Page 1 of 1

Debus, Islamikah?

PostPosted: Wed Jan 09, 2008 8:46 pm
by Eneng Kusnadi
Debus dikenal dikalangan muslim , di Banten, di Jawa Timur, juga di Acheh dikenal dengan Daboh.
Debus ini dikenal dengan permainan silat, ilmu kebal, memasukan kelelawar kedalam buah kelapa, menusuk nusuk kulit dengan jarum, naik tangga beranak tanggakan golok,dll.
Aku pernah nonton debus ini di Banten belasan tahun lalu.
Saya ingin bertanya kepada rekan rekan muslim, apakah debus ini Islami?
Apa dasar dasarnya? tidakkah musryik?
Salam.

PostPosted: Wed Jan 09, 2008 10:36 pm
by baba
Sangat islami karena para pemainnya sebelum memulai pertunjukan dibacain oleh pimpinan, guru or pawang mereka dengan mantera2 yang berasal dari quran.
Gw tau ini juga krn gw jg berasal dari banten.
Mereka bilang mereka dapet bantuan dari jin muslim (ilmu putih).
Nah.. ini yg gw mikir ilmu2 debus mempertontonkan ilmu yang aneh2 ga lebih serem/hebat dg pertunjukan2 sejenis dari kalangan hindu seperti di bali, malaysia or di medan (perayaan umat hindu india bulan februari). Para muslim bilang orang hindu dapet bantuan dari jin kafir (ilmu hitam).
Jadi Apa bedanya ilmu hitam dengan ilmu putih..?
Koq keduanya hobi mempertunjukan ilmu2 seperti itu?
Kalo muslim mengklaim ilmu putih berasal dr oloh swt, koq oloh kagak percaya diri nyuruh jin muslim kasih ilmu kemuslim buat mamer2in ilmu2 gaib putih agar kafir mo masuk islam krn terpesona...?
Koq oloh swt untuk menarik umat manusia buat masuk islam dengan cara merayu mempertunjukan kehebatan ilmu2 gaib agar kafir mo masuk islam...?
Kalo eneng tanya musyrik apa gak, orang muslim banten akan jawab gak karena mereka mengklaim mereka dapet ilmu atas bantuan jin muslim.

PostPosted: Thu Jan 10, 2008 1:39 am
by Eneng Kusnadi
Sangat islami karena para pemainnya sebelum memulai pertunjukan dibacain oleh pimpinan, guru or pawang mereka dengan mantera2 yang berasal dari quran.


Quran = kitab mantra? hmm

PostPosted: Thu Jan 10, 2008 5:16 am
by Phoenix
Eneng Kusnadi wrote:
Sangat islami karena para pemainnya sebelum memulai pertunjukan dibacain oleh pimpinan, guru or pawang mereka dengan mantera2 yang berasal dari quran.


Quran = kitab mantra? hmm


Emang koq..makanya temen gue bilang kenapa babi diharamkan?..karena bisa membatalkan mantra-mantra tsb/ayat-ayat quran tsb...

PostPosted: Sat Jan 12, 2008 1:38 pm
by Eneng Kusnadi
hmmmmm, mirip ilmu kebal yang mempan golok asal goloknya direndam kedalam darah babi. :lol: :lol:

PostPosted: Tue Jan 29, 2008 12:03 pm
by bam_forum
Phoenix wrote:
Eneng Kusnadi wrote:
Sangat islami karena para pemainnya sebelum memulai pertunjukan dibacain oleh pimpinan, guru or pawang mereka dengan mantera2 yang berasal dari quran.


Quran = kitab mantra? hmm


Emang koq..makanya temen gue bilang kenapa babi diharamkan?..karena bisa membatalkan mantra-mantra tsb/ayat-ayat quran tsb...


Jadi ingat pilem2 vampir hongkong :lol:

Re: Debus, Islamikah?

PostPosted: Tue Jan 20, 2009 6:46 pm
by mozaik
Semua ilmu tersebut di atas berlaku hanya untuk pertunjukkan !
Tidak bermanfaat dalam masa berkelahi atau untuk perang.

Karena ilmu tersebut tidak untuk waktu yang lama.

Ilmu tersebut di atas memang mengandalkan setan !!!

Re: Debus, Islamikah?

PostPosted: Tue Jan 20, 2009 9:01 pm
by MaNuSiA_bLeGuG
The Last Trompet wrote:
kenapa bersyarat spt itu? :-k


karena kencing aja bayar, ponsel aja kudu isi pulsa berkala, perut aja kudu diisi terus, batre aja bisa abis.

Re: Debus, Islamikah?

PostPosted: Tue Jan 20, 2009 11:29 pm
by mozaik
The Last Trompet wrote:
kenapa bersyarat spt itu? :-k

MaNuSiA_bLeGuG wrote:karena kencing aja bayar, ponsel aja kudu isi pulsa berkala, perut aja kudu diisi terus, batre aja bisa abis.

Benar sekali Bro MaNuSia_b !

Menurut yang mpunya cerita :

Debus sama saja dengan memasukkan setan kedalam diri ( kasurupan ). Setan yang dimasukkan macam-macam tergantung keperluan, misalnya untuk bersilat ( cimande, gaya macan, untuk pertunjukkan dll ). Setan yang dipakaipun adalah setan yang sudah dikenal ( berlangganan kalee ... ). Perdukunan ya podowae.
Bagi belum begitu bisa menjalaninya biasa dibantu orang yang lebih senior dari luar arena.

Tubuh manusia mengandung hawa panas, yang apabila orang tersebut kemasukkan setan, setan itu akan menggerakan orang yang dimasukinya sehingga panas badan orang terus bertambah.
Sedang setan takut oleh hawa panas manusia, makanya setan engga tahan berlama-lama di tubuh manusia !
Itu sebabnya orang kesurupan, engga usah di obat ... lama-lama juga sembuh sendiri.

Dukun-dukun yang mengobati orang-orang kesurupan dengan jampe-jampinya adalah bohong besar.

Setan memang engga jauh dari muslim yang al'qurannya penuh dengan ayat-ayat setan !

Re: Debus, Islamikah?

PostPosted: Mon Feb 09, 2009 12:35 pm
by gaston31
sebenarnya simple,

krn debus tdk dikenalkan oleh Rasulullah alias tidak diajarkan, maka tentu saja tidak alami.
krn itu debus hanya dikenal di lokal daerah aja...
dan bukan perbuatan amalan atau ibadah...

Re: Debus, Islamikah?

PostPosted: Fri Feb 13, 2009 12:04 am
by tante_berjilbab
Kalo gak islami kenapa mesti make ayat2 al quran sebelum si pemaen memasuki keadaan trance utk menyambut jin ato setan ato whatever it's called ke dalam diri nya?????