Page 1 of 4

Apa perasaanmu jika bangsamu disebut Indon?

Posted: Sat Jun 09, 2007 11:37 am
by Rebecca
Gue udah Berapa kali menemukan bukan hanya di forum ini saja, di beberapa tulisan orang malaysia yang tidak sopan menyebutkan dgn sengaja BANGSA INDONESIA menjadi indon. Bahkan temen gue orang malaysia di dunia nyata juga menyebutkan hal yang sama dan sudah pasti langsung gue damprat agar jangan coba-coba mengatakan hal itu lagi. Gimana kl gue bales malaysia jd melon? atau jadi malas?

Budak malaysia netter si zack gue dapati dgn sengaja menyebutkan nama indonesia dgn indon saja. Tentu saja gue damprat agar dia bisa menghargai BANGSA INDONESIA. Gimana temen2 perasaan kalian? apakah kalian memiliki rasa yang sama enggak dgn apa yang gue rasakan?

Coba perhatikan tulisan ini:

Indon maids detained for allegedly trying to poison employer
http://www.malaysia.net/node/2305

SADAR nggak sih orang malaysia itu dgn kata2 mereka sudah melukai identitas 200jt orang lebih? APALAGI penyebutan 'indon' ini sudah dipakai pula oleh Media Malaysia. Beginikah keramahan bangsa tetangga?

Jakarta (ANTARA News) - Duta Besar Malaysia untuk Indonesia Dato` Zainal Abidin Zain mengatakan bahwa pihaknya telah menyebarkan keberatan pemerintah Indonesia atas penyebutan "Indon" bagi warga negara Indonesia oleh media Malaysia.

http://www.antara.co.id/arc/2007/5/24/m ... tan-indon/

Posted: Sat Jun 09, 2007 11:53 am
by shoeslover
Minimal kalo nyebutnya dihadapan orang/forum/media, sebenarnya harus bersopan dikit dgn sebutan indonesia,.....tapi kalo dibelakang kita sih terserah aja...lha wong kitanya aja ngga tau...

Posted: Sat Jun 09, 2007 12:04 pm
by ganteng_maut
iya tuch.. si noor juga sempet nyebut indon. Dah coba gw luruskan, tapi malah sama moderator dibuang ke keranjang sampah... :(

Posted: Sat Jun 09, 2007 12:42 pm
by mr. Hercule Poirot
lah itu kata-kata menghina ya? sori gue baru tau... gue pernah sih liat dimana.. gitu, tapi gua nggak tau kalo itu menghina...

emang penghinaannya gimana sih?

Posted: Sat Jun 09, 2007 2:12 pm
by infidel&kufir
Memangnya arti indon apa? gue kira mereka pada nulis indon karena males nulis lengkapnya aja, Indonesia. Biasalah, islamic syndrom.

Posted: Sat Jun 09, 2007 2:28 pm
by Sashimi
selama mereka ngga menggunakan kata indon sama seperti muhammad menggunakan kata kafir untuk menghina, bagi gue ngga pa pa, toh kita juga bisa manggil mereka malay

Posted: Sat Jun 09, 2007 3:05 pm
by Rebecca
Sash, kl Malay kan emang mereka orang melayu dan menurutku kata itu ada akarnya dan alasannya untuk digunakan. Lha indon berasal dari kata apa? Kita saja tak menggunakan kata itu. Aku khawatir kata indon bisa saja dijadikan stigma dan sterotype untuk mencap indonesia kaum **** lemah dan kental dgn pembantu.

Posted: Sat Jun 09, 2007 4:34 pm
by Hand15
harusnya kalo mau disingkat panggilannya indo bukan indon
apakah spelling orang malaysia parah yah? Indonesia spellingnya: in-do-ne-si-a, bukan in-don-e-si-a, emang dikiranya macem malaysia spellingnya ma-lay-si-a?

Posted: Sat Jun 09, 2007 5:03 pm
by ceceps01
indon mirip2 in down?

Posted: Sat Jun 09, 2007 8:11 pm
by stroberi
begitulah orang malaysia, ngomongnya g jelas en g dimengerti, aneh en bin g ngerti deh!

Posted: Sun Jun 10, 2007 7:01 am
by Phoenix
ceceps01 wrote:indon mirip2 in down?
GUe biasa pake nyebut Indo, nggak pernah Indon. Kata "INDON" lebih ke arah negatif, semacam: "NGENDON" (disitu aje..kaga naek-naek/pindah), BENDON (salah satu dialek dari sebuah daerah di Jawa yg artinya Pelacur. Gue lupa..daerah mana, MADON (suka wanita)...

Kalaua da orang malay sebut begitu, elo panggil aje die Slavy Malay (budak malay).

Posted: Sun Jun 10, 2007 8:01 am
by SITI_AISYAH
Ganyang Malaysia!!!!!!!!! :gib: :gib:
Gantung zack!!! :Hangman:
Dan Lindungi Noor alias slayer :lol: :lol:

Posted: Sun Jun 10, 2007 6:10 pm
by mr. Hercule Poirot
menurutku macem-macem aja... masa cuma disebut indon aja tersinggung?kita kan sering bilang amerika itu amrik, bukan usa. masa gitu aja marah....

Posted: Mon Jun 11, 2007 8:46 am
by aljazeera
@Rebecca

kali ini ane setuju ama ente....

ane sbgi orang Indonesia, ngerasa terhina..

Posted: Mon Jun 11, 2007 2:23 pm
by ceceps01
sori nih,
tapi ane belum ngerti jeleknya apa sih?

indon = in down
indon = ngendon
indon = bendon

yg mana?

BTW, memang malay2 itu bikin rusak Indonesia,
masih bisa ketawa lagi atas aceh,
Biar gua non muslim gua ga rela budak malay ketawain tsunami di aceh.

Posted: Mon Jun 11, 2007 2:28 pm
by Sashimi
budak malay emang belagu2 lagi, terlepas dari sebutan indon kepada bangsa kita, mereka itu menganggap remeh orang2 indonesia, mereka selalu mencap bangsa kita itu identik dengan tki illegal dan prt, kalo ngomong di selip2in bahasa inggris, norak banget

Posted: Mon Jun 11, 2007 3:53 pm
by ndramus
waduh, baru ngerti aku kl itu menghina

aku sih pernah ikut2an nulis gitu

Posted: Mon Jun 11, 2007 5:44 pm
by Tanjidin
Baru kali ini kafir dan muslim seiya sekata.. :D

Emang kata Indon itu sedikit bermakna meremehkan.. bahkan kalo nggak salah ada mentri yang sampe ngamuk pas dengar kata Indon itu.. :D

Tapi balik ke kitanya aja.. harus introspeksi diri.. Kenapa sampai kita dipanggil Indon..??
Reputasi apa yang bisa kita banggakan selain Bulutangkis...?? (itupun gak terlalu menonjol)

Yahh.. Paling2 budaya Birokrasi Berbelit dan Korupsi

Posted: Mon Jun 11, 2007 5:49 pm
by Tanjidin
Baru kali ini kafir dan muslim seiya sekata.. :D

Emang kata Indon itu sedikit bermakna meremehkan.. bahkan kalo nggak salah ada mentri yang sampe ngamuk pas dengar kata Indon itu.. :D

Tapi balik ke kitanya aja.. harus introspeksi diri.. Kenapa sampai kita dipanggil Indon..??
Reputasi apa yang bisa kita banggakan selain Bulutangkis...?? (itupun gak terlalu menonjol)

Yahh.. Paling2 budaya Birokrasi Berbelit dan Korupsi

Posted: Mon Jun 11, 2007 6:18 pm
by J.M.I.3
SITI_AISYAH wrote:Ganyang Malaysia!!!!!!!!! :gib: :gib:
Gantung zack!!! :Hangman:
Dan Lindungi Noor alias slayer :lol: :lol:
:lol:
rebeca wrote:di beberapa tulisan orang malaysia yang tidak sopan menyebutkan dgn sengaja BANGSA INDONESIA menjadi indon
Iya tuh, gw juga kagak ngerti... begitu pula Pakick Makick dan Mobil BMW dibilang Kereta BMW!??!? Walah... Ini Bahasa siapa dulu sih? udah mirip indonesia bahasanya tapi koq mobil dibilang kereta?