.

Rhoma : Allah menyuruh mencintai manusia, Benarkah ?

Kesalahan, ketidak ajaiban, dan ketidaksesuaian dengan ilmu pengetahuan.

Rhoma : Allah menyuruh mencintai manusia, Benarkah ?

Postby fayhem_1 » Wed Dec 04, 2013 4:53 pm

Baru-baru ini baca dan lihat2 video capres indonesia, termasuk rhoma irama
Saat melihat video rhoma irama, ada kalimatnya yg bikin penasaran

http://www.youtube.com/watch?v=qgndcl2p50U


Pada menit 8:52, rhoma bilang secara konseptual dan tekstual, umat islam diperintahkan oleh aloh swt, untuk mencintai manusia apapun sukunya, apapun agamanya

Pada menit 9:02, rhoma menyebut darimana dalil tersebut diatas, tapi sayang kurang jelas

So, benarkah ada perintah tersebut di Alquran ? Benarkah perkataan rhoma ?

Rhoma : Allah menyuruh mencintai manusia, Benarkah ?
FFI Alternative
Faithfreedompedia
User avatar
fayhem_1
 
Posts: 1402
Joined: Tue Sep 08, 2009 6:55 pm

Re: Rhoma : Allah menyuruh mencintai manusia, Benarkah ?

Postby Adadeh » Thu Dec 05, 2013 1:41 am

fayhem_1 wrote:Pada menit 8:52, rhoma bilang secara konseptual dan tekstual, umat islam diperintahkan oleh aloh swt, untuk mencintai manusia apapun sukunya, apapun agamanya

Itu penafsiran Oma saja, dan tidak sesuai dengan tafsir² terkemuka, misalnya tafsir Ibnu Katsir. Oma bilang perintah itu berasal dari Q Al-Hujarat (49) ayat 13.
Q Al-Hujarat (49) ayat 13
Hai manusia, sesungguhnya Kami menciptakan kamu dari seorang laki-laki dan seorang perempuan dan menjadikan kamu berbangsa - bangsa dan bersuku-suku supaya kamu saling kenal-mengenal. Sesungguhnya orang yang paling mulia diantara kamu disisi Allah ialah orang yang paling taqwa diantara kamu. Sesungguhnya Allah Maha Mengetahui lagi Maha Mengenal.

Mana perintah MENCINTAI? Kata itu tak ada dalam ayat tersebut. Gak ada satu pun ayat Qur'an yang memerintahkan Muslim untuk MENCINTAI kafir. Oma ngarang saja dan bikin tafsir seenak udel. Kata SALING MENGENAL itu bukan SALING MENGHORMATI atau SALING MENCINTAI. Muhammad juga kenal sama orang² Yahudi Qurayza, tapi dia memancung mereka semua. Dia mengenal musuh²nya dan tidak mencintai mereka sama sekali.

Perhatikan kalimat di ayat tersebut: Sesungguhnya orang yang paling mulia diantara kamu disisi Allah ialah orang yang paling taqwa diantara kamu. Yang paling takwa/taat pada Awloh adalah manusia yang berderajat paling tinggi di mata Awloh. Jadi kafir tentu saja makhluk yang berderajat rendah, karena gak takwa sama Awloh.

Baca saja tafsirnya dari Ibnu Katsir. Di tafsir ini disebut bahwa Muslim dianjurkan mengenal silsilah keluarga agar bisa mencintai anggota keluarga. Tapi di Q 9:23,24 Allah malah menghalalkan pembunuhan bapak sendiri yang kafir. Q 9:24 itu bersangkutan dengan ridho Allah atas perbuatan Abu `Ubaydah yang membunuh ayahnya yang kafir.

Image
Image
Image

Pada menit 9:02, rhoma menyebut darimana dalil tersebut diatas, tapi sayang kurang jelas

Dia bilang dari Q Al-An'am (6) ayat 108.
Dan janganlah kamu memaki sembahan-sembahan yang mereka sembah selain Allah, karena mereka nanti akan memaki Allah dengan melampaui batas tanpa pengetahuan. Demikianlah Kami jadikan setiap umat menganggap baik pekerjaan mereka. Kemudian kepada Tuhan merekalah kembali mereka, lalu Dia memberitakan kepada mereka apa yang dahulu mereka kerjakan.

Di Q 6:108, Allah sama sekali tidak menyuruh Muslim untuk menghormati tuhan² selain Awlo. Menghormati tuhan lain mah syirik atuuuh → dosa terbesar dalam Islam. Muhammad hanya menyuruh Muslim di Mekah untuk tidak memaki tuhan² kafir, sebab saat itu dia masih lemah, gak punya tentara, dan di bawah tekanan pamannya, Abu Talib, yang menyuruhnya untuk tidak memaki-maki tuhan²/dewa² bangsa Quraysh. Abu Talib menyuruhnya begitu sebab dia sendiri ditegur oleh Abu Sufyan dan tokoh² utama Quraysh karena Muhammad awalnya mencaci-maki tuhan²/dewa² bangsa Quraysh. Si Mamad duluan yang mencaci-maki dewa/tuhan orang lain.

Sirah Al Nabawiyah dari Ibnu Hisyam, Jilid 1 halaman 318
Ayat Al-Qur'an Yang Turun tentang Abu Jahal bin Hisyam
Ibnu Ishaq berkata, "-Seperti yang disampaikan kepadaku- bahwa Abu Jahal bin Hisyam berjumpa dengan Rasulullah Shallallahu Alaihi wa Sallam, kemudian ia berkata kepada beliau, 'Hai Muhammad, engkau harus berhenti mencela tuhan-tuhan kami! Jika tidak, maka kami akan mencela Tuhan yang engkau sembah.'
Kemudian Allah Ta'ala menurunkan ayat tentang Abu Jahal,
'Dan janganlah kalian memaki sembahan-sembahan yang mereka sembah selain Allah, karena mereka nanti akan memaki Allah dengan melampaui batas tanpa pengetahuan '. " (Al-An'am: 108).
Ibnu Ishaq berkata, "-Seperti disebutkan kepadaku- sejak saat itu, Rasulullah Shallallahu Alaihi wa Sallam berhenti dari memaki tuhan-tuhan mereka.


So, benarkah ada perintah tersebut di Alquran ? Benarkah perkataan rhoma ?

Tak ada satu pun ayat Qur'an yang menyuruh Muslim mencintai kafir. Yang ada malahan yang begini:

[8.55] Sesungguhnya binatang (makhluk) yang paling buruk di sisi Allah ialah orang-orang yang kafir, karena mereka itu tidak beriman.
[8.12] .. akan Aku jatuhkan rasa ketakutan ke dalam hati orang-orang kafir, maka penggallah kepala mereka dan pancunglah tiap-tiap ujung jari mereka.
[9.23] Hai orang-orang yang beriman, janganlah kamu jadikan bapak-bapak dan saudara-saudaramu pemimpin-pemimpinmu, jika mereka lebih mengutamakan kekafiran atas keimanan dan siapa di antara kamu yang menjadikan mereka pemimpin-pemimpinmu, maka mereka itulah orang-orang yang lalim.
[3.28] Janganlah orang-orang mukmin mengambil orang-orang kafir menjadi wali ...
[2.24] ... peliharalah dirimu dari neraka yang bahan bakarnya manusia dan batu, yang disediakan bagi orang-orang kafir.
[2.34] Dan (ingatlah) ketika Kami berfirman kepada para malaikat: "Sujudlah kamu kepada Adam," maka sujudlah mereka kecuali Iblis; ia enggan dan takabur dan adalah ia termasuk golongan orang-orang yang kafir.
[2.104] ... Dan bagi orang-orang kafir siksaan yang pedih.
[9.28] Hai orang-orang yang beriman, sesungguhnya orang-orang yang musyrik itu najis


Q Al-Hujarat (49) ayat 13
Mirror
Faithfreedom forum static
User avatar
Adadeh
 
Posts: 8461
Images: 414
Joined: Thu Oct 13, 2005 1:59 am

Re: Rhoma : Allah menyuruh mencintai manusia, Benarkah ?

Postby fayhem_1 » Thu Dec 05, 2013 10:32 am

Wah penjelesannya lengkap, thanks bro Adadeh
Sebelumnya aq mencari-cari di alquran , surah yg pas dengan ucapan muhammad, ketemu jg al-hujaraat tapi ga yakin karna ucapan rhoma yg sukar dicerna menurutku hehe

Ya begitulah muslim, menafsir alquran sesuka hatinya walaupun betul2 ga cocok tafsirannya.

Seperti 8:45 rhoma bilang "Islam sudah pasti nasionalis",ga sesuai fakta ucapannya dan tidak ada ayat di quran untuk memerintahkan agar nasionalis


Mana neh pendukung 'raja lendir' ? masak ga ada di FFI ? hehe
User avatar
fayhem_1
 
Posts: 1402
Joined: Tue Sep 08, 2009 6:55 pm

Re: Rhoma : Allah menyuruh mencintai manusia, Benarkah ?

Postby Dreamsavior » Fri Dec 06, 2013 3:39 pm

Rhoma Irama wrote:Poligami bukan cacat moral

Fakta bahwa Rhoma mengatakan bahwa tidak ada yang salah dengan mengkhianati istri pertamanya menunjukkan bahwa moralnya sudah cacat!

Rhoma Irama wrote:Daud punya 100 istri
Ibrahim punya 1000 istri...

... raja-raja jawa ... ratusan...
Dan itu tidak mengganggu mereka dalam melaksanakan tugasnya...


Pertama,
saya kok baru dengar kalau Ibrahim punya 1000 istri dalam Islam?
Apakah ada sumber yang mendukung hal ini? Atau apakah bang Rhoma asal ngomong aja?

Kedua,
Hah, siapa bilang itu tidak mengganggu mereka dalam melaksanakan tugasnya. Dalam Al-quran tidak disampaikan secara menyeluruh, sih tentang kisah-kisah para raja Israel yang nekad poligami kendati ada larangan melakukannya. (Ulangan 17:17)

Tidak ingat kah Rhoma tentang konflik dalam rumah tangga Abraham antara Sarah & Hagar?
Mungkin Rhoma juga tidak terinformasi mengenai konflik di keluarga Daud yang belakangan menjadi aib bagi seantero Yerusalem ... itu semua terjadi setelah ia memutuskan untuk poligami! Dan Poligami tidak menghentikan Daud untuk melakukan perzinahan dengan Betsyeba seperti yang dirumorkan islam (bahwa poligami adalah untuk menghindari perzinahan).
User avatar
Dreamsavior
 
Posts: 727
Joined: Wed May 11, 2011 10:43 am

Re: Rhoma : Allah menyuruh mencintai manusia, Benarkah ?

Postby gema » Fri Dec 06, 2013 6:01 pm

Bandot satu ini tak pantas koar mencintai manusia, disamping dia seorang raja lendir dianya juga pengikut setia perilaku rosulnya.
Image

Lihat aja tuh airmata seorang buaya darat..!!
User avatar
gema
 
Posts: 1097
Joined: Sun Sep 08, 2013 10:27 pm

Re: Rhoma : Allah menyuruh mencintai manusia, Benarkah ?

Postby gema » Fri Dec 06, 2013 6:04 pm

Bandot satu ini tak pantas koar mencintai manusia, disamping dia seorang raja lendir dianya juga pengikut setia perilaku rosulnya.
Image
Lihat aja tuh airmata seorang buaya darat saat dituduh melakukan pelanggaran kampanye pilkada DKI..!!
User avatar
gema
 
Posts: 1097
Joined: Sun Sep 08, 2013 10:27 pm

Re: Rhoma : Allah menyuruh mencintai manusia, Benarkah ?

Postby fayhem_1 » Fri Dec 06, 2013 11:40 pm

gema wrote:Bandot satu ini tak pantas koar mencintai manusia, disamping dia seorang raja lendir dianya juga pengikut setia perilaku rosulnya.

Lihat aja tuh airmata seorang buaya darat saat dituduh melakukan pelanggaran kampanye pilkada DKI..!!


Dulu menyerang , sekarang mendambakan orang yang diserannya berduet dengannya, ga ada permintaan maaf lagi
ter..la..lu

Quote dari rhoma :

"Sebelum dunia menyerukan antikorupsi, saya sudah lebih dahulu menyerukan, sebelum dunia menyerukan Hak Azasi Manusia, saya sudah lebih dahulu menyerukan,"
User avatar
fayhem_1
 
Posts: 1402
Joined: Tue Sep 08, 2009 6:55 pm


Return to Quran & Hadist



Who is online

Users browsing this forum: No registered users

cron