.

KARTUN JIHAD atas SRIWIJAYA

KARTUN JIHAD atas SRIWIJAYA

Postby ali5196 » Thu Mar 01, 2012 4:01 am

Om ali lagi iseng mikirin design untuk komik yad. Anak2 silahkan beri masukan teks atau gambar atau ide lain. Gambarnya bukan ciptaan om ali. Om gak bisa gambar, jadi copas gambar orang lain. Jadi om sebenarnya melanggar copyright ... Makanya nikmatilah gambar2nya sebelum om ali cabut post ini. [-X [-X


Image
Last edited by ali5196 on Fri Mar 02, 2012 11:24 pm, edited 6 times in total.
ali5196
 
Posts: 17309
Images: 135
Joined: Wed Sep 14, 2005 5:15 pm

Postby ali5196 » Thu Mar 01, 2012 4:06 am

Para dewa mulai meneteskan air mata ...

Image
Last edited by ali5196 on Thu Mar 01, 2012 6:43 am, edited 1 time in total.
ali5196
 
Posts: 17309
Images: 135
Joined: Wed Sep 14, 2005 5:15 pm

Re: Komik Jihad di Indonesia

Postby walet » Thu Mar 01, 2012 4:54 am

Ini yang ditunggu, komik2 mudah dipahami karena gambar = 1000 kata.
Gak perlu harus gambar sendiri, foto beneran yang dikasih teks pun tidak mengapa.
Bahkan gambarnya gambar orang beneran gak masalah.

Tujuan komik adalah bikin cerita yang mudah dimengerti.

Gambarnya bagus cuma teksnya kok gak item, padahal teks paling penting.
Teks terlalu banyak kaya gitu bikin orang males.

Cukup 1 atau 2 kalimat.
Kalau lebih pakai gambar lagi.
walet
 
Posts: 5973
Images: 16
Joined: Wed Feb 11, 2009 4:52 am

Postby ali5196 » Thu Mar 01, 2012 5:51 am

walet wrote:Gambarnya bagus cuma teksnya kok gak item, padahal teks paling penting.
Teks terlalu banyak kaya gitu bikin orang males.

Cukup 1 atau 2 kalimat.
Kalau lebih pakai gambar lagi.


Aduuuuhhh ... masa sejarah panjang mau dibikin dalam 1 atau dua kalimat? Ane gak bisa masukin teks di gambar lain karena jumlah gambar yang ane punya terbatas. INi khan cuma sbg rancangan buat produsen komik yg akan bikin komik serius ttg jihad di indo nanti. \:D/
ali5196
 
Posts: 17309
Images: 135
Joined: Wed Sep 14, 2005 5:15 pm

Postby ali5196 » Thu Mar 01, 2012 5:59 am

Image
ali5196
 
Posts: 17309
Images: 135
Joined: Wed Sep 14, 2005 5:15 pm

Postby ali5196 » Thu Mar 01, 2012 6:16 am

Seorang raja dikepung macan dari segala arah yang siap menyergapnya

Image


Image
Last edited by ali5196 on Fri Mar 02, 2012 6:59 am, edited 1 time in total.
ali5196
 
Posts: 17309
Images: 135
Joined: Wed Sep 14, 2005 5:15 pm

Postby ali5196 » Thu Mar 01, 2012 6:42 am

Image

Image
Karena semakin kuatnya Majapahit, Parameswara terpaksa memindahkan ibukotanya dari Palembang ke pulau yang lebih aman. Pertama ke Pulau Temasek (Singapura kini)
dan kedua, ke Malaka yang kemudian dijadikannya ibukota barunya pada tahun 1402. Akhirnya kerajaan HINDU Sriwijaya ditransformasikan menjadi KESULTANAN MALAKA. Malaka adalah wilayah Melayu pertama yang jatuh ditangan Muslim.

Di tahun 1414, Parameswara masuk Islam, menikahi puteri dari Pasai dan menjabat gelar Sultan Iskandarsyah. Permaisuri barunya yang setengah Arab ini telah menggelindingkan bola Islamisasi secara bertahap. Pada tahap ini keraton dan negeara belum sepenuhnya memeluk Islam. Masyarakat Hindu-Budha yang toleran BELUM Sadar akan upaya Muslim untuk melenyapkan mereka untuk selama-lamanya dari tanah nenek moyang mereka selama ribuan tahun.
Last edited by ali5196 on Fri Mar 02, 2012 7:10 am, edited 4 times in total.
ali5196
 
Posts: 17309
Images: 135
Joined: Wed Sep 14, 2005 5:15 pm

Postby ali5196 » Thu Mar 01, 2012 7:02 am

kapling ...
Last edited by ali5196 on Fri Mar 02, 2012 4:58 am, edited 8 times in total.
ali5196
 
Posts: 17309
Images: 135
Joined: Wed Sep 14, 2005 5:15 pm

Postby ali5196 » Thu Mar 01, 2012 7:13 am

Image

Parameswara I atau Iskandarsyah wafat pada usia 70 di tahun 1414 dan digantikan Iskandarsyah II, yang berkuasa dari tahun 1414 -1424. Ada yang mengatakan ia dikubur diatas bukit di Tanjung Tuan (dikenal sbg Cape Rachado), dekat Dickson di Singapura. Kuburan simbolisnya ada juga didekat Fort Canning. Ada juga pendapat yang mengatakan ia masih (kembali ke agama semula) Hindu, dan dikremasi sesuai dengan adat Hindu dan itulah alasan mengapa tempat kuburannya tidak jelas, karena memang tidak ada.

Image
Parameswara, menyesal masuk Islamkah? Ia baru sadar akan bahaya Islamisasi setelah terlambat!


Image Image


Image
Last edited by ali5196 on Fri Mar 02, 2012 8:50 pm, edited 11 times in total.
ali5196
 
Posts: 17309
Images: 135
Joined: Wed Sep 14, 2005 5:15 pm

Postby ali5196 » Thu Mar 01, 2012 7:28 am

PARAMESWARA KEMUDIAN diganti oleh puteranya, Megat Iskandar Shah, yang menguasai Malaka sampai 1424. Ia kemudian digantikan oleh Raden Tengah atau yang kemudian mengganti namanya menjadi Sultan Muhammad Shah karena menurut hikayat, nama ini diberi Muhammad saw sendiri yang datang padanya dalam sebuah mimpi. [-(


MIMPI Raden Tengah (Iskandarsyah III)Image

:rofl: :rolling:


KEDATANGAN Sayyid 'Abd al-'Aziz di Samudera Pasai

Image

Saat jam menunjuk solat asar, sebuah perahu datang dari Jehad dan mendarat. Dari perahu ini seorang lelaki dari Mekah turun, Namanya Sayyid 'Abd al-'Aziz dan bersolat dipelabuhan. Orang2 berkerumun melihatnya. Berita kedatangannya sampai ke istana dan raja bergagas pergi menemuinya. Menundang gajahnya, raja melihat cara solat orang Mekah ini dan mengatakan, "Ini persis yang saya saksikan dalam mimpi saya!" Ketika Sayyid 'Abd al-'Aziz menyelesaikan solatnya, raja membuat gajahnya berlutut dan Sayyid menaiki gajah tsb dan beranjak ke istana. Perdana menteri dan menteri-menterinya akhinrya memeluk Islam. Sang raja menerima perintah agama dari Sayyid 'Abd al-'Aziz dan mengambil nama Sultan Muhammad Shah. (dari 'Sejarah Melayu')
Last edited by ali5196 on Fri Mar 02, 2012 8:54 pm, edited 3 times in total.
ali5196
 
Posts: 17309
Images: 135
Joined: Wed Sep 14, 2005 5:15 pm

Postby ali5196 » Thu Mar 01, 2012 7:37 am

BARU setelah munculnya generasi Iskandarsyah keempat KETEGANGAN MENINGKAT antara kaum HINDU ASLI dgn pendatang MUSLIM dari TAMIL yang jumlahnya semakin membengkak. Raja juga ternyata TIDAK MEMELUK AGAMA BARU, ISLAM, dan masih menyandang julukan Hindu, Sri PARAMESWARA DEWA SHAH. Ia hanya sempat berkuasa selama 17 bulan, karena ia ditikam mati oleh kakak tirinya (dari ibu Tamil Muslim) yg bernama Raja Kasim. Ia mengambil alih kekuasaan dengan nama Sultan Mudzafar Shah dan baru pada masanya inilah, Hinduisme dipinggirkan selamanya dari tanah Malaka.


Image


Dengan begitu, segala bentuk adat agama Hindu dihapus untuk selama-lamanya dari tanah Malaka. Tiada lagi upacara, doa dan sesajen bagi para dewa. Segala bentuk patung, arca, prasasti, tarian, gamelan kini dinyatakan sbg adat berhala dan sangat dibenci tuhan agama baru itu. Pelestarian pura dan candi bukan lagi tugas raja dan tiada lagi pembangunan tempat pemujaan baru bagi para dewa. Bahasa Sansekritpun mulai ditimbali dengan kosa kata Arab. Karena agama baru raja ini bermaksud mengubah jiwa dan budaya pengikutnya yang kini harus berkiblat pada sebuah kota jauh di jazirah Arab bernama Mekah dan bukan lagi kepada gunung-gunung di nusantara tempat bernaung para dewa. Adat pemujaan baru kini semuanya diimpor dari Arab dan mengganti segala aspek sospolbud Samudera Pasai.

Perubahan ini tidak selalu diterima dengan baik oleh semua warga yang sudah bentrok dengan pendatang Muslim Tamil.

Image


Image


Image


Image


Image


Image

Image

Image
SELAMAT TINGGAL MALAKA ...
Last edited by ali5196 on Sat Mar 03, 2012 1:54 pm, edited 12 times in total.
ali5196
 
Posts: 17309
Images: 135
Joined: Wed Sep 14, 2005 5:15 pm

Re: Komik Jihad di Indonesia

Postby Adadeh » Thu Mar 01, 2012 7:44 am

Hidup Bang Ali!!! :prayer:
User avatar
Adadeh
 
Posts: 8461
Images: 414
Joined: Thu Oct 13, 2005 1:59 am

Postby ali5196 » Thu Mar 01, 2012 8:06 am

kapling :finga:
Last edited by ali5196 on Fri Mar 02, 2012 5:59 am, edited 1 time in total.
ali5196
 
Posts: 17309
Images: 135
Joined: Wed Sep 14, 2005 5:15 pm

Postby ali5196 » Thu Mar 01, 2012 8:19 am

Adadeh wrote:Hidup Bang Ali!!! :prayer:

Ah Om Adadeh bisa aja! Khan ane cuma pingin jadi Adadeh wannabe, tapi gak kesampaian! :lol: :lol:
Last edited by ali5196 on Fri Mar 02, 2012 5:58 am, edited 1 time in total.
ali5196
 
Posts: 17309
Images: 135
Joined: Wed Sep 14, 2005 5:15 pm

Re: Komik Jihad di Indonesia

Postby MaNuSiA_bLeGuG » Thu Mar 01, 2012 11:52 am

bang ali, ada software yg memudahkan utntuk membuat komik, namanya manga studio en ini sedikit beberapa alternatif sumber download yg gratis

software ini sangat2 membantu bwt komikus2 yg ga pandai gambar, krn tersedia berbacagi macam efek suasana,balon teks,paneling, dll. gambar kasar yg jelek juga kalo dengan efek yg tepat akan menjadi sebuah masterpiece, ga ada salahnya dicoba bang... :green:
User avatar
MaNuSiA_bLeGuG
 
Posts: 4425
Images: 13
Joined: Wed Mar 05, 2008 2:08 am
Location: Enies Lobby

Re: Komik Jihad di Indonesia

Postby ali5196 » Fri Mar 02, 2012 2:22 am

Trims MB .. entar om liatin ...


GIMANA SIH?? SELAGI MAU UPLOAD GAMBAR SELANJUTNYA, GALLERY FFI bilang:

While uploading „HWScan00106 (2).jpg“ the following error occurred:
» Your uploaded file is too large
You must enter your path and filename


Textnya udah dikurangin ... masih gak mau juga ... ternyata gambarnya 368 kb. Gmn yah ngecilinnya?? ](*,) ](*,) ](*,)
ali5196
 
Posts: 17309
Images: 135
Joined: Wed Sep 14, 2005 5:15 pm

Re: Komik Jihad di Indonesia

Postby walet » Fri Mar 02, 2012 3:26 am

Tips Buat Bang Ali:
Analisa:
1. Gambar-gambar kebanyakan nilai kontrasnya kurang, klik contrast dan tambahin bisa juga pakai photoshop bagian Curve.
2. Saturasi Warna kurang, klik Saturation dan geser kekanan, jangan kebanyakan, jadi gak alami.
3. Ketajaman kurang, klik sharpness atau unsharp mask.

Maksudku bukan kata2nya dikurangi tp dibagi kedalam 2 gambar.
walet
 
Posts: 5973
Images: 16
Joined: Wed Feb 11, 2009 4:52 am

Re: Komik Jihad di Indonesia

Postby walet » Fri Mar 02, 2012 3:43 am

Cara Mengedit dengan Software Gratis GIMP.

Sebelum:
Image

Sesudah:
Image

Diedit dengan GIMP.
1. Filters > Blur > Selective Gaussian Blur Untuk menghilangkan Bintik2 Akibat scanner
2. Colors > Curves: Membuat Gambar Kontras dan meningkatkan Saturasi
3. Filters > Enhance > Unsharp Mask: Mempertajam gambar.
walet
 
Posts: 5973
Images: 16
Joined: Wed Feb 11, 2009 4:52 am

Re: Komik Jihad di Indonesia

Postby walet » Fri Mar 02, 2012 4:01 am

Diedit Dengan Gimp.
1. Filters > Blur > Selective Gaussian Blur dengan level 4
2. Colors > Curves untuk menambah saturasi dan kotras dengan setelan seperti gambar dibawah ini:

Image
Perhatikan titik dikiri atau pertama harus mendekati permulaan kaki gunung dari plot untuk menambah kontras.

3. Filters > Enhance > Unsharp Mask untuk menajamkan dengan setingan: Radius 7.9, Amount 0.43 dan Threshold 10.

Semua sesuai selera, hasilnya:

Sebelum
Image

Sesudah:
Image
walet
 
Posts: 5973
Images: 16
Joined: Wed Feb 11, 2009 4:52 am

Postby ali5196 » Fri Mar 02, 2012 4:39 am

Masukan bagus. Krn gambarnya om curi, kyknya om mau bikin warna lain aja deh biar gak mirip ama aslinya. Atau om simpan usulmu itu utk proyek lain. Allah Bless U! Trims nak!!! :finga:
ali5196
 
Posts: 17309
Images: 135
Joined: Wed Sep 14, 2005 5:15 pm


Return to Resource Centre KARTUN/KOMIK/BUKU/VIDEO kontroversial



Who is online

Users browsing this forum: No registered users