.

Rasio Angka Kelahiran untuk alasan poligami

Seputar pro dan kontra poligami dalam ajaran Islam.

Rasio Angka Kelahiran untuk alasan poligami

Postby spaceman » Sun Jan 04, 2009 10:53 pm

Angka Kelahiran

http://www.answering-islam.org/Women/birthrate.html

Beberapa argumentasi muslim mengenai poligami

Karena kadang2 hal tersebut dibutuhkan. Secara statistic, jumlah perempuan selalu melebihi jumlah pria di setiap populasi penduduk manapun. Apakah seharusnya beberapa perempuan terjebak untuk hidup sendirian karena tidak ada pria yang bisa mereka nikahi ?
Tetapi argumentasi tersebut salah.

The Encyclopædia Britannica (edisi ke-15) menyatakan dalam Volume 7, p. 998, dalam bagian:

Genetika, Manusia

…Secara konsisten, pada hampir semua studi populasi manusia mengenai kelahiran, selalu ada sedikit kelebihan pria; sekitar 106 anak pria untuk kelahiran sekktar 100 anak perempuan. Sepanjang hidup, walaupun sedikit, ada sedikit lebih kematian pada pria; hal ini pelan2 mengubah ratio diantara jenis kelamin sampai, pada umur 50 tahunan, ada sedikit kelebihan jumlah perempuan.
Ini artinya secara khusus bahwa usia normal orang menikah, yaitu di antara 18 – 40 tahun, jumlah kaum pria selalu lebih banyak dari wanita dalam setiap kelompok umur.

[Lihat juga daftar yang sangat detail mengenai rasio sex untuk hampir semua Negara di dunia dalam CIA Fact Book.]
Jumlah wanita yang lebih banyak hanya pada diatas umur 50 tahun.

Pertanyaan selanjutnya dalam pikiran : Dari para muslim yang mempraktekkan poligami, berapa banyak di antara mereka yang mengawini perempuan berusia 50 tahun atau lebih tua untuk dijadikan istri kedua atau yang selanjutnya ? Atau bahkan istri pertama ?
Bukankah kebanyakan perkawinan poligami menambahkan istri2 yang muda usia dan tentunya mengambil alih perempuan yang sesuai dengan umur pria muda yang sedang mencari pasangan hidup ?
Hal ini berujung pada pertanyaan akhir : Tidakkah pria2 muslim yang menikahi istri kedua yang muda usianya membuat rasio yang tidak seimbang yang telah ada memburuk dan tidak peduli dengan pria2 yang lebih muda karena dengan demikian mereka membuat para pria muda tersebut sulit menemukan istri dengan umur yang sepadan.

Pernyataan mengenai poligami dari seorang muslim yang saya anggap dapat diterima adalah “ poligami diizinkan karena allah mengatakan demikian.” Jangan mengklaim bahwa itu adalah hak atau bahkan perlu karena rasio kelahiran dll. Karena hal itu secara obyektif sangat keliru.
Jika anda berargumentasi bahwa keperluan poligami karena rasio sex yang timpang (walaupun sedikit kemungkinan terjadi), apakah anda mengizinkan beberapa suami untuk seorang perempuan dalam masyarakat tersebut atau kondisi di mana ketimpangan berada di sisi lainnya ? Jika tidak, maka hal ini menunjukkan bahwa masalah “rasio” tidak pernah bisa jadi alasan yang sesungguhnya. Hal tersebut hanya akan didiskusikan dengan pembenaran terhadap sejumlah argument diluar bahwa Quran menyatakan (izin) kehendak Tuhan, namun banyak muslim merasa mereka harus mempertahankan dengan argument lain karena mereka kurang nyaman dengan menunjukan hanya sebagai “kehendak Tuhan.”
________________________________________
Women Issues
Answering Islam Home Page
User avatar
spaceman
 
Posts: 2095
Joined: Thu Sep 18, 2008 12:23 pm
Location: Green Planet

Return to Ruang Poligami



Who is online

Users browsing this forum: No registered users