.

9 TKI Tuding PJTKI Tidak Bertanggung Jawab

Membahas pengalaman kerja orang di SAUDI pada umumnya dan kasus2 penganiayaan
terhdp TKW asal Indonesia di Malaysia, Saudi, pada khususnya.

9 TKI Tuding PJTKI Tidak Bertanggung Jawab

Postby daniel-ntl » Thu Jul 31, 2008 3:25 pm

Jumat, 11/07/2008 13:32 WIB
Catatan dari Dubai
9 TKI Tuding PJTKI Tidak Bertanggung Jawab
Gagah Wijoseno - detikNews


Foto: Gagah Wijoseno
Jakarta - 9 TKI yang terlantar di Bandara Internasional Dubai menyalahkan PJTKI yang mengirimkan mereka. Mereka merasa dijerumuskan.

"Saya sudah pernah bilang kalau sudah pernah kerja di sini. Tapi PT bilang nggak apa-apa, karena sudah lebih dari setahun (kembali ke Indonesia)," kata salah seorang TKI, Warimi, kepada detikcom di Bandara Dubai, Rabu (9/7/2008).

"Iya, iya. Saya juga sudah kasih tahu begitu tapi tetap diberangkatkan juga," kata TKI lainnya serempak.

9 TKI malang itu diberangkatkan bukan dengan PJTKI yang sama. Beberapa PJTKI tersebut adalah PT Cemerlang Bintang Sekawan, PT Sinar Berlian Mandiri, PT Bin Hasan, Al Jaidi Ikhwan, PT Almina Indah, dan PT Muhasa Tama. Beberapa di antara mereka sudah menelepon PT-nya. Namun janji untuk memulangkan mereka tidak kunjung terlaksana.

"Nanti saya bilang agen bagaimana keluarin kamu," kata Tini menirukan omongan orang dari PT-nya saat dihubungi 2 hari lalu.

"Tapi sampai sekarang nggak ada itu," lanjutnya.

Bila kembali lagi ke Indonesia, mereka tidak mau dijemput dan kembali ke penampungan PJTKI. Mereka meminta dipulangkan tanpa harus mengeluarkan uang sepeserpun.

"Kita takut kalau ke PT nanti ditampung dan diterbangkan lagi ke negara lain," jelas Warimi.

Keengganan berurusan dengan PJTKI hanya sementara. Warimi dkk mengatakan akan kembali lagi ke PJTKI untuk diterbangkan ke negara lain setelah puas istirahat melepas lelah di rumah.

Niat kesembilan orang TKI tersebut untuk bekerja di Dubai, UEA, kandas karena terbentur peraturan ketenagakerjaan setempat. TKI yang pernah bekerja di UEA tidak boleh kembali bekerja di sana untuk kedua kalinya.(gah/fay)
daniel-ntl
 
Posts: 1676
Joined: Mon Mar 31, 2008 2:03 pm

Return to Ruang TKW Indonesia



Who is online

Users browsing this forum: No registered users