.

Gereja di Malaysia tetap gunakan kata 'Allah' meski dilarang

Perkembangan dan penerapan Islam dalam masyarakat dan budaya Malaysia dan Brunei.

Gereja di Malaysia tetap gunakan kata 'Allah' meski dilarang

Postby Laurent » Wed Jan 29, 2014 5:25 am

http://m.merdeka.com/dunia/gereja-di-ma ... arang.html

Gereja di Malaysia tetap gunakan kata 'Allah' meski dilarang

Reporter : Vincent Asido Panggabean

Merdeka.com - Gereja-gereja di Malaysia terus melanjutkan penggunaan kata 'Allah' untuk merujuk Tuhan dalam kebaktian Minggu, meskipun para pemimpin negara mayoritas Islam itu mengatakan mereka harus mematuhi aturan yang tidak memperbolehkan mereka menggunakan kata itu.

Warga Kristen berbahasa Melayu berdoa dan menyanyikan lagu-lagu pujian menggunakan kata Arab, sebuah praktik mereka telah lakukan selama ratusan tahun, yang telah memicu ketegangan di negara Asia Tenggara itu, seperti dilansir stasiun televisi Al Arabiya, Minggu (26/1).

"Mereka semua mengandung kata 'Allah'," ujar seorang pastor di sebuah gereja dekat Ibu Kota Kuala Lumpur.

"(Alkitab berbahasa Melayu) berisi kata 'Allah'. Ketika kami ingin memberitakan Alkitab, kami harus membaca sesuai teks. Ini situasi yang benar-benar sulit," lanjut pendeta yang enggan disebutkan namanya itu.

Di bawah tekanan dari konservatif muslim, Perdana Menteri Najib Razak dua hari lalu mengatakan bahwa warga Kristen Malaysia harus memperhatikan peraturan yang melarang mereka dari menggunakan kata 'Allah'.

Warga muslim Melayu mengatakan kata 'Allah' eksklusif untuk Islam dan tidak boleh digunakan oleh warga non-muslim yang menjadi minoritas. Dari 28 juta populasi rakyat Malaysia, lebih dari 60 persennya adalah warga muslim Melayu.

Malaysia memiliki cukup besar etnis China, India, dan masyarakat lainnya. Sementara warga Nasrani ada sekitar 2,6 juta jiwa.

Namun, para pemimpin gereja telah bersumpah untuk tidak mundur.

"Orang-orang Kristen di Malaysia tidak memiliki pilihan selain menggunakan Alkitab bahasa Melayu. Untuk mengatakan mereka tidak dapat menggunakan Alkitab ini, itu sama saja Anda mengatakan 'Kami tidak diperbolehkan menyembah dalam bahasa yang kami inginkan'," ujar Sekretaris Jenderal Dewan Gereja-Gereja Malaysia, Pendeta Hermen Shastri.

Pada 2007 pemerintah Malaysia memerintahkan sebuah surat Kabar mingguan Katolik untuk menghentikan penggunaan kata 'Allah'. Pemerintah berpendapat bahwa mencetak kata itu dalam literatur Kristen bisa membingungkan warga muslim dan bisa membujuk mereka untuk pindah agama, yang ilegal bagi muslim di Malaysia.

Kata 'Allah' juga digunakan oleh muslim Melayu untuk merujuk kepada sang pencipta dalam Islam.

"Kenapa bersikeras? Mereka memiliki pilihan lain. Mereka tidak benar-benar harus menggunakan kata 'Allah' untuk beribadah," ujar ketua kelompok hak asasi warga muslim Pembela, Yusri Mohamad.

"Ini adalah provokasi tidak perlu. Hal ini tidak sehat untuk Malaysia," lanjut dia.

Warga muslim konservatif telah menyarankan agar orang Kristen menggunakan kata-kata Melayu lainnya, seperti 'Tuhan' untuk merujuk kepada Allah.

Malaysia sendiri telah menghindari konflik agama yang berlebihan selama puluhan tahun dan umumnya dipandang sebagai negara muslim moderat.

Tetapi warga non-muslim mulai mengeluhkan apa yang mereka lihat sebagai tumbuhnya intoleransi oleh semakin berpengaruhnya Islam konservatif.

Jemaat Katolik Malaysia berpendapat bahwa kata 'Allah' telah digunakan oleh warga Kristen di Negeri Jiran itu selama ratusan tahun, dan bahwa penggunaan kata itu lebih dahulu dari berdirinya Islam.

Gereja di Malaysia tetap gunakan kata 'Allah' meski dilarang


FFI Alternative
Faithfreedompedia
Laurent
 
Posts: 6161
Joined: Mon Aug 14, 2006 9:57 am

Re: Gereja di Malaysia tetap gunakan kata 'Allah' meski dila

Postby Utbahbinabuwaqqash » Wed Jan 29, 2014 8:05 am

"Kenapa bersikeras? Mereka memiliki pilihan lain. Mereka tidak benar-benar harus menggunakan kata 'Allah' untuk beribadah," ujar ketua kelompok hak asasi warga muslim Pembela, Yusri Mohamad.

betul itu!
Utbahbinabuwaqqash
 
Posts: 1155
Joined: Thu May 27, 2010 10:24 am

Re: Gereja di Malaysia tetap gunakan kata 'Allah' meski dila

Postby NYFGbY » Wed Jan 29, 2014 8:09 pm

..Dasar kristen gemblung, maksa banget pake kata allah.
Ada kata lain yg bisa dipakai, mis pakai kata Elohim, atau kata lain yg setara dgn itu.

..Kalo dari tahun2 lalu ada inisiatif utk tidak menggunakan kata allah, paling tidak saat ini kristen malaysia sudah punya Alkitab tanpa kata allah.

..Mo sampe kapan ngotot pake kata allah?
User avatar
NYFGbY
 
Posts: 658
Joined: Thu Mar 01, 2012 12:30 am
Location: Di puncak Jayawijaya, menjaga agar salju tidak mencair.

Re: Gereja di Malaysia tetap gunakan kata 'Allah' meski dila

Postby buncis hitam » Wed Jan 29, 2014 8:22 pm

Hei kresten malaysia, kalian ngapain masih di malaysia coba hah??? Udah segera tinggalkan saja tuh malaysia busuk daripada kalian diinjek-injek oleh mereka. Malaysia tanpa kalian terutama kapir bakalan jadi negara paling kismin sedunia. Yakin gw sejuta persen. Jadi tinggalkan malaysia rame2 beserta kawan2 kapir kalian yang laen tuh biar jadi kismin tuh malaysia. Toh kalian di situ cuma dianggap sampah doang.
User avatar
buncis hitam
 
Posts: 948
Joined: Sun May 13, 2012 9:35 pm
Location: Yang jelas di tempat yang aman jauh dari para jihadis


Return to Islam di Malaysia dan Brunei



Who is online

Users browsing this forum: No registered users