.

Debus, Islamikah?

Debus, Islamikah?

Postby Eneng Kusnadi » Wed Jan 09, 2008 8:46 pm

Debus dikenal dikalangan muslim , di Banten, di Jawa Timur, juga di Acheh dikenal dengan Daboh.
Debus ini dikenal dengan permainan silat, ilmu kebal, memasukan kelelawar kedalam buah kelapa, menusuk nusuk kulit dengan jarum, naik tangga beranak tanggakan golok,dll.
Aku pernah nonton debus ini di Banten belasan tahun lalu.
Saya ingin bertanya kepada rekan rekan muslim, apakah debus ini Islami?
Apa dasar dasarnya? tidakkah musryik?
Salam.
User avatar
Eneng Kusnadi
 
Posts: 2997
Joined: Sat Dec 30, 2006 1:26 pm
Location: Peternakan Unta/Camelot

Postby baba » Wed Jan 09, 2008 10:36 pm

Sangat islami karena para pemainnya sebelum memulai pertunjukan dibacain oleh pimpinan, guru or pawang mereka dengan mantera2 yang berasal dari quran.
Gw tau ini juga krn gw jg berasal dari banten.
Mereka bilang mereka dapet bantuan dari jin muslim (ilmu putih).
Nah.. ini yg gw mikir ilmu2 debus mempertontonkan ilmu yang aneh2 ga lebih serem/hebat dg pertunjukan2 sejenis dari kalangan hindu seperti di bali, malaysia or di medan (perayaan umat hindu india bulan februari). Para muslim bilang orang hindu dapet bantuan dari jin kafir (ilmu hitam).
Jadi Apa bedanya ilmu hitam dengan ilmu putih..?
Koq keduanya hobi mempertunjukan ilmu2 seperti itu?
Kalo muslim mengklaim ilmu putih berasal dr oloh swt, koq oloh kagak percaya diri nyuruh jin muslim kasih ilmu kemuslim buat mamer2in ilmu2 gaib putih agar kafir mo masuk islam krn terpesona...?
Koq oloh swt untuk menarik umat manusia buat masuk islam dengan cara merayu mempertunjukan kehebatan ilmu2 gaib agar kafir mo masuk islam...?
Kalo eneng tanya musyrik apa gak, orang muslim banten akan jawab gak karena mereka mengklaim mereka dapet ilmu atas bantuan jin muslim.
baba
 
Posts: 312
Joined: Thu Jan 11, 2007 11:37 pm
Location: Singapore

Postby Eneng Kusnadi » Thu Jan 10, 2008 1:39 am

Sangat islami karena para pemainnya sebelum memulai pertunjukan dibacain oleh pimpinan, guru or pawang mereka dengan mantera2 yang berasal dari quran.


Quran = kitab mantra? hmm
User avatar
Eneng Kusnadi
 
Posts: 2997
Joined: Sat Dec 30, 2006 1:26 pm
Location: Peternakan Unta/Camelot

Postby Phoenix » Thu Jan 10, 2008 5:16 am

Eneng Kusnadi wrote:
Sangat islami karena para pemainnya sebelum memulai pertunjukan dibacain oleh pimpinan, guru or pawang mereka dengan mantera2 yang berasal dari quran.


Quran = kitab mantra? hmm


Emang koq..makanya temen gue bilang kenapa babi diharamkan?..karena bisa membatalkan mantra-mantra tsb/ayat-ayat quran tsb...
Phoenix
 
Posts: 11175
Joined: Mon Feb 27, 2006 5:33 am
Location: FFI

Postby Eneng Kusnadi » Sat Jan 12, 2008 1:38 pm

hmmmmm, mirip ilmu kebal yang mempan golok asal goloknya direndam kedalam darah babi. :lol: :lol:
User avatar
Eneng Kusnadi
 
Posts: 2997
Joined: Sat Dec 30, 2006 1:26 pm
Location: Peternakan Unta/Camelot

Postby bam_forum » Tue Jan 29, 2008 12:03 pm

Phoenix wrote:
Eneng Kusnadi wrote:
Sangat islami karena para pemainnya sebelum memulai pertunjukan dibacain oleh pimpinan, guru or pawang mereka dengan mantera2 yang berasal dari quran.


Quran = kitab mantra? hmm


Emang koq..makanya temen gue bilang kenapa babi diharamkan?..karena bisa membatalkan mantra-mantra tsb/ayat-ayat quran tsb...


Jadi ingat pilem2 vampir hongkong :lol:
User avatar
bam_forum
 
Posts: 33
Joined: Mon Jan 28, 2008 7:25 pm

Re: Debus, Islamikah?

Postby mozaik » Tue Jan 20, 2009 6:46 pm

Semua ilmu tersebut di atas berlaku hanya untuk pertunjukkan !
Tidak bermanfaat dalam masa berkelahi atau untuk perang.

Karena ilmu tersebut tidak untuk waktu yang lama.

Ilmu tersebut di atas memang mengandalkan setan !!!
mozaik
 
Posts: 296
Joined: Sat Jan 03, 2009 5:10 pm

Re: Debus, Islamikah?

Postby MaNuSiA_bLeGuG » Tue Jan 20, 2009 9:01 pm

The Last Trompet wrote:
kenapa bersyarat spt itu? :-k


karena kencing aja bayar, ponsel aja kudu isi pulsa berkala, perut aja kudu diisi terus, batre aja bisa abis.
User avatar
MaNuSiA_bLeGuG
 
Posts: 4425
Images: 13
Joined: Wed Mar 05, 2008 2:08 am
Location: Enies Lobby

Re: Debus, Islamikah?

Postby mozaik » Tue Jan 20, 2009 11:29 pm

The Last Trompet wrote:
kenapa bersyarat spt itu? :-k

MaNuSiA_bLeGuG wrote:karena kencing aja bayar, ponsel aja kudu isi pulsa berkala, perut aja kudu diisi terus, batre aja bisa abis.

Benar sekali Bro MaNuSia_b !

Menurut yang mpunya cerita :

Debus sama saja dengan memasukkan setan kedalam diri ( kasurupan ). Setan yang dimasukkan macam-macam tergantung keperluan, misalnya untuk bersilat ( cimande, gaya macan, untuk pertunjukkan dll ). Setan yang dipakaipun adalah setan yang sudah dikenal ( berlangganan kalee ... ). Perdukunan ya podowae.
Bagi belum begitu bisa menjalaninya biasa dibantu orang yang lebih senior dari luar arena.

Tubuh manusia mengandung hawa panas, yang apabila orang tersebut kemasukkan setan, setan itu akan menggerakan orang yang dimasukinya sehingga panas badan orang terus bertambah.
Sedang setan takut oleh hawa panas manusia, makanya setan engga tahan berlama-lama di tubuh manusia !
Itu sebabnya orang kesurupan, engga usah di obat ... lama-lama juga sembuh sendiri.

Dukun-dukun yang mengobati orang-orang kesurupan dengan jampe-jampinya adalah bohong besar.

Setan memang engga jauh dari muslim yang al'qurannya penuh dengan ayat-ayat setan !
mozaik
 
Posts: 296
Joined: Sat Jan 03, 2009 5:10 pm

Re: Debus, Islamikah?

Postby gaston31 » Mon Feb 09, 2009 12:35 pm

sebenarnya simple,

krn debus tdk dikenalkan oleh Rasulullah alias tidak diajarkan, maka tentu saja tidak alami.
krn itu debus hanya dikenal di lokal daerah aja...
dan bukan perbuatan amalan atau ibadah...
User avatar
gaston31
 
Posts: 3729
Joined: Tue Nov 21, 2006 2:17 pm

Re: Debus, Islamikah?

Postby tante_berjilbab » Fri Feb 13, 2009 12:04 am

Kalo gak islami kenapa mesti make ayat2 al quran sebelum si pemaen memasuki keadaan trance utk menyambut jin ato setan ato whatever it's called ke dalam diri nya?????
tante_berjilbab
 
Posts: 106
Joined: Thu Jan 17, 2008 7:35 am


Return to Budaya & Sospol



Who is online

Users browsing this forum: No registered users