. FFI | Document | Artikel | Forum | Wiki | Glossary | Prophet Muhammad Illustrated

Ucapan Selamat Natal haram ?

Gambar2 dan Berita2 kekejaman akibat dari pengaruh Islam baik terhadap sesama Muslim maupun Non-Muslim yang terjadi di Indonesia.

Ucapan Selamat Natal haram ?

Postby suga » Sun Dec 19, 2010 5:45 pm

http://www.detiknews.com/read/2010/12/1 ... amat-natal

Minggu, 19/12/2010 03:10 WIB
Laporan dari Den Haag
Ajaran Islam Tak Pernah Larang Ucapan Selamat Natal
Eddi Santosa - detikNews


Den Haag - Ucapan selamat adalah masalah non-ritual, tidak berkaitan dengan ibadah, tapi muamalah. Pada prinsipnya semua tindakan non-ritual adalah dibolehkan, kecuali ada nash ayat atau hadis yang melarang.

Hal itu dituturkan Prof. Dr. Sofjan Siregar, MA kepada detikcom, Sabtu (18/12/2010), merujuk isi materi yang disampaikannya dalam pengajian ICMI Eropa bekerjasama dengan pengurus Masjid Nasuha di Rotterdam, Jumat sehari sebelumnya.

Tema ucapan selamat Natal diangkat karena hampir setiap tahun muncul pertanyaan sekitar hukum ucapan selamat Natal bagi seorang muslim, khususnya di Belanda.

Menurut Sofjan, tidak ada satu ayat Al Quran atau hadits pun yang eksplisit melarang mengucapkan selamat atau salam kepada orang non-muslim seperti di hari Natal.

"Bahkan dalam Al Quran Surat An Nisa Ayat 86 umat Islam diperintahkan untuk membalas salam dari siapa pun tanpa ada batasan ucapan itu datang dari siapa," ujar Sofjan.

Lanjut Sofjan, bagi orang yang mengklaim ucapan selamat kepada orang non-muslim tidak boleh, seharusnya mendatangkan dalil dan argumentasinya dari Al Quran atau Hadits. Dan itu tidak ada.

Adapun hadis dari Aisyah yang berbunyi, "Jangan ucapkan salam kepada orang Yahudi dan Nasrani," adalah dalam konteks dan latar belakang perang dengan Bani Quraizah ketika itu.

"Seperti halnya banyak larangan berkaitan dengan kafir pada umumnya adalah berkaitan dengan kafir al harbi atau combatant," terang Sofjan.

Umat Islam khususnya di Belanda dan Eropa atau Indonesia bukan dalam keadaan perang, sehingga diperintahkan oleh agama agar berlaku adil dalam bergaul dalam masyarakat multikultural.

Salah satu bentuk birr, qistu, adil dan ihsan adalah saling hormat-menghormati dalam pergaulan termasuk memberi dan membalas salam.

Hal ini juga sesuai dengan Surat Al Mumtahinah Ayat 9. "Jika memakan sembelihan ahli kitab adalah halal seperti halal dan bolehnya mengawini wanita ahli kitab, tentu melarang untuk mengucapkan salam termasuk yang tidak mungkin, karena lebih dari itu pun sudah halal dan dibolehkan," papar doktor bidang syariah ini.

Adapun ayat yang melarang al muwalah seperti dalam Surah Al Mumtahinah Ayat 9 menjadikan orang non-muslim wali masuk dalam kategori mutlak, yang dibatasi cakupan larangannya dalam keadaan perang oleh ayat lain, hal ini dalam istilah fiqihnya disebut muqayyad.

Ayat 9 Al Mumtahinah adalah ayat terakhir turun tentang al muwalah. Maka hanya ada dua kemungkinan status hukumnya: menafsir dan menjelaskan ayat mutlak yang diturunkan sebelumnya, atau berfungsi menasikh (abrogasi) ayat sebelumnya.

Maka sesuai dengan kaidah usuliyah: annal mutlaq minan nushush yuhmal alalmuqayyad idza ittahadal hukmu was sabab.

Dalam hal ini hukum dalam keduanya adalah satu yaitu haramnya al muwalah, sebabnya juga satu yaitu karena sebab kekufuran, sehingga ayat yang mutlak (absolut) dimasukkan ke dalam ayat muqayyad, berarti sebab hukum haram adalah karena al kufur al muharib (kafir combatant).

Jadi, al muwalah itu haram hukumnya kepada orang kafir combatant yang sedang berperang dengan orang Islam, adapun kafir bukan harbi dikecualikan dari ayat itu.

Banyak ulama yang membolehkan salam kepada orang non-muslim yang tidak harbi, seperti Ibnu Masud, Abu Umamah, Ibnu Abbas, Al Auzayi, An Nakhoi, Attobary dll.
(es/es)



ini yang sesat bin gobl0k yang mana ya ?
yang dibelanda atau yang di mui ?
suga
Jatuh Hati
Jatuh Hati
 
Posts: 658
Joined: Fri Jun 18, 2010 6:37 am

Re: Ucapan Selamat Natal haram ?

Postby sandiwara » Sun Dec 19, 2010 9:13 pm

suga wrote:Ajaran Islam Tak Pernah Larang Ucapan Selamat Natal
Eddi Santosa - detikNews


Den Haag - Ucapan selamat adalah masalah non-ritual, tidak berkaitan dengan ibadah, tapi muamalah. Pada prinsipnya semua tindakan non-ritual adalah dibolehkan, kecuali ada nash ayat atau hadis yang melarang.

Beginilah jadinya kalo beriman buta. DUNGU. ucapan selamat aja jadi urusan ibadah.

Tema ucapan selamat Natal diangkat karena hampir setiap tahun muncul pertanyaan sekitar hukum ucapan selamat Natal bagi seorang muslim, khususnya di Belanda.

Saking lengkapnya hukum islam, ucapan selamat natal juga jadi permasalahan besar. Ni si CS sipembela hukum islam tolong jawab tuh, tapi ngak pake puter2.
Menurut Sofjan, tidak ada satu ayat Al Quran atau hadits pun yang eksplisit melarang mengucapkan selamat atau salam kepada orang non-muslim seperti di hari Natal.

"Bahkan dalam Al Quran Surat An Nisa Ayat 86 umat Islam diperintahkan untuk membalas salam dari siapa pun tanpa ada batasan ucapan itu datang dari siapa," ujar Sofjan.

Taqqiya lagi. Profesor tapi kalo udah islam berbohongpun jadi yg penting islam harus maju. Manusia dongok. Kasiman

ini yang sesat bin gobl0k yang mana ya ?
yang dibelanda atau yang di mui ?

semuanya jadi dungu akibat islam
sandiwara
Pandangan Pertama
Pandangan Pertama
 
Posts: 87
Joined: Fri Dec 10, 2010 9:53 pm

Postby ali5196 » Mon Dec 20, 2010 6:23 am

cara-islam-menghormati-hari-besar-agama-lain-t30486/?hilit=natal
Dilarang memberi selamat bagi perayaan umat Kristen atau Yahudi apapun, karena secara tidak langsung sama dengan menyetujui perayaan mereka dan bukannya menolak mereka, ini membantu mereka mewujudkan simbol2 dan meluaskan bid’ah2 mereka, dan dilarang juga berbagi kebahagiaan dengan mereka dalam perayaan2 ini, karena perayaan2 itu adalah perayaan bidah yang berasal dari kepercayaan yang salah yang tidak diakui dalam islam---Sheikh Muhammed Salih Al-Munajjid dalam situs Islam Q&A



hukum-menyambut-dan-merayakan-hari-raya-non-muslim-t4691/
Tidak diperbolehkan kaum muslimin memberikan respon di dalam bentuk apapun yang intinya ada unsur dukungan, membantu atau memeriahkan perayaan orang kafir, seperti : iklan dan himbauan; menulis ucapan pada jam dinding atau fandel; menyablon/membuat baju bertuliskan perayaan yang dimaksud; membuat cinderamata dan kenang-kenangan; membuat dan mengirimkan kartu ucapan selamat; membuat buku tulis;memberi keistimewaan seperti hadiah /diskon khusus di dalam perdagangan, ataupun(yang banyak terjadi) yaitu mengadakan lomba olah raga di dalam rangka memperingati hari raya mereka. Kesemua ini termasuk di dalam rangka membantu syiar mereka.



http://groups.yahoo.com/group/islam-kri ... sage/27544
"Kalau hanya memberi ucapan selamat tidak dilarang, tapi kalau ikut dalam ibadah memang dilarang, baik orang Islam ikut dalam ritual Natal atau orang
Kristen ikut dalam ibadah orang Islam"---Fatwa MUI 2005.


BINGUN yahh ?? Yang satu bilang VERBOTEN, yang lainnya bilang boleh dehh ... ahh capek deh ! Udah deh, ngurusin selangkangan aja SliM !
ali5196
Translator
 
Posts: 17308
Images: 135
Joined: Wed Sep 14, 2005 5:15 pm

Postby ali5196 » Mon Dec 20, 2010 6:39 am

fatwa-muslim-tidak-boleh-ucap-selamat-natal-t42136/

Memberi ucapan Selamat Natal atau mengucapkan selamat dalam hari raya mereka (dalam agama) yang lainnya pada orang kafir adalah sesuatu yang diharamkan berdasarkan kesepakatan para ulama (baca : ijma’ kaum muslimin), sebagaimana hal ini dikemukakan oleh Ibnul Qoyyim rahimahullah dalam kitabnya ‘Ahkamu Ahlidz Dzimmah’---Fatwa ulama besar Saudi Arabia, Syaikh Muhammad bin Sholeh Al Utsaimin rahimahullah, dari kumpulan risalah (tulisan) dan fatwa beliau (Majmu’ Fatawa wa Rosail Ibnu ‘Utsaimin), 3/28-29, no. 404.
ali5196
Translator
 
Posts: 17308
Images: 135
Joined: Wed Sep 14, 2005 5:15 pm

Postby ali5196 » Mon Dec 20, 2010 6:44 am

Belon lagi dagelan ini nih !!

Tahun ini, FPI Ikut Amankan Perayaan Natal
tahun-ini-fpi-ikut-amankan-perayaan-natal-t42238/

:rolling: :rolling: Dagelan ohhhh.. dagelaaannn ...
ali5196
Translator
 
Posts: 17308
Images: 135
Joined: Wed Sep 14, 2005 5:15 pm

Re: Ucapan Selamat Natal haram ?

Postby habibruzaq » Mon Dec 20, 2010 9:10 am

islam kalo salaman sama cewe baru halal... asal dikawin aja. dikawin sirih..
puas di "salam-salam" tinggal di buang aja cari yang laen... :rofl:
habibruzaq
Mulai Suka
Mulai Suka
 
Posts: 130
Joined: Sat May 01, 2010 8:17 pm

Re: Ucapan Selamat Natal haram ?

Postby iniesta » Fri Dec 24, 2010 5:20 pm

Kalo ane condong yg bawa damai aza... Merry Christmas ya bagi yg ngerayain... Piss :heart:
iniesta
Mulai Suka
Mulai Suka
 
Posts: 321
Joined: Wed Oct 13, 2010 6:43 pm

Re: Ucapan Selamat Natal haram ?

Postby angky » Fri Dec 24, 2010 5:30 pm

iniesta wrote:Kalo ane condong yg bawa damai aza... Merry Christmas ya bagi yg ngerayain... Piss :heart:


:heart: :rock: :partyman:
angky
Kecanduan
Kecanduan
 
Posts: 3289
Joined: Wed Aug 18, 2010 11:11 am

Re: Ucapan Selamat Natal haram ?

Postby Metalizer » Fri Dec 24, 2010 5:55 pm

Perayaan natal itu kan merayakan kelahiran nabi isa...

Jadi kalau ada muslim yg merayakan natal ya menurutku tidak apa2, yg penting niatnya tidak merayakan kelahiran isa sbg penebus dosa, tapi merayakan kelahiran isa sbg nabi yg mulia yg mengajarkan kasih sesama manusia

Happy birthday om isa..
User avatar
Metalizer
Lupa Diri
Lupa Diri
 
Posts: 1292
Joined: Sun Oct 17, 2010 12:11 pm
Location: Salib kasih... Tarutung.

Re: Ucapan Selamat Natal haram ?

Postby duren » Fri Dec 24, 2010 5:58 pm

iniesta wrote:Kalo ane condong yg bawa damai aza... Merry Christmas ya bagi yg ngerayain... Piss :heart:

Nahh ini baru pacar gw .. :heart:
Jangan mau kek si dodol yang diatas ane yahhh yank
User avatar
duren
Kecanduan
Kecanduan
 
Posts: 11007
Images: 14
Joined: Mon Aug 17, 2009 9:35 pm

Re: Ucapan Selamat Natal haram ?

Postby suga » Fri Dec 24, 2010 7:11 pm

Metalizer wrote:Jadi kalau ada muslim yg merayakan natal ya menurutku tidak apa2,


tulisan anda ini bertentangan dengan fatwa MUI diatas yang ditulis oleh om Ali5196.

Metalizer wrote:yg penting niatnya tidak merayakan kelahiran isa sbg penebus dosa,


beranikah anda memberi contoh (diri anda sendiri) dengan mengikuti perayaan natal ?
suga
Jatuh Hati
Jatuh Hati
 
Posts: 658
Joined: Fri Jun 18, 2010 6:37 am

Re: Ucapan Selamat Natal haram ?

Postby Cinta_Negri » Fri Dec 24, 2010 7:30 pm

Selamat Hari Natal bagi yang merayakannya....
Cinta_Negri
Jatuh Hati
Jatuh Hati
 
Posts: 587
Joined: Mon Aug 09, 2010 11:02 pm

Re: Ucapan Selamat Natal haram ?

Postby duren » Fri Dec 24, 2010 8:03 pm

Cinta_Negri wrote:Selamat Hari Natal bagi yang merayakannya....

Nahh ini lagi mantan pacar lama gw yang paling cerewet .. qiqiqi

Ehh anakmu dah lahir apa blom yank ..
Ane belaga jadi kristen deh nerima ucapan mu .... Trims yah atas ucapan nya ..

Post mu kumasukkan ke SINI yahh
User avatar
duren
Kecanduan
Kecanduan
 
Posts: 11007
Images: 14
Joined: Mon Aug 17, 2009 9:35 pm

Re: Ucapan Selamat Natal haram ?

Postby Metalizer » Fri Dec 24, 2010 8:28 pm

Bukan hanya perayaan natal, bahkan saya dulu sering kok mengikuti kebaktian2 muda mudi kristen di ajak sama teman2...Teman2 kristen saya itu rajin2 beribadah, bukan seperti si "dodol" duren ini, orang lagi sibuk bermalam kudus dia kok malah asyik macarin muslimah di FFI.
User avatar
Metalizer
Lupa Diri
Lupa Diri
 
Posts: 1292
Joined: Sun Oct 17, 2010 12:11 pm
Location: Salib kasih... Tarutung.

Re: Ucapan Selamat Natal haram ?

Postby kafirun_ali » Fri Dec 24, 2010 8:29 pm

Oleh: Syaikh Muhammad bin Shalih Al-Utsaimin

Pertanyaan:

Syaikh Muhammad bin Shalih al-Utsaimin rahimahullah ditanya:

Bagaimana hukum mengucapkan Merry Christmas (Selamat Natal) kepada orang-orang Kafir? Bagaimana pula memberikan jawaban kepada mereka bila mereka mengucapkannya kepada kita? Apakah boleh pergi ke tempat-tempat pesta atau majlis yang mengadakan acara seperti ini? Apakah seseorang berdosa, bila melakukan sesuatu dari yang disebutkan tadi tanpa sengaja (maksud yang sebenarnya) namun dia melakukannya hanya untuk menghormati kawan, malu, perasaan atau sebab-sebab lainnya? Apakah boleh menyerupai mereka di dalam hal itu?

Jawapan:

Mengucapkan Merry Christmas (Selamat Natal) atau perayaan keagamaan mereka lainnya kepada orang-orang kafir adalah haram hukumnya menurut kesepakatan para ulama (ijma).

Hal ini sebagaimana dinukil dari Ibn al-Qayyim rahimahullah di dalam kitabnya Ahkam Ahl adz-Dzimmah, beliau berkata, Adapun mengucapkan selamat berkenaan dengan syiar-syiar kekufuran yang khusus bagi mereka adalah haram menurut kesepakatan para ulama, seperti mengucapkan selamat terhadap Hari-Hari besar mereka dan puasa mereka, walau sekadar mengucapkan, Semoga Hari raya anda diberkati atau anda yang diberikan ucapan selamat berkenaan dengan perayaan hari besarnya itu dan semisalnya.


Perbuatan ini, kalaupun orang yang mengucapkannya dapat lari dari kekufuran, maka dia tidak akan lari dari melakukan hal-hal yang diharamkan. Ucapan semacam ini setara dengan ucapannya terhadap perbuatan sujud terhadap Salib bahkan lebih besar dari itu dosanya di sisi Allah. Dan amat dimurka lagi bila memberikan selamat atas minum-minum khamar, membunuh jiwa, melakukan perzinaan dan sebagainya. Banyak sekali orang yang tidak sedikitpun tersisa kadar keimanannya, yang terjatuh ke dalam hal itu sementara dia tidak sedar betapa buruk perbuatannya tersebut. Jadi, barangsiapa yang mengucapkan selamat kepada seorang hamba karena melakukan suatu maksiat, bid’ah atau kekufuran, maka bererti dia telah menghadapi Kemurkaan Allah dan Kemarahan-Nya.

Mengenai kenapa Ibn al-Qayyim sampai menyatakan bahawa mengucapkan selamat kepada orang-orang Kafir berkenaan dengan perayaan hari-hari besar keagamaan mereka haram dan posisinya demikian, kerana hal itu mengandungi persetujuan terhadap syiar-syiar kekufuran yang mereka lakukan dan meridhai hal itu dilakukan mereka sekalipun dirinya sendiri tidak rela terhadap kekufuran itu, akan tetapi adalah HARAM bagi seorang Muslim meridhai syiar-syiar kekufuran atau mengucapkan selamat kepada orang lain berkenaan dengannya karena Allah Taala tidak meridhai hal itu, sebagaimana dalam firman-Nya.

Ertinya: “Jika kamu kafir maka sesungguhnya Allah tidak memerlukan (iman)mu dan Dia tidak meridhai kekafiran bagi hamba-Nya; dan jika kamu bersyukur, niscaya Dia meridhai bagimu kesyukuranmu itu.:” [Az-Zumar:7]

Ertinya : “Pada hari ini telah Kusempurnakan untuk kamu agamamu dan telah Ku- cukupkan kepadamu nikmat-Ku, dan telah Ku-ridhai Islam itu jadi agamamu.” [Al-Ma`idah :3]

Jadi, mengucapkan selamat kepada mereka berkenaan dengan hal itu adalah haram, baik mereka itu rakan-rakan sepejabat dengan kita seorang (Muslim) ataupun tidak.

Bila mereka mengucapkan selamat berkenaan dengan hari-hari besar mereka kepada kita, maka kita tidak boleh menjawabnya karena hari-hari besar itu bukanlah hari-hari besar kita. Juga keranana ia adalah hari besar yang tidak diridhai Allah Taala; baik disebabkan perbuatan mengada-ada ataupun disyariatkan di dalam agama mereka akan tetapi hal itu semua telah dihapus oleh Din-ul-Islam yang dengannya Nabi Muhammad Shallallhu ‘alaihi Wa Sallam diutus Allah kepada seluruh makhluk. Allah Taala berfirman.

Artinya : “Barangsiapa mencari agama selain dari agama Islam, maka sekali-kali tidaklah akan diterima (agama itu) daripadanya, dan dia diakhirat termasuk orang-orang yang rugi”. [Ali Imran:85]

Kerana itu, hukum bagi seorang Muslim yang memenuhi undangan mereka berkenaan dengan hal itu adalah HARAM kerana lebih besar dosanya berbanding mengucapkan selamat kepada mereka berkenaan dengannya. Memenuhi undangan tersebut mengandung makna ‘ikut serta’ bersama mereka di dalamnya.

Demikian pula, haram hukumnya bagi kaum Muslimin menyerupai orang-orang Kafir, seperti mengadakan majlis atau pesta-pesta berkenaan dengan hari besar mereka tersebut, saling memberi hadiah, membagi-bagikan manisan, hidangan makanan dan semisalnya. Hal ini berdasarkan sabda Nabi Shallallhu ‘alaihi Wa Sallam,

Ertinya : “Barangsiapa yang menyerupai suatu kaum, maka dia termasuk sebahagian dari Mereka”. [Hadits Riwayat Abu Daud]

Syaikhul Islam, Ibn Taimiyah berkata di dalam kitabnya Iqtidl` ash-Shirth al-Mustaqm, Mukhlafah Ashhb al-Jahm:

Menyerupai mereka di dalam sebagian hari-hari besar mereka akan menyebabkan timbulnya rasa senang di hati mereka atas kebatilan yang mereka lakukan, dan barangkali hal itu membuat mereka mencari-cari kesempatan (dalam kesempitan) dan menghinakan kaum lemah (iman). Dan barangsiapa yang melakukan sesuatu dari hal itu, maka dia telah berdosa, baik melakukannya kerana berbasa-basi, ingin mendapatkan simpati, rasa malu atau sebab-sebab lainnya kerana ia termasuk bentuk peremehan (penghinaan) terhadap Dinullah dan merupakan sebab hati orang-orang kafir menjadi kuat dan bangga terhadap agama mereka.

Kepada Allah kita memohon agar memuliakan kaum Muslimin dengan Din mereka, menganugerahkan kemantapan hati dan memberikan pertolongan kepada mereka terhadap musuh-musuh mereka, sesungguh Dia Maha Kuat lagi Maha Perkasa.

[Disalin dari Majmu Fatwa Fadllah asy-Syaikh Muhammad bin Shalih al-Utsaimin, Jilid.III, h.44-46, No.403]
kafirun_ali
Pandangan Pertama
Pandangan Pertama
 
Posts: 72
Joined: Thu Sep 30, 2010 8:31 pm

Re: Ucapan Selamat Natal haram ?

Postby kafirun_ali » Fri Dec 24, 2010 8:31 pm

Link sumber di atas:
malay.bismikaallahuma.org/hukum-ucapan-merry-christmas-selamat-hari-natal/
kafirun_ali
Pandangan Pertama
Pandangan Pertama
 
Posts: 72
Joined: Thu Sep 30, 2010 8:31 pm

Re: Ucapan Selamat Natal haram ?

Postby duren » Fri Dec 24, 2010 8:34 pm

Metalizer wrote: bukan seperti si "dodol" duren ini, orang lagi sibuk bermalam kudus dia kok malah asyik macarin muslimah di FFI.

Hoii dodol ... Kafan fula aku ngaku kristen

Tampangmu memang kek onta cabul di lihat para cewe cewe sini .. \:D/
Yahh jelas kalah ganteng sama kapir kek gw .. :finga:
User avatar
duren
Kecanduan
Kecanduan
 
Posts: 11007
Images: 14
Joined: Mon Aug 17, 2009 9:35 pm

Re: Ucapan Selamat Natal haram ?

Postby Bigman » Fri Dec 24, 2010 8:57 pm

Gw seh ngga puzing dah dengan ucapan Selamat Natal haram ato ngga dari orang nyang maseh eslaam........!
Nyang fenting, JANGAN NGIRIM BOMB orang nyang lage ngerayain Natal.

Selamat Hari Natal 2010 & Selamat Tahun Baru 2011, bagi nyang merayakan....
Semoga orang nyang maseh eslaam makin biza ber-emphaty dengan manusia nyang sadar &
nyang ngga bakalan mo jadi moslem!!
:lol:
User avatar
Bigman
Kecanduan
Kecanduan
 
Posts: 3219
Joined: Sat Jan 03, 2009 8:19 pm

Re: Ucapan Selamat Natal haram ?

Postby Metalizer » Fri Dec 24, 2010 9:02 pm

Si dodol lg bertaqiya...

Memang jarang ada disini netter2 kapir yg ngaku kristen, tapi muslim bisa tau dari tulisan2 kalian kalau kalian itu memang kristen...Bisa dilihat dari Setiap post muslim yg berbau kristen ente langsung kebakaran jenggot...Bahkan dgn lutut yg gemetar ente langsung mengeluarkan jurus maut berlindung dibalik ketiak peraturan FFi....Hahahaha
User avatar
Metalizer
Lupa Diri
Lupa Diri
 
Posts: 1292
Joined: Sun Oct 17, 2010 12:11 pm
Location: Salib kasih... Tarutung.

Re: Ucapan Selamat Natal haram ?

Postby Bigman » Fri Dec 24, 2010 9:55 pm

http://megapolitan.kompas.com/read/2010 ... i.di.DKI-4

NATAL 2010
Foke Jamin Tak Ada Diskriminasi di DKI
Jumat, 24 Desember 2010 | 20:16 WIB

Image
JAKARTA, KOMPAS.com - Gubernur DKI Jakarta Fauzi Bowo mengucapkan Selamat Natal kepada 4.500 jemaat umat Kristiani yang hadir di Gereja Kathedral, Jakarta Pusat.
"Shalom!" sapa Foke yang kemudian dibalas oleh jemaat Gereja Kathedral, Jakarta Pusat, pada Misa Natal, Jumat (24/12/2010) malam.
"Salam sejahtera, selamat malam, Assalamu a'laikum," yang disambut ucapan salam oleh para jemaat.
Kepada Uskup Agung Jakarta, Ignatius Suharyo, Gubernur DKI Jakarta mengatakan dirinya datang beserta jajaran Muspida dan pimpinan Forum Kerukunan Umat Beragama se-DKI Jakarta ke Kathedral untuk mengucapkan Selamat Natal 2010 kepada jemaat umat Kristiani.
"Ucapan yang sama juga saya tujukan kepada umat Kristiani di seluruh pelosok Jakarta," ujar Foke.
Foke memaparkan, Pemprov DKI Jakarta sudah menjadi kewajiban dan tanggung jawabnya untuk melaksanakan UU.
"Kami juga menjamin kepada warga Kota Jakarta untuk beribadah sesuai agama dan kepercayaan masing-masing tanpa kendala apapun. Kami tetap memberikan jaminan tak boleh ada perlakuan diskriminatif di Jakarta," tuturnya.
Menurut Foke, kemajemukan dan kebhinekaan merupakan ciri kekayaan bangsa Indonesia yang besar ini. Namun, lanjut dia, bangsa Indonesia adalah satu dalam beriman dan berbakti kepada Tuhan Yang Maha Kuasa. Semoga Natal memberi kedamaian bagi bangsa dan ibukota yang kita cintai," kata Foke.
"Mari kita sambut Tahun Baru 2011 dengan penuh cinta kasih dan suka cita. Semoga Tuhan memberkati. Shalom. Wassalamu a'laikum," akhiri Foke.

Ucapan Selamat Natal 2010 dari Gubernur DKI pun diiringi ucapan terima kasih dari Uskup Agung Jakarta, Ignatius Suharyo.

Mr. Foke udah mulai-in berani ngelawan fatwa mui....... :lol:
User avatar
Bigman
Kecanduan
Kecanduan
 
Posts: 3219
Joined: Sat Jan 03, 2009 8:19 pm

Next

Return to Islam Dalam Gambar Dan Berita Nasional



 


  • Related topics
    Replies
    Views
    Last post

Who is online

Users browsing this forum: No registered users