.

Hadits & Sirah ttg Usaha Ekonomi para Sahabat

Kehidupan, pengikut, kepercayaan, pikiran dan ucapan Muhammad.

Hadits & Sirah ttg Usaha Ekonomi para Sahabat

Postby CRESCENT-STAR » Fri Mar 02, 2012 11:04 am

Kesaksian Abu Huraira seolah mualaf dari Yaman yang bergabung bersama komunitas muslim MADINAH sekitar tahun 629 (3 tahun sebelum wafatnya Nabi atau ketika saat-saat penyerangan Yahudi di khaibar.
menurut Abu Huraira walaupun beberapa peperangan sudah berlangsung, ternyata kaum muslimin muhajirin disibukkan oleh bisnis perdagangannya dan kaum muslimin dari ansar sibuk dengan pertaniannya.

menurut keterangan sahih Bukhari bahwa perang2 yg dipimpin nabi sekitar 19 kali, ditambah beberapa sariah kecil yg tidak diikuti nabi. jika kita hitung rata-rata sekali perang adalah membutuhkan waktu 1 bulan, sebab lamanya perang ada macam2 ada yg satu minggu, 3 hari, 2 bulan atau 3 bulan. maka ada sekitar 19 bulan atau 20 bulanan masa perang tsb. jadi sekitar 2 tahun kurang. sedangkan pasca hijrah Nabi tinggal selama kurang lebih 10 tahun di Madinah. artinya secara matematis ada masa-masa tidak perang selama 8 tahun di Madinah.
tidak seperti yang dibayangkan orang bahwa seluruh kehidupan Nabi dan kaum muslimin adalah PERANG MELULU. masa2 perang sangat sedikit dibanding masa2 tidak perang. dan selama masa tidak perang pasti ada kesibukan NON PERANG. salah satunya adalah KESIBUKAN EKONOMI.
ya kalau kita baca sirah2 nabi yg isinya hanya PERANGGG saja, memang secara otomatis akan menimbulkan efek pemahaman bahwa hidup kaum muslim saat itu hanya perang. padahal dilihat dari prosentasenya hanya 20 % saja. karena SIRAH cenderung menceritakan kejadian2 penting saja, TIDAK DETAIL menceritakan perjalanan selama 10 tahun di madinah dan 13 tahun di mekkah dalam kenabian Muhammad saw. maka tidak heran SIRAH selalu tidak lengkap.

mari satu persatu hadits2 pokoknya mengenai bisnis yg dijalankan kaum muslim di masa NON perang ...

BUkhari HADIST NO - 1906
Telah menceritakan kepada kami Abu Al Yaman telah menceritakan kepada kami Syu'aib dari Az Zuhriy berkata, telah mengabarkan kepada saya Sa'id bin Al Musayyab dan Abu Salamah bin 'Abdurrahman bahwa Abu Hurairah radliallahu 'anhu berkata; "Sesunggungnya kalian telah mengatakan bahwa Abu Hurairah adalah orang yang paling banyak menyampaikan hadits dari Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam dan kalian juga mengatakan tentang sahabat Muhajirin dan Anshar yang menyampaikan hadits dari Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam dengan tidak sebanyak yang disampaikan oleh Abu Hurairah. Sungguh saudara-saudaraku dari kalangan Muhajirin mereka disibukkan dengan berdagang di pasar-pasar sedangkan aku selalu mendampingi (mulazamah) Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam dalam keadaan perutku hanya terisi makanan pokok sehingga aku hadir saat mereka tidak hadir dan aku dapat menghafal hadits ketika mereka lupa. Sedangkan saudara-saudaraku dari kalangan Anshar mereka disibukkan dengan pekerjaan mereka dalam mengurus harta (red. kebun) mereka sedangkan aku saat itu adalah salah satu orang miskin dari kalangan orang-orang miskin Ahlush Shuffah sehingga aku dapat mengingat hadits saat mereka lupa, dan sungguh Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam telah bersabda dalam suatu hadits yang Beliau sampaikan kepadaku yaitu: "Tidaklah seseorang menggelar kainnya hingga aku selesaikan sabdaku ini diatas kainnya itu lalu dia menampung dan mengambilnya kembali melainkan dia akan dapat menjaga (menghafal dan memahami) apa yang aku sabdakan". Maka aku menggelar kainku yang bermotif (bergaris) hingga ketika Beliau telah menyelesaikan sabda Belliau aku ambil kain tersebut lalu aku peluk di dadaku. Maka setelah itu tidaklah aku lupa sedikitpun dari sabda-sabda Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam ".
Last edited by CRESCENT-STAR on Mon Mar 05, 2012 8:41 am, edited 1 time in total.
User avatar
CRESCENT-STAR
 
Posts: 8235
Joined: Wed Nov 04, 2009 10:48 pm

Re: Hadits & Sirah ttg Usaha Ekonomi para Sahabat

Postby CRESCENT-STAR » Fri Mar 02, 2012 11:10 am

Kegiatan Berdagang terus berlanjut hingga tahun ke 8 atau 9 setelah Hijrah.

Ibnu Majah HADIST NO - 3709
Telah menceritakan kepada kami Abu Bakar telah menceritakan kepada kami Waki' dari Zam'ah bin Shalih dari Az Zuhri dari Wahb bin Abd bin Zam'ah dari Ummu Salamah. Dan di riwayatkan dari jalur lain, telah menceritakan kepada kami Ali bin Muhammad telah menceritakan kepada kami Waki' telah menceritakan kepada kami Zam'ah bin Shalih dari Az Zuhri dari Abdullah bin Wahb bin Zam'ah dari Ummu Salamah dia berkata; "Setahun sebelum wafatnya Nabi shallallahu 'alaihi wasallam Abu Bakar pernah keluar berdagang ke negeri Bushra bersama Nu'aiman dan Suwaibith bin Harmalah, -keduanya pernah mengikut perang Badr- ...............

Pada saat pertama masuk Madinah yang Nabi lakukan adalah MEMPERKUAT EKONOMI kaum Muslimin dengan sistem Bagi Hasil ..

Muslim HADIST NO - 3318
Dan telah menceritakan kepadaku Abu At Thahir dan Harmalah keduanya; telah mengabarkan kepada kami Ibnu Wahb telah mengabarkan kepadaku Yunus dari Ibnu Syihab dari Anas bin Malik dia berkata, "Ketika kaum muhajirin tiba dari Makkah ke Madinah, mereka datang dengan tidak membawa sesuatupun, sedangkan kaum Anshar mempunyai tanah dan kebun kurma yang luas. Maka orang-orang Anshar membagikan sebagiannya kepada Sahabat Muhajirin dengan syarat mereka memberikan setengah dari hasil penennya setiap tahun. Maka orang-orang Muhajirin pun membayar kepada orang-orang Anshar dengan kerja dan makanan." Ibu Anas bin Malik atau yang biasa dipanggil Ummu Sulaim, dan Ibu Abdullah bin Abu Thalhah - saudara seibu Anas-, Ibu Anas memberikan kebun kurma miliknya kepada Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam, lalu beliau memberikannya kepada Ummu Aiman, budak Ibu Usamah bin Zaid." Ibnu Syihab berkata, "Lalu Anas bin Malik mengabarkan kepadaku, bahwa ketika Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam kembali dari perang Khaibar beliau pulang ke Madinah, lalu kaum muhajirin mengembalikan kebun kurma pemberian kaum anshar kepada mereka." Ibnu Syihab berkata, "Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam juga mengembalikan kebun kurmanya kepada ibuku, dan beliau shallallahu 'alaihi wasallam juga memberikan bagian dari kebun kurmanya kepada Ummu Aiman." Ibnu Syihab berkata, "Yang menjadi permasalahan Ummu Aiman ialah, bahwa Ibu Usamah bin Zaid dulunya seorang pelayan milik Abdullah bin Abdul Muththallib yang berasal dari Habasyah. Ketika Aminah (Ibu Rasul) melahirkan Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam, setelah ditinggal wafat oleh ayahnya, maka Ummu Aimanlah yang merawat beliau hingga beliau shallallahu 'alaihi wasallam dewasa, kemudian ia dimerdekakan dan dinikahi oleh Zaid bin Haritsah. Ummu Aiman meninggal dunia lima tahun setelah meninggalnya Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam."
User avatar
CRESCENT-STAR
 
Posts: 8235
Joined: Wed Nov 04, 2009 10:48 pm

Re: Hadits & Sirah ttg Usaha Ekonomi para Sahabat

Postby keeamad » Fri Mar 02, 2012 11:15 am

Semua argumen serta asumsi anda ttg islam dan keislaman saya anggap gagal dan gugur,
kecuali anda bisa menjawab :
Kalo ada muslim yang bisa menunjukkan dari ratusan(!) ayat quran yg turun di makah (makiyah) selama 17 tahun(!) ada 1 ayat sahaja yang menyebutkan nama JIBRIL, tolong posting disini ....
to-crescent-star-indikasi-jibril-gw-hira-adalah-iblis-t47548/page20.html

Mengapa ???
Karena dari kehadiran GAIB (Anda paham betul dengan maksud saya sebagai pesilat ajian PAMONYET dulu) itulah,
semua kebohongan ttg ISLAM BERAWAL ....

Dari satu kebohongan yg diyakini benar, akan selalu lahir kebohongan2x yg berikutnya .....
Kalo anda percaya kebohongan pertama adalah benar (Malaikat Gw Hira), maka anda akan yakin sepenuhnya dengan semua KEBOHONGAN2X SELANJUTNYA .....
TAPI SEKALI ANDA TAHU ITU BOHONG DAN TIDAK PERCAYA (IBLIS GW HIRA), maka anda akan tahu bahwa SEGALA SESUATU YANG BERIKUTNYA ADALAH BOHONG BELAKA ....

Tinggal bagaimana anda memilih ;
kata hati anda,
atau anda membela momad MATI - MATIAN (apa si untungnya buat si momad itu),
dan anda (merasa bisa) melupakan kata hati anda .................
User avatar
keeamad
 
Posts: 6944
Joined: Tue Aug 23, 2011 4:06 pm

Re: Hadits & Sirah ttg Usaha Ekonomi para Sahabat

Postby CRESCENT-STAR » Fri Mar 02, 2012 11:47 am

SIKAP SAHABAT TERHADAP KELEBIHAN HARTA yakni mensedekahkannya adalah pemikiran terbaik ..... jauh sekali dari TUDUHAN bahwa mereka bermental GARONG

AHMAD HADIST NO - 687
Telah menceritakan kepada kami Wahab Bin Jarir Telah menceritakan kepada kami bapakku aku mendengar Al A'masy bercerita dari 'Amru Bin Murrah dari Abul Bakhtari dari Ali dia berkata; Umar Bin Khaththab berkata dihadapan manusia seraya bertanya; "Apa pendapat kalian terhadap kelebihan harta yang ada pada kita?" Mereka menjawab; "Wahai Amirul Mukminin, kami telah menyibukkanmu dari keluargamu, pekerjaanmu dan perdaganganmu maka harta itu menjadi bagianmu, " maka Umar bertanya kepadaku; "Apa pendapatmu?" Aku menjawab; "Mereka telah bermusyawarah untukmu, " maka ia bertanya lagi; "Katakan." Aku jawab; "jJangan kamu jadikan keyakinanmu keraguan." Maka dia berkata lagi; "Kamu harus mengeluarkan pendapatmu." Aku menjawab; "Tentu, demi Allah, pasti aku akan mengutarakannya, ingatkah kamu ketika Nabiyullah shallallahu 'alaihi wasallam mengutusmu untuk mengumpulkan zakat kemudian kamu mendatangi Abbas Bin Abdul Muththalib dan dia menolak kamu untuk membayar zakatnya, maka timbullah di hati kalian sesuatu, kemudian kamu berkata kepadaku; "Mari berangkat bersamaku menemui Nabi shallallahu 'alaihi wasallam." Dan kita mendapati beliau dalam keadaan cemberut maka kami kembali, kemudian pagi harinya kita datang kepada beliau dan mendapatinya dalam keadaan berseri-seri, maka kita ceritakan apa yang telah dilakukan oleh Abbas, maka beliau berkata: "Tidakkah kamu tahu bahwa paman seseorang itu mirip dengan bapaknya?" Kemudian kita sampaikan kepada beliau apa yang kita lihat dari muka beliau yang cemberut pada hari pertama dan berseri-seri pada hari yang kedua, maka beliau menjawab: "Ketika kalian mendatangiku pada hari pertama zakat yang tersisa padaku tinggal dua dinar maka kalian lihat mukaku cemberut, kemudian kalian datang hari ini dan aku telah menyedekahkan kedua dinar tersebut, maka kejadian itulah yang membuat kalian melihatku berseri-seri." Maka Umar berkata; "Engkau benar, demi Allah aku berterima kasih kepada engkau didunia dan akhirat."
User avatar
CRESCENT-STAR
 
Posts: 8235
Joined: Wed Nov 04, 2009 10:48 pm

Re: Hadits & Sirah ttg Usaha Ekonomi para Sahabat

Postby duren » Fri Mar 02, 2012 12:03 pm

Anak kesayanganku si Cresent Star ini memang selalu membuatku bangga deh :green:


SAYA PERCAYA DENGAN ISI POST MU !!


Yang belon sanggup nte jawab adalah : Dari mana jalannya muhammad bisa makan ?

PEMBERITAHUAN:
Jangan pake font raksasa ukuran 200 terus-terusan sebab tak perlu dan menyulitkan pengguna HP.
M.
User avatar
duren
 
Posts: 11124
Images: 14
Joined: Mon Aug 17, 2009 9:35 pm

Re: Hadits & Sirah ttg Usaha Ekonomi para Sahabat

Postby keeamad » Fri Mar 02, 2012 1:49 pm

Si Crescent makin dalam memendam keiblisannya ....

Dulu waktu masih jadi "Pamonyet" di dunia nyata, jangankan di"Sentil", diliatin aja langsung kluar tu "MONYET" .....

Sekarang dengan jurus "Pamonyet" di dunia maya, udah digebukin sampe babak belur sekalipin, eehh tu monyet masih sembunyi aja, malah makin dalam masuk ke hati bung Crescent ..... (tapi efek "Monyet" itu masih ada sih, berupa KEBAL MUKA ... )

Gak pa pa lah, itu semua bagian dari tipudaya sang iblis, kita tunggu tanggal mainnya saja kapan iblis "Pamonyet" dunia maya ini bakal "Meledak" ......(atau mungkin si Crescent keburu sadar ... ??)
User avatar
keeamad
 
Posts: 6944
Joined: Tue Aug 23, 2011 4:06 pm

Re: Hadits & Sirah ttg Usaha Ekonomi para Sahabat

Postby CRESCENT-STAR » Fri Mar 02, 2012 1:57 pm

duren wrote:Yang belon sanggup nte jawab adalah : Dari mana jalannya muhammad bisa makan ?

HADIST NO - 8881:
Telah menceritakan kepada kami Khalaf berkata; telah menceritakan kepada kami Abu Ma'syar dari Sa'id dari Abu Hurairah, dia berkata; Bahwa telah lewat satu purnama pada keluarga Nabi shallallahu 'alaihi wasallam, kemudian satu purnama lagi, dan tidak didapatkan sedikitpun nyala api di rumah mereka baik untuk membuat roti atau memasak makanan." Para sahabat bertanya, "Lalu dengan apa mereka hidup wahai Abu Hurairah?" Abu Hurairah berkata; "Dengan Al Aswadain, yakni kurma dan air, dan keluarga Rasulullah mempunyai tetangga dari suku Anshar yang selalu memberi dan mengirimkan kepada mereka sedikit susu, semoga Allah membalas mereka dengan kebaikan."

Kurma mudah didapat bagi nabi karena punya kebun pemberian ibunya Anas bin Malik yg dikelola oleh Ummu aiman.
beberapa hadits tersebar mengatakan tetangga dan sahabat nabi sering kirim makanan .. memasak buat nabi.
menurut hadits tersebar keluarga nabi SERING TIDAK MAKAN dari awal hingga wafatnya.... jadi tidak usah dipertanyakan dari mana dapat makanan..diganjal batu perutnya ...

Tirmidzi HADIST NO - 2293
Telah menceritakan kepada kami 'Abdullah bin Abu Ziyad telah menceritakan kepada kami Sayyar bin Hatim dari Sahl bin Aslam dari Yazid bin Abu Manshur dari Anas bin Malik dari Abu Thalhah dia berkata: Kami mengadukan kelaparan kami kepada Rasulullah Shallallahu 'alahi wa Salam dan kami mengganjal perut kami dengan satu batu sedangkan Rasulullah Shallallahu 'alahi wa Salam mengganjal dengan dua batu. Abu Isa berkata: Hadits ini gharib, kami tidak mengetahuinya kecuali dari jalur sanad ini.
Last edited by CRESCENT-STAR on Mon Mar 05, 2012 8:42 am, edited 1 time in total.
User avatar
CRESCENT-STAR
 
Posts: 8235
Joined: Wed Nov 04, 2009 10:48 pm

Re: Hadits & Sirah ttg Usaha Ekonomi para Sahabat

Postby duren » Fri Mar 02, 2012 2:57 pm

CRESCENT-STAR wrote:menurut hadits tersebar keluarga nabi SERING TIDAK MAKAN dari awal hingga wafatnya.....

SERING TIDAK MAKAN bukan berarti TERUS MENERUS TIDAK MAKAN
Pasti SESEKALI makan juga :lol:

Pertanyaan : Dari mana makannya yang SESEKALI itu ?
CRESCENT-STAR wrote:jadi tidak usah dipertanyakan dari mana dapat makanan[/size]..diganjal batu perutnya ...

Ya HARUS DIPERTANYAKAN .

Kecuali nte mampu menunjukkan bukti bahwa muhammad bisa merobah air menjadi anggur :finga:
User avatar
duren
 
Posts: 11124
Images: 14
Joined: Mon Aug 17, 2009 9:35 pm

Re: Hadits & Sirah ttg Usaha Ekonomi para Sahabat

Postby keeamad » Fri Mar 02, 2012 3:01 pm

Nabi mengganjal perut (laparnya) dengan 2 batu ?
Anda bisa percaya itu karena anda (mungkin telah) mengganjal atau sekaligus mengganti otak anda dengan batu item di kabah ....

:drinkers:
User avatar
keeamad
 
Posts: 6944
Joined: Tue Aug 23, 2011 4:06 pm

Re: Hadits & Sirah ttg Usaha Ekonomi para Sahabat

Postby duren » Fri Mar 02, 2012 3:15 pm

Tak copas lagi deh hadis anti ngeles ini \:D/


(BUKHARI - 1390) : Telah menceritakan kepada kami 'Umar bin Muhammad bin Al Hasan Al Asadi telah menceritakan kepada kami bapakku telah menceritakan kepada kami Ibrahim bin Thahman dari Muhammad bin Ziyad dari Abu Hurairah radliallahu 'anhu berkata;
"Suatu hari Rasulullah Shallallahu'alaihiwasallam pernah diberikan (menerima) zakat kurma ketika masa panen yang ketika itu seseorang membawa zakat kurmanya dan yang lain juga membawa zakat kurmanya sehingga kurma-kurma itu menumpuk karena sangat banyaknya. Tumpukan itu menjadi tempat bermainnya Hasan dan Husein radliallahu 'anhuma. Satu diantara kedua anak itu lantas mengambil sebutir kurma tersebut lalu memasukkannya ke dalam mulutnya.
Lalu Rasulullah Shallallahu'alaihiwasallam melihatnya kemudian mengeluarkannya dari mulutnya seraya bersabda: "Tidak tahukah kamu bahwa keluarga Muhammad Shallallahu'alaihiwasallam tidak boleh memakan shadaqah (zakat)?".
User avatar
duren
 
Posts: 11124
Images: 14
Joined: Mon Aug 17, 2009 9:35 pm

Re: Hadits & Sirah ttg Usaha Ekonomi para Sahabat

Postby Jarum_Kudus » Fri Mar 02, 2012 3:22 pm

duren wrote:Pertanyaan : Dari mana makannya yang SESEKALI itu ?

duren, ustad palsu biasanya memang kurang ngerti Qur'an. Sinih gw bantuin:

Q. 8:69
Maka makanlah dari sebagian rampasan perang yang telah kamu ambil itu, sebagai makanan yang halal lagi baik, dan bertakwalah kepada Allah; sesungguhnya Allah Maha Pengampun lagi Maha Penyayang.

Tanpa rampasan perang, Muhammad gak bisa makan barang sekalipun. Dikasi modal Allah dengan berbagai ladang dan harta kafir sekalipun, Muhammad tetep saja tak mampu mengelola modal tersebut. Apalah daya? Nabi bod0h ini membaca saja tak sanggup sampai mati, apalagi berbisnis pertanian secara halal. Hopeless deh.
User avatar
Jarum_Kudus
 
Posts: 1711
Images: 417
Joined: Tue Feb 28, 2006 9:49 am

Re: Hadits & Sirah ttg Usaha Ekonomi para Sahabat

Postby duren » Fri Mar 02, 2012 3:39 pm

Jarum_Kudus wrote:duren, ustad palsu biasanya memang kurang ngerti Qur'an. Sinih gw bantuin:

Q. 8:69
Maka makanlah dari sebagian rampasan perang yang telah kamu ambil itu, sebagai makanan yang halal lagi baik, dan bertakwalah kepada Allah; sesungguhnya Allah Maha Pengampun lagi Maha Penyayang.

Berarti si Cresent MEMANG JUJUR

Memang benar bahwa muhammad cuma SESEKALI MAKAN sebab MENGGARONGNYA juga CUMA SESEKALI AJA \:D/
User avatar
duren
 
Posts: 11124
Images: 14
Joined: Mon Aug 17, 2009 9:35 pm

Re: Hadits & Sirah ttg Usaha Ekonomi para Sahabat

Postby BebasMungkin » Fri Mar 02, 2012 4:14 pm

Mengapa ya..... kok Hadistnya Tidak Konsisten

CRESCENT-STAR wrote:Pada saat pertama masuk Madinah yang Nabi lakukan adalah MEMPERKUAT EKONOMI kaum Muslimin dengan sistem Bagi Hasil ..

Nabi Muhammad melakukan "INOVASI" Ekonomi dgn Sistem Bagi Hasil...

Kok..... Nabi menjadi SERING TIDAK MAKAN... <=== Orang Sampai Tidak Makan itu Terjadi Karena MALAS

CRESCENT-STAR wrote:Kurma mudah didapat bagi nabi karena punya kebun pemberian ibunya Anas bin Malik yg dikelola oleh Ummu aiman.
beberapa hadits tersebar mengatakan tetangga dan sahabat nabi sering kirim makanan .. memasak buat nabi.
menurut hadits tersebar keluarga nabi SERING TIDAK MAKAN dari awal hingga wafatnya.... jadi tidak usah dipertanyakan dari mana dapat makanan..diganjal batu perutnya ...


Inovasi Ekonominya nggak Berhasil ??, Malas atau Memang Nabi dan Sahabatnya MISKIN KREATIFITAS ??,
kecuali HANYA PUNYA Kreatifitas dalam Bidang Jarah Menjarah....

User avatar
BebasMungkin
 
Posts: 536
Joined: Thu Jun 23, 2011 1:50 pm

Re: Hadits & Sirah ttg Usaha Ekonomi para Sahabat

Postby keeamad » Fri Mar 02, 2012 4:58 pm

@ atas,
Tidak makan bisa jadi karena malas atau sistem bagi hasil yang dibawanya BANGKRUT .....
User avatar
keeamad
 
Posts: 6944
Joined: Tue Aug 23, 2011 4:06 pm

Re: Hadits & Sirah ttg Usaha Ekonomi para Sahabat

Postby duren » Fri Mar 02, 2012 7:17 pm

Penciptakan EKONOMI SYARIAH ternyata sering GA MAKAN :shock: :rofl:
User avatar
duren
 
Posts: 11124
Images: 14
Joined: Mon Aug 17, 2009 9:35 pm

Re: Hadits & Sirah ttg Usaha Ekonomi para Sahabat

Postby keeamad » Fri Mar 02, 2012 7:51 pm

@ atas
Gw gak abis pikir sama hadis MENGGANJAL PERUT DENGAN BATU ....
Buat apa dia repot2x bikin sistim bagi hasil, buat apa dia bercerita ttg umatnya yang sibuk dengan berekonomi dan berkebun ?
Kalo cuma untuk urusan makan aja dia sampe kelaparan dan harus mengganjal dengan BATU ???

BENER2X ORANG ISLAM GAK ADA LOGIKANYA SAMA SEKALI, YANG PENTING KUTIP HADIS KATANYA KATANYA,
MENGENAI BENAR ATAU TIDAK, MASUK AKAL APA TIDAK, SELAMA MEMBELA KEPENTINGAN momad,
SEMUA DIAMINI SAJA....

MEREKA LEBIH BODDOH DARI KERBO YANG DICOCOK HIDUNGNYA,
KARENA MAU SAJA DISURUH TERJUN BEBAS KE JURANG ....
User avatar
keeamad
 
Posts: 6944
Joined: Tue Aug 23, 2011 4:06 pm

Re: Hadits & Sirah ttg Usaha Ekonomi para Sahabat

Postby 1234567890 » Fri Mar 02, 2012 9:19 pm

duren wrote:Berarti si Cresent MEMANG JUJUR

Memang benar bahwa muhammad cuma SESEKALI MAKAN sebab MENGGARONGNYA juga CUMA SESEKALI AJA \:D/


kelihatannya ... sukses menggarongnya sesekali saja ketika muslim masih lemah

jadi wajar saja kalau muslim bilang muhammad engga selalu hidup berkelimpahan.

sukses ngegarong ... makan kenyang harta banyak bini pun semua bisa dikasih makan

gagal ngegarong (kafilah dagangnya terlalu kuat atau keburu kabur) ... muhammad kudu makan batu ... kebayang batunya bekas cebok terus dipake ganjel perut ..... jorok nian nabi onta cabul yang satu ini
:rolling:
1234567890
 
Posts: 3860
Joined: Sun Aug 09, 2009 2:31 am

Re: Hadits & Sirah ttg Usaha Ekonomi para Sahabat

Postby omega phoenix » Sat Mar 03, 2012 6:25 pm

Sekalinya muncul Ustadz CS langsung tenggelam didalam kegelapan lagi :rofl:
User avatar
omega phoenix
 
Posts: 1689
Joined: Sun Aug 21, 2011 6:39 pm

Re: Hadits & Sirah ttg Usaha Ekonomi para Sahabat

Postby swatantre » Sat Mar 03, 2012 7:05 pm

CRESCENT-STAR wrote:Pada saat pertama masuk Madinah yang Nabi lakukan adalah MEMPERKUAT EKONOMI kaum Muslimin dengan sistem Bagi Hasil ..

Betul... Maksudnya bagi2 hasil jarahan... Sampai2 disebutkan jumlah eksaknya (seperlima)... Benar2 ekonomi yang AMAT islami... :lol:

BebasMungkin wrote:
Inovasi Ekonominya nggak Berhasil ??, Malas atau Memang Nabi dan Sahabatnya MISKIN KREATIFITAS ??,
kecuali HANYA PUNYA Kreatifitas dalam Bidang Jarah Menjarah....


Sangat kreatif... Lainnya berdagang dan berkebun dengan bekerja keras dan imbal hasil yang butuh waktu, Muhammad segerombolan menemukan sistem jalan pintas tanpa kerja keras dengan durasi waktu yang jauh lebih singkat untuk menikmati hasilnya: PERAMPOKAN...

YAng kreatif di islam adalah cecunguk di dunia rasional dan dunia nyata...
swatantre
 
Posts: 4193
Joined: Thu Jul 20, 2006 7:40 pm
Location: Tanah Suci, dalem Ka'bah

Re: Hadits & Sirah ttg Usaha Ekonomi para Sahabat

Postby duren » Sat Mar 03, 2012 9:00 pm

Hehehe yang gw penasaran adalah dengan : Tehnik MENAHAN LAPAR dengan cara MENGGANJAL PERUT dengan BATU :rolleyes:

Sewaktu Jesus puasa digurun ... beliau pake tehnik apaan yahh :lol:
User avatar
duren
 
Posts: 11124
Images: 14
Joined: Mon Aug 17, 2009 9:35 pm

Next

Return to Muhammad



Who is online

Users browsing this forum: No registered users