.

jin islam disurga

Kesalahan, ketidak ajaiban, dan ketidaksesuaian dengan ilmu pengetahuan.

jin islam disurga

Postby doblank » Wed Nov 03, 2010 12:20 pm

Tidaklah Kami ciptakan jin dan manusia, kecuali untuk beribadah kepada-Ku." (Adz-Dzariyat [51]: 56). Begitulah penegasan Allah dalam Alquran tentang tujuan-Nya menciptakan jin dan manusia, yakni semata-mata untuk beribadah kepada Allah Yang Maha Esa. Karena itu, golongan jin dan manusia terbagi dua, yaitu Muslim dan kafir.

Jin menyatakan keislamannya yang diterangkan dalam Alquran surah Jin [72] ayat 1-2. "Telah diwahyukan kepadaku bahwa sekumpulan jin mendengarkan Alquran. Lalu, mereka berkata, `Sesungguhnya, kami telah mendengarkan Alquran yang menakjubkan, yang memberi petunjuk kepada jalan yang benar. Karena itu, kami memercayainya dan kami tidak akan mempersekutukan Allah SWT dengan siapa pun juga."

Peristiwa ini terjadi saat Rasul SAW bersama para sahabat sedang melaksanakan shalat Subuh. Ketika itu, Rasul SAW membaca surah Ar-Rahman [55] ayat 1-78. Dalam surah Ar-Rahman ini terdapat beberapa ayat yang berbunyi, "Maka, nikmat Tuhan kamu yang manakah yang kamu dustakan?" Ketika ayat ini dibacakan, para jin yang hadir saat itu langsung menjawabnya dengan kalimat, "Wahai Tuhan kami, sesungguhnya kami tidak mendustakan nikmat-Mu sedikit pun. Segala puji hanya bagi-Mu yang telah memberikan nikmat lahir dan batin kepada kami."

Ibnu Mas'ud menyatakan bahwa ia ikut menyaksikan malam turunnya ayat Jin ini. Rasulullah SAW bersabda, "Aku didatangi juru dakwah dari kalangan jin. Lalu, kami pergi bersamanya, dan aku bacakan Alquran kepada mereka."

Peristiwa ini terjadi di sebuah masjid yang terletak di kampung Ma'la, tak jauh dari pekuburan kaum Muslim di Kota Makkah. Dan kini, masjid itu dinamakan dengan Masjid al-Jin atau Masjid al-Bai'ah. Sebab, di tempat inilah para jin berbaiat atau menyatakan keislaman mereka kepada Rasulullah SAW untuk beriman kepada Allah SWT dan Kitab-Nya.

Masjid ini menjadi monumen terpenting antara Rasulullah SAW dan para jin. Konon pada saat itu, para Jin berencana menuju Tihamah. Namun, mereka mendengar bacaan Alquran. Mereka sangat takjub mendengarnya, dan kemudian berdialog dengan Rasulullah SAW, lalu menyatakan keimanannya. Mereka kemudian menyampaikan hal itu kepada kaum jin. Penyampaian para jin yang berbaiat dengan Rasul SAW itu diabadikan dalam Alquran surah Al-Ahqaf [46]: 29-32.

Dalam Asbab an-Nuzul karya Jalaluddin as-Suyuthi disebutkan sebab-sebab diturunkannya surah Al-Ahqaf ayat 29-32. Diriwayatkan dari Ibnu Abi Syaibah dari Ibnu Mas'ud. Ketika Rasulullah SAW sedang membaca ayat-ayat Alquran, ada beberapa jin (sejumlah riwayat menyebutkan jumlahnya ada sembilan jin dan sebagian lain menyebutkan tujuh jin) yang turut mendengarkan bacaan Alquran dari Rasulullah SAW. Kemudian, salah satu dari jin itu mengingatkan teman-temannya, "Diamlah, perhatikan bacaannya." Sesudah itu mereka kembali kepada kaumnya untuk mengingatkan mereka pada jalan yang benar.

Dalam kitab Ad-Durur al-Manshur disebutkan bahwa jumlah jin yang datang kepada Rasulullah SAW itu sebanyak tujuh jin. Sementara itu, menurut Ibnu Mas'ud sebagaimana dikutip Syekh Abdul Mun'im Ibrahim, dalam kitabnya Ma Qabla Khalqi Adam dan telah diterjemahkan dengan judul Adakah Makhluk Sebelum Adam? Menyingkap Misteri Awal Kehidupan, jumlah mereka sebanyak sembilan dan salah satu dari jin itu bernama Zauba'ah.

Responsif Dalam kitab Fath al-Bari bi syarh Shahih al-Bukhari bab Dzikru al-Jin disebutkan, pemimpin para jin itu bernama Wirdan. Para jin itu berasal dari Nasibain, yaitu sebuah daerah yang terletak di perbatasan antara Negara Irak dan Suriah, yaitu di dekat Mosul.

Menurut Abdullah ibnu Umar, ayat Alquran yang dibacakan Rasulullah SAW ketika itu adalah surah Ar-Rahman. Rasulullah SAW bersabda, "Tidak ada bagiku selain golongan jin yang lebih baik dalam merespons surah Ar-Rahman daripada kalian."

Para sahabat bertanya, "Bagaimana bisa, ya Rasul?" Rasulullah menjawab, "Ketika aku membaca ayat `Maka, nikmat Tuhanmu yang manakah yang kamu dustakan,' para jin berkata, "Wahai Tuhan kami, tidak ada sedikit pun dari nikmat-Mu yang kami dustakan."

Dalam hadis ini, Rasulullah SAW mengajarkan kepada para sahabatnya mengenai bagaimana mereka (golongan jin) menafakuri dan menadaburi (menelaah dan mencerna) ayat-ayat Allah SWT. Ketika ayat Alquran menanyakan sesuatu, para Jin itu dengan cepat merespons pertanyaan Allah.

Sementara itu, para sahabat masih terdiam dan terpaku mendengarkan ayat-ayat tersebut. Para jin lebih respek terhadap ayat yang banyak menggunakan kalimat istifham (pertanyaan) daripada manusia. Namun, diamnya para sahabat dalam merespons ayat Alquran ini masih lebih baik dibandingkan dengan orangorang kafir Quraisy yang enggan mengimani dan meyakini kebenaran Alquran dan ajaran Islam.

Teguran Menurut Syauqi Abu Khalil dalam Atlas Al-Qur'an, surah Jin dan Al-Ahqaf itu memberikan teguran kepada orangorang kafir Quraisy dan Arab di Makkah yang terlambat merespons keimanan. Sementara itu, jin yang bukan berasal dari golongan manusia lebih cepat dalam menerima dan merespons dakwah yang disampaikan Rasulullah SAW.

Para Jin ini terbagi dua, yakni jin kafir dan jin Islam (mukmin). Jin yang beriman akan ditempatkan di surga, sedangkan jin kafir akan ditempatkan di neraka. Rasulullah SAW menggambarkan bahwa para jin itu terbagi tiga golongan, yakni golongan yang bisa terbang di udara, golongan ular dan anjing, serta golongan yang bermukim dan hidup berpindah-pindah. Lihat hadis sahih yang diriwayatkan Ibnu Abi Dunya dalam Maqasid asy-Syaithan, dalam bagian Hawatif, riwayat al-Hakim, dan juga hadis lainnya.

Sebagaimana manusia dan hewan, para jin ini juga makan dan minum, menikah, beranak, serta mati. Menurut Syekh Abdul Mun'im Ibrahim, para jin ini adalah penghuni dunia yang hidup di tempat-tempat sepi dari manusia dan di padang pasir. Dan, diantara para jin itu ada yang hidup di pulau-pulau di tengah laut, di tempat sampah, di tempat rusak, dan di antara mereka ada yang hidup bersama manusia.

Jin memiliki kemampuan yang tidak dimiliki manusia, seperti terbang, naik ke langit, mendengar apa yang tidak bisa didengar oleh manusia, dan mereka juga melihat apa yang tidak dapat dilihat oleh manusia. Wa Allahu A'lam. (republika.co.id)
http://www.suaramedia.com/artikel/kumpu ... a-jin.html

----------------------------------------------

samakah surga gol.manusia(islam) dengan surganya jin islam?
doblank
 
Posts: 675
Joined: Wed Jun 02, 2010 8:44 pm

Re: jin islam disurga

Postby doblank » Wed Nov 03, 2010 1:46 pm

Lantas bagaimana nasib si jiny (jin wanita) islam ketika di surga?
doblank
 
Posts: 675
Joined: Wed Jun 02, 2010 8:44 pm

Re: jin islam disurga

Postby doblank » Wed Nov 03, 2010 1:46 pm

Lantas bagaimana nasib si jiny (jin wanita) islam ketika di surga?
doblank
 
Posts: 675
Joined: Wed Jun 02, 2010 8:44 pm

Re: jin islam disurga

Postby blackpotan » Wed Nov 03, 2010 3:30 pm

doblank wrote:Lantas bagaimana nasib si jiny (jin wanita) islam ketika di surga?


ya jadi houri gan, secara kan bohay :finga:
blackpotan
 
Posts: 105
Joined: Sat Jan 09, 2010 3:18 pm

Re: jin islam disurga

Postby iluvboy.blogspot » Wed Nov 03, 2010 3:45 pm

:lol: :lol: :lol: :lol:
iluvboy.blogspot
 
Posts: 951
Joined: Wed Oct 21, 2009 6:18 pm

Re: jin islam disurga

Postby doblank » Wed Nov 03, 2010 3:53 pm

doblank wrote:Lantas bagaimana nasib si jiny (jin wanita) islam ketika di surga?


blackpotan wrote:ya jadi houri gan, secara kan bohay :finga:

bisa jadi bro :rolling:



salam kenal bro blackpotan.
doblank
 
Posts: 675
Joined: Wed Jun 02, 2010 8:44 pm

Re: jin islam disurga

Postby doramma » Wed Nov 03, 2010 4:58 pm

surganya jin dg manusia itu beda,ada masing2. nerakanya jin dg manusia jg beda,hanya iblis dan setan yg dicampir dg manusia di nerakanya manusia,krn Allah telah mengabulkan doa iblis setan u/ meminta manusia kafir menjadi alas bagi mereka di neraka. Allah menjadikan setan teman bagi manusia kafir.
doramma
 
Posts: 554
Joined: Tue Nov 02, 2010 11:17 am

Re: jin islam disurga

Postby doramma » Wed Nov 03, 2010 4:59 pm

surganya jin dg manusia itu beda,ada masing2. nerakanya jin dg manusia jg beda,hanya iblis dan setan yg dicampir dg manusia di nerakanya manusia,krn Allah telah mengabulkan doa iblis setan u/ meminta manusia kafir menjadi alas bagi mereka di neraka. Allah menjadikan setan teman bagi manusia kafir.
doramma
 
Posts: 554
Joined: Tue Nov 02, 2010 11:17 am

Re: jin islam disurga

Postby doblank » Wed Nov 03, 2010 5:11 pm

doramma wrote:surganya jin dg manusia itu beda,ada masing2. nerakanya jin dg manusia jg beda,hanya iblis dan setan yg dicampir dg manusia di nerakanya manusia,krn Allah telah mengabulkan doa iblis setan u/ meminta manusia kafir menjadi alas bagi mereka di neraka. Allah menjadikan setan teman bagi manusia kafir.

tolong donk bro dipaparkan sedikit..
Pembedanya dimana?
masing2 harusnya dimana?
doblank
 
Posts: 675
Joined: Wed Jun 02, 2010 8:44 pm

Re: jin islam disurga

Postby doramma » Wed Nov 03, 2010 5:29 pm

jin muslim masuk surga jin,manusia muslim masuk surga manusia. jin kafir masuk nerakanya jin,manusia kafir masuk nerakanya manusia. msg2 ada surga dan tempat masing2.
doramma
 
Posts: 554
Joined: Tue Nov 02, 2010 11:17 am

Re: jin islam disurga

Postby blackpotan » Wed Nov 03, 2010 5:45 pm

doramma wrote:surganya jin dg manusia itu beda,ada masing2. nerakanya jin dg manusia jg beda,hanya iblis dan setan yg dicampir dg manusia di nerakanya manusia,krn Allah telah mengabulkan doa iblis setan u/ meminta manusia kafir menjadi alas bagi mereka di neraka. Allah menjadikan setan teman bagi manusia kafir.


yg gw bold :stun:
blackpotan
 
Posts: 105
Joined: Sat Jan 09, 2010 3:18 pm

Re: jin islam disurga

Postby doramma » Wed Nov 03, 2010 8:39 pm

ya donk,darimana setan/iblis punya kekuatan u/ menyembuhkan scr instan,ngasih ramalan2 ke manusia ttt,menghidupkan orang mati,ngasih kekayaan scr instan tanpa kerja keras ke manusia,dll tanpa ijin dr Allah. nah,masalahnya manusia memintanya kpd setan/iblis,bukan kpd Allah,jd pilihan manusia itu sendiri dg menjual jiwanya kpd setan/jin,menyembahnya,menyekutukannya dg Allah,itu pilihan manusia u/ jd alas kaki setan/iblis di neraka.
doramma
 
Posts: 554
Joined: Tue Nov 02, 2010 11:17 am

Re: jin islam disurga

Postby blackpotan » Thu Nov 04, 2010 3:37 am

@doblank
salam kenal bro

@dorama
ente bener2 junkir balik ya. mana dalilnya?
blackpotan
 
Posts: 105
Joined: Sat Jan 09, 2010 3:18 pm

Re: jin islam disurga

Postby doramma » Thu Nov 04, 2010 4:28 am

kamu muslim bukan,kl muslim pedomannya quran,ya baca quran,pahami ayat2nya scr menyeluruh. kl kamu kafir ya baca tuh apa kata kitab kamu....
doramma
 
Posts: 554
Joined: Tue Nov 02, 2010 11:17 am

Re: jin islam disurga

Postby Akukomkamu » Thu Nov 04, 2010 6:17 am

doramma wrote:kamu muslim bukan,kl muslim pedomannya quran,ya baca quran,pahami ayat2nya scr menyeluruh. kl kamu kafir ya baca tuh apa kata kitab kamu....


Nah itu...emang kalo memahami quran jadi tambah pinter ? tambah **** iya... ](*,)



Pisss... :heart:
Akukomkamu
 
Posts: 5565
Joined: Sat Jul 11, 2009 11:34 am
Location: "Mengajak onta2 arab unt bisa BERMARTABAT" IFF adalah TEMPAT nya.

Re: jin islam disurga

Postby doblank » Thu Nov 04, 2010 10:23 pm

doramma wrote:jin muslim masuk surga jin,manusia muslim masuk surga manusia. jin kafir masuk nerakanya jin,manusia kafir masuk nerakanya manusia. msg2 ada surga dan tempat masing2.


seperti apa sih bro, keadaan/situasi/bentuk surga islam golongan manusia dan surga jin islam?
doblank
 
Posts: 675
Joined: Wed Jun 02, 2010 8:44 pm

Re: jin islam disurga

Postby blackpotan » Fri Nov 05, 2010 3:58 pm

doramma wrote:kamu muslim bukan,kl muslim pedomannya quran,ya baca quran,pahami ayat2nya scr menyeluruh. kl kamu kafir ya baca tuh apa kata kitab kamu....


dorama sayang :goodman:

saya kan kapir bin kolopir :finga:

bisa minta dijelasin donk menurut kitab ente. klo menurut kitab ane setan jin sama aja. ngga seperti penjelasan ente

dorama said...

Jin setan itu dulunya masuk golongan malaikat, memang mereka itu dulunya sebelum menentang perintah allah u/ menghormat pada nabi Adam memang memiliki kemampuan untuk mendengar berita2 dari langit tempat para malaikat saling berbincang, namun semenjak diusir dari surga dan manusia juga tinggal di bumi, maka mereka hanya bisa mencuri dengan sepotong-sepotong pembicaraan para malaikat itu, berita2 inilah yg jin sampaikan pada manusia sebagai ramalan, itulah mengapa ramalan tak selalu terbukti kebenarannya, karena jin sekarang hanya bisa menguping sepotong-sepotong...taruhannya juga berat, meeka bisa dilempar bintang dalam berbagai ukuran sesuai ukuran masing-masing jin itu jika ketahuan berani terbang naik ke langit atas lalu menguping pembicaraan para malaikat, tapi semua itu mereka lakukan demi menyesatkan manusia, agar ada manusia yg mau menjual jiwanya, menjadi alas kaki mereka saat di neraka, hanya demi ramalan-ramalan itu....nah, kalau muslim kami sudah diberi peringatan agar tak mempercayai ramalan-ramalan, bisa kena hukuman ibadah kami selama bbrp hari tak diterima amalannya....jika muslim mempercayai ramalan-ramalan menyesatkan itu...


komen
bold pertama
jangan jangan muhmet ketemu sama jin ya di goa hira. pan si jin tinggal di bumi

bold kedua dan tiga
hasilnya qoran
blackpotan
 
Posts: 105
Joined: Sat Jan 09, 2010 3:18 pm

Re: jin islam disurga

Postby doblank » Fri Nov 05, 2010 10:06 pm

doblank wrote:seperti apa sih bro, keadaan/situasi/bentuk surga islam golongan manusia dan surga jin islam?

angkat topi saya, jika brodor bisa menjawabnya.
doblank
 
Posts: 675
Joined: Wed Jun 02, 2010 8:44 pm

Re: jin islam disurga

Postby doramma » Mon Nov 08, 2010 11:52 am

nieh kapir pada gak bisa baca ya! cari aja sendiri di quran...kl mau tahu apa kata quran,kok pake memohon2 dr orang lain...siap pelajari Islam ya hrs siap baca quran! jin itu terbagi 2,jin muslim dan jin kafir(setan,iblis). jin berusaha menyesatkan manusia dg menciptakan berbagai agama selain Islam,spy manusia kafir tersesat dan jd alas kakinya di neraka.
doramma
 
Posts: 554
Joined: Tue Nov 02, 2010 11:17 am

Re: jin islam disurga

Postby Salam Musa » Mon Nov 08, 2010 12:22 pm

Thread Menarik sekali...

Agama-agama di dunia sudah sewajarnya membicarakan alam ghoib..hal-hal supranatural, Bukan hanya "sejarah", "bahasa", "hukum-hukum duniawi", "sains". Penipu ulung bukanlah manusia atau hewan bernama bunglon. Tetapi suatu mahluk yang bisa mengaku diri-nya adalah malaikat baik...bahkan hingga tingkat tertentu bisa mengaku diri-nya tuhan, dengan mukjizat rendahan.

Kelemahan manusia adalah keterbatasan "dimensi", dan sudah seharusnya suatu agama mampu menjelaskan secara konkrit.

http://newsgroups.derkeiler.com/pdf/Archive/Soc/soc.culture.indonesia/2009-01/msg01473.pdf
Pernyataan Ali Makrus Attamimi sebelum Murtad:
(Mantan ketua FPI Jawa Timur)

Saya ini sering kali mengislamkan jin, karena selama hidup saya punya
182 jin yang saya islamkan yang menjadi santri saya. Jadi ngajinya
sama saya.Jadi saya itu seneng mengislamkan jin. Lebih−lebih kalau
pikiran saya sumpek di dunia saya masuk ke dalam alam jin. Karena alam
jin, jin itu cantik−cantik beda dengan gondoruwo. Kalau gondoruwo
nggak ada yang cantik, semua jelek−jelek. Kalau jin itu orangnya di
sana memang cantik−cantik, sehingga orang−orang dari paranomal kalau
sudah masuk alam jin. Banyak, kan?

User avatar
Salam Musa
 
Posts: 1466
Joined: Wed May 19, 2010 2:51 pm

Next

Return to Quran & Hadist



Who is online

Users browsing this forum: No registered users

cron