JIHAD ADALAH METODE NOMBOR SATU!!

Hal2 yang menyebabkan terjadinya teror dalam Islam dan kaitannya dengan Jihad.
User avatar
alley_shatree
Posts: 3649
Joined: Wed Jan 31, 2007 9:49 pm

Post by alley_shatree »

tjap_momed_aseli wrote: oh iya..... bener. Kayak di aceh. Aulo tinggal nyiram toiletnya, habislah orang-orang munafik disana :lol:
ya kita ngga perlu tau deh mau gimana Allah menghabisi musuh2 Allah....bisa jadi musuh2NYA malah diumbar dengan kesenangan dulu baru nanti setelah di akherat mereka digiring ke neraka...kita ngga perlu sok tau deh tentang kehendak Allah itu gimana.

User avatar
tjap_momed_aseli
Posts: 409
Joined: Sun Aug 06, 2006 9:05 pm

Post by tjap_momed_aseli »

menurut penafsiran mu, siapa tu musuh-musuh aulo?

User avatar
freak
Posts: 162
Joined: Wed May 16, 2007 1:04 pm

Post by freak »

Transgressor wrote:Yang lengkapnya "...membantai kafir yang melakukan pembinasaan/kerusakkan amanah2 Allah di muka bumi".
lah mbak alley, temanmu aja bilang kayak gini kok kamu bilang kayak gitu...
Last edited by freak on Mon Jun 18, 2007 6:17 am, edited 1 time in total.

User avatar
freak
Posts: 162
Joined: Wed May 16, 2007 1:04 pm

Post by freak »

gaston31 wrote:ga ada tandany, Pak.
klo dlm self defense, bunuh or kebunuh, itu udh dibolehkan.
ga tau sih gmn konsep elo, klo pilihanny bunuh or dibunuh? apa nyari surat kuasa dulu??
mbak alley, temanmu juga bilang gini..

User avatar
freak
Posts: 162
Joined: Wed May 16, 2007 1:04 pm

Re: JIHAD ADALAH METODE NOMBOR SATU!!

Post by freak »

Supriadi wrote:... MAKANYA, MAU NGGA MAU ALLAH MENYURUH MUHAMMAD MENGALAHKAN MEREKA DENGAN JALAN SATU-SATUNYA IALAH MEMBUNUH MEREKA...

TERORIST DI ISLAM SEBETULNYA TIDAKLAH JAHAT SEPERTI YNG ANDA BAYANGKAN... SALAM...
ini yang lebih parah..

User avatar
freak
Posts: 162
Joined: Wed May 16, 2007 1:04 pm

Post by freak »

alley_shatree wrote:ya kita ngga perlu tau deh mau gimana Allah menghabisi musuh2 Allah....bisa jadi musuh2NYA malah diumbar dengan kesenangan dulu baru nanti setelah di akherat mereka digiring ke neraka...kita ngga perlu sok tau deh tentang kehendak Allah itu gimana.
sedih gue dengernya kok ada auloh yang kayak gitu.. :( :(
kalo Tuhan gue sih selalu membimbing gue ke jalan kebenaran.. Menanti supaya gue bertobat kalo gue berdosa.. dan menerima dengan senang hati kalo gue kembali ke jalan yang benar.. seperti seorang ayah yang menemukan kembali anakNya yang hilang.. Ga mungkin menjerumuskan gue apalagi menggiring gue ke neraka.. hiks..hiks :(

User avatar
freak
Posts: 162
Joined: Wed May 16, 2007 1:04 pm

Post by freak »

alley_shatree wrote: perasaanmu kog dipenuhi kebencian sih thd ustad al habsyi....ustad itu tidak pernah menyuruh membunuh siapapun...mengklarifikasi siapa MUSUH ALLAH itu kan ngga gampang dan perlu pemahaman agama yg kuat. lagian kita moslem kagak perlu cari2 musuh Allah...karena Allah sendiri yg akan turun tangan terhadap musuh2 Allah tanpa bantuan moslem. 8)
Eit, siapa bilang gue benci sama ustad lo?? Kenal aja kaga... Siapa bilang gue bilang dia nyuruh bunuh orang?? Dia bilang dalam Islam tidak dibenarkan membunuh KECUALI mereka yang menjadi MUSUH ALLAH. Emang kaya gitu kan ajarannya?? Bukan salah dia donk. Sori kalo sebelumnya gue bilang Ustad lo mencoreng agamanya sendiri. Gue tarik kata2 gue. :D Gue kaga sembarangan benci muslim selama dia bukan FANATIK dan GARIS KERAS.
Jangan salah, gue banyak respek sama dia. Gue sering denger dakwahnya di tipi banyak yang bagus-bagus.. Gue kaga fanatik kaya lo.. Ajaran agama laen kalo emang bagus ya gue bilang bagus. Gue cuman bermodalkan hati nurani yang udah Tuhan kasih buat gue..

User avatar
alley_shatree
Posts: 3649
Joined: Wed Jan 31, 2007 9:49 pm

Post by alley_shatree »

intinya begini ya @freak....bahwa Islam itu agama yg sejalan dgn hati nurani...islam tidak pernah bertentangan dgn hati nurani...hati nurani manusia itu asalnya adalah suci dan kita disuruh untuk menjaga hati nurani yg sbg fitrah itu tetap suci sampai kita mati nanti, makanya dalam Islam kita selalu ada ritual dan perbuatan yg dimaksudkan untuk menyucikan nurani kita seperti sholat, berpuasa, berlebaran(bermaafan), beramal/berzakat dll. kalo nurani kita suci sudah otomatis perbuatan kita akan suci juga dan tentu jauh dari menyakiti orang lain.
kalo masalah 'musuh2 Allah' itu boleh dibunuh....ya itu semua kan atas dasar perintah dari Allah, kalo dulu masa Mohammad ada perintah untuk membunuh pada 'musuh2 Allah'...hal itu dilakukan atas dasar perintah Allah lewat wahyu karena kafirin2 itu benar2 memerangi agama Allah. kalo sekarang ada orang2 yg melakukan pembunuhan atas dasar klaim pribadi/kelompok bahwa yg mereka bunuh itu 'musuh2 Allah'....ya menurut gua itu tidak benar....apalagi bila orang yg ikut terbunuh orang yg tidak berdosa.

Phoenix
Posts: 11175
Joined: Mon Feb 27, 2006 5:33 am
Location: FFI

Post by Phoenix »

alley_shatree wrote:intinya begini ya @freak....bahwa Islam itu agama yg sejalan dgn hati nurani...islam tidak pernah bertentangan dgn hati nurani...hati nurani manusia itu asalnya adalah suci dan kita disuruh untuk menjaga hati nurani yg sbg fitrah itu tetap suci sampai kita mati nanti, makanya dalam Islam kita selalu ada ritual dan perbuatan yg dimaksudkan untuk menyucikan nurani kita seperti sholat, berpuasa, berlebaran(bermaafan), beramal/berzakat dll. kalo nurani kita suci sudah otomatis perbuatan kita akan suci juga dan tentu jauh dari menyakiti orang lain.
kalo masalah 'musuh2 Allah' itu boleh dibunuh....ya itu semua kan atas dasar perintah dari Allah, kalo dulu masa Mohammad ada perintah untuk membunuh pada 'musuh2 Allah'...hal itu dilakukan atas dasar perintah Allah lewat wahyu karena kafirin2 itu benar2 memerangi agama Allah. kalo sekarang ada orang2 yg melakukan pembunuhan atas dasar klaim pribadi/kelompok bahwa yg mereka bunuh itu 'musuh2 Allah'....ya menurut gua itu tidak benar....apalagi bila orang yg ikut terbunuh orang yg tidak berdosa.

:MRGREEN:

User avatar
freak
Posts: 162
Joined: Wed May 16, 2007 1:04 pm

Post by freak »

alley_shatree wrote:intinya begini ya @freak....bahwa Islam itu agama yg sejalan dgn hati nurani...islam tidak pernah bertentangan dgn hati nurani...hati nurani manusia itu asalnya adalah suci dan kita disuruh untuk menjaga hati nurani yg sbg fitrah itu tetap suci sampai kita mati nanti, makanya dalam Islam kita selalu ada ritual dan perbuatan yg dimaksudkan untuk menyucikan nurani kita seperti sholat, berpuasa, berlebaran(bermaafan), beramal/berzakat dll. kalo nurani kita suci sudah otomatis perbuatan kita akan suci juga dan tentu jauh dari menyakiti orang lain.
kalo masalah 'musuh2 Allah' itu boleh dibunuh....ya itu semua kan atas dasar perintah dari Allah, kalo dulu masa Mohammad ada perintah untuk membunuh pada 'musuh2 Allah'...hal itu dilakukan atas dasar perintah Allah lewat wahyu karena kafirin2 itu benar2 memerangi agama Allah. kalo sekarang ada orang2 yg melakukan pembunuhan atas dasar klaim pribadi/kelompok bahwa yg mereka bunuh itu 'musuh2 Allah'....ya menurut gua itu tidak benar....apalagi bila orang yg ikut terbunuh orang yg tidak berdosa.
Kalo lo BENAR-BENAR punya hati nurani, kaga mungkin lo percaya Mohamad dapet PERINTAH MEMBUNUH DARI ALLAH. Apalagi ada konsep MUSUH ALLAH. Masya Allah..
Gue kasih tau, Tuhan KAGA BAKAL nyuruh ciptaanNya untuk saling Membinasakan. Tuhan Selalu MEMERINTAHKAN ciptaanNya untuk hidup berdampingan dan saling memaafkan. Okelah kalo Tuhan emang bener-bener mau Membinasakan ciptaanNya, Dia akan MELAKUKANNYA SENDIRI. KAGA PERLU NYURUH ORANG. Ajaran membunuh itu BUKANLAH ajaran Tuhan tapi Ajaran Muhamad dalam keadaan perang dan lo telen mentah-mentah ajaran itu.
Musuh Allah? ini lebih parah lagi. NGGA MUNGKIN Tuhan menciptakan manusia untuk dijadikan musuhNya. Kalo emang dia berdosa apa "kafir" seperti yang elo bilang, TUHAN MAHA PENGASIH tetap tidak mungkin menganggap dia musuhNya. Tuhan akan selalu menuntun supaya dia bertobat dan kembali ke jalan yang benar. Muhamadlah yang mengklaim itu "musuh Allah".
Lo bilang kafirin memerangi "Agama Allah"?? Sekarang gue tanya sama elo, Emang Allah punya Agama? Wong agama itu diciptakan MANUSIA supaya kita menyembah Allah kok.. Apa menurut kamu Allah tuh agamanya Islam ya?? :D Gue sebagai kristiani ga pernah tuh menganggap agama gue "Agama Allah". Coba lo renungkan itu baek-baek pake hati nurani elo. Jangan semua yang ada di Quran lo bilang sesuai hati nurani elo..

gilito

Post by gilito »

Nimbrung lagi ah...

JIHAD dalam Islam ya...

dalam agama lain tentu gak ada,

sapa yang Teroris? orang nya apa agama nya?

ISLAM AGAMA JIHAD, betul!

ORANG ISLAM ada yang jadi TERORIS, betul!

kalo orang non-Islam ada gak yang jadi teroris?

kalo gak ada non-muslim yang jadi teroris, bole dah lo bilang orang ISLAM doank yang jadi TERORIS, tapi nyatanya?

saya beri ilustrasi dengan qasumsi "AGAMA SELAIN ISLAM adalah AGAMA MAFIA", dengan asumsi semua mafia adalah orang non-Muslim, kalo ada satu orang Islam saja yang jadi mafia, maka tertolak lah SELAIN ISLAM ADALAH AGAMA MAFIA, se-7?

User avatar
babenya muhammad
Posts: 1847
Joined: Sun Jan 21, 2007 11:08 am

Post by babenya muhammad »

filsufsufi wrote:Nimbrung lagi ah...

JIHAD dalam Islam ya...

dalam agama lain tentu gak ada,

sapa yang Teroris? orang nya apa agama nya?

ISLAM AGAMA JIHAD, betul!

ORANG ISLAM ada yang jadi TERORIS, betul!

kalo orang non-Islam ada gak yang jadi teroris?

kalo gak ada non-muslim yang jadi teroris, bole dah lo bilang orang ISLAM doank yang jadi TERORIS, tapi nyatanya?

saya beri ilustrasi dengan qasumsi "AGAMA SELAIN ISLAM adalah AGAMA MAFIA", dengan asumsi semua mafia adalah orang non-Muslim, kalo ada satu orang Islam saja yang jadi mafia, maka tertolak lah SELAIN ISLAM ADALAH AGAMA MAFIA, se-7?
nih gw jelkasin dulu, org yg melakukan terror adlah terroris... bener gak ?

kenapa org islam di tuduh terroris, ? karena mereka menyebarkan terror...

dan kenapa islam di claim ajaran terroris, ? karena emang banyak ayat2 di kitab saktinya yg mendukung itu, jelas gak ?

trus kenapa lu mencap ajaran di luar islam ajaran mafia , apa buktinya sampe lu menclaim itu ?

islam jelas mendukung tindakan terror, ya wajar aja di tuduh ajaran terroris.... masa sih bener sih lu gak ngerti itu

User avatar
gaston31
Posts: 3729
Joined: Tue Nov 21, 2006 2:17 pm

Post by gaston31 »

@babe
bukankah yg mendukung teror tuh adalah pemahaman anda n rekan2 ttg ayat2 diQuran?
sedang mayoritas muslim berpaham tdk mendukung teror(bom) tsb.
sdh jelas bukan?

User avatar
babenya muhammad
Posts: 1847
Joined: Sun Jan 21, 2007 11:08 am

Post by babenya muhammad »

gaston31 wrote:@babe
bukankah yg mendukung teror tuh adalah pemahaman anda n rekan2 ttg ayat2 diQuran?
sedang mayoritas muslim berpaham tdk mendukung teror(bom) tsb.
sdh jelas bukan?
giaman pemahaman ? ud jelsa rertulis di quran dgn ayat2 nya, (baca kompilasi ayat2 sampah)

eit...tapi jagn bilang para kafir salah menafasirkan lagi, itu ud menjadi sarapan gw tiap debat dgn muslim....

penafsiran di dunia muslim itu adalah senjata PEMBENARAN ayat2 quran...
karena tanpa penafsiran, ayat2 quran ud sgt jelas mempunyai arti yg babar...

User avatar
freak
Posts: 162
Joined: Wed May 16, 2007 1:04 pm

Re: JIHAD ADALAH METODE NOMBOR SATU!!

Post by freak »

Supriadi wrote:... MAKANYA, MAU NGGA MAU ALLAH MENYURUH MUHAMMAD MENGALAHKAN MEREKA DENGAN JALAN SATU-SATUNYA IALAH MEMBUNUH MEREKA...

TERORIST DI ISLAM SEBETULNYA TIDAKLAH JAHAT SEPERTI YNG ANDA BAYANGKAN... SALAM...
Mas Baskom, eh Gaston, temen kamu si supri bilang gitu tuh..


Heran gue, muslim-muslim disini ngomongnya suka beda-beda. Susah banget kali ya nafsirin quran sampe sesama muslim aja pendapatnya beda-beda. Makanya jangan sok-sokan bilang kafir ga ngerti penafsiran quran.. Samakan dulu persepsi dan penafsiran elo-elo SESAMA muslim..
cape gue.. 8)

User avatar
freak
Posts: 162
Joined: Wed May 16, 2007 1:04 pm

Post by freak »

gaston31 wrote:@babe
bukankah yg mendukung teror tuh adalah pemahaman anda n rekan2 ttg ayat2 diQuran?
sedang mayoritas muslim berpaham tdk mendukung teror(bom) tsb.
sdh jelas bukan?
tapi kalo gue bilang Islam MENDUKUNG teror terhadap mereka yang memerangi "agama Allah" seperti yang elo bilang, elo setuju kan??

User avatar
rockbebeh
Posts: 518
Joined: Sun Jun 24, 2007 2:23 am

Bagaimana hilangkan sedih?

Post by rockbebeh »

Bagaimana hilangkan sedih?
(khas untuk org yg bercadang nak bunuh diri!)
Ha ha ha, aku selaku org yg tidak bertanggungjawab dengan karya aku, hari ini telah bertindak menjadi seorang makhluk pakar motivasi pulak…he3,
Bagaimana korang nak hilangkan sedih?
Menurut Dale Kenny-G yg tulis buku “bagaimana tidak bimbang?”seorang pakar motivasi barat, mencadangkan korang, kalau sedih buat-buatlah sibuk dengan apa2 aktiviti seperti bersukan, lari dalam guni, berkebun, menternak biri2 dll.
Aku kata: apa akan jadi bila tiba hari korang tak sibuk?(hari menjadi mayat) semua org sibuk nak tanam korang, korang pulak bergelimpangan tak bergerak, kaku seribu bahasa mayat…kalau korang nak tahu dalam kubur
40, 000 tahun paling kurang, itupun untuk manusia yg terakhir sekali mati…itulah hari yg paling sedih dan dah tak ada daya penawar lagi yg dapat tolong korang bila korang dah jadi mayat.
Jadi sebelum korang jadi mayat yg sedih, baik korang belajar jadi manusia yg tak bersedih..
Kata seorang pujangga, punca segala kesedihan adalah keinginan…jadi aku cadangkan korang untuk belajar inginkan sesuatu yg patut korang inginkan…berapa ramai org yg mati dalam dunia ni tanpa sempat menunaikan keinginanya lalu membebankan warisnya dengan keinginan ntahapapatnhah!
Jadi,
“KITA AKAN DAPAT APA YANG KITA NAK, BILA KEINGINAN KITA SAMA DENGAN KEINGINAN ALLAH…
KITA TAK DAPAT HALANG APA YANG KITA TAK SUKA DATANG PADA KITA APABILA ALLAH NAK IANYA DATANG KEPADA KITA”
So, untuk belajar keinginan Allah dan Rasul, korang banyakkanlah membaca Al-quran dan hadith, ingat:
Hadith2 atau ayat2 kelebihan amal adalah keinginan Allah, dan hadith2 mengenai azab dan bala adalah larangan Allah….korang belajar ilmu ni betul2, dan korang jadikan keinganan Allah dan Rasul sebagai keinginan korang, maka korang akan hilang segala kesedihan, kembimbangan, ketakutan, kerisauan, dan macam2 lagilah!
Seperkara lagi, korang kena belajar zihin( memotivasikan) diri dengan selalu lihat org yg lebih menderita daripada kita…
KITA SEDIH KERANA PASANGAN KITA YG PERNAH JATUH CINTA DAN BERJANJI SETIA PADA KITA, TELAH TINGGALKAN KITA TAPI DI SATU SUDUT DUNIA INI ADA ORG YANG TIDAK PERNAH MERASA NIKMAT DI CINTAI KERANA KEKURANGAN SESUATU YG KITA ADA…
Masa aku baru kahwin, isteri aku kerja kat JPS Jerantut, aku pulak kerja kat kemaman, kita org jumpa seminggu sekali, jadi aku telah ter-mengeluh akan kesusahan aku pada seorang kakak kat opis aku..selamba je kakak tu jawab: (sambil air mata bergenang di pipi):
”suami kakak lagi jauh, nun dalam kubur, hamka ok gak, boleh SMS!”
Terkedu aku….
Benarlah, Kita sedih tak boleh tukar Handphone baru, sehinggalah di jalanan kita jumpa org yg ada telinga tapi cacat pendengaran….
Untuk pengetahuan korang bila korang sedih ada dua perkara yang Allah nak dari korang..
1: Ampun dosa.
2: Naik [email protected] pahala.
Bermakana setelah di tafsir:
1: Allah nak selamatkan korang dari Neraka.
2: Allah nak masukkan korang ke dalam syurga…
Bermakna setelah ditukar menjadi madah pujangga hamka:
Sekiranya beginilah caranya Allah nak ampunkan dosa kita, alangkah ringan-nya penderitaan ini..."
Atau:
Apabila beginilah caranya Allah nak selamatkan kita dari azab api nereka dan masukkan kita ke dalam shurga yang kekal abadi, alangkah 'indah-nya' penderitaan ini..."
Satu lagi aku nak kabor kat korang semua yg aku sayangi….kalau kita fikir2 balik: makluk sedih, bimbang, takut, air mata, memang dah Allah letak dalam setiap manusia, kita tak boleh hapuskan makhluk ini, makhluk ini dah ada dalam hati kita, hari ini org berusaha untuk hapuskan makhluk2 ini, pasti tak boleh, boleh jadi gila nanti!
…dan pakar2 barat pula mencari kaedah untuk mencegah makhluk ini daripada aktif dan menjejaskan sisitem saraf yg lain, tapi Nabi Muhammad s.a.w ajar umat dia, sahabat2 R.A iaitu: aktifkan makhluk ini dengan cara yg betul, atau dengan kata lain tukarkan kesedihan, kembimbangan, air mata dan takut korang pada perkara2 yg betul.
Contoh:Perkara2 yg betul:
1.Sedih pada dosa2 yg lepas
2.Takut Azab api neraka
3.Bimbang Hari akhirat
4.Takut ibadat tak diterima dari segi kelayakkan.
5.Harap ibadat di terima melalui Rahmat Allah
6.Risau melihat keadaan umat islam.
7.sedih tengok masjid kosong.
8.menangis kerana takutkan Allah dan Api Neraka
9.Takut mati dalam keadaan kapir
10.Bimbang Nabi tak mengaku umat..
11. dan seribu sebelas ratus lagi perkara2 yg patut korang buat..(perkara2 yg tak betul, aku tak yah cerita sebab korang dah alami sendiri ! )
Kerana itulah para2 Nabi dan sahabat2 r.a , mereka selalu mengangis,:
lihat org mati menangis, dalam solat menangis, dapat nikmat menangis, …adakah hati mereka tidak bahagia?
TIDAK! mereka bahagia kerana mereka telah sedih pada yg hak!
Semakin kamu takut pada Allah, semakin hampir kamu pada Nya,
Semakin kamu menangis kerana sedih dengan dosa2 yg lepas semakin lapang jiwa kamu,
Semakin kamu bimbang dengan kehidupan kubur, semakin tenang kamu kepada kematian…
Wahai manusia, HANYA DENGAN MENGINGATI ALLAH HATI KAMU AKAN MENJADI TENANG…!
(isk..isk…uhuk..uhuk….isk..sok sek..sok…sek…..Ya Allah , ampunkanlah dosaku..ISK..ISK..)
Tambahan:
Seorang Raja telah memanggil kesemua bijak pandai dalam istananya, dan mengarahkan mereka membuat/mencipta sesuatu barang atau benda yang mana jika Raja dalam kesedihan lihat benda itu maka akan hilanglah kesedihan, jika dalam kegembiraan bila lihat barang itu maka hilanglah kegembiraan.

Maka berpakatlah para bijak pandai untuk mencipa 'benda' tersebut. Dan setelah di nasihati oleh seorang pemandu kederaan [email protected] mayat maka terciptalah benda itu…

Dan hasilnya, Raja cukup berpuas hati...
Sebentuk cincin yang cukup cantik dan halus pertukangannya dan tertulis perkataan di atasnya:
"semua orang akan menjadi mayat"


ps: he3, siapakah pemandu kenderaan jenazah itu?

User avatar
bebaspikir
Posts: 76
Joined: Sat Jun 23, 2007 9:15 am

pemahaman yang beda

Post by bebaspikir »

sangatlah wajar bila pemahaman antar pemeluk satu agama berbeda. Di Islam ada banyak kelompok, begitu juga dalam agama lain. Contoh ada protestan katolik mahayana hindu bali hindu india.
Jadi meskipun ada salah satu kelompok dalam islam berpendapat ngebom itu wajib hukumnya, bukan berarti kelompok yang lain juga sependapat. Kalo mau digeneralisir, itu sih terserah. Berarti memang menurut anda, semua orang islam itu mendukung teror. Kalo anda merasa pendapat anda benar, berarti anda juga mendukung pemikiran teroris bahwa semua orang amerika atau orang diluar kelompok agama teroris itu adalah orang jahat dan pantas dihukum. Kenapa? Karena teroris juga bikin generalisir bahwa semua orang diluar kelompok dia pantas dibunuh. Sama seperti anda yang berpendapat bahwa kalo salah seorang berpikiran teroris, maka seluruh kelompok orang itu adalah teroris.
Lalu apa bedanya anda dengan teroris? Kalau anda pingin pikiran anda dihargai kebenarannya, maka hargailah kebenaran pikiran teroris.

User avatar
alley_shatree
Posts: 3649
Joined: Wed Jan 31, 2007 9:49 pm

Post by alley_shatree »

memang 'penyakit' sebagian/seluruh non-muslim di sini kan tidak bisa menempatkan segala sesuatu ttg Islam pada tempat dan porsi yg benar....makanya akan selalu timbul pertentangan terus dgn pihak Islam.
mereka juga ngga pernah berfikir
bagaimana bisa timbul terorisme ?
siapa kemungkinan2 dalang terorisme ?

gilito

Post by gilito »

Sorry dobel, cmptr lg lemot neh n uda sy edit
Last edited by gilito on Mon Jun 25, 2007 3:13 pm, edited 2 times in total.

Post Reply