Asal Usul Hijab/Jilbab/Burqa

Seluk beluk ttg hak/kewajiban wanita, pernikahan, waris, bentuk2 pelecehan hak2 wanita dlm Islam dll.
Phoenix
Posts: 11175
Joined: Mon Feb 27, 2006 5:33 am
Location: FFI

Post by Phoenix »

Tambahan lagi bung Dunno,

Yang membuat masyarakat Eropa gelisah adalah pada salah satu kesempatan meereka mewawancari salah satu muslim leader di Denmark. Dan saat diwawancarai itulah mereka bilang, bahwa wanita yang tidak memakai jilbab atau burqa maka berarti bahwa wanita tersebut minta diperkosa.

Itulah yang membuat masyarakat Eropa marah ditambah akhir-akhir ini banyak sekali pemerkosaan thd gadis-gadis Eropa yang dilakukan oleh sekelompok arab muslim (gang rape).


Dan mereka sudah berkali-kali mengajukan agar hukum syariah dijalankan di negara Eropa atau Australi. Walaupun utk masyarakat muslim sendiri, hal ini adalah sangat aneh. Karena muslim-mulsim yang lari ke Eropa atau western world adalah mereka yang mencari kebebasan. Namun teteap saja ada beberapa yang berpura-pura sbg pengungsi akhirnya menjadi hakim dan polisi syariat Islam.
Last edited by Phoenix on Sun Mar 19, 2006 11:58 pm, edited 1 time in total.

ali5196
Posts: 17309
Joined: Wed Sep 14, 2005 5:15 pm

Post by ali5196 »

adjie p wrote:kristen itu gak mengenal hijab, jilbab, dan penutup aurat...wong mereka gak mengenal pahala kebaikan dan amal baik koq.
cukup beriman kepada Yesus = Tuhan???
maka kau akan selamat...
YANG BUAT ELU NGALOR NGIDUL KE KRISTEN APA SIH ??? YANG SURUH ELU MASUK KRISTEN SIAPA SIH ???

Ini dIa salah tembak lagi. Dalam baru 30 menit saja gua udah menangkap 3 orang yg salah tembak. Ternyata otak Muslim emang kayak batu. Setiap pengetahuan baru akan mental dari otaknya. Pantas nggak bisa bikin mobil.

User avatar
Adadeh
Posts: 8461
Joined: Thu Oct 13, 2005 1:59 am

Post by Adadeh »

Image

User avatar
feodor fathon FF
Posts: 5105
Joined: Thu Feb 23, 2006 2:26 pm
Location: INDONESIA

Post by feodor fathon FF »

NoMind wrote:Asal usul turunnya sebuah ayat Al Quran "katanya" penting untuk bisa mengerti tujuan and maksud ayat tsb diturunkan. Dalam topik ini, ayat2 mengenai penggunaan jilbab/burqa sesuai dengan tujuan dan maksudnya diturunkan sudah saya jelaskan dengan dukungan hadis2 sahih, yaitu untuk menutupi wanita2 pada jaman nabi, terutama isteri2 nya, saat mereka hendak memenuhi panggilan alam di lapangan terbuka. Apakah ayat ini masih relevan sekarang mengingat tujuan dan fungsinya spt yang sudah dijelaskan diatas? Bukankah untuk tujuan dan fungsi dimaksud, sebuah toliet atau WC lebih tepat guna untuk jaman sekarang ini?

With Best Regards,
NoMind
SAYA MINTA SPESIFIKASI DALAM AYAT ..!! ADA GAK ??.... JANGAN NGALOR NGIDUL MAS !!

PERKARA MODEL DIZAMAN NABI MUNGKIN ITU YG BISA DILAKUKAN PADA ZAMAN TSB ... MANA ADA DESIGNER DISONO KALA ITU ..

ESSENSINYA CUMA SATU DALAM AYAT TERSEBUT YAITU BERPAKAIAN SOPAN AGAR TDK DIGANGGU ....JANGAN BERPAKAIAN YANG MENGUNDANG CABULISME ... PERKARA MODE ?? ...YAAA APA SAJA ASAL ESSENSINYA TERPENUHI

User avatar
NoMind
Posts: 451
Joined: Tue Sep 13, 2005 11:25 pm

Post by NoMind »

feodor fathon FF wrote:SAYA MINTA SPESIFIKASI DALAM AYAT ..!! ADA GAK ??.... JANGAN NGALOR NGIDUL MAS !!

PERKARA MODEL DIZAMAN NABI MUNGKIN ITU YG BISA DILAKUKAN PADA ZAMAN TSB ... MANA ADA DESIGNER DISONO KALA ITU ..

ESSENSINYA CUMA SATU DALAM AYAT TERSEBUT YAITU BERPAKAIAN SOPAN AGAR TDK DIGANGGU ....JANGAN BERPAKAIAN YANG MENGUNDANG CABULISME ... PERKARA MODE ?? ...YAAA APA SAJA ASAL ESSENSINYA TERPENUHI
Coba kita lihat ayatnya:

Quran 33:59
Hai Nabi katakanlah kepada isteri-isterimu, anak-anak perempuanmu dan isteri-isteri orang mukmin: "Hendaklah mereka mengulurkan jilbabnya ke seluruh tubuh mereka". Yang demikian itu supaya mereka lebih mudah untuk dikenal, karena itu mereka tidak diganggu. Dan Allah adalah Maha Pengampun lagi Maha Penyayang.


Supaya mereka itu tidak diganggu saat ngapaian? Menurut hadis yang sahih, saat buang air besar atau air kecil di lapangan terbuka. Jadi jelas dari asal usul turunnya ayat 33:59, maka fungsi jilab adalah sebagai pelindung layaknya sebuah toilet portable.


With Best Regards,
NoMind

User avatar
Adadeh
Posts: 8461
Joined: Thu Oct 13, 2005 1:59 am

Post by Adadeh »

Image

User avatar
moe
Posts: 618
Joined: Sat Mar 18, 2006 12:46 pm

Post by moe »

feodor fathon FF wrote: SAYA MINTA SPESIFIKASI DALAM AYAT ..!! ADA GAK ??.... JANGAN NGALOR NGIDUL MAS !!
emang teknologi shg perlu spesifikasi :)
btw : Allah sdh mati, karena apa yg sudah tertulis, tetap tertulis
nah klo sesuatu tdk tertulis di quran?
ya kelimpungan alis mati
PERKARA MODEL DIZAMAN NABI MUNGKIN ITU YG BISA DILAKUKAN PADA ZAMAN TSB ... MANA ADA DESIGNER DISONO KALA ITU ..
Mungkin?
Ndak ada desainer? lah trus yg membuat jinbab itu siapa dong?
ESSENSINYA CUMA SATU DALAM AYAT TERSEBUT YAITU BERPAKAIAN SOPAN AGAR TDK DIGANGGU
esensi nya menurut saya jg cuma satu : wanita jadi korban
....JANGAN BERPAKAIAN YANG MENGUNDANG CABULISME
....JANGAN MELIHAT
....JANGAN MENDENGAR
....JANGAN BERPIKIR
.............................HAL2 YG ANDA ANGGAP CABUL
....
PADAHAL TIDAKLAH DEMIKIAN
UKURLAH BAJU ANDA SENDIRI
JANGAN PAKAI PUNYA ORANG LAIN
ATAU JANGAN PAKSA ORANG LAIN PAKI BAJU UKURAN ANDA SENDIRI
....
perhatikan diri anda sendiri
... PERKARA MODE ?? ...YAAA APA SAJA ASAL ESSENSINYA TERPENUHI
esensi quran apa ya

User avatar
feodor fathon FF
Posts: 5105
Joined: Thu Feb 23, 2006 2:26 pm
Location: INDONESIA

Post by feodor fathon FF »

NoMind wrote: Coba kita lihat ayatnya:

Quran 33:59
Hai Nabi katakanlah kepada isteri-isterimu, anak-anak perempuanmu dan isteri-isteri orang mukmin: "Hendaklah mereka mengulurkan jilbabnya ke seluruh tubuh mereka". Yang demikian itu supaya mereka lebih mudah untuk dikenal, karena itu mereka tidak diganggu. Dan Allah adalah Maha Pengampun lagi Maha Penyayang.


Supaya mereka itu tidak diganggu saat ngapaian? Menurut hadis yang sahih, saat buang air besar atau air kecil di lapangan terbuka. Jadi jelas dari asal usul turunnya ayat 33:59, maka fungsi jilab adalah sebagai pelindung layaknya sebuah toilet portable.


With Best Regards,
NoMind
masa pake jilbab sepotong-sepotong ..mana MODE nya ???

User avatar
Adadeh
Posts: 8461
Joined: Thu Oct 13, 2005 1:59 am

Post by Adadeh »

Image

User avatar
Adadeh
Posts: 8461
Joined: Thu Oct 13, 2005 1:59 am

Post by Adadeh »

Image
Digebugin gara2 tangannya terbuka sedikit. Agama xinting cocok buat orang2 xinting.

User avatar
feodor fathon FF
Posts: 5105
Joined: Thu Feb 23, 2006 2:26 pm
Location: INDONESIA

Post by feodor fathon FF »

ha ha ha KAGAK ADA YG BISA JAWAB YAH ??

SOK LAH MANA AYAT KEHARUSAN MODEL JILBAB TERTENTU !!!!

SAYA TUNGGU YAH ?? jangan kelamaan kalo dlm waktu 1 x 24 jam kagak ada jawaban maka HUJATAN ENTE GUGUR TELAK !!

User avatar
NoMind
Posts: 451
Joined: Tue Sep 13, 2005 11:25 pm

Post by NoMind »

Sdr. ffFF,

Kan sudah cukup jelas dari ayat 33:59 bahwa mereka harus mengulurkan jilbabnya ke seluruh tubuh. Anda tentunya paham arti seluruh tubuh, bukan? Jadi yang tepat adalah spt burqa dalam gambar2 yang diposting Sdr. Adadeh atau abayah spt yang di Arab Saudi.

Lagian kalo cuman pake kerudung, maka fungsi untuk melindungi wanita saat buang air besar/kecil di lapangan terbuka menjadi tidak ada artinya sehingga menyalahi fungsi dari jilbab itu sebagaimana dijelaskan dari hadist2 sahih asal usul turunnya ayat mengenai jilbab.


With Best Regards,
NoMind

User avatar
Adadeh
Posts: 8461
Joined: Thu Oct 13, 2005 1:59 am

Post by Adadeh »

mengulurkan jilbabnya ke seluruh tubuh
Kalo yang kayak gini sudah cukup Islami atau belon?
Image

User avatar
ali514L
Posts: 273
Joined: Tue Oct 25, 2005 3:41 pm

Post by ali514L »

Hihihi... kalo itu mah cukup KAFIRIII!
Allah melaknat orang Islam berbusana dan bertingkah kewanita-wanitaan!
Jelas gambar koleksimu itu melanggar hukum Islam say... berarti dia KAFIR!!!
Dan berarti dia milik golongan mu gyhahaha...
Emang kalo busananya ke arab2ban pasti islam?
Hahaha dasar otak kafir konslet!
Coba tampilkan koleksimu sejenis yg laen. Biar kita analisa seberapa normalkah KAFIR jenis kamu.

User avatar
feodor fathon FF
Posts: 5105
Joined: Thu Feb 23, 2006 2:26 pm
Location: INDONESIA

Post by feodor fathon FF »

NoMind wrote:Kan sudah cukup jelas dari ayat 33:59 bahwa mereka harus mengulurkan jilbabnya ke seluruh tubuh. Anda tentunya paham arti seluruh tubuh, bukan? Jadi yang tepat adalah spt burqa dalam gambar2 yang diposting Sdr. Adadeh atau abayah spt yang di Arab Saudi.

Lagian kalo cuman pake kerudung, maka fungsi untuk melindungi wanita saat buang air besar/kecil di lapangan terbuka menjadi tidak ada artinya sehingga menyalahi fungsi dari jilbab itu sebagaimana dijelaskan dari hadist2 sahih asal usul turunnya ayat mengenai jilbab.
  • [33:59] Hai Nabi, katakanlah kepada isteri-isterimu, anak-anak perempuanmu dan isteri-isteri orang mu'min: "Hendaklah mereka mengulurkan jilbabnya ke seluruh tubuh mereka". Yang demikian itu supaya mereka lebih mudah untuk dikenal, karena itu mereka tidak di ganggu. Dan Allah adalah Maha Pengampun lagi Maha Penyayang.


jadi mengulurkan jilbab ke seluruh tubuh adalah kayak masuk ke dalam karung ?? .... itu modelnya ?? ha ha ha ha

bagaimana tujuan BISA DIKENALNYA tercapai ?? .... bagai membeli kucing dalam karung donzzzk !!
kalimat itu bukan MODEL !! ...itu prinsip TERTUTUP !! sebab nyata2 Rasul memberi batasan dalam hadits :
  • Al-Qurthubi berkata : Pengecualian itu adalah pada wajah dan telapak tangan. Yang menunjukkan hal itu adalah apa yang diriwayatkan oleh Abu Daud dari Aisyah bahwa Asma binti Abu Bakr menemui Rasulullah sedangkan ia memakai pakaian tipis. Maka Rasulullah berpaling darinya dan berkata kepadanya : "Wahai Asma ! Sesungguhnya jika seorang wanita itu telah mencapai masa haid, tidak baik jika ada bagian tubuhnya yang terlihat, kecuali ini." Kemudian beliau menunjuk wajah dan telapak tangannya. .

User avatar
NoMind
Posts: 451
Joined: Tue Sep 13, 2005 11:25 pm

Post by NoMind »

Saya yakin Anda salah mengerti ayat Al Quran 33:59 dimana yang dimaksud "supaya mudah dikenal" adalah bukan dikenal sebagai individu tetapi sebagai suatu kelompok atau golongan, dalam hal ini, para isteri Muhammad.

Alasan mengapa ayat 33:59 diturunkan adalah karena desakkan Umar yang merasa risih melihat isteri-isteri Muhammad yang buang air besar/kecil di lapangan terbuka spt yang diriwayatkan oleh hadist sahih Muslim berikut ini:

Sahih Muslim Book 026, Number 5397:
'A'isha reported that the wives of Allah's Messenger (may peace be upon him) used to go out in the cover of night when they went to open fields (in the outskirts of Medina) for easing themselves. 'Umar b Khattab used to say: Allah's Messenger, ask your ladies to observe veil, but Allah's Messenger (may peace be upon him) did not do that. So there went out Sauda, daughter of Zarn'a, the wife of Allah's Messenger (may peace be upon him), during one of the nights when it was dark. She was a tall statured lady. 'Umar called her saying: Sauda, we recognise you. (He did this with the hope that the verses pertaining to veil would be revealed.) 'A'isha said: Allah, the Exalted and Glorious, then revealed the verses pertaining to veil.



Dengan menutup seluruh tubuh termasuk muka dan tangan, maka para isteri Muhammad yang hendak melakukan panggilan alam lebih mudah dikenal secara kelompok sebagai "isteri2 nabi" tetapi tidak secara individu. Tetapi walaupun ayat 33:59 sudah diturunkan dan isteri2 Muhamad sudah menggunakan jilbab yang menutup seluruh tubuh, Umar masih juga iseng menggoda Sauda, salah satu isteri Muhammad, dengan mengatakan bahwa dia masih tetap bisa mengenali Sauda karena berpostur besar dan gemuk (dan mungkin saat itu jumlah isteri Muhammad masih belum terlalu banyak), dan menyuruh Sauda untuk memikirkan cara lain untuk supaya tidak dikenali. Saudapun mengadu pada Muhammad, tetapi dia hanya menjawab dengan enteng sambil masih menggenggam daging bertulang di tangannya dan mengatakan: "Kalian tetap diijinkan untuk keluar untuk keperluan tsb".


Sahih Bukhari Volume 6, Book 60, Number 318:
Narrated Aisha:
Sauda (the wife of the Prophet) went out to answer the call of nature after it was made obligatory (for all the Muslims ladies) to observe the veil. She was a fat huge lady, and everybody who knew her before could recognize her. So 'Umar bin Al-Khattab saw her and said, "O Sauda! By Allah, you cannot hide yourself from us, so think of a way by which you should not be recognized on going out. Sauda returned while Allah's Apostle was in my house taking his supper and a bone covered with meat was in his hand. She entered and said, "O Allah's Apostle! I went out to answer the call of nature and 'Umar said to me so-and-so." Then Allah inspired him (the Prophet) and when the state of inspiration was over and the bone was still in his hand as he had not put in down, he said (to Sauda), "You (women) have been allowed to go out for your needs."



Sebenarnya tujuan dan fungsi jilbab yang diturunkan oleh Allah lewat Muhammad dengan tujuan untuk menutupi para isterinya supaya mudah dikenal sebagai isteri Muhammad sehingga tidak diganggu, ternyata tidak terlalu efektif. Lebih efektif jika Allah memerintahkan Muhammad untuk membuat WC umum atau WC portable bagi isteri2nya supaya lebih aman dan tenang, daripada menutupi wanita2 dengan "wc berjalan" spt burqa dan abbayah.

Bagaimana menurut Anda?


With Best Regards,
NoMind

User avatar
NoMind
Posts: 451
Joined: Tue Sep 13, 2005 11:25 pm

Post by NoMind »

Dear ffFF,

Sudah jelaskan asal usul mengapa ayat mengenai jilbab diturunkan?


With Best Regards,
NoMind

User avatar
feodor fathon FF
Posts: 5105
Joined: Thu Feb 23, 2006 2:26 pm
Location: INDONESIA

Post by feodor fathon FF »

ha ha ha makanya lebih tepat anda katakan model jilbab yg dikerudungkan itu MODEL BUANG AIR BESAR/KECIL

lalu pertanyaannya bagaiamana kalo WC nya bukan WC ALAM ?? ...
apakah model yg sama diterapkan ??.... anda udah membawa ayat itu secara kasuistik maka sebenarnya anda sudah membawa permasalahan jilbab ini lebih sederhana yaitu JILBAB yg gambarnya dipostingin di atas adalah Model Buang Air Besar di Alam Terbuka ... begitu ??

blunder om !! ... ha ha
makanya lihat hadist yg ssya sodorkan ..itu pada situasi Normal ..
gimana ?? faham om ? :wink:

User avatar
Adadeh
Posts: 8461
Joined: Thu Oct 13, 2005 1:59 am

Post by Adadeh »

http://www.kapanlagi.com/h/0000112268.html
Natalie Sarah, Pake Jilbab Sepi 'Job'?
Image

Kapanlagi.com - Nama Natalie Sarah kian hari kian 'tenggelam', terutama sejak dirinya memutuskan untuk mengenakan jilbab. Aktingnya dalam sinetron CINTA SMU tidak lagi terlihat. Namun, Natalie tak mempersoalkannya, bahkan dirinya siap meninggalkan dunia keartisan jika sudah tak lagi 'diminati' masyarakat.
"Kalau tawaran main sinetron sih ada, tetapi harus lepas jilbab. Aku maunya ada PH yang menerima aku berjilbab," terangnya.
Menurut Natalie, sejak memutuskan berjilbab, ia lebih berkonsentrasi pada kuliah dan bisnis. Bahkan, ia hanya menerima job sebagai bintang tamu atau model busana muslimah. Praktis dunia keartisannya ia tinggalkan demi agama.
"Aku sekarang memang lagi memperdalam Islam. Selain ikut pengajian, aku juga ikut kursus baca Al-Quran. Aku banyak dapat masukan agar selektif soal pekerjaan," akunya.
Ia yakin, meski berjilbab, rejekinya tidak akan berkurang, bahkan ia berdoa semoga bisa cepat dapat jodoh di usia remaja. Untuk mengobati rasa rindunya di dunia sinetron, ia siap main sinetron asalkan tidak sensual.
"Kalau kerinduan untuk kembali main sinetron sih pasti ada, cuma tidak seperti yang dulu. Sekarang aku berdoa semoga didekatkan jodohku oleh Allah," akunya pasrah.
(iin/bun)
_________________
Udah ngebela-belain pakai jilbab sampai sepi order dengan mengira demi menyenangkan Awloh, tapi tahunya .... :lol:
Astaga, si Natalie bakal pingsan berkali-kali kalau dia tahu bahwa jilbab ternyata tidak lebih dari sekedar jamban portable Islam abad ke 7 M ciptaan Muhammad. ... Hihihi ...
Kenapa ya Muslimah kok bernama Natalie ... pengen ikut natalan yah?

User avatar
feodor fathon FF
Posts: 5105
Joined: Thu Feb 23, 2006 2:26 pm
Location: INDONESIA

Post by feodor fathon FF »

he he ..... deh ..tuh kata si NOMIND ..model Burqa yang fotonya lo sodorin itu mah MODEL BUANG AIR BESAR ...ha ha ha ..... temen lo emang Jetu dah !!

ADADEH !!! .... PULANG !!! ...ETA PAGER NA BAWA !!!..... BELEGUG SIA !!


UNDANGAN BUAT KRISTEN : http://www.ajangkita.com/forum/viewforum.php?f=41

Post Reply