. FFI | Document | Artikel | Forum | Wiki | Glossary | Prophet Muhammad Illustrated

Terorisme Zona Afrika

Aksi2 terorisme, pemboman, demonstrasi kekerasan, intimidasi dan serangan2 kelompok2 Islam atas nama Islam. TIDAK termasuk honor killing, atau pembunuhan secara individu

Re: Terorisme Islam Zona Afrika

Postby Rurik » Fri Dec 30, 2011 9:40 pm

Kelompok Militan Muslim Mengklaim Bertanggung-Jawab Atas Ledakan Mematikan di Nigeria
Sumber: en.rian.ru/world

Sebuah kelompok Muslim militan, Boko Haram mengatakan pihaknya bertanggung-jawab atas ledakan-ledakan hari Minggu (25/12/11) di Nigeria yang mengakibatkan hampir 30 orang tewas, The Daily Trust Nigeria melaporkan.

Serangkaian penyerangan mengguncang Nigeri hari Minggu ketika ratusan jemaat menghadiri perayan-perayaan Natal.

Ledakan pertama menghantam gereja St. Theresa di Madalla, sebuah kota di negara-bagian Niger dekat ibukota Abuja, mengakibatkan sedikitnya 27 orang tewas, pihak berwenang mengatakan. Ledakan kedua menghantam sebuah gereja di kota Jos di Nigeria tengah, yang dilaporkan menewaskan seorang polisi. Ledakan ketiga mengoyak Gadaka di timur-laut ketika mobil-mobil yang dipergunakan para jemaat ke sebuah perayaan Natal dibakar sementara orang-orang berada dalam gereja. Tidak ada korban dilaporkan dari Gadaka, The Daily Trust mengatakan.

Juru bicara Boko Haram, Abul Qaqa kepada The Daily Trust mengatakan bahwa kelompok militannya telah mengorganisasi serangan-serangan tersebut. Ia mengatakan ledakan-ledakan baru lebih lanjut akan menghantam kawasan utara.

Tak lama setelah pernyataan Qaqa, The Daily Trust melaporkan mengenai ledakan baru yang terjadi di kota Damaturu di negara-bagian Yobe di utara. Ledakan dilaporkan menarget Kepala Keamanan Damaturu.

"Para saksi mata mengatakan seorang pembom bunuh diri telah membuntuti Kepala Operasi Unit Gabungan di Damaturu, yang ingin mengambil barang bukti penting dari para tersangka Boko Haram," media tersebut melaporkan.

Belum terdapat catatan resmi mengenai jumlah korban dalam serangan Damaturu.

Insiden peledakan terjadi di tengah serangan-serangan terbaru oleh Boko Haram, yang berupaya memberlakukan hukum Sharia di seluruh Nigeria dengan mayoritas penduduk Kristennya di selatan dan Muslim di utara.

Bulan Agustus silam kelompok ini melaksanakan sebuah serangan bunuh diri terhadap markas-markas PBB di ibukota Nigeria Abuja, menewaskan hampir 20 orang.
User avatar
Rurik
Lupa Diri
Lupa Diri
 
Posts: 1357
Joined: Mon Apr 13, 2009 8:12 am

Re: Terorisme Islam Zona Afrika

Postby Rurik » Thu Jan 12, 2012 10:00 pm

Sekte Muslim Klaim Bertanggung-Jawab Atas Serangan-Serangan Nigeria
Sumber: nation.co.ke

Sekte fundamentalis Islam Nigeria, Boko Haram, bertanggung-jawab atas serangkaian serangan dan ledakan bom di kota-kota utara Nigeria di Gombe, Damaturu, Maiduguri dan Adamawa, juru bicara kelompok ini menyatakan (07/01/12).

Abul-Qaqa, juru bicara sekte tersebut menjelaskan dalam sebuah hubungan telephone dengan media lokal, bahwa kelompoknya bertanggung-jawab atas serangan-serangan hari Kamis dan Jumat di empat kota di mana lebih dari 20 orang terbunuh.

"Kami memperluas medan-medan tempur ke tempat-tempat lain dalam rangka menunjukkan bahwa deklarasi status gawat darurat oleh pemerintah federasi Nigeria tidak akan menggentarkan kami. Sebaliknya kami dapat selalu mengubah taktik. Kami dapat bergerak ke manapun kami inginkan. Agar kedamaian dapat kembali, pemerintah federasi harus melepaskan seluruh saudara kami yang dpenjara di berbagai tempat," Ia mengtakan.
...............................
User avatar
Rurik
Lupa Diri
Lupa Diri
 
Posts: 1357
Joined: Mon Apr 13, 2009 8:12 am

Re: Terorisme Islam Zona Afrika

Postby Rurik » Thu Jan 19, 2012 9:09 pm

6 Tewas, 13 Hilang Dalam Serangan di Kenya
Sumber: upi.com

GERILLE, Kenya, 12 Januari (UPI) - Kelompok militan Somalia al-Shahab menyatakan bertanggung-jawab atas sebuah serangan di Kenya timur laut yang menewaskan sedikitnya enam orang dan mengakibatkan 13 orang hilang, para pejabat mengatakan.

Kelompok bersenjata membuka tembakan dan melemparkan sebuah peledak ke kamp kepolisian di Gerille, dekat perbatasan Somalia, hari Rabu tengah malam (11/01/12). Para korban yang terbunuh di antaranya adalah empat perwira kepolisian, seorang petugas imigrasi dan seorang warga sipil, Voice of America melaporkan hari Kamis.

BBC menyebutkan bahwa kelompok terkait-al-Qaeda al-Shahab menyatakan bertanggung-jawab. Al-Shahab mengatakan pihaknya membunuh tujuh petugas dan pejabat, dan mengambil beberapa orang lain sebagai sandera.

Kenya mengirimkan pasukannya ke Somalia untuk memburu al-Shahab, yang dituding bertanggung-jawab atas serangkaian penculikan lintas perbatasan.

Serangan hari Rabu itu menyusul laporan Human Rights Watch yang menyatakan pasukan keamanan Kenya "memukul dan menangkap paksa para penduduk serta pengungsi Somalia" di kawasan perbatasan Kenya-Somalia, BBC menyebutkan.

Kantor berita asal Inggris itu melaporkan bahwa Mayor Emmanuel Chirchir, seorang juru bicara militer Kenya, menyebutkan kepada HRW bahwa Ia tidak tahu mengenai pelanggaran-pelanggaran yang terjadi namun dirinya mengatakan bahwa militer akan menginvestigasi klaim tersebut.

HRW melaporkan pelanggaran-pelanggaran terburuk terjadi di kamp pengungsi Dadaab, rumah bagi lebih dari 400.000 pengungsi Somali. Kelompok HAM mengatakan bahwa kepolisian merespon penyerangan-penyerangan terhadap pasukan keamanan dengan memukuli para pengungsi, melakukan penahanan sewenang-wenang dan memperkosa kaum wanita.
User avatar
Rurik
Lupa Diri
Lupa Diri
 
Posts: 1357
Joined: Mon Apr 13, 2009 8:12 am

Re: Terorisme Islam Zona Afrika

Postby Rurik » Tue Jan 24, 2012 8:03 pm

Empat Warga Somali Tewas Dalam Serangan Pemberontak
Sumber: news24.com

Mogadishu - Kelompok bersenjata mujahidin Somali menyerang sebuah konvoi para pejabat pemerintah dan jurnalis hari Jumat (20/01/12), di tengah pertempuran yang memanas di Mogadishu, menewaskan tiga tentara dan seorang pejabat, seorang fotografer AFP mengatakan.

"Kami tengah menuju garis depan ketika konvoi kami disergap oleh para pejuang Shahab, sebuah granat berpeluncur roket menghantam salah satu mobil," kata sumber, menambahkan bahwa Ia melihat empat mayat.

Perjalanan menuju garis depan, di mana tentara pemerintah dan Uni Afrika melancarkan serangan-serangan hari Jumat terhadap posisi Shahab, diorganisasi oleh kementerian informasi Somalia.

"Konvoi kami diserang para pejuang Shahab, sebuah RPG menghantam sebuah kendaraan dan sejumlah pejabat pemerintah tewas," kata fotografer dalam konvoi itu, menambahkan bahwa para jurnalis tidak terluka.

"Saat itu situasinya kacau, hampir seluruh pohon di sepanjang jalan roboh oleh tembakan mortir dan rumah-rumah mengalami kerusakan," Ia menambahkan.

"Kami lolos tanpa terluka dan lari hingga mencapai area di terdapat tentara pemerintah. Kami naik sebuah mobil dan kembali ke kota."

Pertempuran berat terjadi saat senja di mana pasukan yang didukung tank dan artileri dari Misi Uni Afrika di Somalia, bergerak menuju pemukiman utara ibukota di Heliwa dan Gupta, masih dikuasai oleh kelompok terkait-a-Qaeda Shahab.

Para pejuang garis-keras Shahab meninggalkan posisi-posisi yang mantap di hampir seluruh Mogadishu bulan Agustus lalu tetapi masih menguasai kantong-kantong kecil di daerah pinggiran.
User avatar
Rurik
Lupa Diri
Lupa Diri
 
Posts: 1357
Joined: Mon Apr 13, 2009 8:12 am

Re: Terorisme Islam Zona Afrika

Postby Rurik » Wed Jan 25, 2012 9:15 pm

Sedikitnya 156 Tewas Dalam Pemboman di Nigeria
Sumber: upi.com

KANO, Nigeria, 21 Januari (UPI) - Jumlah korban aibat serangkaian pemboman di kota Nigeria-utara Kano meningkat menjadi 156 orang hari Sabtu (21/01/12), di mana sekitar 50 orang terluka, para pejabat mengatakan.

Serangan-serangan pada hari Jumat itu menarget kantor-kantor polisi dan gedung-gedung pemerintah, VOA melaporkan.

Lebih dari 24 ledakan menghantam bangunan di berbagai tempat di kota itu dalam kurun 90 menit.

Kelompok militan Boko Haram mengklaim bertangung-jawab atas pemboman tersebut, yang terkini dalam rangkaian aksi-aksi kekerasan di kawasan predominan Muslim di utara baru-baru ini, BBC melaporkan.

Kelompok ini, yang namanya berarti "pendidikan Barat terlarang," melaksanakan serangan-serangan itu dikarenakan pihak otoritas menolak melepaskan para anggotanya yang ditahan di Kano, juru bicara Boko Haram, Abul Qaqa, mengatakan kepada para jurnalis di kota timur-laut Maiduguri. Kelompok Boko Haram berupaya memberlakukan Sharih, hukum Islam, di Nigeria dan selama ini menyerang orang-orang Kristen dan animis yang hidup di daerah utara.

Nigeria menutup perbatasan dengan Nigeri dan Kamerun hari Sabtu dan memberlakukan jam malam selama 24 jam di Kano, CNN melaporkan.

"Pemerintah benar-benar berusaha namun kami ketakutan...Kami semua takut," kata Rev. Murtala Mati dari Asosiasi Kristen Nigeria.

Jam malam akan diberlakukan hingga pemberitahuan selanjutnya, para pejabat mengatakan.
User avatar
Rurik
Lupa Diri
Lupa Diri
 
Posts: 1357
Joined: Mon Apr 13, 2009 8:12 am

Re: Terorisme Islam Zona Afrika

Postby Rurik » Sat Jan 28, 2012 11:47 pm

Pertempuran Mogadishu Tewaskan Sedikitnya 9 Warga Somali
Sumber: jpost.com

Mogadishu - Militan Somali bersenjata senapan anti-pesawat bertikai dengan pasukan Uni Afrika hingga malam kedua di Mogadishu, menewaskan sedikitnya sembilan orang termasuk wanita dan anak-anak, seorang petugas ambulans mengatakan hari Minggu (22/01/12).

Pasukan Uni Afrika melancarkan sebuah serangan baru terhadap al Shahab hari Jumat, merebut posisi-posisi pemberontak di pinggiran ibukota ini untuk pertama kali.

Para pemberontak, namun demikian, melancarkan serangan-serangan balasan.

Hari Sabtu malam mereka menghantam sebuah pos pemeriksaan militer pemerintah yang disebut 'Ex-control' di sebuah pemukiman di sebelah timur-laut kota pantai tersebut. Tentara pemerintah bersama pasukan AMISOM Uni Afrika menangkis serangan itu, kata seorang juru bicara AMISOM.

Terperangkap dalam baku tembak adalah para warga yang tengah mencari perlindungan di kamp-kamp pengungsi, yang sejak awal sudah menjadi korban akibat dua dekade perang sipil, atau kelaparan.

"Sedikitnya sembilan pengungsi, kebanyakan wanita dan anak-anak tewas di kamp dekat bekas kedutaan AS hari Jumat dan Sabtu malam,: Ali Musa, koordinator layanan ambulans Mogadishu, kepada Reuters.
User avatar
Rurik
Lupa Diri
Lupa Diri
 
Posts: 1357
Joined: Mon Apr 13, 2009 8:12 am

Re: Terorisme Islam Zona Afrika

Postby Rurik » Sun Jan 29, 2012 12:05 am

Serangan al-Shahab Terhadap Basis Ethiopia di Beledweyne
Sumber: bbc.co.uk

Militan Islamis melancarkan sebuah serangan bom-truk bunuh diri terhadap sebuah markas militer Ethiopia di Somalia tengah, para saksi mata mengatakan.

Al-Shahab mengatakan pihaknya membunuh 10 tentara Ethiopia dalam serangan itu di kota Beledweyne namun hal ini belum dikonfirmasi.

Pasukan Ethiopia merebut Beledweyne dari Al-Shahab bulan lalu.

Tentara Kenya juga memasuki Somalia untuk berperang melawan kelompok al-Qaeda yang masih menguasai banyak wilayah.

Beledweyne adalah sebuah kota strategis, 30 km dari perbatasan Ethiopia di jalur utama menuju ibukota, Mogadishu, dan juga merupakan simpul vital yang menghubungkan bagian utara dan tengah negara ini.

"Saat itu terjadi ledakan besar yang mengguncang seluruh kota," pejabat keamanan setempat, Mohamed Osman, mengatakan kepada kantor berita AFP.

"Seorang pembom bunuh diri ditembak oleh para pasukan keamanan sebelum mencapai gerbang dan orang itu meledakkan mobilnya. Kami masih melakukan penyelidikan," kata dia.

Kebanyakan dari gedung pemerintah, yang telah direbut oleh tentara Ethiopia, roboh, kata para saksi mata.

Ethiopia mengatakan pihaknya ingin menarik mundur pasukannya dari Somalia dan Uni Afrika menyatakan akan menggantikan mereka, namun belum terdapat waktu yang ditentukan.

Uni Afrika menyokong pasukan pemerintah di Mogadishu. Al-Shahab menarik diri keluar dari ibukota pada Agustus 2011 tetapi masih melancarkan serangan-serangan bunuh diri di kota ini.
..................................................................
User avatar
Rurik
Lupa Diri
Lupa Diri
 
Posts: 1357
Joined: Mon Apr 13, 2009 8:12 am

Re: Terorisme Islam Zona Afrika

Postby Chunk » Mon Jan 30, 2012 1:30 am

aduh, mending mikirin perut dululah. Agama tidak bisa memberi perut kenyang..
Chunk
Jatuh Hati
Jatuh Hati
 
Posts: 579
Images: 1
Joined: Mon Jan 23, 2012 2:32 am

Re: Terorisme Islam Zona Afrika

Postby Rurik » Tue Jan 31, 2012 8:55 pm

Shahab Penggal Tiga Warga Sipil di Somalia Selatan
Sumber: allafrica.com

Mogadishu - Militan Al Shahab di kota selatan-pusat Somalia, Masagaway, memenggal tiga orang dalam eksekusi massal terbesar yang pernah dilakukan di Somalia oleh kelompok terkait-al-Qaeda itu selama beberapa bulan.

Menurut para penduduk, para pejuang Al-shahab hari Jumat (27/01/12) memenggal tiga remaja Somali di kota Somalia-selatan Masagaway, yang terletak di antara Galgadud dan kawasan Shabelle tengah atas tuduhan mata-mata bagi pemerintah Federasi Transisi.

Laporan-laporan mneyebutkan, dua dari remaja yang terbunuh ditemukan mayatnya pagi ini di kota tersebut dengan luka-luka tembak, sementara seorang yang lain diyakini telah dipenggal.

Eksekusi ini mengejutkan warga setempat dan memicu ketakutan di kalangan anak-anak muda di Somalia selatan-pusat. Para saksi mata mengatakan dua remaja yang dieksekusi pernah mengunjungi kawasan Somalia utara.

Kelompok terkait-al-Qaeda, yang menguasai jalur-jalur di Somalia selatan dan sebagian di kawasan tengah, telah melaksanakan eksekusi-eksekusi serupa sebelumnya di negeri itu.
User avatar
Rurik
Lupa Diri
Lupa Diri
 
Posts: 1357
Joined: Mon Apr 13, 2009 8:12 am

Re: Terorisme Islam Zona Afrika

Postby Rurik » Wed Feb 08, 2012 9:31 pm

Somalia: 14 Tewas Setelah Serangan Al Shahab
Sumber: garoweonline.com

Luuq, Somalia 5 Feb 2012 (Garowe Online) - Sedikitnya 14 orang tewas dan lebih dari 30 terluka setelah para pemberontak Al Shahab menyerang sebuah markas yang dihuni para tentara di Luuq, Radio Garowe melaporkan.

Para pemberontak Al Shahab secara tiba-tiba menyerang sebuah basis di Luuq, yang berada di Somalia selatan hari Sabtu sore (04/02/12), di mana terdapat tentara dari Somalia, Ethiopia dan Kenya.

Para saksi mata mengatakan bahwa pertempuran berdarah hari Sabtu merupakan salah satu yang terburuk, menambahkan bahwa kedua pihak meningkatkan penggunaan artileri berat satu sama lain di tengah pertempuran yang makin intensif.

Juru bicara Al Shahab kepada para wartawan mengatakan bahwa para pemberontak telah menunaikan tugas mereka dan telah meninggalkan kota itu sesuai rencana.

Seorang juru bicara bagi tentara pemerintah-federal di Luuq menolak pernyataan-pernyataan oleh Al Shahab dan mengatakan bahwa pihaknya menahan empat agen Al Shahab.

Baik Kenya dan Ethiopia belum merilis pernyataan terkait pertempuran yang terjadi di Luuq.

Koalisi pasukan ini mencakup tentara dari Pemerintah Federal Transisi (TFG) begitu juga dari Kenya dan Ethiopia, yang saat ini memperoleh kemenangan atas Al Shahab di Somalia selatan.
User avatar
Rurik
Lupa Diri
Lupa Diri
 
Posts: 1357
Joined: Mon Apr 13, 2009 8:12 am

Re: Terorisme Islam Zona Afrika

Postby Rurik » Fri Feb 17, 2012 9:21 pm

TIga Tewas Dalam Serangan-Serangan Boko Haram di Nigeria Utara
Sumber: monstersandcritics.com

Abuja - Tiga orang telah tewas dalam ledakan-ledakan bom oleh kelompok radikal Islam Boko Haram di Nigeria utara, kepolisian mengatakan hari Selasa (07/02/12).

Kepollisian mengatakan kepada kantor berita dpa bahwa pemilik sebuah apotek di kota timur-laut Maiduguri, dan kedua pegawainya, terbunuh ketika bom tersebut meledak.

Di kota Kano, dua kantor polisi di mana para anggota Boko Haram ditahan juga menjadi sasaran. Polisi mengatakan tidak terjadi jatuh korban.

Boko Haram mengklaim bertanggung-jawab atas dua serangan tersebut, yang terjadi ketika para warga tengah merayakan Eid-el-Mulud, perayaan bagi kaum Muslim untuk memperingati kelahiran nabi Muhammad.

"Perayaan-perayaan segera dihentikan akibat serangan ini. Saat itu terjadi ledakan-ledakan dan penembakan dari bagian timur-laut kota," kata saksi mata Farida Tahir, yang berbicara kepada dpa melalui telephone dari Kano.

Polisi merazia sebuah tempat persembunyian Boko Haram di kota itu hari Selasa, membunuh delapan pria bersenjata dan menyita pistol serta peledak. Sejumlah pria bersenjata ditahan dalam serbuah itu, media Nigeria melaporkan.
....................................
User avatar
Rurik
Lupa Diri
Lupa Diri
 
Posts: 1357
Joined: Mon Apr 13, 2009 8:12 am

Re: Terorisme Islam Zona Afrika

Postby Rurik » Sat Feb 18, 2012 10:53 pm

Al Shahab Klaim Bertanggung-Jawab Atas Pemboman Bunuh Diri Mogadishu
Sumber: voanews.com

Kelompok militan-Somalia al-Shahab mengklaim bertanggung-jawab atas sebuah ledakan bom mobil bunuh diri hari Rabu (08/02/12), di luar sebuah hotel di ibukota, Mogadishu.

Sedikitnya 15 orang tewas dalam serangan itu dan lusinan lainnya terluka, termasuk para anggota parlemen Somalia.

Hotel Muna, yang berada di sebelah istana kepresidenan Somali, dikenal sebagai sebuah penginapan dan balai pertemuan bagi para anggota parlemen Somali.

Anggota parlemen Liban Abdullahi Diriye mengatakan sebuah sebuah mobil penuh bahan peledak diledakkan di sebuah kafe di sebelah hotel.

Seorang pembom bunuh diri al Shahab memnyerang hotel yang sama pada bulan Agustus 2010. Sedikitnya 32 orang tewas dalam serangan tersebut, termasuk enam orang anggota parlemen.

Pasukan pemerintah Somali dan tentara Uni Afrika baru-baru ini telah mengusir al-Shahab keluar dari kubu-kubu pertahanan terakhirnya di Mogadishu, tetapi kelompok ini masih terus mengebom dan menyerang target-target yang berada di dalam kota.
User avatar
Rurik
Lupa Diri
Lupa Diri
 
Posts: 1357
Joined: Mon Apr 13, 2009 8:12 am

Re: Terorisme Islam Zona Afrika

Postby Rurik » Fri Feb 24, 2012 11:21 pm

Somalia: Tiga Tewas Ketika Tentara Uni Afrika dan Milisi al-Shahab Berperang di Mogadishu
Sumber: allafrica.com

Mogadishu - Sedikitnya tiga orang tewas dan banyak lagi terluka dalam sebuah pertempuran berat yang terjadi tengah malam di ibukota yang penuh konflik, Mogadishu, terang para penduduk hari Minggu (19/02/12).

Pertempuran antara pasukan pro-pemerintah dukungan Uni Afrika dan milisi terkait-al-Qaeda al Shahab terjadi terjadi di bagian utara distrik Karan Mogadishu setelah para pemberontak menyerang posisi militer pemerintah dan AMISOM, menewaskan tiiga warga sipil yang tak bersalah, laporan-laporan menyebutkan.

Para saksi mata mengatakan kepada Shabelle Media bahwa kedua pihak yang bertikai saling bertukar serangan menggunakan senapan berat dan ringan, termasuk tembakan artileri selama pertempuran, memicu para penduduk setempat meninggalkan rumah-rumah mereka karena kekhawatiran akan sebuah peperangan sengit antara tentara federal, Uni Afrika dan para pejuang Al-Shahab, yang telah berjanji pada hari Sabtu untuk menggandakan serangan-serangan gerilya dan bom mobil di ibukota Mogadishu.

Baik pemerintah Somalia maupun Al Shahab belum mengeluarkan pernyataan terkait pertempuran tersebut sejauh ini.
User avatar
Rurik
Lupa Diri
Lupa Diri
 
Posts: 1357
Joined: Mon Apr 13, 2009 8:12 am

Re: Terorisme Islam Zona Afrika

Postby Rurik » Thu Mar 01, 2012 8:31 pm

Boko Haram Nigeria Klaim Pemboman Gereja
Sumber: channelnewsasia.com

MAIDUGURI, Nigeria: Sekte Muslim Nigeria, Boko Haram, mengatakan pihaknya berada di balik serangan bom bunuh diri hari Minggu (26/02/12) di luar sebuah gereja di kota Jos, dan mengeluarkan ancaman akan serangan-serangan lebih lanjut.

"Kami bertanggung-jawab atas penyerangan terhadap gereja COCIN di kota Jos hari ini dan kami lakukan hal itu sebagai bagian dari upaya balas dendam terhadap pembantaian dan penghinaan kaum Muslim di Jos selama 10 tahun terakhir," juru bicara Abul Qaqa mengatakan kepada para wartawan dalam sebuah keterangan pers.

Para saksi mengatakan sebuah mobil bermuatan bom menabrak gerbang pagar-pembatas dan meledak hanya beberapa meter dari tembok aula gereja yang berkapasitas 800 orang.

Tiga orang termasuk seorang bayi terbunuh dalam serangan itu, memicu kerusuhan singkat oleh para pemuda Kristen yang membunuh tiga orang lainnya di jalan-jalan ibukota negara-bagian Plateau tersebut.

Qaqa mengatakan gereja ini menjadi target tanpa motif.

"Kami tak memiliki alasan selain karena itu adalah gereja dan kami dapat menyerang gereja lain secara acak."

"Kami baru saja mulai," Ia menambahkan.

Jos dan wilayah sekitarnya merupakan salah satu kawasan paling bergolak di Nigeria. Ribuan orang telah tewas dalam lingkaran kekerasan sektarian yang mematikan antara kelompok etnis Muslim dan Kristen dalam tahun-tahun belakangan ini.

Jos terletak di daerah yang sering disebut sabuk-tengah, yang membelah kawasan populasi Muslim utara dan Kristen selatan di negara terpadat di Afrika tersebut.

Boko Haram dituding bertanggung-jawab atas gelombang serangan-serangan berdarah yang terus meningkat di Nigeria bebeberpa bulan terakhir, umumnya di kawasan predominan Muslim di utara.

Kelompok ini menarget warga Kristen dalam sejumlah insiden sebelumnya, lebih-lebih insiden pemboman sebuah gereja Katolik yang menewaskan 44 orang pada hari Natal dekat Abuja.
User avatar
Rurik
Lupa Diri
Lupa Diri
 
Posts: 1357
Joined: Mon Apr 13, 2009 8:12 am

Re: Terorisme Islam Zona Afrika

Postby Rurik » Tue Mar 06, 2012 5:21 pm

14 Tewas Dalam Pertempuran Berat di Somalia
Sumber: upi.com

QOQANI, Somalia, 28 Februari (UPI) - Sembilan tentara Somalia dan para milisi al-Shahab tewas dalam pertempuran berat di Somalia selatan, para pejabat mengatakan hari Selasa (28/02/12).

Para saksi mata mengatakan pertempuran dimulai sekitar tengah-malam setelah militan dari kelompok al-Shahab menyerang sebuah konvoi militer yang melaju dari kota Dhoblay ke distrik Qoqani di daerah Jubba bawah di Somalia selatan dekat perbatasan Kenya, Shabelle Media Network melaporkan.

Serangan mendadak terjadi sekitar 6 mil dari kota Qoqani, seperti dilaporkan Shabelle.

Lima orang militan tewas dalam sebuah serangan balik, kata seorang pejabat pemerintah.

Shabelle menyebutkan lebih dari sembilan orang mengalami luka-luka.
User avatar
Rurik
Lupa Diri
Lupa Diri
 
Posts: 1357
Joined: Mon Apr 13, 2009 8:12 am

Re: Terorisme Islam Zona Afrika

Postby Rurik » Wed Mar 07, 2012 5:37 pm

Somalia: Sedikitnya 10 Tewas Ketika Tentara Federal, Al Shahab Bertempur di Wilayah Gedo
Sumber: allafrica.com

Garbaharay - Sedikitnya 10 orang dinyatakan tewas dan lusinan orang luka-luka dalam sebuah pertempuran antara tentara pemerintah Somalia bersama Ahlu Sunna Waljama'a dan para pemberontak Al-Shahab di kota Garbaharay di wilayah Gedo di Somalia selatan, para pejabat mengatakan hari Selasa (28/02/12).

Menurut para penduduk setempat pertempuran terjadi ketika para pejuang dari kelompok militan terkait-al-Qaeda al-Shahab melancarkan serangan-serangan mortir tengah malam ke arah wilayah-wilayah pemukiman dan target-target militer di kota Garbahay, ibukota provinsi daerah Gedo, mengakibatkan kerusakan parah pada rumah-rumah sakit dan sekolah-sekolah.

"Pertempuran berlangsung sangat keras dan kedua pihak menggunakan senjata berat serta ringan. Para milisi Al-Shahab menyerang kota ini dari arah yang berbeda-beda dan tentara federal serta pasukan Ahlu Sunna memberikan perlawanan balasan untuk mempertahankan basis-basis mereka. Saya hanya dapat memastikan sepuluh korban tewas dari kedua belah pihak," seorang penduduk mengatakan kepada Shabelle Media melalui telephone.

Al-Shahab mengklaim kemenangan dalam penyerangan itu dan mengatakan pihaknya membunuh banyak tentara federal dan membakar kendaraan-kendaraan tempur militer, namun pernyataan ini belum dapat diverifikasi secara independen.

Shabelle Media menghubungi sejumlah pejabat militer tentara federal yang terlibat dalam baku tembak di Gedo, namun mereka menolak untuk memberikan keterangan karena beralasan tidak memiliki wewenang untuk berbicara kepada media.
User avatar
Rurik
Lupa Diri
Lupa Diri
 
Posts: 1357
Joined: Mon Apr 13, 2009 8:12 am

Re: Terorisme Islam Zona Afrika

Postby Rurik » Wed Mar 07, 2012 5:40 pm

Somalia: Pertempuran Berat di Utara Tewaskan 40 Orang
Sumber: allafrica.com

Bosaso - Sedikitnya empat puluh orang dipastikan tewas dan lebih banyak lagi menderita luka-luka dalam sebuah pertempuran berat antara tentara Puntland dan para pejuang Gal-gala loyalis Sheik Sa'ed Atom yang terkait dengan kelompok al-Shahab, para saksi mata mengatakan hari (03/03/12).

Baku tembak dilaporkan bermula hari Jumat larut malam setelah para pejuang Gal-gala memasang jebakan ranjau darat terhadap konvoi dari pasukan Puntland yang tengah bergerak di sebuah desa kecil, 40 km selatan kota pelabuhan dan perdagangan Bosaso, menewaskan 40 orang- kebanyakan merupakan tentara Puntland.

Sheik Abdiazazi Abu Musab, juru bicara kelompok al-Shahab untuk operasi-operasi militer kepada sebuah stasiun radio di Elasha-Biyah, selatan dari Mogadishu, mengklaim kemenangan atas pertempuran melawan tentara Puntland, Ia mengatakan pihaknya menewaskan 32 tentara dan menduduki sebuah desa tak jauh dari kota Bosaso setelah serangan tersebut.

Ia mengakui bahwa tiga orang militan tewas dalam baku tembak. Abu Musab mendesak para warga di Puntland untuk berjuang bahu-membahu bersama para pejuang Al-Shahab untuk menggulingkan pemerintahan yang dipimpin oleh Abdirahman Farole.

Puntland belum merilis pernyataan apapun terkait insiden ini dan klaim dari Al-Shahab.
User avatar
Rurik
Lupa Diri
Lupa Diri
 
Posts: 1357
Joined: Mon Apr 13, 2009 8:12 am

Re: Terorisme Islam Zona Afrika

Postby Rurik » Sun Mar 11, 2012 7:11 pm

Somalia: Al Shahab Penggal Tiga Anak-Anak di Daerah Selatan
Sumber: allafrica.com

Jowhar - Mayat tiga anak Somali, yang telah dipenggal bagian kepalanya, hari Sabtu sore (03/03/12) ditemukan di daerah kubu pertahanan Al-Shahab di Somalia selatan, para saksi mata mengatakan.

Para penduduk di daerah Mohamed Sa'eed dekat kota Jowhar, sekitar 90 km selatan Mogadishu mengatakan bahwa mereka pada dini hari Minggu, melihat tiga anak gembala dengan kepala putus telah ditelantarkan di pinggiran kota.

Para saksi mata yang meminta identitasnya dirahasiakan demi alasan keamanan, mengatakan kepada Shabelle Media lewat telephone bahwa Al-Shahab bertanggung-jawab atas pembunuhan keji terhadap ketiga anak itu yang dituduh melibatkan diri dalam aktivitas mata-mata.

"Kami mendapat kabar mengenai kematian ketiga orang itu di kota-terdekat Jowhar. Kami panik dan sangat ketakutan begitu kami melihat betapa mengerikan nasib yang mereka terima," kata para penduduk.

Kelompok militan Al-Shahab, yang secara resmi bergabung dengan Al-Qaeda bulan lalu, belum menyatakan pendapatnya mengenai insiden tersebut sejauh ini.
User avatar
Rurik
Lupa Diri
Lupa Diri
 
Posts: 1357
Joined: Mon Apr 13, 2009 8:12 am

Re: Terorisme Islam Zona Afrika

Postby Rurik » Tue Mar 13, 2012 7:08 pm

Somalia: Pertempuran Klaim 10 Orang di Mogadishu
Sumber: garoweonline.com

MOGADISHU, Somalia 7 Maret 2012 (Garowe Online) - Pertempuran-pertempuran yang muncul di ibukota negara hari Rabu (07/03/12) telah mengakibatkan 10 orang tewas setelah para pemberontak Al Shahab menyerang pasukan AMISOM, Radio Garowe melaporkan.

Para pemberontak Al Shahab memanfaatkan kegelapan malam menyerang pasukan AMISOM di distrik Karaan yang telah menjadi sebuah medan perang antara tentara federal melawan Al Shahab di Mogadishu.

Para pejabat militer federal mengatakan serangan oleh kelompok pemberontak dapat digagalkan dan berakhir dengan banyak jatuh korban di pihak organisasi teroris.

Menurut sumber-sumber setempat kedua belah pihak menggunakan artileri berat satu terhadap yang lain dan suara yang memekakkan ini terdengar di seluruh ibukota.

Al-Shahab bertekad terus memberikan perlawanan di Somalia selatan, namun kelompok Al Qaeda ini semakin kehilangan posisinya dalam perang dan para pejabat tingginya dilaporkan melarikan diri ke Yemen untuk mengindari pasukan dari negara-negara tetangga yang mengurung kelompok teroris.
User avatar
Rurik
Lupa Diri
Lupa Diri
 
Posts: 1357
Joined: Mon Apr 13, 2009 8:12 am

Re: Terorisme Islam Zona Afrika

Postby Rurik » Wed Mar 14, 2012 7:04 pm

Militan Somalia Serang Tentara Ethiopia
Sumber: 13wham.com/news/world

MOGADISHU, Somalia (AP) - Para saksi mata mengatakan bahwa 23 orang tewas ketika para pemberontak Somalia menyerang tentara Ethiopia dekat perbatasan kedua negara.

Para penduduk di desa Yurkud mengatakan pertempuran pada hari Sabtu itu (10/03/12) berlangsung selama beberapa jam.

Mohamed Hussein mengatakan Ia meihat sedikitnya 17 pejuang tewas dari kelompok al-Shahab yang terkait al-Qaeda.

Salah seorang penduduk, Ali Barre, mengatakan Ia meliihat enam tentara berseragam militer Ethiopia terbunuh dan mayatnya diungsikan melewati rumahnya.

Al-Shahab mengklaim telah menewaskan banyak prajurit. Keompok ini seringkali melebih-lebihkan kemenangan mereka.

Pasukan Ethiopia bergerak ke daerah-daerah perbatasan di Somalia awal tahun ini, sebagai bagian dari serangan tiga-arah terhadap pemberontakan.

Somalia remuk akibat perang sipil selama 21 tahun.
User avatar
Rurik
Lupa Diri
Lupa Diri
 
Posts: 1357
Joined: Mon Apr 13, 2009 8:12 am

PreviousNext

Return to AKSI2 TERORISME ISLAM dlm Berita Internasional



 


  • Related topics
    Replies
    Views
    Last post

Who is online

Users browsing this forum: No registered users