.

Apakah insting itu?

Apakah insting itu?

Postby hermione » Wed Nov 14, 2012 10:29 pm

Saya pengen nanya sama bro sis yang atheis atau agnostik khususnya. Jadi kemarin saya sempat berdiskusi, antara saya agnostik dengan seorang theis. Intinya, dia semacam "membuktikan" bahwa tuhan itu ada dengan menanyakan: apakah insting itu? dari mana asal muasal insting itu muncul? Dia memaparkan bahwa tuhan-lah yang menganugerahkan insting pada ciptaannya. Tuhan memberi anugrah bagi makhluk hidupnya untuk tetap hidup. Well, bisa jadi, tapi itu seperti sama dengan "mengstop" jawaban, bahwa tuhanlah jawabannya. Apakah insting ada karena hal itu memang begitu adanya? Selain insting, begitu pula dengan emosi, bagaimana emosi itu muncul, dari mana munculnya? Apakah emosi itu? Yang atheis/agnostik akan menjawab bahwa emosi (reaksi emosi: senang, sedih, marah, dsb) terjadi karena reaksi kimia yang terjadi dalam tubuh yang disebabkan oleh pemicu-pemicu dari luar (ada hal yang menyenangkan, menyedihkan, dsb). Namun pernyataannya, mengapa hal tersebut terjadi seperti itu? mengapa kita tertawa, ketika ada hal dianggap lucu? Oke bagi yang menganggap gue sinting karena bertanya hal tersebut, yah, saya masih bertanya-tanya, mengapa? sekali lagi, yang theis menjawab bahwa itu adalah rahasia tuhan. Karena ada hal-hal yang belum terjawab, seperti asal muasal insting dan emosi itu, kesimpulan si theis itu adalah bahwa tuhan memang ada. Tapi saya kira dengan menjawab bahwa itu adalah rahasia tuhan, sama dengan tidak tahu.

Saya ingin bertanya mengenai hal ini dari sudut pandang bro sis atheis dan agnostik. Maklum masih banyak belajar hehe, mohon pencerahannya :D
User avatar
hermione
 
Posts: 42
Joined: Mon Feb 06, 2012 11:35 am

Re: Apakah insting itu?

Postby Jarum_Kudus » Thu Nov 15, 2012 1:16 am

Apakah insting itu?

Inting itu adalah kata Barat: INSTINCT. Untuk tahu makna sebenarnya, cari dulu definisinya.

http://www.thefreedictionary.com/instinct
in·stinct (nstngkt)
n.
1. An inborn pattern of behavior that is characteristic of a species and is often a response to specific environmental stimuli: the spawning instinct in salmon; altruistic instincts in social animals.
2. A powerful motivation or impulse.
3. An innate capability or aptitude: an instinct for tact and diplomacy.
adj. (n-stngkt)
1. Deeply filled or imbued: words instinct with love.
2. Obsolete Impelled from within.

Artinya:
1. Insting adalah pola perilaku yang sudah ada sejak lahir dan merupakan sifat spesies tertentu. Insting seringkali merupakan reaksi terhadap keadaan lingkungan tertentu. Misalnya: ikan salmon biasa bertelur di tempat dia dilahirkan; insting suka saling membantu pada binatang2 yang suka hidup berkelompok.

Karena insting sudah ada sejak lahir, maka insting tentunya sama seperti sifat/karakter DNA setiap orang. Insting manusia antara lain adalah: ogah atau takut mati. Hal abstrak ini jelas tampak jika manusia menghadapi ancaman kematian, baik bersifat usaha pembunuhan atau penyakit yang mengakibatkan kematian.

apakah insting itu? dari mana asal muasal insting itu muncul?

Insting muncul sebagai bagian dari tubuhmu, sifatmu, karaktermu, sama seperti tanganmu, kakimu, cara otakmu bekerja, dan semua yang jadi bagian tak terpisahkan dari jatidirimu. Ciptaan syafa semua itu? Itu sih masalah lain lagi, dan gw pikir ga ada hubungannya dengan asal muasal insting. Agnostik atau atheis itu percaya insting adalah ciptaan alam. Theis sih percaya insting adalah ciptaan Tuhan, sama seperti kaki, tangan, otak adalah ciptaan Tuhan. Kalo mau cari tahu mana yang benar, tentu pertanyaannya menuju pada pertanyaan baru: Tuhan itu ada atau tidak?
User avatar
Jarum_Kudus
 
Posts: 1711
Images: 417
Joined: Tue Feb 28, 2006 9:49 am

Re: Apakah insting itu?

Postby MaNuSiA_bLeGuG » Thu Nov 15, 2012 2:54 am

hermione wrote:Saya pengen nanya sama bro sis yang atheis atau agnostik khususnya. Jadi kemarin saya sempat berdiskusi, antara saya agnostik dengan seorang theis. Intinya, dia semacam "membuktikan" bahwa tuhan itu ada dengan menanyakan: apakah insting itu? dari mana asal muasal insting itu muncul? Dia memaparkan bahwa tuhan-lah yang menganugerahkan insting pada ciptaannya. Tuhan memberi anugrah bagi makhluk hidupnya untuk tetap hidup. Well, bisa jadi, tapi itu seperti sama dengan "mengstop" jawaban, bahwa tuhanlah jawabannya. Apakah insting ada karena hal itu memang begitu adanya? Selain insting, begitu pula dengan emosi, bagaimana emosi itu muncul, dari mana munculnya? Apakah emosi itu? Yang atheis/agnostik akan menjawab bahwa emosi (reaksi emosi: senang, sedih, marah, dsb) terjadi karena reaksi kimia yang terjadi dalam tubuh yang disebabkan oleh pemicu-pemicu dari luar (ada hal yang menyenangkan, menyedihkan, dsb). Namun pernyataannya, mengapa hal tersebut terjadi seperti itu? mengapa kita tertawa, ketika ada hal dianggap lucu? Oke bagi yang menganggap gue sinting karena bertanya hal tersebut, yah, saya masih bertanya-tanya, mengapa? sekali lagi, yang theis menjawab bahwa itu adalah rahasia tuhan. Karena ada hal-hal yang belum terjawab, seperti asal muasal insting dan emosi itu, kesimpulan si theis itu adalah bahwa tuhan memang ada. Tapi saya kira dengan menjawab bahwa itu adalah rahasia tuhan, sama dengan tidak tahu.

Saya ingin bertanya mengenai hal ini dari sudut pandang bro sis atheis dan agnostik. Maklum masih banyak belajar hehe, mohon pencerahannya :D


seharusnya di tanya balik aja, apa buktinya bhw tuhan lah yg memberi/membuat insting ?

klo menurut gw, insting itu muncul dari dorongan kebutuhan dan dari pengalaman dalam hidup, bukan sesuatu yg diberikan oleh pihak lain. jika insting utk hidup itu adalh pemberian, lalu bagaimana ceritanya ttg orang yg bunuh diri ? apakah artinya tuhan yg mencabut insting tsb ? lah berarti yg bertanggung jawab adalah tuhan donk, lalu kenapa org bunuh diri malah msk neraka ? :lol:

soal emosi, kenapa klo denger joke pasti ketawa ? tanya balik aja, lah emg kenapa air yg di beri gula kok menjadi manis ? kenapa ga asin ? karena sudah semestinya begitu, 1+1 =2 :lol:

imo ketika otak sedang dicritakan sbh joke, terjadi reaksi kimia utk mengolah data yg masuk. klo ramuannya tepat, mka hasil respon nya adalah ketawa. jika gagal, ya ga ketawa. dan kenyataanya bgitu, tidak semua joke itu lucu. jdi sebenernya yg mendorong otak kita utk mengeluarkan reaksi kimia tertentu adalah si pemberi informasi. jika si pemberi informasi memberikan info yg lucu, ya sudah pasti akan tertawa. ibaratnya seperti air gula tsb, air tsb jdi manis ya karena si pemberi informasi memberikn gula. jdi ga bisa ditanyakan kenapa terjadi begitu, tapi tanyakan kembali kenapa dikau memberikan gula ? :green:

yah itu cuma kira2 aja, lebih tepatnya sih tanya ke ahli otak ato dokter kayak netter Aku Suka Hujan :lol:
User avatar
MaNuSiA_bLeGuG
 
Posts: 4425
Images: 13
Joined: Wed Mar 05, 2008 2:08 am
Location: Enies Lobby

Re: Apakah insting itu?

Postby swatantre » Thu Nov 15, 2012 2:57 am

Saya agnostik. Saya cuman mau meramaikan dengan menggulirkan wacana. Bukan debat.
Menurut pemikiran saya (mungkin juga terkontaminasi dengan pemikiran2 lain yang saya sendiri sudah lupa sumbernya), tidak ada yang instan (tolong jangan ditarik hingga masalah mujizat kun fayakun atau creatio ex nihilo. sekali lagi saya agnostik namun bukan atheis). JAdi soal insting itu adalah hasil dari pengendapan kebiasaan2 yang sudah berlangsung lama sehingga mengendap ke bawah sadar. Sehingga cara tanggap kita terhadap realitas di luar diri kita seolah refleks secara instingtif padahal itu adalah hasil dari pembiasaan evolusioner. Saya kira, poin ini juga tidak bisa diabaikan. Ada lagi yang mau menambahkan?
swatantre
 
Posts: 4193
Joined: Thu Jul 20, 2006 7:40 pm
Location: Tanah Suci, dalem Ka'bah

Re: Apakah insting itu?

Postby gateway » Thu Nov 15, 2012 4:38 am

Ulasan bro manusia dapat dijadikan renungan..sederhana..tepat sasaran.
User avatar
gateway
 
Posts: 1031
Joined: Sun Aug 21, 2011 8:59 am

Re: Apakah insting itu?

Postby hermione » Thu Nov 15, 2012 8:54 am

Terimakasih atas jawaban agan2 sekalian ^.^

Jarum_Kudus wrote:Kalo mau cari tahu mana yang benar, tentu pertanyaannya menuju pada pertanyaan baru: Tuhan itu ada atau tidak?


Yah memang sebenarnya pertanyaan ini menuju pada keberadaan Tuhan.
Tapi asumsi ketika saya diskusi itu, karena adanya insting, maka Tuhan itu ada. Entahlah.

MaNuSiA_bLeGuG wrote:seharusnya di tanya balik aja, apa buktinya bhw tuhan lah yg memberi/
membuat insting ?


Wah benar juga bro manusia, sederhana dan tepat sasaran... sepertinya sy sudah bisa menebak apa jawaban teman sy itu kalo sy tanyakan hal ini :green:
User avatar
hermione
 
Posts: 42
Joined: Mon Feb 06, 2012 11:35 am

Re: Apakah insting itu?

Postby Zen LI » Thu Nov 15, 2012 10:23 pm

Turut Nyumbang dan nyapur sari ya bro2 skalian..

Tentang insting.. insting sndiri adalah suatu intuitif baik gerakan dn pikiran yg terbentuk oleh bawah sadar kita.. dan setiap mahluk yg ada termasuk manusia.. pny modal insting ini krn tanpa memiliki instinc niscaya mahluk tersebut akan cepat punah...
nah pertanyaannya dr mana instink ini muncul..?? sy pny persepsi ttg insting begini.. setiap mahluk hidup yg kompleks.. jd bukan bersel tunggal... pastinya memiliki perangkat insting yg terbentuk secra natural alami.. krn insting adlh bagian dr Self Defence Mechanism.. contohmya insting menghindar dr bahaya.. mencari makan, reproduksi dll... krn hal lain atw bukan didorong oleh impuls guna pemenuhan kebutuhan dasar sebuah mahluk utk melangsung kehidupannya...

Nah skrng tentang insting yg dimiliki oleh manusia dlm bentuk pikiran.. sering disbt dgn intuitif.. menurut cerapan pribadi nih.. setiap insan manusia pny masing2 life script yg tertulis dr Child hood, kemudian parental hood dan yg terakhir adlh adult hood.. insting kalo gk salah dikatakan id oleh sigmund freud.. itu agak berbeda persepsi dlm mazhab behaviorime atw psikologi modern yg sy maksud adlah Analisis Transaksional.. dimana ke 3 hood td insting terbetuk saat fase childhood dn parentalhood.. kenapa..?.. krn di saat childhood kita akan pny pola insting utk menyelamatkan diri jk akan dimarahi orng tua misalnya.. dn itu efektif dn membuat kita aman.. niscaya pd saat dewasa jk kita mengalami kondisi bahaya yg sama.. tindakan kita akan sama dgn saat msh kita kecil secara tdk sadar.. dan alam pikir kita akan terbang kembali saat dimana kita msh kecil..
di saat kita msh kecil dn memiliki oramg tua yg disbt dgn parentalhood.. secara tdk sadar jk kita jd boss.. kita akan bersikap kurang lebih sama dgn orang tua kita saat kita memarahi anak buah kita..atw bahkan anak kita.. dr gaya, intonasi suara dlm bicara dn sebagainya.. dn itu sy persepsikan dgn intuitif atw insting pikran manusia..

Ke 3 hood diatas adalh script yg secara bersamaan tertulis sejak kita kecil hingga dewasa.. kecendrungan cara pola pikir yg menghasilkan habitual melulu krn hasil komulatif dr ke 3 hood tersebut dimana setiap kasus akan berporsi beda dlm kontribusinya.. Satu hal yg paling nyata.. adalh saat kita bersedih yg sangat dalam adalah saat kita tidur pasti kita melipatkan kaki layaknya posisi bayi dikandungan.. kenapa?.. krn itulah mechanism insting dr bayi yg tetap melekat meskipun sdh dewasa.. nah gmn dgn pengikut nabi arab.. sjk kecil sdh dibangun imsting utk menjelekan agama lain khususnua kristen.. jd insting membuatnya demekian.. hehe maap.. kalo gk ngomong gi i kurang afdol..

Semoga bermanfaat..
User avatar
Zen LI
 
Posts: 115
Joined: Wed Feb 15, 2012 4:59 pm

Re: Apakah insting itu?

Postby Kibou » Fri Nov 16, 2012 10:35 am

Mohon ijin nimbrung yah, teman-teman sekalian.

Kalau menurut saya pribadi, asal-usul insting pada hewan maupun pada manusia, bisa dijelaskan secara naturalistik seperti yang sudah dipaparkan Bro Jarum_Kudus dan Manusia_Blegug. Proses rumit kimiawi yang terjadi pada tubuh dan otak mahluk hidup memberi dorongan kepada mahluk tersebut untuk bereaksi.

Yang masih menjadi misteri adalah situasi di mana dua insting yang sama-sama kuat, saling bersaing dalam diri mahluk hidup. Misalnya antara insting bertahan hidup dengan insting altruisme. Apakah saya mengorbankan nyawa demi kelangsungan nyawa orang lain, ataukah saya bertahan hidup saja? Kalau menurut saya inilah yang disebut free will: kebebasan suatu mahluk hidup untuk memilih insting mana yang akan dituruti atau tidak dituruti.
User avatar
Kibou
 
Posts: 1359
Joined: Mon Nov 03, 2008 11:30 am
Location: Land of the free


Return to Spiritualisme - Filsafat - Keyakinan Lain



Who is online

Users browsing this forum: No registered users