.

Apa arti ADIL dlm berPOLIGAMI?

Seputar pro dan kontra poligami dalam ajaran Islam.

Postby Foxhound » Thu Feb 14, 2008 8:33 am

Thufgifar wrote:Setuju Gaston31, Istri ku saja mengerti dia mengijinkanku untuk berpoligami. Terus terang hidupku masih pas-pas an. Kalau sudah banyak rejeki baru berani Poligami supaya bisa berlaku adil.


oooooo.... makanya kenapa elo sewot sama kita-kita yg mengupas bobroknya Islam.... ternyata... ini tujuan hidup elo to... POLIGAMI.....

Poligami supaya bisa belaku adil??!??? *****!! Poligami koq dijadikan syarat untuk berlaku adil?

Thufgifar wrote:Aku pernah kok diskusi sama istriku di rumah membahas tentang Poligami. Ingat AA Gym berpoligami hidupnya juga bahagia meskipun dia tidak setenar sebelumnya.


Emang... AA Gym bahagia... Teh Nini harus terpaksa mengakui dirinya legawa...

Thufgifar wrote:Banyak lagi Ustad Ustad yangpoligami hidupnya bahagia juga.


Tentu.. kan mereka yang inisiatif berpoligami... bukan korban poligami

Thufgifar wrote:Jangan gampang percaya sama media itu aja!


Percayailah AlQuran dengan nabi pedophil dan doyan kawin spy bisa ikut2an melakukan hal tersebut...
User avatar
Foxhound
 
Posts: 5450
Joined: Sun Mar 18, 2007 6:02 pm
Location: FFI

Postby nayagenggong » Thu Feb 14, 2008 8:47 am

ada muslimah disini yg mau dipoligami thufgifar?
btw, apa artinya adil thuf?
User avatar
nayagenggong
 
Posts: 1265
Joined: Thu Aug 30, 2007 9:58 am
Location: trowulan

Postby Foxhound » Thu Feb 14, 2008 9:40 am

nayagenggong wrote:ada muslimah disini yg mau dipoligami thufgifar?
btw, apa artinya adil thuf?


Ada... Muslimah STROBERI
User avatar
Foxhound
 
Posts: 5450
Joined: Sun Mar 18, 2007 6:02 pm
Location: FFI

Postby SQUALL LION HEART » Thu Feb 14, 2008 10:33 am

Thufgifar wrote:
gaston31 wrote:adil dlm memberi nafkah, kasih sayang, duit dll.
paramaternya ga perlu susah, ada gak salah satu istri yg iri (scr wajar) kpd yg laennya??
klo ada, brarti blm adil.


Setuju Gaston31, Istri ku saja mengerti dia mengijinkanku untuk berpoligami. Terus terang hidupku masih pas-pas an. Kalau sudah banyak rejeki baru berani Poligami supaya bisa berlaku adil.

Aku pernah kok diskusi sama istriku di rumah membahas tentang Poligami. Ingat AA Gym berpoligami hidupnya juga bahagia meskipun dia tidak setenar sebelumnya.

Banyak lagi Ustad Ustad yangpoligami hidupnya bahagia juga.

Jangan gampang percaya sama media itu aja!


Respek Gaston31


HARUSNYA tuh muslim2 sebelum married udah bikin perjanjian
ama istrinya kalau dia boleh poligami... jadi pengen lihat cewek mana
yg setuju tanda tangan tuh perjanjian... jangan sekarang bilang cinta
mati... setelah lama cinta yg lain... mula-mula bilang tanpa kamu
aku tak bisa hidup... lama-lama ku tak dapat hidup tanpa yg lain...
booong banyak dehhh yg tukang poligami tuh...
masa sih muslimah masih bego2 diboongin...
mendingan kawin ama kafir2 saja ya... hahahahaa.a..a
SQUALL LION HEART
 
Posts: 2430
Joined: Thu Nov 23, 2006 8:56 am
Location: ujung langit

Postby talenta » Mon Feb 18, 2008 5:07 pm

POLIGAMI POTRET EGOISME SEORANG NABI BERNAMA HAJI MUHAMMAD SAW!!!

Surah al-Nisa ayat 30 : (maksudnya) : ” Jika kamu takut tidak berlakua adil maka hanya seorang isteri”


Poligami adalah untuk kaum lelaki muslim. Bahwa lelaki muslim dibenarkan menikahi lebih dari 1 wanita untuk dijadikan istri tetapi tidak lebih dari 4. Kita semua tahu, berapa jumlah si HAJI MUHAMMAD SAW !!!


BERIKUT SEJARAH ADANYA POLIGAMI
Pada masa Arab pra-Islam mengenal institusi pernikahan tak beradab (nikâh al-jâhili) di mana lelaki dan perempuan mempraktikkan poliandri dan poligami. Contoh – contoh pernikahan yang masuk kategori NIKAH AL JAHILI adalah :
Pertama, pernikahan sehari, yaitu pernikahan hanya berlangsung sehari saja.
Kedua, pernikahan istibdâ’ yaitu suami menyuruh istri digauli lelaki lain dan suaminya tidak akan menyentuhnya sehingga jelas apakah istrinya hamil oleh lelaki itu atau tidak. Jika hamil oleh lelaki itu, maka jika lelaki itu bila suka boleh menikahinya. Jika tidak, perempuan itu kembali lagi kepada suaminya. Pernikahan ini dilakukan hanya untuk mendapat keturunan.
Ketiga, pernikahan poliandri jenis pertama, yaitu perempuan mempunyai suami lebih dari satu (antara dua hingga sembilan orang). Setelah hamil, istri akan menentukan siapa suami dan bapak anak itu.
Keempat, pernikahan poliandri jenis kedua, yaitu semua lelaki boleh menggauli seorang wanita berapa pun jumlah lelaki itu. Setelah hamil, lelaki yang pernah menggaulinya berkumpul dan si anak ditaruh di sebuah tempat lalu akan berjalan mengarah ke salah seorang di antara mereka, dan itulah bapaknya.
Kelima pernikahan-warisan, artinya anak lelaki mendapat warisan dari bapaknya yaitu menikahi ibu kandungnya sendiri setelah bapaknya meninggal.
Keenam, pernikahan-paceklik, suami menyuruh istrinya untuk menikah lagi dengan orang kaya agar mendapat uang dan makanan. Pernikahan ini dilakukan karena kemiskinan yang membelenggu, setelah kaya perempuan itu pulang ke suaminya. Ketujuh, pernikahan-tukar guling, yaitu suami-istri mengadakan saling tukar pasangan.

Praktik pernikahan Arab pra-Islam ini ada yang berlangsung hingga masa Nabi, bahkan hingga masa Khulafâ al-Rashidîn.Poligami yang termaktub dalam QS.4:3 adalah sisa praktik pernikahan jahiliah sebagaimana disebutkan di atas.


Berikut AN NISSA 4:
Dan jika kamu takut tidak akan dapat berlaku adil terhadap (hak-hak) perempuan yang yatim (bilamana kamu mengawininya), maka kawinilah wanita-wanita (lain) yang kamu senangi : dua, tiga atau empat. Kemudian jika kamu takut tidak akan dapat berlaku adil [265], maka (kawinilah) seorang saja [266], atau budak-budak yang kamu miliki. Yang demikian itu adalah lebih dekat kepada tidak berbuat aniaya.

Penjelasan ayat diatas :
pertama, anggaplah semacam memberi kesempatan untuk poligami. Kedua, peringatan atau warning agar belaku adil: fain khiftum allâ ta‘dilû fawâhidah (kalau engkau sangsi tidak dapat berlaku adil, satu sajalah!. Ketiga, ada ayat yang mengatakan, walan tashtatî’û ‘an ta’dilî bainan nisâ’ wain harashtum. Artinya, kamu sekalian (wahai kaum laki-laki!) tidak akan bisa berbuat adil antara isteri-isterimu, sekalipun engkau berusaha keras. Ini artinya, kalau kita melakukan komparasi atas berbagai ayat, kesimpulannya adalah satu ayat membolehkan poligami, sementara dua ayat justru (seakan-akan) menafikan terwujudnya syarat pokok berpoligami: masalah keadilan. Intinya, dua ayat justru mengekang poligami. Kalau kita menggunakan proporsi seperti tadi, akan dihasilkan perbandingan dua ayat banding satu. Dan ingat, satu-satunya ayat yang seakan membolehkan poligami.


ALASAN DIBOLEHKANNYA POLIGAMI PADA ZAMAN HAJI MUHAMMAD SAW :
(1)Saat itu jumlah laki-laki lebih sedikit dibandingkan perempuan akibat perang [ artinya, poligami DIHARAPKAN bisa menambah jumlah LELAKI ]
(2)Untuk mempercepat penyebaran Islam karena diharapkan dengan menikahi seorang perempuan maka seluruh keluarganya pun memeluk Islam [ artinya, poligami DIHARAPKAN mampu menjadi ALAT penyebaran Islam ]
(3)) Mencegah munculnya konflik antar suku [ artinya POLIGAMI diharapkan mampu mendamaikan peperangan ]

SEKARANG MASUK KE TAHAP : POLIGAMINYA HAJI MUHAMMAD SAW :
Bahwa yang tertulis dalam surat ANNISA : 3 TIDAK BERLAKU bagi haji muhammad saw. Karena sebagai nabi dan atau rasul nya Islam, si haji muhammad saw diyakini memiliki khushusiyyat, atau spesifikasi yang dimiliki Nabi yang tidak dimiliki dan tidak boleh dituruti orang lain, termasuk masalah POLIGAMI juga!
Ingat yah !!! si nabi ini istimewa!! Jadi dia bisa poligami karena dia dianggap bisa adil!!!

SEKARANG : LIHAT SIKAP SI HAJI MUHAMMAD SAW KETIKA ANAK NYA AKAN DIPOLIGAMI !!

Muhammad marah besar ketika mendengar Fatimah, akan dipoligami Ali bin Abi Thalib. Perhatikan kalimat si muhammad :

“inni la adzan, (saya tidak akan izinkan), tsumma la adzan (sama sekali, saya tidak akan izinkan), tsumma la adzan illa an ahabba ‘ibn Abi Thalib an yuthalliq ‘ibnati, (sama sekali, saya tidak akan izinkan, kecuali bila anak Abi Thalib (Ali) menceraikan anakku dahulu)“

“Fathimah bidh‘atun minni, yuribunima ‘arabaha wa yu’dzini ma ‘adzaha, Fatimah adalah bagian dari diriku; apa yang meresahkan dia, akan meresahkan diriku, dan apa yang menyakiti hatinya, akan menyakiti hatiku juga. (Jami’ al-Ushul, juz XII, 162, nomor hadis: 9026)


Jadi...kalau si muhammad saw itu bisa mengatakan SAKIT anaknya dipoligami. Mengapa dia melakukan poligami ????

apa itu adil? Apa itu bukan egois ?


POLIGAMI DI NEGARA “ISLAM” INDONESIA
Mengenai poligami diatur dalam UU RI Nomor 1 Tahun 1974 tentang perkawinan yang menerangkan kebolehan poligami selama mengantongi ijin dari istri sebelumnya serta UU RI No. 7/1989 pasal 49 yang menugasi pengadilan Agama untuk menangani poligami!!!

Pertanyaannya adalah :
Berapa kasus poligami yang istri pertama tahu dibandingkan dengan istri pertama tidak tahu?
Sementara kyai besar si A'A GYM saja. Masih sempat dimedia menyatakan “TIDAK” ketika dikonfirmasi mengenai poligami.

Salah TOKOH ISLAM yang menentang masalah poligami adalah THAHA HUSAYN menyatakan dalam bukunya FI SYI'R AL-JAHILI pada tahun 1920-an. Dia menyatakan AL-QUR'AN CERMIN BUDAYA MASYARAKAT ARAB JAHILLIYAH, dan akhibatnya dia dipecat sebagai DOSEN UNIVERSTITAS KAIRO.
[ garis besar tentang buku judul diatas adalah : Betapa si tuhan islam tidak pernah memikirkan DAMPAK PSIKOLOGIS bagi ANAK yang bapak nya poligami, dan dampak psikologis seorang istri yang dipoligami. tetapi karena menentang apa yang ada di AL QURAN dan HADIST tetap saja dipecat!!!]

Demikianlah tentang poligami.
Bagi saudara muslim...
katakan kepada saya, jika saya dianggap salah karena menyatakan POLIGAMI CERMIN EGOISME SEORANG MUHAMMAD SAW!!!

Dan bandingkan antara MANFAAT dan MUDHARAT nya ?
User avatar
talenta
 
Posts: 1761
Joined: Mon Feb 11, 2008 7:27 am
Location: NKRI

Postby johnlegend » Mon Feb 18, 2008 5:37 pm

dulu waktu masi melarat.. hanya ce jelek yang mau kawin ama si tukangpoligami.. nah, kalo uda ada duit.. ada kedudukan.. mulai deh, selangkangan nya ndut2an..

kasian istri pertama.. waktu keadaan masi susah mau dinikahin.. giliran uda hidup lebi enak.. eh.. dipoligami..
johnlegend
 
Posts: 2058
Joined: Fri Dec 21, 2007 2:14 am

Postby talenta » Mon Feb 18, 2008 5:45 pm

johnlegend wrote:dulu waktu masi melarat.. hanya ce jelek yang mau kawin ama si tukangpoligami.. nah, kalo uda ada duit.. ada kedudukan.. mulai deh, selangkangan nya ndut2an..

kasian istri pertama.. waktu keadaan masi susah mau dinikahin.. giliran uda hidup lebi enak.. eh.. dipoligami..


Dan itupun masih ditambahi dengan kalimat bijaksana bijaksini..

"mama, ini demi menjalankan sunnah rasul. kalau mama ikhlas akan mendapatkan pahalah dari olloh"

Masya Allah...:(
User avatar
talenta
 
Posts: 1761
Joined: Mon Feb 11, 2008 7:27 am
Location: NKRI

Postby audy_valentine » Mon Feb 18, 2008 11:22 pm

boleh2 aja sih poligami

dengan syarat istri keduanya harus lebih tua dan lebih jelek dari istri pertamanya

kan sunnah nabi untuk poligami untuk melindungi kaum wanita
knp gk kawinin aja janda2 peot yg di panti jompo tu
kan kesian mereka gk punya keluarga

mau kagak?
User avatar
audy_valentine
 
Posts: 2672
Joined: Sun Feb 17, 2008 2:51 am
Location: wherever I live

Postby nayagenggong » Tue Feb 19, 2008 8:30 am

susah yah nerapin "ADIL" dalam berpoligami?
la wong arti "ADIL" aja kagak jelas di situ, gimana nerapinnya?
mana nih slogan ugama yg memudahkan umatnya?
User avatar
nayagenggong
 
Posts: 1265
Joined: Thu Aug 30, 2007 9:58 am
Location: trowulan

Postby talenta » Wed Mar 05, 2008 6:35 pm

INi salah satu pembahasan mengenai ADIL didalam hal perhitungan hak finance yang saya tulis dalam dikskusi sama si Sukhoi150...belum hak hak lainnya...

Sukhoi 150 wrote:So, adiL itu adLh sama2 .. bahasa matematikanya adLh EquaL 1=Satu, 1+1+1=3. AdiL = Sama. Menurut IQ saya Gimana kaLo kaLimat AdiL dLm penggaLan ayat tadi diganti dengan Sama. Begini kira2 bunyinya “….Sekali Kali kamu tidak akan berLaku sama…”


Waduh !!!! inikah hasil dari ALQURAN si KITAB IQ ?
Coba anda bawa teori anda itu ke BINNERY THINKER COMMUNITY [International]
hahhahahhahahhahahahha

Saya berikan pencerahan yah :
MAKNA SAMA DALAM HITUNGAN MATEMATIS = ANGKA YANG dijumlahkan, dikurangi, dibagikan dan atau dikurangi adalah sama dengan HASIL AKHIR YANG BERBEDA.
Contoh :
2 + 2 + 2 = 6 <<<<<<<<<<<< angka yang dijumlahkan sama
2 x 2 x 2 = 8 <<<<<<<<<<<<angka yang dikalikan sama
2 : 2 : 2 : 0,5 <<<<<<<<<<<< angka yang dibagikan sama
2 - 2 - 2 = -2 <<<<<<<<<<<< angka yang dikurangkan sama
Karena SAMA hanya mampu menunjukkan nilai yang sama. belum sampai pada tahap MAMPU MENUNJUKKAN HASIL AKHIR/MANFAAT YANG SAMA.

MAKNA ADIL DALAM HITUNGAN MATEMATIS = NILAI AKHIR tetap akan sama dari hasil angka berbeda yang dikalikan, ditambahkan, dibagikan ataupun dikurangi.

Contoh :
ANGKA 4 Bisa didapatkan tidak hanya dengan 1 + 3 tetapi 8 : 2 = 4 , 2 x 2 = 4, 10 - 6 = 4 <<<<<<<<< nilai akhir sama
Karena ADIL secara matematis MAMPU memberikan NILAI AKHIR/MANFAAT yang sama.

IMPLEMENTASINYA KE MASALAH POLIGAMI :
Istri 1 anaknya 2 [yang besar SMA kelas 1 dan yang kecil SMP kelas 2]
Istri 2 anaknya 2 [yang besar SD kelas 3 dan yang kecil TK ]
Istri 3 anaknya 2 [ yang besar TK dan yang kecil bayi 9 bulan yang masih ada dirumah sakit karena kena DB]

Lalu suami membagikan ANGKA NOMOINAL YANG SAMA yaitu masing-masing 1.000.000 ?

PERTANYAANNYA ADALAH :
:arrow: Apakah ini adil menurut anda ? dengan acuan teori anda diatas ?
:arrow: Apakah nominal 1.000.000 memberikan manfaat yang ADIL bagi masing2 istri dan anak-anaknya ?
User avatar
talenta
 
Posts: 1761
Joined: Mon Feb 11, 2008 7:27 am
Location: NKRI

Postby Sukhoi 150 » Sat Mar 29, 2008 7:49 pm

Dan jika kamu takut tidak akan dapat berlaku adil terhadap (hak-hak) perempuan yang yatim (bilamana kamu mengawininya), maka kawinilah wanita-wanita (lain) yang kamu senangi : dua, tiga atau empat. Kemudian jika kamu takut tidak akan dapat berlaku adil [265], maka (kawinilah) seorang saja [266], atau budak-budak yang kamu miliki. Yang demikian itu adalah lebih dekat kepada tidak berbuat aniaya. [AN NISSA 3]

Distu dibiLang adiL terhadap HAK2 WANITA… hak wanita apa aja sih? Nafkah lahir bathin bukan?

kaLo 4 istri teLah terpenuhi hak2nya… so boLe2 saja diteruskan.
User avatar
Sukhoi 150
 
Posts: 241
Joined: Thu Feb 28, 2008 1:22 am
Location: cinere

Postby talenta » Sun Mar 30, 2008 1:42 pm

Sukhoi 150 wrote:Distu dibiLang adiL terhadap HAK2 WANITA… hak wanita apa aja sih? Nafkah lahir bathin bukan?

kaLo 4 istri teLah terpenuhi hak2nya… so boLe2 saja diteruskan.


Sebuatkan secara REAL dan LOGIS ....

ADIL dalam hal materi ? [saya rasa ini lebih mudah karena anda -katanya- kaya]
ADIL dalam hal BATIN ?

Silahkan ....
User avatar
talenta
 
Posts: 1761
Joined: Mon Feb 11, 2008 7:27 am
Location: NKRI

Postby azizgol » Sun Mar 30, 2008 2:59 pm

talenta wrote:
Sukhoi 150 wrote:Distu dibiLang adiL terhadap HAK2 WANITA… hak wanita apa aja sih? Nafkah lahir bathin bukan?

kaLo 4 istri teLah terpenuhi hak2nya… so boLe2 saja diteruskan.


Sebuatkan secara REAL dan LOGIS ....

ADIL dalam hal materi ? [saya rasa ini lebih mudah karena anda -katanya- kaya]
ADIL dalam hal BATIN ?

Silahkan ....


berlaku adil berarti tidak berbuat dholim.

setau saya, semua orang indonesia dari sabang - merauke setuju poligami.

karena dalam sila ke-dua panca sila "kemanusiaan yg adil dan beradab.
azizgol
 
Posts: 488
Joined: Tue Dec 04, 2007 2:07 am

Postby talenta » Sun Mar 30, 2008 3:08 pm

azizgol wrote:
berlaku adil berarti tidak berbuat dholim


For example .... ? ? ?


azizgol wrote:setau saya, semua orang indonesia dari sabang - merauke setuju poligami.


NGIGAU !!!!

azizgol wrote:karena dalam sila ke-dua panca sila "kemanusiaan yg adil dan beradab.


DISCONNECTED !!!
User avatar
talenta
 
Posts: 1761
Joined: Mon Feb 11, 2008 7:27 am
Location: NKRI

Postby audy_valentine » Mon Mar 31, 2008 4:48 am

azizgol wrote:
setau saya, semua orang indonesia dari sabang - merauke setuju poligami.

Saya tidak setuju. Semua netter FFI yg kafir tidak setuju. Banyak wanita muslimah tidak setuju. Stroberi bahkan sangat tidak setuju.

Iya laki-lakinya setuju!! Lha mereka terima enaknya saja! Lha wanitanya?

Yg luka hati siapa? Yg tersakiti perasaannya siapa? Wanita mana sih yg mau dimadu?
User avatar
audy_valentine
 
Posts: 2672
Joined: Sun Feb 17, 2008 2:51 am
Location: wherever I live

Postby talenta » Tue Apr 01, 2008 9:39 am

audy_valentine wrote:azizgol wrote:
setau saya, semua orang indonesia dari sabang - merauke setuju poligami.

Saya tidak setuju. Semua netter FFI yg kafir tidak setuju. Banyak wanita muslimah tidak setuju. Stroberi bahkan sangat tidak setuju.

Iya laki-lakinya setuju!! Lha mereka terima enaknya saja! Lha wanitanya?

Yg luka hati siapa? Yg tersakiti perasaannya siapa? Wanita mana sih yg mau dimadu?


Dan lagi audy....
Emangnya dari SABANG ampek MERAUKE isinya wanita muslim aja :)
Anyway...apa kabarmu audy ? cuma audy aja yang manggil tante ...jadi mudah dikenali :)

GBU audy
User avatar
talenta
 
Posts: 1761
Joined: Mon Feb 11, 2008 7:27 am
Location: NKRI

Postby audy_valentine » Tue Apr 01, 2008 3:01 pm

ya abis kayaknya saya paling kecil di sini sih, masa' manggil nama langsung? nggak sopan kali

eh eh, kayaknya azizgol ngira muslimah Indo itu semuanya cewe-cewe geblek yg mau aja dipoligami gara2 nonton "ayat-ayat nafsu" tuh

hhihihihi...

padahal temen sekaumnya di sini aja ada yg menentang poligami mati-matian
User avatar
audy_valentine
 
Posts: 2672
Joined: Sun Feb 17, 2008 2:51 am
Location: wherever I live

Postby makanhati » Tue Apr 01, 2008 4:34 pm

[quote=

Setuju Gaston31, Istri ku saja mengerti dia mengijinkanku untuk berpoligami. Terus terang hidupku masih pas-pas an. Kalau sudah banyak rejeki baru berani Poligami supaya bisa berlaku adil.

[quote]

Coba, tujuan poligami sebenarnya yang ada di pikiran kamu. Menurut kamu ada keadilan didalamnya? Kalau ingin melangkah ke keimanan yang lebih 'tinggi', artinya kamu mampu adil terhadap semua istri2 kamu, misalkan ya, apa begitu caranya? Istri kamu sudah gila berarti, astaga bodohnya dengan merelakan suaminya tidur dengan perempuan lain...hiy...jijay. Saya perempuan, saya dapat merasakan keadaan itu. itu tidak sehat!

Mau adil tuh ya, jadi bapak asuh, kakak asuh, santunin fakir miskin, kasih baju dan urus orang2 gila di jalanan. Artinya kamu adil yang dalam arti yang luhur. bukan belajar adil lewat nikahin byk perempuan. itu sih sex maniac berkedokan agama. Itu agama sakit.Tau!
Last edited by makanhati on Wed Apr 02, 2008 5:07 pm, edited 1 time in total.
makanhati
 
Posts: 269
Joined: Sun Feb 24, 2008 11:25 pm

Postby window_flower » Tue Apr 01, 2008 10:43 pm

ngaco, ngaco, ngaco!!!
yang adil itu cuma Tuhan..
ga ada manusia, termasuk Nabi, yang bisa adil..
poligami itu nonsense!
yang adil itu kalo suaminya BISA poligami, istrinya juga BISA poliandri!

salam kenal esp. buat semua cw2 FFI..

GBU
User avatar
window_flower
 
Posts: 204
Joined: Mon Mar 31, 2008 1:24 am
Location: earth

Postby nayagenggong » Wed Apr 02, 2008 4:00 pm

tolong dong muslim pada lihat catatan kaki pada ayat koran tsb
apa sih arti adil?
User avatar
nayagenggong
 
Posts: 1265
Joined: Thu Aug 30, 2007 9:58 am
Location: trowulan

PreviousNext

Return to Ruang Poligami



Who is online

Users browsing this forum: No registered users