.

PENGHANCURAN BANGSA ARMENIA OLEH TURKI DI SYRIA

Forum ini berisi artikel2 terjemahan dari Faithfreedom.org & situs2 lain. Artikel2 yg dibiarkan disini belum dapat dicakupkan kedalam Resource Centre ybs. Hanya penerjemah sukarelawan yang mempunyai akses penuh.

PENGHANCURAN BANGSA ARMENIA OLEH TURKI DI SYRIA

Postby ali5196 » Fri Dec 06, 2013 5:53 am

HAMPIR 100 THN SETELAH GENOSIDA ARMENIA, BANGSA ARMENIA MASIH JUGA DIBANTAI DI SYRIA. DAN KINI, HAMPIR TIDAK DISEBUT DLM MEDIA, TEMPAT2 SUCI MEREKA JUGA DI-DESEKRASI
Nearly a century after the Armenian genocide, these people are still being slaughtered in Syria. And now, almost unmentioned in the media, their holy places are also being desecrated
Robert Fisk
Sunday 1 December 2013
http://www.independent.co.uk/voices/com ... rnalSearch

30 tahun lalu, saya menggali tulang dan tengkorak korban2 genosida Armenia di bukit diatas Sungai Khabur di Syria. Mereka anak2 muda - gigi mrk belum rapuh, dan mrk hanya segelintir dari ke 1,5 juta Kristen Armenia yg dibantai dlm Holocaust pertama di abad 20, destruksi massal dan sengaja terhadap sebuah bangsa yg dilaukan oleh tentara Turki Ottoman di thn 1915.

Sulit utk mencari tulang2 ini krn Sungai Khabur – sebelah utara kota Deir ez-Zour di Syria – telah berubah arus. Mengapa? Krn saking banyaknya mayat orang Armenia yg ditumpuk Turki Ottoman disana, sungai itu sampai berubah arus ke timur. Rekan2 Armenia saya membawa tulang belulang itu dan menempatkan mrk dlm kuburan bawah tanah di gereja Armenia di Deir ez-Zour, yang khusus didedikasi bagi peringatan korban2 Armenia. Memalukan sekali bhw Turki sampai sekarang masih juga keukeuh membantah terjadinya holocaust tsb.

Dan kini, tanpa disebut2 dlm media internasional, killing fields di Syria thn 1915 ini kini menjadi killing fields sebuah perang baru. Diatas tulang belulang orang Armenia inilah, konflik Syria membara. Keturunan Kristen2 Armenia yg tewas thn 1915 dan mereka yang selamat yang menemukan keamanan di Syria kini terpaksa harus lari lagi – ke Lebanon, Eropa & Amerika. Gereja yg menyimpan tulang belulang nenek moyang mereka memang rusak. Tapi, kata seorang uskup di Damaskus, paling tidak kuburan mereka tidak disentuh. Dan itu lebih penting. Kuburan dibawah gereja itu sama pentingnya bagi bangsa Armenia spt Yad Vashem di Israel penting bagi bangsa Yahudi.

Gereja Deir ez Zour sekarang:
Image
http://transterramedia.com/media/16920

Sementara itu, di ALEPPO, sebuah gereja divandalisasi oleh pemberontak the Free Syrian Army, yg dibiayai AS & Arab Teluk. Lihat video di http://www.liveleak.com/view?i=8b9_1356229491


Di RAQQA, yang berhasil direbut pemberontak, kaum Salafi menghancurkan gereja Armenia Katolik Para Martir dan membakar se-isinya. Mereka menghancurkan salib dan menara lonceng dan menggantinya dgn bendera AL Qaeda. KEBETULAN/TIDAK ANEH bhw ratusan jihadi dari Turki yg mengobrak-abrik Syria ini adalah keturunan tentara2 Turki Ottoman yg mencoba menghancurkan bangsa Armenia di thn 1915.

Image
http://www.ibtimes.co.uk/articles/50968 ... a-isis.htm

IRONISnya lagi, tgl 11 November lalu, dunia memperingati korban Perang Dunia I, sebuah peluru mortar jatuh diluar Sekolah Nasional Penerjemah Armenia dan dua mortar jatuh atas bis2 sekolah yg menewaskan dua anak2 Armenia, Hovhannes Atokanian & Vanessa Bedros.

Image
http://m.news.am/eng/news/180616.html

Sehari kemudian, bis penuh dgn orang Armenia dari Beirut ke Aleppo dirampok dibawah todongan senjata. Dua hari kemudian, Kevork Bogasian tewas oleh peluru mortar di Aleppo. Korban Armenia di Syria ''hanya'' 65; atau lebih tepatnya 1.500.065. Lebih dari 100 orang Armenia lagi diculik.

Dua tahun lagi, thn 2015, dunia akan memperingati peringatan 100 thn Holocaust. Kebetulan juga Turki akan memperingati tentara2 mereka yg tewas di Gallipoli, pertempuran dimana Mustafa Kemal Ataturk menyelematkan negaranya dari okupasi Sekutu. Orang2 Armenia juga bergabung dgn tentara Turki. Tapi jangan harap Turki akan menghormati apalagi memperingati mereka mengingat Turki sampai sekarang masih sibuk membunuhi keturunan orang2 Armenia yg tidak mrk berhasil bunuh di thn 1915. :-k
ali5196
 
Posts: 17309
Images: 135
Joined: Wed Sep 14, 2005 5:15 pm

Return to Dapur Terjemahan Dari Website FFI dll



Who is online

Users browsing this forum: No registered users

cron