. FFI | Document | Artikel | Forum | Wiki | Glossary | Prophet Muhammad Illustrated

Usia IDEAl untuk MENIKAH

Seluk beluk ttg hak/kewajiban wanita, pernikahan, waris, bentuk2 pelecehan hak2 wanita dlm Islam dll.

Usia IDEAl untuk MENIKAH

Postby M-SAW » Wed Oct 17, 2007 5:13 pm

http://www.almanhaj.or.id/content/429/slash/0

Selasa, 9 Maret 2004 22:04:40 WIB

USIA IDEAL MENIKAH


Oleh
Syaikh Abdul Aziz bin Baz

Pertanyaan.
Syaikh Abdul Aziz bin Baz ditanya : Berapa usia ideal untuk menikah bagi perempuan dan laki-laki, karena ada sebagian remaja putri yang menolak dinikahi oleh lelaki yang lebih tua darinya ? Dan demikian pula banyak laki-laki yang tidak mau menikahi perempuan yang lebih tua daripada mereka. Kami memohon jawabannya. Jazakumullahu khairan

Jawaban.
Saya berpesan kepada para remaja putri agar tidak menolak lelaki karena usianya yang lebih tua dari dia, seperti lebih tua 10,20 atau 30 tahun. Sebab hal itu bukan alasan. Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam sendiri menikahi Aisyah Radhiyallahu ‘anha, ketika beliau berusia 53 tahun, sedangkan Aisyah baru berusia 9 tahun. Jadi usia lebih tua itu tidak berbahaya, maka tidak apa-apa perempuannya yang lebih tua dan tidak apa-apa pula kalau laki-lakinya yang lebih tua.

Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam pun menikahi Khadijah Radhiyallahu ‘anha yang pada saat itu berumur 40 tahun, sedangkan Rasulullah masih berusia 25 tahun sebelum beliau menerima wahyu. Itu artinya Khadijah lebih tua 15 tahun dari Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam. Kemudian menikahi Aisyah Radhiyallahu ‘anha sedang umurnya baru enam tahun atau tujuh tahun dan beliau menggaulinya ketika dia berumur sembilan tahun sedang beliau lima puluh tiga tahun.

Banyak sekali mereka yang berbicara di radio-radio atau di televisi menakut-nakuti orang karena kesenjangan usia antara suami dan istri. Ini adalah keliru besar ! Mereka tidak boleh berbicara demikian ! Kewajiban setiap perempuan adalah melihat dan memperhatikan laki-laki yang akan menikahinya, lalu jika dia seorang yang shalih dan cocok, maka hendaknya ia menerima lamarannya, sekalipun lebih tua darinya.

Demikian pula bagi laki-laki, hendaknya lebih memperhatikan perempuan yang shalihah yang komit dalam beragama, sekalipun lebih tua darinya selagi perempuan itu masih dalam batas usia remaja dan produktif. Walhasil, bahwa masalah usia itu tidak boleh dijadikan sebagai penghalang dan tidak boleh dijadikan sebagai cela, selagi laki-laki atau perempuan itu adalah sosok lelaki shalih dan sosok perempuan shalihah. Semoga Allah memperbaiki kondisi kita semua.

[Fatawa Mar’ah, hal.54 oleh Syaikh Bin Baz]

[Disalin dari. Kitab Al-Fatawa Asy-Syar’iyyah Fi Al-Masa’il Al-Ashriyyah Min Fatawa Ulama Al-Balad Al-Haram, edisi Indonesia Fatwa-Fatwa Terkini, hal 442- Darul Haq]

:P
M-SAW
Kecanduan
Kecanduan
 
Posts: 5244
Joined: Wed Aug 23, 2006 3:59 pm
Location: :)

Postby M-SAW » Sun Oct 21, 2007 1:01 pm

pegimana nih muslim??
ada 2 info yg bisa di bahas :
1.SI MUFTI ARAB SAUDI itu yakin seyakin2nya kalau usia AISYAH itu = 6 tahun.
Dia menolak Karya MURAHAN muslim amrik yg berusaha MEMBANTAH kalau usia asyah <> 6 tahun.
2. Kalian setuju gak dgn usia idela menkiah ala ISLAMN ini?>
M-SAW
Kecanduan
Kecanduan
 
Posts: 5244
Joined: Wed Aug 23, 2006 3:59 pm
Location: :)

Postby nayagenggong » Thu Oct 25, 2007 4:11 pm

kalo dikenakan pasal 84 RUU APP bakalan masuk bui tuh penggagah anak2!
User avatar
nayagenggong
Lupa Diri
Lupa Diri
 
Posts: 1265
Joined: Thu Aug 30, 2007 9:58 am
Location: trowulan

Postby ndramus » Thu Oct 25, 2007 4:31 pm

gue banget tuh
selisih umur 7-10 thn :D:D
makin tua makin kental santannya ( pepatah jawa kuno )
User avatar
ndramus
Lupa Diri
Lupa Diri
 
Posts: 1587
Joined: Fri Nov 17, 2006 4:43 pm

Postby AkuAdalahAing » Thu Oct 25, 2007 6:16 pm

Udah dong jangan dibahas terus... kasian umat islam... mereka semakin bimbang akan ajaran muhammad saw.

Apakah benar kata muhammad saw bahwa anak perawan umur 9 taon itu lebih enak daripada janda umur 40 taon ???

SIAPA BISA BUKTIKAN ???!!!
User avatar
AkuAdalahAing
Kecanduan
Kecanduan
 
Posts: 6603
Joined: Sat Oct 28, 2006 5:20 pm

Postby Eneng Kusnadi » Thu Oct 25, 2007 6:39 pm

SAW, mendingan gini dech, coba kita balikan, gimana selisih usia sekarang si cowoq yang 9 tahun dan siceweq yang 53 tahun???

Kira kira sakinah gak yah keluarga ini??
Kira kira bakal punya keturunan gak yah??
Kira kira si bocah kecil laki-laki tadi sudah bisa ereksi gak yah???
Kira kira udah kering belon yah ceweq 53 tahun??
Wassalam
:lol: :lol: :lol: :lol: :lol: :lol: :lol:
User avatar
Eneng Kusnadi
Kecanduan
Kecanduan
 
Posts: 2997
Joined: Sat Dec 30, 2006 1:26 pm
Location: Peternakan Unta/Camelot

Postby M-SAW » Fri Oct 26, 2007 5:31 pm

neng!
psotingan anda jelas sekali MELANGGAR ajaran islam.

kapan NABI MUHAMMAD saat [b]usia 9 tahun DI NAIKAHIn ama NENEK2 53 thaun?

Nabi gak pernah melakukan hal LAKNAT tsb,

nabi CUMAN menikahin anak kecil yg SUDAH berumur 6 tahun,sedangkan nabi BARU berumur 53 thn.[/b]



anda jangan mengada2!! dan memutar balik!!

dasar kafir!!!

GAK ADA ITU!
GAK ADA ITU!

[jaim mode on at news.com]
M-SAW
Kecanduan
Kecanduan
 
Posts: 5244
Joined: Wed Aug 23, 2006 3:59 pm
Location: :)

Postby NoeMoetz » Mon Oct 29, 2007 10:07 am

Aisyah nikah umur berapa aja,
sesama Muslim masih belum "mencapai kata mufakat"...

Seolah-olah, sejarah yang telah lalu akan mengikuti hasil musyawarah tadi....
(dan saya sendiri yakin, ga bakal deh ditemuin kata mufakat soal usia menikah Aisyah sampai kiamat)....
NoeMoetz
Lupa Diri
Lupa Diri
 
Posts: 1509
Joined: Fri Dec 08, 2006 9:32 am
Location: Indonesia

Postby gaston31 » Mon Oct 29, 2007 1:29 pm

iye,Noe.
gmn klo bahas usia ideal mnurut pemerintah aj.
soalnya ngikutin umur aisyah saat nikah bkanlah suatu hal yg WAJIB!
User avatar
gaston31
Kecanduan
Kecanduan
 
Posts: 3729
Joined: Tue Nov 21, 2006 2:17 pm

Postby M-SAW » Mon Oct 29, 2007 2:05 pm

gaston31 wrote:iye,Noe.
gmn klo bahas usia ideal mnurut pemerintah aj.

aturan pemerintah mana bang?
pemenerintah ARAB SAUDI??
kalau dia arab saudi ya itu perintahnya bang..anak ce umur 6 tahun gak boleh NOLAK kalau dilamar ama pria 53 thaun. :)

gimana
bang?

soalnya ngikutin umur aisyah saat nikah bkanlah suatu hal yg WAJIB!


cuit.,.cuit...pinter banget NGALIHINNYA dgn embel2 gak wajib.

emang gak wajib bang
tapi mengikutin umur 6 tahun itu DI REKOMENDASIKAN
liatlah rekomendasi dari MUFTI arab saudi itu.
:)
mana yang lebih di ikutin : Yang DIREKOMEDASIKAN atau yang tidak rekomendasikan?
pasti gak MAU menjawab,,, :P :P
M-SAW
Kecanduan
Kecanduan
 
Posts: 5244
Joined: Wed Aug 23, 2006 3:59 pm
Location: :)

Postby MONTIR KEPALA » Fri Nov 02, 2007 3:59 pm

pernikahan Nabi dgn Aisya diwaktu usianya 6-7 tahun bukanlah pernikahan normal tapi NIKAH GANTUNG (KONTRAK).
nikah GANTUNG itu HARAM bagi muslim pada umumnya hanya diperbolehkan bagi Nabi.

NIkah gantung itu status suami istri namun tdk melakukan kegiatan berumah tangga hingga pasangan dianggap sudah dewasa baru dimulai kegiatan berumah tangga.

dlm fiq syarat2 nikah itu harus sudah baligh ... sesuai dgn Qur'an :
    [4:6] Dan ujilah anak yatim itu sampai mereka cukup umur untuk kawin. Kemudian jika menurut pendapatmu mereka telah cerdas , maka serahkanlah kepada mereka harta-hartanya. Dan janganlah kamu makan harta anak yatim lebih dari batas kepatutan dan tergesa-gesa sebelum mereka dewasa. Barang siapa mampu, maka hendaklah ia menahan diri dan barangsiapa yang miskin, maka bolehlah ia makan harta itu menurut yang patut. Kemudian apabila kamu menyerahkan harta kepada mereka, maka hendaklah kamu adakan saksi-saksi bagi mereka. Dan cukuplah Allah sebagai Pengawas .
User avatar
MONTIR KEPALA
Kecanduan
Kecanduan
 
Posts: 4401
Joined: Wed Jul 26, 2006 10:16 am

Postby Abu Lahab » Fri Nov 02, 2007 9:10 pm

MONTIR KEPALA wrote:pernikahan Nabi dgn Aisya diwaktu usianya 6-7 tahun bukanlah pernikahan normal tapi NIKAH GANTUNG (KONTRAK).
nikah GANTUNG itu HARAM bagi muslim pada umumnya hanya diperbolehkan bagi Nabi.......


Nah entu ente dah tau kalo nabi bandot lu nikahnya ngga normal.... tapi apa yang ngga normal buat nabi jadi normal .....apa yang ngga boleh buat nabi ente jabi boleh......subhanaloh
Abu Lahab
Mulai Suka
Mulai Suka
 
Posts: 120
Joined: Fri Dec 30, 2005 9:08 am

Postby M » Sat Nov 03, 2007 11:21 am

Nabi Mohammad S.A.W memang nabi cabul. Usia berapapun halal bagi dia karena emang udah impoten dan gak mampu lagi untuk yang seumuran.
User avatar
M
Pandangan Pertama
Pandangan Pertama
 
Posts: 52
Joined: Sun Sep 23, 2007 8:07 pm

Postby MONTIR KEPALA » Tue Nov 06, 2007 10:10 am

mengapa pernikahan yg tdk sempurna itu dibutuhkan bagi Nabi ?....
sebab pernikahan Nabi ada maksud2 tertentu yaitu upaya REKONSILIASI BANGSA...yaa bangsa Nabi tentunya ...hukum khusus. oleh sebab itulah ini pengkhususan.
pernikahan dgn putri abu Bakar ini bernuansa politis dan rekonstruksi sosial masyarakat kala itu. bgm pun juga tdk bisa dipungkiri Abu Bakar adalah sosok yang Penting saat itu dan bahkan saat berikutnya. dimana terbukti masyarakat kala itu memilih Abu Bakar sbg pengganti Nabi Saw yg sebelumnya berperan sbg Pemimpin sosial.

bahkan sebelum dijodohkan dgn Nabi Aisya sudah berjodoh dgn lelaki lain yg kira2 waktu usia 5 tahunan, namun gagal gara2 Abu Bakar masuk Islam. ini tabari loh yg cerita ... andalan netter FFI
    • Tabari reports that Abu Bakr wished to spare Aisha the discomforts of a journey to Ethiopia soon after 615 CE, and tried to bring forward her marriage to Mut`am's son. Mut`am refused because Abu Bakr had converted to Islam, but if Aisha was already of marriageable age in 615 CE, [30][5](p.91)
    " Tabari melaporkan bahwa Abu Bakr ingin untuk memberikan Aisha sebuah perjalanan yg tdk nyaman ke Etiopia segera setelah 615 CE, dan mencoba untuk mengemukakan perkawinan nya ke putra Mut`Am. Mut`Am menolak sebab Abu Bakr telah masuk Islam, . (Page 91)
User avatar
MONTIR KEPALA
Kecanduan
Kecanduan
 
Posts: 4401
Joined: Wed Jul 26, 2006 10:16 am

Postby curious » Tue Nov 06, 2007 11:33 am

heran banget..........................
sudah berkali-kali dibantah masih juga mengulang-ulang. ya terpaksa aku ulang lagi biar si muslim muslim lain tidak tertipu taqqiya montir kelapa
'
Abu Bakr itu pengikut muhammad. Tak ada perlunya rekonsiliasi
apa pun yang dimaui si muhammad, Abu Bakr sebagai pengikut akan patuh.

sampai 2x waktu si aisyah cilik berumur 6 thn dilamar, Abu Bakr berusaha menolak dengan mengatakan, tetapi engkau dan aku bersaudara (artinya, anakku itu keponakan mu, masak kau tega mau entotin?)

tapi apa daya, si nabi palsu yang mengaku utusan Tuhan itu sudah hilang urat malunya. ditantang begitu dia pun menurunkan wahyunya sendiri dgn mengatakan, kita bersaudara dalam agama. tetapi aisha boleh aku entotin.
User avatar
curious
Translator
 
Posts: 3705
Joined: Wed Mar 22, 2006 5:08 am

Postby MONTIR KEPALA » Wed Nov 07, 2007 11:02 am

curious wrote:heran banget..........................
sudah berkali-kali dibantah masih juga mengulang-ulang. ya terpaksa aku ulang lagi biar si muslim muslim lain tidak tertipu taqqiya montir kelapa
'
Abu Bakr itu pengikut muhammad. Tak ada perlunya rekonsiliasi
apa pun yang dimaui si muhammad, Abu Bakr sebagai pengikut akan patuh.

makanya jangan **** terus-terusan cur ...jadi ancur dech ..
orang2 Arab hidup dlm sistem klan / kesukuan. pengikut Nabi itu terdiri dri macam2 suku Arab. sangat sulit bagi kehiudpan dlm sistem kesukuan untuk melebur dan membentuk kumpulan baru yg memecahkan rasa kesukuan yg kuat di antara mereka dlm komunitas baru yg disebut Ummat. perlu pinter2 nya sang rekonsiliator. Nabi itu pengembala yg mencoba menyatukan domba2 yg tercerai berai. domba itu termasuk Abu Bakar.

sampai 2x waktu si aisyah cilik berumur 6 thn dilamar, Abu Bakr berusaha menolak dengan mengatakan, tetapi engkau dan aku bersaudara (artinya, anakku itu keponakan mu, masak kau tega mau entotin?)

tapi apa daya, si nabi palsu yang mengaku utusan Tuhan itu sudah hilang urat malunya. ditantang begitu dia pun menurunkan wahyunya sendiri dgn mengatakan, kita bersaudara dalam agama. tetapi aisha boleh aku entotin.

ASBUN ..!! tdk ada satu pun catatan sejarah yg menyatakan Abu Bakar itu sodaranya sedarah Nabi. Klan nya aja beda sama Nabi. Sodara seagama iyee.... tapi kan sodara seagama itu Halal untuk menikah. luh taukan hukum sodara angkat atau anak angkat ?
User avatar
MONTIR KEPALA
Kecanduan
Kecanduan
 
Posts: 4401
Joined: Wed Jul 26, 2006 10:16 am

Postby M-SAW » Thu Nov 08, 2007 8:07 pm

pernikahan Nabi dgn Aisya diwaktu usianya 6-7 tahun bukanlah pernikahan normal tapi NIKAH GANTUNG (KONTRAK).
nikah GANTUNG itu HARAM bagi muslim pada umumnya hanya diperbolehkan bagi Nabi.

mana HADITS yang mendukung pernikahan KONTRAK antara nabi dan aisah ini

tolong di kasih yah :)
aku takut ini cuman PENGELABUAN abang aja,,
masa sih MUFTI arab ga tau kasus nikah gantung ini,dan MALAH MEREKOMENDASIKAN cewek 6 thn untuk DINIKAHIN ?
:P :P
M-SAW
Kecanduan
Kecanduan
 
Posts: 5244
Joined: Wed Aug 23, 2006 3:59 pm
Location: :)

Postby MONTIR KEPALA » Thu Nov 15, 2007 3:01 pm

MUHAMMAD SAW wrote:
pernikahan Nabi dgn Aisya diwaktu usianya 6-7 tahun bukanlah pernikahan normal tapi NIKAH GANTUNG (KONTRAK).
nikah GANTUNG itu HARAM bagi muslim pada umumnya hanya diperbolehkan bagi Nabi.

mana HADITS yang mendukung pernikahan KONTRAK antara nabi dan aisah ini

tolong di kasih yah :)
aku takut ini cuman PENGELABUAN abang aja,,
masa sih MUFTI arab ga tau kasus nikah gantung ini,dan MALAH MEREKOMENDASIKAN cewek 6 thn untuk DINIKAHIN ?
:P :P

yeeee.... apa2 arab ...dasar luh

حدثنا ‏ ‏قبيصة بن عقبة ‏ ‏حدثنا ‏ ‏سفيان ‏ ‏عن ‏ ‏هشام بن عروة ‏ ‏عن ‏ ‏عروة ‏
‏تزوج النبي ‏ ‏صلى الله عليه وسلم ‏ ‏عائشة ‏ ‏وهي بنت ست سنين وبنى بها وهي بنت تسع ومكثت عنده تسعا ‏

http://hadith.al-islam.com/Display/Disp ... 0&Rec=7688

Sahih BUkhari,
According to Ursa ibn al-Zubayr:
The Prophet wrote the (marriage contract) with 'Aisha while she was six years old and consummated his marriage with her while she was nine years old and she remained with him for nine years (i.e. till his death).[12]
User avatar
MONTIR KEPALA
Kecanduan
Kecanduan
 
Posts: 4401
Joined: Wed Jul 26, 2006 10:16 am

Postby curious » Thu Nov 15, 2007 3:19 pm

MONTIR KEPALA wrote:makanya jangan **** terus-terusan cur ...jadi ancur dech ..
orang2 Arab hidup dlm sistem klan / kesukuan. pengikut Nabi itu terdiri dri macam2 suku Arab. sangat sulit bagi kehiudpan dlm sistem kesukuan untuk melebur dan membentuk kumpulan baru yg memecahkan rasa kesukuan yg kuat di antara mereka dlm komunitas baru yg disebut Ummat. perlu pinter2 nya sang rekonsiliator. Nabi itu pengembala yg mencoba menyatukan domba2 yg tercerai berai. domba itu termasuk Abu Bakar.

walaupun MUNGKIN abu bakar & muhammad berasal dari klan yang berlainan, kenyataannya adalah dia adalah PENGIKUT muhammad alias ornag yang manut apa saja yang dimaui muhammad. jadi tidak perlu ada rekonsiliasi antara muhammad & abu bakar]/b]. dan tidak ada bukti bahwa abu bakar bertindak sebagai perwakilan klannya dalam hal berhubungan dengan muhammad.

ASBUN ..!! tdk ada satu pun catatan sejarah yg menyatakan Abu Bakar itu sodaranya sedarah Nabi. Klan nya aja beda sama Nabi. Sodara seagama iyee.... tapi kan sodara seagama itu Halal untuk menikah. luh taukan hukum sodara angkat atau anak angkat ?

[b]lu yang asbun dan buta
siapa yang bilang mereka sedarah? tetapi[b]kedekatan hubungan mereka adalah seperti saudara sendiri! dan abu bakr sendiri kaget dan tidak menyangka orang yang sudah dianggap saudara sendiri, sudah dianggap paman dari anaknya sendiri, malah menginginkan anaknya yang masih bau kencur sebagai istri!!!!
baca tuh hadistnya:

Some Muslims claimed that Muhammad did not initiate the marriage with Aisha, but that Abu Bakr, after Aisha was spunned by a prospector and was not able to find another man to marry her, approached Muhammad to marry here. However, the following hadith clearly showed that it was Muhammad who was the initiator and Abu Bakr was even shocked at that suggestion.
Narrated 'Ursa:
The Prophet asked Abu Bakr for 'Aisha's hand in marriage. Abu Bakr said "But I am your brother." The Prophet said, "You are my brother in Allah's religion and His Book, but she (Aisha) is lawful for me to marry." (Sahih Bukhari 7.18)

dan mana hadist sahih yang menyatakan muhammad menikahi aisah karena rasa kasihan melihat teman dekatnya abu bakar bersedih karena anaknya berumur 6 tahun dibatalkan pertunangannya ....hahahaaa......perawan tua berumur 6 tahun heeeee....

ayo, tampilkan. jangan cuma mangap-mangap. ntar gua post di thread gua ttg muslim yang ngacir karena tak mampu mendukung argumentnya sendiri ;)
User avatar
curious
Translator
 
Posts: 3705
Joined: Wed Mar 22, 2006 5:08 am

Postby MONTIR KEPALA » Thu Nov 15, 2007 3:26 pm

berat ngomong ame luh mas cur ....pake perasaan sih ..jadi susah mencernanya ... gue lagi ogah ini sama gaya tendensius .... masih moot debat sama si adadeh kalo gini mah ...
luh mah debatnya modal NANYA ...bukti luh gak kuasai masalah .... emangnya gue TTS diskusi banyak tanya dan minta bukti dgn mengesampingkan sumber yg umum ??...waaah parah ah males gue ... kik..kik sori yah ..!
User avatar
MONTIR KEPALA
Kecanduan
Kecanduan
 
Posts: 4401
Joined: Wed Jul 26, 2006 10:16 am

Next

Return to Hak WANITA dlm Islam



 


  • Related topics
    Replies
    Views
    Last post

Who is online

Users browsing this forum: No registered users