.

Kmpulan Postng Pranoto-dr MilisAstronomi (WARNING SUPERLONG)

Yang santai dan rileks. Gosip juga boleh.

Re: Kmpulan Postng Pranoto-dr MilisAstronomi (WARNING SUPERL

Postby JANGAN GITU AH » Sun Apr 22, 2012 12:12 pm

@pranoto...

maaf, mungkin anda tersinggung karena saya katakan ritual haji adalah peninggalan paganisme...sehingga anda menuduh saya main-main...

anda ini bagaimana sih? itu kenyataan koq...ada haditsnya dan ada pula ayat quran yang dengan terang-terangan mengungkap hal itu...

sayang, lutut anda terlalu cepat gemetar... :-k
User avatar
JANGAN GITU AH
 
Posts: 5366
Joined: Sun Jan 04, 2009 1:39 pm
Location: Peshawar-Pakistan

Re: Kmpulan Postng Pranoto-dr MilisAstronomi (WARNING SUPERL

Postby keeamad » Sun Apr 22, 2012 2:55 pm

pranotohr wrote:problemnya bukan di sy...tp pd anda semua, yg tdk tahu kebenaran. makanya sejak awal sy tanya..apa itu kebenaran ?
tdk mo jwb, jd...pasti anda itu bukan pencari kebenaran. tp pencari kesulitan.


Yang pasti punya problem anda,
buktinya GAK PERNAH BISA MEMBUKTIKAN Jawaban2x anda secara ILMIAH dan Saintifik (bahkan ngakunya udah ke langit ....)

Saya yakin KLAIM ANDA UDAH KE Langit adalah cuma TIPUAN, dan itu hasil DIDIKAN JIN2X Teman ANDA YANG PENIPU SEMUA ....
(Anda kira kami bisa kemakan dg tipuan murahan anda - tipuan ala muhamad yg mengaku-aku naik ke langit???)
User avatar
keeamad
 
Posts: 6944
Joined: Tue Aug 23, 2011 4:06 pm

Re: Kmpulan Postng Pranoto-dr MilisAstronomi (WARNING SUPERL

Postby Aku-Suka-Hujan » Sun Apr 22, 2012 9:43 pm

Wah... Seharian saya tinggalkan post ini... Sudah sampai halaman 4...

Ternyata mas pra mengklaim sering bolak-balik langit bumi??? Mau menyaingi Isra Miraj yah??? \:D/ :p
Oh well, not my business...
Seperti yang sudah saya katakan saya tidka akan membahas kalender lagi atau hal-hal klenik... Percuma bahas kalender karena mas pra tidak mau membahas kalendernya hanya mau mendebat sistem kalender dengan mengatakan kalendernya paling bagus dst dsb... Percuma juga saya ikut-ikutan bahas klenik, karena itu di luar keilmuan dan pengetahuan saya...
Saya hanya mau mengkomentari post bung JGA...
Saya benar-benar berharap Anda jangan menyerang mas pra secara pribadi (perseorangan) tetapi secara keilmuan dan pandangannya, bukan hanya pada mas Pra tapi juga saudara CP, CS, K-S, dan KP. Kita boleh frustasi dan kesal dengan segala 'antik' mereka, tapi marilah kita batasi emosi negatif kita dan tidak menyerang mereka secara pribadi... Tapi kalau sedikit sarkasme dan mockery (just for joke not for real) boleh2 aja asal jangan berlebih...
Maksud saya memposting post-post dari milis adalah untuk memperlihatkan bagaimana cara mas pra berdebat dan memaparkan pendapatnya mengenai sistem kalendernya di tempat lain (mengingat kalau disini dia hanya menulis tidak lebih dari 5 kalimat...). Sehingga para netter dapat melihat seperti apa mas pra sesungguhnya dan menghilangkan segala prasangka yang mungkin ada kalau dilihat dari post-postnya di forum ini yang singkat dan sering inkonklusif...

Mengenai buku... Hmm... Sepertinya saya ga akan beli deh... Apalagi kalau udah pakai klaim jin, dedemit, mahkhluk halus dan sebagainya... Bukannya saya skeptik tidak percaya... Tapi itu sudah bukan fisika tapi pseudofisika (bukan metafisika)...
Saya jadi ingat 'energi biru' yang waktu itu gembar gembor di media, ternyata tidak lebih dari elaborate hoax... So, is this time for real? Who know... I prefer to wait and see... Let see if the books meet the critical reception it hoped to archieved...
I'll stick to normal science...

OK, saya sudah bicara panjang lebar dan tidak penting... Waktu dan tempat saya serahkan kepada mas M_B (panggilan enaknya apa?), om Duren (kalau membaca post Anda, tampaknya Anda cukup senior?), dan mas JGA untuk menanggapi mas Pra... Saya lebih senang bahas sains dengan mas CP aja.. Bukankah demikian mas CP?
User avatar
Aku-Suka-Hujan
 
Posts: 1028
Joined: Wed Feb 15, 2012 10:38 am
Location: Terra, Suatu Koloni di L5...

Re: Kmpulan Postng Pranoto-dr MilisAstronomi (WARNING SUPERL

Postby pranotohr » Mon Apr 23, 2012 1:54 pm

@aku_suka_hujan

sy lihat komen anda memang masih masuk akal.

sy nulis di sini tdk banyak, krn memang tdk ada lawan diskusinya.
sangat berbeda sy di milsi RHI atau MD, yg memang ada ahlinya baik dari sisi sains atau agama.
di sini kebanyakan hanya mau mengkalim dirinya sdh hebat dpt menyatakan islam salah, tanpa mengkaji dulu sumber2 datanya, bgmn pemahamannya.

setahu sy, sy sdh menjwb anda dg pas sesuai pengetahuan sy.
tp...sekali lg kalau diminta menjelaskan semuanya...ya tdk mungkin.
sy tdk punya alasan buat itu di sini. sy katakan alasan sy hanya satu...membuktikan yg anda katakan ttg islam itu hanyalah tuduhan tanpa kajian yg dlm.

sy buktikan sistem lunar lbh baik dari sistem solar, yg anda klaim sbg sistem yg anda usung.
silahkan lacak diskusi sy dg bebasmungkin & chunk, jwb2nya menunjukkan kelemahan & kelebihan sistem msg2.

sekali lg bung akusukahujan.......di trit ini kebanyakan tdk serius. kalau seperti bro kibou...sy jelas akan memperhitungkannya.
anda jg serius....hanya pengetahuan anda soal kalender masih sedikit, itu sj. jd, diskusi kita mandeg krn anda jg tahu apa yg harus didiskusikan ?
pranotohr
 
Posts: 1080
Joined: Tue Apr 10, 2012 8:28 am

Re: Kmpulan Postng Pranoto-dr MilisAstronomi (WARNING SUPERL

Postby BebasMungkin » Mon Apr 23, 2012 2:13 pm

pranotohr wrote:sy nulis di sini tdk banyak, krn memang tdk ada lawan diskusinya.
sangat berbeda sy di milsi RHI atau MD, yg memang ada ahlinya baik dari sisi sains atau agama.
di sini kebanyakan hanya mau mengkalim dirinya sdh hebat dpt menyatakan islam salah, tanpa mengkaji dulu sumber2 datanya, bgmn pemahamannya.

Maaf Pak dalam Hal ini saya Mau Mempertanyakan "Kelemahan" Argumentasi anda Pada Diskusi di RHI,

Masalah Awal Bulan dari Konjungsi Kepada Konjungsi ?? ini Kan Sifatnya Global ?? Satu Bumi serentak Awal Bulan ??
Apa Malah nggak Kacau semua nantinya, Kalender Qamariyah itu kan awalnya adalah Maghrib??
User avatar
BebasMungkin
 
Posts: 536
Joined: Thu Jun 23, 2011 1:50 pm

Re: Kmpulan Postng Pranoto-dr MilisAstronomi (WARNING SUPERL

Postby pranotohr » Mon Apr 23, 2012 2:19 pm

yg anda tanyakan 2 hal.

soal perhitungan durasi sebulan dg mulai siklus sehari semalam

keduanya menjadi hal yg diperdebatkan pd milis RHI & MD.

menurut sy...awal siklus adl saat mthr muncul/terbit, dibulatkan jam 6 pagi.
anda tahu darimana alasan mulai siklus sehari semalam dari maghrib???

memang dg konsep sy.....di bumi hanya akan ada satu kalender. mulai masuk bulan baru saat jam 6 pagi.
krn bulan baru terjadi di sekitar konjungsi, ganti bulan justru terjadi saat bulan tdk kelihatan di langit.

sy kira 2 hal ini memang berbeda sekali dg konsep yg skr diyakini. itulah mengapa sy mengandalkan AQ & sains.
pranotohr
 
Posts: 1080
Joined: Tue Apr 10, 2012 8:28 am

Re: Kmpulan Postng Pranoto-dr MilisAstronomi (WARNING SUPERL

Postby pranotohr » Mon Apr 23, 2012 2:23 pm

o ya di bumi perubahan masuk bulan baru tentu tdk serempak dlm artian dlm satu wkt global.

dari IDL mulai terbit mthr mulai satu persatu wilayah bumi masuk bulan baru ke arah barat. persis seperti sistem masehi (boleh dikatakan ini nyontek..sepanjang sistem harian yg ada sdh benar, sy ambil krn ada kebenaran di dlmnya). sistem harian umat islam mesti dibenahi dulu. umat islam tdk mengenal IDL, jd semuanya kacau balau.
pranotohr
 
Posts: 1080
Joined: Tue Apr 10, 2012 8:28 am

Re: Kmpulan Postng Pranoto-dr MilisAstronomi (WARNING SUPERL

Postby BebasMungkin » Mon Apr 23, 2012 2:51 pm

pranotohr wrote:yg anda tanyakan 2 hal.

soal perhitungan durasi sebulan dg mulai siklus sehari semalam

keduanya menjadi hal yg diperdebatkan pd milis RHI & MD.

menurut sy...awal siklus adl saat mthr muncul/terbit, dibulatkan jam 6 pagi.

Sampai di sini "Mungkin" anda harus Bersiap di katakan Bid'ah


pranotohr wrote:anda tahu darimana alasan mulai siklus sehari semalam dari maghrib???

Menurut anda Kapan 1 Muharram 1 H itu Terjadi ??


pranotohr wrote:memang dg konsep sy.....di bumi hanya akan ada satu kalender. mulai masuk bulan baru saat jam 6 pagi.
krn bulan baru terjadi di sekitar konjungsi, ganti bulan justru terjadi saat bulan tdk kelihatan di langit.

sy kira 2 hal ini memang berbeda sekali dg konsep yg skr diyakini. itulah mengapa sy mengandalkan AQ & sains.

Mungkin saya Bukan Pakarnya, Tapi Sekali lagi Bersiap-Siaplah Bapak di Nyatakan Bid'ah


pranotohr wrote:o ya di bumi perubahan masuk bulan baru tentu tdk serempak dlm artian dlm satu wkt global.

dari IDL mulai terbit mthr mulai satu persatu wilayah bumi masuk bulan baru ke arah barat. persis seperti sistem masehi (boleh dikatakan ini nyontek..sepanjang sistem harian yg ada sdh benar, sy ambil krn ada kebenaran di dlmnya). sistem harian umat islam mesti dibenahi dulu. umat islam tdk mengenal IDL, jd semuanya kacau balau.

Seperti Makkah-Mean-Time (MMT) maksudnya ?? Bukankah ini sudah ada yg menyatakan Bid'ah ??

Aduh Pak Pranoto, menurut saya anda Melawan Arus Orang Banyak.... Termasuk Kaum anda Sendiri......
User avatar
BebasMungkin
 
Posts: 536
Joined: Thu Jun 23, 2011 1:50 pm

Re: Kmpulan Postng Pranoto-dr MilisAstronomi (WARNING SUPERL

Postby pranotohr » Mon Apr 23, 2012 3:00 pm

memang benar..sy melawan banyak arus kuat. anda menyadari..apalg sy.

sampai pd titik ini, sy sdh menemukan bukti dari AQ & sains, kalau ada yg mengatakan bid'ah, sdh pasti sy tanya apanya yg bida'h??

kalau dia jwb kok tdk mengikuti sunnah Nabi.... sy jwb..sunnah mana yg tdk sy ikuti. kalau Nabi dulu pakai onta..apa sy jg harus pakai onta ???
justru kalau sy balik bertanya..di mana di AQ ada perintah melihat hilal sbg cara menentukan awal bulan ??? tdk akan ada yg dpt jwb.
pranotohr
 
Posts: 1080
Joined: Tue Apr 10, 2012 8:28 am

Re: Kmpulan Postng Pranoto-dr MilisAstronomi (WARNING SUPERL

Postby BebasMungkin » Mon Apr 23, 2012 3:26 pm

pranotohr wrote:memang benar..sy melawan banyak arus kuat. anda menyadari..apalg sy.

sampai pd titik ini, sy sdh menemukan bukti dari AQ & sains, kalau ada yg mengatakan bid'ah, sdh pasti sy tanya apanya yg bida'h??

kalau dia jwb kok tdk mengikuti sunnah Nabi.... sy jwb..sunnah mana yg tdk sy ikuti. kalau Nabi dulu pakai onta..apa sy jg harus pakai onta ???
justru kalau sy balik bertanya..di mana di AQ ada perintah melihat hilal sbg cara menentukan awal bulan ??? tdk akan ada yg dpt jwb.

Kalau di Tinjau secara Sains Pak, bukankah Kalender Lunar adalah sistem penanggalan yang didasarkan atas perhitungan fase bulan ??
Sedangkan Fase bulan adalah bentuk bulan yang selalu berubah-ubah jika dilihat dari bumi.

Saya Telaah Jawaban anda yg ini :
memang dg konsep sy.....di bumi hanya akan ada satu kalender. mulai masuk bulan baru saat jam 6 pagi.
krn bulan baru terjadi di sekitar konjungsi, ganti bulan justru terjadi saat bulan tdk kelihatan di langit.


Bukankah Fase Bulan dapat Dilihat di Mulai saat Matahari Terbenam ??
<=== sampai ini Mungkin Sains Mendukung Kaum Visibility (Rukyat)

Saat Terjadi Konjungsi adalah Fase Bulan Baru, memang Lebih Sesuai dengan sains,
<=== sampai ini Mungkin Sains Mendukung anda dan Kaum Perhitungan (Hisab)

tapi...
Bagaimana kah anda Menentukan Bahwa awal Siklus adalah saat Jam 6 Pagi ??

Apakah yg ini Bukan Pseudo sains....??

User avatar
BebasMungkin
 
Posts: 536
Joined: Thu Jun 23, 2011 1:50 pm

Re: Kmpulan Postng Pranoto-dr MilisAstronomi (WARNING SUPERL

Postby BebasMungkin » Mon Apr 23, 2012 3:38 pm

pranotohr wrote:sampai pd titik ini, sy sdh menemukan bukti dari AQ & sains, kalau ada yg mengatakan bid'ah, sdh pasti sy tanya apanya yg bida'h??

Untuk yg ini Pak, menurut saya, Akan Terjadi Pertarungan Tafsir...

Tapi maaf Pak, karena Basic anda adalah Sains Elektro (Sistem Kendali) saya Pikir "Mungkin" anda Lemah, dalam hal ini...
User avatar
BebasMungkin
 
Posts: 536
Joined: Thu Jun 23, 2011 1:50 pm

Re: Kmpulan Postng Pranoto-dr MilisAstronomi (WARNING SUPERL

Postby pranotohr » Mon Apr 23, 2012 3:39 pm

pertanyaan anda berat jg.

fase2 bulan mrp bentuk2 muka bulan dimana kalau fase2 ini ingin dijadikan sbg tanda2 penanggalan, diperlukan pemetaan ke tanggal 1..2..3..29/30.

ini yg seringkali kita tdk sadar. bgmn scr intuitif atau logikanya...bentuk muka bulan sabit (hilal) selalu dijadikan tanggal 1 ???
apa coba alasannya ??? sesuaikah dg sains ???

sistem kalender pd budaya lisan, yg belum punya budaya tulis & hitung, tentu sj ditentukan dg melihat. bgmn mungkin budaya seperti itu dpt membuat kalender yg dihitung ???

tp..ketika budaya sdh berubah...tulis menulis sdh populer..sains jg berkembang, tdk mungkin lg mengandalkan sistem kalender yg berdasar pd budaya lisan.
budayanya sendiri sdh berubah...masak kalendernya tetap begitu. kalau sistem kalender ini tetap dipakai...anda sdh dpt menduganya...peradabannya pasti tdk akan tumbuh.
budayanya tdk punya sistem waktu yg sesuai buat pertumbuhannya sendiri.

sy tdk menggunakan saat terjadi konjungsi, tp menggunakan durasi siklus sinodik bulan sbg acuan menghitung durasi sebulan kalender. dihitung dg teori kendali.

soal jam 6 pagi sbg awal siklus... jwbnya ada pd jam biologi manusia, yg selalu sinkronisasi ketika sinar mthr muncul di pagi hari. sinkronisasi adl bukti nyata adanya konektivitas antara siklus siang malam dg jam biologi manusia, circadian rhythms. kalau selalu disinkronisasi..sdh pasti jam biologi kita selaras dg siklus siang malam.

makanya..saat jetlag...keluarlah buat mandi sinar mthr...pasti scr otomatis jam biologi kita tersinkronisasi.

apakah itu pseudoscience ???
Last edited by pranotohr on Mon Apr 23, 2012 4:59 pm, edited 2 times in total.
pranotohr
 
Posts: 1080
Joined: Tue Apr 10, 2012 8:28 am

Re: Kmpulan Postng Pranoto-dr MilisAstronomi (WARNING SUPERL

Postby pranotohr » Mon Apr 23, 2012 3:44 pm

pranotohr wrote:sampai pd titik ini, sy sdh menemukan bukti dari AQ & sains, kalau ada yg mengatakan bid'ah, sdh pasti sy tanya apanya yg bida'h??


BebasMungkin wrote:Untuk yg ini Pak, menurut saya, Akan Terjadi Pertarungan Tafsir...

Tapi maaf Pak, karena Basic anda adalah Sains Elektro (Sistem Kendali) saya Pikir "Mungkin" anda Lemah, dalam hal ini...


makanya sdh hampir 4 tahun ini sy belajar tafsir. sy tahu dimana kelemahan tafsir2 terkait ayat kalender. untungnya AQ sendiri punya jalan buat menyelesaikan hal ini.
jd..kalau terjadi perang tafsir...benar salahnya ya dari ayat itu sendiri. ini yg sy tulis di buku pertama.

sy ambil contoh...kata ahillah di al baqarah 189 sering dipahami sbg hilal. tentu sj jd salah.
ahillah itu bentuk jamak. jd tdk mungkin dipahami sbg bentuk tunggal.
ini panjang kalau dijelasin.
pranotohr
 
Posts: 1080
Joined: Tue Apr 10, 2012 8:28 am

Re: Kmpulan Postng Pranoto-dr MilisAstronomi (WARNING SUPERL

Postby pranotohr » Tue Apr 24, 2012 8:46 am

@bebasmungkin


bgmn...apakah sy terjebak pd pseudoscience yg mengakibatkan klaim sy tdk dpt dibuktikan scr rasional ???
pranotohr
 
Posts: 1080
Joined: Tue Apr 10, 2012 8:28 am

Re: Kmpulan Postng Pranoto-dr MilisAstronomi (WARNING SUPERL

Postby Bagol5 » Tue Apr 24, 2012 9:05 am

pranotohr wrote: bla bla bla - etc - kata ahillah di al baqarah 189 sering dipahami sbg hilal. tentu sj jd salah.
ahillah itu bentuk jamak. jd tdk mungkin dipahami sbg bentuk tunggal.
ini panjang kalau dijelasin.


apakah pak pranotohr takut dengan segala hal berbau panjang?
apakah pak pranotohr malas dengan menjelaskan panjang lebar?
apakah pak pranotohr tidak punya waktu untuk menjelaskan?
apakah pak pranotohr tidak bisa mengetik panjang?

kalau pak pranotohr memang punya ilmu, yah bisa di share. atau memang pelit ilmu?
apa guna berilmu?
User avatar
Bagol5
 
Posts: 755
Joined: Sat Feb 20, 2010 9:34 pm
Location: jakarta timur selatan pusat

Re: Kmpulan Postng Pranoto-dr MilisAstronomi (WARNING SUPERL

Postby pranotohr » Tue Apr 24, 2012 9:09 am

lg sibuk...gak ada wkt sj.
pranotohr
 
Posts: 1080
Joined: Tue Apr 10, 2012 8:28 am

Re: Kmpulan Postng Pranoto-dr MilisAstronomi (WARNING SUPERL

Postby Bagol5 » Tue Apr 24, 2012 9:16 am

pranotohr wrote:lg sibuk...gak ada wkt sj.


hebat juga pak pran. sedang sibuk tapi menyempatkan diri bolak/ik posting di ffi.

kalau ada waktu luang, mungkin bisa disertai dengan penjelasan pak. :turban:

cinta pun butuh penjelasan pak. apalagi ilmu.



Syukran...
User avatar
Bagol5
 
Posts: 755
Joined: Sat Feb 20, 2010 9:34 pm
Location: jakarta timur selatan pusat

Re: Kmpulan Postng Pranoto-dr MilisAstronomi (WARNING SUPERL

Postby pranotohr » Tue Apr 24, 2012 9:19 am

ya..silakan tanya yg masih perlu dijelasin.
pranotohr
 
Posts: 1080
Joined: Tue Apr 10, 2012 8:28 am

Re: Kmpulan Postng Pranoto-dr MilisAstronomi (WARNING SUPERL

Postby BebasMungkin » Tue Apr 24, 2012 10:25 am

pranotohr wrote:pertanyaan anda berat jg.

fase2 bulan mrp bentuk2 muka bulan dimana kalau fase2 ini ingin dijadikan sbg tanda2 penanggalan, diperlukan pemetaan ke tanggal 1..2..3..29/30.

ini yg seringkali kita tdk sadar. bgmn scr intuitif atau logikanya...bentuk muka bulan sabit (hilal) selalu dijadikan tanggal 1 ???
apa coba alasannya ??? sesuaikah dg sains ???

Menurut saya Pak, Definisi Kalender Lunar Tidak dapat di lepaskan dengan FASE BULAN,

Sedangkan Definisi Fase Bulan Menurut Sains adalah Bentuk bulan yang selalu berubah-ubah jika dilihat dari bumi. Fase bulan itu tergantung pada kedudukan bulan terhadap matahari dilihat dari bumi.

Fase Bulan Selalu saja Tidak dapat di Lepaskan dari PENGAMATAN dari BUMI.... sedangkan Pengamatan dari Bumi sifatnya Relatif, karna Pengaruh Dimana Pengamatnya Berada...

Sehingga TIDAK dapat di Salahkan Secara Sains apabila Arti Dari BULAN BARU bukanlah Konjungsi, Tetapi BULAN SABIT (Hilal) Pertama yg Terlihat dari Bumi setelah Konjungsi
<=== Yang ini Tentunya Tergantung Pengamat....

Menurut saya apabila Sains Astronomi MENGABAIKAN Pengamatan Relatif dari Bumi mengenai Fase Bulan, artinya Astronomi sudah Mengabaikan Manusia sebagai Pengamat, yg Pengamatannya Relatif Akibat Posisinya (Rotasi Bumi)....



pranotohr wrote:sistem kalender pd budaya lisan, yg belum punya budaya tulis & hitung, tentu sj ditentukan dg melihat. bgmn mungkin budaya seperti itu dpt membuat kalender yg dihitung ???

tp..ketika budaya sdh berubah...tulis menulis sdh populer..sains jg berkembang, tdk mungkin lg mengandalkan sistem kalender yg berdasar pd budaya lisan.
budayanya sendiri sdh berubah...masak kalendernya tetap begitu. kalau sistem kalender ini tetap dipakai...anda sdh dpt menduganya...peradabannya pasti tdk akan tumbuh.
budayanya tdk punya sistem waktu yg sesuai buat pertumbuhannya sendiri.

Sekali lagi pak seperti diatas, Pengamatan Fase Bulan dalam Kalender Lunar Bukanlah Budaya Lisan, Pengamatan Fase Bulan dan Kalender Lunar Tidak lah dapat di Pisahkan karena Manusia lah yg akan Menggunakan Kalendernya, sedangkan Kedudukan Manusia di Pengaruhi oleh Bumi yg Bulat dan Rotasi Bumi

Menurut saya KALENDER yg DIHITUNG dengan Mengabaikan Posisi Pengamatnya (Manusia) adalah Justru Bertentangan dengan Sains Sendiri....



pranotohr wrote:sy tdk menggunakan saat terjadi konjungsi, tp menggunakan durasi siklus sinodik bulan sbg acuan menghitung durasi sebulan kalender. dihitung dg teori kendali.

Untuk yg ini, saya Belum Paham Pak, Apakah Awal Bulan Kalender anda Bukanlah Terjadi pada Peristiwa Konjungsi ??



pranotohr wrote:soal jam 6 pagi sbg awal siklus... jwbnya ada pd jam biologi manusia, yg selalu sinkronisasi ketika sinar mthr muncul di pagi hari. sinkronisasi adl bukti nyata adanya konektivitas antara siklus siang malam dg jam biologi manusia, circadian rhythms. kalau selalu disinkronisasi..sdh pasti jam biologi kita selaras dg siklus siang malam.

makanya..saat jetlag...keluarlah buat mandi sinar mthr...pasti scr otomatis jam biologi kita tersinkronisasi.

apakah itu pseudoscience ???

ini dapat Masuk pseudoscience Pak, Apabila anda Selaraskan dengan Kalender Lunar, Kalender Bulan tentunya Tidak akan Pernah di Lepaskan oleh Bulan, dan Bulan Hanya Terlihat saat Matahari Terbenam,

tetapi bukannya Bulan Tidak ada pada Siang Hari, Tetapi lagi2 FASE BULAN adalah saat Bulan Terlihat oleh Pengamatnya saat Matahari Terbenam.....

User avatar
BebasMungkin
 
Posts: 536
Joined: Thu Jun 23, 2011 1:50 pm

Re: Kmpulan Postng Pranoto-dr MilisAstronomi (WARNING SUPERL

Postby BebasMungkin » Tue Apr 24, 2012 10:34 am

Al baqarah 189 ini adalah ayat yg Sering di pakai Kaum Visibility (Rukyat), Hilal pada Ayat ini menurut Pak Pranoto Bukan Salah Satu Bulan Sabit awal Bulan (Hilal),

Tetapi Hilal-Hilal, Keseluruhan Bentuk Muka Bulan.... Jadi Menurut Pak Pranoto ayat ini Tidak dapat di Pakai Kaum Visibility (Rukyat) utk membenarkan Pendapatnya.....
User avatar
BebasMungkin
 
Posts: 536
Joined: Thu Jun 23, 2011 1:50 pm

PreviousNext

Return to Obrolan Santai



Who is online

Users browsing this forum: No registered users