.

PIAGAM JAKARTA vs PEMBUKAAN UUD '45

PIAGAM JAKARTA vs PEMBUKAAN UUD '45

Postby sodrun » Fri Aug 17, 2012 9:24 am

Piagam Jakarta

Bahwa sesungguhnya kemerdekaan itu ialah hak segala bangsa, dan oleh sebab itu maka penjajahan di atas dunia harus dihapuskan, karena tidak sesuai dengan perikemanusiaan dan perikeadilan.

Dan perjuangan pergerakan kemerdekaan Indonesia telah sampailah kepada saat yang berbahagia dengan selamat sentosa mengantarkan rakyat Indonesia ke depan pintu gerbang negara Indonesia yang merdeka, bersatu, berdaulat, adil, dan makmur.

Atas berkat Rahmat Allah yang Maha Kuasa, dan dengan didorongkan oleh keinginan luhur, supaya berkehidupan kebangsaan yang bebas, maka rakyat Indonesia menyatakan dengan ini kemerdekaannya.

Kemudian dari pada itu untuk membentuk suatu Pemerintah Negara Indonesia Merdeka yang melindungi segenap bangsa Indonesia dan seluruh tumpah darah Indonesia, dan untuk memajukan kesejahteraan umum, mencerdaskan kehidupan bangsa, dan ikut melaksanakan ketertiban dunia yang berdasarkan kemerdekaan, perdamaian abadi, dan keadilan sosial, maka disusunlah kemerdekaan kebangsaan Indonesia itu dalam suatu Hukum Dasar Negara Indonesia, yang terbentuk dalam suatu susunan Negara Republik Indonesia, yang berkedaulatan rakyat, dengan berdasar kepada: ketuhanan, dengan kewajiban menjalankan syari’at Islam bagi pemeluk-pemeluknya, menurut dasar kemanusiaan yang adil dan beradab, persatuan Indonesia, dan kerakyatan yang dipimpin oleh hikmat kebijaksanaan dalam permusyawaratan perwakilan, serta dengan mewudjudkan suatu keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia

Jakarta, 22 Juni 1945

Ir. Soekarno
Mohammad Hatta
A.A. Maramis
Abikusno Tjokrosujoso
Abdulkahar Muzakir
H.A. Salim
Achmad Subardjo
Wachid Hasjim
Muhammad Yamin



Bahwa sesungguhnya kemerdekaan itu ialah hak segala bangsa dan oleh sebab itu, maka penjajahan di atas dunia harus dihapuskan, karena tidak sesuai dengan peri-kemanusiaan dan peri-keadilan.

Dan perjuangan pergerakan kemerdekaan Indonesia telah sampailah kepada saat yang berbahagia dengan selamat sentausa mengantarkan rakyat Indonesia ke depan pintu gerbang kemerdekaan Negara Indonesia, yang merdeka, bersatu, berdaulat, adil dan makmur.

Atas berkat rakhmat Tuhan Yang Maha Kuasa dan dengan didorongkan oleh keinginan luhur, supaya berkehidupan kebangsaan yang bebas, maka rakyat Indonesia menyatakan dengan ini kemerdekaannya.

Kemudian dari pada itu untuk membentuk suatu Pemerintah Negara Indonesia yang melindungi segenap bangsa Indonesia dan seluruh tumpah darah Indonesia dan untuk memajukan kesejahteraan umum, mencerdaskan kehidupan bangsa, dan ikut melaksanakan ketertiban dunia yang berdasarkan kemerdekaan, perdamaian abadi dan keadilan sosial, maka disusunlah Kemerdekaan Kebangsaan Indonesia itu dalam suatu Undang-Undang Dasar Negara Indonesia, yang terbentuk dalam suatu susunan Negara Republik Indonesia yang berkedaulatan rakyat dengan berdasarkan kepada Ketuhanan Yang Maha Esa, Kemanusiaan Yang Adil dan Beradab, Persatuan Indonesia dan Kerakyatan yang dipimpin oleh hikmat kebijaksanaan dalam Permusyawaratan/Perwakilan, serta dengan mewujudkan suatu Keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia.


Ada perubahan di
> alinea ke 3 :
Piagam Jakarta : .... Rahmat Allah yang Maha Kuasa
Pembukaan UUD '45 : .... rakhmat Tuhan Yang Maha Kuasa
> alinea ke 4 :
Piagam Jakarta : .... dengan kewajiban menjalankan syari’at Islam bagi pemeluk-pemeluknya,
Pembukaan UUD '45 : .... Ketuhanan Yang Maha Esa

Dan ... mestinya ini sudah FINAL !
Akan tetapi, belakangan ini di banyak daerah ada upaya kelompok tertentu yang berusaha mengembalikan Pembukaan UUD '45 yang "nasionalis" ini ke Piagam Jakarta yang lebih "islami" ... dengan menyuntikkan "syari'at islam" ke perda-perda di wilayah-wilayah tertentu !

Bagaimana pendapat anda ?
:-k
sodrun
 
Posts: 1950
Joined: Sat Apr 30, 2011 8:38 pm

Re: PIAGAM JAKARTA vs PEMBUKAAN UUD '45

Postby Rasionalis » Fri Aug 17, 2012 10:04 am

...Usaha menerapkan syariah secara nasional tidak akan pernah berhasil, terkecuali semakin meningkat proporsi rakyat oneng bin idiot.
User avatar
Rasionalis
 
Posts: 1069
Joined: Sun Dec 19, 2010 12:29 am
Location: Whereever I want to be

Re: PIAGAM JAKARTA vs PEMBUKAAN UUD '45

Postby Utbahbinabuwaqqash » Fri Aug 17, 2012 10:04 am

sodrun wrote:> alinea ke 4 :
Piagam Jakarta : .... dengan kewajiban menjalankan syari’at Islam bagi pemeluk-pemeluknya,

Kalo yg itu aku setuju sekale utk diterapkan kpd umat islam indonesia, yg non islam ya tetep pake hukum positip yg ada..
Jadi kalo ada anak muslim terbukti mencuri ya tinggal dipotong aja tangannya..
Dijamin 100%, sebelum UU itu berlaku akan terjadi banjir murtad besar2an hi..hi..hi..
Utbahbinabuwaqqash
 
Posts: 1155
Joined: Thu May 27, 2010 10:24 am

Re: PIAGAM JAKARTA vs PEMBUKAAN UUD '45

Postby MyLovelyCarnation » Fri Aug 17, 2012 10:10 am

HUT RI ke-67!
Salam merdeka dari belenggu ideologi penjajah bernama Islam (buat kafir termasuk murtadin).
User avatar
MyLovelyCarnation
 
Posts: 522
Joined: Mon Aug 06, 2012 12:30 am
Location: komunitas Ganyang Islam

Re: PIAGAM JAKARTA vs PEMBUKAAN UUD '45

Postby ButiranDebu » Fri Aug 17, 2012 11:37 am

Utbahbinabuwaqqash wrote:Kalo yg itu aku setuju sekale utk diterapkan kpd umat islam indonesia, yg non islam ya tetep pake hukum positip yg ada..
Jadi kalo ada anak muslim terbukti mencuri ya tinggal dipotong aja tangannya..
Dijamin 100%, sebelum UU itu berlaku akan terjadi banjir murtad besar2an hi..hi..hi..


SETUJU... Wah, ada juga ya pemikiran kayak gini... Jadi senjata makan tuan kalo piagam jakarte diberlakukan bagi muslim... :lol:


Met Merdeka temen-temen Kafir dan Murtadin... God makes u FREE... :partyman:
User avatar
ButiranDebu
 
Posts: 22
Joined: Wed Jul 25, 2012 8:54 pm
Location: Nomaden untuk menghindari Tayamum

Re: PIAGAM JAKARTA vs PEMBUKAAN UUD '45

Postby Utbahbinabuwaqqash » Fri Aug 17, 2012 1:10 pm

Utbahbinabuwaqqash wrote:Kalo yg itu aku setuju sekale utk diterapkan kpd umat islam indonesia, yg non islam ya tetep pake hukum positip yg ada..
Jadi kalo ada anak muslim terbukti mencuri ya tinggal dipotong aja tangannya..
Dijamin 100%, sebelum UU itu berlaku akan terjadi banjir murtad besar2an hi..hi..hi..

ButiranDebu wrote:SETUJU... Wah, ada juga ya pemikiran kayak gini... Jadi senjata makan tuan kalo piagam jakarte diberlakukan bagi muslim... :lol:


Met Merdeka temen-temen Kafir dan Murtadin... God makes u FREE... :partyman:

Harus kita dukung usaha muslim Indonesia utk mengembalikan piagam jakarta, kan syariat islam hanya bagi pemeluknya aja..
Dari situ nanti keliatan aslinya, apakah mereka itu pengen menerapkan syariat islam itu karena mereka meyakini kebenarannya atokah hanya untuk syahwat kekuasaan bin syahwat ingin menguasai/mendominasi manusia lainnya khususnya non muslim..
Kalo mereka setuju bahwa syariat islam nanti diberlakukan HANYA utk umat islam saja, berarti bisa disimpulkan bahwa mereka yakin akan kebenaran islam tsb.
T
A
P
I
Kalo ternyata mereka pengennya syariat islam diberlakukan utk semua orang, bisa disimpulkan bahwa sebenarnya mereka sendiri tdk percaya akan kebenaran islam itu sendiri.. berarti tujuan syariat islam hanyalah utk syahwat kekuasaan bin dominasi.. Ilustrasinya:
Ada sebuah benda,
Muslim koar2 ke kapirun kalo benda itu seonggok emas dan intan yg harganya tak ternilai.
Sedangkan kapirun menganggap bahwa benda itu lebih busuk dari kotoran babi.. Dan ga akan mau mengambilnya
Logikanya, kalo memang yg dikoarkan muslim benar, berarti semua happy, win win solution!!! muslim dgn penuh sukacita akan mengambil benda tsb dan memilikinya sendiri, begitu juga kapirun akan sukacita karena tidak akan memiliki benda yg lebih busuk dari kotoran babi itu..
Tapi faktanya bgmn?? Si muslim pengennya memaksa kapirun utk mengambil benda yg dianggap kapirun kotoran babi busuk itu..., berarti bisa disimpulkan bahwa koar2 muslim bahwa benda itu adalah seonggok emas dan intan yg tak ternilai harganya adalah dusta belaka bin hanya dimulut saja.. Brarti sesungguhnya muslim sendiri ngakuin kalo benda itu lebih busuk dari kotoran babi!!! Hi..hi..hi.,
Ibaratnya mereka ga mau makan kotoran babi sendiri, ga mau tersiksa sendiri, tapi pengennya non islam juga makan kotoran babi itu biar sama2 tersiksa ...
Memang aneh pengikut nabi cabul itu tapi nyata Hi..hi..hi..
Utbahbinabuwaqqash
 
Posts: 1155
Joined: Thu May 27, 2010 10:24 am

Re: PIAGAM JAKARTA vs PEMBUKAAN UUD '45

Postby ButiranDebu » Sat Aug 18, 2012 8:59 am

Utbahbinabuwaqqash wrote wrote:Ibaratnya mereka ga mau makan kotoran babi sendiri, ga mau tersiksa sendiri, tapi pengennya non islam juga makan kotoran babi itu biar sama2 tersiksa


Ya, itulah salah satu cara berpikir musclaim, egois/selfish...
Pengennya muslim kalo seneng dirasain sendiri, tapi kalo samsara semua kudu ikut ngerasain....

Tapi ga usah heran dah, wong ajarannya(islam) sendiri asalnya dari seekor nabi palsu egois yang bahkan sanggup mengorbankan pengikutnya sendiri untuk keselamatannya sendiri... [-(
User avatar
ButiranDebu
 
Posts: 22
Joined: Wed Jul 25, 2012 8:54 pm
Location: Nomaden untuk menghindari Tayamum

Re: PIAGAM JAKARTA vs PEMBUKAAN UUD '45

Postby swatantre » Sun May 04, 2014 4:39 pm

Yup...ane jauh hari juga setuju kok penerapan SI untuk muslim saja, bukan buat yang bukan-islam.

Dari situ kan ketahuan dg mudah, mana yang jadi makin sakit dan mana yg tetep waras...
swatantre
 
Posts: 4193
Joined: Thu Jul 20, 2006 7:40 pm
Location: Tanah Suci, dalem Ka'bah

Re: PIAGAM JAKARTA vs PEMBUKAAN UUD '45

Postby avatars » Wed May 07, 2014 12:11 am

yang anehnya kenapa ngotot harus di cantumkan kewajiban itu di piagam jakarta ya?
seorang muslim yg baik tentunya akan menjalankan syariat islam dgn sendirinya, seorang hindu, budha atau kristen yg baik pun akan menjalankan perintah dan larangan dlm agamanya.. gk perlu sampe negara ikutan urusan manusia dengan tuhannya kan. bayangkan kl biar adil semua agama juga ikutan mencantumkan di piagam jakarta : kewajiban menjalankan hukum kristen bagi pemeluk-pemeluknya,kewajiban menjalankan hukum katolik bagi pemeluk-pemeluknya,kewajiban menjalankan hukum budha bagi pemeluk-pemeluknya,kewajiban menjalankan hukum hindu bagi pemeluk-pemeluknya. besok" kalo agama yg diakui makin banyak lagi, perlu revisi lg? penting banget ya kata" itu?
avatars
 
Posts: 78
Joined: Wed Jul 09, 2008 5:21 pm


Return to Politik Agama



Who is online

Users browsing this forum: No registered users