.

Jawa atau Islam

Benturan dan bentrokan antara Islam dengan agama-agama dan peradaban lain di seluruh penjuru dunia.

Pilih Islam atau JAWA

Islam
2
14%
Jawa
8
57%
Lain-lain
4
29%
 
Total votes : 14

Jawa atau Islam

Postby andi » Sat Jan 06, 2007 6:24 pm

Melihat perkembangan yang sedang terjadi, saya jadi bingung.
Bangsa kita punya budaya, seperti jawa dengan nilai-nilai luhur dan dapat menerima orang lain siapa pun itu dan dapat hidup berdampingan.

Mengapa bangsa kita mesti bela-belain arab ya, yang budayanya tidak menjunjung kemanusiaan. dan kita mesti bela mati-matian, bangsa yang menyiksa warga negara kita.

dan kalaupun jemaah haji kita kelaparan nggak bisa mereka di salahkan.

gimana kalau kita kembali aja ke nilai-nilai jawa
andi
 
Posts: 3
Joined: Sat Jan 06, 2007 5:23 pm

Postby swatantre » Sun Jan 07, 2007 6:52 pm

Dan, bukan hanya Jawa saja, tetapi juga Bali, Dayak, Batak, Sunda, Papua, Minahasa, dll....
Inget itu.....
Bahkan India, China, Arab boleh2 aja mempertahankan ciri khasnya selama mereka setia dan turut memajukan Indonesia, bukan malah merusaknya atau eksklusif. Yg jadi masalah dan keprihatinan anda disisi ini kan arab yang menjunjung arab lebih dari indonesia dan orang Indo (jawa, misnya) yang lebih membebek ke arab daripada jadi orang jawa/indo kan?
Tapi emang kok, dimana2 arab islam itu selalu bikin onar dan chauvinis, gak disini, di eropa, afrika, australi, china, Indochina, Jepang, Amerika LAtin, AS/Kanada, dll.......
swatantre
 
Posts: 4193
Joined: Thu Jul 20, 2006 7:40 pm
Location: Tanah Suci, dalem Ka'bah

Revival

Postby Eneng Kusnadi » Thu Jan 11, 2007 11:05 pm

Saya sering mengamati fenomena yang terjadi mengenai kebudayaan dan menurut saya banyak sekali terjadi secara fenomenal adalah revival, kebangkitan kebudayaan ibu ( saya pergunakan istilah seperti ini untuk menunjuk kebudayaan asli nenek moyang).

Didunia musik misalnya, banyak terjadi orang mulai mempelajari lagi musik dari suku bangsanya misalnya : orang Arab, mereka bisa dibilang sudah tidak pernah main musik Arab sejak lama, 10 tahun terakhir malah beberapa kelompok, mereka mulai merekonstruksi musik Arab. Seniman Arab mulai bermuculan di Eropa untuk menyelenggarakan konser.

Tidak ketinggalan seniman negri tirai bambu juga yang beberapa alat musiknya yang sudah ditelan jaman di rekonstruksi, juga para akhli merekonstruksi musik musik yang dibuat 2400 tahun yang lalu!!!!!!
Mereka sering konser sana sini, juga grup sirkus tradisional, grup tari tradisionalnya mempertonton kan kebolehan budaya bangsanya.

Di Inggris setiap tahun diadakan festival musik etnis dari seluruh dunia, jadi , jati diri setiap bangsa jelas diperlihatkan kepada audience.

Bahkan musik aborigin yang tidak berubah sejak ribuan tahun juga ditampikan ( walau instrumentnya cuma dua bongkah batu )

Musik jepang modern juga tinggal pop remaja orang jepang sudah banyak meninggalkan kursus piano dan gitarnya, sudah mulai banyak anak-anak jepang belajar Koto dan Biwa, kalau saya teruskan nanti tulisan saya dijiplak orang untuk doctoral thesis.

Back to the point : Saya bukan Orang Jawa, tapi saya sempat mempelajari budaya Jawa yang menurut saya luar biasa, filosofi Timur yang kental dan bijaksana, sayang kalau harus terkontaminasi budaya Arab yang sangat brutal , nyaris tunabudaya.

Beberapa kasus, budaya Jawa bersentuhan dengan budaya Cina malah sealur sejalan, dari Primbon/FengShui lambang naga pada keraton (saya keberatan mempergunakan istilah kesultanan), warna merah yang dipergunakan dlsb justru bagus.

Nah rekan rekan FFI yang dari kalangan manapun, cobalah renungan ini, kita tanya pada diri kita sendiri, Siapakah diri kita???
Kalau sudah mendekati jawaban, tanya lagi, bagaimana seharusnya kita mengambil cara hidup? dll dll dll

Semoga tulisan ini membawa manfaat.
User avatar
Eneng Kusnadi
 
Posts: 2997
Joined: Sat Dec 30, 2006 1:26 pm
Location: Peternakan Unta/Camelot

Postby openyourmind » Fri Jan 12, 2007 10:19 pm

Dulunya orang Indonesia terkenal dalam istilah welas asih (maaf kalo saya salah). Nah sekarang bangsa ini terkenal dengan kebrutalannya sejak terjadi bom-bom didalam negeri yang menghancurkan citra bangsa ini didunia internasional.
User avatar
openyourmind
 
Posts: 3051
Joined: Fri Oct 20, 2006 8:42 am

Postby Ahazveroz » Fri Jan 12, 2007 11:03 pm

kasih poin2 dong hal apa sih yg membuat anda merasa bahwa islam memberikan pengaruh buruk pada nilai2 kebudayaan indonesia

saya pengen tahu neh saya kan muslim
siapa tau bisa murtad
Ahazveroz
 
Posts: 6
Joined: Tue Nov 14, 2006 5:42 pm

Postby Eneng Kusnadi » Fri Jan 12, 2007 11:51 pm

Ahazveroz wrote:kasih poin2 dong hal apa sih yg membuat anda merasa bahwa islam memberikan pengaruh buruk pada nilai2 kebudayaan indonesia

saya pengen tahu neh saya kan muslim
siapa tau bisa murtad


Point point nya banyak mas, monggo kelilingan FFI dijamin puas, ditanggung kenyang banget, terutama yang menyangkut, iihhhhhhhhhhh ngeri ah.
User avatar
Eneng Kusnadi
 
Posts: 2997
Joined: Sat Dec 30, 2006 1:26 pm
Location: Peternakan Unta/Camelot

Postby sapujagad » Sat Jan 13, 2007 12:19 am

Ahazveroz wrote:kasih poin2 dong hal apa sih yg membuat anda merasa bahwa islam memberikan pengaruh buruk pada nilai2 kebudayaan indonesia

saya pengen tahu neh saya kan muslim
siapa tau bisa murtad


contohnya....
bulan puasa, warung makan harus tutup (mana toleransinya pada orang yang "cari rejeki" dan orang yang nggak puasa?)

bersalaman dengan orang non muslim, HARAM (mana rasa "sesama manusia"nya?)

mengucapkan selamat natal, HARAM (mana toleransinya?)

pagi2 sudah teriak2 pakai TOA ,mengganggu orang tidur (mana tepo sliro-nya?)

itu saja sudah cukup menggambarkan kalau "budaya islam" bukanlah budaya yang 'mensejahterakan"
User avatar
sapujagad
 
Posts: 513
Joined: Fri Oct 06, 2006 11:08 pm
Location: indonesia

Postby Fajar K » Wed Jan 17, 2007 9:15 am

Jadi orang Jawa non Muslim ... susah. Tetap saja dimusuhin oleh banyak saudara se-etnis yang beragama Islam. (terutama yang menghendaki kemurnian)
User avatar
Fajar K
 
Posts: 543
Joined: Sat Jul 15, 2006 10:12 am
Location: The Secret Garden

Postby Laurent » Wed Jan 17, 2007 9:59 am

yg jelas Islam sebenarnya nggak cocok buat kultur Indonesia, tak heran jika Agama Hindu & budha bangkit kembali di Indonesia
Laurent
 
Posts: 6161
Joined: Mon Aug 14, 2006 9:57 am

Postby Laurent » Wed Jan 17, 2007 10:11 am

Jangan lupa juga Islam masuk ke Jawa tdk dgn damai tapi dgn Kekerasan. Itu sdh dibuktikan dgn Serat Darmogandul
Laurent
 
Posts: 6161
Joined: Mon Aug 14, 2006 9:57 am

Postby swatantre » Thu Feb 15, 2007 1:45 pm

Laurent wrote:Jangan lupa juga Islam masuk ke Jawa tdk dgn damai tapi dgn Kekerasan. Itu sdh dibuktikan dgn Serat Darmogandul


Iya tuh. Eh gw udah masukin bahan tambahan ke thread darmogandhul.... PAda kasih tanggapan dooong......
swatantre
 
Posts: 4193
Joined: Thu Jul 20, 2006 7:40 pm
Location: Tanah Suci, dalem Ka'bah

Postby shoeslover » Tue Jun 19, 2007 7:49 pm

Penyegaran Thread

Poll-nya kurang tuh.....
masa no 3 hanya lain-lain ?
Harusnya ditambahin / Koreksi
3. WNI Keturunan
4. Blasteran / Rambon ( punya dua keWargaNegara-an )
5. Lain-lain
User avatar
shoeslover
 
Posts: 417
Joined: Tue May 22, 2007 11:12 pm
Location: Sarkem/Pasar Kembang

Re: Jawa atau Islam

Postby drinz » Sat Mar 30, 2013 2:01 am

WONG JOWO ILANG JOWONE.......

JAWI JIWO LAN JIWINE..........

JOWO DIGOWO, ARAB DIGARAP, BARAT DIRUWAT............
User avatar
drinz
 
Posts: 301
Joined: Wed Aug 17, 2011 12:04 am

Re: Jawa atau Islam

Postby swatantre » Sat Mar 30, 2013 9:37 pm

Ngapain orang Jawa masih ikut islam ?? Menurunkan derajat jd manusia tanggung... Di arab dianggap budak, sama orang malon aja seislam2nya jawa masih dianggap hindu... yg berarti kapir kolopir di bawah derajat muslim (karena islam pada dasarnya rasis dan apartheid...) :finga:

Jawa wurung, landa durung, islam kadhung, neng arab malah dipenthung lan digantung...


Nestapa dan nista bener dah masyarakat yg sudah menggadaikan kehidupannya ke bawah penjajahan diving...
swatantre
 
Posts: 4193
Joined: Thu Jul 20, 2006 7:40 pm
Location: Tanah Suci, dalem Ka'bah


Return to Islam vs Agama & Peradaban Lain



Who is online

Users browsing this forum: No registered users