pm

^Atas, bini ente berape?
Tulung jawab yang jujur, thx....... :lol:

Ane jujur sejujurnye, bini ane cuman satu.... :finga:
User avatar
kokokbeluk
 
Posts: 2540
Joined: Tue Apr 26, 2011 12:43 am
Location: Bukan TUHAN yang ngomong ame muhammad saw di gua hira! TAPI hantu!

Re: Apakah QS 4:3 ada perintah berpoligami harus ADIL?

Postby MaNuSiA_bLeGuG » Sun Dec 11, 2011 10:16 pm

Captain Pancasila wrote:\

lha terus biar adil, caranya gimana? ya semua pihak/Istri harus dilibatkan! (logikanya, seperti usaha hakim dalam mengusahakan keadilan dalam suatu sidang, yaitu dengan cara menanyai semua pihak, sehingga diharapkan obyektifitas bisa diperoleh)


pertanyaanya, pernah ga anda di duain oleh pasangan wanita anda (asumsi saya anda adalah pria)?

bisakah anda menerima diajak oleh pasangan anda utk ngobrol duduk bareng dgn selingkuhan pasangan anda ttg bagaimana baiknya (misalnya)membagi 'jatah' ?

saya curiga, anda pacaran aja blom pernah. atau saran saya, persilahkan dahulu pasangan anda berselingkuh lalu ajak mereka duduk bareng makan2 sambil bersenda gurau soal 'jatah' diatas. bru kembali ke mari buat sharing :lol:
User avatar
MaNuSiA_bLeGuG
 
Posts: 4425
Images: 13
Joined: Wed Mar 05, 2008 2:08 am
Location: Enies Lobby

Re: Apakah QS 4:3 ada perintah berpoligami harus ADIL?

Postby CrimsonJack » Mon Dec 12, 2011 10:43 am

Akhir-akhir ini kan banyak tuh orang terkenal yang istrinya ga senang suaminya poligami lagi.

Kalau istri merasa ga senang berarti sudah ga adil kan?
Koq suaminya ga didemo rame2?
Apa berarti pada takut karena sebenarnya hal yang sama terjadi dalam keluarga mereka?
User avatar
CrimsonJack
 
Posts: 2189
Images: 1
Joined: Thu Oct 13, 2011 3:20 pm
Location: Tempat yang ada internetnya

Re: Apakah QS 4:3 ada perintah berpoligami harus ADIL?

Postby Duladi » Tue Dec 13, 2011 7:20 pm

Muslim-muslim idiot ngotot membela POLIGAMI itu BENAR:
http://www.facebook.com/duladi.samarind ... 1099448309
Duladi
 
Posts: 7103
Joined: Thu Apr 12, 2007 10:19 pm
Location: Samarinda

Re: Apakah QS 4:3 ada perintah berpoligami harus ADIL?

Postby Patah Salero » Wed Dec 14, 2011 7:53 am

Kalo yang dinamakan adil antara laki-laki dan perempuan adalah HARUS SAMA, maka aku berani bilang bahwa TUHAN SEJATI MAHA TIDAK ADIL.

Kenapa hanya perempuan yang diciptakan mengalami menstruasi, laki-laki enggak ?? INI ENGGAK ADIL.
Kenapa hanya perempuan yang punya rahim, laki-laki enggak ?? INI ENGGAK ADIL.
Kenapa hanya perempuan yang menanggung beban, hamil, melahirkan dan menyususi ??

TUHAN SEJATI EMANG ENGGAK ADIL SIH !! Engak nyiptain laki-laki dan perempuan sama. Coba kalo diciptain sama, pasti enggak ada perbedaan aturan, ya gak ???
Patah Salero
 
Posts: 2702
Joined: Tue Dec 21, 2010 12:31 am

Re: Apakah QS 4:3 ada perintah berpoligami harus ADIL?

Postby duren » Wed Dec 14, 2011 10:57 am

Patah Salero wrote:Kalo yang dinamakan adil antara laki-laki dan perempuan adalah HARUS SAMA, maka aku berani bilang bahwa TUHAN SEJATI MAHA TIDAK ADIL.

Ya udah dibalik azza ..
Perempuannya di kasih hak berpoliandri dan itu MEMANG SESUAI dengan kodrat wanita YANG TAHAN NGESEKS PULUHAN RONDE dalam semalam .

Bedakan dengan laki laki ... BACOTNYA aja yang tahan :green:
User avatar
duren
 
Posts: 11124
Images: 14
Joined: Mon Aug 17, 2009 9:35 pm

Re: Apakah QS 4:3 ada perintah berpoligami harus ADIL?

Postby Topsy KreeT » Wed Dec 14, 2011 1:26 pm

Poligini boleh karna jumlah wanita dibanding pria = 4 : 1 :finga:
User avatar
Topsy KreeT
 
Posts: 2103
Images: 4
Joined: Tue Sep 22, 2009 8:32 pm
Location: Somewhere Far Away

Next

Return to Ruang Poligami



Who is online

Users browsing this forum: No registered users