.

qs 4:3 : poligami adalah kewajiban

Seputar pro dan kontra poligami dalam ajaran Islam.

Postby tongtong » Thu Jun 14, 2007 10:29 am

pod-rock wrote:Tapi coba kalian baca ayat 4.129.

[4.129] Dan kamu sekali-kali tidak akan dapat berlaku adil di antara istri-istri (mu), walaupun kamu sangat ingin berbuat demikian, karena itu janganlah kamu terlalu cenderung (kepada yang kamu cintai), sehingga kamu biarkan yang lain terkatung-katung. Dan jika kamu mengadakan perbaikan dan memelihara diri (dari kecurangan), maka sesungguhnya Allah Maha Pengampun lagi Maha Penyayang.

Jadi mana yang bener nih?? Muslim bisa berlaku adil atau tidak? Muslim boleh poligami tidak?


intinya bukan itu, tapi itu semua karena al qur'an adalah kitab yg penuh kontradiksi.
tongtong
 
Posts: 3596
Joined: Wed Jan 24, 2007 10:52 am

Postby poluz » Thu Jun 28, 2007 1:55 am

an-nisaa

2. Dan berikanlah kepada anak-anak yatim (yang sudah balig) harta mereka, jangan kamu menukar yang baik dengan yang buruk dan jangan kamu makan harta mereka bersama hartamu. Sesungguhnya tindakan-tindakan (menukar dan memakan) itu, adalah dosa yang besar.

4. Berikanlah maskawin (mahar) kepada wanita (yang kamu nikahi) sebagai pemberian dengan penuh kerelaan[267]. Kemudian jika mereka menyerahkan kepada kamu sebagian dari maskawin itu dengan senang hati, maka makanlah (ambillah) pemberian itu (sebagai makanan) yang sedap lagi baik akibatnya.

alquran di turunkan secara berangsur-angsur....ayat diatas menunjukkan kalau saat ayat itu turun maka ALALH katakan:
untuk menikahi wanita wanita yang kamu pilih yang cukup umur untuk dinikahi:2.-4.(2 hingga 4)

an-nisaa:

6. Dan ujilah[269] anak yatim itu sampai mereka cukup umur untuk kawin. Kemudian jika menurut pendapatmu mereka telah cerdas (pandai memelihara harta), maka serahkanlah kepada mereka harta-hartanya. Dan janganlah kamu makan harta anak yatim lebih dari batas kepatutan dan (janganlah kamu) tergesa-gesa (membelanjakannya) sebelum mereka dewasa. Barang siapa (di antara pemelihara itu) mampu, maka hendaklah ia menahan diri (dari memakan harta anak yatim itu) dan barangsiapa yang miskin, maka bolehlah ia makan harta itu menurut yang patut. Kemudian apabila kamu menyerahkan harta kepada mereka, maka hendaklah kamu adakan saksi-saksi (tentang penyerahan itu) bagi mereka. Dan cukuplah Allah sebagai Pengawas (atas persaksian itu).

ayat yang ke 3-4 mengatakan kalau pria muslim sebaiknya menikah hanya dengan isteri satu saja karena kalau beristri 3-4 dikhwatirkan nanti si pria yang ingin berpoligami tidak dapat berlaku adil.tapi kalau dia mau berpoligami dan memenuhi syarat untuk itu (adil dengan isterinya dalam bentuk apapaun).dan poligami itu suci dari zina.
dan menikah itu mulia dari zina.

dalam alkitab.kitab hosea:
3:1. Berfirmanlah Tuhan kepadaku: "Pergilah lagi, cintailah perempuan yang suka bersundal dan berzinah, seperti Tuhan juga mencintai orang Israel, sekalipun mereka berpaling kepada allah-allah lain dan menyukai kue kismis."
poluz
 
Posts: 57
Joined: Wed Jun 27, 2007 11:00 pm

Re: qs 4:3 : poligami adalah kewajiban

Postby manusia_bodoh » Fri Jul 13, 2007 10:36 am

tongtong wrote:qs 4 : 3 :

Jika kamu takut tidak akan dapat berlaku adil terhadap
perempuan-perempuan yatim (bilamana kamu mengawininya),
maka kawinilah wanita-wanita (lain) yang kamu senangi:
dua, tiga atau empat. Kemudian jika kamu khawatir tidak
dapat berlaku adil (dalam hal-hal yang bersifat
lahiriah jika mengawini lebih dari satu), maka
kawinilah seorang saja atau budak-budak yang kamu
miliki. Yang demikian itu lebih dekat kepada tidak
berbuat aniaya.


jika kita analisa secara panjang lebar ayat diatas, saya pikir kesimpulan yang bisa kita ambil dari ayat diatas adalah : bahwa menurut al qur'an, bagi seorang laki2, pilihan pertama dalam hidupnya adalah berpoligami, artinya poligami dalam dunia al qur'an adalah kewajiban, karena ayat diatas menyebut poligami terlebih dahulu daripada monogami, tetapi jika orang tersebut tidak mampu berpoligami, baru diijinkan ber nomogami.



tuhan aku nemu lagi 1 orang yang berlagak pintar, seakan tau segalanya,
mengeluarkan analisa ayat yang salah anak anak kecil pun tau kalo analisa mu salah teman.

sudah tertulis dengan jelas bahwa tidak bisa adil yang jangan, 1 aja kan susah...

cuman dalam prakteknya banyak muslim yang salah kaprah sehingga mau kawin lagi sampai 4. itu adalah muslim yang belum selesai belajar bagaimana islam itu sebenarnya.

ngakunya muslim tapi jiwanya bukan muslim.

ini yang digunakan oleh orang yang suka mengadu domba dan mencari2x kesalahan di ayat Al Qur'an lalu di propaganda agar seakan akan ajaran agama islam itu salah.

sadarilah jangan sampai kamu masuk dalam permainan adu domba antara umat beragama, karena saya yakin kamu sendiri sebenarnya baik.
manusia_bodoh
 
Posts: 44
Joined: Tue Jul 10, 2007 4:57 pm

Postby manusia_bodoh » Fri Jul 13, 2007 10:42 am

intinya bukan itu, tapi itu semua karena al qur'an adalah kitab yg penuh kontradiksi.[/quote]

penuh dengan kontradiksi karena kamu belum mempelajarinya dengan baik,
mengamalkan nya saja belum...
manusia_bodoh
 
Posts: 44
Joined: Tue Jul 10, 2007 4:57 pm

Postby freak » Sat Jul 14, 2007 3:17 am

Poligami ya? Gue sampe sekarang juga ga abis pikir ama kelakuan Mohamad yang satu ini.. Alasan yang sering digembar-gemborkan sih untuk menafkahi dan menolong batin dan jiwa wanita yang ditinggal mati suaminya di medan perang. sekarang gue mau nanya.
Apakah menikahi wanita-wanita itu adalah JALAN TERBAIK dan SATU-SATUNYA untuk menolong batin dan jiwa mereka???

Apakah tidak ada cara lain yang MANUSIAWI?? Mengawini banyak wanita mengingatkan gue pada binatang. Eit, bukan berarti gue menyebut muhamad binatang loh..

Terlepas dari apakah si wanita mau apa ngga,kalo Muhamad bener-bener masih punya hati, dia tidak akan tega melakukannya . Bayangin aja, abis suaminya dibunuh dalam perang, istrinya juga diembat. Sama aja wanita2 itu apakah bisa bener2 ikhlas dikawini orang yang telah membunuh suaminya??

Gue rasa itu cuman kambing hitam aje untuk memuaskan birahi momed.
Banyak cara lain yang lebih manusiawi kalo emang bener alasannya untuk menafkahi, menolong batin dan jiwa mereka.. bisa aje kan dia mengumpulkan wanita2 itu dan dijadikan pengikutnya seraya menyebarkan ajarannya.

Kalo emang dia bener-bener nabi, mereka pasti akan bahagia dunia akhirat.. KAGA PERLU DIKAWINI SEGALA..
User avatar
freak
 
Posts: 162
Joined: Wed May 16, 2007 1:04 pm

Postby tongtong » Sun Jul 15, 2007 12:45 am

manusia_bodoh wrote:penuh dengan kontradiksi karena kamu belum mempelajarinya dengan baik,
mengamalkan nya saja belum...


yang sudah mempelajari dan mengamalkannya adalah para muslim ****, sehingga angka perceraian di bandung mencapai 70%, artinya dari setiap 100 perkawinan muslim, 70 diantaranya bercerai.

dari 70% itu, yang 90% nya adalah karena suaminya kawin lagi, poligami, ini adalah ajaran mohammad.

hebat kan al qur'an ini?
tongtong
 
Posts: 3596
Joined: Wed Jan 24, 2007 10:52 am

Postby openyourmind » Sun Jul 15, 2007 2:50 pm

menolong kan mesti ada pamrihnya...hari geneee...ooops...makanya waktu itu sang nabi menolong para janda dengan mengawininya, udah ditolong yah bayar body dong.
User avatar
openyourmind
 
Posts: 3051
Joined: Fri Oct 20, 2006 8:42 am

Postby Sashimi » Sun Jul 15, 2007 2:58 pm

emang ngga tau ya muhammad itu kan NATO

No Action Talk Only

dia yang bikin aturan dia pula yang langgar aturannya sendiri

orang biasa cuma boleh 4, dia boleh 12

dia suruh umatnya lepasin budak, dia sendiri ogah lepasin cuma2, harus bayar

dia suruh umatnya poligami, dia sendiri yang menolak dengan keras anaknya di poligamiin

muhammad, elu manusia atawa bukan sih?, enak banget ngelanggar aturan sendiri, mentang2 nabi
Sashimi
 
Posts: 3813
Joined: Sun Jul 09, 2006 8:19 am

Postby Phoenix » Sun Jul 15, 2007 4:47 pm

qs 4 : 3 :

Jika kamu takut tidak akan dapat berlaku adil terhadap
perempuan-perempuan yatim (bilamana kamu mengawininya),
maka kawinilah wanita-wanita (lain) yang kamu senangi:
dua, tiga atau empat. Kemudian jika kamu khawatir tidak
dapat berlaku adil (dalam hal-hal yang bersifat
lahiriah jika mengawini lebih dari satu), maka
kawinilah seorang saja atau budak-budak yang kamu
miliki. Yang demikian itu lebih dekat kepada tidak
berbuat aniaya.



1. Q : Mengapa kamu mengawini wanita2 lain yg kamu senangi?
A : Karena takut tdk dapat berlaku adil thd perempuan2 yatim (bilamana aku mengawininya)


2. Q : Berapa wanita2 yg boleh kamu kawini?
A : 2,3 dan 4

3. Q : Kalau kamu kuatir tdk dapat berlaku adil (dalam hal-hal yang bersifat lahiriah jika mengawini lebih dari satu)
A : Ya udah, kawini satu aje...yang lain dicerai

Jadi kesimpulannya, kawini satu aje kalau:

- Kamu kuatir tdk dapat berlaku adil (dalam hal-hal yang bersifat
lahiriah jika mengawini lebih dari satu) thd istri-istrimu yang lain.

Berarti mengawini 1 istri adalah option terakhir setelah anjuran utk beristri 2,3, dan 4!

Kalau option 1 adalah mengawini 1 orang istri, maka akan tertulis begini:

Kawinilah seorang istri sahaja, jika dirasa dapat berbuat adil maka kawinilah 2,3 dan 4. NAmun janganlah mengawini wanita-wanita lain selain dari istrimu sahaja jika kamu kuatir tidak dapat berbuat adil thd wanita-wanita yg akan menjadi istrimu.


:lol:
Phoenix
 
Posts: 11175
Joined: Mon Feb 27, 2006 5:33 am
Location: FFI

Re: qs 4:3 : poligami adalah kewajiban

Postby tongtong » Wed Jul 18, 2007 11:54 am

manusia_bodoh wrote:
tongtong wrote:qs 4 : 3 :

Jika kamu takut tidak akan dapat berlaku adil terhadap
perempuan-perempuan yatim (bilamana kamu mengawininya),
maka kawinilah wanita-wanita (lain) yang kamu senangi:
dua, tiga atau empat. Kemudian jika kamu khawatir tidak
dapat berlaku adil (dalam hal-hal yang bersifat
lahiriah jika mengawini lebih dari satu), maka
kawinilah seorang saja atau budak-budak yang kamu
miliki. Yang demikian itu lebih dekat kepada tidak
berbuat aniaya.


jika kita analisa secara panjang lebar ayat diatas, saya pikir kesimpulan yang bisa kita ambil dari ayat diatas adalah : bahwa menurut al qur'an, bagi seorang laki2, pilihan pertama dalam hidupnya adalah berpoligami, artinya poligami dalam dunia al qur'an adalah kewajiban, karena ayat diatas menyebut poligami terlebih dahulu daripada monogami, tetapi jika orang tersebut tidak mampu berpoligami, baru diijinkan ber nomogami.



tuhan aku nemu lagi 1 orang yang berlagak pintar, seakan tau segalanya,
mengeluarkan analisa ayat yang salah anak anak kecil pun tau kalo analisa mu salah teman.

sudah tertulis dengan jelas bahwa tidak bisa adil yang jangan, 1 aja kan susah....


kalau belum dicoba poligami, mana tahu bisa adil atau tidaknya... makanya, ayatnya juga menyebut kawini 2,3 atau 4 lebih ahulu, baru menyebut angka 1

manusia_bodoh wrote:cuman dalam prakteknya banyak muslim yang salah kaprah sehingga mau kawin lagi sampai 4. itu adalah muslim yang belum selesai belajar bagaimana islam itu sebenarnya.

ngakunya muslim tapi jiwanya bukan muslim.


justru itu muslim yang islami, segalanya harus dicoba dulu, kawini dulu 4 cewe, kalau terbukti ga bisa adil baru dicerai yang paling tua, kemudian yang ke 2, lalu yang ke 3, nah yng ke 4 kan paling muda dan paling fresh, biasanya di kelonin aja terus sampai bosan, kemudian kawin lagi sampai 4 lagi istrinya, kalau terbukti masih belum bisa adil, ceraikan lagi satu persatu mulai dari yang tertua, begitulah seterusnya...

manusia_bodoh wrote:ini yang digunakan oleh orang yang suka mengadu domba dan mencari2x kesalahan di ayat Al Qur'an lalu di propaganda agar seakan akan ajaran agama islam itu salah.

sadarilah jangan sampai kamu masuk dalam permainan adu domba antara umat beragama, karena saya yakin kamu sendiri sebenarnya baik.


emang siapa yg diadu dengan siapa, mana yg dombanya?

ini kan cuma diskusi tentang kebenaran doang... tentang logika aja...
tongtong
 
Posts: 3596
Joined: Wed Jan 24, 2007 10:52 am

Postby sweetie_angel » Fri Aug 03, 2007 4:04 am

freak wrote:Poligami ya? Gue sampe sekarang juga ga abis pikir ama kelakuan Mohamad yang satu ini.. Alasan yang sering digembar-gemborkan sih untuk menafkahi dan menolong batin dan jiwa wanita yang ditinggal mati suaminya di medan perang. sekarang gue mau nanya.
Apakah menikahi wanita-wanita itu adalah JALAN TERBAIK dan SATU-SATUNYA untuk menolong batin dan jiwa mereka???

Apakah tidak ada cara lain yang MANUSIAWI?? Mengawini banyak wanita mengingatkan gue pada binatang. Eit, bukan berarti gue menyebut muhamad binatang loh..

Terlepas dari apakah si wanita mau apa ngga,kalo Muhamad bener-bener masih punya hati, dia tidak akan tega melakukannya . Bayangin aja, abis suaminya dibunuh dalam perang, istrinya juga diembat. Sama aja wanita2 itu apakah bisa bener2 ikhlas dikawini orang yang telah membunuh suaminya??

Gue rasa itu cuman kambing hitam aje untuk memuaskan birahi momed.
Banyak cara lain yang lebih manusiawi kalo emang bener alasannya untuk menafkahi, menolong batin dan jiwa mereka.. bisa aje kan dia mengumpulkan wanita2 itu dan dijadikan pengikutnya seraya menyebarkan ajarannya.

Kalo emang dia bener-bener nabi, mereka pasti akan bahagia dunia akhirat.. KAGA PERLU DIKAWINI SEGALA..


Setuju banget mbak Freak..
sweetie_angel
 
Posts: 16
Joined: Sun Jul 15, 2007 4:38 am

Postby alia » Fri Aug 03, 2007 4:01 pm

Salam,

Hmm,, bukannya itu artinya Allah ngajak kita berdiskusi dalam masalah poligami itu sendiri,,??

di atas emang di bilang kalo mampu, poligami itu boleh,, dan berikutnya dibilang manusia itu ga bisa berbuat adil, bukannya dari itu bisa kita tangkep salah satunya bahwa,, minimal,, poligami itu bukan hal yang mudah,,
karena sudah di bilang bahwa adil itu sulit,, kalo kita ga mau percaya Al Quran, kita bisa liat dari sisi psikologis, bahwa kecendrungan manusia itu sangat sulit menempatkan sesuatu tidak berdasar nafsunya,,

kalo mau dengan pendapat subjektif saya sendiri sih,, kalo sampe ada manusia yang bilang dia mau poligami dengan alasan mau memberi contoh poligami yang baik,, atau meyakinkan diri sendiri bisa berbuat adil,, makasih deh,, saya sih ga percaya,, :P

Salam,
alia
 
Posts: 3
Joined: Fri Aug 03, 2007 3:30 pm

Postby dreamtheater » Fri Aug 03, 2007 4:42 pm

Poligami adalah ajaran mamad bin alloh al setan! lihat perilaku umat, ustad, ulamanya. semua bajingan pejahat kelamin! maklum nabi adalah laki2 pejantan bin penjahat kelamin.

http://www.indonesia.faithfreedom.org/f ... 273#204273

Taufik Bahtiar, direktur Hilal al Ahmar.
Taufik juga berpoligami. Istri pertama meminta cerai ketika Taufik hendak menikah kali ketiga. Sekarang janda Taufik itu diperistri sahabatnya yang juga anggota Majelis Syura PKS sebagai istri kedua.

ckckckckckck.... ini manusia apa binatang???
User avatar
dreamtheater
 
Posts: 3089
Joined: Thu Mar 30, 2006 1:49 am
Location: Langit ke 7

Postby nengnongneng-gung » Thu Oct 25, 2007 10:25 pm

dreamtheater wrote:Poligami adalah ajaran mamad bin alloh al setan! lihat perilaku umat, ustad, ulamanya. semua bajingan pejahat kelamin! maklum nabi adalah laki2 pejantan bin penjahat kelamin.

http://www.indonesia.faithfreedom.org/f ... 273#204273

Taufik Bahtiar, direktur Hilal al Ahmar.
Taufik juga berpoligami. Istri pertama meminta cerai ketika Taufik hendak menikah kali ketiga. Sekarang janda Taufik itu diperistri sahabatnya yang juga anggota Majelis Syura PKS sebagai istri kedua.

ckckckckckck.... ini manusia apa binatang???


ya manusia atuh, Neng .. mana ada binatang menikah ?!?!

*nengnongneng-gung pak bayaaannnn ...
User avatar
nengnongneng-gung
 
Posts: 273
Joined: Sat Sep 22, 2007 10:49 pm

Postby Eneng Kusnadi » Fri Oct 26, 2007 12:16 am

Pada prinsipnya muslim harus meneladani Muhammad sebaai nabi insan kamil, berarti harus mencontoh sebisa mungkin perilaku nabi besar Muhammad.
Muhammad bunuh Yahudi, muslim gaku usah tahu kenapa pokoke bunuh Yahudi.
Muhammad Poligami , muslim juga harus meneladani gak mampu 12 istri yah cukup empat.
Tanya kenapa???>>> Ada hadistnya jangan terlalu banyak tanya!!!
Sippp lah , muslim menjadi mahluk aneh bin ajaib yang tak kunjung cerdas.
:lol: :lol: :lol: :lol: :lol:
User avatar
Eneng Kusnadi
 
Posts: 2997
Joined: Sat Dec 30, 2006 1:26 pm
Location: Peternakan Unta/Camelot

Postby nengnongneng-gung » Wed Oct 31, 2007 10:58 pm

enene eeneng .. siapa jugaaa yg merujuk bible the evil.
silakan aja merujuk ke www.evilbible.com,
gile bener ... osama bin laden dibilang cuman anak pramuka!

*nengnongneng-gung pak bayaaaannn
User avatar
nengnongneng-gung
 
Posts: 273
Joined: Sat Sep 22, 2007 10:49 pm

Postby nengnongneng-gung » Thu Nov 01, 2007 2:00 pm

tongtong wrote:
manusia_bodoh wrote:penuh dengan kontradiksi karena kamu belum mempelajarinya dengan baik,
mengamalkan nya saja belum...


yang sudah mempelajari dan mengamalkannya adalah para muslim ****, sehingga angka perceraian di bandung mencapai 70%, artinya dari setiap 100 perkawinan muslim, 70 diantaranya bercerai.

dari 70% itu, yang 90% nya adalah karena suaminya kawin lagi, poligami, ini adalah ajaran mohammad.

hebat kan al qur'an ini?


Angka dari mana itu tong?
ini lebih ke suku atau agama yang jadi penyebab?

*nengnengneng-gung
User avatar
nengnongneng-gung
 
Posts: 273
Joined: Sat Sep 22, 2007 10:49 pm

Postby murtad mama » Thu Nov 01, 2007 11:37 pm

mama mau tanya

1) apa definisi adil???

2) batasan adil itu sampai dimana???
User avatar
murtad mama
 
Posts: 4284
Joined: Tue Feb 06, 2007 7:16 pm
Location: Jl veteran 48 Kota Bekasi 17141 Jawa Barat <==== Alamat VOA-Islam :) :) :)

Postby nengnongneng-gung » Fri Nov 02, 2007 9:01 am

murtad mama wrote:mama mau tanya

1) apa definisi adil???

2) batasan adil itu sampai dimana???


udah aku jelasin di thread yang lain ..
silakan berkeliling dulu ..

*nengnongneng-gung ...
User avatar
nengnongneng-gung
 
Posts: 273
Joined: Sat Sep 22, 2007 10:49 pm

Postby nayagenggong » Thu Nov 08, 2007 8:36 pm

@mama
M Insa (yg mengajukan ke MK soal poligami) di Metro TV bln Okt07 bilang:

adil dlm islam adl adil harta
bukan adil hati
rasul juga tdk adil hati dan itu tdk masalah.

Iya bagi luh lim!
bagi yg dimadu gmn!
User avatar
nayagenggong
 
Posts: 1265
Joined: Thu Aug 30, 2007 9:58 am
Location: trowulan

PreviousNext

Return to Ruang Poligami



Who is online

Users browsing this forum: No registered users