.

Mengapa Jumat menjadi hari suci muslim?

Kesalahan, ketidak ajaiban, dan ketidaksesuaian dengan ilmu pengetahuan.

Mengapa Jumat menjadi hari suci muslim?

Postby prisca » Fri Nov 29, 2013 11:34 am

dalam pencarian saya, saya menemukan hadith ini;

Narrated by Ibn Maajah, 1084; classed as hasan by Shaykh al-Albaani in Saheeh al-Jaami’, no. 2279
The Prophet (peace and blessings of Allaah be upon him) said, “Friday is the master of days, and the greatest of them before Allaah. It is greater before Allaah than the day of al-Adha and the day of al-Fitr. It has five characteristics: on this day Allaah created Adam, on it He sent Adam down to the earth, on it Allaah caused Adam to die, on it there is a time when a person does not ask Allaah for anything but He gives it to him, so long as he does not ask for anything haraam, and on it the Hour will begin. There is no angel who is close to Allaah, no heaven, no earth, no wind, no mountain and no sea that does not fear Friday.”



benarkah hadith ini?apakah ada sumber lain yg mungkin ffi bs sumbang dan bagikan?
jk memang benar, saya merasa sangat aneh karena dalam quran tdk pernah menyebutkan hari apapun dalam penciptaan, dan penyebutan hari serta alasan2 ini disampaikan oleh muhammad. ataukah quran menyebutkan? :-k


mungkin ada masukan lain atas pertanyaan saya dalam title thread ini..

Mengapa Jumat menjadi hari suci muslim?


FFI Alternative
Faithfreedompedia
User avatar
prisca
 
Posts: 791
Joined: Sat Mar 23, 2013 7:28 pm

Re: Mengapa Jumat menjadi hari suci muslim?

Postby Dreamsavior » Fri Nov 29, 2013 3:00 pm

Yang tertarik justru pernyataan jujur yang tercetak merah di bawah ini :
Narrated by Ibn Maajah, 1084; classed as hasan by Shaykh al-Albaani in Saheeh al-Jaami’, no. 2279
The Prophet (peace and blessings of Allaah be upon him) said, “Friday is the master of days, and the greatest of them before Allaah. It is greater before Allaah than the day of al-Adha and the day of al-Fitr. It has five characteristics: on this day Allaah created Adam, on it He sent Adam down to the earth, on it Allaah caused Adam to die, on it there is a time when a person does not ask Allaah for anything but He gives it to him, so long as he does not ask for anything haraam, and on it the Hour will begin. There is no angel who is close to Allaah, no heaven, no earth, no wind, no mountain and no sea that does not fear Friday.”


Hooooo ..... rupanya allah swt lah yang menyebabkan Adam mati :D
Ini pernyataan yang benar-benar terus terang ...
karena dalam Alkitab ... Setan-lah yang menyebabkan Adam mati.

Apakah haditz ini mau menandaskan siapa identitas allah swt sebenarnya dalam Alkitab?

(Yohanes 8:44) Kamu berasal dari bapakmu, si Iblis, .... Dia adalah pembunuh manusia sejak semula, ...

Narrated by Ibn Maajah, 1084; classed as hasan by Shaykh al-Albaani in Saheeh al
Mirror
Faithfreedom forum static
User avatar
Dreamsavior
 
Posts: 727
Joined: Wed May 11, 2011 10:43 am

Re: Mengapa Jumat menjadi hari suci muslim?

Postby Patah Salero » Fri Nov 29, 2013 3:41 pm

Dreamsavior wrote:Hooooo ..... rupanya allah swt lah yang menyebabkan Adam mati :D
Ini pernyataan yang benar-benar terus terang ...
karena dalam Alkitab ... Setan-lah yang menyebabkan Adam mati.

Apakah haditz ini mau menandaskan siapa identitas allah swt sebenarnya dalam Alkitab?

(Yohanes 8:44) Kamu berasal dari bapakmu, si Iblis, .... Dia adalah pembunuh manusia sejak semula, ...



Kalo begitu KUASA Setan lebih Tinggi dari KUASA Tuhan sebelah.

Karena SETIAP manusia pasti MATI. Dan Tuhan sebelah TIDAK MAMPU melawan KUASA Setan di dunia.
Patah Salero
 
Posts: 2702
Joined: Tue Dec 21, 2010 12:31 am

Re: Mengapa Jumat menjadi hari suci muslim?

Postby NYFGbY » Fri Nov 29, 2013 7:15 pm

Mengapa hari jumat menjadi hari suci muslim?
jawabnya: karena Alloh menyesatkan org2 ttg hari jumat.


Muslim No. 1415

Dan telah menceritakan kepada kami [Abu Kuraib] dan [Washil bin Abdul A'la] keduanya berkata, telah menceritakan kepada kami [Ibnu Fudlail] dari [Abu Malik Al Asyja'i] dari [Abu Hazim] dari [Abu Hurairah] dari [Rab'i bin Hirasy] dari [Hudzaifah] keduanya berkata;

Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam bersabda: "Allah menyesatkan orang-orang yang sebelum kita tentang hari Jumat.
Bagi orang Yahudi jatuhnya pada hari Sabtu, dan bagi orang Nasrani jatuhnya pada hari Ahad. Lalu Allah menunjuki kita yaitu pada hari Jum'at.

Telah menceritakan kepada kami [Abu Kuraib] telah mengabarkan kepada kami [Ibnu Abu Za`idah] dari [Sa'd bin Thariq] telah menceritakan kepadaku [Rib'i bin Hirasy] dari [Hudzaifah] ia berkata;

Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam bersabda: "Kita ditunjukkan dengan hari Jum'at, sementara Allah telah menyesatkan umat-umat sebelum kita darinya."

Mengapa Jumat menjadi hari suci muslim?
Mirror
Faithfreedom forum static
User avatar
NYFGbY
 
Posts: 658
Joined: Thu Mar 01, 2012 12:30 am
Location: Di puncak Jayawijaya, menjaga agar salju tidak mencair.

Re: Mengapa Jumat menjadi hari suci muslim?

Postby Dreamsavior » Sat Nov 30, 2013 11:03 am

Patah Salero wrote:
Kalo begitu KUASA Setan lebih Tinggi dari KUASA Tuhan sebelah.

Karena SETIAP manusia pasti MATI. Dan Tuhan sebelah TIDAK MAMPU melawan KUASA Setan di dunia.

Baca lagi ini :
(1 Korintus 15:26) Sebagai musuh terakhir, kematian akan ditiadakan.
(Yesaya 25:8) Ia akan menelan kematian untuk selama-lamanya, dan Tuan Yang Berdaulat YHWH pasti akan menghapus air mata dari semua muka. Dan cela umatnya akan ia singkirkan dari seluruh bumi, karena YHWH-lah yang telah mengatakannya.
(Wahyu 21:4) Dan ia akan menghapus segala air mata dari mata mereka, dan kematian tidak akan ada lagi, juga tidak akan ada lagi perkabungan atau jeritan atau rasa sakit. Perkara-perkara yang terdahulu telah berlalu.”

Well, dik Patah ... nice try =D>

Sekarang mari kembali ke topik :)

Menurutku hari Jumat ini adalah upaya untuk menjiplak kebiasaan orang Yahudi mengenai Hari Sabat.
Seperti pengakuan netter Patah Salero... Muhammad pandai menjiplak .... terutama hal-hal yang bakal mendatangkan keuntungan baginya :

Patah Salero wrote:Muhammad PINTAR SEKALI memilih-milih apa yang dijiplaknya ??
User avatar
Dreamsavior
 
Posts: 727
Joined: Wed May 11, 2011 10:43 am

Re: Mengapa Jumat menjadi hari suci muslim?

Postby fayhem_1 » Mon Dec 02, 2013 10:35 am

Yang menciptakan/menyatakan hari (yg terdiri 24 jam) itu siapa ? Tuhan atau manusia ?
User avatar
fayhem_1
 
Posts: 1402
Joined: Tue Sep 08, 2009 6:55 pm

Re: Mengapa Jumat menjadi hari suci muslim?

Postby NYFGbY » Mon Dec 02, 2013 11:49 am

fayhem_1 wrote:Yang menciptakan/menyatakan hari (yg terdiri 24 jam) itu siapa ? Tuhan atau manusia ?



.. Ya ciptaan manusia lah bro.
User avatar
NYFGbY
 
Posts: 658
Joined: Thu Mar 01, 2012 12:30 am
Location: Di puncak Jayawijaya, menjaga agar salju tidak mencair.

Re: Mengapa Jumat menjadi hari suci muslim?

Postby prisca » Wed Dec 04, 2013 12:47 pm

NYFGbY wrote:Mengapa hari jumat menjadi hari suci muslim?
jawabnya: karena Alloh menyesatkan org2 ttg hari jumat.


Muslim No. 1415

Dan telah menceritakan kepada kami [Abu Kuraib] dan [Washil bin Abdul A'la] keduanya berkata, telah menceritakan kepada kami [Ibnu Fudlail] dari [Abu Malik Al Asyja'i] dari [Abu Hazim] dari [Abu Hurairah] dari [Rab'i bin Hirasy] dari [Hudzaifah] keduanya berkata;

Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam bersabda: "Allah menyesatkan orang-orang yang sebelum kita tentang hari Jumat.
Bagi orang Yahudi jatuhnya pada hari Sabtu, dan bagi orang Nasrani jatuhnya pada hari Ahad. Lalu Allah menunjuki kita yaitu pada hari Jum'at.

Telah menceritakan kepada kami [Abu Kuraib] telah mengabarkan kepada kami [Ibnu Abu Za`idah] dari [Sa'd bin Thariq] telah menceritakan kepadaku [Rib'i bin Hirasy] dari [Hudzaifah] ia berkata;

Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam bersabda: "Kita ditunjukkan dengan hari Jum'at, sementara Allah telah menyesatkan umat-umat sebelum kita darinya."

Mengapa Jumat menjadi hari suci muslim?
Mirror
Faithfreedom forum static

maaf, apakah maksud dari sahih muslim yg diwarna cokelat itu bukan "seharusnya hari suci itu bukanlah sabtu ataupun minggu seperti 2 agama Abrahamic yg lain, melainkan hari jumat lah yg sebenarnya"?


thx


edited: ini keterangan yg saya dapat saat saya mencari hadits ini:
source: http://hadithcollection.com/sahihmuslim/132-Sahih%20Muslim%20Book%2004.%20Prayer/9965-sahih-muslim-book-004-hadith-number-1415.html

Sahih Muslim Book 004, Hadith Number 1415.


Sahih Muslim Book 04. Prayer

Print



Bismillah-Hir-Rahman-Nir-Raheem

Chapter : Excellence of taking many steps for reaching the mosque.

This Hadith has been narrated by Simak with the same chain of transmitters, but no mention has been made of ,enough".
User avatar
prisca
 
Posts: 791
Joined: Sat Mar 23, 2013 7:28 pm

Re: Mengapa Jumat menjadi hari suci muslim?

Postby fayhem_1 » Wed Dec 04, 2013 4:42 pm

fayhem_1 wrote:Yang menciptakan/menyatakan hari (yg terdiri 24 jam) itu siapa ? Tuhan atau manusia ?


NYFGbY wrote:.. Ya ciptaan manusia lah bro.

Nah artinya hadits yg dibawakan prisca itu ngibul,
Katanya adam diciptakan pada hari jumat, adam tentulah diciptakan di surga, 1 hari di surga = 1000 hari di bumi (ato lebih whocares), jadi ga masuk akal kalo adam diciptakan pada hari jumat

Lalu katanya pada hari jumat aloh menurunkan adam, bukan pada hari jumat adam tiba di bumi lho, jadi kejadiannya masih di surga, sama seperti diatas, ga masuk akal

Lalu katanya pada hari jumat aloh menyebabkan adam mati, padahal jaman adam belum ada nama hari, bagaimana muhammad tau ? masak alohswt memakai nama hari buatan manusia (buatan kafir lagi) kemudian melihat masa lalu dan mengkalkulasi hari apa ya adam mati ? Kalau kemudian hasil kalkulasi aloh adalah hari jumat dan kemudian aloh menjadikan hari jumat adalah hari yg suci, jadinya kan konyol karena kebetulan saja adam mati di hari jumat

Pemikiran lainnya adalah kalo aloh sudah tau hari saat membunuh adam adalah hari jumat dimana jumat itu diciptakan manusia nantinya, kenapa menunggu lama sekali untuk menetapkan hari jumat adalah hari suci karena saat itu aloh membunuh adam ?
kenapa ga langsung saja aloh menyatakan nama hari di bumi kemudian diajarkan pada adam ?
Bukankah adam diajari segala macam nama2 oleh aloh ?

Jadi palsu atau tidaknya tuh hadis, pastinya hadis itu adalah bohong
User avatar
fayhem_1
 
Posts: 1402
Joined: Tue Sep 08, 2009 6:55 pm


Return to Quran & Hadist



Who is online

Users browsing this forum: No registered users