.

Sulit berkomunikasi baik baik dengan Suku Madura

Sulit berkomunikasi baik baik dengan Suku Madura

Postby bocor » Thu Feb 03, 2011 12:34 am

Saya punya tetangga suku Madura, mereka buka usaha perkayuan membuat kursi dan meja.
Saya salut dengan usaha dan kerja kerasnya untuk mencari uang.
Namun ada satu hal yang membuat saya dengan tetangga saya ini tidak bertegor sapa lagi, yaitu masalah jam kerja.
Mereka kerja dari pagi hingga jam 3 pagi, suara mesin gergaji dan ketokan palunya sangat terasa kalau sudah larut malam.
Pernah saya tegor baik-baik saya malah kena semprot. Sepertinya sangat sulit komunikasi dengan orang seperti ini.
Ada yang punya pengalaman yang mirip dengan saya? saya tahu tidak semua Suku Madura seperti tetangga saya, namun saya ingin tahu dari netter disini, apakah punya pengalaman yang sama?

salam
Last edited by bocor on Thu Feb 03, 2011 12:53 am, edited 1 time in total.
User avatar
bocor
 
Posts: 760
Joined: Fri Dec 03, 2010 4:37 am
Location: Lorong Waktu

Re: Suku Madura

Postby Momad Narsis » Thu Feb 03, 2011 12:40 am

klw saya sih gak prnah cuman sy prnah lihat anak SMP yang di marahi sama org madura gara2 bayar ongkos angkot pakai uang yg gede..jd tuh madura marah krn tu anak gak punya uang receh..hehe memang aneh..
tp kalau bagi sy berbicara masalah suku pasti memiliki budaya yg berbeda2 mungkin saja di madura hal semacam ini sudah biasa..maklum madura sama2 suku yang keras jd pembawaannya jg galak..hehe
User avatar
Momad Narsis
 
Posts: 3460
Joined: Sun Jan 02, 2011 4:35 pm

Re: Sulit berkomunikasi baik baik dengan Suku Madura

Postby Bagol5 » Thu Feb 03, 2011 12:47 am

bocor wrote:Saya punya tetangga suku Madura, mereka buka usaha perkayuan membuat kursi dan meja.
Saya salut dengan usaha dan kerja kerasnya untuk mencari uang.
Namun ada satu hal yang membuat saya dengan tetangga saya ini tidak bertegor sapa lagi, yaitu masalah jam kerja.
Mereka kerja dari pagi hingga jam 3 pagi, suara mesin gergaji dan ketokan palunya sangat terasa kalau sudah larut malam.
Pernah saya tegor baik-baik saya malah kena semprot. Sepertinya sangat sulit komunikasi dengan orang seperti ini.
Ada yang punya pengalaman yang mirip dengan saya? saya tahu tidak semua Suku Madura seperti saya, namun saya ingin tahu dari netter disini, apakah punya pengalaman yang sama?

salam




bang bocor orang madura?

ni gapapa nich topiknya ngangkat satu suku? ntar suku2 yang lain pada bikin topik ndiri2, bisa ampe 33 topik tentang suku...secara 33 propinsi di indonesia. :axe:

pernah sih ada kejadian orang madura nguruk tanah buat bikin rumah liar di saluran pembuangan sebuah komplek perumahan di jakarta timur.walhasil ketika musim ujan tiba, ni komplek sukses kebanjiran, lama pula surutnya #-o ... akirnya, seluruh warga komplek sepakat ngirim surat ke kantor walikota supaya salurannya dibongkar. dan emnag pada akirnya salurannya dibongkar... tapi ya orang maduranya tetep bangun rumah liar di daerah situ juga... dengan catatan, ga nguruk tanah di saluran aer lagi.
User avatar
Bagol5
 
Posts: 755
Joined: Sat Feb 20, 2010 9:34 pm
Location: jakarta timur selatan pusat

Re: Suku Madura

Postby bocor » Thu Feb 03, 2011 12:51 am

Momad Narsis wrote:klw saya sih gak prnah cuman sy prnah lihat anak SMP yang di marahi sama org madura gara2 bayar ongkos angkot pakai uang yg gede..jd tuh madura marah krn tu anak gak punya uang receh..hehe memang aneh..
tp kalau bagi sy berbicara masalah suku pasti memiliki budaya yg berbeda2 mungkin saja di madura hal semacam ini sudah biasa..maklum madura sama2 suku yang keras jd pembawaannya jg galak..hehe

makasih yaa..
User avatar
bocor
 
Posts: 760
Joined: Fri Dec 03, 2010 4:37 am
Location: Lorong Waktu

Re: Sulit berkomunikasi baik baik dengan Suku Madura

Postby bocor » Thu Feb 03, 2011 1:00 am

Bagol5 wrote:bang bocor orang madura?

ni gapapa nich topiknya ngangkat satu suku? ntar suku2 yang lain pada bikin topik ndiri2, bisa ampe 33 topik tentang suku...secara 33 propinsi di indonesia. :axe:

pernah sih ada kejadian orang madura nguruk tanah buat bikin rumah liar di saluran pembuangan sebuah komplek perumahan di jakarta timur.walhasil ketika musim ujan tiba, ni komplek sukses kebanjiran, lama pula surutnya #-o ... akirnya, seluruh warga komplek sepakat ngirim surat ke kantor walikota supaya salurannya dibongkar. dan emnag pada akirnya salurannya dibongkar... tapi ya orang maduranya tetep bangun rumah liar di daerah situ juga... dengan catatan, ga nguruk tanah di saluran aer lagi.


sudah saya, ralat...saya bukan dari Suku Madura
wah, harus lewat walikota baru bisa ditegor?
pantas aja gak mempan lewat pak rt dan lurah. saya dah coba bikin surat ke rt dan lurah namun hasilnya nihil
ada rencana mau ke pak camat, namun belum ada waktu yang tepat pergi ke kantor camat.

maaf kalau ada suku madura disini, saya hanya ingin tahu tentang netter disini yang pernah mengalami hal yang sama seperti saya.
saat saya nulis sekarang ini (pukul 00:37) suara mesin gergajinya masih meraung-raung keras sekali
saya sudah lebih 3 tahun tersiksa dengan suara2 tersebut :(


salam
User avatar
bocor
 
Posts: 760
Joined: Fri Dec 03, 2010 4:37 am
Location: Lorong Waktu

Re: Sulit berkomunikasi baik baik dengan Suku Madura

Postby Momad Narsis » Thu Feb 03, 2011 1:16 am

knapa gak pindah rumah saja bro..atw lbh baik dibicarakan dgn warga sekitar yg juga merasa terganggu trus protes rame2 hehe klw mau jg bs dilaporkan kepolisi, itukan namanya mengganggu ketertiban umum ada UU nya kalau gak salah.
User avatar
Momad Narsis
 
Posts: 3460
Joined: Sun Jan 02, 2011 4:35 pm

Re: Sulit berkomunikasi baik baik dengan Suku Madura

Postby Bagol5 » Thu Feb 03, 2011 1:22 am

yak.ane stuju. musti rame-rame ama warga sekitar yang merasa keganggu... .kalo cuman sendirian ga bakal ditanggepin... biasanya izin operasi usaha cuma boleh sampe sore.
User avatar
Bagol5
 
Posts: 755
Joined: Sat Feb 20, 2010 9:34 pm
Location: jakarta timur selatan pusat

Re: Sulit berkomunikasi baik baik dengan Suku Madura

Postby kuta bali » Thu Feb 03, 2011 1:49 am

bocor wrote:Saya punya tetangga suku Madura, mereka buka usaha perkayuan membuat kursi dan meja.
Saya salut dengan usaha dan kerja kerasnya untuk mencari uang.
Namun ada satu hal yang membuat saya dengan tetangga saya ini tidak bertegor sapa lagi, yaitu masalah jam kerja.
Mereka kerja dari pagi hingga jam 3 pagi, suara mesin gergaji dan ketokan palunya sangat terasa kalau sudah larut malam.
Pernah saya tegor baik-baik saya malah kena semprot. Sepertinya sangat sulit komunikasi dengan orang seperti ini.
Ada yang punya pengalaman yang mirip dengan saya? saya tahu tidak semua Suku Madura seperti tetangga saya, namun saya ingin tahu dari netter disini, apakah punya pengalaman yang sama?

salam


Itu banyak terjadi di Jawa Timur.
Misalnya ada lahan kosong milik seseorang, orang Madura biasanya minta bantuan untuk tinggal disitu.
Lama kelamaan dia akan membangun rumah permanen dan gak bisa diusir lagi.

Orang Madura yang di Kalimantan dibunuh oleh orang sana karena pada jaman dulu mereka numpang hidup dan minta ijin ikut menambang emas disitu.
Lama kelamaan mereka mau menguasai tambang itu sendiri padahal dia numpang.
Akhirnya orang dayak gak tahan dan dibunuh.

Mungkin budaya kali ya.
kuta bali
 
Posts: 2187
Joined: Tue Mar 02, 2010 3:55 am

Re: Sulit berkomunikasi baik baik dengan Suku Madura

Postby bocor » Thu Feb 03, 2011 9:45 am

Itu banyak terjadi di Jawa Timur.
Misalnya ada lahan kosong milik seseorang, orang Madura biasanya minta bantuan untuk tinggal disitu.
Lama kelamaan dia akan membangun rumah permanen dan gak bisa diusir lagi.

Orang Madura yang di Kalimantan dibunuh oleh orang sana karena pada jaman dulu mereka numpang hidup dan minta ijin ikut menambang emas disitu.
Lama kelamaan mereka mau menguasai tambang itu sendiri padahal dia numpang.
Akhirnya orang dayak gak tahan dan dibunuh.

Mungkin budaya kali ya.

hmmm...seperti masalah tempat dan tanah yang paling sulit dikomunikasikan sama mereka.
namun disamping itu, mereka gak peduli dengan tetangga sebelah atau sekitar. Asyik saja bekerja tanpa melihat jam kerja. gak peduli apakah orang butuh ketenangan untuk istirahat.

Saat saya lapor ke pak Lurah, saya lampirkan belasan tanda tangan warga yang juga komplain dengan aktifitas mereka. Namun dari opini saya, pak Lurah yang asli warga betawi seperti tidak berani bertindak juga. Gak faham kenapa Pak Lurah dan aparatnya gak berani menegor mereka secara tegas.

yang saya minta adalah pembatasan waktu kerja. saya masih menerima kalau mereka bekerja sampai jam 10 malam tidak lebih.
pak Lurah pernah datang memberitahu mereka, waktu itu pak Lurah datang jam 9 pagi ke tempat mereka, selesai memberitahu pak Lurah telpon saya, tanggapan si madura malah "saya tahu siapa yang ngelapor ke pak Lurah". Malamnya dihari yang sama, si madura kerja sampai jam 4 pagi, seolah-olah menunjukkan kepada saya bahwa teguran dari pak Lurah sama sekali gak mereka tanggapi.

memang ada rencana untuk pindah, namun belum ada cukup dana untuk pindah. untuk sementara saya hanya bisa bersabar dan fokus dengan masalah yang lebih urgent. kalaulah tidak ada sanksi yang berat di akhirat nanti terhadap dosa membunuh, tentu saya sudah membunuh madura tersebut. saya bisa aja menyewa preman untuk membakar tempat mereka, namun agama membentengi saya dan menahan saya untuk melakukan hal seperti itu. kejengkelan hanya tersimpan dalam hati, saya sering berdoa kepada-nya agar saya diberi jalan keluar dengan masalah seperti ini.
semoga netter disini tidak mengalami hal yang sama seperti saya ya


salam
Last edited by bocor on Thu Feb 03, 2011 2:09 pm, edited 1 time in total.
User avatar
bocor
 
Posts: 760
Joined: Fri Dec 03, 2010 4:37 am
Location: Lorong Waktu

Re: Sulit berkomunikasi baik baik dengan Suku Madura

Postby Adadeh » Thu Feb 03, 2011 1:54 pm

bocor wrote:Namun ada satu hal yang membuat saya dengan tetangga saya ini tidak bertegor sapa lagi, yaitu masalah jam kerja.
Mereka kerja dari pagi hingga jam 3 pagi, suara mesin gergaji dan ketokan palunya sangat terasa kalau sudah larut malam.

Gampang itu sih, bocor. Pake aja earplug (busa untuk sumpel telinga), murah meriah tapi sangat ampuh untuk nyumpel kuping. Modelnya macem² tuh di toserba:

Image
Image
Image
User avatar
Adadeh
 
Posts: 8461
Images: 414
Joined: Thu Oct 13, 2005 1:59 am

Re: Sulit berkomunikasi baik baik dengan Suku Madura

Postby bocor » Thu Feb 03, 2011 2:15 pm

bro adadeh, makasi atas solusinya, saya sudah cobain yang ada kami didalam rumah jadi terasa aneh...mungkin belum biasa, tapi waktu itu baru nyoba pake kapas yang diberi air.
ntar saya coba cari, sambil ngurus laporan ke camat.

kebiasaan lain dari tetangga ane adalah tidak membersihkan sampah kayunya. serutan kayu bekas gergaji jadi masuk ke selokan, termasuk potongan2 kayu yang sudah kecil.
User avatar
bocor
 
Posts: 760
Joined: Fri Dec 03, 2010 4:37 am
Location: Lorong Waktu

Re: Sulit berkomunikasi baik baik dengan Suku Madura

Postby Adadeh » Thu Feb 03, 2011 2:53 pm

bocor wrote:tapi waktu itu baru nyoba pake kapas yang diberi air.

Earplug di atas itu khusus didesain agar bisa ditekan/dibentuk dengan mudah untuk dimasukkan ke dalam lubang telinga, dan lalu mengembang membesar menutup lubang telinga sehingga berbagai bunyi tidak begitu terdengar jelas lagi. Cukup nyaman kok, bocor. Coba dulu deh. Jangan pake kapas basah, sebab akibatnya lo malah tambah sebel sama tetangga.

kebiasaan lain dari tetangga ane adalah tidak membersihkan sampah kayunya. serutan kayu bekas gergaji jadi masuk ke selokan, termasuk potongan2 kayu yang sudah kecil.

Jejelin aja serutan itu ke mulut mereka. Sumpel abizz. Hehehe... jangan denk, ntar lo diclurit mampus lagi sama mereka.
User avatar
Adadeh
 
Posts: 8461
Images: 414
Joined: Thu Oct 13, 2005 1:59 am

Re: Sulit berkomunikasi baik baik dengan Suku Madura

Postby sibuyo » Thu Feb 03, 2011 6:28 pm

tapi,
sate madura itu enak lho !!!
sibuyo
 
Posts: 122
Joined: Mon Sep 13, 2010 3:37 am

Re: Sulit berkomunikasi baik baik dengan Suku Madura

Postby Foxhound » Thu Feb 03, 2011 6:47 pm

Itu mah bukan karena mereka orang Madura, ya karena ndak ngerti etika aja tuh dan bebal nggak bisa dibilangin.

Kalau memang sudah bisa dapat dukungan dari tanda tangan warga, ya dikumpulin aja tuh warganya, datengin, protes baik2.

Kalau masih ndak bisa, ajak lagi warga ke pak Lurah, terus dikunjungin rame2 lagi. Kalau pak Lurahnya lembek, bilangin, ntar protesnya di bawa ke camat, biar tahu kalau Lurahnya nggak becus ngurusin warga dan menertibkan lingkungan. Belum kalau Lurahnya diancam dugaan terima suap dari si Madura, atau jangan2 memang disuap ya? :green:

Jangan lupa bawa video recorder, pake HP, direkam prosesnya dengan cara yang nggak ketahuan.... kalau sampai dia mengancam, anarki atau menghina.... laporin ke polisi "perbuatan tidak menyenangkan"
User avatar
Foxhound
 
Posts: 5450
Joined: Sun Mar 18, 2007 6:02 pm
Location: FFI

Re: Sulit berkomunikasi baik baik dengan Suku Madura

Postby bocor » Thu Feb 03, 2011 9:30 pm

Foxhound wrote:Itu mah bukan karena mereka orang Madura, ya karena ndak ngerti etika aja tuh dan bebal nggak bisa dibilangin.

Kalau memang sudah bisa dapat dukungan dari tanda tangan warga, ya dikumpulin aja tuh warganya, datengin, protes baik2.

Kalau masih ndak bisa, ajak lagi warga ke pak Lurah, terus dikunjungin rame2 lagi. Kalau pak Lurahnya lembek, bilangin, ntar protesnya di bawa ke camat, biar tahu kalau Lurahnya nggak becus ngurusin warga dan menertibkan lingkungan. Belum kalau Lurahnya diancam dugaan terima suap dari si Madura, atau jangan2 memang disuap ya? :green:

Jangan lupa bawa video recorder, pake HP, direkam prosesnya dengan cara yang nggak ketahuan.... kalau sampai dia mengancam, anarki atau menghina.... laporin ke polisi "perbuatan tidak menyenangkan"


pengennya begitu, namun sebagian besar tetangga awalnya sulit saya minta tanda tanganya, mereka takut kalau di intimidasi oleh si madura, kebanyakan jawaban mereka " mas saya disini hanya jualan aja, gak papa koq, saya ingin ketenangan aja", akhirnya saya bilang tanda-tangan tersebut hanya buat laporan ke lurah dan tidak dilihati ke si madura, pake nama saya aja kok, saya hanya butuh dukungan.

jadi diantara warga gak kompak, pada takut kalau si madura mendatangi mereka.

makasi dah kasih saran, itu hal yang saat ini sedang dalam proses mengajak warga lainnya untuk rame2 lapor ke camat.



salam
User avatar
bocor
 
Posts: 760
Joined: Fri Dec 03, 2010 4:37 am
Location: Lorong Waktu

Re: Sulit berkomunikasi baik baik dengan Suku Madura

Postby bocor » Thu Feb 03, 2011 9:33 pm

sibuyo wrote:tapi,
sate madura itu enak lho !!!

saya suka sate madura, tapi kalau saya tahu proses membuat satenya merugikan orang lain seperti yang saya alami, lebih baik cari sate yang lain deh


salam
User avatar
bocor
 
Posts: 760
Joined: Fri Dec 03, 2010 4:37 am
Location: Lorong Waktu

Re: Sulit berkomunikasi baik baik dengan Suku Madura

Postby DHS » Sat Feb 05, 2011 5:35 am

Bocor,

Saya turut bersimpati dengan keadaanmu yang di dhimmi oleh tetangga Madura anda.

Perasaan tertekan dan tidak berkuasa menentang, sama persis seperti kondisi para penganut aliran Khoptik di Mesir saat ini.

Semoga kau tabah dan dengan menghayati pengalaman hidup ini, anda dapat membandingkan sikap orang2 Madura itu dengan sikap Qur'an terhadap non muslim.

Peace :heart:

____

PS: Jangan sekali-kali ngomong: "Tak Todhiq Tompez" kepada mereka, ntar anda bisa dicarok dari belakang pake clurit
. :-s
User avatar
DHS
 
Posts: 4378
Images: 4
Joined: Sat Jan 05, 2008 7:56 pm

Re: Sulit berkomunikasi baik baik dengan Suku Madura

Postby elkie » Sat Feb 05, 2011 10:45 am

DHS wrote:Bocor,

Saya turut bersimpati dengan keadaanmu yang di dhimmi oleh tetangga Madura anda.

Perasaan tertekan dan tidak berkuasa menentang, sama persis seperti kondisi para penganut aliran Khoptik di Mesir saat ini.

Semoga kau tabah dan dengan menghayati pengalaman hidup ini, anda dapat membandingkan sikap orang2 Madura itu dengan sikap Qur'an terhadap non muslim.

Peace


akhirnya mbak DHS tidak tahan juga untuk tidak menyentil bocor.
ikutan ah..
begini, berfikir positif saja lah, anggap saja itu semerdu suara toa, bagaimana ?
elkie
 
Posts: 393
Joined: Sun Jul 25, 2010 9:09 pm

Re: Sulit berkomunikasi baik baik dengan Suku Madura

Postby duren » Sat Feb 05, 2011 11:23 am

bocor wrote:saya suka sate madura, tapi kalau saya tahu proses membuat satenya merugikan orang lain seperti yang saya alami, lebih baik cari sate yang lain deh


salam

Ikut prihatin deh dengan masalah yang kau alami .

Kalau ada netter FFI yang orang madura , tolong bantu dunk si bocor temanku tabok tabokan nie :lol:

Btw .. MUNGKIN karakteristik orang madura kurang bisa diterima sebagian orang . Hal hal yang di alami bung bocor membuatku teringat akan tragedi kemanusiaan di SAMPIT .
Aku pernah baca , kemarahan para dayak di sono di mulai dari arogansi yang mereka terima setelah berpuluh puluh tahun menahan diri .
Contoh yang pernah aku baca : Ketika ditagih utang pembayaran jual tanah , ehh yang di keluarin bukan duit tapi clurit

Jadi tabahkan hati mu corrrrr ..
Elo mohon bantuan dunk yaitu berdoa 5x sehari kepada awlloh swt , klo masih ga mempan tambah dosisnya menjadi 50x sehari . Klo tetep masih ga manjur , elo coba deh berdoa sama IBLIS .

Klik ... KISAH DARI SAMPIT semoga kau makin kesurupan Jesus . :green:
User avatar
duren
 
Posts: 11124
Images: 14
Joined: Mon Aug 17, 2009 9:35 pm

Re: Sulit berkomunikasi baik baik dengan Suku Madura

Postby wajarlah » Sat Feb 05, 2011 1:28 pm

bUAT mAs BoCor,. kasih tau aje ente tinggal dimane?????? biar ane ama Genk gue meluncur kesana,..!!! di daerah mana??? kasih tau ya,..
wajarlah
 
Posts: 1
Joined: Fri Feb 04, 2011 10:09 am

Next

Return to Budaya & Sospol



Who is online

Users browsing this forum: No registered users