.

Siapakah yang Membunuh Fatimah?

Siapakah yang Membunuh Fatimah?

Postby Adadeh » Fri Oct 12, 2012 2:15 am

Di literatur Islam Sunni tak banyak penjelasan tentang bagaimana Fatimah mati. Tapi di literatur Islam Syiah sih banyak keterangan tentang hal ini. Meskipun tidak jelas siapakah yang sebenarnya membunuh Fatimah dan bagaimana tepatnya dia mati, tapi keterangan bahwa Fatimah dibunuh sahabat² Nabi merupakan hal yang mengejutkan, setidaknya buat gw. Apalagi bukan hanya Fatimah saja yang mati, tapi juga janinnya. Masyaallah...

http://hakekat.com/content/view/42/1/

Siapa Yang Memukul Fatimah Hingga Janinnya Gugur?

Sering kita dengar tentang penderitaan yang menimpa keluarga Nabi, kisah-kisah yang membangkitkan emosi, tapi celakanya akal pun jadi tertutup dan tidak lagi berkesempatan untuk berpikir.

Qunfudz diutus oleh Abubakar dan mencambuk Fatimah
Fatimah menghalangi para penyerang hingga tidak bisa menyentuh Ali di pintu rumah, lalu Qunfudz mencambuknya dengan cambuk, sampai di sini, sementara dalam bagian lain disebutkan : Abubakar mengutus Qunfudz untuk mencambuk Fatimah, lalu berhasil memaksa Fatimah untuk berada di balik pintu, lalu Qunfudz mendorongnya hingga tulang rusuknya patah dan janin yang dikandungnya gugur.
Lihat Al Ihtijaj jilid 1 hal 212, Mir’atul Uqul jilid 5 hal 320.

Qunfudz mencengkeramnya di pintu rumah
Qunfudz berhasil membuat Fatimah terpepet di pintu dan berhasil didorong, lalu Qunfudh mematahkan tulang rusuk dan janin yang ada di perutnya seketika keluar, Fatimah terbaring di tempat tidur hingga wafat sebagai syahid.
Lihat Kitab Sulaim bin Qais, Tahqiq Muhammad Baqir Al Anshari. Jilid 3 hal 588

Qunfudz budak orang itu, memukul Fatimah dengan gagang pedang
Dari Abu Bashir, dari Abu Abdillah Alaihissalam dalam haditsnya : sebab wafatnya Fatimah adalah ketika Qunfudz budak orang itu memukulnya dengan gagang pedang atas perintahya, lalu menggugurkan janin Muhsin, dan membuat Fatimah sakit parah, dia melarang orang yang menyakitinya dari menjenguknya,
Lihat Dala’ilul Imamah, At Thabari, hal 45

Umar menendang pintu dan Fatimah jatuh tertimpa pintu, -tanpa patah tulang-
Fatimah mendorong pintu agar menghalangi mereka masuk, Umar menendang pintu hingga terlepas dan mengenai perut Fatimah hingga Muhsin gugur dari perut ibunya.
Multaqal Bahrain hal 81, Al Jannah Al Ashimah hal 251

Umar menggunakan pedang dan cambuk tanpa menyentuh pintu
Fatimah berteriak Wahai Ayahku, Wahai Rasulullah, lalu Umar mengangkat pedang yang masih di sarungnya dan memukul perut Fatimah, lalu Fatimah berteriak lagi, wahai ayahku, lalu Umar mencambuk tangan Fatimah, Fatimah memanggil Wahai Rasulullah, betapa buruk penggantim, Abubakar dan Umar, Ali melompat dan mencengkeram baju Umar dan membantingnya, dan memukul hidung serta lehernya. Ali berniat membunuh Umar tetapi dia teringat wasiat Rasulullah Shallallahu Alaihi wasallam.
Kitab Sulaim bin Qais , jilid 3 hal 538

Fatimah didorong di pintu, tanpa ditendang, tanpa pedang, cambuk atau paku
Al Mas’udi, seorang ahli sejarah mengatakan : Amirul Mu’minin Ali tinggal di rumahnya beserta beberapa pengikutnya, seperti yang dipesankan oleh Rasulullah, lalu mereka menuju rumah Ali dan menyerbunya, membakar pintu rumah dan memaksa orang yang di dalamnya untuk keluar, mereka mendorong Fatimah di pintu hingga janinnya gugur, mereka memaksa Ali untuk berbaiat dan Ali menolak, dan mengatakan : aku tidak mau, mereka mengatakan : kalau begitu kami akan membunuhmu, Ali mengatakan: jika kalian membunuhku maka aku adalah Hamba Allah dan saudara RasulNya. Lihat Itsbatul Washiyyah hal 123.

Yang memukul Fatimah adalah Mughirah bin Syu’bah
Imam Hasan berbicara pada Mughirah bin Syu’bah di majlis Muawiyah: kamu memukul fatmah binti Rasulullah hingga berdarah dan gugur janinnya, kamu melakukan itu untuk menghinakan Rasulullah, dan melanggar perintahnya, menghina kehormatannya, Rasulullah pernah bersabda padanya : engkau adalah penghulu wanita penghuni sorga, semoga Allah memasukkanmu ke dalam neraka. Lihat dalam Al Ihtijaj dan Biharul Anwar jilid 10.

Umar menyerbu rumah Ali bersama tiga ratus orang
Diriwayatkan mengenai penyebab wafatnya Fatimah : Umar bin Khattab menyerang rumah Ali dan Fatimah bersama tiga ratus orang. Lihat dalam kitab Al Awalim jilid 2 hal 58

Umar memukul Fatimah di jalan, bukan di rumah
Fatimah berhasil meminta surat dari Abubakar yang berisi pengembalian tanah Fadak pada Fatimah, ketika di jalan Fatimah bertemu Umar dan kemudian Umar bertanya: wahai putri Muhammad, surat apa yang ada di tanganmu? Fatimah menjawab: surat dari Abubakar tentang pengembalian tanah Fadak, Umar berkata lagi : bawa sini surat itu, Fatimah menolak menyerahkan surat itu, lalu Umar menendang Fatimah
Amali Mufid hal 38, juga kitab Al Ikhtishash

Yang mencengkram Fatimah hingga janinnya gugur adalah Khalid bin Walid
At Thuraihi mengatakan : ketika Khalid binWalid mencengkeramnya dan janin Muhsin pun gugur.
Lihat Ma’sat Az Zahra jilid 2 hal 143, Sayyid Ja’far Murtadha
Al Muntakhab, hal 136 karya At Thuraihi

Tidak jelas siapa yang memukul Fatimah
As Shaduq meriwayatkan bahwa Rasulullah shallallahu Alaihi wasallam bersabda : seakan saya melihat rumahnya dimasuki kehinaan, kehormatannya dilecehkan, diserobot haknya, dihalangi untuk menerima warisannya, tulang rusuknya dipatahkan, dan janinnya digugurkan.
Amali Shaduq hal 100

Fatimah dicambuk
Yang disesalkan adalah mereka memukul Fatimah Alaihassalam, telah diriwayatkan bahwa mereka memukulnya dengan cambuk
Talkhis Syafi jilid 3 hal 156

Punggungnya dicambuk dan dipukul dengan pedang
Lalu Miqdad berdiri dan mengatakan : putri Nabi telah meninggal dunia, sedang darah mengalir di punggung dan rusuknya karena kalian mencambuknya dan memukulnya dengan pedang, sedangkan di mata kalian aku lebih hina dibanding Ali dan Fatimah
Ahwal Saqifah/ Kamil Al Baha’I, Hasan bin Ali bin Muhamamd bin Ali bin Hasan At Thabari yang dikenal dengan nama Imadudin At Thabari, jilid 1 hal 312
User avatar
Adadeh
 
Posts: 8461
Images: 414
Joined: Thu Oct 13, 2005 1:59 am

Re: Siapakah yang Membunuh Fatimah?

Postby Adadeh » Fri Oct 12, 2012 2:28 am

Menurut buku Suni, dari Thabari, ternyata yang mengakibatkan si Fatimah mati karena didorong pake pintu adalah Umar, orang yang dijanjikan Muhammad bakal masuk surga. Xixixi....

History of al-Tabari, English version, v9, pp 188-189
They demanded confirmation of the oath, but Ali and al-Zubair stayed away. Al-Zubair drew his sword (from the scabbard), saying, "I will not put it back until the oath of allegiance is rendered to Ali." When this news reached Abu Bakr and Umar, the latter said, "Hit him with a
stone and seize the sword." It is stated that Umar rushed (to the door of the House of Fatimah) and brought them forcibly while telling them that they must give their oath of allegiance willingly or unwillingly.


terjemahan:
Mereka menuntut sumpah setia, tapi Ali dan al-Zubair tidak mau bersumpah setia. Al-Zubair menghunus pedangnya (dari sarungnya) dan berkata, "Aku tidak akan menyarungkan pedangku lagi sampai sumpah setia dinyatakan pada Ali." Ketika hal ini terdengar oleh Abu Bakr dan Umar, maka Umar berkata, "Hajar dia dengan batu dan rampas pedangnya." Dikabarkan bahwa Umar lalu dengan cepat masuk ke pintu rumah Fatimah dan memaksa dan mengatakan pada mereka bahwa mereka harus menyatakan sumpah setia.

Sejarawan Sunni melaporkan:
Ketika Umar masuk ke rumah Fatimah, dia berkata:
"Demi Allah, aku akan bakar rumah ini dengan kamu di dalamnya kecuali jika kamu keluar dan menyatakan sumpah setia pada Abu Bakr."


Sumber:
- History of Tabari (Arabic), v1, pp 11118-1120
- History of Ibn Athir, v2, p325
- al-Isti'ab, by Ibn Abd al-Barr, v3, p9975
- Tarikh al-Kulafa, by Ibn Qutaybah, v1,, p20
- al-Imamah wal-Siyasah, by Ibn Qutaybahh, v1, pp 19-20

Sharh Kushaiji page 407, chapter Mubais Imamate:
"Abu Bakr sent Umar when Ali had refused to give bayya to Abu Bakr. Umar went with fire and this caused Fatima distress as a result of which she suffered a miscarriage".
terjemahan:
Abu Bakr mengirim Umar ketika Ali tidak mau bersumpah setia pada Abu Bakr. Umar mendatangi Ali dengan membawa api dan hal ini menyebabkan Fatima tertekan sehingga dia mengalami keguguran.

Ahli Islam Sunni yakni Salahuddin Khalil al-Safadi dalam bukunya yang berjudul 'Waafi al-Wafiyyaat' :
"On the day of 'Bay'aat' (paying allegiance), Umar hit Fatimah (AS) on the stomach such that child in her womb died."
terjemahan:
"Di hari Bay'aat (menyatakan persekutuan), Umar memukul Fatimah AS di perutnya sehingga janin dalam perutnya mati."
User avatar
Adadeh
 
Posts: 8461
Images: 414
Joined: Thu Oct 13, 2005 1:59 am

Re: Siapakah yang Membunuh Fatimah?

Postby omega phoenix » Sun Oct 14, 2012 3:01 pm

kenapa tu UMAR jadi PAHLAWAN ya?? :-k

KETURUNAN NABI AGUNG DI BUNUHNYA LOH :(
User avatar
omega phoenix
 
Posts: 1689
Joined: Sun Aug 21, 2011 6:39 pm

Re: Siapakah yang Membunuh Fatimah?

Postby momed_xxx3 » Mon Oct 15, 2012 6:47 am

Dari bukti2 yg ada memang lbh bnyk menunjuk Umar sbg pelakunya... Makanya pantas aja kalo Umar mati jg dbunuh krna Umar sndiri emang d0yan membunuh...
User avatar
momed_xxx3
 
Posts: 608
Images: 2
Joined: Fri Aug 31, 2012 11:15 am
Location: di Surga bersama anak2 kecil perawan

Re: Siapakah yang Membunuh Fatimah?

Postby Aku-Suka-Hujan » Mon Oct 15, 2012 7:41 am

Jadi ingat....

Menurut sebagian besar muslim, jaman 4 kalifah sahabat adalah jaman kebesaran Islam... dan ke-4 kalifah adalah orang-orang besar yang patut dijadikan panutan.

Jadi Kebesaran Islam termasuk: memukul wanita hamil sampai keguguran???
User avatar
Aku-Suka-Hujan
 
Posts: 1028
Joined: Wed Feb 15, 2012 10:38 am
Location: Terra, Suatu Koloni di L5...

Re: Siapakah yang Membunuh Fatimah?

Postby Dohapeho » Mon Oct 15, 2012 9:46 am

Wahai sora2ku sebangsa setanah air kaum muslimin dan muslimat yang budiman, betapa buruknya kalifah2 yang agung itzu difitnah. Jangan diam saja sora2, berikan bantahan walau sepatah dua patah kata gitzu loh! :-&
User avatar
Dohapeho
 
Posts: 87
Joined: Sat May 12, 2012 5:08 pm


Return to Resource Centre: Kekerasan terhdp WANITA dlm Islam



Who is online

Users browsing this forum: No registered users

cron