.

APA PENDAPAT MUSLIMAH

Seputar pro dan kontra poligami dalam ajaran Islam.

APA PENDAPAT MUSLIMAH

Postby doski » Fri Feb 06, 2009 3:07 pm

Jika ada suami muslim yang merasa dirinya mampu, dan minta ke istri untuk poligami, apa kalian istri2 muslimah yang taat (pada hukum islam - sesuai request) akan mengijinkan?
Last edited by doski on Thu Feb 12, 2009 10:11 am, edited 1 time in total.
doski
 
Posts: 1348
Joined: Fri Oct 05, 2007 8:41 am
Location: maunya di SURGA bukan SYUURGA

Re: APA PENDAPAT MUSLIMAH

Postby Netralikum » Fri Feb 06, 2009 3:49 pm

doski wrote:Jika ada suami muslim yang merasa dirinya mampu, dan minta ke istri untuk poligami, apa kalian istri2 muslimah yang taat akan mengijinkan?


Ketentuan poligami dalam UU Perkawinan tidak bertentangan dengan hak untuk membentuk keluarga dan beribadah menurut agama. Tujuan perkawinan adalah ketenangan hati (sakinah). Demi menjaga keluarga sakinah, wajar bila suami yang ingin berpoligami perlu minta izin kepada istri agar tidak disakiti hatinya, tapi apabila istri keberatan sebaiknya suami jangan berpoligami. (kalau saya sudah bersuami saya tidak mengijinkan.)
User avatar
Netralikum
 
Posts: 1025
Joined: Mon Sep 15, 2008 2:09 pm

Re: APA PENDAPAT MUSLIMAH

Postby doski » Fri Feb 06, 2009 4:01 pm

Netralikum wrote:
Ketentuan poligami dalam UU Perkawinan tidak bertentangan dengan hak untuk membentuk keluarga dan beribadah menurut agama. Tujuan perkawinan adalah ketenangan hati (sakinah). Demi menjaga keluarga sakinah, wajar bila suami yang ingin berpoligami perlu minta izin kepada istri agar tidak disakiti hatinya, tapi apabila istri keberatan sebaiknya suami jangan berpoligami. (kalau saya sudah bersuami saya tidak mengijinkan.)


loh kalau anda tidak mengijinkan anda menentang ayat koran yang mengijinkan suami beristri 4 jika bisa berlaku adil menurut suami tersebut dong?

kenapa anda sebagai istri tidak mengijinkan? toh dalam koran tidak melarang hal tersebut (CMIIW). dan dengar dengar poligami tidak perlu ijin istri ya?bener ga?
doski
 
Posts: 1348
Joined: Fri Oct 05, 2007 8:41 am
Location: maunya di SURGA bukan SYUURGA

Re: APA PENDAPAT MUSLIMAH

Postby Mangga Manis » Fri Feb 06, 2009 4:13 pm

Netralikum wrote:.... kalau saya sudah bersuami saya tidak mengijinkan.

Wah berarti anda gak tau klo di sorga nanti, suami anda gak perlu minta ijin anda untuk berpoligami, dia udah dapet hadiah 72 bidadari tuh... whether you like it or not....hmm :-k
Mangga Manis
 
Posts: 696
Joined: Mon Sep 29, 2008 3:41 pm

Re: APA PENDAPAT MUSLIMAH

Postby Netralikum » Fri Feb 06, 2009 4:16 pm

Pasal-pasal dalam UU Perkawinan yang Dinyatakan Tidak Bertentangan dengan Konstitusi

Pasal 3

ayat (1) : "Pada asasnya dalam suatu perkawinan seorang pria hanya boleh mempunyai seorang isteri, seorang isteri hanya boleh mempunyai seorang suami".

ayat (2): "Pengadilan dapat memberi izin kepada seorang suami untuk beristeri lebih dari seorang".



Pasal 4:

ayat (1): "Dalam hal seorang suami akan beristeri lebih dari seorang maka wajib ia mengajukan permohonan kepada pengadilan di daerah tempat tinggalnya".

ayat (2): "Pengadilan hanya memberikan izin kepada seorang suami yang akan beristeri lebih dari seorang apabila:

a. Isteri tidak dapat menjalankan kewajibannya sebagai seorang isteri;

b. Isteri mendapat cacat badan atau penyakit yang tidak dapat disembuhkan;

c. Isteri tidak dapat melahirkan keturunan.



Pasal 5

ayat (1): "Untuk dapat mengajukan permohonan kepada Pengadilan harus dipenuhi syarat-syarat sebagai berikut:

a. adanya persetujuan dari isteri

b. adanya kepastian bahwa suami mampu menjamin keperluan­keperluan hidup isteri dan anak-anak mereka;

c. adanya jaminan bahwa suami akan berlaku adil terhadap isteri dan anak-anak mereka



Pasal 9: "Seorang masih terikat tali perkawinan dengan orang lain tidak dapat kawin lagi kecuali hal yang tersebut dalam Pasal 3 Ayat (2) dan Pasal 4 undang-undang ini."



Pasal 15: "Barang siapa karena perkawinan dirinya masih terikat dengan salah satu dari kedua belah pihak dan atas dasar masih adanya perkawinan dapat mencegah perkawinan yang baru.�



Pasal 24: "Barang siapa karena perkawinan masih terikat dirinya dengan salah satu pihak dan atas dasar masih adanya perkawinan dapat mengajukan pembatalan perkawinan yang baru.�
User avatar
Netralikum
 
Posts: 1025
Joined: Mon Sep 15, 2008 2:09 pm

Re: APA PENDAPAT MUSLIMAH

Postby Mangga Manis » Fri Feb 06, 2009 4:36 pm

Anda renungkan lagi deh tulisan anda.... hehehe. Ini kan UU Perkawinan yg bikin Pemerintah Indonesia bukan Allah atau nabi Muhammad. Klo suami anda bilang Al Qur'an & Hadis adalah otoritas tertinggi dalam mengatur kehidupannya bagaimana dong? Ingat dalam Al Qur'an gak pake ijin-ijinan istri loh & waktu di sorga anda di poligami lagi tuh.

Klo namanya Undang-Undang emang udah pasti gak bertentangan dengan Konstitusi mbak. Koq polos sekali ya anda nih!
Mangga Manis
 
Posts: 696
Joined: Mon Sep 29, 2008 3:41 pm

Re: APA PENDAPAT MUSLIMAH

Postby Netralikum » Fri Feb 06, 2009 7:28 pm

@Mangga Manis
Khan yang ditanya Muslimah Indonesia, jadi yang berlaku UU Perkawinan Indonesia
User avatar
Netralikum
 
Posts: 1025
Joined: Mon Sep 15, 2008 2:09 pm

Re: APA PENDAPAT MUSLIMAH

Postby F-22x » Sat Feb 07, 2009 8:08 am

Netralikum wrote:@Mangga Manis
Khan yang ditanya Muslimah Indonesia, jadi yang berlaku UU Perkawinan Indonesia

Kalo utk muslimah secara umum, jawabannya apa mbak? :prayer:
F-22x
 
Posts: 783
Joined: Tue Sep 09, 2008 9:07 am

Re: APA PENDAPAT MUSLIMAH

Postby En-gedi » Sun Feb 08, 2009 4:30 am

Netralikum wrote: (kalau saya sudah bersuami saya tidak mengijinkan.)


ckc,,,ckc.., ntar lu di tabok sama suami lu neng,,, trus lu ngadu ke Komnas HAM karena KDRT, trus suami lu dibelain sama para kyai2 bandotan itu, ntrus lu minta cerai sama suami lu, trus suami lu cari bini baru, trus lu kagak dapat warisan,,,, kira2 menurut neng, besar kemungkinan terjadi ga jalan hidup lu seperti itu? ,,,, sungguh MENYEDIHKAN..,,, :-({|=
User avatar
En-gedi
 
Posts: 24
Joined: Fri Oct 24, 2008 7:30 pm

Re: APA PENDAPAT MUSLIMAH

Postby Mangga Manis » Sun Feb 08, 2009 2:43 pm

Netralikum wrote:@Mangga Manis
Khan yang ditanya Muslimah Indonesia, jadi yang berlaku UU Perkawinan Indonesia

Wah anda hidup dalam hayalan terus tuh klo begitu. Muslim menganggap hukum negara lebih rendah daripada hukum agama/Islam. Nutup mata atau sengaja membutakan mata ya? It's your choice, pada waktunya nanti paling suami akan mengatakan "welcome to the real world of Islam".
Mangga Manis
 
Posts: 696
Joined: Mon Sep 29, 2008 3:41 pm

Re: APA PENDAPAT MUSLIMAH

Postby mozaik » Sun Feb 08, 2009 2:57 pm

En-gedi wrote:
ckc,,,ckc.., ntar lu di tabok sama suami lu neng,,, trus lu ngadu ke Komnas HAM karena KDRT, trus suami lu dibelain sama para kyai2 bandotan itu, ntrus lu minta cerai sama suami lu, trus suami lu cari bini baru, trus lu kagak dapat warisan,,,, kira2 menurut neng, besar kemungkinan terjadi ga jalan hidup lu seperti itu? ,,,, sungguh MENYEDIHKAN..,,, :-({|=

Mba Netralikum ..., benar apa yang ditulis Bro En-gedi ... menyedihkan ....sungguh menyedihkan ...!
mozaik
 
Posts: 296
Joined: Sat Jan 03, 2009 5:10 pm

Re: APA PENDAPAT MUSLIMAH

Postby F-22x » Sun Feb 08, 2009 5:38 pm

Netralikum wrote:@Mangga Manis
Khan yang ditanya Muslimah Indonesia, jadi yang berlaku UU Perkawinan Indonesia

Mbak memang jumlah postingan anda sudah ratusan. Tapi kalo saya perhatikan, TIDAK ADA postingan anda yg cerdas isinya. Postingan anda kebanyakan isinya spt dagelan srimulat. :prayer:

Sorry ya mbak. :rolleyes:
F-22x
 
Posts: 783
Joined: Tue Sep 09, 2008 9:07 am

Re: APA PENDAPAT MUSLIMAH

Postby mikimos » Sun Feb 08, 2009 7:03 pm

Netralikum wrote:@Mangga Manis
Khan yang ditanya Muslimah Indonesia, jadi yang berlaku UU Perkawinan Indonesia


F-22x wrote:Mbak memang jumlah postingan anda sudah ratusan. Tapi kalo saya perhatikan, TIDAK ADA postingan anda yg cerdas isinya. Postingan anda kebanyakan isinya spt dagelan srimulat. :prayer:

Sorry ya mbak. :rolleyes:


ImageImageImage

aduh... F-22x . . . Image
paling tidak Netralikum kan sudah berani memberikan pendapatnya disini
judulnya aja "APA PENDAPAT MUSLIMAH"

ImageImageImage


miki
User avatar
mikimos
 
Posts: 3251
Joined: Tue Jul 15, 2008 7:01 pm
Location: Indonesia Faith Freedom

Re: APA PENDAPAT MUSLIMAH

Postby mikimos » Sun Feb 08, 2009 7:13 pm

@ Netralikum

sebaiknya sebelum anda terburu-buru memberikan pendapat anda,
coba baca dulu perintah mr.mo disini:

berpoligamilah... itu yang benar menurut AlQuran


miki
User avatar
mikimos
 
Posts: 3251
Joined: Tue Jul 15, 2008 7:01 pm
Location: Indonesia Faith Freedom

Re: APA PENDAPAT MUSLIMAH

Postby Netralikum » Sun Feb 08, 2009 11:59 pm

Hallo F-22x tumben kasih tanggapan tulisan saya yang seperti dagelan srimulat, saya lagi belajar sama mikimos untuk tulisan yang cerdas, tanya miki aja, betul kan miki?
User avatar
Netralikum
 
Posts: 1025
Joined: Mon Sep 15, 2008 2:09 pm

Re: APA PENDAPAT MUSLIMAH

Postby F-22x » Mon Feb 09, 2009 12:15 am

mikimos wrote:paling tidak Netralikum kan sudah berani memberikan pendapatnya disini
judulnya aja "APA PENDAPAT MUSLIMAH"

Kalo gw liat sih gaya postingannya mirip si @gaston. Kalo jawab ala kadarnya, sama sekali ga ada isinya. Tipe2 penggembira gitulah. :axe:
F-22x
 
Posts: 783
Joined: Tue Sep 09, 2008 9:07 am

Re: APA PENDAPAT MUSLIMAH

Postby En-gedi » Tue Feb 10, 2009 1:17 am

[color=#4000BF]aduh... F-22x . . . Image
paling tidak Netralikum kan sudah berani memberikan pendapatnya disini
judulnya aja "APA PENDAPAT MUSLIMAH"

Kalau boleh jujur, apapun pendapat seorang MUSLIMAH tentang nikmatnya atau pembenaran arti POLIGAMI...
saya pribadi berpendapat itu hanya di karenakan, Seorang Muslimah harus TERPAKSA/slash/garis mirng, MENURUT/MENGIKUTI/MEMATUHI hanya karena sebuah KITAB mengatakan demikian, walau harus melawan KATA HATI,slash/garis miring, PENDERITAAN/BELENGGU/KE-TIDAK BERDAYAAN, dan terlalu banyak untuk di katakan. :-& ..dan buat para MUSLIMAH2 satu kata untuk KALIAN... BAKAR tuch KITAB dan TINGGALkan,,,!! seekor KERA/BABI betina saja gak kan mau di MADU,,, apalagi seekor..ops seorang WANITA,,, !!! ( kalau kagak percaya nonton aja (NG) :rofl:
YANG DIBELAKANG....katakan......SETUJU :supz: ....)............!!!!
User avatar
En-gedi
 
Posts: 24
Joined: Fri Oct 24, 2008 7:30 pm

Re: APA PENDAPAT MUSLIMAH

Postby M-SAW » Wed Feb 11, 2009 10:10 pm

doski wrote:Jika ada suami muslim yang merasa dirinya mampu, dan minta ke istri untuk poligami, apa kalian istri2 muslimah yang taat akan mengijinkan?

boss
kalau bisa dipertegas

Pendapat si muslimah harus berdasrkan HUKUM ISLAM,jangan berlandaskan UU pernikahan RI.
Muslimah di Indo mah bisa tenang2 menanggapi kasus poligami,karena mereka TIDAK akan TAKUT,wong UU pernikahan mendukung muslimah ini,tanpa mereka sadari UU pernikahan RI berkontradiksi dgn hukum ISLAM.
M-SAW
 
Posts: 5244
Joined: Wed Aug 23, 2006 3:59 pm
Location: :)

Re: APA PENDAPAT MUSLIMAH

Postby doski » Thu Feb 12, 2009 10:16 am

nabi muh saw, apapun kemauan ente, auloh akan memenuhi (pertanyaan sudah dirubah)...wakakakakak

secara gitu UU tertinggi menurut muslim dan muslimah adalah quran, jika ada hukum yang berbeda dengan koran ntuh apakah muslim dan muslimah akan mengikutinya?

jadi gue nanya ente sebagai muslimah, bukan sebagai wanita umumnya.

jadi kalau pinter dikit, yah namanya muslimah kan ngikutin koran sama hadis. emang disebut muslimah yah kalau ngikutin tripitaka, weda atau bibel...wakakakakakak

kalau wanita pada umumnya yah ngikutin undang2 yang berlaku dinegara masing2.

semoga paham.
doski
 
Posts: 1348
Joined: Fri Oct 05, 2007 8:41 am
Location: maunya di SURGA bukan SYUURGA

Re: APA PENDAPAT MUSLIMAH

Postby doski » Thu Feb 12, 2009 10:43 am

coba muslimah anda renungkan:

saat anda mencoba menjadi istri yang katanya solehah,berbakti pada suami dan keluarga, istri yang baik.

namun saat suami anda merasa mampu untuk memiliki istri yang kedua, ketiga hingga ke empat.

sebagai muslimah yang solehah tersebut apakah anda rela mengijinkan suami anda untuk berpoligami sesuai ajaran undang2 tertinggi anda yaitu koran?

apakah guna anda yang sudah berusaha menjadi istri yang solehah dan baik, namun kemungkinan suami yang merasa mampu tersebut dilegalisir oleh koran.

dimana letak islam yang menghargai perempuan yang didengung2kan selama ini. apakah itu suatu kebenaran atau topeng.

sampai saya kemarin lihat si hanung bramantyo dan budayawan serta dari MUI berdebat di TV one dan ada pendukung muslimah yang berbicara bangga dengan islam, karena islam menghargai perempuan.

dimana letak islam menghargai perempuan tersebut?seperti apa bentuk penghargaan tersebut.

jika laki2 yang merasa mampu saja berhak dan sah menurut koran untuk berpoligami.

pikirkanlah muslimah.
doski
 
Posts: 1348
Joined: Fri Oct 05, 2007 8:41 am
Location: maunya di SURGA bukan SYUURGA

Next

Return to Ruang Poligami



Who is online

Users browsing this forum: No registered users