.

ISLAM ANTI SEPAKBOLA, FATWA UTK MUSLIMIN.

Hal-hal seputar olah raga.

ISLAM ANTI SEPAKBOLA, FATWA UTK MUSLIMIN.

Postby mohamedbincamel » Sun Jul 29, 2007 6:03 am

Dikutib dr Harian JawaPos, 29 Juli 2007

Sebagaimana umumnya fatwa ulama, fatwa ini pun dimulai dengan kalimat "bismillahirrahmanirrahim". Lalu, masuk ke butir-butir apa saja yang boleh dan tidak boleh dilakukan dalam permainan sepak bola secara Islam, versi fatwa website tersebut. Saya tidak hafal urutannya dan tidak ingat persis kata demi kata, tapi ingat sekali bahwa fatwa itu terdiri atas 15 butir dan ingat sekali butir-butir apa saja isinya.

Butir-butir itu -sekali lagi, urutannya mungkin tidak runtut- adalah:

1. Jangan gunakan garis pembatas. (Maksudnya, garis yang mengelilingi lapangan mola yang membuat ada istilah bola out yang berakibat terjadi lemparan bola atau tendangan sudut).

2. Jangan gunakan wasit. (Maksudnya, seorang hakim haruslah memenuhi syarat-syarat tertentu sesuai dengan syariat Islam. Tidak boleh seorang hakim, meskipun hakim garis, dipilih atau ditentukan oleh organisasi yang tidak punya wewenang dalam menentukan seseorang layak atau tidak menjadi hakim).

3. Jangan gunakan istilah-istilah "melanggar" untuk pelanggaran yang dilakukan pemain. (Maksudnya, karena hanya ulama yang punya otoritas di bidangnya yang bisa menentukan terjadi pelanggaran atau tidak).

4. Jangan gunakan kostum yang warna warni dan tidak menutup aurat. (Maksudnya, gunakan pakaian yang menutup badan sampai mata kaki, sebagaimana umumnya pakaian yang dikenakan penduduk Timur Tengah itu).

Soal kostum ini memamg pernah jadi masalah ketika tim Pakistan dari daerah yang paling berdekatan dengan Afghanistan harus main-tandang di daerah Afghanistan yang paling berdekatan dengan Pakistan. Ini terjadi tahun 2000 lalu, ketika pemerintahan Afghanistan masih dipegang Taliban dan ingin menjalankan syariat Islam semurni-murninya.

Polisi Afghanistan lantas menahan para pemain sepak bola Pakistan itu karena masuk ke lapangan dengan kostum sepak bola yang tidak islami. Tim junior Pakistan dari kota Chaman itu memang harus bermain dengan tim junior Afghanistan dari kota Kandahar. Hari itu lapangan sudah dipenuhi penonton. Para pemain juga sudah melakukan pemanasan di tengah lapangan.

Saat itulah polisi Afghanistan masuk ke lapangan dan menangkap pemain Pakistan yang memakai kostum sepak bola sebagaimana pemain bola umumnya. "Semua adegan itu disaksikan oleh penonton," ujar Abdul Qayyum, manajer tim Chaman, seperti yang disiarkan harian The New York Times enam tahun lalu.

Melihat teman-temannya ditangkap, pemain lain dan beberapa ofisial melarikan diri, keluar dari lapangan. Pakistan, negara yang juga cukup ketat menjalankan ajaran Islam, sangat menyesalkan kejadian tersebut. "Masak tamu diperlakukan seperti itu?" kata Qayyum.

Pihak Afghanistan, seperti dikatakan menteri penerangannya, memang melakukan tindakan itu karena tim Pakistan dianggap telah melanggar aturan kostum yang ditetapkan pemerintah Afghanistan.

Di luar kejadian tersebut, saya tidak pernah mendengar atau membaca ada insiden lain. Tapi, Afghanistan pun saat itu juga tidak menerapkan fatwa seperti di atas. Lapangan bolanya masih menggunakan garis dan wasit. Juga masih menggunakan istilah pelanggaran dan hukuman lemparan bola atau tendangan sudut.

Memang, kita tidak bisa bayangkan bagaimana dunia sepak bola kalau fatwa itu diterapkan. Belum lagi butir-butir lain masih banyak, misalnya:

5. Jangan punya niat untuk menang atau kalah. Main sepak bola harus diniatkan untuk beribadah kepada Allah, memperkuat dan menyehatkan badan agar kalau diperlukan untuk berjihad maka badan sudah lebih kuat.

6. Waktu jangan ditentukan harus 45 menit x 2. (Maksudnya agar disepakati saja di antara dua tim yang bertanding maunya main berapa lama). Jangan ada perpanjangan waktu atau adu penalti. Teruskan saja main sampai ada yang memasukkan gol (eh, apa ada kiper ya?). Atau sampai ada salah satu tim yang mengaku kalah.

7. Jangan mengerahkan penonton atau suporter. (Maksudnya, karena main sepak bolanya hanya diniatkan untuk ibadah, mengapa harus ada yang menonton?)

8. Kalau pertandingan sudah selesai, jangan ada pemain yang bilang "kami lebih hebat daripada mereka". (Maksudnya, agar pertandingan hari itu tidak menghasilkan kesombongan dan tidak keluar dari niat semata-mata ibadah untuk Allah. Innamal a’malu binniat).

Masih ada sekitar empat butir lagi yang kurang lebih mirip isinya. Tapi, yang juga menarik perhatian saya adalah bagaimana kalau ada yang cedera. Padahal, tidak ada wasitnya.

Fatwa itu menyebutkan, "Kalau ada yang patah tulang, bisa diselesaikan lewat hukum Islam yang mengatur bagaimana kalau orang mematahkan tulang orang lain". Dan yang penting, kalau ada pemain yang baru saja mencetak gol, tidak boleh ada yang menunjukkan kegembiraan, apalagi sampai melakukan pelukan beramai-ramai. (Maksudnya, biasa-biasa sajalah, seperti tidak pernah terjadi gol).(*)
mohamedbincamel
 
Posts: 804
Joined: Sat Jan 20, 2007 9:34 am
Location: The land of milk and honey

Postby AL_BoRoQin bin kOrEngAn » Tue Jul 31, 2007 1:29 am

HAHAHAHAHAHAHA
Jadi tambah ketafa ane stelah membaca Posting terakhir ternyata ada yg lebih LUHCU
:D :D :D :D :D :D :D :twisted:
AL_BoRoQin bin kOrEngAn
 
Posts: 228
Joined: Sun Apr 29, 2007 10:39 pm
Location: @heaven & earth BORDER

Postby SITI_AISYAH » Tue Jul 31, 2007 8:53 am

HAHAHAHAHAHAHA
Hayooo!!!!! masih ada yang mau bilang islam agama yang 'masuk akal???'

:lol: :lol: :lol:
User avatar
SITI_AISYAH
 
Posts: 501
Joined: Fri Dec 29, 2006 9:25 am
Location: tempat bermaen anak-anak.

Postby mohamedbincamel » Thu Aug 02, 2007 12:39 am

muslimin walau sudah dapet fatwa, masih maen sepak bola gak ya ?
mohamedbincamel
 
Posts: 804
Joined: Sat Jan 20, 2007 9:34 am
Location: The land of milk and honey

Postby spongbob83 » Fri Mar 28, 2008 6:36 pm

auk ah....
ingung
spongbob83
 
Posts: 41
Joined: Thu Mar 06, 2008 8:24 pm
Location: CenterMind

Postby johnlegend » Sat Mar 29, 2008 12:16 am

lucu banget.. hal2 kyk gini yang bener2 seharus nya membuat islam malu..

SHAMEEE!!!!
johnlegend
 
Posts: 2058
Joined: Fri Dec 21, 2007 2:14 am

Postby eDuw » Fri Apr 18, 2008 10:34 am

Haaaa....Yang bener neh...???
Lucu bgt....
User avatar
eDuw
 
Posts: 115
Joined: Wed Mar 14, 2007 7:55 am
Location: dimane-mane

Re: ISLAM ANTI SEPAKBOLA, FATWA UTK MUSLIMIN.

Postby osho » Fri Apr 18, 2008 12:01 pm

mohamedbincamel wrote:Fatwa itu menyebutkan, "Kalau ada yang patah tulang, bisa diselesaikan lewat hukum Islam yang mengatur bagaimana kalau orang mematahkan tulang orang lain". Dan yang penting, kalau ada pemain yang baru saja mencetak gol, tidak boleh ada yang menunjukkan kegembiraan, apalagi sampai melakukan pelukan beramai-ramai. (Maksudnya, biasa-biasa sajalah, seperti tidak pernah terjadi gol).(*)

tulang bayar tulang
mungkin ini maksudnya....
tulangnya halal untuk dipatahkan....
:lol:
User avatar
osho
 
Posts: 2136
Joined: Fri Feb 02, 2007 8:29 am
Location: osho

Postby J-love » Sun May 25, 2008 4:03 pm

Kurang Asam dan Garam Orang Kafir, Kulit Bola dibuat dari Kulit Babi.. seruan Islam kalo kalah ma negara atau team kafir hahahahahaha

Cerita di atas Bikin ngikik sendiri.. thx
User avatar
J-love
 
Posts: 321
Joined: Tue May 06, 2008 9:16 pm
Location: Forum FFI

Postby kemal mustapa » Tue Jun 17, 2008 3:05 pm

Ya sudah.. bikin aja "FIFA" dan "WORLD CUP" sendiri yang sesuai dengan syariah..

Jangan lupa minta lebel halalnya...
kemal mustapa
 
Posts: 3
Joined: Thu Jun 12, 2008 1:55 pm
Location: Anatolia

Postby tarik gondrong » Thu Oct 02, 2008 2:38 am

kemal mustapa wrote:Ya sudah.. bikin aja "FIFA" dan "WORLD CUP" sendiri yang sesuai dengan syariah..

Jangan lupa minta lebel halalnya...

jangan lupa..penontonya juga gak boleh ada orang kafir :lol:
tarik gondrong
 
Posts: 680
Joined: Tue Oct 10, 2006 8:11 pm

Postby AteisAutis » Thu Oct 02, 2008 9:52 am

Jiakakakakkaakkak :lol: :lol: :lol:

Gw gak isa ngebayangin kalo diberlakukan di Indonesia......

Ada pic seragamnya gak om???? :lol: :lol:

Ayo sini muslim yang suka sepakbola....
Mana coment mu???
User avatar
AteisAutis
 
Posts: 371
Joined: Tue Aug 05, 2008 4:49 pm
Location: Bukan di Arab

Postby Luv_Pink » Fri Oct 03, 2008 12:19 am

HIHIHIIIIHIHI
pasti gara2 muslim sirik ye..abis selama ini negara2 mayoritas islam ga pernah ada yg jago maen bola
User avatar
Luv_Pink
 
Posts: 1401
Joined: Wed Jan 03, 2007 3:51 pm
Location: C:\Private Room

Postby TooCooL » Fri Oct 03, 2008 9:54 am

halah halah cape deh
User avatar
TooCooL
 
Posts: 107
Joined: Sat Sep 06, 2008 11:33 am
Location: Dunia Maya

Postby Operasi Badai Gurun » Fri Oct 03, 2008 10:50 am

Narrated by SOD : "Once the blessed prophet beheaded his enemies in the battle of Badr, he took one and used it for playing soccer". (SOD hadith vol 4. page 123)


It implies that soccer has been played in Arab long long ago before it was introduced to europe by Al Kodok.
Operasi Badai Gurun
 
Posts: 216
Joined: Mon Sep 29, 2008 1:16 pm
Location: Universitas Tai Kucing.

Postby forget » Fri Oct 03, 2008 1:10 pm

islam emang agama yang bobrok...
User avatar
forget
 
Posts: 291
Joined: Thu May 24, 2007 12:02 pm
Location: Monash University

Re:

Postby Phao » Wed Mar 10, 2010 9:41 am

wkwkwkwkwkwkwk,......
Image Image Image

Maen aja di dalem Mesjid sono...., jangan lupa pake baju koko, biar ajib!
:finga: :finga: :finga:
Phao
 
Posts: 456
Joined: Sun Jul 05, 2009 7:15 pm
Location: 'Atapiluloh Al Ajib' city - Arab Saudi

Re: ISLAM ANTI SEPAKBOLA, FATWA UTK MUSLIMIN.

Postby Bassam Jabbar » Wed Mar 24, 2010 3:16 pm

Dari TS sampai para kafir yang ngepost ternyata otak udang semua. :-$
User avatar
Bassam Jabbar
 
Posts: 205
Joined: Wed Feb 10, 2010 1:37 am

Re: ISLAM ANTI SEPAKBOLA, FATWA UTK MUSLIMIN.

Postby Phao » Fri Apr 02, 2010 7:10 pm

Bassam Jabbar wrote:Dari TS sampai para kafir yang ngepost ternyata otak udang semua. :-$


Dasarnya slimer Bassam bilang: "kafir otak udang", apa???
Memang kl lihat fatwa utk muslimin, ente pikir otak onta? :stun:
:rolling: :rolling: :rolling:
Phao
 
Posts: 456
Joined: Sun Jul 05, 2009 7:15 pm
Location: 'Atapiluloh Al Ajib' city - Arab Saudi

Next

Return to Olah Raga



Who is online

Users browsing this forum: No registered users