.

Apa yang terjadi jika sila pertama Pancasila dihapus?

Apa yang terjadi jika sila pertama Pancasila dihapus?

Postby United Nation » Wed Aug 27, 2008 12:26 am

Menurut riwayat yang aku dengar dan baca, sila pertama dari Pancasila adalah hasil keputusan jalan tengah antar kaum nasionalis dan kaum islam.

Muslim masa kini ngotot islam penuh toleransi dan memberikan kebebasan beragama dan menganut kepercayaan.

:arrow: Bagaimana kalau sila pertama dihapus saja?

atau

:arrow: Bikin option2 baru pada KTP yaitu agnostic, atheist, "belum butuh Tuhan", dsb.


Tambahan:

Apa peran sila pertama dalam pemerintahan demokrasi?
User avatar
United Nation
 
Posts: 2416
Joined: Wed May 14, 2008 9:00 pm
Location: Princeton University

Postby Mossad » Sat Aug 30, 2008 3:59 am

Wacana kolom agama di KTP mau dihapus aja udah byk yg protes apalagi sila pertama PANCASILA, yg isinya Ketuhanan YANG MAHA ESA, kalo diubah mah bs dipastikan muslim2 ngamuk duluan karena azas TUHAN YANG MAHA ESA/TAUHID mau dihapus
User avatar
Mossad
 
Posts: 85
Joined: Thu Aug 21, 2008 2:18 pm
Location: Tel Aviv

Postby Sashimi » Sat Aug 30, 2008 7:57 am

sila pertama ngga berlaku buat muslim, sebab muslim taunya tiada Tuhan selain awloh
Sashimi
 
Posts: 3813
Joined: Sun Jul 09, 2006 8:19 am

Postby Luv_Pink » Sat Aug 30, 2008 11:52 am

Mossad wrote:Wacana kolom agama di KTP mau dihapus aja udah byk yg protes apalagi sila pertama PANCASILA, yg isinya Ketuhanan YANG MAHA ESA, kalo diubah mah bs dipastikan muslim2 ngamuk duluan karena azas TUHAN YANG MAHA ESA/TAUHID mau dihapus


Aku setuju banget kalo kolom agama di KTP, percuma beragama tapi ga punya nurani, contohnya aja FPI, sok alim tapi dalam hati nurani nya sudah mati

bukan berarti yang ga beragama, atau yg beragama nya masih pemula kelakuannya bejat

keharusan punya agama di indo malah membuat isu agama menjadi terlalu sensitif
User avatar
Luv_Pink
 
Posts: 1401
Joined: Wed Jan 03, 2007 3:51 pm
Location: C:\Private Room

Postby Mossad » Sun Aug 31, 2008 2:47 am

Iye, gw jg dukung penghapusan kolom agama di KTP
agma jd terlalu sensitif di indo
User avatar
Mossad
 
Posts: 85
Joined: Thu Aug 21, 2008 2:18 pm
Location: Tel Aviv

Re: Apa yang terjadi jika sila pertama Pancasila dihapus?

Postby raja88 » Mon Sep 20, 2010 6:51 am

pancasila hanya menjadi simbol semata namun relisasinya nihil :-k

Ketuhanan yg Maha Esa sharusnya diganti dgn Muhammad yg Maha Esa karena selain ajaran beliau semua dianggap salah, sesat kafir.
contoh kasus : bagaimana mau berTuhan klw pembangunan tempat beribadah pun dipersulit khusus untuk kaum kafir :-k ............seperti saudara kita jemaat HKBP bekasi

coba teman2 kita diskusikan apa salahnya mereka toh
gereja tersebut sudah ada selak 20 thn yg lalu !!!
sudah meperoleh jumlah jemaat sesuai dgn ketepatan pemerintah !!!
memperoleh izin dari masnyarakat sekitar yg dituangkan lewat tandatangan penduduk setempat !!!

IMB sudah diurus sejak awal namun hingga sekarang blom ad kepastian, yah walaupun baru2 ini pemerintah mulai menaggapi,,, itu pun setelah ad korban penusukan dan pemukulan ats pdt simanjuntak n asistenya sihombing (ad korbandulu baru bergerak =D> ).......
saya kira apa yg diperjuangkan teman2 kita disana merupakan masalah kita bersama. saya salut sera bangga dgn keberanian merekan karena tampa disadari ini merupakan awal dari revolusi sistem perizinan rumah ibadah diIndonsia (ad byk aturan yg dirasa sangat memberatkan kaum nasrani),,saya kira ini bermanfaat bukan hanya bagi jemaat HKBP tetapi buat kaum nasrani seluruhnya karna faktanya ad byk gereja yg bermasalah dalam perizinan di Indonesia.
ty gbu all
raja88
 
Posts: 2
Joined: Sun Sep 19, 2010 6:02 am


Return to Lain-Lain



Who is online

Users browsing this forum: No registered users