.

apakah hakekat seorang nabi?

apakah hakekat seorang nabi?

Postby palestina » Wed Apr 06, 2011 11:52 am

secara konteks biasanya nabi disebut utusan atau wakil Tuhan.
kita tidak menemukan definisi nabi dlm kitab suci.

namun apakah sesungguhnya hakekat seseorang yg disebut nabi?

nabi adalah dia yg ke-Tuhanan (keilahian) dalam dirinya sudah "mewujud".
dan biasanya mengajar /memberi pesan kebajikan..

mungkin org awam mengira hakekat nabi berbeda2 menurut
agama masing2.ini pemikiran salah.

keilahian ditandai oleh kebajikan dan kesaktian.
tidak ada nabi yg tidak memiliki kesaktian.jika tidak sakti maka
dia nabi palsu..bukan berarti nabi palsu selalu tanpa kesaktian..

mengapa nabi memiliki kesaktian?
sebab secara potensial semua manusia adalah ilahi..
siapapun yg secara rohani sudah dekat padaNYA,otomatis
akan muncul sifat2 ilahi.

karena Tuhan adalah sumber kesaktian,maka siapapun yg "dekat"
Tuhan, akan menjadi sakti.
siapapun yg mendekati api,akan menjadikan tuduhnya panas.

keilahian bukan suatu makna yg mudah disampaikan pada org lain..
kemampuan memahami makna keilahian tergantung kebijaksanaan
(=perkembangan rohani) orang tsb.

kebijaksanaan tidak mudah untuk disampaikan dan dimengerti oleh
orang biasa.

bila kalian minta referensi atas postingan ini..
aku bertanya: "apakah kebenaran membutuhkan pengakuan?"
tidak.

mereka yg minta-minta referensi berarti mereka tidak
mengerti isi postingan..

mereka yg selalu memakai referensi dlm mengambil kesimpulan,
atau menerima kebenaran berarti hanya bersandar pada opini
masyarakat..

kujelaskan..

kebijaksanaan adalah suatu pertumbuhan.
pertumbuhan kesadaran dan pikiran.

ketika tubuh kita tumbuh,maka kesadaran dan pikiran kita
juga tumbuh / berkembang.

ketika kesadaranmu jauh melampaui kesadaran seseorang,
kau akan kesulitan menjelaskan hal2 yg berada diluar jangkauan
kesadaran orang tsb.


contoh:
ketika anak usia 5-6 th kau tanya:
"siapa yg lebih dulu ada,kamu atau ibumu?"

mungkin dia jawab : "saya lebih dulu ada"

ketika kau beritahu bahwa ibunya lebih dulu ada,
dia tidak mengerti.dan bertanya,kenapa begitu?

dapatkah kalian jelaskan alasannya?
mana referensinya kok ibunya lebih dulu ada??

jika kalian menjawab: "karena ibumu lahir lebih dulu"
si kecil tidak mengerti arti kata "lahir".

sama seperti,saat kukatakan,
nabi adalah orang yg keilahiannya (ketuhanannya)
sudah mewujud.
kalian juga tidak mengerti arti kata "ilahi".
lalu minta referensi..

kata "lahir" dan "ilahi" adalah hal yg mendasar..
jika kesadaran kalian cukup maju,kalian akan tahu artinya.
kalian tidak butuh referensi.sama seperti si kecil..
ia tidak butuh referensi.bila usianya bertambah,dia akan mengerti.

tapi jika kalian tidak tahu,maka tidak ada ref yg dapat membuatmu
mengerti.ketika kesadaranmu sudah maju,postingan inilah
referensi utkmu!!
minta refernsi bagi postku bagaikan minta cara untuk menguraikan
benang yg tidak kusut

sebab hakekat ref adalah penguraian/penjabaran.bila sudah mendasar
apalagi yg mau diuraikan??

semua pernyataan postingan yg masih memakai referensi,
tidak berisi ajaran kebijaksanaan.

mengapa?
sebab yg bisa diuraikan / dijabarkan hanyalah pengetahuan rohani,
bukan kebijaksanaan.

karena kebijaksanaan yg dalam berarti sampai kedasar..
bagaimana mungkin hal yg sudah mendasar bisa diuraikan??
bgm mungkin benang yg sudah tidak kusut mau diurai lagi?

jadi..sekalipun kau google dan membaca dimana kata ilahi dipakai,
kau tidak akan mengerti makna sebenarnya.

kalau tulisan gak jelas,kesini...http://murtadinkafirun.forumotion.net/p ... e=editpost
Last edited by palestina on Wed Apr 06, 2011 12:27 pm, edited 2 times in total.
palestina
 
Posts: 877
Joined: Wed Feb 17, 2010 6:15 pm

Re: apakah hakekat seorang nabi?

Postby duren » Wed Apr 06, 2011 12:02 pm

Klo menurut aku .. HAKEKAT NABI adalah SEBUAH PEKERJAAN yang GA bisa SENGAJA DICARI CARI SENDIRI dengan pergi bertapa . :green:

Btw .. post tolong di edit ulang tuhh , pushing mbacanya .... plisssss
User avatar
duren
 
Posts: 11124
Images: 14
Joined: Mon Aug 17, 2009 9:35 pm

Re: apakah hakekat seorang nabi?

Postby palestina » Wed Apr 06, 2011 12:12 pm

Btw .. post tolong di edit ulang tuhh , pushing mbacanya .... plisssss
aduh dikomputer saya jelas tulisannya!
sy pake settingan besar...mata sy udah rusak..
gmn ya agar semua bs baca? bs bantu??
kalau tulisan gak jelas,coba kesini...
http://murtadinkafirun.forumotion.net/p ... e=editpost
palestina
 
Posts: 877
Joined: Wed Feb 17, 2010 6:15 pm

Re: apakah hakekat seorang nabi?

Postby duren » Wed Apr 06, 2011 12:48 pm

Btw .. post tolong di edit ulang tuhh , pushing mbacanya .... plisssss
palestina wrote:aduh dikomputer saya jelas tulisannya!
sy pake settingan besar...mata sy udah rusak..
gmn ya agar semua bs baca? bs bantu??
kalau tulisan gak jelas,coba kesini...
http://murtadinkafirun.forumotion.net/p ... e=editpost

Yang benerrrrrrrr ..
Anda pasti pakai HP , tulisan mu ter_ENTER tuh setiap 5 - 8 kata .. cek ke warnet dehh
User avatar
duren
 
Posts: 11124
Images: 14
Joined: Mon Aug 17, 2009 9:35 pm

Re: apakah hakekat seorang nabi?

Postby palestina » Wed Apr 06, 2011 3:17 pm

Yang benerrrrrrrr ..
Anda pasti pakai HP , tulisan mu ter_ENTER tuh setiap 5 - 8 kata .. cek ke warnet dehh
memang sengaja pakai enter tiap 8 kata! sebab setingan sy besar.
kalau nunggu 12 kata repot,sebab sy mesti menggeser kekiri kekanan
buat melihatnya..sy pake laptop.
palestina
 
Posts: 877
Joined: Wed Feb 17, 2010 6:15 pm

Re: apakah hakekat seorang nabi?

Postby a_man » Wed Apr 06, 2011 6:51 pm

hakekat nabi = wakil tuhan ?

gw se7 bgt.
brarti sifat2 nabi adalah yg paling mendekati sifat2 tuhan di antara smua ciptaan.

sifat momed & alohswt 11-12, klop tuh, sama2 semprullll.
User avatar
a_man
 
Posts: 4320
Joined: Mon Sep 01, 2008 5:12 pm
Location: http://code.google.com/p/a-manffi/downloads/list


Return to Spiritualisme - Filsafat - Keyakinan Lain



Who is online

Users browsing this forum: No registered users