Asal Usul Hijab/Jilbab/Burqa

Seluk beluk ttg hak/kewajiban wanita, pernikahan, waris, bentuk2 pelecehan hak2 wanita dlm Islam dll.
User avatar
NoMind
Posts: 451
Joined: Tue Sep 13, 2005 11:25 pm

Asal Usul Hijab/Jilbab/Burqa

Post by NoMind »

Ayat mengenai hijab diturunkan karena Umar bin Khattab merasa risih melihat isteri-isteri Nabi Muhammad melaksanakan “panggilan alam” di lapangan terbuka pada malam hari. Coba simak beberapa Hadist berikut (maaf dalam bahasa Inggris):

Sahih Bukhari Volume 1, Book 4, Number 148:
Narrated 'Aisha:
The wives of the Prophet used to go to Al-Manasi, a vast open place (near Baqia at Medina) to answer the call of nature at night. 'Umar used to say to the Prophet "Let your wives be veiled," but Allah's Apostle did not do so. One night Sauda bint Zam'a the wife of the Prophet went out at 'Isha' time and she was a tall lady. 'Umar addressed her and said, "I have recognized you, O Sauda." He said so, as he desired eagerly that the verses of Al-Hijab (the observing of veils by the Muslim women) may be revealed. So Allah revealed the verses of "Al-Hijab" (A complete body cover excluding the eyes).


Sahih Muslim Book 026, Number 5397:
'A'isha reported that the wives of Allah's Messenger (may peace be upon him) used to go out in the cover of night when they went to open fields (in the outskirts of Medina) for easing themselves. 'Umar b Khattab used to say: Allah's Messenger, ask your ladies to observe veil, but Allah's Messenger (may peace be upon him) did not do that. So there went out Sauda, daughter of Zarn'a, the wife of Allah's Messenger (may peace be upon him), during one of the nights when it was dark. She was a tall statured lady. 'Umar called her saying: Sauda, we recognise you. (He did this with the hope that the verses pertaining to veil would be revealed.) 'A'isha said: Allah, the Exalted and Glorious, then revealed the verses pertaining to veil.


Isteri-isteri Nabi Muhammad biasanya pergi ke lapangan terbuka pada malam hari untuk memenuhi panggilan alam (buang air besar and kecil) tanpa kerudung atau hijab. Umar bin Khattab pernah memergoki dan mempermalu Sauda, salah satu isteri Nabi Muhammad, ketika sedang buang air. Ngapain yah Umar bin Khattab ngurusin isteri orang buang air? Dia melakukan ini dengan harapan Allah akan menurukan ayat-ayat yang berkaitan dengan masalah hijab kepada Nabi Muhammad. Pertama-tama Nabi agak enggan menaggapi Umar alias dicuekin, tapi akhirnya ayat berikut mengenai hijab diturunkan juga oleh Allah:
Al-Quran 33:59
Hai Nabi katakanlah kepada isteri-isterimu, anak-anak perempuanmu dan isteri-isteri orang mukmin: "Hendaklah mereka mengulurkan jilbabnya ke seluruh tubuh mereka". Yang demikian itu supaya mereka lebih mudah untuk dikenal, karena itu mereka tidak diganggu. Dan Allah adalah Maha Pengampun lagi Maha Penyayang.


Walaupun ayat mengenai Hijab telah diturunkan, tapi kelihatannya Nabi Muhammad masih mempunyai masalah dengan fungsi hijab. Walaupun Sauda sudah menggunakan hijab, tetapi tetap saja Umar bin Khattab bisa mengenali Sauda ketika sedang buang air karena memang posture tubuhnya yang besar. Coba simak hadis berikut:

Sahih Bukhari Volume 6, Book 60, Number 318:
Narrated Aisha:
Sauda (the wife of the Prophet) went out to answer the call of nature after it was made obligatory (for all the Muslims ladies) to observe the veil. She was a fat huge lady, and everybody who knew her before could recognize her. So 'Umar bin Al-Khattab saw her and said, "O Sauda! By Allah, you cannot hide yourself from us, so think of a way by which you should not be recognized on going out. Sauda returned while Allah's Apostle was in my house taking his supper and a bone covered with meat was in his hand. She entered and said, "O Allah's Apostle! I went out to answer the call of nature and 'Umar said to me so-and-so." Then Allah inspired him (the Prophet) and when the state of inspiration was over and the bone was still in his hand as he had not put in down, he said (to Sauda), "You (women) have been allowed to go out for your needs."


Sahih Muslim Book 026, Number 5395:
A'isha reported that Sauda (Allah he pleased with her) went out (in the fields) in order to answer the call of nature even after the time when veil had been prescribed for women. She had been a bulky lady, significant in height amongst the women, and she could not conceal herself from him who had known her. 'Umar b. Khattab saw her and said: Sauda, by Allah, you cannot conceal from us. Therefore, be careful when you go out. She ('A'isha) said: She turned back. Allah's Messenger (may peace be upon him) was at that time in my house having his evening meal and there was a bone in his hand. She (Sauda) came and said: Allah's Messenger. I went out and 'Umar said to me so and so. She ('A'isha) reported: There came the revelation to him and then it was over; the bone was then in his hand and he had not thrown it and he said:" Permission has been granted to you that you may go out for your needs."


Ayat 33:59 tersebut diatas sebenarnya diturunkan dengan tujuan untuk melindungi kepentingan yang berhubungan dengan keperluan kaum wanita, terutama isteri-isteri Nabi Muhammad, dalam memenuhi panggilan alam. Dengan adanya hijab yang menutupi dari ujung rambut sampai ujung kaki (burqa atau jilbab versi Arab Saudi) diharapkan para isteri dapat dengan mudah dikenali sebagai kelompok “para isteri Nabi” tanpa diketahui identitas masing-masing individu dan tidak terganggu atau merasa risih saat menjalankan panggilan alam. Tetapi kenyataannya, Sauda, salah seorang isteri Nabi, yang sudah mengenakan jilbab sesuai ayat 33:59 saat sedang buang air di lapangan terbuka masih tetap saja dapat dikenali oleh Umar dengan mudah karena sosok tubuhnya yang besar, dan masih tetap dipermalukan.

Jadi jika kita mengacu pada Hadits Sahih Bukhari dan Muslim mengenai alasan diturunkannya ayat hijab (33:59) tersebut diatas, maka jelas ayat tersebut tidak berfungsi sebagaimana mestinya, malah sebaliknya hanya menjadi “penjara berjalan” bagi kaum wanita di masa kini. Kalo saja saat itu diturunkan wahyu mengenai pembuatan WC umum, maka tujuan utama untuk melindungi para isteri Nabi dan para wanita saat buang air dapat tercapai dan menjadi lebih manusiawi bagi kaum wanita sampai masa kini.

Penjelasan saya diatas mengacu pada Hadits Sahih, Bukhari dan Muslim, dan juga ayat Alquran. Sesuai dengan fungsinya Hadits menjelaskan latar belakang diturunkannnya suatu ayat Alquran. Jika ada yang mempunyai penjelasan lain, mohon disampaikan sehingga pengertian saya tidak keliru.


Berikut beberapa contoh busana Muslim (ayat 33:59 ??) dari beberapa negara:

Image
Burqa yang dipakai wanita Afghanistan.



Image
Abbayah yang dipakai wanita Arab Saudi.



Image
Chador ini kebanyakan dipakai wanita Iraq dan Iran.
Mirip seperti abbayah yang umum dipakai di Saudi Arabia.



Image
Ruband yang banyak dipakai wanita Turki tahun 20-an dan 30-an.



Image
Bushiyyah yang banyak dipakai saat naik haji.





Berikut beberapa contoh busana Muslim (ayat 24:31 ??):

Image Image Image


http://mywebpage.netscape.com/i4niqaab/styles.html
http://www.feminist.org/afghan/pictures.html
http://www.afghan-web.com/ciriello/woman/index.html
http://www.afghan-web.com/ciriello/woman/volume2.html
http://www.afghan-web.com/ciriello/woman/volume3.html



With Best Regards,
NoMind

User avatar
Oracle
Posts: 18
Joined: Wed Sep 14, 2005 2:15 pm

Post by Oracle »

Saya pinjam article di atas sebagai bahan mentah untuk article baru di forum saya, yang berjudul JILBAB = BERAK

http://p2.forumforfree.com/jilbab-berak ... nghoa.html



Thanks

hamba_allah
Posts: 9
Joined: Sat Oct 08, 2005 1:59 am
Contact:

Post by hamba_allah »

Terimakasih telah menyamakan jilbab=berak. Apa sih sebenarnya maksud dari jilbab? kau gak akan pernah mengetahui jika pemikiranmu berdasar: islam itu aneh. Aku bangga dengan Islam.

User avatar
NoMind
Posts: 451
Joined: Tue Sep 13, 2005 11:25 pm

Post by NoMind »

hamba_allah wrote:Terimakasih telah menyamakan jilbab=berak. Apa sih sebenarnya maksud dari jilbab? kau gak akan pernah mengetahui jika pemikiranmu berdasar: islam itu aneh. Aku bangga dengan Islam.
Selama berdebat dan berdiskusi dengan Muslim di berbagai forum, belum ada satupun yang dapat membantah asal usul dan fungsi jilbab spt yang saya sampaikan di topik ini.


With Best Regards,
NoMind

Phoenix
Posts: 11175
Joined: Mon Feb 27, 2006 5:33 am
Location: FFI

Re: Asal Usul Hijab/Jilbab/Burqa

Post by Phoenix »

Image
Abbayah yang dipakai wanita Arab Saudi.



Image
Chador ini kebanyakan dipakai wanita Iraq dan Iran.
Mirip seperti abbayah yang umum dipakai di Saudi Arabia.

WWWAAAAKKKK! :shock: KOK KAYAK DEMENTOR YAK????

tak_bantu
Posts: 85
Joined: Fri Feb 17, 2006 8:20 pm

Re: Asal Usul Hijab/Jilbab/Burqa

Post by tak_bantu »

bagi yang tidak tahu (terutama fresh graduate dari pesantren), dementor adalah karakter dalam filem harry potter. bagi yang tidak tahu harry potter, harry potter (JKRowling) adalah cerita fiksi, persis quran (muhammad).

User avatar
Adadeh
Posts: 8461
Joined: Thu Oct 13, 2005 1:59 am

Post by Adadeh »

Image

Phoenix
Posts: 11175
Joined: Mon Feb 27, 2006 5:33 am
Location: FFI

Post by Phoenix »

THE NEXT POTTER MOVIE, COMING SUMMER 2010
Image

User avatar
feodor fathon FF
Posts: 5105
Joined: Thu Feb 23, 2006 2:26 pm
Location: INDONESIA

Post by feodor fathon FF »

tunjukin ayatnya yang menyatakan secara spesifik dan rinci mengenai MODEL BUSANA JILBAB !!!!

sejak kapan QURAN bicara MODE YANG SPESIFIK ???

User avatar
Adadeh
Posts: 8461
Joined: Thu Oct 13, 2005 1:59 am

Post by Adadeh »

Image

User avatar
Adadeh
Posts: 8461
Joined: Thu Oct 13, 2005 1:59 am

Post by Adadeh »

Image

User avatar
feodor fathon FF
Posts: 5105
Joined: Thu Feb 23, 2006 2:26 pm
Location: INDONESIA

Post by feodor fathon FF »

gak bisa jawab yah ??
kalo gak tau dan tak ada ...kok brani yah ente mengklaim salah satu jilbab itu paling islam ??

over confedence euuyyy

adjie p
Posts: 43
Joined: Thu Dec 08, 2005 3:02 pm
Location: Jakarta-Indonesia

Post by adjie p »

No mInd is dementor...
mengambil kebahagiaan dari orang lain yang bukan hak nya...

Mas Freedom,

kristen itu gak mengenal hijab, jilbab, dan penutup aurat...
wong mereka gak mengenal pahala kebaikan dan amal baik koq.
cukup beriman kepada Yesus = Tuhan???
maka kau akan selamat...

NOWAY!!! menyembah makhluk selain Allah = Kafir!!!!

wasallam

User avatar
feodor fathon FF
Posts: 5105
Joined: Thu Feb 23, 2006 2:26 pm
Location: INDONESIA

Post by feodor fathon FF »

AGAMA ITU PEMAHAMAN ....

LAH BEDA KEPALA BEDA PEMIKIRAN DONK !!!

FAHAM GUE SAMA FAHAM MUSLIM YANG LAEN BISA JADI BEDA !!!....dan itu emang dijamin oleh QURAN, MEMAHAMI KEBENARAN adlah anugerah TUhan kpd siapa saja yg ia pilih :
  • [2:269]Allah menganugerahkan al hikmah kepada siapa yang dikehendaki-Nya. Dan barangsiapa yang dianugerahi hikmah, ia benar-benar telah dianugerahi karunia yang banyak. Dan hanya orang-orang yang berakallah yang dapat mengambil pelajaran .


User avatar
NoMind
Posts: 451
Joined: Tue Sep 13, 2005 11:25 pm

Post by NoMind »

Asal usul turunnya sebuah ayat Al Quran "katanya" penting untuk bisa mengerti tujuan and maksud ayat tsb diturunkan. Dalam topik ini, ayat2 mengenai penggunaan jilbab/burqa sesuai dengan tujuan dan maksudnya diturunkan sudah saya jelaskan dengan dukungan hadis2 sahih, yaitu untuk menutupi wanita2 pada jaman nabi, terutama isteri2 nya, saat mereka hendak memenuhi panggilan alam di lapangan terbuka. Apakah ayat ini masih relevan sekarang mengingat tujuan dan fungsinya spt yang sudah dijelaskan diatas? Bukankah untuk tujuan dan fungsi dimaksud, sebuah toliet atau WC lebih tepat guna untuk jaman sekarang ini?


With Best Regards,
NoMind

Phoenix
Posts: 11175
Joined: Mon Feb 27, 2006 5:33 am
Location: FFI

Post by Phoenix »

Nah ini jadinya kalau serial Desperate Housewife maen di negeri arab :lol:

DI Amrik en Eropa:

Image


DI negara-negara Arab:

Image[/img]

User avatar
barabaig
Posts: 356
Joined: Wed Sep 21, 2005 2:16 pm
Location: jakarta

Post by barabaig »

adjie p wrote:No mInd is dementor...
mengambil kebahagiaan dari orang lain yang bukan hak nya...

Mas Freedom,

kristen itu gak mengenal hijab, jilbab, dan penutup aurat...
wong mereka gak mengenal pahala kebaikan dan amal baik koq.
cukup beriman kepada Yesus = Tuhan???
maka kau akan selamat...

NOWAY!!! menyembah makhluk selain Allah = Kafir!!!!

wasallam
pahala kebaikan dan amal baik seperti apa yg diajarkan islam? khususnya terhadap wanita.
bunuh kafir? musuhi kafir?
bila bersentuhan dg wanita dan binatang, harap ambil wudhu kembali?
bila istrimu berbuat salah, silaken pukul dia seperti kau memukul onta?
ambil istri sebanyak kau mau, 4 saja yg resmi? oh maaf, ketinggalan: kecuali muhamad boleh lebih dari 4 bahkan sampai 9 atau 20, dan juga boleh mengambil anak di bawah umur sebagai sarana pelampiasan nafsu sex?

oh iya, maaf..... pahala seperti apa yg diharapkan dari perbuatan di atas?
amal baik di dunia mana yg mengakui perbuatan tsb sbg amal baik selain dunia islam?

DuNNo81
Posts: 57
Joined: Fri Mar 17, 2006 3:16 pm
Contact:

Post by DuNNo81 »

jilbab?
sebelum saya berkomentar saya minta maaf kalau ada salah kata..toh sayapun bukan ahli agama dan literatur kitab suci agama.

berbicara mengenai jilbab..
saya pikir-pikir mengapa kita harus mendisriminasikannya?

saya akan mencoba memberikan beberapa contoh yang saya perhatikan selama ini:
-jilbab : didalam agama Kristen, Maria memakai kerudung dan jubah menyerupai jilbab umat Muslim,biarawati sampai detik inipun masih memakai penutup kepala menyerupai jilbab umat Muslim..so perbedaannya dimana?

saya tidak membela siapa2 disini..saya hanya ingin tau letak perbedaannya dimana?

jilbab dan jubah..itu bukannya salah satu faktor kebudayaan juga?dan tujuan jilbab itu sendiri kan respect kepada wanita?dan untuk menutup aurat bukan?

maaf kalau saya OOT..saya hanya penasaran..

Phoenix
Posts: 11175
Joined: Mon Feb 27, 2006 5:33 am
Location: FFI

Post by Phoenix »

HI Dunno, Yang disini kita bicarakan adalah ttg pemaksaan pemakaian jilbab & burqa. Kalau spt suster begitu memang mereka sewaktu masuk ke sekolah susteran mereka sudah rela utk memakai. Dan akalau ada yang makai..itu hak mereka..tapi kalau sampe dipaksa atau diwajibkan bukan karena keinginan sendiri itu namanya sudah pemaksaaan hak asasi manusia. Begitu loh...

Nah contohnya kayak di Aceh, ada ceweq yang dihukum cambuk karena kedapetan nggak pake jilbab...gitu loh..pake jilbab dipaksain banget.

Kalau wanita non muslim ke negara Arab saudi harus pakai jilbab loh. Sedangkan mereka kalau di negara Eropa, dan ngelamar kerja kebetulan kerja tsb nggak bisa menerima mereka yg pakai jilbab, dibilangnya diskriminasi...nggak diterima aja bersama-sama 1000 pelamar lainnya dibilang diskriminasi..nah mereka ini suka menta dispecialkan..


Itu baru jilbab, sekarang bayangin burqa...ituloh penutup yang kayak dementor punya....

DuNNo81
Posts: 57
Joined: Fri Mar 17, 2006 3:16 pm
Contact:

Post by DuNNo81 »

@phoenix:thanks ya udah dijelasin:)

wah kalau sampai dihukum cambuk..apakah itu sudah mencapai taraf kekerasan?tidak sehat dan tidak benar??bukankah memakai jilbab itu adalah kerelaan dari individunya sendiri?tanpa adanya unsur paksaan dari manapun?

dan mengenai umat non-Muslim yang mengunjungi Arab Saudi harus memakai jilbab,saya sebagai non-Muslim tidak keberatan jika saya harus memakainya?kalaupun memang bertujuan untuk menghargai kebudayaan mereka.

sebaliknya jika umat Muslim dari..misalnya Arab Saudi berkunjung ke negara2 minoritas Muslim,susah juga berada didalam posisi itu-->

kebetulan saya sedang bertempat tinggal diluar Indonesia, banyak sekali kejadian dan kasus yang menyangkut tata cara berbusana umat Muslim disini.Saya ingin berbagi tetapi sebelumnya saya tidak ingin OOT,tetapi saya akan berusaha menjawabnya jika ada yang bertanya dan tertarik dengan cerita saya.

sekali lagi terima kasih atas penjelasannya bung!

Post Reply