Page 1 of 1

Dosen Al-Azhar Mesir: Ada "Poligami" Bukan Ajaran Islam

PostPosted: Sun Mar 22, 2009 9:32 am
by CJDW
Dosen Al-Azhar Mesir: Ada "Poligami" Bukan Ajaran Islam
Saturday, 07 March 2009 09:56

Dr. Abdurrahim Sayih, dosen Universitas Al-Azhar, Mesir mengatakan banyak model poligami yang salah diterapkan masyarakat

Hidayatullah.com--Hingga saat ini banyak kalangan yang memandang jika poligami, yang tak dilandasi oleh alasan-alasan keagamaan--semisal hanya karena dorongan hasrat seksual—belaka adalah boleh hukumnya menurut syari'at Islam. Padahal, model poligami yang demikian sama sekali bukan dari ajaran agama Islam, tetapi berasal dari ajaran-ajaran pra-Islam yang menyebar di Timur Tengah.

Hal tersebut dikatakan oleh Dr. Abdurrahim Sayih, dosen Akidah dan Falsafah Universitas Al-Azhar, Kairo, Mesir. "Poligami yang marak terjadi pada masyarakat Islam belakangan hampir bisa dikatakan bukan berasal dari ajaran agama Islam," tegasnya sebagaimana dilansir harian Mesir al-Mashry al-Yaum (3/3).

Sayih menambahkan, bahwa demikian banyak praktik-praktik kehidupan yang tak terpuji dan bersumber dari ajaran-ajaran pra-Islam, yang kemudian aianggap sebagai ajaran Islam it sendiri, salah satunya adalah praktik selir dan perbudakan.

"Jika kita menilik ayat-ayat al-Qur'an yang membincang seputar masalah polgami, maka kita tidak akan menemukan satu ayatpun yang membolehkan huum poligami secara mutlak (begitu saja). Poligami diperbolehkan dengan adanya qayyid-qayyid atau ketentuan tertentu," kata Sayih.

Ketentuan tersebut, lanjut Sayih, adalah boleh berpoligami asal yang dipoligami adalah janda-janda yang menjadi ibu bagi anak-anak yatim, wanita-wanita miskin, yang dicerai suaminya secara semena-mena, dan seterusnya. "Bukannya yang masih perawan".

Sayih mengkritik banyaknya Muslim yang berpoligami dewasa ini dengan para perawan. Sayih berargumen pada ayat "Dan jika kamu khawatir tidak dapat berbuat adil terhadap anak-anak atau perempuan yatim, maka kawinlah dengan perempuan lain yang menyenangkan hatimu" harus difahami secara lebih cermat.

Sementara itu, di sisi yang lain, Sekretaris Jendral Dewan Riset Islam (Majma' al-Buhuts al-Islamiyyah) Al-Azhar, Mesir, Dr. Ali Abdul Baqi menolak keras asumsi Sayih. Baqi menegaskan jika poligami adalah halal menurut ajaran Islam.

"Para ulama fikih Islam telah bersepakat jika pologai adalah halal hukumnya. Pandangan Dr. Sayih yang menafsirkan hanya para janda-janda yang menjadi ibu anak-anak yatim saja yang boleh dipoligami adalah penafsiran yang terhenti pada tataran bahasa saja (tafsir lughawi)," jelas Baqi.

Selain itu, tambah Baqi, Nabi Muhammad sendiri berpoligami dengan beberapa gadis, disampig janda-janda yang menjadi ibu anak-anak yatim (ummahat al-yatama). Beliau lalu mengumpulkan para gadis itu dengan para janda itu.

Di Mesir, poligami memang menjadi fenomena yang terus menuai kontrofersi. Di negeri 1001 nabi itu (oh nabi2 dlm quran dari mesir toh .. gw baru tau), yang dapat melakukan poligami kebanyakan adalah para lelaki kaya. Menikah sendiri menjadi sesuatu yang mahal dan "susah" di Mesir. Sementara, jumlah lelaki dan perempuan berbanding terbalik, lelaki lebih banyak setengahnya dari jumlah perempuan. [atj/mry/www.hidayatullah.com]

http://www.h*idayatullah.com/index.php? ... &Itemid=55

sampe sekarang muslimin masih "eyel2an" soal poligami ....

:)

Re: Dosen Al-Azhar Mesir: Ada "Poligami" Bukan Ajaran Islam

PostPosted: Sun Mar 22, 2009 2:04 pm
by moh_mad007
ini cuman pernyataan sepihak dari dosen Al-Azhar aja....buktinya kelakuan sang nabi mohammad bagaimana??? Contoh rosul itu yg UTAMA bukan cuman opini2 aja...tafsir2...ajaaa....SUNNAH rosul itu yg UTAMA begitukan....slim????

Re: Dosen Al-Azhar Mesir: Ada "Poligami" Bukan Ajaran Islam

PostPosted: Sun Mar 22, 2009 3:21 pm
by najibbijan
moh_mad007 wrote:ini cuman pernyataan sepihak dari dosen Al-Azhar aja....buktinya kelakuan sang nabi mohammad bagaimana??? Contoh rosul itu yg UTAMA bukan cuman opini2 aja...tafsir2...ajaaa....SUNNAH rosul itu yg UTAMA begitukan....slim????


iya pak pendeta karbitan lulusan sarapanbabi.com

:lol: :lol: :lol:

Re: Dosen Al-Azhar Mesir: Ada "Poligami" Bukan Ajaran Islam

PostPosted: Sun Mar 22, 2009 3:24 pm
by moh_mad007
moh_mad007 wrote:ini cuman pernyataan sepihak dari dosen Al-Azhar aja....buktinya kelakuan sang nabi mohammad bagaimana??? Contoh rosul itu yg UTAMA bukan cuman opini2 aja...tafsir2...ajaaa....SUNNAH rosul itu yg UTAMA begitukan....slim????

iya pak pendeta karbitan lulusan sarapanbabi.com


:turban: :rolleyes: :supz:

Re: Dosen Al-Azhar Mesir: Ada "Poligami" Bukan Ajaran Islam

PostPosted: Sun Mar 22, 2009 3:31 pm
by najibbijan
gimana umatnya tadi? tinggal berapa butir?
:lol: :lol: :lol:

Re: Dosen Al-Azhar Mesir: Ada "Poligami" Bukan Ajaran Islam

PostPosted: Sun Mar 22, 2009 3:32 pm
by moh_mad007
najibbijan wrote:gimana umatnya tadi? tinggal berapa butir?
:lol: :lol: :lol:

:turban: :drinkers: :rolleyes: :rolling:

Re: Dosen Al-Azhar Mesir: Ada "Poligami" Bukan Ajaran Islam

PostPosted: Sun Mar 22, 2009 4:40 pm
by MikanSakura
iya pak pendeta karbitan lulusan sarapanbabi.com


Kayaknya pantes masuk Cara Berpikir Muslim bagian MUSLIM TOLOL YANG MENGANGGANG FFI ADALAH DEDEMIT KRISTEN

Re: Dosen Al-Azhar Mesir: Ada "Poligami" Bukan Ajaran Islam

PostPosted: Mon Jun 15, 2009 9:13 am
by Cavatina
Muslim kayaknya ribut dan ribet sendiri dengan ajarannya. Mencari-cari pembenaran atas ajaran yang tidak humanis dan tidak ada kesetaraan gender.

Saya rasa sudah banyak lah yang tau bahwa memang praktek poligami dan perbudakan itu sudah ada sejak sebelum Islam lahir, namun satu-satunya ajaran agama yang masih memeperbolehkan (tidak mengharamkan) poligami dan perbudakan hanyalah Islam.

Namun kalau dikritik masalah 2 hal itu kayaknya pada kebakaran jenggot. Makanya... yang dipanjangin itu cara berpikirnya.. jangan jenggotnya... :D

Re: Dosen Al-Azhar Mesir: Ada "Poligami" Bukan Ajaran Islam

PostPosted: Tue Jun 23, 2009 12:37 am
by sergius
Yang masih horny ya bakalan mendukung poligami. Yang dah lapuk / madesu kagak bakalan dukung.

Aisyah tergolong mana ya? Anak yatim / perawan?

Kok ayatnya beda sih?
Dan jika kamu khawatir tidak dapat berbuat adil terhadap anak-anak atau perempuan yatim, maka kawinlah dengan perempuan lain yang menyenangkan hatimu
Quran banyak versi ye? :rock:

Re: Dosen Al-Azhar Mesir: Ada "Poligami" Bukan Ajaran Islam

PostPosted: Tue Jun 23, 2009 1:01 am
by AkuAdalahAing
CJDW wrote:sampe sekarang muslimin masih "eyel2an" soal poligami ....
:)

wualah... dasar pir pir pir kolopir yang satu ini ya... lha wong baru 1400 tahun "eyel-eyelan" aja koq jadi masalah sih ??? :green:

Re: Dosen Al-Azhar Mesir: Ada "Poligami" Bukan Ajaran Islam

PostPosted: Sat Jun 27, 2009 1:27 am
by islam_watcher
mulai ada yg merasa malu dan sadar

Re: Dosen Al-Azhar Mesir: Ada "Poligami" Bukan Ajaran Islam

PostPosted: Sat Jun 27, 2009 4:35 am
by bungkusan
islam_watcher wrote:mulai ada yg merasa malu dan sadar


tapi bang haji ama syekh puji belom tuh..... masih yakin kalau meneladani nabi besar

Re: Dosen Al-Azhar Mesir: Ada "Poligami" Bukan Ajaran Islam

PostPosted: Sat Jun 27, 2009 7:56 am
by omkangkung
kalau poligami bukan ajaran islam... ajaran siapa donk????

Re: Dosen Al-Azhar Mesir: Ada "Poligami" Bukan Ajaran Islam

PostPosted: Tue Jul 28, 2009 2:28 pm
by mohnyet
omkangkung wrote:kalau poligami bukan ajaran islam... ajaran siapa donk????


SETAN HAJAR ASWAD

Re: Dosen Al-Azhar Mesir: Ada "Poligami" Bukan Ajaran Islam

PostPosted: Thu Aug 06, 2009 1:15 pm
by cikoko
poligami o poligami.....


Sah sah ajalah poligami asal pihak istri tidak merasa dirugikan/tidak ikhlas, dan tujuannya tentu hanya untuk kebaikan(secara islam).
Ni tak kasih contoh : seorang istri pengidap penyakit yg tidak diperbolehkan untuk berhubungan badan dalam jangka waktu yg tidak bisa ditentukan. Maka suami ber-hak(hak=bisa digunakan bisa juga tidak) untuk berpoligami bila untuk kebaikan. Dan bila sang istri tidak menyetujui(hanya karna ego) maka sang istri telah menzalimi suaminya.

Kesimpulan saya: islam menghalalkan poligami(untuk kebaikan) yg berdasar pada syariat islam.


Kapan kapan buat topik" matahari adalah pembunuh" hati2 dengan matahari kamu bisa terbakar. :green:

Re: Dosen Al-Azhar Mesir: Ada "Poligami" Bukan Ajaran Islam

PostPosted: Thu Aug 06, 2009 2:14 pm
by kutukupret
cikoko wrote:Dan bila sang istri tidak menyetujui(hanya karna ego) maka sang istri telah menzalimi suaminya.

Kesimpulan saya: islam menghalalkan poligami(untuk kebaikan) yg berdasar pada syariat islam.

Apakah anda pernah berpikir "Bahwa dengan Poligami anda tidak menzalimi Istri anda ? :green:
Adakah ayat2 Quran yang berbicara tentang menghargai Wanita ?

harusnya tidak berbagi suami JUGA tidak berbagi Istri :lol:

Re: kupret

PostPosted: Thu Aug 06, 2009 4:50 pm
by cikoko
kutukupret: :green:Adakah ayat2 Quran yang berbicara tentang menghargai Wanita ?
harusnya tidak berbagi suami JUGA tidak berbagi istri :lol:


::saya jawab: banyak sekali mas.
Cth: tentang manusia(termasuk wanita) adalah makhluk yg paling sempurna: QS 95:4, QS 86:5-7, QS 32:7-8, QS 17:70, QS 15:26, QS 76:2, QS 96:2.
Manusia(termasuk wanita) khususnya sangat merasa dihargai dengan dikatakan makhluk paling sempurna.:turban:


>>"THALAK DAN POLIGAMI IBARAT PINTU DARURAT" LIHAT>> QS4:3, QS4:129, QS2:237, QS65:1, QS2:230, QS2:227, QS2:229, QS2:228, QS2:241, QS33:49. :turban:

Re: kupret

PostPosted: Thu Aug 20, 2009 12:45 am
by calon nabi
cikoko wrote:tentang manusia(termasuk wanita) adalah makhluk yg paling sempurna: QS 95:4, QS 86:5-7, QS 32:7-8, QS 17:70, QS 15:26, QS 76:2, QS 96:2.
Manusia(termasuk wanita) khususnya sangat merasa dihargai dengan dikatakan makhluk paling sempurna.:turban:
:turban:


ini sih ga perlu pake ngomongin tuhan jg smua org tau..emg mahkluk apaan lg sih yg ada?? :lol: :lol: emg monyet bs ngomong?? :lol: :lol: (bukan mohnyet, klo dia sih td gua liat d room sbelah)

cikoko wrote:>>"THALAK DAN POLIGAMI IBARAT PINTU DARURAT" LIHAT>> QS4:3, QS4:129, QS2:237, QS65:1, QS2:230, QS2:227, QS2:229, QS2:228, QS2:241, QS33:49. :turban:


dengan kata lain pernyataan ini

CJDW wrote:"Para ulama fikih Islam telah bersepakat jika pologai adalah halal hukumnya. Pandangan Dr. Sayih yang menafsirkan hanya para janda-janda yang menjadi ibu anak-anak yatim saja yang boleh dipoligami adalah penafsiran yang terhenti pada tataran bahasa saja (tafsir lughawi)," jelas Baqi.


[b]salah [/b]dong??
mohon dijawab y..thx

peace, love, empathy..

calon nabi