Page 1 of 4

Babi Panggang Bumbu Kecap

PostPosted: Wed May 31, 2006 6:56 pm
by unagi
Babi Panggang Bumbu Kecap

Image

Bahan:

½ kg daging babi yang berlemak
3 sdm kecap asin
1 sdt soda kue
2 sdm air
2 sdm margarine
3 butir bawang merah, dihaluskan
4 sdm kecap manis
Bumbu yang dihaluskan:

2 sdm ketumbar
¼ sdt jintan
3 siung bawang putih
Sambal Kecap

Cara Membuat:

Lumuri daging yang dibiarkan utuh dengan campuran kecap asin, soda kue, air dan bumbu yang dihaluskan. Diamkan selama 1-2 jam supaya bumbu meresap ke daging. Lebih enak lagi kalau daging ini dibiarkan di dalam lemari es semalaman.

Panggang daging di dalam oven yang sudah dipanaskan dengan api kecil sambil dibolak-balik agar matangnya rata. Selama memanggang, olesi daging dengan adonan pengoles yang terbuat dari campuran margarine, bawang merah dan kecap manis. Panggang daging sampai benar-benar matang. Biasanya kurang lebih 1 jam.

Iris daging selagi masih panas lalu siap dihidangkan.
(Untuk 6 orang)


makan panas-panas pakai sambal kecap dan nasi pulen yang hangat ..wuaaahh nikmatnya! sllrrpppp....


:) :) :) :)

PostPosted: Wed May 31, 2006 7:13 pm
by KamenII
Babi Guling

Image

Bahan :

Anak Babi (kucit) 1 ekor (berat sekitar 20 kg)
Bumbu
Kunir 20 g
Kencur 25 g
Tangkai cengkeh 5 g
Jahe 25 g
Terasi 5 g
Garam secukupnya
Bawang merah 45g
Bawang putih 25g
Lombok 40g
Pala 10 iris
Kemiri 5 butir
Ketumbar 4 sendok teh
Merica 5 sendok teh
Daun salam 10 lembar teh
Daun belimbing 8 lembar.

Cara Pembuatan :

• Semua bumbu dicincang sampai halus lalu dicampur dengan minyak kelapa.
• Babi disembelih dan dibersihkan bulunya dengan cara menyiram seluruh permukaan tubuh babi dengan air mendidih. Kuku-kuku kakinya juga dibersihkan.
• Setelah bersih, semua isi perutnya dikeluarkan dengan cara membuka bagian bawah perut, setelah itu rongga perut dibersihkan.
• Selanjutnya sebatang kayu dengan panjang sekitar 2 meter dimasukkan kedalam tubuh babi yang telah bersih melalui lubang pantat sampai keluar dimulutnya. Kayu berfungsi untuk memutar-mutar saat dipanggang.
• Selanjutnya ke dalam rongga babi dimasukkan bumbu yang telah dipersiapkan sebelumnya, terus bekas lubang pada perut bagian bawah dijarit dengan benang.
• Sebelum babi digulingkan di atas bara api, kulit babi diremas dengan minyak kelapa, lalu dipolesi dengan air kunir, dengan maksud setelah babi guling itu masak supaya berwarna kuning gading.
• Proses selanjutnya adalah membuat bara api dari serabut buah kelapa pada suatu tempat yang telah dipersiapkan.
• Jika bara api telah siap, di atas bara api itulah babi digulingkan secara perlahan-lahan sehungga mendapat panas yang merata.
• Caranya adalah dengan memutar-mutar tangkai kayu (penggulingan) ke kiri dan ke kanan secara bergantian.
• Selama babi guling berada di atas bara api diusahakan bara api tidak menyala atau tidak padam.
• Babi guling di taruh di atas bara api sampai masak yaitu dengan tanda-tanda kulit babi menjadi berwarna kemerah-merahan dan kulitnya tampak empuk atau renyah.
• Tangkai kayu ditarik, selanjutnya babi guling siap disuguhkan.****


Peringatan Pemerintah!
Imamat/Leviticus 11:7 And the pig is unclean to you, because though the horn of its foot is parted, its food does not come back

:lol: :lol: :lol: :lol: :lol: :lol: :lol: :lol:

PostPosted: Thu Jun 01, 2006 11:01 am
by unagi
Ahh sirik aja lo Men, salah sendiri ampe sekarang tetep dilarang makan babi..padahal babi enuak..enuak..slllrpppp...nyemmmm!! :wink: :wink:

Pesan dari Tuhan Yesus:
Mat 15 :11 "Dengar dan camkanlah: bukan yang masuk ke dalam mulut yang menajiskan orang, melainkan yang keluar dari mulut, itulah yang menajiskan orang."

Mat. 15:17 Tidak tahukah kamu bahwa segala sesuatu yang masuk ke dalam mulut turun ke dalam perut lalu dibuang di jamban?

Mat. 15:18 Tetapi apa yang keluar dari mulut berasal dari hati dan itulah yang menajiskan orang.

anyway, thanks yah resepnya..tapi aku ngga bisa masaknya, ribet...mending beli atau pesan..praktis!hehehheee....
:lol::lol::lol::lol::lol::lol::lol::lol::lol:

PostPosted: Thu Jun 01, 2006 3:12 pm
by KamenII
unagi wrote:Mat. 15:17 Tidak tahukah kamu bahwa segala sesuatu yang masuk ke dalam mulut turun ke dalam perut lalu dibuang di jamban?


Barangkali Yesus lupa , makanan yg dimakan juga diserap tubuh.Yang dibuang ampasnya saja . . . :D

unagi wrote:anyway, thanks yah resepnya..tapi aku ngga bisa masaknya, ribet...mending beli atau pesan..praktis!hehehheee....


Sama-sama . . .
Ada lagi nih babi guling yg panggang secara sederhana . . .

Image

Sanggup gak makan sendiri . . . :lol:

PostPosted: Thu Jun 01, 2006 4:15 pm
by unagi
Barangkali Yesus lupa , makanan yg dimakan juga diserap tubuh.Yang dibuang ampasnya saja . . . :D


ah, itulah bedanya sama perkataan, isi dan ampasnya akan tetap bercokol di hati..makanya harus lebih hati-hati dengan apa yang "mulut"mu keluarkan..
lagian, lebih enak makan babi daripada ngatain orang kaya babi.. :lol: :lol:



Sama-sama . . .
Ada lagi nih babi guling yg panggang secara sederhana . . .

Image

Sanggup gak makan sendiri . . . :lol:


makan sendiri gak sanggup lah, gede bangets..hehehe..
babi guling paling enak makannya rame-rame..sambil makan brenebone wuah nikmat...mau nemenin? eh ngga bisa ya? yah sayang ya...hehehe

PostPosted: Thu Jun 01, 2006 7:35 pm
by KamenII
unagi wrote:ah, itulah bedanya sama perkataan, isi dan ampasnya akan tetap bercokol di hati..makanya harus lebih hati-hati dengan apa yang "mulut"mu keluarkan..
lagian,


Saya sering melihat teman saya yg kalo sadar,tidak pernah terkeluar kata2nya yg kotor,tapi pas lagi mabok berat habis minum,semua yg keluar dari mulutnya kata2 kotor :) Jadi . . . yang masuk juga dapat mengeluarkan yg kotor dan bercokol di hati :lol:

unagi wrote:lebih enak makan babi daripada ngatain orang kaya babi..


Oh jadi masalah yg di Shoubox itu ya? :lol: Makanya kalo makan babi diam aja,jangan ngatain orang yg gak makan babi ****** babi . . . mau tau siapa yg ngatain? Tuh Sodara lu wachidie :lol:


unagi wrote:makan sendiri gak sanggup lah, gede bangets..hehehe..
babi guling paling enak makannya rame-rame..sambil makan brenebone wuah nikmat...mau nemenin? eh ngga bisa ya? yah sayang ya...hehehe


Selamat berpesta aja deh . . .
Gua biasa makan siput . . . eh sea food . . .!!! :lol:

PostPosted: Thu Jun 01, 2006 11:33 pm
by Phoenix
Saya sering melihat teman saya yg kalo sadar,tidak pernah terkeluar kata2nya yg kotor,tapi pas lagi mabok berat habis minum,semua yg keluar dari mulutnya kata2 kotor Jadi . . . yang masuk juga dapat mengeluarkan yg kotor dan bercokol di hati


Saya juga sering melihat orang baru keluar mesjid rame-rame abis jumatan sambil tereak olohwakbar satu truk sambil ngacungin pentungan ame golok dan pake tabu-tabuan..terus tereak: "Kristen b**i!!!" dan banyak lkata-kata bonbin laennya...

PostPosted: Fri Jun 02, 2006 6:21 am
by fren
KamenII wrote: ****** babi . . .


Eslam ****** babi? Waah bisa jadi begini dong??
:lol: :lol: :lol:

Image

PostPosted: Fri Jun 02, 2006 9:43 am
by KamenII
Ponix wrote:Saya juga sering melihat orang baru keluar mesjid rame-rame abis jumatan sambil tereak olohwakbar satu truk sambil ngacungin pentungan ame golok dan pake tabu-tabuan..terus tereak: "Kristen b**i!!!" dan banyak lkata-kata bonbin laennya...


Di Mesjid mana mbak??? atau mbak memang suka nongkrong di depan mesjid? Hehehehe . . .

PostPosted: Fri Jun 02, 2006 10:53 am
by unagi
KamenII wrote:Selamat berpesta aja deh . . .
Gua biasa makan siput . . . eh sea food . . .!!! :lol:


makan kepiting ya?
eh haram gak sih makan kepiting..
wuaah padahal kepiting uenak tenan lho...kepiting bumbu padang..pedes2 nikmaatt apalagi makannya sama nasi panas-panas...

PostPosted: Fri Jun 02, 2006 11:31 am
by Rezhander
Yah kok babi dimakan sih.. Kan imut2... Bulet2... Hehe..

PostPosted: Fri Jun 02, 2006 1:30 pm
by KamenII
unagi wrote:
KamenII wrote:Selamat berpesta aja deh . . .
Gua biasa makan siput . . . eh sea food . . .!!! :lol:


makan kepiting ya?
eh haram gak sih makan kepiting..
wuaah padahal kepiting uenak tenan lho...kepiting bumbu padang..pedes2 nikmaatt apalagi makannya sama nasi panas-panas...


Hukum makan kepiting masih diperdebatkan sampai sekarang.Gue sendiri sering makan kepiting :lol:

Sebagai pedoman , MUI mengeluarkan FATWA halal.

PostPosted: Fri Jun 02, 2006 3:24 pm
by unagi
masih dalam perdebatan tapi boleh dimakan? Wah syukurlah bang Kamen, kepiting boleh dimakan. Kalo tidak, kamu kehilangan 1 kesempatan lagi buat makan makanan enak...nyemm...

PostPosted: Fri Jun 02, 2006 4:36 pm
by Phoenix
Kepiting itu enak banget...apelagi daging capitnya yg gede,,..terus dimasak saus tirem, asem manis ato saos padang....nyam...nyam...

Swieke ato kodok suka kaga kamu gi?

PostPosted: Fri Jun 02, 2006 4:41 pm
by unagi
Phoenix wrote:Kepiting itu enak banget...apelagi daging capitnya yg gede,,..terus dimasak saus tirem, asem manis ato saos padang....nyam...nyam...

Swieke ato kodok suka kaga kamu gi?


aku pernah makan deh kayaknya, rasanya kaya daging ayam..waktu itu aku makannya yang goreng tepung gitu..
enak sih..tapi kalo inget itu kodok hehehe..kok jadi rada males yah..mungkin kalo yang masak enak dan bumbunya pas, aku bisa rada selera makannya...

PostPosted: Fri Jun 02, 2006 6:55 pm
by reggie
Image

numpang tanya sama yang pernah makan babi guling. bagian mana yang paling enak; hidung/congor, mata, kuping atau usus yang ada isinya Image

PostPosted: Sat Jun 03, 2006 2:17 pm
by Rezhander
reggie wrote:Image

numpang tanya sama yang pernah makan babi guling. bagian mana yang paling enak; hidung/congor, mata, kuping atau usus yang ada isinya Image


Lho? Kok ada duit seribunya?

PostPosted: Mon Jun 05, 2006 3:45 pm
by unagi
lho kok ada ketupatnya??

PostPosted: Mon Jun 05, 2006 7:09 pm
by Rezhander
unagi wrote:lho kok ada ketupatnya??


Hehe, iya gw gak liat kalo ada ketupatnya.. :wink:

PostPosted: Mon Jun 05, 2006 7:30 pm
by reggie
mungkin maksudnya ketupat babi guling harganya seribu! :)