Page 20 of 22

Re: mari bandingkan tuhan siapa yang lebih hebat

PostPosted: Thu Dec 19, 2013 5:16 pm
by CrimsonJack
Tuhan itu sempurna kan?

Para penganut Buddha berusaha mendekati [kesempurnaan/Tuhan] dengan perbuatan mereka.

Ngomong2 sudah baca Tripitaka belom?

Re: mari bandingkan tuhan siapa yang lebih hebat

PostPosted: Thu Dec 19, 2013 9:38 pm
by JANGAN GITU AH
@IA

jadi menurut ente, tuhan itu apa? (mengulang pertanyaan sundamurtat)

kayaknya ente bakal pasang jurus jungkir balik nih...hihihi :lol:

Re: mari bandingkan tuhan siapa yang lebih hebat

PostPosted: Tue Dec 24, 2013 4:07 pm
by fayhem_1

Re: mari bandingkan tuhan siapa yang lebih hebat

PostPosted: Tue Dec 24, 2013 9:54 pm
by qprim
@atas:

Ha2x, kalo menurut saya sih TS nya memang dari awal memang gak niat untuk menetapkan paramater yang jelas utk diskusi di thread ini. Memang niatnya bukan diskusi serius sesuai judul yg dibuat.
Paling2x tujuan si TS cuman 2. Pertama, supaya netter2x kafirun OOT ke agama laen (terutama ke agama sebelah) dan ditegur sm mod. Kedua, TS sengaja mancing2x untuk di banned sama mod krn terlalu banyak OOT ke agama lain, supaya dia bisa koar2x di forum lain kalo di sini dibanned krn kafirun kalah debat.

Soal thread baru yang anda bikin, mana mau muslim2x masuk ke situ.........

Re: mari bandingkan tuhan siapa yang lebih hebat

PostPosted: Wed Dec 25, 2013 11:40 am
by fayhem_1
qprim wrote:Soal thread baru yang anda bikin, mana mau muslim2x masuk ke situ.........

haha sapa tau ada yg nongol bro, namanya jg insyaaloh
memang sepi muslim saat ini, dah pada kabur semua

Re: mari bandingkan tuhan siapa yang lebih hebat

PostPosted: Thu Dec 26, 2013 5:43 pm
by shara
fayhem_1 wrote:haha sapa tau ada yg nongol bro, namanya jg insyaaloh
memang sepi muslim saat ini, dah pada kabur semua


kabuurrr para COCOKMOLOGI ISLAM-ER...meraka takut untuk masuk lebih jauh karena takut kena AZAB namun anehnya mereka meCOCOKkan saja tapi mereka tidak kena AZAB. :rolling:

Re: mari bandingkan tuhan siapa yang lebih hebat

PostPosted: Wed Jan 01, 2014 1:40 pm
by paradiso
Di hari penghakiman akhir muslim2 dan ente Insya allah :

Muslim : "TUHAN..TUHAN... bukankah aku sudah memanggil Nama MU (allahhuakbar!!), berseru dengan kalimat Mu (lailahailallah)??? berbuat baik dan amal demi Nama-MU, berpuasa dan Ibadah demi Rahmat MU, membunuh, menganiaya, berbohong, berjihad, merampas kafir-kafir demi Engkau, membela agama, nabi mohmed dan kitab quran demi nama MU???"

TUHAN Semesta Alam : "AKU tidak mengenal engkau!!! Enyahlah dari hadapanku hai kamu pembuat kejahatan!(DOSA) dan hukuman kekal menjadi bagianmu, Sebab FIRMANKU lah yang menjadi saksi akan engkau.....!"

Muslim : "TUHAN bukankah aku sudah menuruti semua perintah dan perkataan kitab MU? kitab quran itu???"

TUHAN Semesta Alam : "Di kitab karangan mu ada tertulis tentang AKU, tetapi mengapa engkau menyangkalnya?" Dapatkah satu orang mempunyai dua tuan sekaligus??? satu berkata KEBENARAN dan yang satu berkata DUSTA! Dapatkah Terang dan Gelap itu menyatu?? (lihat kontradiksi ayat2 quran di mekkah dan madinah).

TUHAN Semesta Alam : "dapatkah engkau menyembah dua tuan sekaligus? engkau menyembah TUAN yang berdiri atas Kebenaran dan engkau menyembah tuan yang berdiri atas dusta? siapakah tuan yang berdiri atas dusta itu? dialah yang sejak semula hendak menyesatkan manusia, dengan segala penyesatannya melalui kejahatan-kejahatan dosa".

TUHAN Semesta Alam : "engkau membaca dari kitab karanganmu dan mempercayai cerita tentang orang-orang pilihan KU yaitu para Nabi dan orang-orang kudus KU, diantara mereka ada satu penyesat yang hendak menyamai orang-orang kudus KU dan para Nabi KU, dialah penyesat itu yang namanya sedikit disebut dalam kitab karanganmu, yang mengajarkan engkau perbuatan-perbuatan cabul dan sesat, yang hidup menuruti hawa nafsunya, yang mengira AKU lah yang mengutus Malaikat KU kepadanya, tetapi AKU tidak sekalipun mengutus Malaikat KU , dia tidak mengenal AKU yang adalah TUHAN atas kehidupannya dan tidak mengenal Jalan KU, sekiranya dia mengenal AKU yang adalah TUHAN, dia berbicara mengenai AKU dan hidup menurut FIRMAN KU, tetapi dia si penyesat itu menyangkal AKU dan Kebenaran KU dan menyangkal YESHUA yang telah dilahirkan, diwafatkan dan dibangkitkan kembali.
Dan engkau mempercayai perkataan yang ditulis dari penyesat itu, dapatkah suatu kebenaran itu berdiri di atas dua kesaksian yang berbeda dan bertentangan?"

TUHAN Semesta Alam : "Murka KU berlaku atas mu, hai engkau pembuat kejahatan! dapatkah engkau membantah FIRMANKU yang telah menjadi saksi bagi mu dan saksi bagi seluruh bangsa bangsa di bumi?"

TUHAN Semesta ALAM : "Enyahlah engkau dari hadapan KU, AKU tidak mengenal engkau, namamu tidak tertulis di kitab kehidupan KU, Nyala Api Murka KU yang menjadi bagian MU dan Kegelapanlah yang menjadi hari-harimu selama-lamanya"



Selamat mencari kebenaran.... insya allah....

mari bandingkan tuhan siapa yang lebih hebat
Mirror
Faithfreedom forum static

Re: mari bandingkan tuhan siapa yang lebih hebat

PostPosted: Sun Feb 02, 2014 7:15 pm
by zulfaqor
[quote="fayhem_1"]Percuma bahas thread ini, postinganmu aja ga jujur

1. km lupa atau sengaja ga menampilkan bahwa Tuhan kristen bangkit dari dead dan naik ke surga
Isa al masih di angkat kelangit oleh Allah swt , dan isa akan turun lagi saat kiamat nanti.
2. km lupa menyebut kalo aloh islam bekerja mengatur dunia ini siang malam, dari hari kehari tanpa henti sehingga kalo aloh tidak ada, apa jadinya dunia ini ?
Itu pengakuan bahwa Allah benar-benar tuhan seluruh alam , Dia tidak pernah tidur , apakah "sesembahan" kristen mampu untuk melakukannya ? Sedangkan menepis serangan tentara romawi saja tidak bisa

Re: mari bandingkan tuhan siapa yang lebih hebat

PostPosted: Sun Feb 02, 2014 8:05 pm
by zulfaqor
Mana katanya halal lagi, soalnya mintanya bukan ke yang bathil tapi ke jin muslim / Walisongo muslim / kotak item muslim dll dll.[/quote]

Kata siapa halal ? Minta sesuatu itu hanya pada Tuhan, Tuhan memberinya lewat perantaraan. Yg mereka lakukan itu salah
Mana ada pemuka agama yg menganjurkan minta-minta ke makam, kepada jin , dll

Re: mari bandingkan tuhan siapa yang lebih hebat

PostPosted: Mon Feb 03, 2014 1:08 am
by Mahasiswa98
fayhem_1 wrote:Percuma bahas thread ini, postinganmu aja ga jujur

zulfaqor wrote:1. km lupa atau sengaja ga menampilkan bahwa Tuhan kristen bangkit dari dead dan naik ke surga
Isa al masih di angkat kelangit oleh Allah swt , dan isa akan turun lagi saat kiamat nanti.
2. km lupa menyebut kalo aloh islam bekerja mengatur dunia ini siang malam, dari hari kehari tanpa henti sehingga kalo aloh tidak ada, apa jadinya dunia ini ?
Itu pengakuan bahwa Allah benar-benar tuhan seluruh alam , Dia tidak pernah tidur , apakah "sesembahan" kristen mampu untuk melakukannya ? Sedangkan menepis serangan tentara romawi saja tidak bisa


Sebelum ngomong gak jelas lebih baik kamu bawa dahulu bukti bahwa allah swt mu itu adalah ALLAH yang SEJATI. :green:
bawa kemari bukti tanpa harus melihat ke agama tetangga.

Re: mari bandingkan tuhan siapa yang lebih hebat

PostPosted: Tue Feb 04, 2014 1:40 am
by fayhem_1
zulfaqor wrote:
1. km lupa atau sengaja ga menampilkan bahwa Tuhan kristen bangkit dari dead dan naik ke surga
Isa al masih di angkat kelangit oleh Allah swt , dan isa akan turun lagi saat kiamat nanti.
2. km lupa menyebut kalo aloh islam bekerja mengatur dunia ini siang malam, dari hari kehari tanpa henti sehingga kalo aloh tidak ada, apa jadinya dunia ini ?
Itu pengakuan bahwa Allah benar-benar tuhan seluruh alam , Dia tidak pernah tidur , apakah "sesembahan" kristen mampu untuk melakukannya ? Sedangkan menepis serangan tentara romawi saja tidak bisa

1. Tidak lupa, tidak aq katakan karena km dan aq berbeda pendapat soal itu. Aq berpendapat bahwa mati terus bangkit tidak merendahkan Tuhan, karena Tuhan kasih contoh nyata bagi kita manusia, bahwa ada kehidupan setelah kematian, bahwa kematian bisa dikalahkan. Tapi tentunya km tidak setuju dengan pendapatku bukan ?

Oleh karenanta aq pilih sesuatu yang kita berdua anggap hal itu sebagai sesuatu yang hebat. Contoh, menciptakan matahari, km dan aq pasti berpendapat kalo menciptakan matahari itu hebat bukan ?
Demikian juga dengan kemampuan membunuh roh, km dan aq tentunya menganggap membunuh roh itu hebat. So, bisakah alohswt melakukannya ? tidak bisa bung


2. Tidak lupa, karena itulah alohswt itu jongos.
Gini, temanmu kerja lembur ampe jam 9 malam, apa km tidak bisa melakukan itu ?? tentu bisa bukan ?
Jadi kalo alohswt kerja seharian ga pernah henti tentu saja Tuhan sebelah itu bisa melakukan juga. Hanya saja Tuhan sebelah berpikir, Dia lebih pinter dari alohswt, Dia telah menciptakan suatu sistem otomatis sehingga Dia tidak perlu lagi bekerja sepanjang waktu, tidak perlu lagi mengatur terbitnya matahari dll, karena semuanya dibuat otomatis.

Manusia bisa membuat sistem otomatis, kenapa Tuhan tidak bisa ??
So, alohswt jauh lebih rendah dari Tuhan sebelah

Re: mari bandingkan tuhan siapa yang lebih hebat

PostPosted: Tue Feb 04, 2014 2:50 pm
by CrimsonJack
fayhem_1 wrote:Manusia bisa membuat sistem otomatis, kenapa Tuhan tidak bisa ??
So, alohswt jauh lebih rendah dari Tuhan sebelah

Lebih cocok dibilang lebih rendah daripada manusia.

Re: mari bandingkan tuhan siapa yang lebih hebat

PostPosted: Tue Feb 04, 2014 6:50 pm
by fayhem_1
fayhem_1 wrote:Manusia bisa membuat sistem otomatis, kenapa Tuhan tidak bisa ??
So, alohswt jauh lebih rendah dari Tuhan sebelah

CrimsonJack wrote:Lebih cocok dibilang lebih rendah daripada manusia.

Haha ya betul,
saat ini kita sedang santai minum kopi, eh alohswt masih kerja haha
bahkan pernah saat terciptanya malaikat maut kalo ga salah, semua malaikat pingsan 1000 hari, kebayang deh repotnya alohswt kerja sendirian :D

Re: mari bandingkan tuhan siapa yang lebih hebat

PostPosted: Tue Feb 04, 2014 9:04 pm
by Mahasiswa98
fayhem_1 wrote:Manusia bisa membuat sistem otomatis, kenapa Tuhan tidak bisa ??
So, alohswt jauh lebih rendah dari Tuhan sebelah

CrimsonJack wrote:Lebih cocok dibilang lebih rendah daripada manusia.

fayhem_1 wrote:Haha ya betul,
saat ini kita sedang santai minum kopi, eh alohswt masih kerja haha
bahkan pernah saat terciptanya malaikat maut kalo ga salah, semua malaikat pingsan 1000 hari, kebayang deh repotnya alohswt kerja sendirian :D


setuju banget, udah bagus di ciptakan sebagai entitas 4 deminsi eh malah songgong sama yang ciptain wkkwkwkkw
karena bikin ulah sama manusia di hukum dan kepalanya di injak sama perempuan pula wkwkwkwkw
makin tambah besarkan kemaluanya? hahhaha aduh helel helel belagu sih loe hahhaa sekarang loe kirim pengilut loe ya udah kita tabokin dah hahahha ahahhaa ah :rolling: :rolling: :rolling:

Re: mari bandingkan tuhan siapa yang lebih hebat

PostPosted: Tue Feb 04, 2014 11:23 pm
by zulfaqor
Demikian juga dengan kemampuan membunuh roh, km dan aq tentunya menganggap membunuh roh itu hebat. So, bisakah alohswt melakukannya ? tidak bisa bung

Kamu tau dari mana Dia tidak bisa ? Dia lah Maha menghidupkan dan Maha mematikan karena Dia yg menciptakan alam semesta ini.

2. Tidak lupa, karena itulah alohswt itu jongos.

Tolong yg sopan , aku netter baru disini . Tunjukkan forum ini berkualitas bagi yg mau murtad dan tunjukkan pribadimu yg baik

Gini, temanmu kerja lembur ampe jam 9 malam, apa km tidak bisa melakukan itu ?? tentu bisa bukan ?
Jadi kalo alohswt kerja seharian ga pernah henti tentu saja Tuhan sebelah itu bisa melakukan juga. Hanya saja Tuhan sebelah berpikir, Dia lebih pinter dari alohswt, Dia telah menciptakan suatu sistem otomatis sehingga Dia tidak perlu lagi bekerja sepanjang waktu, tidak perlu lagi mengatur terbitnya matahari dll, karena semuanya dibuat otomatis.

Bekerja itu gambarannya tidak seperti manusia yg bekerja lalu mengeluarkan keringat , kelelahan, dll. Bukan kah Tuhan berbeda dari makhluknya ?

mari bandingkan tuhan siapa yang lebih hebat
Mirror: mari bandingkan tuhan siapa yang lebih hebat
Faithfreedompedia static

Re: mari bandingkan tuhan siapa yang lebih hebat

PostPosted: Wed Feb 05, 2014 12:31 am
by gema
zulfaqor wrote:
Bekerja itu gambarannya tidak seperti manusia yg bekerja lalu mengeluarkan keringat , kelelahan, dll. Bukan kah Tuhan berbeda dari makhluknya ?


Sebelum ente ngebacot diforum ini ada baiknya putar-putar dulu diRC sini, jadi ngak asal jablak aja.
Baca dulu topic ini gi..!!http://indonesia.faithfreedom.org/forum/bagaimanakah-bentuk-allah-swt-itu-t54124/

Re: mari bandingkan tuhan siapa yang lebih hebat

PostPosted: Wed Feb 05, 2014 8:33 am
by fayhem_1
fayhem wrote:Demikian juga dengan kemampuan membunuh roh, km dan aq tentunya menganggap membunuh roh itu hebat. So, bisakah alohswt melakukannya ? tidak bisa bung

zulfaqor wrote:Kamu tau dari mana Dia tidak bisa ? Dia lah Maha menghidupkan dan Maha mematikan karena Dia yg menciptakan alam semesta ini.

mematikan apa ? mematikan tubuh manusia iya, mematikan bintang iya, bukan rohnya

An-Nahl 16: 70
“Allah yang menciptakan kamu, kemudian Dia mematikan kamu, ada pula antara kamu yang dikembalikan Nya kepada peringkat umur yang sangat lanjut sehingga dia menjadi tidak ingat akan sesuatu yang telah diketahuinya, sesungguhnya Allah Maha Mengetahui, lagi Maha Berkuasa.”

Dalam surah tsb jelas yang dimaksud adalah mematikan tubuh / menghentikan umur manusia
Dalam neraka islam, tidak ada yg namanya pemusnahan jiwa, yg ada adalah manusia yg disiksa selamanya
fayhem wrote:2. Tidak lupa, karena itulah alohswt itu jongos.


zulfaqor wrote:Tolong yg sopan , aku netter baru disini . Tunjukkan forum ini berkualitas bagi yg mau murtad dan tunjukkan pribadimu yg baik

Lha saat km santai minum kopi, baca koran, ngegame atau apalah, bukankah alohswt masih bekerja ? Sama saja kan dengan pembantu / kuli yang kerjanya lebih lama dari majikannya ?


fayhem wrote:Gini, temanmu kerja lembur ampe jam 9 malam, apa km tidak bisa melakukan itu ?? tentu bisa bukan ?
Jadi kalo alohswt kerja seharian ga pernah henti tentu saja Tuhan sebelah itu bisa melakukan juga. Hanya saja Tuhan sebelah berpikir, Dia lebih pinter dari alohswt, Dia telah menciptakan suatu sistem otomatis sehingga Dia tidak perlu lagi bekerja sepanjang waktu, tidak perlu lagi mengatur terbitnya matahari dll, karena semuanya dibuat otomatis.


zulfaqor wrote:Bekerja itu gambarannya tidak seperti manusia yg bekerja lalu mengeluarkan keringat , kelelahan, dll. Bukan kah Tuhan berbeda dari makhluknya ?

Yang bilang kerja harus mengeluarkan keringat dan kelelahan itu sapa ?
Kasih perintah2 saja yg tidak mengeluarkan keringat dan kelelahan itu juga merupakan kerja

Yang ingin aq katakan adalah, km yang sejenis dengan temanmu, tentu saja bisa melakukan kerja lembur
Demikian juga dengan Tuhan, mau kerja berapa lama pun Dia bisa, tapi buat apa kerja begitu lama kalo bisa menciptakan sistem otomatis ?
Itu bukan soal kehebatan, tapi soal lamanya waktu kerja

Re: mari bandingkan tuhan siapa yang lebih hebat

PostPosted: Thu Feb 06, 2014 7:53 pm
by lionheart
Yth admin.. Tlng jangan d hapus ya?? Sorry ini cuma mau sedikit meluruskan manusia ini.. Saya mau memberi beberapa ayat..

Allah tidak beranak dan tidak kawin.. Itu benar bung.. Kita menyebut Yesus adalah Anak Allah.. Apa itu berarti Yesus Anak biologis Allah?? D sini saya mau bilang kamu ****..

Ini ketentuan Allah! Saya ambil dr perjanjian lama atau tanakh ibrani kitab bangsa Yahudi..!

Mazmur 2:7
Aku mau menceritakan tentang ketetapan TUHAN;
Ia berkata kepadaku: "Anak-Ku engkau! Engkau
telah Kuperanakkan pada hari ini.

*apa itu berarti Allah melahirkan??? Pikir ya bung.. Jngn artikan secara harafiah..

Kenapa di sebut anak? Cuma itu satu"nya kata yang tepat untuk menggambarkan Dia.. Dia di sebut anak, itu Allah yang bilang sendiri bukan kami yang menentukan..

Lagian sekarang kalau Allah mau seperti itu, apa Ia tidak bisa?? Kamu menganggap bahwa tubuh manusia itu najis sehingga lahir lewat peranakan itu tidak mungkin dilakukan Tuhan..

Pertama km pikir siapa maria itu dia perempuan yang suci yg masih perawan..

kedua, najis itu perbuatan.. Ciptaan Allah TIDAK ADA yang najis..!!

Tubuh kamu itu Allah yang menciptakan.. Yang buat najis itu perlakuan kamu pada tubuh kamu sendiri..

Untuk soal kelbangkitan kamu sebut zombie?? Itu ketetapan Allah sendiri klo Yesus harus seperti itu.. Dia harus menderita dan mati di salib.. Catat yah bung..? Ini KETETAPAN Allah..

klo mau nanya lebih lanjut PM..! Karna ini bukan forum kristen..

mari bandingkan tuhan siapa yang lebih hebat
Mirror: mari bandingkan tuhan siapa yang lebih hebat
Faithfreedompedia static

Re: mari bandingkan tuhan siapa yang lebih hebat

PostPosted: Thu Feb 06, 2014 8:29 pm
by lionheart
Trus bung insyaalloh bilang ketetapan Allah tak dapat d ganggu gugat bukan?? Yesus memang harus mengalami itu semua.. Tp dia tetap adalah Tuhan.. Antum mau ana ajarin ketentuan Allah pake Tanakh ibrani??? Gk usah pake injil.. Murid" Yesus dulu juga ngajar pake tanakh ibrani.. Sambil nunjukin nubuat" tentang Yesus.. Antum mau ngeles dari ketentuan Allah??? :v hai idiot? :v

Re: mari bandingkan tuhan siapa yang lebih hebat

PostPosted: Fri Apr 04, 2014 8:41 pm
by Insya Allah
sundamurtat wrote:
saya malah jadi penasaran sama pekerjaan ente, sesibuk apa sih ente sampe 5 menit pun ga bisa mampir balas post sama sekali di FFI..
kerja full time, pulang kerja langsung tidur, bangun kerja full time pulang kerja langsung tidur. Atau jangan2 saking rendahnya IQ ente, sampai balas posting seuprit gitu aja perlu mikir berjam-jam.


suka-suka sayalah.. memang kerjaan saya cuman mengunjungi forum ini dan menjilat-jilat telapak kaki adadeh,duladi dan ali sina.. seperti kalian? cuih


sundamurtat wrote:otakmu itu ada ga sih sebetulnya? gw ngomong apa jawabnya muter itu lagi2 kayak orang mabok yg ga bisa mendengar penjelasan orang..


terserah-terserah... iya saya tidak punya otak O:)



sundamurtat wrote:mana buktinya semua buddhis berpendapat seperti itu? dan tunjukkan ayatnya di Tripitaka yang menjelaskan kalau pendapat gw salah.. \:D/


sebetulnya ini sudah saya jelaskan ratusan kali di halaman sebelumnya.. yaaah biar pembaca yang menilai lah..



Tidak ada PENJELASAN sama sekali tentang Sang Pencipta dalam agama Buddha. Namun, banyak orang melakukan penafsiran terhadap pandangan Buddha tentang pencipta. Kebanyakan dari mereka menggunakan cuplikan kitab Udana VII:8. Tapi sebenarnya jika kitab itu dibaca secara utuh, kitab itu sebenarnya berbicara tentang nibbana bukan tentang Sang Pencipta/Tuhan.

karena itulah, ayat udana VII:8 bisa diinterpretasikan dengan maksud yang lain.. makanya saya minta minimal 6 ayat tentang tuhan yang jelas dan benar serta tidak dapat diinterpretasikan sebagai maksud yang lain.. namun nyata nya, TIDAK ADA satupun ayat yang berhubungan tentang tuhan dalam tripitaka.

"sundamurtat :Ketuhanan Yang Mahaesa dalam bahasa Pali adalah Atthi Ajatang Abhutang Akatang Asamkhatang yang artinya "Suatu Yang Tidak Dilahirkan, Tidak Dijelmakan, Tidak Diciptakan dan Yang Mutlak". Dalam hal ini, Ketuhanan Yang Maha Esa adalah suatu yang tanpa aku (anatta), yang tidak dapat dipersonifikasikan dan yang tidak dapat digambarkan dalam bentuk apa pun

mana buktinya? jangan hanya copas dari wikipedia saja.. mana buktinya bahwa Atthi Ajatang Abhutang Akatang Asamkhatang artinya adalah tuhan?

kok bertentangan dengan jawaban rekan buddha yang lain =

Bro heng ji,

Yang dimaksud dengan "Atthi Ajatang Abhutang Akatang Asamkhatang" ini adalah kondisi setelah parinibbana untuk para Buddha dan Arahat.
Ada yang mengartikan itu sebagai "Ketuhanan" dalam agama Buddha. IMHO itu bukan. "Ketuhanan" itu dibuat hanya utk memenuhi syarat agar Agama Buddha sesuai dengan Pancasila Indonesia.

Sang Buddha memang bukan awal dan juga memang bukan akhir, beliau juga masih belum yang Mutlak. Tapi beliau bukan ciptaan "Nya" karena "Atthi Ajatang Abhutang Akatang Asamkhatang" itu tidak ada campur tangan/berhubungan dengan kita.
Beliau menggunakan kata "kita" karena itu mewakili mahluk yang masih berkondisi, termasuk Sang Buddha. Setelah parinibbana Sang Buddha dan para arahat menjadi tak berkondisi, "Atthi Ajatang Abhutang Akatang Asamkhatang".

sumber = http://groups.yahoo.com/group/Dharmajala/message/6166

apa aliran buddha mu berbeda dengan aliran buddha lain? aliran apa sih anda? theravada? sundavardhamurtat?