.

Implementasi Hukum Hudud: potong tangan !

Download Tulisan2 Penting tentang Islam; Website, referensi buku, artikel, latar belakang dll yang menyangkut Islam (Sunni) & Syariah.

Implementasi Hukum Hudud: potong tangan !

Postby NoMind » Tue Oct 04, 2005 10:27 pm

Sunan Abu Dawud Book 38, Number 4396
Narrated Jabir ibn Abdullah:

A thief was brought to the Prophet (peace_be_upon_him).
He said: Kill him. The people said: He has committed theft, Apostle of Allah! Then he said: Cut off his hand. So his (right) hand was cut off. He was brought a second time and he said: Kill him. The people said: He has committed theft, Apostle of Allah! Then he said: Cut off his foot. So his (left) foot was cut off. He was brought a third time and he said: Kill him. The people said: He has committed theft, Apostle of Allah! So he said: Cut off his hand. (So his (left) hand was cut off.) He was brought a fourth time and he said: Kill him. The people said: He has committed theft, Apostle of Allah! So he said: Cut off his foot. So his (right) foot was cut off. He was brought a fifth time and he said: Kill him. So we took him away and killed him. We then dragged him and cast him into a well and threw stones over him.



Bayangkan seorang lelaki kepala rumah tangga yang adalah pengrajin anyaman tikar merangkap tukang becak dengan 5 orang anak terpaksa mencuri karena sudah tidak mungkin mendapatkan nafkah lagi karena becaknya di buang ke laut dan industri kerajinan tangan terkena dampak bom Bali.

Hudud, sebagai bagian dari penerapan Syariah Islam yang "sempurna" dan menurut contoh (sunnah) Muhammad di atas maka orang itu terpaksa dipotong tangan kanannya. Alhasil lelaki malang itu tidak mungkin lagi kembali bekerja sebagai pengrajin anyaman tikar karena tangan kanannya barusan dipotong walaupun dampak bomb Bali sudah mulai reda dan export mulai bangkit kembali.

Karena masih tidak bisa mencari nafkah sedangkan kebutuhan anak isteri semakin mendesak, maka si lelaki tsb terpaksa nekat mencuri lagi. Ketika tertangkap maka kaki kirinya yang menjadi sasaran berikutnya dari hukum Hudud yang maha adil dan manusiawi. Lelaki yang sudah kehilangan tangan kanan kini juga kehilangan kaki kiri padahal sekarang penguasa Islam setempat baru saja mengatakan bahwa becak boleh beroperasi lagi. Karena tinggal satu kaki maka lelaki itu agak kesulitan untuk kembali menarik becak. Juga tidak mungkin kembali mengayam tikar karena tinggal satu tangan.

Dengan memberanikan diri karena anak-anak mulai terserang muntaber, maka sang lelaki tsb terpaksa mencuri untuk yang ketiga kali, dan tertangkap juga. Sesuai Hadist di atas tangan kirinya sekarang yang dipotong. Karena sudah kehilagan kedua belah tangan dan satu kaki, kesempatan sang lelaki dengan 5 anak yang terkena muntaber berat untuk mendapatkan nafkah secara wajar menjadi semakin susah. Keahliannya sebagai pengayam tikar sudah tidak mungkin dijalani lagi karena mau mengayam dengan apa. Menarik becak pun sudah tidak mungkin lagi dengan satu kaki dan tanpa tangan. Gimana beloknya? Terpaksa si lelaki kembali mencuri untuk yang keempat kalinya karena dua anaknya sudah meninggal karena muntaber dan isterinya sekarang terserang demam berdarah.

Tidak ada jalan lain kecuali mencuri lagi dan sekali inipun tertangkap basah. Sang lelaki malang itu pun diserat kehadapan pengadilan syariah yang menjalankan Hukum Allah (Hudud) dengan lurus dan sempurna. Tidak ada yang bisa menolong lelaki itu karena ini adalah Hukum Allah dan kaki kanannya pun melayang. Sekarang dengan tidak punya lagi tangan dan kaki, dan masih mempunyai tiga anak dan seorang isteri yang sakit parah, bagaimana lelaki itu bisa membiayai. Meminta-minta pun sudah tidak mungkin lagi karena tidak punya tangan, mau meminta-minta dengan apa?

Salah satu anaknya kembali meninggal karena tidak diobati dan isterinya pun meninggalkan mereka. Tinggallah seorang lelaki catat (baca dicacatkan oleh Hukum Islam yang manusiawi) dengan dua anak yang masih kecil dan belum begitu sehat. Untuk bisa melalui hari-hari yang maha sulit, mereka terpaska harus puasa penuh walaupun bukan saatnya bulan Ramadhan. Tetapi karena anak-anaknya sudah terlalu lapar dan lemas, lelaki itu dengan sisa tenaga dan keberaniannya yang didorong oleh rasa tanggung jawab seorang ayah, terpaksa mencuri lagi. Karena sudah tidak punya tangan dan kaki, kali ini ia mencuri makanan dengan mulutnya.

Tetapi dalam pencurian kelima inipun ia tertangkap basah karena memang agak sulit mencuri tanpa tangan dan kaki. Nggak bisa kabur. Sesuai dengan hukum Hudud, lelaki itu akhirnya dibunuh karena sudah tidak ada lagi yang bisa dipotong kecuali lehernya. Anak-anaknya yang sudah lemas pun akirnya menemui ajal yang kedatangannya dipercepat karena Hudud.

Demikianlah, sebagai bagian dari penerapan hukum Syariah Islam yang maha adil, sempurna, dan manusiawi, melalui hukum Hudud potong tangan potong kaki, seorang yang terpaksa mencuri harus kehilanggan nyawanya. Bukan hanya dia yang kehilanggan nyawa, tetapi ada 6 lagi nyawa yang ikut melayang karena HUDUD. :evil: :evil:


Video pelaksanaan Hukum Islam Hudud yang sangat "manusiawi" dan "sempurna" bisa di download di sini:

http://strangeland.com/html/movies/deathfl...athflix0003.htm


Foto-foto potong tangan potong kaki yang sangat manusiawi:

http://www.rawa.org/handcut2.htm
http://www.rawa.org/handcut3.htm



Image

Image

Image

Image


Shahih Bukhari, Vol 8, Book 82. Hadith 801.

Narrated By Abu Huraira:
The Prophet said, "The one who commits an illegal sexual intercourse is not a believer at the time of committing illegal sexual intercourse and a thief is not a believer at the time of committing theftand a drinker of alcoholic drink is not a believer at the time of drinking. Yet, (the gate of) repentance is open thereafter."



Shahih Bukhari, Vol 8, Book 81. Hadith 763.

Narrated By Abu Huraira:
Allah's Apostle said, "When an adulterer commits illegal sexual intercourse, then he is not a believer at the time he is doing it; and when somebody drinks an alcoholic drink, then he is not believer at the time of drinking, and when a thief steals, he is not a believer at the time when he is stealing; and when a robber robs and the people look at him, then he is not a believer at the time of doing it." Abu Huraira in another narration, narrated the same from the Prophet with the exclusion of robbery.



Bisa kita lihat dari kedua hadist tsb diatas, seorang Muslim yang mencuri menjadi kafir hanya pada saat ia mencuri. Setelah itu ia kembali menjadi seorang Muslim. Dan pengampunan terbuka setelah ia mencuri.

Saya percaya pada pengampunan dosa. Memang mereka yang berbuat harus menanggung hukuman. Mereka perlu diberi kesempatan untuk bertobat dan diampuni dari perbuatannya yang keliru secara total dan menyeluruh tanpa membuat cacat fisik ataupun mental. Karena setiap orang pasti tidak ada yang luput dari kesalahan.



Malik Muwatta. Book 41. The Mudabbar. Hadith 028.

Yahya related to me from Malik from Ibn Shihab from Safwan ibn Abdullah ibn Safwan that it was said to Safwan ibn Umayya, "Whoever does not do hijra is ruined." So Safwan ibn Umayya went to Madina and slept in the mosque with his cloak as a pillow. A thief came and took his cloak and Safwan grabbed hold of the thief and brought him to the Messenger of Allah, may Allah bless him and grant him peace. The Messenger of Allah, may Allah bless him and grant him peace, said to him, "Did you steal this cloak?" He said, "Yes." So the Messenger of Allah, may Allah bless him and grant him peace, ordered that his hand be cut off. Safwan said to him, "I did not intend this. It is his as sadaqa." The Messenger of Allah, may Allah bless him and grant him peace, said, "Why didn't you do it before bringing him to me?"



Bijaksanakah Muhammad yang menyebabkan kecacatan seseorang yang mencuri sebuah mantel padahal yang orang dicuri sebenarnya rela memberikan kepadan pencuri tsb sebagai sedakah? Dan perhatikan jawaban Muhammad. Sementara orang malang tsb. sudah terlanjur kehilangan tangannya.


Sahih Bukahri, Volume 8, Book 81, Number 780:
Narrated 'Aisha:
The Prophet said, "The hand should be cut off for stealing something that is worth a quarter of a Dinar or more."


Sahih Bukahri, Volume 8, Book 81, Number 781:
Narrated 'Aisha:
The Prophet said, "The hand of a thief should be cut off for stealing a quarter of a Dinar."


Sahih Bukahri, Volume 8, Book 81, Number 782:
Narrated 'Aisha:
The Prophet said, "The hand should be cut off for stealing a quarter of a Dinar."


Sahih Bukahri, Volume 8, Book 81, Number 785:
Narrated 'Aisha:
A thief's hand was not cut off for stealing something cheaper than a Hajafa or a Turs (two kinds of shields), each of which was worth a (respectable) price.


Sahih Bukahri, Volume 8, Book 81, Number 786:
Narrated 'Aisha:
A thief's hand was not cut off for stealing something worth less than the price of a shield, whether a Turs or Hajafa (two kinds of shields), each of which was worth a (respectable) price.


Sahih Bukahri, Volume 8, Book 81, Number 787:
Narrated Ibn 'Umar:
Allah's Apostle cut off the hand of a thief for stealing a shield that was worth three Dirhams.


Sahih Bukahri, Volume 8, Book 81, Number 788:
Narrated Ibn 'Umar:
The Prophet cut off the hand of a thief for stealing a shield that was worth three Dirhams.


Sahih Bukahri, Volume 8, Book 81, Number 789:
Narrated 'Abdullah bin 'Umar:
The Prophet cut off the hand of a thief for stealing a shield that was worth three Dirhams.


Sahih Bukahri, Volume 8, Book 81, Number 790:
Narrated 'Abdullah bin 'Umar:
The Prophet cutoff the hand of a thief for stealing a shield that was worth three Dirhams.


Sahih Bukahri, Volume 8, Book 81, Number 791:
Narrated Abu Huraira:
Allah 's Apostle said, "Allah curses the thief who steals an egg (or a helmet) for which his hand is to be cut off, or steals a rope, for which his hand is to be cut off."



With Best Regards,
NoMind
User avatar
NoMind
 
Posts: 451
Joined: Tue Sep 13, 2005 11:25 pm

Siksaan dan Pemotongan Tubuh Memang Tradisi Islam

Postby bono » Wed May 17, 2006 7:23 am

http://www.annaqed.com/english/is/tortu ... s_an_islam ic_tradition.html
SIKSAAN DAN PEMOTONGAN TUBUH MEMANG MERUPAKAN TRADISI ISLAM
WWW.ANNAQED.COM

MUHAMMAD DAN MUSLIM DARI URAYNAH
Oleh SILAS

PADA TAHUN 628 S.M. 8 ORANG DARI SUKU URAYNAH DATANG KE MEDINAH. MEREKA MENJADI MUSLIM, SAAT MEREKA SAKIT, MUHAMMAD MEMBERI OBAT KEPADA MEREKA: MUHAMMAD MENGATAKAN BAHWA MEREKA HARUS MEMINUM SUSU UNTA DAN KENCING UNTA, SETELAH ORANG2 TERSEBUT SEMBUH, MEREKA MEMBUNUH PARA GEMBALA UNTA TERSEBUT SECARA BRUTAL DAN MENCOBA UNTUK MELARIKAN DIRI. MUHAMMAD MENGIRIM ORANG BERSENJATA SEJUMLAH 20 ORANG UNTUK MENGEJAR MEREKA, MEREKA TERTANGKAP DAN DIBAWA KE MEDINAH. DISANA, MUHAMMAD MEMUTUSKAN HUKUMAN MEREKA: MATA MEREKA DICAP DENGAN BESI PANAS, KEMUDIAN DICUNGKIL, TANGAN DAN KAKI MEREKA DIPOTONG, KEMUDIAN, KETIKA MEREKA MASIH BERNYAWA, MEREKA DILEMPA KE PADANGPASIR SAMPAI MATI.


PENDAHULUAN

SAAT ITU, MUHAMMAD MENJADI KEKUATAN TERATAS DI MEDINAH, ORANG2 DARI BERBAGAI DAERAH SERING DATANG KE MEDINAH UNTUK BERBAGAI ALASAN. BEBERAPA DARI MEREKA MAU MENJADI ISLAM DAN BERGABUNG DENGAN MUHAMMAD. SALAH SATU KEJADIAN ANEH YANG MENARIK PERHATIAN ADALAH RESEP KENCING UNTA SEBAGAI OBAT DAN PEMBERIAN HUKUMAN PADA ORANG2 YANG DARI URAYNAH KE MEDINAH.
ORANG2 INI TIDAK SESUAI KONDISI TUBUHNYA DENGAN IKLIM MEDINAH, DAN MEREKA MENJADI SAKIT. MUHAMMAD MENYURUH MEREKA MEMINUM SUSU DAN KENCING UNTA. SETELAH ITU, KETIKA MERASA BAIKAN, MEREKA MEMUTUSKAN UNTUK MENCURI UNTA2 TERSEBUT. UNTUK MELAKUKAN INI MEREKA MEMBUNUH PARA GEMBALA UNTA SECARA BRUTAL.
SEBAGAI PEMIMPIN MUSLIM DI MEDINAH, MUHAMMAD MERASA DIA PERLU MENGAMBIL TINDAKAN TERHADAP ORANG2 URAYNAH TERSEBUT. DIA MENGIRIM ORANG2 UNTUK MENANGKAP PARA URAYNAH TERSEBUT DAN MEMBAWANYA KE MEDINAH. MEREKA HARUS MEMBAYAR UNTUK KEJAHATAN MEREKA. DISANA MUHAMMAD MEMUTUSKAN HUKUMAN YANG KEJAM TERHADAP MEREKA.


PRESENTASI SUMBER ISLAM

SAYA MENEMUKAN 4 SUMBER ISLAM YANG BERBEDA UNTUK KEJADIAN INI=
DARI SEJARAH TABARI, VOLUME 8, HALAMAN 97,98 (1)

“MENGARAH PADA MUHAMMAD B. UMAR (AL-WAQIDI): “PADA TAHUN INI SEKELOMPOK PENYERANG YANG DIPIMPIN KURZ B. JABIR AL-FIHRI MELAWAN ANGGOTA BANU URAYNAH YANG MEMBUNUH GEMBALA SANG NABI DAN MENCURI UNTA PADA TAHUN 6 SHAWAL. SANG NABI MENGIRIM KURZ DAN 20 ORANG BERKUDA.

DARI HADITS SAHIH BUKHARI (2)

DARI VOLUME 1, #234
1.234: DINARASIKAN OLEH ABU QILABA:

ANAS BERKATA “BEBERAPA ORANG DARI SUKU UKL ATAU URAINA DATANG KE MEDINAH DAN IKLIM DISANA TIDAK COCOK UNTUK MEREKA JADI SANG NABI MENYURUH MEREKA UNTUK PERGI KE GEMBALA UNTA DAN MEMINUM SUSU DAN KENCING (SEBAGAI OBAT). JADI MEREKA PERGI KE ARAH YANG DITUNJUKKAN DAN SETELAH MEREKA SEMBUH, MEREKA MEMBUNUH GEMBALA SANG NABI DAN MEMBAWA LARI UNTANYA. BERITA ITU SAMPAI KE SANG NABI PADA PAGI HARI DAN DIA MENGIRIM (ORANG) DALAM PENGEJARAN DAN MEREKA TERTANGKAP DAN DIBAWA SAAT SORE. KEMUDIAN SANG NABI MENYURUH ORANG MEMENGGAL KAKI DAN TANGAN MEREKA (DAN TERLAKSANA), DAN KEMUDIAN MATA MEREKA DICAP DENGAN BESI PANAS DAN MEREKA DI TARUH DI “AL-HARRA” DAN SAAT MEREKA MEMINTA AIR, TIDAK ADA AIR YANG DIBERIKAN. ABU QILABA BERKATA, “ORANG2 ITU MENCURI DAN MEMBUNUH, MENJADI ORANG TAK BERIMAN SETELAH MEMELUK ISLAM DAN MELAWAN allah DAN NABInya.”
BEBERAPA REFERENSI LAINNYA TIDAK SAYA TULIS KARENA ISINYA SAMA SAJA.
UNTA2 ITU BERJUMLAH 15 DIMANA MEREKA MEMILIKI BANYAK SUSU, MEREKA MEMBAWANYA KEMBALI KE MEDINAH. SANG NABI MENDAPATI BAHWA SATU UNTANYA YANG BERNAMA AL-HINNA HILANG, DIA BERKATA BAHWA MEREKA (ORANG2 URAYNAH) TELAH MEMBUNUHNYA.


DISKUSI

2 HAL ANEH DALAM KEJADIAN INI=

1. MUHAMMAD, YANG MENUNJUK DIRINYA SENDIRI SEBAGAI NABI TUHAN MENGATAKAN MUSLIM DAPAT MEMINUM KENCING UNTA SEBAGAI OBAT
2. MUHAMMAD MENYIKSA PARA KRIMINAL (URAYNAH) DENGAN SANGAT BRUTAL SEBELUM MEREKA MATI PERLAHAN DI PANASNYA PADANG GURUN.
PADA POIN PERTAMA, SAYA SUDAH BERBINCANG DENGAN BEBERAPA PAKAR KESEHATAN DAN MEREKA MENGATAKAN BAHWA AIR KENCING ADALAH PRODUK PEMBUANGAN ZAT SISA DAN BUKAN MERUPAKAN OBAT.
PADA POIN KEDUA, SAYA INGIN MENGATAKAN BAHWA INI MERUPAKAN SALAH SATU SIFAT BRUTAL MUHAMMAD YANG TIDAK NORMAL, MARI KITA LIHAT APA YANG MUHAMMAD LAKUKAN PADA ORANG2 URAYNAH TERSEBUT=
1. TANGAN DAN KAKI MEREKA DIPOTONG
2. MATA MEREKA DICAP DENGAN BESI PANAS DAN DICUNGKIL
3. MEREKA DIBUANG KE PADANG GURUN HARRA YANG PANAS. MEREKA MULAI MENDERITA EFEK DEHIDRASI, MEREKA MEMOHON AIR TAPI TIDAK ADA SATU ORANGPUN YANG MEMBERIKANNYA, DALAM KESAKITAN MEREKA, ORANG2 TERSEBUT MENGGIGIT BATU.
SECARA PRIBADI, SAYA TIDAK MEMILIK SIMPATI PADA ORANG KRIMINAL TAPI MELIHAT CARA MUHAMMAD MENYIKSA MEREKA, YANG MENGATAKN DIRI UTUSAN TUHAN, SAYA TIDAK MELIHAT TUHAN DISINI, YANG ADA HANYALAH KEKUATAN KEGELAPAN YANG MENDORONG MUHAMMAD MELAKUKAN INI.


PERTANYAAN

1. APA YANG TERJADI DENGAN “KENABIAN” SANG NABI? SETELAH SEMUANYA ITU, DIA MALAH BERHUBUNGAN DENGAN allah. APAKAH allah INGIN MUSLIM PERCAYA BAHWA KENCING UNTA ADALAH OBAT? HARI2 INI MUSLIM MENGIKUTI GAYA HIDUP MEREKA. APA MEREKA JUGA PERCAYA BAHWA KENCING UNTA ADALAH OBAT? APAKAH ADA TOKO OBAAT ISLAM YANG MENYEDIAKAN KENCING UNTA?
2. APAKAH MUNGKIN MUHAMMAD MENYIKSA KRIMINAL SEPERTI CARANYA? APA KATA MUSLIM HARI INI BILA ORANG ISRAEL MENYIKSA TERORIS ISLAM DENGAN CARA YANG SAMA? APA KATA MUSLIM JIKA ORANG SERBIA MENYIKSA MUSLIM BOSNIA DENGAN CARA YANG SAMA? APA KATA DUNIA? APA KATA HATIMU?
3. JIKA MUSLIM MENGUTUK TINDAKAN SERBIA KE BOSNIA, LALU APAKAH MEREKA TIDAK JUGA MENGUTUK CARA MUHAMMAD? JIKA MUSLIM MEMBENARKAN TINDAKAN MUHAMMAD KEPADA MUSUHNYA, MAKA MEREKA TIDAK PUNYA HAK MENGELUH TENTANG BAGAIMANA MUSLIM MENDERITA KARENA MUSUH2NYA
4. JIKA MUHAMMAD DIIJINKAN TUHAN MELAKUKAN HAL TERSEBUT TERHADAP KRIMINAL, DAN MUSLIM DISURUH MENGIKUTI GAYA HIDUP MUHAMMAD, LALU BAGAIMANA DENGAN KUMPULAN ISLAM YANG SEBENARNYA?


KESIMPULAN

MUHAMMAD BUKANLAH NABI TUHAN. DIA ADALAH ORANG YANG GEMAR MELAKUKAN KEINGINANNYA SENDIRI. KETIKA DIA DIKUASAI AMARAH DIA AKAN MEMBALAS DENGAN BRUTAL TERHADAP SIAPA SAJA YANG MENGHALANGINYA. PERSEPSINYA TENTANG KENCING UNTA MERUPAKAN PANDUAN DARI ADAT SEKITARNYA. CARA DIA MEMPERLAKUKAN KRIMINAL MENUNJUKKAN DIRINYA DIKENDALIKAN OLEH MOTIF KEBENCIAN DAN KEGELAPAN.
MENGARAH PADA MEREKA YANG TIDAK DAPAT MASUK SURGA, YESUS BERKATA:” TETAPI ANJING-ANJING DAN TUKANG-TUKANG SIHIR, ORANG-ORANG SUNDAL, ORANG-ORANG PEMBUNUH, PENYEMBAH2 BERHALA DAN SETIAP ORANG YANG MENCINTAI DUSTA DAN YANG MELAKUKANNYA, TINGGAL DI LUAR.” WAHYU 22:15

YESUS MENYEMBUHKAN ORANG SAKIT, DIA TIDAK MEMBERIKAN TAKHAYUL OBAT2AN. YESUS MENUNJUKKAN KEADILAN TUHAN. TAPI DIA (YESUS) TIDAK MENGAJARKAN PENYIKSAAN TERHADAP MANUSIA.

___________________
REFERENCES

(1) "The History of Tabari", volume 8 - "The Victory of Islam", published by SUNY, translated by Michael Fishbein.

(2) "Sahih Al-Bukhari", (Traditions of Bukhari), translated by Dr. Muhsin Khan, published by Kitab Bhavan, New Delhi

(3) "The Life of Muhammad", a translation of Ibn Ishaq's "Sirat Rasul Allah" (The Life of the Prophet of God) by A. Guillaume. This book is the best biography of Muhammad available. Note that Guillaume added in other references from Tabari, and other early Islamic writings.

(4) "Kitab al-Tabaqat al-Kabir", (Book of the Major Classes), by Ibn Sa'd. Translated by Moinul Haq, published by the Pakistan Historical Society

(5) The World Book Encyclopedia, under "Urea".

(6) The World Book Encyclopedia, under "Spleen".

This article was republished on Annaqed
with the permission of Answering Islam.
Answering Islam
User avatar
bono
 
Posts: 2013
Joined: Thu Mar 16, 2006 3:30 pm
Location: Israel

Postby ali5196 » Mon Dec 03, 2007 5:12 pm

Video Potong TAngan & Kaki !
http://www.terrorismawareness.org/video ... -of-allah/

Click link atas dan click bagian Amputation von Gliedermassen - Strafe für Diebe
ali5196
 
Posts: 17309
Images: 135
Joined: Wed Sep 14, 2005 5:15 pm

Postby ali5196 » Mon Jan 21, 2013 12:09 am

Image
Sudan, 2010

QS 5:33
Sesungguhnya pembalasan terhadap orang-orang yang memerangi Allah dan Rasul-Nya dan membuat kerusakan di muka bumi, hanyalah mereka dibunuh atau disalib, atau dipotong tangan dan kaki mereka dengan bertimbal balik, atau dibuang dari negeri (tempat kediamannya). Yang demikian itu (sebagai) suatu penghinaan untuk mereka di dunia, dan di akhirat mereka beroleh siksaan yang besar...
ali5196
 
Posts: 17309
Images: 135
Joined: Wed Sep 14, 2005 5:15 pm

Postby ali5196 » Mon Jan 21, 2013 12:13 am

ali5196
 
Posts: 17309
Images: 135
Joined: Wed Sep 14, 2005 5:15 pm


Return to Resource Center: Hal2 PENTING ttg Islam (Sunni)



Who is online

Users browsing this forum: No registered users