Page 1 of 2

SINETRON RELIGIUS

PostPosted: Wed Aug 27, 2008 2:54 am
by keymon231
Kemarin secara sekilas saya menonton sebuah sinetron religius yang dibuat khusus menyambut bulan suci Ramadhan, saat itu kebetulan sedang bekerja dengan komp dan TV saya biarkan hidup.

Cerita ini seputar sebuah keluarga muslim yang soleh. Anak perempuannya yang sudah gadis kemudian bekerja, lalu setelah mengenal apa yang namanya uang, anak itu berpaling dari imannya dan menjadi murtad. Seperti adegan2 klise konyol yang sudah menjadi rumus mati sinetron religius kita, setelah dia murtad maka dia menjadi super kurang ajar, membuang jilbabnya dengan alasan yang terlalu dibuat2 dan memaki2 ibundanya tanpa sebab, mendurhaka dan lain lain. Beberapa saat saya menonton, selain merasa mual juga cukup banyak pertanyaan yang muncul dalam benak.

1. Mengapa setiap dalam sinetron, orang yang murtad selalu berubah dan bersikap jahat, durhaka dll. Bukankah ini sebuah pembohongan publik? Orang bisa saja berubah keyakinan agama namun tidak mengubah kepribadiannya yang kalau memang pada dasarnya sudah luhur.

2. Bukankah itu menjadi tamparan diwajah sendiri, sianak digambarkan kurang ajar dan memaki2 ibundanya hanya karena ibunya sholat? Logikanya, siapa yang dari kecil mengajar dan mendidik nya? Bukankah itu menggambarkan kegagalan sistem pendidikan moral dan spiritual anak dalam keluarga muslim yang digambarkan sangat soleh?

3. Murtad sering ( hampir selalu ) dikaitkan dengan godaan materi. Lalu sianak itu melakukan penggelapan, penipuan dll. Seolah2 memang hanya dengan cara murtad lalu berbuat kriminal seseorang bisa mendapatkan uang. Bukankah itu mendidik muslim menjadi anti kemapanan dengan menanamkan pola bahwa seseorang tidak bisa hidup benar, beriman dan sekaligus makmur secara bersamaan? Bukankah lebih baik membuat sinetron yang menceritakan perjuangan seorang yang soleh meraih kesuksesan, dengan strategi bisnis yang kreatif dan aplikatif sehingga penonton bisa belajar dan mengambil hikmahnya?

Saya tidak menonton sampai selesai ( siapa yang sanggup ), karena tayangan itu sangat absurd dan menghina kecerdasan penonton. Tanpa menonton saya juga tahu bagaimana klimaksnya, 100% sianak kena ajab entah mati entah apa pokoknya. Sinetron ini memang tidak berpengaruh apa2 terhadap orang2 yang berlogika selain merasa ill feel.

Tapi ingat, sebagian besar saudara2 setanah air kita ( mayoritas muslim )yang hidup didesa dan pedalaman adalah kaum yang belum terdidik secara formal, dan bukan mustahil mereka akan menelan mentah2 dari apa yang mereka tonton. Juga anak2 yang sedang dalam pertumbuhan kecerdasan dan daya nalar. Sinetron2 sejenis ini hanya akan menjerumuskan bangsa ini kedalam kebodohan dan keterpurukan yang memang sudah parah.

PostPosted: Wed Aug 27, 2008 3:33 am
by swatantre
Ya begitulah sinetron yang religius...religius ala Islam maksudnya... Makin religius...ya makin islami... Makin islami, tentu ya SEMAKIN *****.......

KAlau gak gblok dan absurd berlogika tulalit, ya bukan yang beriman islam itu namanya......

Re: SINETRON RELIGIUS

PostPosted: Wed Aug 27, 2008 8:05 am
by Rashidi
keymon231 wrote:Bukankah itu mendidik muslim menjadi anti kemapanan dengan menanamkan pola bahwa seseorang tidak bisa hidup benar, beriman dan sekaligus makmur secara bersamaan?
sengaja dibuat demikian karena hal tersebut bertentangan dengan pemahaman kaum Yahudi, yg mengamini bahwa kemakmuran & ke-taatan beribadah bisa berjalan beriringan misalnya: leluhur Yahudi Abraham, Ishak, yg bisa hidup makmur sekaligus dikenan oleh YHVH.

keymon231 wrote:Bukankah lebih baik membuat sinetron yang menceritakan perjuangan seorang yang soleh meraih kesuksesan, dengan strategi bisnis yang kreatif dan aplikatif sehingga penonton bisa belajar dan mengambil hikmahnya?
sekali lagi, tidak akan dibuat demikian karena hal itu adalah nilai-nilai Yahudi :lol:

keymon231 wrote:karena tayangan itu sangat absurd dan menghina kecerdasan penonton. Tanpa menonton saya juga tahu bagaimana klimaksnya, 100% sianak kena ajab entah mati entah apa pokoknya. Sinetron ini memang tidak berpengaruh apa2 terhadap orang2 yang berlogika selain merasa ill feel.

Tapi ingat, sebagian besar saudara2 setanah air kita ( mayoritas muslim )yang hidup didesa dan pedalaman adalah kaum yang belum terdidik secara formal, dan bukan mustahil mereka akan menelan mentah2 dari apa yang mereka tonton. Juga anak2 yang sedang dalam pertumbuhan kecerdasan dan daya nalar. Sinetron2 sejenis ini hanya akan menjerumuskan bangsa ini kedalam kebodohan dan keterpurukan yang memang sudah parah.
well said.

PostPosted: Wed Aug 27, 2008 8:48 am
by faithfreedom


harusnya di sinetron religius ada adegan matahari tenggelam di kolam lumpur :lol:






PostPosted: Wed Aug 27, 2008 6:03 pm
by Santo Muhammad SAW
jangan nonton sinetron religius.....serem...xixixi

PostPosted: Thu Aug 28, 2008 12:25 am
by Luv_Pink
nonton sinetron abg yang isinya cinta2an aja aku udh ga sanggup, rasanya pengin ketemu pembuat skenario, lalu aku maki2, apalg liat sinetron religi nya islam, yg ceritanya selalu aneh bin ajaib. mampusnya, selama bulan ramadan TV bakal dibanjiri sinetron sampah beginian.. mending puasa liat TV sebulan deh.

sinetron religi tuh ceritanya selalu maksa dan ga masuk akal, aku cuma heran aja, kok ya masih ada yg liat, ampun deh

PostPosted: Thu Aug 28, 2008 7:57 am
by Rashidi
soalnya para propaganda islamist membuat "laporan rating" kalo sinetron religi diminati penonton

aneh juga, padahal gw lebih demen nonton McGyver atau StarGate daripada sinetron yg ke-arab-arab-an itu

PostPosted: Thu Aug 28, 2008 3:58 pm
by Horbo
untung saya ga punya tipi..

PostPosted: Thu Aug 28, 2008 6:08 pm
by swatantre
Puasa sebentar lagi....... Sampah tayangan menumpuk lagi.......
Ya berita sweeping FPI, ya sinetron islami, ya rebutan kenceng2an toa, ya pamer kemunafikan......

PostPosted: Fri Aug 29, 2008 1:04 am
by keymon231
Rashidi wrote:soalnya para propaganda islamist membuat "laporan rating" kalo sinetron religi diminati penonton

aneh juga, padahal gw lebih demen nonton McGyver atau StarGate daripada sinetron yg ke-arab-arab-an itu


Stargate mah jelas donk, jauh banget bedanya. Stargate itu fiksi science sementara sinetron religi sih fikirin aja dah mual

PostPosted: Fri Aug 29, 2008 1:18 am
by keymon231
swatantre wrote:Puasa sebentar lagi....... Sampah tayangan menumpuk lagi.......
Ya berita sweeping FPI, ya sinetron islami, ya rebutan kenceng2an toa, ya pamer kemunafikan......


Wah kalo berita soal FPI itu sih yang paling bikin gemes. Kemaren di tv ada FPI razia kedai yg jual miras. Semua miras di ancurin, penjaga kedai yang wanita juga di bogem. Padahal orang cuma usaha, mencari penghidupan. Kalo mereka anti ya jangan minum atau beli, ga dipaksa kan?

PostPosted: Fri Aug 29, 2008 2:15 am
by udung
Untung gw ga suka sinetron, apalagi pake embel2 "islami" bisa2 logika gw mendadak mandeg

PostPosted: Sat Aug 30, 2008 12:54 pm
by keymon231
udung wrote:Untung gw ga suka sinetron, apalagi pake embel2 "islami" bisa2 logika gw mendadak mandeg


Nontonnya mesti pake 'iman' ga bole pake logika hehe

Re: SINETRON RELIGIUS

PostPosted: Mon Aug 31, 2009 1:44 pm
by God-Father
Wah bener banget tuh ! Sinetron kayak gitu jijay bener dah.....

Re: SINETRON RELIGIUS

PostPosted: Sat Sep 05, 2009 1:27 pm
by poringrebirth
Saya ogah buka saluran Indonesia kalau cuma ada sinetron dang... dari pada buka RCTi, SCTV atau Indosiar malam2 lebih enak buka MetroTV, Discovery Channel, National Geographics, atau HBo aja...

Sinetron kita aja rata-rata plagiat drama korea dan taiwan gitu... Jadi tambah nggak ngeh nontonnya.. :vom:

Re: SINETRON RELIGIUS

PostPosted: Thu Sep 10, 2009 9:09 am
by haspan
Pantesan kita selalu dilecehkan oleh bangsa lain...lahhh wong mendidik bangsanya saja seperti itu...tp apa mo dikata kl nanti gak nampilin jenis tontonan ramadan ky gitu bisa2 pada ditegur and di breidel tuh..sama oknum2 pejabat dan pemerintah yg sudah dikontrol sama partai2 islam dan organisasi2 islam lainnya....gimana mau merdeka.....nasib2 mjd bangsa Indonesia (khususnya yg non muslim)...

Re: SINETRON RELIGIUS

PostPosted: Thu Sep 10, 2009 9:33 am
by Yehuda
\:D/

Mending nonton melissa lauren dah...

:heart:

Re: SINETRON RELIGIUS

PostPosted: Fri Oct 02, 2009 9:30 pm
by Kafiru euy
Melissa Lauren ranca bana...
Tapi lebih bagus Giselle na Tube 8 (in relative ya) bag teen, Highly recommended 4 U brother. :finga:

Slmt mencoba...heee... :tonqe:

Re: SINETRON RELIGIUS

PostPosted: Thu Oct 15, 2009 8:53 pm
by SiMaMat BukaNabi
Lho itu sinetron.?? ane kira komedi.. coz lbh lucu ketimbang tukul..
Jilbabnya itu loh kea badut.. Wkwkwkwkwkwkwkwwkwk :rolling: :rolling: :rolling:

Re: SINETRON RELIGIUS

PostPosted: Mon Oct 26, 2009 4:59 pm
by INSOMNIA
Sinetron islam berbau diskriminasi,takhayul,dan teknik utk meng-islamisasi, coba kalo kristen yg bikin konteks sinetron yg kaya gitu..judulnya diamuk preman2 islam alias FPI..udik bgt !!