.

Knpoa masi mau nikah kl ga ada janji setia di Sumpah Nikah ?

Seputar pro dan kontra poligami dalam ajaran Islam.

Knpoa masi mau nikah kl ga ada janji setia di Sumpah Nikah ?

Postby Ondeh » Tue Jun 10, 2008 10:40 am

hei muslimah kayanya di sumpah nikah lo nggak ada janji setia sehidup semati nya lohh. .. kan gawat ni. si muslim jd flexible punya kesempatan nikah lagi.

kalo ijabnya dah ga bisa di modifikasi lebih canggih lagi, mending jgn nikah deh .. kecian lo nya.
Ondeh
 
Posts: 62
Joined: Fri May 23, 2008 10:37 pm

Postby audy_valentine » Tue Jun 10, 2008 11:37 am

Muslimah sangat bangga dengan tata cara pernikahan mereka yang mirip dengan transaksi jual beli onta di pasar hewan.
User avatar
audy_valentine
 
Posts: 2672
Joined: Sun Feb 17, 2008 2:51 am
Location: wherever I live

Postby Leny » Tue Jun 10, 2008 12:39 pm

Sekarang sudah mulai banyak perempuan yang gak married, tapi gak tau juga alasan amsing-masing.

Semoga perempuan Indonesia semakin pandai dan gak mau dibohongi oleh lelaki-lelaki yang cuman bisa mikir pakai otak bawah.

Go Feminist .....
User avatar
Leny
 
Posts: 129
Joined: Tue Jan 29, 2008 12:47 pm
Location: Jakarta

Postby My Dad » Tue Jun 10, 2008 4:01 pm

audy_valentine wrote:Muslimah sangat bangga dengan tata cara pernikahan mereka yang mirip dengan transaksi jual beli onta di pasar hewan.


Apakah kata akad ada persamaannya dengan janji, kalo tidak sama berati kagak perlu janji. Kalo sama artinya dengan janji harus ada janji yg diucapkan kedua mempelai dihadapan Tuhan dan jemaat seperti janji sehidup semati, tetap mengasihi (setia) dalam keadaan sakit atau sehat, dalam keadaan susah atau senang bahkan dalam keadaan apapun harus saling mengasihi
My Dad
 
Posts: 43
Joined: Thu Mar 06, 2008 10:52 am

Postby audy_valentine » Tue Jun 10, 2008 5:36 pm

Entahlah, yang saya tau prosesi pernikahan Islam itu nggak ada janji-janjian, paling cuman ngomong:

"Saya terima nikahnya saudari Aisyah binti Abubakar dengan maskawin satu juta rupiah dan seperangkat alat sholat dibayar tunai."

Sedangkan mempelai wanitanya diem aja kayak patung, kayak onta yang dijual di pasar, pembelinya adalah mempelai pria dan penjualnya adalah wali nikah si wanita.
User avatar
audy_valentine
 
Posts: 2672
Joined: Sun Feb 17, 2008 2:51 am
Location: wherever I live

Postby OLLOH » Wed Jun 11, 2008 4:18 pm

kalo ada kata sehidup semati gak bs poligamerzz lahh, gimana sih kalo nabi besar mrk janji sehidup semati bs kehilangan nikmatnya poligamerzzz & gak bs setubuhin budak2 seenak jidat
OLLOH
 
Posts: 470
Joined: Fri Apr 04, 2008 9:51 am

Re: Knpoa masi mau nikah kl ga ada janji setia di Sumpah Nik

Postby Adadeh » Fri Jun 20, 2008 6:00 am

Ondeh wrote:hei muslimah kayanya di sumpah nikah lo nggak ada janji setia sehidup semati nya lohh. .. kan gawat ni. si muslim jd flexible punya kesempatan nikah lagi.

Tidak ada janji setia sehidup semati dalam Akad Nikah Islam, karena memang tidak ada tuntutan kesetiaan suami pada istri dalam Islam.
===============

Tahu Sama Tahu/Menikah/Akad nikah


Ijab & Kabul
Ijab & kabul merupakan ucapan dari orangtua/wali mempelai wanita untuk menikahkan putrinya kepada sang calon mempelai pria. Ijab kabul sebenarnya bukan hanya dikenal dalam upacara akad nikah, tetapi juga dalam jual beli. Yakni ketika si penjual dan pembeli melakukan transaksi dan kesepakatan. Mungkin kata lainnya yang lebih mudah adalah ucapan sepakat antara kedua belah pihak. Orang tua mempelai wanita melepaskan putrinya untuk dinikahi oleh seorang pria. Sedangkan mempelai pria menerima mempelai wanita untuk dinikahi.
Pemilihan bahasa untuk pengucapan ijab & kabul diputuskan oleh sang calon mempelai pria. Di beberapa adat suku Indonesia, penggunaan bahasa Arab dirasakan lebih utama ketimbang bahasa Indonesia. Meskipun pemilihan bahasa sama sekali tidak berpengaruh terhadap keabsahan ijab & kabul akad nikah. Barangkali pemilihan bahasa lebih dipengaruhi oleh budaya dan harga diri.

Bahasa Indonesia
Dalam bahasa Indonesia, pernyataan ijab kurang lebih sebagai berikut:
Saya nikahkan engkau, xxxx <nama calon mempelai pria> bin yyyy <nama ayah calon mempelai pria> dengan ananda xxxx <nama calon mempelai wanita> binti yyyy <nama ayah calon mempelai wanita>, dengan mas kawin zzzz <semisal: perhiasan emas 18 karat seberat 20 gram> dibayar <tunai/hutang>
Pernyataan di atas harus segera dijawab oleh calon mempelai pria, tidak boleh ada jeda waktu yang signifikan (sehingga bisa disela dengan pengucapan kabul oleh pihak selain calon mempelai pria), yaitu:
Saya terima nikahnya xxxx <nama calon mempelai wanita> binti yyyy <nama ayah calon mempelai wanita> dengan mas kawin tersebut dibayar <tunai/hutang>

Contoh
Nama-nama di bawah ini merupakan contoh yang sengaja dipilih untuk memudahkan pemahaman artikel

* Calon mempelai pria: Agus Harimurti
* Ayah mempelai pria: Susilo Bambang Yudhoyono
* Calon mempelai wanita: Annisa Larasati
* Ayah mempelai wanita: Aulia Tantawi Pohan

Ijab yang diucapkan Bp. Aulia Tantawi Pohan ingin menikahkan putrinya sendiri (tanpa diwakilkan):
Saya nikahkan engkau, Agus Harimurti bin Susilo Bambang Yudhoyono, dengan putri saya, Annisa Larasati binti Aulia Tantawi Pohan dengan mas kawin seperangkat alat sholat dan uang tunai sejumlah Rp 872.005 dibayar tunai ...
Maka, mas Agus Harimurti harus mengucapkan kabul (menjawab) dengan segera (kalau bisa dalam satu nafas):
Saya terima nikahnya, Annisa Larasati binti Aulia Tantawi Pohan dengan mas kawin tersebut tunai.

Setelah mas Agus Harimurti mengucapkan kabul, para saksi mengecek apakah pengucapan ijab dan kabul ini tidak diselingi oleh pernyataan lain. Dengan kata lain, ucapan ijab dari wali mempelai wanita dengan kabul dari mempelai pria harus sambung menyambung tanpa putus, tanpa ada jeda. Jika para saksi menganggap ijab dan kabulnya sambung menyambung, maka biasanya mereka menetapkan bahwa akad nikah yang barusan dilakukan adalah sah, dengan mempertimbangkan terpenuhinya persyaratan rukun nikah.

Bahasa Arab
Apabila calon mempelai pria memutuskan untuk menggunakan bahasa Arab untuk ijab & kabul, maka yang perlu diingat adalah lafadz kabul yang harus diucapkan sebagai berikut:
qabiltu nikahaha wa tazwijaha bil-mahril-madzkur
User avatar
Adadeh
 
Posts: 8461
Images: 414
Joined: Thu Oct 13, 2005 1:59 am

Postby audy_valentine » Fri Jun 20, 2008 11:25 am

Woi woi, emang kayak film si Cecep tuh, maskawinnya dibayar HUTANG??? :lol:
User avatar
audy_valentine
 
Posts: 2672
Joined: Sun Feb 17, 2008 2:51 am
Location: wherever I live

Postby Luv_Pink » Fri Jun 20, 2008 11:39 pm

hihihii jadi geli kalo liat gosip seleb, presenternya bilang "si x nikah dgn si y, janji sehidup semati mereka diucapkan tanggal bla bla bla..."
padahal jelas2 nikahnya cara islam, kok bisa2nya si presenter bilang "janji sehidup semati"
User avatar
Luv_Pink
 
Posts: 1401
Joined: Wed Jan 03, 2007 3:51 pm
Location: C:\Private Room

Postby audy_valentine » Sat Jun 21, 2008 12:08 pm

Presenternya lupa kalo di tatacara menikah ala Islam enggak ada janji-janjian, adanya bayar-bayaran
User avatar
audy_valentine
 
Posts: 2672
Joined: Sun Feb 17, 2008 2:51 am
Location: wherever I live

Postby M-SAW » Tue Aug 12, 2008 2:34 pm

Luv_Pink wrote:hihihii jadi geli kalo liat gosip seleb, presenternya bilang "si x nikah dgn si y, janji sehidup semati mereka diucapkan tanggal bla bla bla..."
padahal jelas2 nikahnya cara islam, kok bisa2nya si presenter bilang "janji sehidup semati"

iya juga yah
parah nih si penyiar
kapa pula nikah islam utk selamatnya sehidup semati?
M-SAW
 
Posts: 5244
Joined: Wed Aug 23, 2006 3:59 pm
Location: :)

Postby serraphim0n » Wed Aug 13, 2008 3:02 pm

MUHAMMAD SAW wrote:
Luv_Pink wrote:hihihii jadi geli kalo liat gosip seleb, presenternya bilang "si x nikah dgn si y, janji sehidup semati mereka diucapkan tanggal bla bla bla..."
padahal jelas2 nikahnya cara islam, kok bisa2nya si presenter bilang "janji sehidup semati"

iya juga yah
parah nih si penyiar
kapa pula nikah islam utk selamatnya sehidup semati?

itulah uniknya islam
:D.
serraphim0n
 
Posts: 310
Joined: Fri Jul 25, 2008 6:28 pm


Return to Ruang Poligami



Who is online

Users browsing this forum: No registered users

cron