.

Turis China dan pegawai hotel diculik di Malaysia

Perkembangan dan penerapan Islam dalam masyarakat dan budaya Malaysia dan Brunei.

Turis China dan pegawai hotel diculik di Malaysia

Postby Laurent » Sat Apr 05, 2014 9:04 am

http://m.merdeka.com/dunia/turis-china- ... aysia.html

Turis China dan pegawai hotel diculik di Malaysia

Reporter : Pandasurya Wijaya

Merdeka.com - Seorang turis perempuan 29 tahun asal Kota Shanghai, China, dan seorang pegawai hotel asal Filipina, 40 tahun, diculik dari sebuah hotel di Singamata Reef Resort, Semporna, Negara Bagian Sabah, Malaysia hari ini.

Saksi menyebutkan enam pria bersenjata diduga pemberontak dari Filipina menculik dua orang itu sekitar pukul 10.30. Mereka kemudian kabur dengan sebuah kapal motor. Turis perempuan itu sempat berteriak minta tolong, seperti dilansir situs asiaone.com, Kamis (3/4).

Rincian peristiwa itu masih belum jelas. Turis perempuan itu dilaporkan sedang mandi di kamar hotelnya ketika pria bersenjata menculiknya dan memaksanya naik ke kapal. Belum diketahui pegawai hotel itu sedang berada di mana ketika dia juga diculik.

Sekitar pukul 11.00 waktu setempat 20 polisi bersenjata tiba di hotel itu dan berjaga-jaga. Pegawai hotel mengatakan para penculik itu diduga pemberontak Filipina.

Di hotel itu ada 61 warga China ketika terjadi insiden penculikan itu.

Polisi kini masih menyelidiki kasus ini.

(mdk/fas)

Turis China dan pegawai hotel diculik di Malaysia


Mirror 1: Turis China dan pegawai hotel diculik di Malaysia
Twitter Logo Follow Twitter: @ZwaraKafir
Faithfreedompedia
Laurent
 
Posts: 6161
Joined: Mon Aug 14, 2006 9:57 am

Re: Turis China dan pegawai hotel diculik di Malaysia

Postby Bigman » Sat Apr 05, 2014 9:26 am

Nyang nyulik ugamanya ape yah???

Mr. Patah Salero & Mr. Insya Allah,
kale nyang bisa kasih tau....! :finga:
User avatar
Bigman
 
Posts: 3240
Joined: Sat Jan 03, 2009 8:19 pm

Re: Turis China dan pegawai hotel diculik di Malaysia

Postby Laurent » Sun Apr 06, 2014 10:27 pm

http://m.merdeka.com/dunia/dua-warga-as ... ipina.html

Dua warga asing diculik di Malaysia ditahan di Filipina

Reporter : Vincent Asido Panggabean

Merdeka.com - Dua perempuan asing yang diculik oleh kelompok bersenjata Abu Sayyaf dari Hotel Singamata Reef Resort di Kota Semporna, Negara Bagian Sabah, Malaysia, tiga hari lalu, dikabarkan masih hidup dan dalam kondisi baik. Keduanya ditahan di sebuah pulau di Filipina Selatan.

Komando Keamanan Sabah Timur (Esscom), Direktur Jenderal Mohammad Mentek mengatakan berdasarkan laporan intelijen, kedua warga yang diculik, yakni seorang warga negara China bernama Gao Huayun, 29 tahun, dan pegawai hotel asal Filipina, Marcy Darawan, dalam kondisi baik, seperti dilansir situs the Star, Sabtu (5/4).

Mentek mengatakan bahwa Esscom telah mengidentifikasi lokasi di mana kedua sandera ditahan serta identitas para penculik.

Salah satu penculik diyakini juga terlibat dalam penculikan seorang wanita asal Taiwan pada 15 November lalu di Pulau Pom Pom, sebuah pulau kecil di Semporna, Sabah.

"Sisanya dikatakan berhubungan dengan insiden penculikan di Pulau Sipadan (dari 21 orang) pada tahun 2000," kata dia dalam dalam sebuah pernyataan kemarin.

"Kami percaya bahwa tindakan dari kelompok penculik untuk tebusan ini aktif dan agresif di Filipina Selatan," ujar Mentek. Dia menjelaskan masyarakat Filipina mungkin telah memberikan informasi kepada kelompok bersenjata itu.

Mentek mengatakan 15 dari pekerja asing di hotel itu telah ditahan karena tidak memiliki dokumen sah.

Dia menjelaskan Departemen Imigrasi Malaysia telah diarahkan untuk melaksanakan penyelidikan penuh dan mengambil tindakan, termasuk menuntut pengelola hotel lantaran mempekerjakan warga asing tanpa dokumen.

"Kami tidak bisa berkompromi lagi. Kami telah memberikan nasihat dan pengingat ke semua pengelola di daerah itu namun banyak dari mereka yang menolak untuk mematuhi," lanjut dia.

Mentek mengatakan sebelum insiden terjadi pada Rabu itu, pasukan keamanan telah berhasil menggagalkan sekitar lima perahu yang mencoba masuk perairan Semporna pada 26 Maret lalu.

"Kehadiran pasukan kami di daerah itu berhasil menghentikan empat kapal yang hendak masuk di perairan Semporna," jelas dia.

Namun, Mentek tidak menjelaskan lebih lanjut apakah perahu kelima adalah salah satu yang digunakan oleh para penculik di Resor Singamata.

Dalam sebuah perkembangan terkait insiden itu, polisi telah menginterogasi empat karyawan resor yang dikatakan telah memberikan informasi kunci terkait tujuh orang dari kelompok bersenjata itu.

Namun, mereka belum menetapkan jika Marcy Darawam, 40 tahun, ditargetkan oleh orang-orang bersenjata.

Komisaris Polisi Sabah, Hamza Taib, menegaskan tiga perempuan dan seorang laki-laki berusia antara 20 tahun sampai 50 tahun telah ditahan untuk diinterogasi.

Dalam insiden itu, Marcy diculik dari kamarnya terlebih dahulu sebelum Gao Huayun.

Turis China dan pegawai hotel diculik di Malaysia
Mirror 1: Turis China dan pegawai hotel diculik di Malaysia
Twitter Logo Follow Twitter: @ZwaraKafir
Faithfreedompedia static
Laurent
 
Posts: 6161
Joined: Mon Aug 14, 2006 9:57 am


Return to Islam di Malaysia dan Brunei



Who is online

Users browsing this forum: No registered users