. FFI | Document | Artikel | Forum | Wiki | Glossary | Prophet Muhammad Illustrated

Ulama Sepakat Peringatan Isra’ Mi’raj adalah Bid’ah

Ulama Sepakat Peringatan Isra’ Mi’raj adalah Bid’ah

Postby IC1101 » Tue Dec 06, 2011 11:14 am

http://konsultasisyariah.com/peringatan ... 2%80%99raj

Pertanyaan:

Assalamu alaikum..

Sebentar lagi ada peringatan Isra Mi’raj. Ada yg mengatakan bahwa Isra’ Mi’raj tidak terjadi di bulan Rajab, apakah ini benar? Lantas, bagaimana hukum peringatan Isra Mi’raj?
Trims..

Tri Jogja (triXXXX@XXXXX.com )

Jawaban:

Wa alaikumus salam wa rahmatullah.

Tanggal 27 Rajab menjadi satu agenda penting bagi kaum muslimin. Mereka meyakini bahwa pada tanggal itu terjadi peristiwa Isra’ dan Mi’raj. Padahal para ulama berselisih pendapat tentang tanggal terjadinya Isra’dan Mi’raj. Disebutkan oleh Syaikh Shafiyurrahman Al Mubarakfuri, ada sekitar 6 pendapat ulama, terkait dengan penentuan waktu kejadian Isra’ dan Mi’raj.

Pertama, Isra’ dan Mi’raj terjadi di tahun pertama ketika beliau diangkat sebagai Nabi. Ini adalah pendapat At-Thabari.

Kedua, Isra’ dan Mi’raj terjadi lima tahun setelah beliau diutus sebagai Nabi. Ini adalah pendapat yang dipilih oleh Imam An-Nawawi dan Al-Qurthubi.

Ketiga, Isra’ Mi’raj terjadi di malam 27 Rajab, tahun 10 setelah kenabian (sepuluh tahun setelah beliau diutus menjadi Nabi). Ini pendapat Al-Manshurfuri.

Keempat, peristiwa Isra’ terjadi 16 bulan sebelum beliau hijrah ke Madinah, tepatnya di bulan Ramadhan tahun 12 setelah kenabian.

Kelima, peristiwa ini terjadi setahun dua bulan sebelum hijrah, atau tepatnya di bulan Muharram tahun 13 setelah kenabian.

Keenam, Isra’ Mi’raj terjadi satu tahun sebelum beliau hijrah ke Madinah, tepatnya di bulan Rabi’ul Awal tahun 13 setelah kenabian.

Dari enam pendapat di atas, 3 pendapat pertama tertolak dan bertentangan dengan realita sejarah lainnya. (Lihat Ar-Rahiqum Makhtum, hal. 85)


Bagaimana analisisnya?

Sebelumnya kami tegaskan –barangkali ada sebagian kaum muslimin yang belum paham–, urutan bulan hijriyah: …Rajab, Sya’ban, Ramadhan, Syawal, dst.

Kemudian, sebagaimana yang kita ketahui, sekembalinya Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam dari Isra’ Mi’raj, beliau membawa syariah shalat lima waktu. Sementara para ahli sejarah menegaskan bahwa Khadijah meninggal di bulan Ramadhan tahun kesepuluh setelah kenabian. Ini sebagaimana yang ditegaskan Ibnul Jauzi (Talqih Fuhum Ahlil Atsar, hal. 7). Padahal sampai Khadijah meninggal belum ada kewajiban shalat lima waktu.

Jika dua peristiwa ini, yaitu Isra’ Mi’raj dan wafatnya Khadijah terjadi dalam tahun yang sama, tahun sepuluh setelah kenabian, tentunya di bulan kematian Khadijah radhiallahu ‘anha, kewajiban shalat sudah ada. Karena urutan bulan Rajab jatuh sebelum ramadhan.

Adapun tiga pendapat terakhir, Al-Mubarakfuri memberi komentar, “Untuk tiga pendapat sisanya, saya belum mendapatkan keterangan yang menguatkan salah satu pendapat tersebut. Hanya saja, konteks surat Al-Isra’ menunjukkan bahwa peristiwa ini terjadi di waktu-waktu terakhir di Mekah.”


Ulama Sepakat Peringatan Isra’ Mi’raj adalah Bid’ah

Para ulama sepakat bahwa peringatan Isra’ Mi’raj adalah acara bid’ah. Ibnul Qayim menukil keterangan Syaikhul Islam Ibn Taimiyah, yang mengatakan, “Tidak diketahui dari seorang-pun kaum muslimin, yang menjadikan malam Isra’ Mi’raj lebih utama dibandingkan malam yang lainnya. Lebih-lebih menganggap bahwa malam Isra’ lebih mullia dibandingkan lailatul qadar. Tidak seorangpun sahabat, maupun tabi’in yang mengkhususkan malam Isra’ dengan kegiatan tertentu, dan mereka juga tidak memperingati malam ini. Karena itu, tidak diketahui secara pasti, kapan tanggal kejadian Isra’ Mi’raj.” (Zadul Ma’ad, 1/58 /59).

Ibnu Nuhas mengatakan, “Memperingati malam Isra’ Mi’raj adalah bid’ah yang besar dalam urusan agama. Termasuk perkara baru yang dibuat-buat teman-teman setan.” (Tanbihul Ghafilin, hal. 379 – 380. Dinukil dari Al Bida’ Al Hauliyah, hal. 138)

Allahu a’lam.

Dijawab oleh Ustadz Ammi Nur Baits (Dewan Pembina Konsultasi Syariah).
Artikel http://www.KonsultasiSyariah.com

---------------------------------------------------------------------------------------

Beberapa Pendapat/Artikel Mengenai Bid'ah:

http://konsultasisyariah.com/memahami-b ... ontohnya-2
Contoh nyata bid’ah adalah tahlilan dan peringatan kematian. Jika ditilik dari definisi di atas maka perbuatan ini termasuk bid’ah,.......

http://id.wikipedia.org/wiki/Bidah
Bid‘ah (Bahasa Arab: بدعة) dalam agama Islam berarti sebuah perbuatan yang tidak pernah diperintahkan maupun dicontohkan oleh Nabi Muhammad SAW tetapi banyak dilakukan oleh masyarakat sekarang ini. Hukum dari bidaah ini adalah haram.

http://almanhaj.or.id/content/2266/slash/0
Siapa pun yang berbuat bid’ah dalam agama, walaupun dengan tujuan baik, maka bid’ahnya itu, selain merupakan kesesatan, adalah suatu tindakan menghujat agama.....

http://alhikmah.web.id/2009/06/pengertian-bidah/
Ibnu Hajar al As Qalani dalam Fathul Bari menjelaskan
والمراد بقوله ” كل بدعة ضلالة ” ما أحدث ولا دليل له من الشرع بطريق خاص ولا عام
“Dan yang dimaksud dengan sabdanya “Setiap bid’ah adalah sesat” yakni apa yang diadakan dan tanpa dalil padanya dari syari’at baik dengan jalan khusus maupun umum”[2]

http://s1.islamhouse.com/data/id/ih_art ... _dalah.pdf
Setiap Bid'ah Adalah Sesat
IC1101
Mulai Suka
Mulai Suka
 
Posts: 347
Images: 0
Joined: Fri Oct 21, 2011 9:54 pm

Re: Ulama Sepakat Peringatan Isra’ Mi’raj adalah Bid’ah

Postby abubakar » Tue Dec 06, 2011 11:31 am

makin membingungkan islam ini.

1. waktu isra mijraj, terjadi tawar menawar jumlah sholat dr 50 menjadi sepuluh persennya. pertanyaannya adakah bukti muslim/muhammad sholat 50x sehari sebelum muhammad naik buroq?

2. kalo misalnya tidak ada, drmana muncul angka 50 tersebut.

3. kalo muslim tidak tahu juga, kenapa ada tawar menawar dr 50 menjadi 5.

4. kalo muslim tidak tahu juga, berdasarkan apa muslim sholat 5 waktu
abubakar
Jatuh Hati
Jatuh Hati
 
Posts: 530
Joined: Sun Jul 19, 2009 4:14 pm

Re: Ulama Sepakat Peringatan Isra’ Mi’raj adalah Bid’ah

Postby iamthewarlord » Tue Dec 06, 2011 1:47 pm

abubakar wrote:makin membingungkan islam ini.

1. waktu isra mijraj, terjadi tawar menawar jumlah sholat dr 50 menjadi sepuluh persennya. pertanyaannya adakah bukti muslim/muhammad sholat 50x sehari sebelum muhammad naik buroq?

2. kalo misalnya tidak ada, drmana muncul angka 50 tersebut.

3. kalo muslim tidak tahu juga, kenapa ada tawar menawar dr 50 menjadi 5.

4. kalo muslim tidak tahu juga, berdasarkan apa muslim sholat 5 waktu


tawar menawar yg sangat ****, membuktikan bahwa Allah SWT jeblok matematikanya.

Allah minta 50 kali solat, ditawar muhammad separuhnya = 25 kali, ditawar lagi separuhnya = 12.5 kali, sebelum menjadi 5 kali.
Nah ini dia ruwetnya, bagaimanakan solat yg 12.5 kali itu? bagaimana kalau sampai terjadi dikabulkan jadi 12,5 kali? :lol:

Hal lainnya, Al Aqsa belum ada sewaktu Muhammad hidup. Bagaimana bisa menggenapi cerita Isra Miraj bahwa Muhammad sholat di Al Aqsa :lol:
User avatar
iamthewarlord
Kecanduan
Kecanduan
 
Posts: 4494
Images: 6
Joined: Sun Feb 08, 2009 11:07 pm
Location: “Ibadah lelaki akan diputus dengan lewatnya keledai, wanita dan anjing hitam.” Muhammad.

Re: Ulama Sepakat Peringatan Isra’ Mi’raj adalah Bid’ah

Postby kufirandproud » Tue Dec 06, 2011 2:31 pm

Kemudian, sebagaimana yang kita ketahui, sekembalinya Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam dari Isra’ Mi’raj, beliau membawa syariah shalat lima waktu. Sementara para ahli sejarah menegaskan bahwa Khadijah meninggal di bulan Ramadhan tahun kesepuluh setelah kenabian. Ini sebagaimana yang ditegaskan Ibnul Jauzi (Talqih Fuhum Ahlil Atsar, hal. 7). Padahal sampai Khadijah meninggal belum ada kewajiban shalat lima waktu.

jadi sebelum isra miraj sholat itu 50 kali ??? :rofl: :rofl: :rofl: :rofl: :rofl: :rofl: :rofl: :rofl:
bayangkan fitnah/klaim islam akan nabi yahudi itu muslim jg.berarti mereka pun bersholat 50 kali :rolling: :rolling: :rolling: :rolling: :rolling: :rolling: :rolling:
kufirandproud
Jatuh Hati
Jatuh Hati
 
Posts: 526
Joined: Tue May 26, 2009 1:41 pm

Re: Ulama Sepakat Peringatan Isra’ Mi’raj adalah Bid’ah

Postby Berto@ » Tue Dec 06, 2011 4:55 pm

iamthewarlord wrote: bagaimana kalau sampai terjadi dikabulkan jadi 12,5 kali? :lol:

Nunggingnyah jadi setengah :prayer:
User avatar
Berto@
Jatuh Hati
Jatuh Hati
 
Posts: 747
Joined: Thu May 05, 2011 1:27 pm

Re: Ulama Sepakat Peringatan Isra’ Mi’raj adalah Bid’ah

Postby 1234567890 » Sun Dec 18, 2011 12:18 pm

kebayang ... 50 kali nungging sehari ...

sekitar 2x nungging / jam

muslim ga kerja apa 2x dong .. cuman nungging aja terus seharian
1234567890
Kecanduan
Kecanduan
 
Posts: 3860
Joined: Sun Aug 09, 2009 2:31 am

Re: Ulama Sepakat Peringatan Isra’ Mi’raj adalah Bid’ah

Postby Captain Pancasila » Sun Dec 18, 2011 1:16 pm

abubakar wrote:makin membingungkan islam ini.

1. waktu isra mijraj, terjadi tawar menawar jumlah sholat dr 50 menjadi sepuluh persennya. pertanyaannya adakah bukti muslim/muhammad sholat 50x sehari sebelum muhammad naik buroq?

2. kalo misalnya tidak ada, drmana muncul angka 50 tersebut.

3. kalo muslim tidak tahu juga, kenapa ada tawar menawar dr 50 menjadi 5.

4. kalo muslim tidak tahu juga, berdasarkan apa muslim sholat 5 waktu

yang diomongin itu "peringatan peristiwa"nya, bukan "peristiwanya"nya! :rofl:
User avatar
Captain Pancasila
Kecanduan
Kecanduan
 
Posts: 3499
Joined: Wed Jun 01, 2011 1:58 pm
Location: Bekas Benua Atlantis

Re: Ulama Sepakat Peringatan Isra’ Mi’raj adalah Bid’ah

Postby IC1101 » Mon Dec 19, 2011 2:44 am

Captain Pancasila wrote:yang diomongin itu "peringatan peristiwa"nya, bukan "peristiwanya"nya!


Jadi menurut anda peristiwa isra mi'raj itu benar2 pernah terjadi atau hanya dongeng?
IC1101
Mulai Suka
Mulai Suka
 
Posts: 347
Images: 0
Joined: Fri Oct 21, 2011 9:54 pm

Re: Ulama Sepakat Peringatan Isra’ Mi’raj adalah Bid’ah

Postby Captain Pancasila » Mon Dec 19, 2011 7:21 am

IC1101 wrote:Jadi menurut anda peristiwa isra mi'raj itu benar2 pernah terjadi atau hanya dongeng?

benar2 pernah terjadi, hanya saja peringatan Isra' Mi'raj sendiri itu tidaklah pernah diperintahkan(disyariatkan)!
User avatar
Captain Pancasila
Kecanduan
Kecanduan
 
Posts: 3499
Joined: Wed Jun 01, 2011 1:58 pm
Location: Bekas Benua Atlantis

Re: Ulama Sepakat Peringatan Isra’ Mi’raj adalah Bid’ah

Postby sodrun » Mon Dec 19, 2011 8:16 am

IC1101 wrote:
Para ulama sepakat bahwa peringatan Isra’ Mi’raj adalah acara bid’ah. Ibnul Qayim menukil keterangan Syaikhul Islam Ibn Taimiyah, yang mengatakan, “Tidak diketahui dari seorang-pun kaum muslimin, yang menjadikan malam Isra’ Mi’raj lebih utama dibandingkan malam yang lainnya. Lebih-lebih menganggap bahwa malam Isra’ lebih mullia dibandingkan lailatul qadar. Tidak seorangpun sahabat, maupun tabi’in yang mengkhususkan malam Isra’ dengan kegiatan tertentu, dan mereka juga tidak memperingati malam ini. Karena itu, tidak diketahui secara pasti, kapan tanggal kejadian Isra’ Mi’raj.” (Zadul Ma’ad, 1/58 /59).


Namanya juga sekedar DONGENG,... jelas tidak ada keterangan tanggal kejadiannya
Tentu dongeng Isra Mi'raj itu diawali dengan :

Pada suatu hari.... atau ..
Alkisah... atau..
Menurut sahibul hikayat .....

Jadi ingat pelajaran Bahasa Indonesia... Mengarang bebas....

:green:
sodrun
Lupa Diri
Lupa Diri
 
Posts: 1948
Joined: Sat Apr 30, 2011 8:38 pm

Re: Ulama Sepakat Peringatan Isra’ Mi’raj adalah Bid’ah

Postby Murtadiningrat » Mon Dec 19, 2011 9:00 am

Ya jelas itu Dongeng Isra Miraj dikarang oleh Muhammad untuk menutupi tuduhan masyarakat Arab pada waktu itu...padahal nggak taunya Muhammad sedang menginap di rumah seorang Janda...WKWKWKKWKWK...persis kaya Rhoma Irama waktu digrebek warga ketika sedang bermalam di rumah Angel Elga...apa jawaban Bang Rhoma waktu itu..."hmmmm..kalian sungguh terlalu..... saya sedang melatih Angel menyanyi dan main sinetron...wkwkwkwkwk
User avatar
Murtadiningrat
Jatuh Hati
Jatuh Hati
 
Posts: 704
Joined: Mon Jan 05, 2009 8:54 am

Re: Ulama Sepakat Peringatan Isra’ Mi’raj adalah Bid’ah

Postby Momad Narsis » Mon Dec 19, 2011 11:12 am

@CP
Bagaimana ente bisa yakin bro..? lihat alur ceritanya..
Muslim di minta 50x shalat dlm sehari..kita tau hitungan hari adalah 24 jam..! berarti kotornya muslim musti nungging 30 menit sekali,ente bisa bayangkan pemandangan dunia ini manusia pd nungging dimanapun muslim berada.
ketika lagi jln2 ke mall,mengajar,ke pasar pembeli dan pedagang pada nungging semua.
apakah menurut ente TUHAN begitu tololnya memerintahkan manusia nungging setiap 30 menit sekali? masuk akal gak menurut ente cerita kaya gini?
User avatar
Momad Narsis
Kecanduan
Kecanduan
 
Posts: 3460
Joined: Sun Jan 02, 2011 4:35 pm

Re: Ulama Sepakat Peringatan Isra’ Mi’raj adalah Bid’ah

Postby 1234567890 » Mon Dec 19, 2011 11:14 am

Momad Narsis wrote:@CP
Bagaimana ente bisa yakin bro..? lihat alur ceritanya..
Muslim di minta 50x shalat dlm sehari..kita tau hitungan hari adalah 24 jam..! berarti kotornya muslim musti nungging 30 menit sekali,ente bisa bayangkan pemandangan dunia ini manusia pd nungging dimanapun muslim berada.
ketika lagi jln2 ke mall,mengajar,ke pasar pembeli dan pedagang pada nungging semua.
apakah menurut ente TUHAN begitu tololnya memerintahkan manusia nungging setiap 30 menit sekali? masuk akal gak menurut ente cerita kaya gini?


setiap nungging harus wudhu dulu ... siapin peralatan nungging
anggap saja 15 menit habis untuk nungging
tiap 15 menit muslim harus nungging ... ngantri wudu di toilet ..... kebayang muslim ga bisa ngerjain apa 2x
1234567890
Kecanduan
Kecanduan
 
Posts: 3860
Joined: Sun Aug 09, 2009 2:31 am

Re: Ulama Sepakat Peringatan Isra’ Mi’raj adalah Bid’ah

Postby Murtadiningrat » Mon Dec 19, 2011 2:02 pm

1234567890 wrote:
setiap nungging harus wudhu dulu ... siapin peralatan nungging
anggap saja 15 menit habis untuk nungging
tiap 15 menit muslim harus nungging ... ngantri wudu di toilet ..... kebayang muslim ga bisa ngerjain apa 2x


Lah emang kalau yang konyol-konyol trus kagak masuk logika manusia berpikiran sehat , hanya ada di dunia Islam.
Islam sudah membekukan pikiran sehat seluruh muslim di dunia
User avatar
Murtadiningrat
Jatuh Hati
Jatuh Hati
 
Posts: 704
Joined: Mon Jan 05, 2009 8:54 am

Re: Ulama Sepakat Peringatan Isra’ Mi’raj adalah Bid’ah

Postby Momad Narsis » Mon Dec 19, 2011 9:31 pm

dalam mempercayai sesuatu muslim sanggup melepaskan logikanya,masa TUHAN yg begitu Agungnya,Mulia,serta kecerdasanNya melebihi ciptaanNya bisa mengeluarkan perintah yg merusak logika manusia..? apa untungnya Tuhan disembah sampai segitunya..? apa yg dilakukan manusia dgn shalat 50x sama saja dgn membunuh hak hidup manusia,dlm 30/15 menit manusia harus sujud ke ka'abah..! gila gak..?
kapan waktu tidur,makan,kerja,mandi masa hidup hanya dipenuhi dgn pekerjaan shalat..? dr sini saja sudah terlihat bohongnya.
User avatar
Momad Narsis
Kecanduan
Kecanduan
 
Posts: 3460
Joined: Sun Jan 02, 2011 4:35 pm

Re: Ulama Sepakat Peringatan Isra’ Mi’raj adalah Bid’ah

Postby IC1101 » Tue Dec 20, 2011 10:14 am

Captain Pancasila wrote:benar2 pernah terjadi, hanya saja peringatan Isra' Mi'raj sendiri itu tidaklah pernah diperintahkan(disyariatkan)!


Kalau benar2 pernah terjadi, peristiwa isra miraj adalah peristiwa yang besar, mengapa tidak ada perintah untuk diperingati? Berarti peristiwa itu bukan sesuatu yang penting bagi umat islam?
Coba jawab pertanyaan2 sederhana mengenai isra miraj di link ini pertanyaan2-seputar-isra-miraj-t46494/
IC1101
Mulai Suka
Mulai Suka
 
Posts: 347
Images: 0
Joined: Fri Oct 21, 2011 9:54 pm

Re: Ulama Sepakat Peringatan Isra’ Mi’raj adalah Bid’ah

Postby swatantre » Tue Dec 20, 2011 6:10 pm

Ohya? Peringatan Isra Miraj adalah bidah? Wah... bener tuh....!!! Kalo si ustad itu konsisten, sikat aja tuh grebeg2 Mulud yang diadakan keraton2 di Tanah Jawa (Di Jogja dan Solo, Grebeg Mulud justru yang paling meriah di antara 2 ato 3 grebeg lainnya yang diadakan Kraton masing2 dalam setahun kalender jawa...). Ayo slim... sikat muslim2 bidah itu slimmm..... :rolling: :rolling: :rolling:
swatantre
Kecanduan
Kecanduan
 
Posts: 4173
Joined: Thu Jul 20, 2006 7:40 pm
Location: Tanah Suci, dalem Ka'bah

Re: Ulama Sepakat Peringatan Isra’ Mi’raj adalah Bid’ah

Postby snipey » Wed Dec 21, 2011 7:33 am

Yup, aneh. Masak memperingati salah satu tonggak terpenting Islam di sebut = bi'dah (sesat)??

Tanpa peristiwa Isra Miraj ummat islam takkan kenal bouraq dan gak jadi kagum bhw Muhamad saw. ternyata BERANI
masuk ke surga dan BERANI tawar menawar dgn tuhannya dia.

Mobilisasi kekuatan islam di Indonesia, yg dimotori golongan sunni Salafi/Wahabbi justru merayakan Isra Miraj!
Nah, apakah mereka itu, yg perayaannya ditandai dgn spanduk-spanduk besar dan kehadiran guru-guru mulia etnis Arab,
juga melakukan bi'dah??

Tanpa Isra dan Miraj, ummat islam se-alam raya takkan berharap jadi manusia kaffah dan kamil, krn PASTI
gagal memenuhi tuntutan Aulloh swt yg meminta mereka shalat 50x / hari. Mampuik laa!

Pada peristiwa Miraj ummat islam selalu bersyukur krn Muhamad saw telah berjasa meredam tuntutan Aulloh yg absurd itu, dan dengan demikian Muhamad dikenang oleh umat...sepanjang masa.
User avatar
snipey
Lupa Diri
Lupa Diri
 
Posts: 1064
Images: 2
Joined: Mon Aug 30, 2010 8:32 am

Re: Ulama Sepakat Peringatan Isra’ Mi’raj adalah Bid’ah

Postby kucinggarong » Wed Dec 21, 2011 12:50 pm

Yang gue sesalkan adalah kenapa dibilang bidah-nya baru sekarang ? Kenapa enggak jaman tahun 1990-an dulu waktu gue masih sekolah di SMP ?

Jaman dulu Isra Miraj rame banget dirayain di sekolah negeri. Ane yang kapir musti bantuin panitia Isra Miraj sekolah di bagian konsumsi. Yang ngerayain agama lain, yang sibuk malahan kapir.

Setelah baca bahwa ini bidah, rasanya sia-sia aja bantu panitia Isra Miraj jaman dulu. Padahal kan enakan tidur tuh....

Gara-gara Mohamed kampret kepergok di rumah janda, kita yang kapir musti sibuk bantu acara Isra Miraj. Dasar nabi sableng...

Kita tetapkan aja mulai sekarang bahwa Isra Miraj adalah merayakan "naiknya" nabi Muhammad di rumah janda.

:roll:
User avatar
kucinggarong
Jatuh Hati
Jatuh Hati
 
Posts: 979
Images: 2
Joined: Thu Aug 02, 2007 12:33 pm
Location: Kapir Aseli.., Mangstab !

Re: Ulama Sepakat Peringatan Isra’ Mi’raj adalah Bid’ah

Postby swatantre » Thu Dec 22, 2011 1:56 am

kucinggarong wrote:Yang gue sesalkan adalah kenapa dibilang bidah-nya baru sekarang ? Kenapa enggak jaman tahun 1990-an dulu waktu gue masih sekolah di SMP ?

Bukan hanya itu. Bila benar itu bidah dan dapat mengotori akidah, kenapa dilarangnya gak dari jaman kala mula ia berawal? Kenapa ributnya baru sekarnag? Kesiangan kaleeee...ketiduran di gua....
Trus, ama perayaan yang mendatangkan guru2 dari timteng kaya kata bro snipey itu (yang biasanya wahabi/salafi) itu gimana? Yang salah sunni atau mana neh...?
Ayo slim... bacok2an lagi... bom2an masjid lagi...... :green: :green: :lol:
swatantre
Kecanduan
Kecanduan
 
Posts: 4173
Joined: Thu Jul 20, 2006 7:40 pm
Location: Tanah Suci, dalem Ka'bah

Next

Return to Resource Centre KEBOHONGAN2/MITOS2 ciptaan Islam/Muslim



 


  • Related topics
    Replies
    Views
    Last post

Who is online

Users browsing this forum: No registered users