Page 1 of 1

Apa yang terjadi jika sila pertama Pancasila dihapus?

PostPosted: Wed Aug 27, 2008 12:26 am
by United Nation
Menurut riwayat yang aku dengar dan baca, sila pertama dari Pancasila adalah hasil keputusan jalan tengah antar kaum nasionalis dan kaum islam.

Muslim masa kini ngotot islam penuh toleransi dan memberikan kebebasan beragama dan menganut kepercayaan.

:arrow: Bagaimana kalau sila pertama dihapus saja?

atau

:arrow: Bikin option2 baru pada KTP yaitu agnostic, atheist, "belum butuh Tuhan", dsb.


Tambahan:

Apa peran sila pertama dalam pemerintahan demokrasi?

PostPosted: Sat Aug 30, 2008 3:59 am
by Mossad
Wacana kolom agama di KTP mau dihapus aja udah byk yg protes apalagi sila pertama PANCASILA, yg isinya Ketuhanan YANG MAHA ESA, kalo diubah mah bs dipastikan muslim2 ngamuk duluan karena azas TUHAN YANG MAHA ESA/TAUHID mau dihapus

PostPosted: Sat Aug 30, 2008 7:57 am
by Sashimi
sila pertama ngga berlaku buat muslim, sebab muslim taunya tiada Tuhan selain awloh

PostPosted: Sat Aug 30, 2008 11:52 am
by Luv_Pink
Mossad wrote:Wacana kolom agama di KTP mau dihapus aja udah byk yg protes apalagi sila pertama PANCASILA, yg isinya Ketuhanan YANG MAHA ESA, kalo diubah mah bs dipastikan muslim2 ngamuk duluan karena azas TUHAN YANG MAHA ESA/TAUHID mau dihapus


Aku setuju banget kalo kolom agama di KTP, percuma beragama tapi ga punya nurani, contohnya aja FPI, sok alim tapi dalam hati nurani nya sudah mati

bukan berarti yang ga beragama, atau yg beragama nya masih pemula kelakuannya bejat

keharusan punya agama di indo malah membuat isu agama menjadi terlalu sensitif

PostPosted: Sun Aug 31, 2008 2:47 am
by Mossad
Iye, gw jg dukung penghapusan kolom agama di KTP
agma jd terlalu sensitif di indo

Re: Apa yang terjadi jika sila pertama Pancasila dihapus?

PostPosted: Mon Sep 20, 2010 6:51 am
by raja88
pancasila hanya menjadi simbol semata namun relisasinya nihil :-k

Ketuhanan yg Maha Esa sharusnya diganti dgn Muhammad yg Maha Esa karena selain ajaran beliau semua dianggap salah, sesat kafir.
contoh kasus : bagaimana mau berTuhan klw pembangunan tempat beribadah pun dipersulit khusus untuk kaum kafir :-k ............seperti saudara kita jemaat HKBP bekasi

coba teman2 kita diskusikan apa salahnya mereka toh
gereja tersebut sudah ada selak 20 thn yg lalu !!!
sudah meperoleh jumlah jemaat sesuai dgn ketepatan pemerintah !!!
memperoleh izin dari masnyarakat sekitar yg dituangkan lewat tandatangan penduduk setempat !!!

IMB sudah diurus sejak awal namun hingga sekarang blom ad kepastian, yah walaupun baru2 ini pemerintah mulai menaggapi,,, itu pun setelah ad korban penusukan dan pemukulan ats pdt simanjuntak n asistenya sihombing (ad korbandulu baru bergerak =D> ).......
saya kira apa yg diperjuangkan teman2 kita disana merupakan masalah kita bersama. saya salut sera bangga dgn keberanian merekan karena tampa disadari ini merupakan awal dari revolusi sistem perizinan rumah ibadah diIndonsia (ad byk aturan yg dirasa sangat memberatkan kaum nasrani),,saya kira ini bermanfaat bukan hanya bagi jemaat HKBP tetapi buat kaum nasrani seluruhnya karna faktanya ad byk gereja yg bermasalah dalam perizinan di Indonesia.
ty gbu all