.

keputusan MA Malaysia, non muslim ga boleh make kata Allah

Perkembangan dan penerapan Islam dalam masyarakat dan budaya Malaysia dan Brunei.

keputusan MA Malaysia, non muslim ga boleh make kata Allah

Postby Akris » Tue Jun 24, 2014 8:17 am

MA Malaysia: Non-Muslim Dilarang Gunakan Kata "Allah"

AFP
Perselisihan soal penggunaan kata "Allah" oleh umat non-Muslim, khususnya Kristen, sudah muncul di Malaysia sejak 2008.
Senin, 23 Juni 2014 | 12:03 WIB

PUTRAJAYA, KOMPAS.COM — Mahkamah Agung Malaysia, Senin (23/6/2014), menolak gugatan orang-orang Kristen untuk memperolah hak menggunakan kata "Allah". Putusan itu mengakhiri sengketa hukum bertahun-tahun yang telah menyebabkan ketegangan agama di negeri jiran itu.

Gereja Katolik Malaysia telah berusaha untuk menentang larangan pemerintah terhadap penggunaan kata itu untuk menyebut Tuhan dengan kata bahasa Arab "Allah" dalam edisi bahasa Melayu dari harian Katolik, Herald.

Namun, panel yang terdiri dari tujuh hakim di ibu kota administratif Putrajaya menetapkan bahwa putusan pengadilan yang lebih rendah telah sesuai dengan posisi pemerintah. Dengan demikian, kalangan non-Muslim dilarang untuk menggunakan kata "Allah".

"(Pengadilan Tinggi) telah menerapkan putusan yang benar dan tidak ada ruang bagi kami untuk mengubah (putusan itu)," kata Ketua Mahkamah Agung Arifin Zakaria. "Karena itu, permohonan ditolak."

S Selvarajah, salah satu pengacara pihak gereja, mengatakan, putusan itu berarti akhir dari sengketa pengadilan. "Ini sebuah larangan. Orang non-Muslim tidak boleh menggunakan kata itu," katanya kepada AFP.

Di luar pengadilan, jelang putusan itu, sekitar seratus aktivis Muslim berteriak "Allahu Akbar" dan memegang spanduk bertulis "Bersatu untuk membela nama Allah".

Sengketa itu pertama kali pecah pada tahun 2007 ketika Kementerian Dalam Negeri Malaysia mengancam akan mencabut izin penerbitan Herald karena menggunakan kata bahasa Arab itu dalam terbitan edisi bahasa Melayu.

Gereja berupaya lewat jalur pengadilan untuk menentang larangan itu. Gereja Katolik beralasan kata "Allah" telah digunakan selama berabad-abad dalam Alkitab bahasa Melayu dan literatur lain untuk menyebut "Allah" di luar Islam.

Namun, pihak berwenang mengatakan, penggunaan kata "Allah" dalam literatur non-Muslim bisa membingungkan umat Islam dan menarik mereka untuk pindah agama, sesuatu yang merupakan kejahatan di Malaysia.

Sebuah pengadilan banding pada Oktober lalu menegaskan kembali larangan itu, mematahkan putusan pengadilan yang lebih rendah pada 2009 yang berpihak kepada gereja.

Source : http://internasional.kompas.com/read/20 ... Kata.Allah.
Mirror: keputusan MA Malaysia, non muslim ga boleh make kata Allah
Twitter Logo Follow Twitter: @ZwaraKafir
Faithfreedompedia
User avatar
Akris
 
Posts: 249
Joined: Mon Aug 24, 2009 10:12 pm

Re: keputusan MA Malaysia, non muslim ga boleh make kata All

Postby duren » Tue Jun 24, 2014 10:58 am

Ganti aja pake PANJUL
User avatar
duren
 
Posts: 11124
Images: 14
Joined: Mon Aug 17, 2009 9:35 pm

Re: keputusan MA Malaysia, non muslim ga boleh make kata All

Postby angky » Tue Jun 24, 2014 11:24 am

Akris wrote:penggunaan kata "Allah" dalam literatur non-Muslim bisa membingungkan umat Islam dan menarik mereka untuk pindah agama,


Moso sih iman muslim serendah itu??? kekekekkeke, kata allah pertama kali dipakai justru bukan oleh muslim tapi orang pagan dan nasrani.

Tapi mungkin ini jalan keluar bagi kita untuk menerangkan bahwa TUHAN nya Abraham, Isak, Jakub, Musa, Daud dan Salomo BERBEDA dengan Tuhan nya Islam. :finga:
Mirror 1: keputusan MA Malaysia, non muslim ga boleh make kata Allah
Twitter Logo Follow Twitter: @ZwaraKafir
Faithfreedompedia static
angky
 
Posts: 3354
Joined: Wed Aug 18, 2010 11:11 am

Re: keputusan MA Malaysia, non muslim ga boleh make kata All

Postby kuisa » Tue Jun 24, 2014 2:52 pm

duren wrote:Ganti aja pake PANJUL

tanya dulu ama panjul, boleh pake namanya nggak? :)
kuisa
 
Posts: 706
Joined: Mon May 05, 2014 12:33 pm

Re: keputusan MA Malaysia, non muslim ga boleh make kata All

Postby duren » Tue Jun 24, 2014 4:52 pm

kuisa wrote:tanya dulu ama panjul, boleh pake namanya nggak? :)

Cepatlah dikau gugel keyword ini " Duladi Panjul "
User avatar
duren
 
Posts: 11124
Images: 14
Joined: Mon Aug 17, 2009 9:35 pm

Re: keputusan MA Malaysia, non muslim ga boleh make kata All

Postby buncis hitam » Tue Jun 24, 2014 11:10 pm

Yang gw heran ialah kenapa para non-muslim terutama yang kresten di sono kagak pindah aja ke negara laen yang lebih menghargai hak2 mereka ketimbang tetep terus tinggal di malaysia yang bisanya cuma memanfaatkan kapir habis itu dibuang??? Apakah mereka tidak punya cukup uang??? Apakah mereka terlalu cinta dengan malaysia?? Apakah dirasa cukup sulit untuk pindah ke negara laen??? Apapun itu gw sebenernya pengen liat gimana kondisi malaysia jika tanpa kapir. :-k
Mirror 1: keputusan MA Malaysia, non muslim ga boleh make kata Allah
Twitter Logo Follow Twitter: @ZwaraKafir
Faithfreedompedia static
User avatar
buncis hitam
 
Posts: 948
Joined: Sun May 13, 2012 9:35 pm
Location: Yang jelas di tempat yang aman jauh dari para jihadis

Re: keputusan MA Malaysia, non muslim ga boleh make kata All

Postby Joe Andmie » Fri Jun 27, 2014 12:13 pm

buncis hitam wrote:Yang gw heran ialah kenapa para non-muslim terutama yang kresten di sono kagak pindah aja ke negara laen yang lebih menghargai hak2 mereka ketimbang tetep terus tinggal di malaysia yang bisanya cuma memanfaatkan kapir habis itu dibuang??? Apakah mereka tidak punya cukup uang??? Apakah mereka terlalu cinta dengan malaysia?? Apakah dirasa cukup sulit untuk pindah ke negara laen??? Apapun itu gw sebenernya pengen liat gimana kondisi malaysia jika tanpa kapir. :-k
Mirror 1: keputusan MA Malaysia, non muslim ga boleh make kata Allah
Follow Twitter: @ZwaraKafir
Faithfreedompedia static

Tenang bro, kafir2 disini sebenarnya merasa aman2 kok, yang meributkan soalan nama itu hanya segelintir .
Untuk apa sebuah nama, Tuhan saya cukup dipanggil Bapa, domba2Ku mengenal suaraKu,dan Aku mengenal suara2 dombaKU.
Malah dilarangnya pemakaian kata allah, islam semakin tersandung. Sayapun lebih senang memakai kata Tuhan.
Mau jadi warga negeri Malay. tak mudah. Pertanda orang Malay itu rata2 berkecukupan.Tak apa sumbang pada muslim,memberi adalah hal yang baik.
Contoh Genting, Las Vegasnya Malay, dan toto Malay bebas berkeliaran , klinik2 Penang dan Kuching tak putus didatangi pasien dari Indo, artis2 mandarin bebas berkarya, untuk sekarang,cukuplah aman.
Tentulah lebih mudah cari ringgit, tengok saja TKI2 yang seludup keMalay.
Mirror 1: keputusan MA Malaysia, non muslim ga boleh make kata All
Twitter Logo Follow Twitter: @ZwaraKafir
Faithfreedompedia static
User avatar
Joe Andmie
 
Posts: 1761
Images: 1
Joined: Mon Jul 04, 2011 6:48 pm
Location: DIBAWAH POHON KELAPA SAWIT

Re: keputusan MA Malaysia, non muslim ga boleh make kata All

Postby kuisa » Fri Jun 27, 2014 2:48 pm

kuisa wrote:tanya dulu ama panjul, boleh pake namanya nggak? :)

duren wrote:Cepatlah dikau gugel keyword ini " Duladi Panjul "

ya udah panjul deh, Panjul B, Panjul A, Panjul R :)
kuisa
 
Posts: 706
Joined: Mon May 05, 2014 12:33 pm


Return to Islam di Malaysia dan Brunei



Who is online

Users browsing this forum: No registered users

cron