.

Seluruh Tubuh Keni Disetrika

Membahas pengalaman kerja orang di SAUDI pada umumnya dan kasus2 penganiayaan
terhdp TKW asal Indonesia di Malaysia, Saudi, pada khususnya.

Seluruh Tubuh Keni Disetrika

Postby Muhammad Pagi » Wed Jan 07, 2009 6:18 pm

sumber: http://www.kompas.com/read/xml/2009/01/ ... .disetrika

Seluruh Tubuh Keni Disetrika
/Rabu, 7 Januari 2009 | 06:38 WIB
Gaji Rp 6 juta yang diterima Keni (28) agaknya tidak akan sebanding dengan penderitaan yang dialaminya.

Keni, tenaga kerja Indonesia asal Desa Losari Lor, Kecamatan Losari, Brebes, Jawa Tengah, disiksa oleh majikan perempuannya di Madinah, Arab Saudi, selama tiga bulan. Dia kini dirawat di RS Polri Sukanto, Kramat Jati, Jakarta Timur.

Luka-luka Keni memang sudah mulai kering. Namun, keloid yang muncul di bekas-bekas luka dan bentuk kedua kupingnya yang berubah akan menjadi tanda sepanjang umur Keni dan orang-orang di sekitarnya atas kekerasan yang dialami Keni.

Dari penuturan Keni, kekerasan yang dilakukan Wafa, majikan perempuannya, dimulai setelah satu bulan dia bekerja di keluarga itu.

”Majikan marah kalau saya tidak bisa membersihkan ruangan dalam waktu setengah jam. Padahal, ruangannya banyak. Rumahnya saja tiga lantai,” tutur perempuan yang sudah memiliki satu anak berusia tiga tahun ini.

Setiap marah, Wafa lalu menarik Keni dan membawanya ke ruang setrika. Setrikaan yang telah dipanaskan oleh Wafa lalu ditempelkan ke tubuh Keni. ”Setiap kali menyetrika tubuh saya, dia lalu mengobatinya. Dia punya lemari obat-obatan yang besar. Namun, besoknya, kalau marah, dia menyetrika saya lagi,” cerita Keni.

Luka bakar yang diderita Keni hampir menutupi seluruh tubuhnya. Kedua kuping Keni tampak mengerut. Leher, kedua tangan, dada, perut, punggung, dan kaki tidak luput dari kebengisan Wafa.

Selain menyetrika, Wafa juga memukul Keni, mencongkel gigi depan Keni kemudian memaksa Keni untuk menelannya, dan juga tidak memberi makan yang cukup bagi Keni.

Keni mengaku tidak bisa melarikan diri karena rumah majikannya selalu terkunci. Dia baru bebas ketika majikan laki-lakinya, Khalid Al Khuraifi, mengetahui perbuatan istrinya. Keni lalu dipulangkan ke Indonesia. Namun, ketika pulang Keni dipakaikan baju dan cadar yang tertutup sehingga luka-luka yang ada di kulitnya tidak ditahui oleh pihak keamanan di bandara.

Ketika Keni akan pulang, majikan memberikannya gaji Rp 6 juta. Padahal, Keni telah bekerja selama 4,5 bulan dan gaji per bulannya Rp 2 juta. ”Alasannya, gaji saya dipotong untuk biaya tiket pesawat,” kata Keni.

Charmiah (48), ibunda Keni, ketika ditemui di RS Polri terus-menerus menangis melihat kondisi anak tunggalnya itu. ”Anak saya berangkat cantik, kenapa sekarang bisa begini. Saya minta pelakunya dihukum setinggi-tingginya,” kata perempuan yang sehari-hari berdagang bahan pokok di Pasar Losari ini.

Charmiah mengaku, dia tidak mengizinkan Keni bekerja di luar negeri. Namun, Keni harus bekerja karena suaminya, Saifudin, tidak memiliki pekerjaan tetap. Dia lebih sering menganggur daripada bekerja. Charmiah meminta Keni membantunya berdagang saja. Namun, Keni menolak. Dia memaksa dengan alasan mencari pengalaman selagi masih muda.

”Tidak tahunya pengalaman yang didapat adalah pengalaman buruk,” tangis Charmiah.

Menurut Charmiah, sebelum bekerja kepada Wafa, Keni pernah bekerja dua tahun di Arab Saudi. Namun, selama dua tahun bekerja, Keni tidak pernah mengirimkan uang gajinya kepada keluarga. ”Tidak tahu uangnya ke mana. Kata dia, belum dibayar majikannya,” ujarnya.

Nirmala Bonat kedua

Jamaluddin, Koordinator Advokasi Serikat Buruh Migran Indonesia (SBMI), menyayangkan kekerasan yang dialami Keni ini tidak diumumkan oleh pemerintah. ”Keni sudah tiga bulan dirawat di RS Polri dan tidak sekali pun pemerintah terbuka mengenai masalah ini,” kata Jamaluddin.

Dia menilai, pemerintah selalu bertindak lambat dan cenderung menutupi kejadian yang menimpa warganya yang berada di luar negeri.

”Kasus Keni menjadi kasus Nirmala Bonat kedua, TKI yang disiksa di Malaysia. Kasus Nirmala sendiri membutuhkan waktu empat tahun untuk memberikan hukuman kepada majikannya,” kata Jamaluddin.

Dengan kasus yang menimpa Keni ini, SBMI menuntut Pemerintah Indonesia mengajukan nota protes diplomatik kepada Pemerintah Arab Saudi dan mendesak Pemerintah Arab Saudi mengusut tuntas kasus Keni sesuai hukum yang berlaku di Arab Saudi.

”Proses pengadilan untuk kasus penyiksaan terhadap TKI sangat melelahkan. Bahkan, banyak kasus yang terhenti proses penyidikannya,” ujar Jamaluddin yang bertemu dengan Keni tanpa sengaja di RS Polri.

Sementara itu, Kepala Subdirektorat Pengamanan Deputi Perlindungan Badan Nasional Penempatan dan Perlindungan TKI (BNP2TKI) Komisaris Besar Yunarlim Munir mengatakan, BNP2TKI telah bekerja sama dengan perwakilan di luar negeri untuk mengusut tuntas kasus ini.

”Majikannya menyatakan sanggup membiayai pengobatan Keni hingga sembuh. Namun, kasus hukumnya kami serahkan kepada Pemerintah Arab Saudi,” kata Yunarlim.

Dia juga mengatakan, saat ini majikan perempuan Keni telah diperiksa penyidik. ”Proses pemeriksaannya belum selesai. Jadi, belum tahu kapan persoalan ini akan dibawa ke pengadilan,” kata Yunarlim.

Dia menambahkan, saat ini ada sekitar 6 juta TKI yang bekerja di luar negeri. Dari jumlah itu, yang mengalami penyiksaan tidak banyak. ”Saya tidak tahu jumlah pastinya, tetapi angkanya kecil hanya 0,0 sekian persen,” kata Yunarlim.

Jamaluddin mengatakan, jumlah TKI yang mempunyai masalah di luar negeri cukup banyak. Dari 1.000 TKI yang pulang setiap hari, sekitar 100 orang mempunyai masalah. Namun, masalahnya beragam. (M CLARA WRESTI)
User avatar
Muhammad Pagi
 
Posts: 1210
Joined: Thu Nov 22, 2007 1:38 pm
Location: In front of U

Re: Seluruh Tubuh Keni Disetrika

Postby DHS » Wed Jan 07, 2009 6:43 pm

Saya nulis tanggapan ini di kompas kok ga bisa di submit ya?

"Mohon dengan sangat Kedubes RI di Saudi Arabia bertindak aktif meminta pemerintah Saudi untuk menindak pelaku penganiayaan ini dengan seadil-adilnya.

TOLONG ADA TINDAKAN KONKRIT UNTUK KASUS INI!!!!!"


Ayo kawan-kawan, kita semua kasih tanggapan di kompas untuk kasus pelecehan HAM ini.
Jangan kita tolerir keseganan Pemerintah dalam bertindak.

HARUS ADA TINDAKAN KONKRIT!!!
User avatar
DHS
 
Posts: 4378
Images: 4
Joined: Sat Jan 05, 2008 7:56 pm

Re: Seluruh Tubuh Keni Disetrika

Postby rainy » Wed Jan 07, 2009 6:51 pm

sudah diperingatkan disini :

http://www.islam-watch.org/AliSina/Kari ... Arabia.htm

.... not only the Saudi regime and its religious fanatic establishment are oppressive, but also other groups in society: Saudi men oppress and ill-treat women, and Saudi men and women oppress abuse foreigners."
User avatar
rainy
 
Posts: 677
Joined: Thu Feb 08, 2007 1:28 pm
Location: makassar

Re: Seluruh Tubuh Keni Disetrika

Postby Muhammad Pagi » Wed Jan 07, 2009 7:00 pm

neri lion wrote:arab adalah konco amerika. mana mau dengar mereka. terikan orang palestina aja ga mereka dengar!

Benar arab adalah teman amerika, tumben mbak Nero pintar sedikit. Tapi sayang tidak ada hubungannya dengan topik ini. Jangankan TERIKAN bangsa palestina TERIKAN bangsa sendiri yang disiksa oleh bangsa Arab, TERIKAN warga papua yang ditimpa bencana tidak didengar oleh mayoritas masyarakat Islam di Indonesia.
User avatar
Muhammad Pagi
 
Posts: 1210
Joined: Thu Nov 22, 2007 1:38 pm
Location: In front of U

Re: Seluruh Tubuh Keni Disetrika

Postby kimi07 » Thu Jan 08, 2009 11:53 am

Islam itu munafik,

cuma ngejar2 kesalahan Israel aja,
kesalah bangsa Arab saudi sama TKI kita, mereka tutup mata, ga demo, takut buka aib agama sendiri,

Islam itu munafik
User avatar
kimi07
 
Posts: 2287
Joined: Fri Dec 07, 2007 7:59 pm
Location: in the Father's Heart

Re: Seluruh Tubuh Keni Disetrika

Postby gilito » Thu Jan 08, 2009 12:10 pm

heran

udah berapa banyak kasus model begini

kok ormas Islam ngga ada yang protes yah?
gilito
 

Re: Seluruh Tubuh Keni Disetrika

Postby xinthing_lu » Fri Jan 09, 2009 7:30 am

Seandainya muslim Indonesia atau PKS yang berdemo ke kedutaan Arab Saudi meminta pertanggung jawaban atas kekerasan terhadap TKI sama hebatnya dengan muslim Indonesia/PKS yang berdemo kedutaan Amerika yang menentang Agresi Israel terhadap Palestina. Alangkah gembiranya hati Keni, masih ada juga rupanya sodara2 muslim se-Indonesia yang merasa senasib dan sepenanggungan. Tapi itu cuman utopia bagi Keni. :( :( :(
User avatar
xinthing_lu
 
Posts: 929
Joined: Fri Nov 10, 2006 4:55 am
Location: Surga Islam

Re: Seluruh Tubuh Keni Disetrika

Postby Adadeh » Fri Jan 09, 2009 7:33 am

TKI Disiksa di Arab Saudi, Menakertrans Siap Tuntut Majikan
Rachmadin Ismail - detikNews

Jakarta - Tenaga Kerja Indonesia (TKI) kembali mendapat penganiayaan saat bekerja di Arab Saudi. Keni (28), TKI asal Brebes disiksa oleh majikannya selama 3 bulan di Madinah, Arab Saudi.

Image

Atas dasar tersebut, Menakertrans Erman Suparno menegaskan pemerintah akan melakukan penuntutan hukum terhadap majikan Keni.

"Saya sangat menyesalkan kejadian ini. Penyiksaan yang dilakukan oleh
majikan Keni telah melebihi batas-batas kemanusian. Saya akan segera
berkoodinasi dengan Deplu dan KBRI untuk mengambil langkah tegas berupa
penuntutan hukum terhadap majikannya," ujarnya usai menengok
Keni di Rumah Sakit POLRI Kramat Jati yang disampaikan melalui rilis kepada detikcom, Kamis (8/1/2009) malam.

Penyiksaan yang dialami oleh Keni sangatlah keji. Separuh bagian tubuhnya melepuh karena disetrika. Selain itu, hampir seluruh giginya dicabut. :shock:

Saat ini kondisi Keni masih memprihatinkan. Meski kulit tubuhnya sudah mengering, namun bekas keloid masih muncul di tubuhnya.

Menakertrans berencana segera menemui dubes Arab Saudi untuk membahas hal tersebut. Selain itu, Erman juga berencana memanggil perusahaan yang memberangkatkan Keni untuk bertanggungjawab.

"Meskipun biaya pengobatan dan perawatannya sudah
ditanggung pemerintah, namun pihak perusahaan harus segera mencairkan
asuransi sesuai ketentuan," pungkasnya.

(mad/lrn)

Dasar Arab ANJINGG!!!
User avatar
Adadeh
 
Posts: 8461
Images: 414
Joined: Thu Oct 13, 2005 1:59 am

Re: Seluruh Tubuh Keni Disetrika

Postby kimi07 » Fri Jan 09, 2009 10:55 am

tkw di aniaya china di singapore, dapet ganti rugi puluhan juta bro, di arab mana? hukum bagi wanita, budak(tkw), dan kafir ga jalan..

Islam itu munafik,
ga ada yg membela bangsa sendiri, malah bangsa Palestina yg ga ada hubungannya, sampe ribuan orang demo.

Islam itu munafik.
User avatar
kimi07
 
Posts: 2287
Joined: Fri Dec 07, 2007 7:59 pm
Location: in the Father's Heart

Re: Seluruh Tubuh Keni Disetrika

Postby daniel-ntl » Fri Jan 09, 2009 5:47 pm

Jumat, 09/01/2009 11:52 WIB
Disetrika di Arab Saudi
Keni Masih Harus Jalani Operasi Lagi

Reza Yunanto - detikNews
Image
Ilustrasi
Jakarta - Kondisi Keni, TKI yang disetrika dan giginya dicabuti majikannya di Arab Saudi, masih sangat memprihatinkan. Perempuan 28 tahun itu masih harus menjalani operasi satu kali lagi untuk menyempurnakan pengobatan.

Keni masih menjalani pengobatan serius di RS Polri Kramatjati, Jakarta Timur. Keni yang dirawat di kamar nomor 2, Ruang Perawatan Khusus PPT&PPN itu masuk RS Polri Kramatjati sejak 2 bulan lalu.

"Luka (bekas setrika) sudah mengering, tapi sekarang masih dalam pemulihan dan masih satu operasi lagi. Soalnya di badan banyak tumbuh keloid-keloid," kata petugas informasi pasien Pusat Pelayan Terpadu & Pusat Pelayanan Medis (PPT&PPM) RS Polri Kramatjati, Sulasih, saat ditemui detikcom di kantornya, Jumat (9/1/2009).

Sulasih bercerita, Keni sebelumnya sempat mendapat pengobatan di Arab Saudi sebelum akhirnya mendapat perawatan di dalam negeri. Namun, bekas luka bakar dan siraman air panas masih tetap menganga di sekujur tubuhnya.

"Waktu diperiksa pertama, 75 persen badannya mengalami luka bakar," ujar Sulasih sambil membaca rekam medis Keni.

Biaya perawatan perempuan asal Brebes yang setengah giginya dicabut majikan itu kini sepenuhnya ditanggung oleh pemerintah. Keluarga Keni yang bukan orang berada sudah agak lama tidak menjenguknya.

"Nggak ada keluarganya mas. Keluarga sempat datang dulu saat awal masuk. Tapi sampai sekarang belum pernah ke sini lagi," ujar Sulasih.

(lrn/iy)
daniel-ntl
 
Posts: 1676
Joined: Mon Mar 31, 2008 2:03 pm

Re: Seluruh Tubuh Keni Disetrika

Postby daniel-ntl » Fri Jan 09, 2009 5:56 pm

Jumat, 09/01/2009 11:47 WIB
TKI Disetrika
Pemerintah Harus Buat Bilateral Agreement dengan Arab Saudi

Niken Widya Yunita - detikNews
Image
ilustrasi
Jakarta - Penganiayaan terhadap Tenaga Kerja Indonesia (TKI) asal Brebes, Keni, saat bekerja di Arab Saudi, harus mendapat perhatian serius pemerintah. Migrant Care mendesak adanya bilateral agreement tentang perlindungan Tenaga Kerja Wanita (TKW) di Saudi.

"Pemerintah harus bekerja keras dengan jalur ukhuwah Islamiyah. Berbagai strategi harus dikerahkan termasuk dengan jalur parlemen," ujar Executive Director Migrant Care Anis Hidayat kepada detikcom, Jumat (9/1/2009).

Menurut Anis, selama ini bilateral agreement mengalami hambatan karena pemerintah Arab Saudi menolak dibuatkan perjanjian itu. Alasannya pembantu rumah tangga (PRT) di Arab Saudi dianggap budak. dasar arab!!!!!!!!! :butthead:

"Kalau mereka sudah dibayar, harus mau disuruh apa saja," kata wanita berkerudung ini. wah ini buat saya makin geram!!!!!! :snakeman:

Pemerintah, lanjut Anis juga harus mengupayakan penyelesaian kasus penyiksaan TKW melalui jalur hukum. Selama ini kasus TKW hanya sebatas diselesaikan secara kekeluargaan.

"Seperti kasus 4 TKW yang dua cacat seumur hidup, dua tewas pada Agustus 2007," imbuh Anis.

Anis tidak setuju bila pengiriman TKI di Arab Saudi dihentikan sebagai solusi. "Saya kira itu bukan solusi. Pemerintah kinerjanya harus ditingkatkan dengan membuat standar pengiriman TKW ke Arab yakni membekali mereka dengan training yang memadai," tandas Anis.

Keni mengalami penyiksaan yakni separuh bagian tubuhnya melepuh karena disetrika. Selain itu, hampir seluruh giginya dicabut.

Menakertrans Erman Suparno sudah menengok Keni di RS Polri Kramat Jati. Erman berjanji akan berkoodinasi dengan Deplu dan KBRI untuk mengambil langkah tegas berupa penuntutan hukum terhadap majikan Keni.(nik/iy)

muslimers open your eyes!!!!!!!!!!!! buka matamu lebar-lebar!!!!!!!!!!!
daniel-ntl
 
Posts: 1676
Joined: Mon Mar 31, 2008 2:03 pm

Re: Seluruh Tubuh Keni Disetrika

Postby ali5196 » Sat Jan 10, 2009 12:22 pm

Muslim nggak punya mata. Kalaupun ada, matanya ditaruh diantara selangkangan. Persis nabinya deh !
ali5196
 
Posts: 17309
Images: 135
Joined: Wed Sep 14, 2005 5:15 pm

Re: Seluruh Tubuh Keni Disetrika

Postby osho » Sat Jan 10, 2009 6:36 pm

Image

test gambar

hore.... berhasil.....
\:D/
User avatar
osho
 
Posts: 2136
Joined: Fri Feb 02, 2007 8:29 am
Location: osho

Re: Seluruh Tubuh Keni Disetrika

Postby kok_bingung » Mon Feb 02, 2009 5:48 am

BUNUH AGAMA CIPTAAN MOMED GILA, SATU-SATUNYA AGAMA PENYEBAR KEBENCIAN PALING TOP MARKOTOP
kok_bingung
 
Posts: 535
Joined: Fri Apr 18, 2008 10:13 pm

Re: Seluruh Tubuh Keni Disetrika

Postby n1kko » Mon Feb 02, 2009 8:18 am

turut prihatin :stun:
n1kko
 
Posts: 395
Joined: Mon Nov 20, 2006 1:19 pm

Re: Seluruh Tubuh Keni Disetrika

Postby Maher-Shalal » Mon Feb 02, 2009 1:22 pm

Muslim buta dengan kelakuan teman seukhuwahnya sendiri.
User avatar
Maher-Shalal
 
Posts: 1364
Joined: Mon Mar 17, 2008 4:49 pm
Location: Between heaven and hell

Re: Seluruh Tubuh Keni Disetrika

Postby a_man » Wed Apr 08, 2009 10:43 am

Koq gak "dinikmati" juga ya ??

Mungkin bosnya sudah kehilangan selera, soalnya sudah terlalu mateng, kelamaan dipanggang.
User avatar
a_man
 
Posts: 4320
Joined: Mon Sep 01, 2008 5:12 pm
Location: http://code.google.com/p/a-manffi/downloads/list

Re: Seluruh Tubuh Keni Disetrika

Postby kimi07 » Mon Apr 13, 2009 12:27 pm

http://www.detiknews.com/read/2009/04/1 ... g-dianiaya

Senin, 13/04/2009 11:24 WIB
Arab Saudi Persulit Kasus TKW Keni binti Carda yang Dianiaya
Indra Subagja - detikNews
Jakarta - Kedubes Arab Saudi di Indonesia mempersulit pengurusan kasus TKW yang dianiaya, Keni binti Carda Bodol. Keadilan yang dicari Keni pun terhambat perizinan yang tidak kunjung dikeluarkan pihak kedubes.

"Kita memang ada hambatan," kata Direktur Perlindungan WNI Teguh Wardoyo saat dihubungi melalui telepon, Senin (13/4/2009).

Keni yang telah berada di Indonesia kini tengah mencari keadilan akibat perlakuan semena-mena majikannya di negeri kaya minyak itu. Dia disetrika dan disiksa majikan perempuannya, Huwafa Al Quraisy, pada Oktober 2008 lalu.

Keni kini tengah meminta legalisir hasil visum et repertum, yang akan dijadikan bukti di pengadilan di sana.

"Kita sudah memohon bantuan Duta Besar, ini untuk kepentingan kemanusiaan," tambah Teguh.

(ndr/nrl)

=======
di sini kelihatan klo sesama setan, saling tolong menolong
User avatar
kimi07
 
Posts: 2287
Joined: Fri Dec 07, 2007 7:59 pm
Location: in the Father's Heart


Return to Ruang TKW Indonesia



Who is online

Users browsing this forum: No registered users