. FFI | Document | Artikel | Forum | Wiki | Glossary | Prophet Muhammad Illustrated

[ASK] Tentang konsep neraka..

Ttg surga, neraka, hari kiamat, bidadari, 72 perawan, houri.

[ASK] Tentang konsep neraka..

Postby momotaro1988 » Sat Jan 08, 2011 12:16 am

salam kenal semua, saya baru bikin account disini.. biasanya jadi pembaca pasif O:)

mau tanya ke penghuni FFI, siapa yang menciptakan setan dilihat dari sudut pandang muslim?

itu dulu setelah dijawab, ada pertanyaan lagi

trima kasih yang nanti merespon posting saya =D>


salam,
MoMo
momotaro1988
Acuh Tak Acuh
Acuh Tak Acuh
 
Posts: 2
Joined: Fri Jan 07, 2011 11:43 pm

Re: [ASK] Tentang konsep neraka..

Postby yongis » Sat Jan 08, 2011 6:08 pm

sebelum dijawab , jawab dulu pertanyaan ini...menurut anda buat apa manusia diciptakan dan diturunkan ke bumi?....,kalo sudah mengerti hal tersebut barulah anda bisa tanya lebih lanjut soal neraka atau setan.......
User avatar
yongis
Mulai Suka
Mulai Suka
 
Posts: 377
Joined: Wed Apr 21, 2010 4:31 pm

Re: [ASK] Tentang konsep neraka..

Postby bocor » Sun Jan 09, 2011 6:42 am

apa hubungannya pertanyaan konsep neraka dengan siapa yang menciptakan setan?

Tuhan yang menciptakan malaikat, jin dan manusia. Setan termasuk dari golongan jin.
User avatar
bocor
Jatuh Hati
Jatuh Hati
 
Posts: 760
Joined: Fri Dec 03, 2010 4:37 am
Location: Lorong Waktu

Re: [ASK] Tentang konsep neraka..

Postby Alien saw » Sun Jan 09, 2011 7:34 am

bocor wrote:apa hubungannya pertanyaan konsep neraka dengan siapa yang menciptakan setan?

Tuhan yang menciptakan malaikat, jin dan manusia. Setan termasuk dari golongan jin.


Tanya dong om, setan dalam quran berupa mahluk? kalao ada ayat nya tolong di muat dong,thx.

Salam Alien
Alien saw
Mulai Suka
Mulai Suka
 
Posts: 385
Joined: Mon Mar 02, 2009 9:46 pm
Location: Republik Indonesia Tercinta

Re: [ASK] Tentang konsep neraka..

Postby bocor » Sun Jan 09, 2011 7:41 am

“ Tidak Aku ciptakan jin dan manusia kecuali beribadah (mengesakan ibadahnya) kepada-Ku, Aku tidak mengendaki rizki sedikitpun dari mereka dan Aku tidak mengendaki supaya mereka memberi makan pada-Ku, Sesungguhnya Allah Dialah Yang Maha Pemberi rizki Yang mempunyai kekuatan Lagi Maha Sangat Kuat” (Adz Dzariat:56-58)
User avatar
bocor
Jatuh Hati
Jatuh Hati
 
Posts: 760
Joined: Fri Dec 03, 2010 4:37 am
Location: Lorong Waktu

Re: [ASK] Tentang konsep neraka..

Postby bocor » Sun Jan 09, 2011 7:45 am

Dan (ingatlah) ketika Kami berfirman kepada para malaikat: "Sujudlah kamu kepada Adam, maka sujudlah mereka kecuali Iblis. Dia adalah dari golongan jin, maka ia mendurhakai perintah Tuhannya. Patutkah kamu mengambil dia dan turanan-turunannya sebagai pemimpin selain daripada-Ku, sedang mereka adalah musuhmu? Amat buruklah iblis itu sebagai pengganti (dari Allah) bagi orang-orang yang zalim. (QS 18:50)
User avatar
bocor
Jatuh Hati
Jatuh Hati
 
Posts: 760
Joined: Fri Dec 03, 2010 4:37 am
Location: Lorong Waktu

Re: [ASK] Tentang konsep neraka..

Postby Alien saw » Sun Jan 09, 2011 8:14 am

bocor wrote:“ Tidak Aku ciptakan jin dan manusia kecuali beribadah (mengesakan ibadahnya) kepada-Ku, Aku tidak mengendaki rizki sedikitpun dari mereka dan Aku tidak mengendaki supaya mereka memberi makan pada-Ku, Sesungguhnya Allah Dialah Yang Maha Pemberi rizki Yang mempunyai kekuatan Lagi Maha Sangat Kuat” (Adz Dzariat:56-58)


Yang berfirman ini Allah SWT? :-k

Katanya dia tidak satupun menyerupainya, tapi kok bisa dia menggagap seolah2 manusia ada yang mau memberikan rizky kepada nya, n kayak seperti manusia butuh makan? Manusia biologis atau Dzat yang berfirman ini?

Trus ayat itu disambung dengan kalimat yang saya tebalin. Sesungguhnya Allah Dialah......dst
(Allah dialah siapa? kok seperti ucapan manusia yang menjelaskan kepada manuusia lain kalo Allah adalah pemberi rizky ?)

Trims.

Salam Alien
Alien saw
Mulai Suka
Mulai Suka
 
Posts: 385
Joined: Mon Mar 02, 2009 9:46 pm
Location: Republik Indonesia Tercinta

Re: [ASK] Tentang konsep neraka..

Postby a_man » Sun Jan 09, 2011 8:19 am

alohswt gak minta rizki, tapi 20% harta rampasan perang.
User avatar
a_man
Kecanduan
Kecanduan
 
Posts: 4319
Joined: Mon Sep 01, 2008 5:12 pm
Location: http://code.google.com/p/a-manffi/downloads/list

Re: [ASK] Tentang konsep neraka..

Postby Alien saw » Sun Jan 09, 2011 8:49 am

bocor wrote:Dan (ingatlah) ketika Kami berfirman kepada para malaikat: "Sujudlah kamu kepada Adam, maka sujudlah mereka kecuali Iblis. Dia adalah dari golongan jin, maka ia mendurhakai perintah Tuhannya. Patutkah kamu mengambil dia dan turanan-turunannya sebagai pemimpin selain daripada-Ku, sedang mereka adalah musuhmu? Amat buruklah iblis itu sebagai pengganti (dari Allah) bagi orang-orang yang zalim. (QS 18:50)


Om, adakah ayat yang mengatakan secara langsung seperti ayat diatas yang saya tebelin

terkait kalimat anda yang saya tebalin di bawah ini?

Bocor
Tuhan yang menciptakan malaikat, jin dan manusia. Setan termasuk dari golongan jin.


Tx

Salam Alien
Alien saw
Mulai Suka
Mulai Suka
 
Posts: 385
Joined: Mon Mar 02, 2009 9:46 pm
Location: Republik Indonesia Tercinta

Re: [ASK] Tentang konsep neraka..

Postby bocor » Sun Jan 09, 2011 5:54 pm

Saya sudah tunjukkan ayatnya walau secara tidak langsung, dan sudah jelas di ayat tersebut yang menciptakan setan adalah Allah. Apakah karena ayatnya tidak langsung anda menjadi bingung? :lol:
User avatar
bocor
Jatuh Hati
Jatuh Hati
 
Posts: 760
Joined: Fri Dec 03, 2010 4:37 am
Location: Lorong Waktu

Re: [ASK] Tentang konsep neraka..

Postby Alien saw » Sun Jan 09, 2011 9:10 pm

bocor wrote:Saya sudah tunjukkan ayatnya walau secara tidak langsung, dan sudah jelas di ayat tersebut yang menciptakan setan adalah Allah. Apakah karena ayatnya tidak langsung anda menjadi bingung? :lol:


tx atas jawaban nya.

ayat nya sih jelas mengatakan bahwa iblis adalah dari golongan jin. Yang ga jelas, ya kalimat anda yang mengatakan bahwa setan salah satu golongan dari jin, benerkan? dapat dari mana om pernyaatan seperti itu? thx.


Salam Alien
Alien saw
Mulai Suka
Mulai Suka
 
Posts: 385
Joined: Mon Mar 02, 2009 9:46 pm
Location: Republik Indonesia Tercinta

Re: [ASK] Tentang konsep neraka..

Postby bocor » Sun Jan 09, 2011 9:35 pm

setan yang umum dikenal adalah setan dari golongan jin, yang tidak tampak oleh mata manusia.
manusia pun bisa menjadi setan saat dia mempunyai perangai seperti setan.

"Dan demikianlah kami jadikan bagi masing-masing nabi itu musuh, yaitu setan-setan (dari jenis) manusia dan (dari jenis) jin, sebagian mereka membisikkan kepada sebagian yang lain perkataan-perkataan yang indah-indah untuk menipu (manusia)..." (QS. Al-An'am 6:112)
User avatar
bocor
Jatuh Hati
Jatuh Hati
 
Posts: 760
Joined: Fri Dec 03, 2010 4:37 am
Location: Lorong Waktu

Re: [ASK] Tentang konsep neraka..

Postby bocor » Sun Jan 09, 2011 9:43 pm

“ dan orang-orang kafir berkata, “ya Tuhan kami perlihatkanlah kepada kami dua jenis orang yang telah menyesatkan kami (yaitu) sebagian jin dan manusia agar kami letakkan keduanya di bawah telapak kaki kami supaya kedua jenis itu menjadi orang-orang yang hina” (QS Fusshilat: 29)

Katakanlah: “Aku berlidung kepada Tuhan manusia. Raja manusia. Sembahan manusia. Dari kejahatan syaitan yang biasa bersembunyi, yang membisikkan ke dalam dada manusia, dari jin dan manusia. (QS.An-Naas : 1-6 )
User avatar
bocor
Jatuh Hati
Jatuh Hati
 
Posts: 760
Joined: Fri Dec 03, 2010 4:37 am
Location: Lorong Waktu

Re: [ASK] Tentang konsep neraka..

Postby Alien saw » Sun Jan 09, 2011 11:17 pm

Ya sudah, berarti kalimat om yang bilang kalo setan termasuk dari golongan jin dalam alquran secara spesifik tidak ada kan ,seperti contoh ayat yang sebelum nya anda berikan?

"bocor"]“ dan orang-orang kafir berkata, “ya Tuhan kami perlihatkanlah kepada kami dua jenis orang yang telah menyesatkan kami (yaitu) sebagian jin dan manusia agar kami letakkan keduanya di bawah telapak kaki kami supaya kedua jenis itu menjadi orang-orang yang hina” (QS Fusshilat: 29)


Ini ayat kok linglung ya? dalam ayat itu, manusia(orang) meminta agar tuhan menunjuk kan kepada manusia(orang ) yang bertanya itu akan 2 jenis type orang(manusia) yang telah menyesat kan orang(manusia) yang bertanya itu kepada tuhan.
Lah, masa 2 jenis orang (manusia) penyesat diantara nya termasuk jin?
apakah orang(manusia) sama dengan jin secara utuh(masing2 jenis mahluk ciptaan) dalam penciptaan(quran)?

Bukan kah orang ya orang, jin ya jin, secara utuh(masing2 jenis mahluk ciptaan) dalam penciptaan(quran)?

Orang yang bertanya itu hanya minta ditunjuk kan oleh tuhan, 2 jenis ORANG(manusia) yang akan menyesatkan nya.bener?

Iblis termasuk golong dari JIN = ok.
Setan termasuk golongan dari JIN(kata om meski ayat secara spesifik yang mengatakan itu tidak ada) = ok

Nah..jika dicermati kalimat ayat diatas, Orang(manusia) termasuk golongan JIN? bener begitu??

Bocor
Katakanlah: “Aku berlidung kepada Tuhan manusia. Raja manusia. Sembahan manusia. Dari kejahatan syaitan yang biasa bersembunyi, yang membisikkan ke dalam dada manusia, dari jin dan manusia. (QS.An-Naas : 1-6 )


Bisa jelaskan maksud ayat ini om?

thx

Salam Alien
Alien saw
Mulai Suka
Mulai Suka
 
Posts: 385
Joined: Mon Mar 02, 2009 9:46 pm
Location: Republik Indonesia Tercinta

Re: [ASK] Tentang konsep neraka..

Postby Alien saw » Mon Jan 10, 2011 12:02 am

"bocor"]
setan yang umum dikenal adalah setan dari golongan jin, yang tidak tampak oleh mata manusia.
manusia pun bisa menjadi setan saat dia mempunyai perangai seperti setan.


yang bener, Setan itu berupa SIFAT atau OKNUM ???
dari ke dua jenis mahluk(manusia dan jin)?

bocor
"Dan demikianlah kami jadikan bagi masing-masing nabi itu musuh, yaitu setan-setan (dari jenis) manusia dan (dari jenis) jin, sebagian mereka membisikkan kepada sebagian yang lain perkataan-perkataan yang indah-indah untuk menipu (manusia)..." (QS. Al-An'am 6:112)


yang bener, Setan itu berupa SIFAT atau OKNUM ???
dari ke dua jenis mahluk(manusia dan jin)?


Salam Alien
Alien saw
Mulai Suka
Mulai Suka
 
Posts: 385
Joined: Mon Mar 02, 2009 9:46 pm
Location: Republik Indonesia Tercinta

Re: [ASK] Tentang konsep neraka..

Postby bocor » Mon Jan 10, 2011 1:11 pm

benar ada 2,kalau boleh saya pinjam istilahnya. 1 oknum --> setan dan yang ke 2 manusia yang prilaku/perbuatannya seperti setan
User avatar
bocor
Jatuh Hati
Jatuh Hati
 
Posts: 760
Joined: Fri Dec 03, 2010 4:37 am
Location: Lorong Waktu


Return to SURGA & NERAKA Islam



 


  • Related topics
    Replies
    Views
    Last post

Who is online

Users browsing this forum: No registered users