.

Tekanan Terhadap Minoritas Makin Meningkat

Gambar2 dan Berita2 kekejaman akibat dari pengaruh Islam baik terhadap sesama Muslim maupun Non-Muslim yang terjadi di seluruh dunia.

Tekanan Terhadap Minoritas Makin Meningkat

Postby Laurent » Sat Apr 19, 2014 10:37 am

http://m.tempo.co/read/news/2014/04/15/ ... -Meningkat

SELASA, 15 APRIL 2014 | 05:33 WIB

Tweet 0



Tekanan Terhadap Minoritas Makin Meningkat



TEMPO.CO, Jakarta - Michael Privot, Director of European Network Against Racism (ENAR) mengatakan, komunitas negara-negara Eropa belum mengakui kelompok minoritas. Bahkan, mereka tak bisa mendefinisikan arti minoritas itu sendiri. "Banyak kaum minoritas terbentuk karena adanya perbatasan atau perubahan wilayah. Ada juga minoritas terbentuk karena migrasi para pekerja," kata Michael dalam Seminar Fundamental Rights in the European Union: Lesson Learned for Indonesia di kantor PBNU, Jakarta, Senin, 14 April 2014.

Mengutip Laporan ENAR pada 2012 lalu, dia menjelaskan, adanya peningkatan diskriminasi, intoleransi, dan rasisme terhadap kelompok minoritas. Kelompok minoritas seperti muslim, yahudi, warga keturunan Afrika, dan para imigran meningkat dan menyebar di hampir seluruh negara Eropa.

Sementara, kata privot, kelompok minortas tidak tahu hak-haknya. Hampir 80 persen masyarakat minoritas dunia tidak sadar bahwa mereka memiliki hak untuk dilindungi dan bisa berlindung di bawah payung hukum hak asasi. (Baca: Lima Tantangan Ganjal Pencapaian MDGs ASEAN)

Hal ini, lanjutnya, menyebabkan semakin berperannya kelompok konservatif yang menyudutkan warga minoritas. "Ini berarti ke depannya kelompok konservatif melihat kelompok yang berbeda sebagai ancaman dan hanya sebagai obyek olokan," katanya.

Dia kemudian mencontohkan masih tingginya kasus diskriminasi dan rasisme terhadap kelompok minoritas di Eropa tidak hanya masalah agama tapi juga gender. Di Eropa, kesenjangan gaji yang diterima wanita dan pria mencapai 12 persen. "Kalau melamar kerja di perusahaan Eropa, nama yang terdengar asing berakibat peluang untuk dipanggil pada tahap wawancara hanya sepertiga," ujarnya.

Marwan Muhammad, Collective Against Islamophobia in France membenarkan tingginya kasus rasisme di negara-negara Eropa. Tapi, menurut dia kasus rasisme dan diskriminasi paling sering terjadi di Prancis, terutama terhadap kelompok muslim.

"Di Prancis, fobia terhadap Islam sangat luar biasa. Pria berjenggot saja dianggap teroris dan mengancam keamanan," kata dia. Sepanjang 2013, Collective Against Islamophobia in France mencatat lebih dari 700 kasus-kasus diskriminasi dan intoleransi terhadap kelompok muslim.

Kelompok penganut Islam di Prancis, lanjutnya, dianggap sebagai masalah serius. Karena itulah, perlu ada langkah-langkah perlindungan nyata terhadap kelompok minoritas dari pemerintah di negara yang masih rasisme. Perlindungan tersebut bisa berupa paayung hukum, pendekatan artistik, hingga pendekatan sosial.

ROSALINA

Tekanan Terhadap Minoritas Makin Meningkat


Mirror 1: Tekanan Terhadap Minoritas Makin Meningkat
Twitter Logo Follow Twitter: @ZwaraKafir
Faithfreedompedia
Laurent
 
Posts: 6161
Joined: Mon Aug 14, 2006 9:57 am

Return to Islam /Muslim dlm Gambar Dan Berita Internasional



Who is online

Users browsing this forum: No registered users